BAB ILMU
1.
Mengikuti Wirid, Dzikir atau Do’a Tanpa
Digurukan
Diskripsi masalah:
Ada seseorang muthola’ah (mengkaji) kitab, lalu
menemukan keterangan-keterangan di dalamnya seperti aurod (wirid-wirid), dzikir
(pujian terhadap Alloh), doa-doa dan sesamanya. Kemudian ia ingin
mengamalkannya tanpa diijazahkan (digurukan).
Pertanyaan:
Bolehkah mengamalkan hal tersebut?
Dan bila terpaksa mengamalkan, apakah ada manfaatnya?
Jawaban:
Mengamalkan hal tersebut Boleh, apabila orang tersebut
mempunyai keahlian dalam hal itu, dan ia juga mendapatkan manfaat.*
Pengambilan ibarat:
Zubdatul Itqon, hal. 29
وفى زبدة الإتقان صحيفة 29، مانصه:
الاجازة من الشيخ غير شرط فى جواز التصدى للاقراء والافادة فمن علم من نفسه
الاهلية جازله ذلك وان لم يجزه احد وعلى ذلك السلف والصدر الصالح، وكذلك فى كل علم
وفى الاقراء وافتاء خلافا لما يتوهمه الا غبياء من اعتقاد كونها شرطا. اهـ
2.
Mengikuti Thoriqoh Mu’tabaroh Bagi Orang Bodoh
Pertanyaan:
Bagaimana hukum seseorang yang bodoh akan syarat-syarat
wudlu, sholat dan tentang fardlu ain lainnya mengikuti (mlebu: Jawa) thoriqot
mu’tabaroh? Dan bagaimana pula hukum seseorang Mursyid menerima orang bodoh
semacam itu?
Jawaban:
Bagi orang bodoh semacam itu Boleh mengikuti
thoriqoh dimaksud, kalau memang mempunyai keyakinan atau perkiraan bahwa
setelah masuk thoriqoh dia akan bisa mempelajari ilmu syara’ dan ushuluddin
beserta furu’-furu’nya (cabang-cabangnya). Kalau tidak demikian, maka dia Tidak
Boleh mengikuti bahkan dia wajib terlebih dahulu mempelajari ilmu
tersebut di atas.
Dan bagi mursyid boleh menerimanya, apabila bisa memberi
pelajaran ilmu syari’at (ushuluddin serta furu’-furu’nya) dan kalau tidak bisa,
maka tidak boleh menerimanya.
Pengambilan ibarat:
1.
Ahkamul
Fuqoha’, juz I, hal. 74
2.
Al-Futuhatul
Ilahiyah, juz … hal. 823
3.
Tanwirul
Qulub, hal. 524
وفى أحكام الفقهاء، ج 1 ص 74، مانصه:
هل يجوز للجاهل الذى لايعرف شروط الوضوء وفروضه والصلاة ونحوها الدخول فى
الطريقة المعتبرة او لا؟
الجواب: ان تيقن او ظن انه يتعلم العلوم الدينية بعد الدخول فى الطريقة فحكمه
جائز والا فلا يجوز بل يجب اولا ان يتعلم اصول الدين ثم فروعه. اهـ
وفى فتوحات الإلهية ص 733، مانصه:
ثم يعلمه مايلزمه فى دينه من طهارة وصلاة وما يتعلق بذلك إن كان جاهلا وما
تيسر من علم التوحيد خاليا عن الدليل فإن كان الشيخ ليس من شأنه دفعه إلى من
يعلمه. اهـ
وفى تنوير القلوب ص 524، مانصه:
ويشترط فى المرشد شروط (الاول) ان يكون عالما بما يحتاج اليه المريدون من
الفقه العقائد بقدر ما يزيل الشبه التى تعرض للمريد فى البداية ليستغنى به عن سؤال
غيره. اهـ
3.
Ucapan Lafadh Alloh, Thoyyib dll. ketika Waqof
Qiro`ah
Diskripsi masalah:
Sering kita dengar pada waktu ada orang membaca
al-Qur`an, setelah waqof (berhenti sejenak) orang-orang mendengarkan bacaan itu
mengucapkan lafadh Alloh, thoyyib dan sebagainya.
Pertanyaan:
Bagaimanakah hukumnya bacaan Alloh dan sebagainya
tersebut?
Jawaban:
Perlu diketahui bahwa dalam bacaan al-Qur`an terdapat
beberapa kesunatan, di antaranya: mendengarkan dan meninggalkan sesuatu yang
menimbulkan kegaduhan. Maka hukumnya membaca Alloh, thoyyib dan sebagainya pada
waktu waqof yang ada di sela-sela qiro`ah itu adalah Khilaful Aula.
Pengambilan ibarat:
Tsamrotur Roudloh, hal. 190
وفى ثمرة الروضة ص 190، مانصه:
لو قال سامعوا القراءة طيب طيب او الله الله على وجه الاستحسان كما هو العادة
فهل يحصل لهم الانصات المأمور بقوله تعالى: ]واذا قرئ القران فاستمعوا له
وانصتوا ... الاية[ اولا؟
الجواب: لايحصل لان الانصات انما يحصل بترك الكلام والذكر كما فى منهاج القويم
فى سنن الجمعة. اعلم ان لقراءة القرأن سننا ذكرها فى الاتقان. منها الاستماع لها
وترك اللغط والحديث بحضورها. اهـ
4.
Mendengarkan Bacaan al-Qur`an dari Radio
Pertanyaan:
Suara bacaan al-Qur`an dari radio, kaset dan tip
recorder/piringan, apakah masih disunatkan mendengarkannya, sehingga orang yang
mendengarkan masih mendapatkan pahala?
Jawaban:
Masih tetap disunatkan, dan juga bagi sami’ (orang yang
mendengarkan-nya) masih mendapat pahala.
Pengambilan ibarat:
1.
Khozinatul
Asror, hal. 55
2.
Tafsir
al-Khozin, juz II, hal. 159
وفى خزينة الاسرار ص 55، مانصه:
وأخرج الديلمى عن ابن عباس رضى الله عنهما عن النبى r انه قال
الداعى والمؤمن فى الاجر شريكان والقارئ والمستمع فى الاجر شريكان والعالم
والمتعلم فى الاجر شريكان كذا فى الجامع الصغير فظهر ان استماع القرأن من الغير فى
بعض الاحيان من السنن. واما انه هل يفرض استماعه كلما قرئ بناء على قوله تعالى:
واذا قرئ القران فاستمعواله وانصتوا لعلكم ترحمون، ففى الصلاة نعم واما خارجها
فعامة العلماء على استحبابه. اهـ
وفى تفسير الخازن، ج 2 ص 159، مانصه:
اى واذا قرئ عليكم ايها المؤمنون القرأن فاستمعواله يعنى اصغوا اليه بأسماعكم
لتفهموا معانيه وتتدبروا مواعظه وانصتوا يعنى عند قراءته والانصات السكوت للاستماع
-إلى أن قال- وللعلماء فى ذلك اقوال القول الاول قول الحسن واهل الظاهر ان تجرى
هذه الايات على العموم ففى اى وقت واى موضع قرئ القران يجب على كل احد الاستماع له
والسكوت. اهـ
5.
Pembacaan al-Qur`an dan Berdakwah Melalui Musik
Diskripsi masalah:
Dalam blantika musik kita, kadang terdengar bacaan
al-Qur`an dan atau al-Hadits yang bernafaskan dakwah.
Pertanyaan:
1.
Bagaimana
hukum membaca al-Qur`an/al-Hadits tersebut?
2.
Bagaimana
pula hukum dakwah dengan cara tersebut, menurut pandangan Islam?
Jawaban:
1.
Membaca
al-Qur`an/al-Hadits yang kemudian diiringi membunyikan alat malahi (musik)
hukumnya Haram.
2.
Dakwah dengan cara tersebut
juga Haram, sehingga tujuan penyanyinya berdakwah pun tidak dibenarkan Islam.
Pengambilan ibarat:
1.
Madzaibul
Arba’ah, juz III, hal. 128
2.
Fatawi
Arromliy, hal. 387
وفى مذاهب الآربعة، ج 3 ص 128، مانصه:
وقد يقال فى زمننا ان الناس ينصرفون عن تعلم القران اذا لم يجدوا فيه شيئا
يساعدهم على قوتهم -إلى أن قال- ولكن الذى لايمكن اقراره بحال انما هو مااعتاده
بعض القراء من فعل ماينافى التأدب مع كتاب الله تعالى كتلاوته على قارعة الطريق
للتسول به وفى الاماكين التى نهى الشرع عن الجلوس فيها وتلاوته على حالة تنافى
الخشية والاتعاظ بآياته الكريمة كما يفعل بعض القراء من التغنى به فى مجالس المآثم
والولائم التى نهى الشارع عنها لما فيها من المنكرات وتأوه الناس فى مجلسه كما
يتأوهون فى مجالس الغناء -إلى أن قال- فان ذلك كله حرام باطل لايمكن الاقرار عليه
بأي حال. اهـ
وفى فتاوى الرملى ص 387، مانصه:
لايؤاخذ المكلف بالهاجس ولا بالخاطر ولا بحديث النفس ولا بالهم ويؤاخذ بالعزم
والخطر ما يجرى فى النفس بعد إلقائه فيها وحديث النفس هل يفعل او لايفعل والهم قصد
الفعل والعزم الجزم بقصد الفعل. اهـ
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik