BAB QODLO` (KEPUTUSAN)
1.
Konsekuensi Hukum Indonesia dengan Hukum Islam
Pertanyaan:
Apakah hukum yang berlaku di Indonesia itu sudah dapat
membebaskan tanggungan di akherat atau belum? Kalau dapat bagaimana
konsekuensinya dengan hukum yang kurang sesuai dengan hukum Islam? Kalau belum,
bagaimana agar orang Islam yang berbuat dapat bebas dari tanggungan?
Jawaban:
Jika hukum yang berlaku di Indonesia itu sesuai dengan
hukum syara’, maka bisa menggugurkan tanggungan akherat. Oleh karena itu, bila
seseorang dihukumi dengan hukum yang tidak sesuai dengan hukum syara’, maka
agar bisa bebas dari tanggungan akherat harus taubat dengan taubatan nasuha
(Perlu diketahui bahwa yang dimaksud hukum di sini adalah khusus hukum pidana).
Pengambilan ibarat:
1.
Majmu’atu
Sab’atu Kutub, hal. 60
2.
At-Tasyri’ul
Jina`i, juz I, hal. 237
3.
Al-Bajuri,
juz II, hal. 329
وفى مجموعة سبعة كتب، ص 60، مانصه:
السياسة شرع مغلظ وهي نوعين سياسة ظالمة والشريعة تحرمها وسياسة عادلة تخرج
الحق من الظالم وتدفع كثيرا من المظالم وتردع هل الفساد وتوصل الى المقاصد الشرعية
فالشريعة توجب المصير اليها والاعتماد فى ظاهر الحق عليها. اهـ
وفى التشريع الجنائى الاسلامى، ج 1 ص 237، مانصه:
قلنا ان ما يخالف الشريعة من قانون اولائحة او قرار باطل
بطلانا مطلقا لكن هذا البطلان لاينصب على كل نصوص القانون او اللائحة او القرار
وانما ينصب فقط على النصوص المخالفة للشريعة دون غيرها لان اساس البطلان هو مخالفة
الشريعة فلا يمتد البطلان منطقيا لما يوافق الشريعة من النصوص -إلى أن قال- واذا
كان البطلان قاصرا على النصوص المخالفة للشريعة فان هذه النصوص لا تعتبر باطلة فى
كل حالة وانما هى باطلة فقط فى الحالات التى تخالف فيها الشريعة صحصحة فى الحالات
التى تتفق فيها مع الشريعة وليس هذا بمستغرب مادام اساس الصحة والبطلان راجع الى
موافقة الشريعة او مخالفتها اذ العلة تدور مع المعلول وجودا وعدما. اهـ
وفى الباجورى، ج 2 ص 329، مانصه:
وشرعت الحدود زجرا عن ارتكاب ما يوجبها من المعاصى وقيل جبرا لذلك والاول مبنى
على القول بان الحدود زواجر والثانى مبنى على القول بانه جوابر فاذا استوفيت فى
الدنيا فلا يعاقب على المعاصى التى اقتضتها فى الاخرة لان الله اكرم من ان يعاقب
على الذنب مرتين. اهـ
2.
Pengurus Pondok Mengusir/Mengistirahatkan Santri
Diskripsi masalah:
Pada umumnya pondok di Indonesia diwaqofkan untuk para
santri yang hendak belajar ilmu agama. Dan sudah lazimnya di pondok pesantren
tersebut ditetapkan qowanin al-asasiyah atau induk peraturan berikut sanksi
pelanggarannya, sehingga para santri yang melanggar peraturan tersebut berulang
kali akan dipulangkan (diusir).
Pertanyaan:
a.
Bolehkah
pengurus mengusir santri tersebut, sesuai dengan peraturan yang telah
ditetapkan?
b.
Apakah
santri yang telah diusir masih berhak kembali lagi ke pondok tersebut?
Jawaban:
Perlu diketahui bahwa nadhir pondok adalah Kyai,
sedangkan pengurus adalah orang-orang yang telah diberi ijin oleh Kyai untuk
mengurusi kebaikan dan kemajuan pondok. Oleh karena itu, jawaban pertanyaan di
atas adalah sebagai berikut:
a.
Pengurus
diperbolehkan mengusir santri tersebut berdasarkan peraturan-peraturan yang
telah disahkan oleh Kyainya.
b.
Santri yang
telah dikeluarkan tersebut masih berhak kembali ke pondok lagi menimbang
maslahah dan mafsadah.
Pengambilan ibarat:
1.
I’anatut
Tholibin, juz III, hal. 186
2.
Talkhishul
Murod, hal. 188
وفى إعانة الطالبين، ج 3 ص 186، مانصه:
(تنبيه)
قال فى المغنى وقد يقتضى كلامه ان له العزل بلا سبب وبه صرح السبكى فى فتاويه فقال
انه يجوز للواقف والناظر الذى من جهته عزل المدرس ونحوه اذا لم يكن مشروطا فى
الوقف لمصلحة ولغير مصلحة لانه كالوكيل المأذون له فى اسكان هذه الدار لفقير فله
ان يسكنها من شاء من الفقير مدة فله ان يخرجه ويسكن غيره لمصلحة ولغير مصلحة. اهـ
وفى تلخيص المراد، ص 188، مانصه:
يجب على ناظر الوقف خاصا او عاما فعل الاصلح وماهو أقرب الى أغراض الواقفين
وان لم يصرحوا به اذا لم يخالف شرطهم. اهـ
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik