Hasil Bahts Masail LBM PCNU
Surabaya 2008 di Masjid at Taqwa
Nisfu Sya'ban berasal dari kata Nisfu (bahasa Arab) yang
berarti separuh atau pertengahan, Sya'ban adalah nama bulan ke-8 dalam kalender
Islam. Dengan demikian nisfu sya'ban berarti pertengahan bulan Sya'ban. Pada
malam ini biasanya diisi dengan pembacaan Surat Yaasiin tiga kali berjamaah dengan niat semoga diberi
umur panjang, diberi rizki yang banyak dan barokah, serta ditetapkan imannya.
Pertanyaan:
1. Adakah tuntunan
secara umum dan khusus untuk melakukan ibadah pada malam Nishfu Sya’ban?
Jawaban:
Dalam syari’at
Islam terdapat tuntunan (dalil-dalil) untuk beribadah pada malam Nishfu
Sya’ban.
سنن ترمذى
670 حدثنا
أحمد بن منيع حدثنا يزيد بن هارون أخبرنا الحجاج بن أرطاة عن يحى بن أبى كثير عن
عروة عن عائشة قالت فقدت رسول الله صلى الله عليه وسلم ليلة فخرجت فإذا هو
بالبقيع فقال أكنت تخافين أن يحيف الله عليك ورسوله قلت يا رسول الله إنى ظننت أنك
أتيت بعض نسائك فقال إن الله عز وجل ينـزل ليلة النصف من شعبان إلى سماء الدنيا
فيغفر لأكثر من عدد شعر غنم كلب. وفى الباب عن أبى بكر الصديق قال أبو عيسى
حديث عائشة لا نعرفه إلا من هذا الوجه من حديث الحجاج وسمعت محمدا يضعف هذا الحديث
وقال يحى بن أبى كثير لم يسمع من عروة والحجاج بن أرطاة لم يسمع من يحى بن أبى
كثير.
“Aisyah berkata “Pada suatu malam, saya kehilangan
Rasulullah. Setelah saya keluar, ternyata beliau ada di Baqi’, beliau berkata
“Apakah kamu takut Allah dan Rasulnya mengabaikanmu?”. Saya berkata “Wahai
Rasulullah, saya mengira engkau mengunjungi sebagian di antara istri-istri
engkau”. Nabi berkata “Sesungguhnya (rahmat) Allah turun ke langit yang paling
bawah pada malam Nishfu Sya’ban dan Ia mengampuni dosa-dosa yang melebihi dari
jumlah bulu kambing milik suku Kalb”.
سنن إبن ماجه
1378 حدثنا الحسن بن على الخلال
حدثنا عبد الرزاق أنبأنا ابن أبى سبرة عن إبراهيم بن محمد عن معاوية بن عبد الله
بن جعفر عن أبيه عن على بن أبى طالب قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا
كانت ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلها وصوموا نهارها فإن الله ينـزل فيها لغروب
الشمس إلى سماء الدنيا فيقول ألا من مستغفر لى فأغفر له ألا مسترزق فأرزقه ألا
مبتلى فأعافيه ألا كذا ألا كذا حتى يطلع الفجر
“Rasulullah bersabda “Apabila telah datang malam
Nishfu Sya’ban, maka beribadahlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang
harinya, sesungguhnya (rahmat) Allah turun pada malam itu ke langit yang paling
bawah ketika terbenamnya matahari, kemudian Allah menyeru “Adakah orang yang
meminta maaf kepadaku, maka akan Aku ampuni. Adakah yang meminta rizqi, maka Aku
akan melimpahkan rizqi kepadanya. Adakah orang yang sakit, maka akan Aku
sembuhkan”. Dan hal-hal yang lain sampai terbitnya fajar”.
1379 حدثنا عبدة بن عبد الله
الخزاعى ومحمد بن عبد الملك أبو بكر قالا حدثنا يزيد بن هارون أنبأنا حجاج عن يحى
بن أبى كثير عن عروة عن عائشة قالت فقدت النبى صلى الله عليه وسلم ذات ليلة
فخرجت أطلبه فإذا هو بالبقيع رافع رأسه إلى السماء فقال يا عائشة أكنت تخافين أن
يحيف الله عليك ورسوله قالت قد قلت وما بى ذلك ولكنى ظننت أنك أتيت بعض نسائك فقال
إن الله تعالى ينـزل ليلة النصف من شعبان إلى السماء الدنيا فيغفر لأكثر من عدد
شعر غنم كلب
“Aisyah berkata “Pada suatu
malam, saya kehilangan Rasulullah. Setelah saya keluar mencarinya, ternyata
beliau ada di Baqi’ seraya menengadahkan kepalanya ke langit, beliau berkata
“Apakah kamu takut Allah dan Rasulnya mengabaikanmu?”. Aisyah berkata “Saya
tidak memiliki ketakutan itu, saya mengira engkau mengunjungi sebagian di
antara istri-istri engkau”. Nabi berkata “Sesungguhnya (rahmat) Allah turun ke
langit yang paling bawah pada malam Nishfu Sya’ban dan Ia mengampuni dosa-dosa
yang melebihi dari jumlah bulu kambing milik suku Kalb”.
1380
حدثنا راشد بن سعيد بن راشد الرملى حدثنا الوليد عن ابن لهيعة عن الضحاك بن أيمن
عن الضحاك بن عبد الرحمن بن عرزب عن أبى موسى الأشعرى عن رسول الله صلى الله عليه
وسلم قال إن الله ليطلع فى ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو
مشاحن حدثنا محمد بن إسحق حدثنا أبو الأسود النضر بن عبد الجبار حدثنا ابن
لهيعة عن الزبير بن سليم عن الضحاك بن عبد الرحمن عن أبيه قال سمعت أبا موسى عن
النبى صلى الله عليه وسلم نحوه
“Rasulullah SAW bersabda,
“Sesungguhnya Allah memperhatikan hambanya pada malam Nishfu Sya’ban kemudian
Ia akan mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan musyachin (orang
munafik yang menebar kebencian antar sesama umat Islam)”.
مسند أحمد
6353 حدثنا حسن حدثنا ابن لهيعة
حدثنا حيى بن عبد الله عن أبى عبد الرحمن الحبلى عن عبد الله بن عمرو أن رسول الله
صلى الله عليه وسلم قال يطلع الله عز وجل إلى خلقه ليلة النصف من شعبان فيغفر
لعباده إلا لاثنين مشاحن وقاتل نفس
“Rasulullah SAW bersabda, “Allah SWT memperhatikan
hambanya pada malam Nishfu Sya’ban kemudian Ia akan mengampuni semua
makhluk-Nya kecuali dua orang, yaitu musyachin (orang munafik yang menebar
kebencian antar sesama umat Islam) dan orang yang bunuh diri”.
Pertanyaan:
2. Apa sebenarnya keistimewaan
malam Nishfu Sya’ban dibanding dengan malam-malam yang lain?
Jawaban:
Di antara
keistimewaan malam Nishfu Sya’ban adalah sebagai berikut:
1. Menurut Imam Syafi’i, malam Nishfu Sya’ban adalah
salah satu malam yang mustajabah.
2. Menurut ‘Atha bin Yasar, malam Nishfu Sya’ban adalah
malam yang paling utama setelah Lailatul Qadar.
3. Menurut sahabat ‘Ikrimah, yang dimaksud dengan ayat إنا أنزلناه فى ليلة مباركة فيها يفرق كل أمر حكيم dari surat Dukhan ayat 2, malam tersebut adalah malam
Nishfu Sya’ban, akan tetapi pendapat ini ditentang oleh jumhur ulama, dan yang
dimaksud dengan ليلة مباركة adalah Lailatul Qadar.
4. Menurut ulama yang lain, malam Nishfu Sya’ban adalah
malam laporan amal tahunan kepada Allah SWT.
فيض القدير ج 6 ص 50
من أحيا الليالى الأربعة وجبت
له الجنة وهى ليلة التروية وليلة عرفة وليلة النحر وليلة الفطر أى ليلة عيد الفطر
وليلة عيد النحر قال الشافعى بلغنا أن الدعاء يستجاب فى خمس ليال أول ليلة من
رجب وليلة نصف شعبان وليلتى العيد وليلة الجمعة.
“Imam Syafii berkata : Telah sampai kepada kami bahwa
doa dikabulkan dalam lima malam, yaitu awal malam bulan Rajab, malam Nishfu
Sya’ban, dua malam hari raya dan malam Jumat”.
نزهة المجالس ج 1 ص 158
قال عطاء بن يسار ما بعد ليلة
القدر أفضل من ليلة النصف من شعبان وهى من الليالى التى يستجاب فيها الدعاء. قال
النووى عطاء بن يسار من التابعين.
“Yasar bin Atho’ berkata : Tidak ada malam yang lebih
utama setelah Lailatul Qadar dibandingkan dengan Nishfu Sya’ban. Ia merupakan
salah satu malam yang mustajabah”.
تفسير القرطبى ج 16 ص 85
وقال عكريمة هى ليلة النصف من
شعبان يبرم فيها أمر السنة وينسخ الأحياء من الأموات ويكتب الحاج فلا يزاد فيهم
أحد ولا ينقص منهم أحد وروى عثمان بن المغيرة قال قال النبى صلى الله عليه وسلم
تقطع الأجال من شعبان إلى شعبان حتى أن الرجل لينكح ويولد له وقد خرج اسمه فى
الموتى. وقال القاضى أبو بكر بن العرب وجمهور العلماء على أنها ليلة القدر.
“Utsman bin Mughirah meriwayatkan hadis, Rasulullah SAW
bersabda, “Ajal ditentukan dari satu Sya’ban ke bulan Sya’ban berikutnya,
hingga seseorang menikah, dikaruniai anak dan namanya dikeluarkan dari
orang-orang yang akan meninggal”. Qadli Abu Bakar nin Al Araby berkata : Para
Ulama’ mengatakan bahwa malam tersebut adalah Lailatul Qadar”.
فيض القدير ج 2 ص 302
قال الزين العراقى مزية ليلة
نصف شعبان مع أن الله تعالى ينـزل كل ليلة أنه ذكر مع النـزول فيها وصف آخر لم
يذكر فى نـزول كل ليلة وهو قوله فيغفر لأكثر من عدد شعر غنم كلب وليس ذا فى نـزول
كل ليلة ولأن النـزول فى كل ليلة مؤقت بشرط الليل أو ثلثه وفيها من الغروب وخص شعر
غنم كلب لأنه لم يكن فى العرب أكثر غنما منهم, وورد فى حديث آخر استثناء جماعة من
المغفرة (تنبيه) قال المجد ابن تيمية ليلة نصف شعبان روى فى فضلها من الأخبار
والأثار ما يقتضى أنها مفضلة ومن السلف من خصها بالصلاة فيها وصوم شعبان جائت فيه
أخبار صحيحة أما صوم نصفه مفردا فلا أصل له بل يكره قال وكذا اتخاذه موسما تصنع
فيه الأطعمة والحلوى وتظهر فيه الزينة وهو من المواسم المحداثة المبتدعة التى لا
أصل لها اهـ.
“Ibnu Taimiyah berkata : Dari beberapa hadis dan pandapat
para sahabat menunjukkan bahwa malam Nishfu Sya’ban memiliki keutamaan
tersendiri. Sebagian ulama Salaf melaksanakan salat sunah secara khusus di
malam tersebut, ataupun dengan puasa yang telah dijelaskan oleh hadis-hadis
shohih. Adapun puasa satu kali pada hari tersebut tidak memiliki dasar sama
sekali, bahkan makruh. Begitupula menjadikannya sebagai perayaan dengan
menghidangkan makanan, makanan ringan dan menampakkan perhiasan. Hal ini
merupakan perayaan-perayaan yang dibuat-buat dan bid’ah yang tidak ada
dalilnya”.
حاشية الجمال ج 8 ص 323
(قوله تعرض الأعمال) أى تعرض
على الله تعالى وكذا تعرض فى ليلة نصف شعبان وفى ليلة القدر فالأول عرض اجمالى
باعتبار الأسبوع والثانى باعتبار السنة وكذا الثالث, وفائدة تكرير ذلك اظهار شرف
العاملين بين الملائكة وأما عرضها تفصيلا فهو برفع الملائكة لها يالليل مرة
وبالنهار مرة اهـ شرح حج.
وعبارة م ر والمراد عرضها على
الله وأما رفع الملائكة لها فهو بالليل مرة وبالنهار مرة ورفعها فى شعبان الثابت
بخبر أحمد أنه صلى الله عليه وسلم سئل عن إكثاره الصوم فى شعبان فقال إنه شهر ترفع
فيه الأعمال فأحب أن يرفع عملى وأنا صائم محمول على رفع الأعمال جملة انتهت
“Amal-amal tersebut diperlihatkan
kepada Allah, begitu pula pada malam Nishfu Sya’ban dan Lailatul Qadar. Yang
pertama (Senin-Kamis) merupakan laporan amal mingguan. Yang kedua dan ketiga
(Nishfu Sya’ban dan Lailatul Qadar) merupakan laporan amal tahunan”.
Pertanyaan:
3. Apa dasar ulama dalam
penetapan pembacaan surat Yasin pada malam Nishfu Sya’ban beserta macam-macam
niatnya?
Jawaban:
Pembacaan surat
Yasin pada malam Nishfu Sya’ban beserta macam-macam niatnya merupakan hasil
ijtihad para ulama.
أسنى المطالب فى أحاديث مختلفة
المراتب ص 234
أحاديث فضل نصف شعبان
تقدم منها أن الله ينـزل ليلة
النصف من شعبان إلخ .... وبين رتبته فى بابه وما قالته العماء فيها وبالجملة فعدة
ما ورد فى ليلة نصف شعبان يدل على فضلها كما ذكره أهل العلم وأما قراءة سورة يس
ليلتها بعد المغرب والدعاء المشهور فمن ترتيب بعض أهل الصلاح من عند نفسه قيل هو
البونى ولا بأس بمثل ذلك.
“Adapun pembacaan surat Yasin
pada malam Nishfu Sya’ban setelah Maghrib merupakan hasil ijtihad para ulama,
konon ia adalah Syeikh Al Buni, dan hal itu bukanlah suatu hal yang buruk”.
فتح الملك المجيد للشيخ أحمد
الديربى ص 19
(ومن خواص صورة يس) كما قال
بعضهم أن تقرأها ليلة النصف من شعبان ثلاث مرات الأولى بنية طول العمر والثانية
بنية دفع البلاء والثالثة بنية الإستغناء عن الناس.
“Diantara keistimewaan surat Yasin, sebagaimana
menurut sebagian para Ulama, adalah dibaca pada malam Nishfu Sya’ban sebanyak 3
kali. Yang pertama dengan niat meminta panjang umur, kedua niat terhindar dari
bencana dan ketiga niat agar tidak bergantung kepada orang lain”.
تلخيص فتاوى ابن زياد ص 301
(مسئلة) حديث يس لما قرئت له
لا أصل له ولم أر من عبر بأنه موضوع فيحتمل أنه لا أصل له فى الصحة والذى أعتقده
جواز روايته بصيغة التمريض نحو بلغنا كما يفعله أصحاب الشيخ اسمعيل الجبرتى
اهـ.
“Hadis yang berbunyi “Surat Yasin dapat dibaca sesuai
dengan niat tujuannya” merupakan hadis yang tidak ada dasarnya, tetapi saya
tidak menemui ulama yang mengatakannya sebagai hadis palsu. Bisa jadi yang
dimaksud adalah hadis tersebut tidak shohih. Saya meyakini bahwa boleh
meriwayatkan hadis tersebut dengan redaksi riwayat yang tidak tegas, seperti
telah sampai pada kami... sebagaimana yang dilakukan oleh murid-murid Syeikh
Ismail Al Jabraty.”.
Pertanyaan:
4. Apa hukum melakukan shalat
sunnah pada malam Nishfu Sya’ban?
Jawaban:
Hukum melakukan
shalat sunnah muthlaq pada malam Nishfu Sya’ban adalah mustahab karena
Rasulullah SAW pernah melaksanakan shalat tersebut.
Catatan:
Kedudukan hukum
mustahab adalah satu tingkat di bawah hukum sunnah.
ذكريات ومناسبات لسيد محمد بن
علوى الملكى ص 155-156
وقد جاء فى الحديث عنه صلى الله
عليه وسلم هذا الدعاء فعن السيدة عائشة رضى الله عنها قالت: قام رسول الله صلى
الله عليه وسلم من الليلى فصلى فأطال السجود حتى ظننت أنه قد قبض فلما رأيت ذلك
قمت حتى حركت ابهامه فتحرك فرجعت فسمعته يقول فى سجوده أعوذ بعفوك من عقابك وأعوذ
برضاك من سخطك وأعوذ بك منك إليك لا أحصى ثناء عليك أنت كما أثنيت على نفسك. فلما
رفع رأسه من السجود وفرغ من صلاته قال يا عائشة أو يا حميراء أظننت أن النبى صلى
الله عليه وسلم قد خاس بك؟ قلت لا والله يا رسول الله ولكنى ظننت أنك قد قبضت لطول
سجودك فقال أتدرين أى ليلة هذه قلت الله ورسوله أعلم قال هذه ليلة النصف من شعبان
إن الله عز وجل يطلع على عباده فى ليلة النصف من شعبان فيغفر للمستغفرين ويرحم
المسترحمين ويؤخر أهل الحقد كما هم. رواه البيهقى من طريق العلاء بن الحارث عنها
وقال هذا مرسل جيد.
“Aisyah berkata “Rasulullah bangun di tengan malam
kemudian beliau salat, kemudian sujud sangat lama, sampai saya menyangka bahwa
beliau wafat. Setelah itu saya bangun dan saya gerakkan kaki Nabi dan ternyata
masih bergerak. Saya kembali lagi dan saya mendengar Rasul berdoa... kemudian
Rasul bangkit dari sujudnya selesai melakukan shalatnya”, kemudian Nabi berkata
“Wahai Aisyah, apakah kamu mengira Aku berkhianat padamu?”, saya berkata “Demi
Allah tidak, wahai Rasul, saya mengira engkau telah tiada karena sujud terlalu
lama. Rasul bersabda “Tahukauh kamu malam apa sekang ini?” Saya menjawab “Allah
dan Rasulnya yang tahu”. Rasulullah bersabda “ini adalah malam Nishfu Sya’ban,
sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla memperhatikan hamba-hamba-Nya pada malam
Nishfu Sya’ban, Allah akan mengampuni orang-orang yang meminta ampunan,
mengasihi orang-orang yang meminta dikasihani, dan Allah tidak akan
memprioritaskan orang-orang pendendam”. (HR Al Baihaqi, menurutnya hadis ini
Mursal yang baik)
Catatan
:
Para Imam Madzhab,
seperti Imam Syafii dan Imam Ahmad bin Hanbal mengkategorikan hadis Mursal
sebagai hadis yang dapat diterima (Hadis Maqbul) bila memenuhi beberapa
persyaratan, diantaranya Sahabat atau Tabiin yang digugurkan dari sanad merupakan
seorang yang dikenal kredibilitasnya, tidak bertentangan dengan hadis lain yang
lebik shohih dan sebagainya, sebagaimana yang tercantum dalam kitab-kitab
Ulumul Hadis.
اعانة الطالبين ج1 ص 271
وأما صلاة شعبان فهى أن يصلى فى
ليلة الخامس عشر منه مائة ركعة كل ركعتين بتسليمة يقرأ فى كل ركعة بعد الفاتحة قل
هو الله أحد إحدى عشرة مرة وإن شاء صلى عشر ركعات يقرأ فى كل ركعة بعد الفاتحة قل
هو الله أحد مائة مرة فهذه أيضا مروية فى جملة الصلاوات كان السلف يصلون هذه
الصلاة ويسمونها صلاة الخير ويجتمعون فيها وربما صلوها جماعة. وروى عن الحسن
البسرى أنه قال حدثنى ثلاثون من أصحاب النبى صلى الله عليه وسلم أن من صلى هذه
الصلاة فى هذه الليلة نظر الله تعالى إليه سبعين نظرة وقضى له بكل نظرة سبعين حاجة
أدناها المغفرة اهـ. قال العلامة القردى واختلف العلماء فيها فمنهم من قال لها
طرق إذا اجتمعت وصل الحديث إلى حد يعمل به فى فضائل الأعمال ومنهم من حكم على
حديثها بالوضع ومنهم النووى وتبع الشارح فى كتبه.
“Syeikh Al Kurdy berkata : Para Ulama berbeda pendapat
mengenai hadis-hadis yang berhubungan dengan salat sunah mutlak malam Nishfu Sya’ban,
diantara para ulama ada yang mengatakan bahwa hadis tersebut (meskipun Dloif)
memiliki banyak jalur riwayat, yang secara keseluruhan (akumulasi) hadis
tersebut boleh dilaksanakan dalam hal Fadlailul A’mal. Diantara ulama yang lain
menghukuminya sebagai hadis palsu, seperti Imam Nawawi dan Syekh Zainuddin Al
Malibary”.
الفتاوى الكبرى ج 2 ص 469
(مسئلة فى صلاة نصف شعبان) الجواب
إذا صلى الإنسان ليلة النصف وحده أو فى جماعة خاصة كما كان يفعل طوائف من السلف
فهو أحسن. وأما الإجتماع فى المساجد على صلاة مقدرة كالإجتماع على مائة ركعة
بقراءة ألف قل هو الله أحد دائما فهذا بدعة لم يستحبها أحد من الأئمة والله أعلم.
“Apabila seseorang salat sunah mutlak pada malam
nishfu Sya’ban sendirian atau berjamaah, sebagaimana dilakukan oleh segolongan
ulama salaf, maka hukumnya adalah baik. Adapun kumpul-kumpul di masjid dengan
salat yang ditentukan, seperti salat seratus raka’at dengan membaca surat al
Ikhlash sebanyak seribu kali, maka ini adalah perbuata bid’ah yang sama sekali
tidak dianjurkan oleh para ulama”.
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik