Langsung ke konten utama

BAB JENAZAH



BAB JENAZAH
1.      Orang Telah Meninggal Dunia, Kemudian Hidup Lagi
Diskripsi masalah:
Ada orang meninggal dunia, setelah dikubur hidup lagi.
Pertanyaan:
Bagaimana hukum istrinya dan peninggalannya? Apakah masih menjadi istrinya lagi dan hartanya menjadi miliknya lagi?
Jawaban:
Istrinya tidak menjadi istrinya lagi, dan hartanya tidak menjadi hartanya lagi.
Pengambilan ibarat:
Bujairomi alal Khotib, juz III, hal. 260
وفى البجيرمى على الخطيب، ج 3 ص 260، مانصه:
وقع السؤال عمن عاش بعد موته معجزة لنبي أو كرامة لولى لم يعد ملكه إليه اهـ قال على المحلى -إلى أن قال- فإذا وجد الاحياء كانت هذه الحياة جديدة مبتدأة بلا تبين عود ملك. ويلزمه ان نساءه لو تزوجن ان يعدن له وليس كذلك بل يبقى نكاحهن الثانى. والحاصل ان زوال الملك والعصمة محقق وعوده مشكوك فيه فيستصحب زوالها حتى يثبت مايدل على العود ولم يثبت فيه شيئ فوجب البقاء مع الأصل اهـ شرح م ر و ع ش

2.      Perawatan Mayat yang Tidak Diketahui Agamanya
Pertanyaan:
Apabila ada mayit di suatu daerah yang tidak diketahui agamanya (identitasnya). Bagaimanakah perawatannya?
Jawaban:
Cara merawatnya ditafsil (dirinci) sbb.:
1.      Apabila di negara Islam, maka mayit itu dirawat secara Islam sekali pun ada tanda-tanda kekufuran.
2.      Apabila di lain negara Islam dan di situ ada orang Islam maka mayit tersebut dirawat secara Islam. Kalau di situ sama sekali tidak ada orang Islam, maka tidak boleh dirawat secara Islam.
Pengambilan ibarat:
Nihayatul Muhtaj, juz II, hal. 495
وفى نهاية المحتاج، ج 2 ص 495، مانصه:
ولو وجد ميت مجهول الحال أو بعضه ببلادنا صلى عليه إذ الغالب فيها الإسلام ومقتضاه عدم الصلاة عليه إذا وجد فى موات لا ينسب لدار الإسلام ولا لدار الكفار وهو الذى لايذب عنه احد وهو كذلك، أو وجد بغيرها فحكمه يعلم فى باب اللقيط (قوله أو الغالب فيها الإسلام) أى ولا فرق فى ذلك بين أن توجد فيه علامة الكفر كالصليب أو لا لحرمة الدار لأنهم لم يفرقوا بين من فيه علامة وغيره ولا بين العادة تحيل ذلك أو لا (قوله فحكمه يعلم فى باب اللقيط) وقضيته انه إذا وجد بدار الكفر وفيها مسلم انه يصلى عليه. اهـ
3.      Menemukan Sebagian Anggota Tubuh Mayit
Pertanyaan:
Apabila ada orang menemukan sebagian anggota badan mayit, bagaimana cara merawatnya?
Jawaban:
Cara merawatnya adalah wajib dimandikan, dikafani, disholati dan dikuburkan, apabila mayitnya (yang memiliki tubuh anggota tersebut) sudah dimandikan dan belum disholati.
Dan sunat disholati serta wajib dikebumikan bila mayitnya sudah disholati.
Pengambilan ibarat:
1.      Itsmidul ‘Ainain, hal. 46
2.      Nihayatul Muhtaj, juz II, hal. 493-495
وفى إثمد العينين، ص 46، مانصه:
(مسئلة) لو وجد جزء ميت مسلم غير شهيد أو نحو شعرة عند حج صلى عليه بقصد الجملة وجوبا إن كانت بقيته غسلت ولم يصل عليها وندبا ان صلى على البقية فان لم تغسل البقية وجبت الصلاة على الجزء بنيته فقط. اهـ
وفى نهاية المحتاج، ج 3 ص 493-495، مانصه:
(ولو وجد عضو مسلم) علم موته لابشهادة ولو كان الجزء ظفرا أو شعرا أو تحقق انفصاله منه حال موته (صلى عليه) بعد طهره ويجب دفنه وستره بحرقة إن كان من العورة بناء على ان الواجب فى التكفين سترها فقط على مامر كذا قاله الشيخ تبعا لغيره من المتأخرين قال ابن العماد وهذا كله فاسد حصل من التغفل وعدم الإحاطة بالمدارك، فان ستر العورة حق لله تعالى وستر الزائد من البدن حق للميت فيجب علينا استعياب جميع بدنه -إلى أن قال- ومحل وجوب هذه الصلاة حيث لم يصل على الميت وإلا فلا تجب كما اقتضاه كلام السبكى ومحله ان كان قد صلى بعد طهر العضو وإلا وجبت لزوال الضرورة المجوزة للصلاة عليه بدون غسل العضو بوجداننا. اهـ

4.      Sholat Mayit Dilakukan Dua Kali
Pertanyaan:
Bagaimana hukumnya melaksanakan sholat mayit dua kali? (yang pertama dilakukan dengan sholat ghoib dan yang kedua dengan sholat hadir, atau sebaliknya)?
Jawaban:
Hukumnya khilaful aula, menurut wajah yang lebih shohih.
Pengambilan ibarat:
Fatawi Nawawi, hal. 77
وفى فتاوى الإمام النووى، ص 77، مانصه:
(مسئلة) إذا صلى على جنازة فى جماعة أو منفردا ثم أراد إعادتها مع جماعة أخرى ففيه ثلاثة أوجه الأصح انه خلاف الأولى والثانى مكروه والثالث مستحب. اهـ

5.      Membaca Dzikir Ketika Mengiring Mayit ke Kuburan
Pertanyaan:
Lebih baik manakah antara membaca dzikir, dengan diam ketika mengiring jenazah (mayit)? Dan bagaimana hukumnya dzikir tersebut?
Jawaban:
Lebih baik diam yang disertai berfikir tentang masalah yang berkaitan dengan maut (mati). Sedangkan bila tidak disertai dengan berfikir di atas, maka lebih baik dzikir dengan pelan-pelan.
Adapun hukumnya dzikir tersebut bila keras hukumnya Makruh, dan bila pelan hukumnya Sunat.*
Pengambilan ibarat:
Al-Qolyubi, juz I, hal. 347
وفى القليوبى وعميرة، ج 1 ص 347، مانصه:
(ويكره اللغظ فى الجنازة) وعبارة الروضة فى المشى معها والحديث فى أمور الدنيا بل المستحب الفكر فى الموت وما بعده وفناء الدنيا ونحو ذلك. وفى شرح المهذب عن قيس ابن عباد بضم العين وتخفيف الموحدة ان الصحابة رضى الله عنهم كانوا يكرهون رفع الصوت عند الجنائز وعن الحسن انهم كانوا يستحبون خفض الصوت عندها. (قوله ويكره اللغط) هو بسكون الغين المعجمة وفتحها الأصوات المرتفعة ويقال فيه لغاط بوزن كتاب وسواء كان بالقرأة أو الذكر أو الصلاة على النبى r قال شيخنا الرملى ويندب القراءة والذكر سرا. اهـ

6.      Membawa Mayit ke Kuburan Dengan Bagian Kepala di Depan
Pertanyaan:
Pada waku mayit digiring ke kuburan, kepala atau kakinyakah yang didahulukan (yang depan)? Dan bagaimana hukumnya?
Jawaban:
Hukumnya Sunat membawa mayit ke kuburan dengan kepalanya di depan baik diiringi ke arah qiblat atau tidak.
Pengambilan ibarat:
Mauhibah Dzawil Fadlol, juz III, hal. 429
وفى موهبة ذوى الفضل، ج 3 ص 429، مانصه:
ويؤخذ من هذا كما قاله السيد عمر البصرى ان السنة فى وضع رأس الميت فى حال السير أن يكون إلى جهة الطريق سواء القبلة وغيرها فافهم. اهـ
7.      Hukum Adzan Setelah Memasukkan Mayit ke Liang Qubur
Pertanyaan
Bagaimana hukum adzan setelah memasukkan mayit ke liang qubur?
Jawaban:
Hukumnya boleh (tidak sunat) menurut qoul yang mu’tamad (qoul yang dapat dibuat pegangan).
Pengambilan ibarat:
1.      As-Syarqowi, juz I , hal. 228
2.      I'anatut Tholibin, juz I, hal. 230
3.      Al-Fatawi Kubro, juz II, hal. 18

وفى الشرقاوى، ج 1 ص 228، مانصه:
ولا يسن أى الأذان عند إدخال الميت القبر على المعتمد. اهـ
وفى إعانة الطالبين، ج 1 ص 230، مانصه:
واعلم انه لا يسن الأذان عند دخول القبر خلافا لمن قال بسنيته قياسا بخروجه من الدنيا على دخوله فيها قال ابن حجر ورددته فى شرح العباب لكن إذا وافق انزاله القبر أذان خفف عنه فى السؤال. اهـ
وفى الفتاوى الكبرى، ج 2 ص 18، مانصه:
(وسئل) نفع الله به باحكام الأذان والإقامة عند سد فتح اللحد(فأجاب) بقوله هو بدعة اذ لم يصح فيه شيء، وما نقل عن بعضهم فيه غير معول عليه ثم رأيت الاصبحى أفتى بما ذكرته فانه سئل هل ورد فيهما خبر عن ذلك فأجاب بقوله لا اعلم فى ذلك خبرا ولا أثرا إلا شيئا يحكى عن بعض المتأخرين انه قال لعله مقيس على استحباب الأذان والإقامة فى أذان المولود وكأنه يقول الولادة أول الخروج إلى الدنيا وهذا آخر الخروج منها وفيه ضعف فان مثل هذا لا يثبت إلا بتوفيق أعنى تخصيص الأذان والإقامة وإلا فذكر الله تعالى محبوب على كل حال إلا وقت قضاء الحاجة. اهـ
8.      Hukum Mentalqin Mayit Kafir
Diskripsi masalah:
Tradisi yang telah terlaku di kalangan kita, apabila ada orang meninggal dunia selesai ditanam, kemudian dibacakan talqin di atas quburnya.
Pertanyaan:
Bagaimana hukum mentalqin tersebut, jika mayitnya kafir?
Jawaban:
Hukumnya haram, apabila ada unsur mendoakan atau memintakan ampun kepada mayit kafir tersebut.*
Pengambilan ibarat:
1.      As-Showi, juz I, hal. 171
2.      Khulashotul Kalam, hal. 260
وفى حاشية العلامة الصاوى، ج 2 ص 171، مانصه:
(ما كان للنبى والذين أمنوا ان يستغفروا للمشركين ولو كانوا أولى قربى) ذوى قرابة (من بعد ما تبين لهم أنهم أصحاب الجحيم) النار بأن ماتوا على الكفر (قوله بأن ماتوا على الكفر) أى فلا يجوز لهم الإستغفار حينئذ واما الإستغفار للكافر الحى ففيه تفصيل وان كان قصده بذلك الإستغفار هدايته للإسلام جاز وان كان قصده أن تغفر ذنوبه مع بقائه فى الكفر فلا يجوز. اهـ
وفى خلاصة الكلام، ص 260، مانصه:
ومما جاء من النداء للميت التلقين له بعد الدفن -إلى أن قال- ففى التلقين النداء والخطاب للميت وحديث نداء النبى r كفار قريش المقتولين ببدر بعد القائم فى القليب مشهور رواه البخارى وأصحاب السنن وجعل يناديهم بأسمائهم وأسماء آبائهم ويقول أيسركم انكم اطعتم الله ورسوله فإنا قد وجدنا ماوعدنا ربنا حقا فهل وجدتم ماوعد ربكم حقا. وأما ما جاء من الأثار عن الأخبار والعلماء والأخيار والأولياء الكبار مما يدل على جواز ذلك النداء والخطاب. اهـ
9.      Satu Kali Bacaan Surat al-Fatihah untuk Para Ahli Qubur
Pertanyaan:
Orang hadiah surat al-Fatihah dengan satu kali bacaan kepada ahli qubur, apakah ahli qubur bisa mendapatkan pahala satu kali bacaan sempurna atau dibagi?
Jawaban:
Ahli qubur bisa mendapatkan pahala satu kali bacaan surat al-Fatihah dengan sempurna. Akan tetapi bila si pembaca mengkhususkan, maka pahalanya akan berlainan, dalam arti ahli qubur yang dikhususkan akan lebih tinggi pahalanya dari pada yang diumumkan.
Pengambilan ibarat:
Bughyatul Mustarsyidin, hal. 97 & 196
وفى بغية المسترشدين، ص 97، مانصه:
(فائدة) رجل مر بمقبرة فقرأ الفاتحة واهدى ثوابها لأهلها فهل يقسم أو يصل لكل منهم مثل ثوابها كاملا. أجاب ابن حجر بقوله أفتى جمع بالثانى وهو اللائق بسعة رحمة الله تعالى. اهـ

وفيه أيضا، ص 196، مانصه:
ولا يظهر فى هذا المقام فرق بين الواو وثم فيما إذا قال إلى روح فلان ثم فلان أو قال إلى فلان خاصة ثم إلى المسلمين عامة كما مال إليه فى التحفة والنهاية لكن يتفاوت الثواب فاعلاه ماخصه وأدناه ما عمه. اهـ
10.  Selamatan Hari Ketiga s/d Hari Keseribu Setelah Kematian
Pertanyaan:
Bagaimana hukumnya melaksanakan selamatan pada hari ketiga, ketujuh, keempat puluh, keseratus dan keseribu dari hari kematian mayit?
Jawaban:
Hukum pelaksanaan selamatan tersebut makruh, bahkan haram, bila diambilkan dari harta tirkah yang mayitnya punya hutang, atau ahli waris mahjur alaih, atau ahli waris ada yang tidak rela.*)
Catatan: hukum makruh di atas tidak sampai menghilangkan pahala shodaqoh
Pengambilan ibarat:
1.      Asnal Matholib, juz I, hal. 335
2.      Al-Fatawi Kubro, juz II, hal. 7
3.      Ahkamul Fuqoha`, juz I, hal. 16
وفى أسنى المطالب، ج 1 ص 335، مانصه:
(ويكره لأهله) أى الميت (طعام) أى صنع الطعام (يجمعون عليه الناس) أخذا كصاحب الأنوار الكراهة من تعبير الروضة والمجموع بأن ذلك بدعة غير مستحب واستدل له فى المجموع بقول جرير بن عبد الله كنا نعد الإجتماع إلى أهل الميت وصنعهم الطعام بعد دفنه من النياحة رواه الإمام أحمد وابن ماجة بإسناد صحيح وليس فى رواية ابن ماجة بعد دفنه وهذا ظاهر فى التحريم فضلا عن الكراهة والبدعة الصادقة بكل منهما. (قوله وهذا ظاهر فى التحريم) لاخفاء فى تحريمه إن كان على الميت دين أو فى الورثة محجور عليه أو غائب وصنع ذلك من التركة. اهـ
وفى الفتاوى الكبرى، ج 2 ص 7، مانصه:
ولا يجوز ان يفعل شيئ من ذلك من التركة حيث كان فيها محجور عليه مطلقا أو كانوا كلهم رشداء لكن لم يرض بعضهم. اهـ
وفى أحكام الفقهاء، ج 1 ص 16، مانصه:
س: ما حكم تهيئة الاطعمة من أهل الميت لضيافة المعزين يوم الوفاة أو غيره وقصد بذلك التصدق عن الميت فهل لهم الثواب ذلك التصدق أو لا؟
ج: ان تهيئة الاطعمة يوم الوفاة أو ثالث أيامها أو سابعها مكروهة من حيث الإجتماع والتخصيص وتلك الكراهة لاتزيل ثواب الصدقة. اهـ
*

11.  Membakar Dupa (Menyan) di Dekat Mayit dan Lain-lainnya
Diskripsi masalah:
Ada suatu kebiasaan di suatu daerah membakar dupa (menyan) di dekat mayit selama disemayamkan. Begitu juga jika ada hajat yang lain seperti ketika akan mendirikan rumah, khitan, wiwit tandur (mulai menanam) dan selamatan yang lainnya.
Pertanyaan:
Bagaimana hukum membakar dupa tersebut?
Jawaban:

Hukumnya ditafsil:
a.       Boleh, apabila bermaksud menghilangkan bau busuk/pengap dan beri’tikad (berkayakinan) bahwa yang memberi manfaat Alloh swt semata.
b.      Makruh, apabila tidak bermaksud apa-apa (tidak ada tujuan).
c.       Haram, bahkan kufur apabila beri’tiqad bahwa dupa/menyan yang dibakar tersebut dapat memberi kemanfaatan tertentu (misalnya: mendatangkan rizki/keberuntungan dll.)

Pengambilan ibarat:
1.       Nihayatuz Zain, hal. 153
2.       Bughyatul Mustarsyidin, hal. 249

وفى ناية الزين، ص 153، مانصه:
ويكره اتباعها بنار فى مجمرة أو غيرها إلا لحاجة كبحور لدفع نتن أو فتيلة لرؤية دفنه ليلا فلا كراهة. اهـ

وفى بغية المسترشدين، ص 249، مانصه:
(مسئلة ك) جعل الوسائط بين العبد وبين ربه فان صار يدعوهم كما يدعو الله فى الأمور ويعتقد تأثيرهم فى شيئ من دون الله تعالى فهو كفر وان كان نيته التوسل بهم إليه تعالى فى قضاء مهماته مع اعتقد ان الله هو النافع الضار المؤثر فى الامور دون غيره فالظاهر عدم كفره وان كان فعله قبيحا. اهـ



12.  Membersihkan Rerumputan dan Pepohonan di Quburan
Pertanyaan:
Bagaimanah hukumnya membersihkan pepohonan atau rerumputan yang berada di atas quburan?
Jawaban:
Hukumnya makruh, apabila dalam membersihkan pepohonan atau rerumputan tersebut sampai pada akar-akarnya, sedangkan pohon atau rumput tersebut masih hidup (basah). Dan tidak makruh, apabila tidak sampai pada akar-akarnya, atau sudah mati (kering).
Pengambilan ibarat:
Bariqoh Mahmudiyah, juz IV, hal. 84
وفى بريقة محمودية للشيخ أبو سعيد الخدمى، ج 4 ص 84، مانصه:
ومنها أى ومن آفات اليد قلع الشوك والحشيش الرطبين على القبر فإنه مكروه بخلاف اليابس. اهـ






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا