Langsung ke konten utama

BAB PUASA



BAB PUASA
1.      Penetapan Awal Romadlon yang berselisih
Diskripsi masalah:
Sebagai mana kita maklumi, penetapan awal Romadlon 1409 H. ada perselisihan. Menurut siaran pemerintah, penetapan awal Romadlon jatuh pada hari Jum’at Kliwon atas dasar hisab dan ru`yah. Tetapi menurut sebagian markas penanggalan Jawa Tengah, awal Romadlon jatuh pada hari sabtu legi, karena menurutnya pada hari Jum’at Kliwon hilal tak mungkin dapat diru`yah bil fi’li. Karena hal tersebut maka umat Islam di Indonesia dalam menjalankan puasa ada yang hari Jum’at ada yang hari Sabtu.
Pertanyaan:
a.       Bolehkah umat Islam mengikuti salah satu dari dua pendapat tersebut?
b.       Apakah hasil ru`yah pemerintah di satu tempat (Jakarta misalnya) dapat mewajibkan puasa atau berhari raya bagi umat Islam se tanah air?
c.       Berapa derajat/menit hilal dapat diru`yah bil fi’li?
Jawaban a:
Umat Islam tidak boleh mengikuti salah satu dari dua pendapat tersebut, akan tetapi wajib mengikuti penetapan pemerintah, apabila berada dalam satu matla’ dan tidak meragukan penetapan pemerintah tersebut. Apabila berada di matla’ lain atau penetapan pemerintah tersebut meragukan maka wajib menyempurnakan bulan 30 hari.
Jawaban b:
Hasil ru`yah pemerintah di suatu tempat tidak dapat mewajibkan puasa bagi umat Islam se tanah air, akan tetapi hanya mewajibkan puasa bagi umat Islam yang berada di:
a.       Semua daerah sebelah baratnya tempat ru`yah.
b.       Semua daerah sebelah utara selatan tempat ru`yah.
c.       Semua daerah sebelah timur tempat ru`yah yang masih berada di satu matla’
Jawaban c:
Menurut ulama muta`akhirin dari ilmu hai`ah, hilal dapat diru`yah bil fi`li apabila hilal sudah mencapai ketinggian 2° (dua derajat) atau lama bulan di ufuk 8 menit 16 detik (8,16°).
Pengambilan ibarat:

1.      I'anatut Tholibin, juz II, hal. 216 & 219
2.      Bughyatul Mustarsyidin, hal. 109
3.      Nihayatuz Zain, hal. 184
4.      Al-Qolyubi, juz II, hal. 50
5.      Fathur Ro’ufil Mannan, hal. 15
وفى إعانة الطالبين، ج 2 ص 216، مانصه:
وفى مغنى الخطيب ما نصه (فرع) لو شهد برؤية الهلال واحد أو إثنان واقـتضى الحساب عدم امكان رؤيته قال السبكى: لا يقبل هذه الشهادة لأن الحساب قطعى والشهادة ظنية والظن لا يعارض القطع واطال فى بيان رد هذه الشهادة، والمعتمد قبولها إذ لا عبرة بقول الحساب. اهـ وفصل فى التحفة فقال: الذى يتجه ان الحساب ان اتفق أهله على مقدماته قطعية وكان المخبرون منهم بذلك بعدد التواتر ردت الشهادة وإلا فلا. اهـ
وفى بغية المسترشدين، ص 109، مانصه:
(مسئلة ش) إذا لم يستند القاضى فى ثبوت رمضان إلى حجة شرعية بل بمجرد تهور وعدم ضبط كان اليوم شك وقضاؤه واجب إذا بان من رمضان حتى على من صامه إلا ان كان عاميا ظن حكم الحاكم يجوز بل يوجب الصوم فيجزيه فيما يظهر. اهـ قلت وقال ابن حجر فى تقريظه على تحرير المقال وأفتى شيخنا وأئمة عصره تبعا لجماعة انه لو ثبت الصوم أو الفطر عند الحاكم لم يلزم الصوم ولم يجز الفطر لمن يشك فى صحة الحكم لتهور القاضى أو لمعرفة ما يقدح فى الشهود فاداروا الحكم على ما فيه ظنه ولم ينظروا لحكم الحاكم إذ المدار إنما هو على الإعتقاد الجازم. اهـ
وفى نهاية الزين، ص 184، مانصه:
(يجب صوم رمضان) بأحد أربعة أمور، الأول اكمال شعبان ثلاثين يوما عند عدم ثبوت رمضان ليلة الثلاثين. اهـ
وفى قليوبى و عميرة، ج 2 ص 50، مانصه:
(و إذا رؤى ببلد لزم حكمه البلد القريب دون البعيد فى الأصح) والثانى يلزم فى البعيد أيضا (والبعيد مسافة القصر وقيل) البعد (باختلاف المطالع قلت هذا أصح والله أعلم) لأن أمر الهلال لاتعلق له بمسافة القصر (قوله باختلاف المطالع) -إلى أن قال- وقوله بعضهم وأقل ما يحصل به اختلاف المطالع مسافة قصر ونصفها وذلك أربعة وعشرون فرشخا غير مستقيم بل باطل. اهـ

وفى إعانة الطالبين، ج 2 ص 219، مانصه:
وإذا ثبت رؤيته ببلد لزم حكمه البلد القريب ويثبت البعد باختلاف المطالع على الأصح والمراد باختلافها ان يتباعد المحلان بحيث لو رؤى فى أحدهما لم ير فى الآخر غالبا قاله فى الأنوار (قوله والمراد باختلافها ان يتباعد الخ) وفى حاشية الكردى ما نصه: معنى اختلاف المطالع ان يكون طلوع الفجر أو الشمس أو الكواكب أو غروبها فى محل متقدما على مثله فى محل آخر أو متأخرا عنه وذلك مسبب على اختلاف عروض البلاد أى بعدها عن خط الإستواء وأطوالها أى بعدها عن ساحل البحر المحيط الغربى فمتى تساوى طول البلدين لزم من رؤيته فى احدهما رؤيته فى الآخر وان اختلف عرضهما أو كان بينهما مسافة شهور ومتى اختلف طولهما امتنع تساويهما فى الرؤية ولزم من رؤيته فى الشرق: رؤيته فى بلد القرب دون العكس فيلزم من رؤيته فى مكة رؤيته فى بلد القرب دون العكس فيلزم من رؤيته فى مكة رؤيته فى مصر ولا عكس.اهـ
وفى فتح الرؤوف المنان، ص 15، مانصه:
قد اختلف العلماء فى حد الرؤية فبعضهم اثبتها إذا كان نوره خمس أصبع (12) من دقائق الأصبع وقوس المكث ثلاث درج وبعضهم إذا كان نوره ثلثى أصبع وارتفاعه ست درج قال وان نقص أحدهما عن ذلك قليلا عسرت رؤيته وان نقص كلاهما فلا يرى أو أحدهما فممكن وبعضهم إذا كان نوره ثلثى أصبع وقوس مكثه احدى عشر درجة وان نقص فعلى التفصيل المذكور قال فى سلم المنيرين هذا ما عليه المتقدمون من أهل الهيئة واما المتأخرون منهم فقد استدركوا الإمكان من درجتين فما فوقهما كما ذكره الشيخ محمود فى نتيجته. اهـ
2.      Takbiran dengan Diiringi Tabuhan/Musik
Diskripsi masalah:
Sering kita jumpai pada hari raya, takbiran diiringi dengan tabuhan (musik) seperti beduk, kentongan dan lain sebagainya.
Pertanyaan:
a.       Bagaimana hukum tabuhan tersebut?
b.      Kalau dianggap syi’ar, sampai dimanakah batasnya?
Jawaban:
a.       Hukum tabuhan untuk mengiringi takbiran tersebut dapat ditafsil:
1.       Bila memakai alat malahi (musik) yang diharamkan, maka hukumnya haram mutlak.
2.       Bila tidak memakai alat malahi yang diharamkan, maka ada tiga pendapat: haram, makruh dan khilaful aula (bertentangan dengan keutamaan). Maka dari itu tabuhan tersebut sebaiknya ditinggalkan, sebagaimana dijelaskan oleh imam Ibnu Hajar.
b.      Tabuhan tersebut tidak dianggap syi’ar, yang menjadikan syi’ar pada malam hari raya adalah membaca takbir. Dan takbir itu sendiri disunatkan di mana-mana tempat.
Keterangan:
Adapun batas-batasnya/waktu membaca takbir adalah:
1.       Mulai terbenamnya matahari pada malam hari, sampai dilaksanakannya sholat hari raya, pada Idul Fitri (1 Syawal).
2.       Setiap selesai melakukan sholat fardlu, sunat dan sholat jenazah, mulai dari  shubuh hari arofah sampai waktu Ashar pada hari terakhir Tasyrik (13 Dzul Hijjah), untuk Idul Adlha.
Pengambilan ibarat:
1.      Hujjatullohil Balighoh, juz II, hal. 521
2.      Ithafus Sadatil Muttaqin, juz VI, hal. 464
3.      Bughyatul Mustarsyidin, hal. 284
4.      As-Syarqowi, juz I, hal. 185
5.      Al-Bajuri, juz I, hal. 227
وفى حجة الله البالغة، ج 2 ص 521، مانصه:
(الملاهى محرم ومباح) فالملاهى نوعان: محرم وهى الآلات المطربة كالمزامر ومباح وهو الدف والغناء فى الوليمة ونحوها من حادث سرور. اهـ
وفى اتحاف السادة، ج 6 ص 464، مانصه:
وفى التغنى لاسماع نفسه ولدفع الوحشة خلاف بين المشايخ منهم من قال انما يكره ماكان على سبيل اللهو -إلى أن قال- نعم إذا قيل ذلك على الملاهى امتنع وان كان مواعظ وحكما للآلات لالذلك التغنى. اهـ
وفى بغية المسترشدين، ص 284، مانصه:
واما ضرب الخشب بعضه على بعض نقل سم حرمته كالضرب بالصفاقتين وهما قطعتا صفر تضرب احداهما على الاخرى ويسمى الصبخى وأفتى ابن حجر بحرمة ضرب الأقلام على الصين وضرب قطعة منه على الاخرى وبالجملة فكل ذلك اما حرام أو مكروه أو خلاف الأولى. اهـ
وفيه أيضا، مانصه:
وأما الضرب بالدف فصرح ابن حجر بأن المعتمد حله بلاكراهة فى عرس وختان وغيرهما وتركه أفضل. اهـ
وفى الشرقاوى، ج 1 ص 185، مانصه:
والتكبير أولى ما يشتغل به لأنه ذكر الله تعالى وشعار اليوم. اهـ
وفى الباجورى، ج 1 ص 227، مانصه:
ويكبر ندبا كل من ذكر وأنثى وحاضر ومسافر فى المنازل و الطرق والمساجد والأسواق من غروب الشمس من ليلة العيد أى عيد الفطر ويستمر هذا التكبير إلى أن يدخل الإمام فى صلاة العيد -إلى أن قال- ويكبر فى عيد الأضحى خلف الصلوات المفروضة من مؤدات وفائتة وكذا خلف راتبة ونفل مطلق وصلاة جنازة من صبح يوم عرفة إلى العصر من آخر أيام التشريق. اهـ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan