WUDLU
1.
Terjebak
di dalam lift
Pak
Hamid adalah pemilik PT.SIDO SUGIH. Suatu ketika, ia hendak turun dari ruang
kerjanya yang terletak di lantai sepuluh memakai lift, naasnya di tengah jalan
lift mati. Ia dan asistennya terjebak berjam-jam di dalam lift sampai waktu
shalat hampir habis. Dalam kondisi seperti ini, bolehkah ia shalat tanpa wudlu
terlebih dahulu?
Jawaban: Boleh,
ia dan asistennya tidak
perlu bersuci, namun wajib mengulangi shalatnya ketika telah menemukan media
untuk bersuci.
Catatan: Menurut sebagian
ulama wajib melaksanakan shalat
namun tidak wajib mengulanginya.
Referensi:
2. كفاية الأخيار صـ 90
يشترط لصحة الصلاة الطهارة عن الحدث سواء في ذلك
الأصغر والأكبر عند القدرة لأن فاقد الطهورين يجب أن يصلي على حسب حاله وتجب
الإعادة وتوصف صلاته بالصحة على الصحيح
3. شرح المحلي على المنهاج الجزء الأول
صـ 118
ومن لم يجد ماء ولا ترابا) كالمحبوس في موضع ليس فيه واحد منهما (لزمه في الجديد أن يصلي
الفرض) لحرمة الوقت (ويعيد) إذا وجد أحدهما: يندب له الفعل. والثاني: يحرم ويعيد
عليهما. والثالث: يجب ولا يعيد. حكاه في أصل الروضة، واختاره في شرح المهذب في
عموم قوله: كل صلاة وجب فعلها في الوقت مع خلل لم يجب قضاؤها في قول قال به المزني، وهو المختار لأنه أدى وظيفة
الوقت، وإنما يجب القضاء بأمر جديد، ولم يثبت فيه شيء.
4. kotoran kuku (sama dengan kang santri)
Para petani dan montir kerap direpotkan
dengan kotoran yang terselip di kukunya. Apakah mereka boleh melakukan shalat
tanpa menghilangkan kotoran tersebut ketika berwudlu?
Jawaban: Boleh, menurut Imam Al-Ghazali dan Imam
Az-Zarkasi.
Referensi:
5. فتح العلام الجزء الأول صــ 194
نعم يعفي عن القليل فى حق من أبتلي به كالفلاحين ونحوهم
ممن يشتغل فى الطين. وعندنا قول بالعفو عنه مطلقا كذا ذكره العلامة الباجوري.
وعبارة فتح المعين وكذا يشترط على ما جزم به كثيرون أن لايكون وسخ تحت ظفر يمنع
وصول الماء لما تحته خلافا لجمع منهم الغزالي والزركشى وغيرهما وأطالوا فى ترجيحه
وصرحوا بالمسامحة عما تحتحها من الوسخ دون نحو العجين اهـ وظاهر ذلك أنه لا فرق
يبن القليل والكثير ولا بين من أبتلي بذلك وغيره. وهذه المسألة مما تعم به البلوى
فقل من يسلم من وسخ تحت أظفار يديه أو رجليه فليتفطن لذلك.
6. Kosmetik pada kulit wajah
Kosmetik merupakan sahabat setia para
wanita. Untuk memoles daerah wajah perlu bedak, lipstick, pelembab, eye
shadow, dan maskara. Ketika hendak wudlu, apakah seluruh kosmetik
tersebut wajib untuk dibersihkan terlebih dahulu?
Jawaban: Wajib
dibersihkan, bagi kosmetik yang menghalangi sampainya air ke anggota wudlu.
Catatan:
Kosmetik yang harus
dibersihkan ialah ketika lapisan kosmetik digosok akan rontok. Akan tetapi, ketika yang di kerok hanya menyisakan warna
dari kosmetik tersebut atau daki yang bercampur dengan warna kosmetik maka
bukan termasuk penghalang sampainya air ke kulit.
Referensi:
&
فتح العلام الجزء الأول صـ
193
عدم
الحائل ، فلا يصح الوضوء مع وجود حائل أي : جرم يمنع وصول الماء إلى الأعضاء كأن
كان على اليد مثلا قسرة سمكة أو شمع أو دهن جامد ، بخلاف المائع : كالزيت فلا يضر،
لأنه لا يمنع وصول الماء إلى العضو، وإن لم يثبت عليه --إلى
أن قال--ومن الحائل أيضا عين حبر، ونيلة، وحناء،
بخلاف اثرها وهو مجرد اللون بحيث لا يتحصل بالحت مثلا شيئ فلا يضر ولا نظر لما
يحصل من حرارة الخضاب من تنفيط الجسم، وتربية قشرة عليه لأن تلك القشرة من عين
الجلد لا من عين الخضاب ومثل الحناء : ما تدهن به النساء حواجبهن ، ويسمونه
بالخطوط فيمنع صحة الوضوء ما لم يغسل، ويذهب جرمه ولا يبقى إلا مجرد اللون فقط
7.
Minuman keras membatalkan wudlu
Apakah
minum minuman keras bisa membatalkan wudlu?
Jawaban:
Bisa, karena minuman keras tersebut dapat menghilangkan kesadaran.
Referensi:
8.
فتح المعين (1/ 60)
( و
) ثانيها ( زوال عقل ) أي تمييز بسكر أو جنون أو إغماء أو نوم للخبر الصحيح فمن
نام فليتوضأ وخرج بزوال العقل النعاس
وأوائل نشوة السكر فلا نقض بهما كما إذا شك هل نام أو نعس ومن علامة النعاس سماع
كلام الحاضرين وإن لم يفهمه
9.
wudlunya orang berenang (sama dengan kang santri)
Salah
satu rukun wudlu ialah tertib dalam membasuh anggota wudlu. Bagi para nelayan
yang sedang mencari ikan di dasar laut, bolehkah baginya berwudlu dengan cara menyelam tanpa mempertimbangkan tertib?
Jawaban:
Boleh
dan sah wudlunya, kalau disertai dengan
niat.
Referensi:
10. فتح المعين بشرح قرة العين بمهمات الدين
(1/ 42)
( و ) سادسها ( ترتيب ) كما ذكر من تقديم
غسل الوجه فاليدين فالرأس فالرجلين للاتباع ولو انغمس محدث ولو في
ماء قليل بنية معتبرة مما مر أجزأه عن الوضوء ولو لم يمكث في الانغماس زمنا يمكن
فيه الترتيب نعم لو اغتسل بنيته
فيشترط فيه الترتيب حقيقة ولا يضر نسيان لمعة أو لمع في غير أعضاء الوضوء بل لو
كان على ما عدا أعضائه مانع كشمع لم يضر كما استظهره شيخنا ولو أحدث وأجنب أجزأه الغسل عنهما بنيته (قوله:
ولو انغمس محدث) أي حدثا أصغر، لانصرافه إليه عند الاطلاق. وقوله:
ولو في ماء قليل غاية لمقدر، أي انغمس في ماء مطلق ولو كان قليلا. لكن محل الاكتفاء بالانغماس
فيه كما في الكردي فيما إذا نوى المحدث بعد تمام الانغماس رفع الحدث، وإلا ارتفع
الحدث عن الوجه فقط إن قارنته النية، وحكم باستعمال الماء. (قوله: بنية معتبرة مما مر) كنية رفع الحدث،
أو نية الوضوء، أو فرض الوضوء. (قوله: أجزأه) أي لان الترتيب يحصل في لحظات لطيفة. (قوله:
ولو لم يمكث إلخ) الغاية للرد على الرافعي القائل بأنه لا بد للاجزاء من إمكان الترتيب،
بأن يغطس ويمكث قدر الترتيب. (قوله: نعم، لو اغتسل بنيته) أي نية رفع الحدث ونحوه مما مر.
11. Bersentuhan
dengan saudara dan orang tua tiri
Mahram
(seseorang yang haram dinikahi) disebabkan adanya tiga faktor, yaitu keturunan (nasab),
mertua (mushaharah) dan se-ibu persusuan (radla’). Dalam masalah
wudlu, bersentuhan kulit dengan selain mahram bisa membatalkan wudlu. Apakah
bersentuhan kulit dengan orang tua tiri dan saudara tiri bisa membatalkan
wudlu?
Jawaban:
Sebagaimana di atas, orang tua tiri termasuk mahram yang tidak boleh dinikahi
selamanya ketika sudah dijima’ (hubungan intim) atau pun belum. Berbeda
dengan kasus anak tiri, jika ibunya belum di jima’ maka status anaknya
masih bukan mahram dan jika sudah dijima’ maka status anaknya menjadi mahram. Sedangkan
saudara tiri bukan termasuk mahram, sehingga dapat membatalkan wudlu.
Seperti duda nikah dengan janda, masing-masing sudah punya anak sebelum
keduanya nikah, maka status anak mereka bukan mahram.
Catatan: Yang dinamakan
saudara yaitu orang yang dilahirkan oleh kedua orangtua atau salah satunya.
Hubungan persaudaran se-ibu, atau se-ayah itu bukan dinamakan saudara tiri.
Referensi:
12. فتح القريب المجيب صـ 230
{فصل} (والمحرمات) أي المحرم نكاحهن (بالنص
أربع عشرة): وفي بعض النسخ «أربعة عشر»: (سبع بالنسب؛ وهن: الأم وإن علت، والبنت وإن سفلت- إلى أن قال -
(والأخت) شقيقة كانت أو لأب أو لأم، -إلى
أن قال - (و) المحرمات بالنص (أربع بالمصاهرة) وهن: (أم الزوجة) وإن علت أمها،
سواء من نسب أو رضاع، سواء وقع دخول الزوج بالزوجة أم لا، (والربيبة) أي بنت
الزوجة (إذا دخل بالأم، وزوجة الأب) وإن علا، (وزوجة الابن) وإن سفل. والمحرمات
السابقة حرمتها على التأبيد،
13. الاقناع الجزء الاول صـ 80
(و) الثالث (الاخت) وضابطها كل من ولدها أبواك
أو أحدهما فأختك--إلى أن قال-- ولا يحرم عليك أخت أخيك سواء كانت من نسب كأن كان
لزيد أخ لاب وأخت لام فلاخيه نكاحها. أم من رضاع كأن
ترضع امرأة زيدا وصغيرة أجنبية منه فلاخيه لابيه نكاحه، وسواء أكانت الاخت أخت
أخيك لابيك لامه كما مثلنا أم أخت أخيك لامك لابيه، مثاله في النسب أن يكون لابي
أخيك بنت من غير أمك فلك نكاحها، وفي الرضاع أن ترتضع صغيرة بلبن أبي أخيك لامك
فلك نكاحها.
14. Bersucinya
orang yang beser
Langkah-langkah
apa saja yang harus ditempuh bagi wanita yang menderita beser sebelum melakukan ibadah shalat?
Jawaban:
Seorang yang beser wajib melakukan beberapa hal sebelum melaksanakan shalat,
yakni;
1.
Vagina terlebih dahulu dibersihkan, kemudian masukkan kapas (hasywu)
ke dalam vagina yang tidak wajib dibasuh saat istinja, kecuali ketika ia sedang
berpuasa atau merasa kesakitan.
2.
Wajib membalutnya, kecuali ketika najis tersebut sedikit dan
bisa dicegah dengan hanya memasukkan semisal kapas (hasywu) ke dalam
vagina yang tidak wajib dibasuh saat istinja.
3.
Wajib melaksanakan
bersuci (semisal wudlu atau tayamum) dengan niat supaya diperbolehkan
melaksanakan shalat (tidak
niat menghilangkan hadas).
4.
Wajib berangkaian (muwalah)
dalam melaksanakan ketiga hal di atas setelah masuknya waktu shalat
5.
Wajib bergegas
melaksanakan shalat setelah memenuhi
tiga poin di atas.
6.
Wajib melaksanakan
semua ketentuan di atas
setiap akan melaksanakan hal yang wajib,
misalnya shalat
fardlu.
Catatan:
@
Bagi seorang yang beser diperbolehkan shalat di ahir waktu
setelah wudlu dengan sempurna demi kemaslahatan shalat seperti; menunggu
jamaah, azan dan iqamah, pergi ke masjid, menutup aurat, mencari penutup aurat,
atau mencari arah kiblat (ijtihad filqiblat)
@
Menurut kalangan ulama Hanafiyyah dan Hanabillah diperbolehkan
melaksanakan satu wudlu untuk beberapa ibadah wajib, dengan catatan masih dalam
cakupan waktu ibadah tersebut.
@
Menurut kalangan ulama mazhab Hanafiyyah, untuk shalat zuhur
diperbolehkan melaksanakan wudlu sebelum masuk waktu dzuhur.
Referensi:
15. الفقه الإسلامي وأدلته (1/ 392)
مذهب
الشافعية :صاحب السلَس الدائم من بول أو
مذي أو غائط أو ريح، والمستحاضة، يغسل الفرج ثم يحشوه إلا إذا كان صائماً، أو تأذت
المستحاضة به، فأحرقها الدم فلا يلزم الحشو حينئذ، ثم يعصِب. وكيفية العصب
للمستحاضة مثلاً: أن تشد فرجها بعد غسله بخرقة مشقوقة الطرفين، تخرج أحدهما من
أمامها، والآخر من خلفها، وتربطهما بخرقة تشدها على وسطها كالتكة. ثم يتوضأ أو يتيمم عقب ذلك فوراً، أي أنه
تجب الموالاة بين الأفعال من عصب ووضوء، يفعل كل ذلك فوراً، أي أنه تجب الموالاة
بين الأفعال من عصب ووضوء، يفعل كل ذلك بعد دخول وقت الصلاة، لأنه طهارة ضرورة،
فلا تصح قبل الوقت كالتيمم.ثم يبادر وجوباً إلى الصلاة تقليلاً للحدث، فلو أخر
لمصلحة الصلاة كستر العورة، وأذان وإقامة، وانتظار جماعة، واجتهاد في قبلةوذهاب
إلى مسجد، وتحصيل سترة، لم يضر، لأنه لا يعد بذلك مقصراً، وإلا كأن أخر لا لمصلحة
الصلاة كأكل وشرب وغزل وحديث، فيضر التأخير على الصحيح، فيبطل الوضوء، وتجب إعادته
وإعادة الاحتياط لتكرر الحدث والنجس مع إمكان الاستغناء عنه.وتجب الطهارة وتجديد
العصابة في الأصح، والوضوء لكل فرض ولو منذوراً، كالمتيمم لبقاء الحدث، ويصلي به
ما شاء من النوافل فقط، وصلاة الجنازة لها حكم النافلة،لقول النبي صلّى الله عليه
وسلم لفاطمة بنت أبي حبيش: «توضئي لكل صلاة» ولو زال العذر وقتاً يسع الوضوء
والصلاة، كانقطاع الدم مثلاً، وجب الوضوء، وإزالة ما على الفرج من الدم ونحوه.وسلس
المني: يلزمه الغسل لكل فرض.ولو استمسك الحدث بالجلوس في الصلاة، وجب بلا
إعادة.ولا يجوز للسلس: أن يعلق قارورة يقطر فيها بوله.وينوي المعذور استباحة
الصلاة، لا رفع الحدث لأنه دائم الحدث، لا يرفعه وضوءه، وإنما يبيح له العبادة،
كما قال الحنابلة.وبه يتبين أن مذهبي الشافعية والحنابلة متفقان في أحكام وضوء
المعذور، إلا أن الحنابلة ومثلهم الحنفية قالوا : يجوز بالوضوء الواحد صلاة أكثر
من فرض في الوقت؛ لأن الواجب عندهم الوضوء لوقت كل صلاة. ولم يجز الشافعية الصلاة
به إلا فرضاً واحداً؛ لأن الواجب عندهم تجديد الوضوء لكل فرض.واتفق الجمهور (غير
المالكية) على وجوب تجديد وضوء المعذور، وقال المالكية باستحباب الوضوء فقط.
والوضوء يكون بعد دخول الوقت عند الشافعية والحنابلة، وفي غير صلاة الظهر عند
الحنفية، أما صلاة الظهر فيجوز تقديم الوضوء لها على دخول الوقت، لسبقها بوقت
مُهْمل.
16. العزيز الجزء الأول صـ 299
والدم
الخارج حدث دائم كسلس البول والمذي فلا يمنع الصوم والصلاة للاخبار التي نرويها في
المستحاضات ولذلك يجوز للزوج وطؤها وانما اثر الاحداث الدائمة الاحتياط في ازالة
النجاسة وفى الطهارة فتغسل المستحاضة فرجها قبل الوضوء أو التيمم ان كانت تيمم
وتحشوه بقطن أو خرقة دفعا للنجاسة وتقليلا لها فان كان الدم قليلا يندفع به فذاك
والا شدت مع ذلك وتلجمت بان تشد علي وسطها خرقة كالتكة وتأخذ خرقة أخري مشقوقة
الرأسين وتجعل أحداهما قدامها والاخرى من ورائها وتشدها بتلك الخرقة وذلك كله واجب
الا في موضعين احدهما ان تتأذى بالشد ويحرقها اجتماع الدم فلا يلزمها لما فيه من
الضرر والثاني ان تكون صائمة فتترك الحشو وتقتصر على الشد.
17. Mewudlukan
orang yang sehat
Bolehkah meminta bantuan orang lain
untuk mewudlui dalam kondisi sehat?
Jawaban:
Boleh, akan tetapi hukumnya makruh.
Referensi:
18. مغني المحتاج الجزء الأول صـ 281
( وَ ) مِنْ سُنَنِهِ ( تَرْكُ
الِاسْتِعَانَةِ ) بِالصَّبِّ عَلَيْهِ لِغَيْرِ عُذْرٍ ؛ لِأَنَّهُ الْأَكْثَرُ
مِنْ فِعْلِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلِأَنَّهَا نَوْعٌ مِنْ
التَّنْعِيمِ وَالتَّكَبُّرِ وَذَلِكَ لَا يَلِيقُ بِالْمُتَعَبِّدِ ، وَالْأَجْرُ
عَلَى قَدْرِ النَّصَبِ ، وَهِيَ خِلَافُ الْأَوْلَى ، وَقِيلَ : تُكْرَهُ . وَخَرَجَ بِقَيْدِ الصَّبِّ
الِاسْتِعَانَةُ بِغَسْلِ الْأَعْضَاءِ فَهِيَ مَكْرُوهَةٌ ، وَالِاسْتِعَانَةُ
بِإِحْضَارِ الْمَاءِ فَهِيَ لَا بَأْسَ بِهَا .
19. Menyentuh
al-quran terjemah (sama dengan
kang santri)
Hukum
menyentuh al-Quran terjemah seperti yang berada di toko-toko. Mengingat terjemah itu merupakan buku
tafsir?
Jawaban: Diperinci:
@
Jika al-Qur’an yang
ditulis dengan bahasa Indonesia
maka tidak boleh disentuh oleh orang yang mempunyai hadas.
@
Jika al-Qur’an yang
diartikan dan ditulis dengan bahasa Indonesia
maka:
ü
Apabila terjemahanya lebih dominan atau kapasitasnya
imbang, boleh untuk menyentuh atau membawanya.
ü
Apabila ragu terhadap kapasitas terjemahan,
maka dihukumi haram membawa atau menyentuhnya menurut Imam al-Ramli, sedangkan menurut Imam Ibnu
Hajar boleh untuk
menyentuh atau membawanya.
Referensi:
20. حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء الأول صـ
158
وَيَجُوزُ كِتَابَتُهُ لَا قِرَاءَتُهُ بِغَيْرِ
الْعَرَبِيَّةِ ، وَلَهَا حُكْمُ الْمُصْحَفِ فِي الْمَسِّ وَالْحَمْلِ
21. قرة العين بفتاوي إسماعيل الزين صـ 45-46
أن
ترجمة القرآن ذاته لاتجوز فإن كانت الترجمة لمعناه فهي كالتفسير فلها حينئذ حكم
التفسير فإن كانت أكثر من القرآن ألفاظا جاز للمحدث حملها مع القرآن وكذلك إذا
كانت مساوية فإن كانت أقل من ألفاظ القرآن فلايجوز للمحدث مسها ولا حملها تغليبا
للقرآن الكريم والله سبحانه أعلم اهـ
22. حاشية إعانة الطالبين الجزء الأول صـ
82
أما إذا كان التفسير أقل، أو مساويا أو مشكوكا في قلته
وكثرته، فلا يحل. وإنما لم يحرم المساوي والمشكوك في كثرته وقلته في باب الحرير
لانه أوسع بابا، بدليل أنه يحل للنساء وللرجال في بعض الاوقات. هذا ما جرى عليه م
ر. وجرى ابن حجر على حله مع الشك في الاكثرية أو المساواة، وقال: لعدم تحقق
المانع، وهو الاستواء.
23. Wudlunya
Orang bertato
Tato
sebagian orang menjadi gaya hidup. Namun, tersebar asumsi kalau tato
menghalangi sampainya air ke kulit. Sebenarnya, sahkah wudlunya orang yang
memiliki tato?
Jawaban: Sah,
karena memang ada unsur darurat.
Referensi:
&
بلغة الطلاب صـ 120
] مسألة ق [ قد تقرر أن الوشم حرام وفاعله آثم يجب عليه التوبة وازالته مالم
يؤد إلى ضرر وإلا فلا ويصح معه الوضوء والغسل للضررة لكونه داخل الجلد والجلد
ملتحم عليه.
24. Betadin
dan koreng
bekas luka
Obat
betadin dan koreng bekas luka yang berada pada kulit apakah termasuk penghalang dalam wudlu?
Jawaban: Bukan,
karena koreng tersebut sudah menyatu dengan kulit.
Referensai:
&
فتح العلام الجزء الأول صـ
197
عدم
الحائل ، فلا يصح الوضوء مع وجود حائل أي : جرم يمنع وصول الماء إلى الأعضاء كأن
كان على اليد مثلا قسرة سمكة أو شمع أو دهن جامد ، بخلاف المائع : كالزيت فلا يضر،
لأنه لا يمنع وصول الماء إلى العضو، وإن لم يثبت عليه--إلى أن قال--وكذا لايضر
وجود قشرة الدمل، وإن سهلت إزالتها، بل أولى لأنها جزء من البدن ومن الحائل أيضا عين حبر، ونيلة، وحناء،
بخلاف اثرها وهو مجرد اللون بحيث لا يتحصل بالحت مثلا شيئ فلا يضر ولا نظر لما
يحصل من حرارة الخضاب من تنفيط الجسم، وتربية قشرة عليه لأن تلك القشرة من عين
الجلد لا من عين الخضاب
25. نهاية الزين في إرشاد المبتدئين صـ 17
( و ) رابعها أن لا يكون على العضو ( حائل )
يمنع وصول الماء إلى جميع أجزاء العضو الذي يجب تعميمه ( كنورة ) ودهن له حرم يمنع
وصول الماء للبشرة ووسخ تحت أظفار حيث لم يصر كالجزء وغبار على بدن لا عرق متجمد
عليه وإن لم يصر كالجزء ولم يتأذ بإزالته لكثرة تكرره وللمشقة في إزالته وإذا
تراكم الوسخ على العضو وصار جزءا من البدن يتعسر فصله عنه بحيث يخشى من فصله محذور
تيمم فلا يمنع صحة الوضوء
26. Wudlunya
orang yang bimbang
Ketika
seseorang ragu apakah sudah hadas atau belum kemudian ia berwudlu karena
berhati-hati. Apakah wudlu yang ia lakukan tetap sah, setelah wudlu yang kedua
ia yakin bahwa wudlu yang pertama sudah batal?
Jawaban: Tidak
sah menurut pendapat ashah, sedangkan menurut pendapat muqobil ashoh
sah.
Referensi:
27. شرح البهجة الوردية الجزء الثاني
صـ 169
فلو
توضأ ثم بان أنه كان محدثا فهل يجزئه ذلك الوضوء ؟ وجهان أصحهما لا يجزيه ؛ لأنه
توضأ مترددا في النية والتردد فيها مانع من الصحة قال في المجموع
28. Kesunahan
basuhan tiga kali
Kesunahan
mengulang basuhan tiga kali (taslist) dalam
wudlu,
apakah cukup dengan mengembalikan air dari jari-jari ke siku?
Jawaban: Belum
cukup.
Referensi:
29. فتاوى السبكي (1/ 128)
مسألة في محدث غسل يده عن الفرض بغرفة ثم أخذ
غرفة ثانية فغسل بها من الأصابع إلى المرفق ثم رد الماء من المرفق إلى الأصابع فهل
يحصل التثليث المندوب برد الماء ثانيا قبل انفصاله عن اليد أم لا وهل يفرق بين هذه
الصورة وبين ما إذا ابتدأ الغسل من المرفق إلى الأصابع ثم رد الماء من الأصابع إلى
المرفق أم لا أفتونا مأجورين رحمكم الله
أجاب تغمده الله برحمته وأسكنه أعلى غرفات جنته لا يحصل التثليث المندوب
بذلك ولا فرق بين أن يبتدئ من المرفق أو الأصابع والله تعالى أعلم
30. Niat
mandi jum’at
Cukupkah
niat mandi jum’at hanya dengan nait mandi jinabat ?
Jawaban : Menurut sebagian pendapat ada yang mengatakan cukup
Referensi :
31. روضة الطالبين الجزء الأول صـ
49
ولو
اغتسل جنب يوم الجمعة بنية الجمعة والجنابة حصلا على الصحيح ولو اقتصر على نية الجنابة حصلت الجمعة أيضا في
الأظهر قلت الأظهر عند الأكثرين لا
تحصل والله أعلم
32. Kuku
yang melebihi jari
Jika
ada seseorang mempunyai kuku yang panjangnya melebihi ujung jari apakah wajib
membasuhnya ?
Jawaban : Menurut sebagian pendapat tidak wajib.
Referensi :
33. روضة الطالبين الجزء الأول صـ 54
قلت
ولو طالت أظفاره وخرجت عن رؤوس الأصابع وجب غسل الخارج على المذهب وقيل قولان كالشعر النازل من اللحية
34. Keraguan
di tengah
dan setelah wudhu
Bagaimanakah
wudlunya seseorang yang sedang melakukan basuhan kaki muncul keraguan bahwa
dirinya merasa belum mengusap kepala, dan bagaimana pula ketika keraguan itu
muncul setelah selesainya wudlu ?
Jawaban : Jika keraguan tersebut muncul di tengah-tengah saat melakukan
wudlu, maka wudlunya tidak dianggap (batal dan harus mengulang), akan tetapi
jika keraguan itu timbul setelah selesainya wudlu maka wudlunya tetap sah.
Referensi
:
35. روضة الطالبين الجزء الأول صـ 64
ولو
شك في غسل بعض أعضائه في أثناء الطهارة لم يحسب له وبعد الفراغ لا يضره الشك على
الأصح
36. Batasan
jenggot
Seperti
apakah batasan tebal dan tipisnya jenggot yang mempengaruhi dalam wajib dan
tidaknya dibasuh dalam wudlu ?
Jawaban : Batasan tipisnya adalah sekira dalam tempat ngobrol (majlis
takhothub) orang yang diajak mengobrol bisa melihat kulit yang berada di
bawah jenggot tersebut, dan kalau tidak maka dikatakan tebal. Hal ini berpijak pada pendapat yang shohih,
atau dalam keterangan lain di kira-kirakan dalam jarak satu setengah meter.
Referensi
:
37. روضة الطالبين الجزء الأول صـ
51
وأما
ضبط الخفيف والكثيف فالصحيح الذي عليه الأكثرون وهو ظاهر النص أن الخفيف ما تتراءى
البشرة تحته في مجلس التخاطب والكثيف ما
يمنع الرؤية والثاني أن الخفيف ما يصل
الماء إلى منبته من غير مبالغة والكثيف ما لا يصله إلا بمبالغة ويلحق بالنادر في
حكمه المذكور لحية امرأة وخنثى مشكل وكذا عنفقة الرجل الكثيفة على الأصح
38. التقريرات السديدة صــ 235
ضابط
اللحية الكاثفة والخفيفة : الماثفة هي التي لا ترى بشرتها من مجلس التخاطب :
" ما يساوي مترا ونصفا تقريبا " والخفيفة عكس ذلك
39. Mandi
jinabah belum sempurna
Dalam
melakukan mandi jinabah kadang seseorang lupa dalam basuhannya sehingga masih
ada sebagian anggota tubuh yang belum terbasuh. Bagaimana jika ia mengetahui
ada anggota yang belum dibasuh setelah selesai mandinya. Apakah dia harus mengulangi mandinya untuk
meyempurnakan basuhanya atau cukup hanya dengan membasuh bagian yang terlewat ?
Jawaban : Cukup dengan membasuh anggota yang lupa tersebut tanpa harus
mengulangi mandinya menurut qoul jadid.
Referensi
:
40. فتاوى ابن الصلاح - (1 / 228)
مسألة
رجل اغتسل من الجنابة ثم أغفل لمعة من بدنه لم يصل الماء إليها ثم بعد أن جف الماء
عن البدن علم فهل يبني هذا على الخلاف في وجوب التتابع في الوضوء فعلى القديم غسل
ذلك الموضوع المتروك إن لم يمض زمان يجف في مثله الماء عن العضو ويستأنف إن مضى
وعلى الجديد لا يجب التتابع مطلقا بل يبنى
أجاب رضي الله عنه هذا فيه طريقان منهم من قال إذا ترك التتابع لعذر كهذا
المذكور لم يقدح قولا واحدا والجديد لا حد فيه للتفريق بل لا يضر مطلقا وإن طال
الوقت والله أعلم
41. المهذب في فقه الإمام الشافعي الجزء
الأول صـ 19
فصل في الموالاة بين أعضائه ويوالي بين أعضائه فإن فرق تفريقا يسيرا لم يضر
لأنه لا يمكن الاحتراز منه وإن فرق تفريقا كثيرا وهو بقدر ما يجف الماء على العضو
في زمان معتدل ففيه قولان-- إلى أن قال -- وقال في الجديد يجزئه لأنها عبادة لا يبطلها التفريق
القليل فلا يبطلها التفريق الكثير كتفرقة الزكاة
فإذا قلنا إنه يجوز فهل يلزمه
استئناف -- إلى أن قال -- والثاني لا يستأنف لأنه لم يقطع حكم النية فلم يلزمه
لاستئناف
42. Orang
awam tidak wajib mengqodho’i shalat
Seseorang
yang tingkat keimananya tipis dan ilmu keagamaanya sedikit
semisal preman yang baru masuk islam.
Apakah ada pendapat yang mengatakan dia tidak wajib menggodlo’i shalat ?
Jawaban : Ada, yaitu menurut imam Ibnu Hazm dan imam Ibnu ‘Abdussalam dari
golongan ulama Syafi’iyah.
Catatan
: Dalam menghadapi permasalahan seperti
kasus diatas alangkah tepat kalau menggunakan pendapat yang tidak terlalu
memberatkan mereka.
Referensi :
43. الشرقاوي علي التحرير الجزء الأول صــ 276
فقد استفيد من الحديث وجوب قضاء الصلاة علي معتمد الترك
خلافا لابن حزم الظاهري وابن عبد السلام
من الشافعية في قولهما بعدم وجوب القضاء عليه
& شرح النووي على مسلم (6/ 170)
وَفِيهِ : تَأْلِيف مَنْ قَرُبَ إِسْلَامه وَتَرْك
التَّشْدِيد عَلَيْهِمْ ، وَكَذَلِكَ مَنْ قَارَبَ الْبُلُوغ مِنْ الصِّبْيَان ،
وَمَنْ بَلَغَ وَمَنْ تَابَ مِنْ الْمَعَاصِي كُلّهمْ يُتَلَطَّف بِهِمْ
وَيُدَرَّجُونَ فِي أَنْوَاع الطَّاعَة قَلِيلًا قَلِيلًا ، وَقَدْ كَانَتْ أُمُور
الْإِسْلَام فِي التَّكْلِيف عَلَى التَّدْرِيج فَمَتَى يُسِّرَ عَلَى الدَّاخِل
فِي الطَّاعَة أَوْ الْمُرِيد لِلدُّخُولِ فِيهَا سَهُلَتْ عَلَيْهِ ، وَكَانَتْ
عَاقِبَته غَالِبًا التَّزَايُد مِنْهَا ، وَمَتَى عَسُرَتْ عَلَيْهِ أَوْ شَكَّ
أَنْ لَا يَدْخُل فِيهَا ، وَإِنْ دَخَلَ أَوْ شَكَّ أَنْ لَا يَدُوم أَوْ لَا
يَسْتَحِيلهَا .
44. Melihat
cat usai wudlu
Setelah berwudlu, kang Fajar melihat ada
sedikit cat yang menempel di tangannya. Apakah wudlunya harus diulang dari
awal?
Jawaban: Tidak
perlu, tetapi kang Fajar harus menghapus
cat tersebut dan membasuh bagian yang berada dibawah cat, kemudian tinggal
meneruskan membasuh pada anggota wajib setelahnya tanpa harus mengulangi niat
wudunya.
Referensi :
45. نهاية الزين في إرشاد المبتدئين صـ 52
وتجب إزالة ما تحت الأظافر من الوسخ وكذا ما على
اليدين من شمع ونحوه من كل ما يمنع وصول الماء إلى العضو ومثل اليدين في ذلك الوجه
والرجلان فلو رأى بعد تمام وضوئه على يديه مثلا حائلا كقشرة سمك وعلم أن ذلك كان
حاصلا وقت الوضوء وجب عليه إزالته وغسل ما تحته وإعادة تطهير الأعضاء التي بعده
لأجل مراعاة الترتيب في الوضوء (1)
1.
أقول هذا إذا علم وجوده وقت الوضوء أما إذا لم يعلم فلا يجب عليه إزالته وغسل ما
ذكر إلخ.إهــ محمد والله أعلم بالزيادة كما في فتح العلام
46. المهذب في فقه الإمام الشافعي الجزء
الأول صـ 19
فصل في الموالاة بين أعضائه ويوالي بين أعضائه فإن فرق تفريقا يسيرا لم يضر
لأنه لا يمكن الاحتراز منه وإن فرق تفريقا كثيرا وهو بقدر ما يجف الماء على العضو
في زمان معتدل ففيه قولان-- إلى أن قال -- وقال في الجديد يجزئه لأنها عبادة لا يبطلها التفريق
القليل فلا يبطلها التفريق الكثير كتفرقة الزكاة
فإذا قلنا إنه يجوز فهل يلزمه
استئناف -- إلى أن قال -- والثاني لا يستأنف لأنه لم يقطع حكم النية فلم يلزمه
لاستئناف
47. kulit
operasi plastik
Demi
mengejar popularitas dan eksistensi dalam dunia akting para selebriti kadang merubah
bentuk dan warna wajahnya
melalui teknologi canggih yaitu oprasi plastik. Apakah sah wudhunya orang yang yang melakukan
oprasi plastik ?
Jawaban : Wudhunya tidak sah kalau hasil oprasi
tersebut tidak dilepas, kalau memang tidak mampu untuk melepasnya maka dihukumi
seperti wajah asli( cukup dibasuh seperti biasa)
Referensi
:
48. بلغة الطلاب صـ 116
مسالة
: ق عملية البلاستيك لتغطية بشرة الوجه
بحيث تكون كانها بشرة الوجه تماما حرام لأمور منها أن ذلك تغيير الخلق الله ومنها
اضرار الإنسان بجسمه حيث يتعاطى جراحات جلدة وجهه بالكشط كما هو معروف في عمل ذلك
. أما بالنسبة لوضوء فاعل ذلك واغتساله فإن كان في نزغ البلاستيك مشقة يخشى منها
محذور تيمم فلها حكم الوجه
49. Tidur yang membatalkan wudhu
Kang
nadzim adalah seorang santri nyentrik asal semarang. Dari kenyentrikannya dia
menyumpal anusnya (dubur) sewaktu tidur dengan anggapan kalau disumpal wudhunya
tidak akan batal karena tidak mungkin mengeluarkan kentut. Apakah benar
anggapan kang nadzim tersebut ?
Jawaban :Wudhunya tetap batal, walaupun dipastikan
tidak adanya kentut yang keluar, karena tidur yang tidak menetapkan posisi
duduknya sudah dianggap membatalkan wudhu
Referensi :
50. فتح العلام الجزء الأول صـ 207
وثانيها
: أي المبطلات النوم على غير هيئة الممكن مقعدته أي أييه من مقره من الأرض أو
غيرها كدابة وسفينة، وإن تححقق عدم خروج شيئ منه بإخبار معصوم كسيدنا عيسى عليه
السلام أو بإنسداد المحل بما لا يمكن معه خروج شيئ ، لأن نفس النوم على تلك الهيئة
مبطل للوضوء واعلم انه لا تمكين لنحيف بحيث يكون مقعدته ومقره تجاف ما لم يحش بنحو
قطنة ولا لمن نام على قفاه ملصقا مقعده بمقره ولو شادا على مخرجه عصابة أو وضع
رسراسا مثلا
51. Diberi tahu kentut
Ketika
seseorang tidur dengan menetapkan pantatnya, kemudian ada orang yang
memberitahukan kalau dia kentut, apakah wudlunya batal?
Jawaban: Tidak wajib wudlu
52. فتح العلام الجزء الاول صـ 209
وقال
بعضهم : بعدم النقض بإخبار المعصوم وهو ضعيف والمعتمد النقض فيجب على من أخبره أن
يصدقه ولكن يتوضأ لما تقدم من أن نفس النوم على تلك الهيئة مبطل ،
ولو أخبره معصوم، أو عدد التواتر، بأنه خرج منه شيئ حال النوم مع التمكين ، وجب
عليه الوضوء لتيقن الخروج حينئذ بخلاف ما لو أخبره عدل بذلك، لأن خبره إنما يفيد
الظن ويقين الطهارة أقوى فيستصحب كما قاله الرملي خلافا لإبن حجر حيث قال بوجوب
قبول خبره.
53. Nunggu sholat sambil ngantuk
Kelamaan
menunggu imam membuat As’ad mengantuk, apalagi ketika menunggu untuk jama’ah
shalat subuh. Apakah mengantuk dapat membatalkan wudlu ? dan bagaimana ketika
As’ad ragu apakah dia sudah dikatakan tidur atau hanya mengantuk masalahnya dia
seakan-akan dalam persaanya telah memasuki dunia mimpi?
Jawaban:
Tidak membatalkan, baik
dalam keadaaan ngantuk ataupun ragu bahwa dirinya tidur atau hanya sekedar
ngantuk.
Catatan
: tanda seseorang bisa
dikatakan tidur yaitu ketika seseorang telah memasuki alam mimpi (bermimpi),
sedangkan tanda dari orang yang mengantuk adalah ketika masih bisa mendengar
pembicaraan di sekelilingnya akan tetapi tidak bisa memahaminya
54. فتح العلام الجزء الأول صـ 210
ولو
زالت إحدى أليي ممكن قبل انتباهه بطل وضوؤه، أو بعده أو معه أو شك فلا. وخرج
بالنوم النعاس فلا بطلان به مع عدم التمكين لأنه أخف من النوم إذ هو ريح لطيفة
تأتي من قبل الدماغ فتغطي العين ولا تصل إلى القلب فإن وصلت إليه كان نوما. ومن
علامات النعاس سماع كلام الحاضرين مع عدم فهمه، ومن علامات النوم الرؤيا فلو رأى
رؤيا علم أن ذلك نوم فيبطل وضوؤه. ولو شك هل نام أو نعاس أو أن الذي خطر بباله
رؤيا أو حديث نفس لم يبطل, وقيل إن تيقن الرؤيامع عدم تذكرنوم لاأثر له بخلافه مع
الشك فيه فإنه يؤثر والمعتمد الأول وهذا كله حيث لاتمكين وإلا فلا بطلان مطلاقا
والله أعلم
55. Pedagang
al-qur’an
Pak Abu, setelah menyelesaikan
belajarnya di pondok al-Barokah dia menikah dan membuka sebuah toko yang
lumayan besar di daerahnya kota Cirebon. Dalam tokonya dia menjual macam-macam
alat tulis dan kebutuhan para santri seperti kitab dan al-Qur’an. Kebingunganpun datang katika
pembeli ramai terutama saat harus mengambilkan al-Qur’an, dia merasa kerepotan
kalau harus berwudhu dulu melihat banyaknya pembeli. Apakah ada pendapat yang
bisa membantu pak Abu dalam permasalahanya (memegang al-Qur’an dalam keadaaan
hadast)?
Jawaban
: Ada, yaitu pendapat dari imam Ibnu Sholah dan sebagian dari beberapa
pendapatnya ulama’.
Referensi
:
56. حاشية قليوبي الجزء الأول صـ 40
( فائدة ) حكى ابن الصلاح وجها غريبا بعدم حرمة
مس المصحف مطلقا , وحكى في التتمة وجها عن الأصحاب أنه لا يحرم إلا مس المكتوب
وحده لا الهامش , ولا ما بين السطور . قاله الإسنوي
57. شرح البهجة الوردية الجزء الثاني صـ
83
(
قوله : حمل المصحف ) قال في المجموع بعد نقل التحريم عن أبي حنيفة ومالك وأحمد
وجمهور العلماء وعن الحكم وحماد بن سليمان شيخ أبي حنيفة وداود تجويز مسه وحمله .ا
هـ .وطريقته في المجموع أنه إذا لم يثبت عنده النقل أن يقول وعن فلان كذا ولا يجزم
به كما نبه هو على ذلك في أوائله .ا هـ .وفي ق ل على الجلال حكى ابن الصلاح وجها
غريبا بعدم حرمة مس المصحف مطلقا وحكى في التتمة وجها عن الأصحاب أنه لا يحرم إلا
مس الكتابة فقط لا الهامش ولا ما بين السطور .ا هـ .وهذا الأخير في المجموع .ا هـ
.( قوله : حمل المصحف ) ولو بعلاقته وحكى القاضي حسين والمتولي وجها أنه يجوز حمله
بعلاقته وهو شاذ في المذهب وضعيف .ا هـ .
58. Ragu-ragu
dalam posisi duduk (sama dengan kang santri)
Orang
yang tertidur dikarenakan menunggu jama’ah yang mana pada
permulaan tidurnya dia telah menetapakan posisi duduknya supaya tidak batal
wudhunya, namun
setelah bangun ia ragu-ragu apakah sewaktu
tidur dia menetapkan pantatnya
atau tidak. Dalam kasus seperti ini, batalkah wudlunya?
Jawaban: tidak
batal.
Referensi:
59. فتح العلام الجزء الأول صـ 209
ولو
شك هل كان حال النوم متمكنا أو لا لم يبطل وضوؤه ولو زالت إحدى أليي ممكن قبل
انتباهه بطل وضوؤه أو بعده أو معه أو شك فلا
60.
Jawaban: yang
dapat membatalakan wudhu adalah keseluruhan alat vital dari orang laki-laki mulai dari ujung
hingga pangkal, sedangkan bagi perempuan adalah dua tepi atau pinggir dari
kemaluannya (kedua buah bibir dari vaginanya), mengecualikan bulu kemaluan dan
testis.
Referensi:
62. حواشي الشرواني والعبادي الجزء الأول
صـ 142
قوله: (ملتقى شفريه) عبارة شيخنا وهو أي فرج
الآدمي في الرجل جميع الذكر لا ما تنبت عليه العانة وفي المرأة ملتقى شفريها أي
شفراها الملتقيان وهما حرفا الفرج لا ما فوقهما مما ينبت عليه الشعر وأما البظر وهو
اللحمة الناتئة في أعلى الفرج فهو ناقض على المعتمد عند الرملي بشرط كونه متصلا
خلافا لابن حجر في قوله بأنه غير ناقض ومحله بعد قطعه ناقض أيضا كما قاله الشهاب
الرملي في حواشي الروض وقال الشمس الرملي كابن قاسم إنه لا ينقض اه
63. أسنى المطالب الجزء الأول صـ 57
فَلَا
نَقْضَ بِمَسِّ غَيْرِهِ وَغَيْرِ الذَّكَرِ كَالْأُنْثَيَيْنِ وَبَاطِنِ
الْأَلْيَيْنِ وَالْعَانَةِ
64. Tambalan
kulit pada wajah
Nasib
tidak selalu mujur, Badrun
adalah seorang pemuda yang hobi track-trackan (balap motor). Suatu ketika ia
mengalami kecelakaan yang begitu hebat sehingga wajahnya mencium aspal dan
terkelupas. Untuk mengembalika wajahnya dengan cara menambalnya (face off) dengan beberapa tahapan.Setelah tahap
ini usai, organ-organ sayatan ditempelkan pada wajah untuk membentuk organ
wajah yang rusak. Permasalahan muncul ketika dia tahu setelah sembuh bahwa
kulit yang dibuat untuk menambal mukanya didapat dari seorang perempuan yang dengan sukarela mendonorkan kulitnya.
a. Bagaimana cara bersuci dan beribadahnya
sebelum dan sesudah oprasi ?
b. Bagaimana bila organ wajah didapat
dari donor wajah perempuan lain, terkait wudhu dan batalnya ?
Jawaban:
c.
Terdapat perincian sebagai
berikut :
@ Pada waktu operasi tidak
wajib bersuci, tidak wajib sholat dan tidak wajib untuk meng-qadla'-inya
karena dalam operasi, Badrun diperbolehkan untuk dibius yang sampai kehilangan
kesadaran.
@ Pasca operasi, sebelum sembuh :
Bila dalam keadaan tersebut pasien boleh terkena air
dan debu, maka cara bersucinya seperti shahibul jabair (orang yang
sebagian anggota wudlunya terdapat perban atau sejenisnya), yakni membasuh yang
sehat dan mentayammumi yang sakit.
Bila anggota tubuhnya tidak diperkenankan terkena air
atau debu sama sekali, maka dia tergolong faqid al-thahurain (orang yang
tidak bisa memakai air dan debu).
Referensi
:
65. المجموع شرح المهذب الجزء الثالث صـ 7
(فرع) قال أصحابنا يجوز شرب الدواء المزيل
للعقل للحاجة كما أشار إليه المصنف بقوله شرب دواء من غير حاجة وإذا زال عقله والحالة
هذه لم يلزمه قضاء الصلوات بعد الإفاقة لأنه زال بسبب غير محرم ولو احتيج في قطع
يده المؤكلة إلا تعاطي ما يزيل عقله فوجهان أصحهما جوازه.
66. المجموع شرح المهذب الجزء الثالث صـ 6
مسألة
من زال عقله بسبب غير محرم كمن جن أو أغمي عليه أو زال أو بشرب دواء لحاجة أو
إكراه على شرب مسكر فزال عقله فلا صلاة عليه وإذا أفاق فلا قضاء عليه بلا خلاف
للحديث سواء قل زمن الجنون والإغماء أم كثر هذا مذهبنا .
67. نهاية الزين صـ 33
وإذا
شق استعمال الماء في عضو ولم يكن على موضع العلة جبيرة وجب أمران غسل الصحيح
والتيمم عن الجريح ولا إعادة إن كان مستندا في ذلك لقول الطبيب العدل فإذا كان على
موضع العلة جبيرة فإن أمكنه نزعها بلا مشقة وتطهير ما تحتها وجب ذلك فإن لم ينزعها
لم تصح طهارته ولا صلاته نعم إن لم تأخذ من الصحيح شيئا أصلا فلا يجب نزعها إلا
إذا كانت في أعضاء التيمم فإن شق عليه نزعها وكانت أخذت من الصحيح شيئا وجب ثلاثة
أمور غسل الصحيح والتيمم عن الجريح والمسح على الجبيرة بالماء بدلا عما أخذته من
الصحيح فإن لم تأخذ من الصحيح شيئا فلا يجب إلا أمران غسل الصحيح والتيمم عن
الجريح ولا يجب المسح عليها بالماء لأن مسحها بالماء يكون عوضا عما أخذته من
الصحيح وهي لم تأخذ من الصحيح شيئا ثم إن كانت الجبيرة في أعضاء التيمم وجبت
الإعادة مطلقا وإن كانت في غيرها فإن أخذت من الصحيح زيادة على قدر الاستمساك
فكذلك وإن أخذت من الصحيح بقدر الاستمساك فقط فإن كان وضعها على حدث فكذلك وإن كان
وضعها على طهر كامل من الحدثين فلا تجب الإعادة وكذا لا تجب الإعادة إذا لم تأخذ
من الصحيح شيئا أصلا سواء كان وضعها على حدث أو على طهر .
68. نهاية المحتاج الجزء الأول صـ 317
(ومن
لم يجد ماء ولا ترابا) لكونه في موضع ليسا فيه أو وجدهما ومنع من استعمالهما مانع
من نحو حاجة عطش في الماء أونداوة في التراب مانعة من وصول الغبار للعضو ولم يمكنه
تجفيفه بنحو نار (لزمة في الجدد ان يصلي الفرض) الآداء ولو جمعة لكنه لا يحسب من
الأربعين لنقصه لحرمة الوقت –
إلى أن قال – (ويعيد) إذا وجد الماء أو التراب بمحل
تسقط به الصلاة وإلا حرم عليه قضاؤها وإنما وجبت الإعادة لأنه عذر نادر . والثاني
تجب الصلاة بلا إعادة لأن النبي صلى الله عليه وسلم لم يأمرهم بها في حديث عائشة
وهو مطرد في كل صلاة أديت في الوقت مع خلل وهو مذهب المزني واختاره في شرح المهذب
لأنه أدى وظيفة الوقت وإنما يجب القضاء بأمر جديد ولم يثبت فيه شيء
b. Wudhunya seperti
biasa karena tambalan tersebut tidak mengakibatkan batalnya wudhu, baik anggota tubuh sudah
berfungsi ataupun belum.
Catatan :
ketika belum berfungsi, maka dianggap anggota tubuh yang terputus sehingga
tidak membatalkan, dan ketika sudah berfungsi, maka dianggap anggota tubuh
sendiri.
Referensi
:
69. نهاية الزين صـ 25
ورابعها
اللمس وهو تلاقي بشرتي ذكر وأنثى ولو كان الذكر خصيا أو عنينا أو ممسوحا أو كان
أحدهما ميتا لكن لا ينتقض وضوء الميت سواء كان التلاقي عمدا أو سهوا بشهوة أو
دونها بعضو سليم أو أشل أصلي أو زائد من أعضاء الوضوء أو غيرها ولو كانت الأنثى
عجوزا شوهاء لا تشتهى ولا ينقض لمس العضو المبان ولو قطع عضو من شخص والتصق بآخر
وحلته الحياة فله حكم من اتصل به لا إن انفصل عنه فلو قطعت يد رجل والتصقت بامرأة
وحلتها الحياة انتقض وضوء الرجل بلمسها وعكسه ولو قطعت المرأة جزأين فلا نقض بلمس
أحدهما إلا إذا كان يطلق عليه اسم امرأة بمجرد النظر إليه بكبر أي مع كبرهما يقينا
بأن بلغ كل منهما حد الشهوة لأرباب الطباع السليمة وإن انتفت الشهوة لهرم أو مرض
لأنه ما من ساقطة إلا ولها لاقطة لا ينتقض الوضوء بتلاقي بشرتيهما مع محرمية
70. الإقناع الجزء الثاني صـ 304
ولا
ينقض العضو المبان غير الفرج (قوله : العضو المبان) –
إلى أن قال – والاعتبار بما اتصل به لا بما انفصل عنه
فإذا اتصل ذراع المرأة برجل صار له حكم الرجل وعكسه بعكسه
71. Guru
TPQ dalam keadaan haidl
Setiap
harinya Mba Clara mengajar Al-Qur’an di muasjid Al-Ishlah. Dilemapun muncul
ketika Mba Clara kedatangan tamu bulananya (haidl). Apakah boleh baginya untuk
mengajar seperti biasanya (berada di dalam masjid, memegang, membaca dan
menulis al-Qur’an)?
Jawaban : boleh.
Referensi :
72. قرة عين بهامش فتح المعين صـ 61 الهدا
ية
(قوله طهر عن حدث) هذا هو الصحيح المعتمد
ولنا قول ضعيف ذكره المزنى فى مختصره ان الطواف يصح مع الحدث
73. بغية المسترشدين صـ 52
(مسألة : ي) : يكره حمل التفسير ومسه إن زاد
على القرآن وإلا حرم ، وتحرم قراءة القرآن على نحو جنب بقصد القراءة ولو مع غيرها
لا مع الإطلاق على الراجح ، ولا يقصد غير القراءة كردّ غلط وتعليم وتبرك ودعاء
74. حاشية قليوبي الجزء الأول صـ 40
(
فائدة ) حكى ابن الصلاح وجها غريبا بعدم حرمة مس المصحف مطلقا , وحكى في التتمة
وجها عن الأصحاب أنه لا يحرم إلا مس المكتوب وحده لا الهامش , ولا ما بين السطور .
قاله الإسنوي
75. المجموع شرح المهذب الجزء الثاني صـ
70
(الرابعة) إذا كتب المحدث أو الجنب مصحفا
نظران حمله أو مسه في حال كتابته حرم والا فالصحيح جوازه لانه غير حامل ولا ماس
وفيه وجه مشهور أنه يحرم ووجه ثالث حكاه الماوردى
أنه يحرم على الجنب دون المحدث
76. الحاوي الكبير للماوردي الجزء الأول
صـ 250
فَأَمَّا إِنْ كَتَبَ مُصْحَفًا كتابة المصحف
للمحدث والجنب فَإِنْ كَانَ حَامِلًا لِمَا يُكْتَبُ مِنْهُ لَمْ يَجُزْ مُحْدِثًا
كَانَ أَوْ جُنُبًا ، وَإِنْ كَانَ غَيْرَ حَامِلٍ لَهُ فَإِنْ كَانَ مُحْدِثًا
جَازَ لِأَنَّهُ لَيْسَ كِتَابَتُهُ بِأَكْثَرَ مِنْ تِلَاوَتِهِ –إلى أن قال-- أَلَا تَرَى أَنَّ
الْمُصَلِّيَ لَوْ كَتَبَ الْفَاتِحَةَ لَمْ يُجْزِهِ عَنْ تِلَاوَتِهَا ، فَجَازَ
لِلْجُنُبِ أَنْ يَكْتُبَ الْقُرْآنَ ، وَإِنْ لَمْ يَتْلُهُ وَاللَّهُ أَعْلَمُ .
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik