Langsung ke konten utama

BAB ILMU



BAB ILMU
1.      Mengikuti Wirid, Dzikir atau Do’a Tanpa Digurukan
Diskripsi masalah:
Ada seseorang muthola’ah (mengkaji) kitab, lalu menemukan keterangan-keterangan di dalamnya seperti aurod (wirid-wirid), dzikir (pujian terhadap Alloh), doa-doa dan sesamanya. Kemudian ia ingin mengamalkannya tanpa diijazahkan (digurukan).
Pertanyaan:
Bolehkah mengamalkan hal tersebut?
Dan bila terpaksa mengamalkan, apakah ada manfaatnya?
Jawaban:
Mengamalkan hal tersebut Boleh, apabila orang tersebut mempunyai keahlian dalam hal itu, dan ia juga mendapatkan manfaat.*
Pengambilan ibarat:
Zubdatul Itqon, hal. 29
وفى زبدة الإتقان صحيفة 29، مانصه:
الاجازة من الشيخ غير شرط فى جواز التصدى للاقراء والافادة فمن علم من نفسه الاهلية جازله ذلك وان لم يجزه احد وعلى ذلك السلف والصدر الصالح، وكذلك فى كل علم وفى الاقراء وافتاء خلافا لما يتوهمه الا غبياء من اعتقاد كونها شرطا. اهـ
2.      Mengikuti Thoriqoh Mu’tabaroh Bagi Orang Bodoh
Pertanyaan:
Bagaimana hukum seseorang yang bodoh akan syarat-syarat wudlu, sholat dan tentang fardlu ain lainnya mengikuti (mlebu: Jawa) thoriqot mu’tabaroh? Dan bagaimana pula hukum seseorang Mursyid menerima orang bodoh semacam itu?
Jawaban:
Bagi orang bodoh semacam itu Boleh mengikuti thoriqoh dimaksud, kalau memang mempunyai keyakinan atau perkiraan bahwa setelah masuk thoriqoh dia akan bisa mempelajari ilmu syara’ dan ushuluddin beserta furu’-furu’nya (cabang-cabangnya). Kalau tidak demikian, maka dia Tidak Boleh mengikuti bahkan dia wajib terlebih dahulu mempelajari ilmu tersebut di atas.
Dan bagi mursyid boleh menerimanya, apabila bisa memberi pelajaran ilmu syari’at (ushuluddin serta furu’-furu’nya) dan kalau tidak bisa, maka tidak boleh menerimanya.
Pengambilan ibarat:
1.      Ahkamul Fuqoha’, juz I, hal. 74
2.      Al-Futuhatul Ilahiyah, juz … hal. 823
3.      Tanwirul Qulub, hal. 524
وفى أحكام الفقهاء، ج 1 ص 74، مانصه:
هل يجوز للجاهل الذى لايعرف شروط الوضوء وفروضه والصلاة ونحوها الدخول فى الطريقة المعتبرة او لا؟
الجواب: ان تيقن او ظن انه يتعلم العلوم الدينية بعد الدخول فى الطريقة فحكمه جائز والا فلا يجوز بل يجب اولا ان يتعلم اصول الدين ثم فروعه. اهـ

وفى فتوحات الإلهية ص 733، مانصه:
ثم يعلمه مايلزمه فى دينه من طهارة وصلاة وما يتعلق بذلك إن كان جاهلا وما تيسر من علم التوحيد خاليا عن الدليل فإن كان الشيخ ليس من شأنه دفعه إلى من يعلمه. اهـ
وفى تنوير القلوب ص 524، مانصه:
ويشترط فى المرشد شروط (الاول) ان يكون عالما بما يحتاج اليه المريدون من الفقه العقائد بقدر ما يزيل الشبه التى تعرض للمريد فى البداية ليستغنى به عن سؤال غيره. اهـ
3.      Ucapan Lafadh Alloh, Thoyyib dll. ketika Waqof Qiro`ah
Diskripsi masalah:
Sering kita dengar pada waktu ada orang membaca al-Qur`an, setelah waqof (berhenti sejenak) orang-orang mendengarkan bacaan itu mengucapkan lafadh Alloh, thoyyib dan sebagainya.
Pertanyaan:
Bagaimanakah hukumnya bacaan Alloh dan sebagainya tersebut?
Jawaban:
Perlu diketahui bahwa dalam bacaan al-Qur`an terdapat beberapa kesunatan, di antaranya: mendengarkan dan meninggalkan sesuatu yang menimbulkan kegaduhan. Maka hukumnya membaca Alloh, thoyyib dan sebagainya pada waktu waqof yang ada di sela-sela qiro`ah itu adalah Khilaful Aula.
Pengambilan ibarat:
Tsamrotur Roudloh, hal. 190
وفى ثمرة الروضة ص 190، مانصه:
لو قال سامعوا القراءة طيب طيب او الله الله على وجه الاستحسان كما هو العادة فهل يحصل لهم الانصات المأمور بقوله تعالى: ]واذا قرئ القران فاستمعوا له وانصتوا ... الاية[ اولا؟
الجواب: لايحصل لان الانصات انما يحصل بترك الكلام والذكر كما فى منهاج القويم فى سنن الجمعة. اعلم ان لقراءة القرأن سننا ذكرها فى الاتقان. منها الاستماع لها وترك اللغط والحديث بحضورها. اهـ
4.      Mendengarkan Bacaan al-Qur`an dari Radio
Pertanyaan:
Suara bacaan al-Qur`an dari radio, kaset dan tip recorder/piringan, apakah masih disunatkan mendengarkannya, sehingga orang yang mendengarkan masih mendapatkan pahala?
Jawaban:
Masih tetap disunatkan, dan juga bagi sami’ (orang yang mendengarkan-nya) masih mendapat pahala.
Pengambilan ibarat:
1.       Khozinatul Asror, hal. 55
2.       Tafsir al-Khozin, juz II, hal. 159
وفى خزينة الاسرار ص 55، مانصه:
وأخرج الديلمى عن ابن عباس رضى الله عنهما عن النبى r انه قال الداعى والمؤمن فى الاجر شريكان والقارئ والمستمع فى الاجر شريكان والعالم والمتعلم فى الاجر شريكان كذا فى الجامع الصغير فظهر ان استماع القرأن من الغير فى بعض الاحيان من السنن. واما انه هل يفرض استماعه كلما قرئ بناء على قوله تعالى: واذا قرئ القران فاستمعواله وانصتوا لعلكم ترحمون، ففى الصلاة نعم واما خارجها فعامة العلماء على استحبابه. اهـ
وفى تفسير الخازن، ج 2 ص 159، مانصه:
اى واذا قرئ عليكم ايها المؤمنون القرأن فاستمعواله يعنى اصغوا اليه بأسماعكم لتفهموا معانيه وتتدبروا مواعظه وانصتوا يعنى عند قراءته والانصات السكوت للاستماع -إلى أن قال- وللعلماء فى ذلك اقوال القول الاول قول الحسن واهل الظاهر ان تجرى هذه الايات على العموم ففى اى وقت واى موضع قرئ القران يجب على كل احد الاستماع له والسكوت. اهـ
5.      Pembacaan al-Qur`an dan Berdakwah Melalui Musik
Diskripsi masalah:
Dalam blantika musik kita, kadang terdengar bacaan al-Qur`an dan atau al-Hadits yang bernafaskan dakwah.
Pertanyaan:
1.      Bagaimana hukum membaca al-Qur`an/al-Hadits tersebut?
2.      Bagaimana pula hukum dakwah dengan cara tersebut, menurut pandangan Islam?
Jawaban:
1.      Membaca al-Qur`an/al-Hadits yang kemudian diiringi membunyikan alat malahi (musik) hukumnya Haram.
2.      Dakwah dengan cara tersebut juga Haram, sehingga tujuan penyanyinya berdakwah pun tidak dibenarkan Islam.
Pengambilan ibarat:
1.       Madzaibul Arba’ah, juz III, hal. 128
2.       Fatawi Arromliy, hal. 387
وفى مذاهب الآربعة، ج 3 ص 128، مانصه:
وقد يقال فى زمننا ان الناس ينصرفون عن تعلم القران اذا لم يجدوا فيه شيئا يساعدهم على قوتهم -إلى أن قال- ولكن الذى لايمكن اقراره بحال انما هو مااعتاده بعض القراء من فعل ماينافى التأدب مع كتاب الله تعالى كتلاوته على قارعة الطريق للتسول به وفى الاماكين التى نهى الشرع عن الجلوس فيها وتلاوته على حالة تنافى الخشية والاتعاظ بآياته الكريمة كما يفعل بعض القراء من التغنى به فى مجالس المآثم والولائم التى نهى الشارع عنها لما فيها من المنكرات وتأوه الناس فى مجلسه كما يتأوهون فى مجالس الغناء -إلى أن قال- فان ذلك كله حرام باطل لايمكن الاقرار عليه بأي حال. اهـ
وفى فتاوى الرملى ص 387، مانصه:
لايؤاخذ المكلف بالهاجس ولا بالخاطر ولا بحديث النفس ولا بالهم ويؤاخذ بالعزم والخطر ما يجرى فى النفس بعد إلقائه فيها وحديث النفس هل يفعل او لايفعل والهم قصد الفعل والعزم الجزم بقصد الفعل. اهـ




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا