Langsung ke konten utama

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN  AMIL DAN PANITIA ZAKAT


1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki.


2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki.


- (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ *ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.*

- {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩}


- (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ *ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ..

- {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠}


3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada mustahiq. Sementara zakat yang diserahkan sendiri oleh muzakki pada mustahiq itu lebih afdhol daripada di serahkan pada panitia zakat, sebab menyerahkan zakat pada amil dipastikan telah menggugurkan kewajiban zakat, sedangkan menyerahkan zakat pada panitia zakat berpotensi besar belum menggugurkan zakat.


- (ﻭاﻟﺼﺮﻑ) ﺑﻨﻔﺴﻪ ﻭﻭﻛﻴﻠﻪ (ﺇﻟﻰ اﻹﻣﺎﻡ) ﺃﻭ اﻟﺴﺎﻋﻲ؛ ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺠﺎﺯ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ؛ ﻭﻷﻧﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻭاﻟﺨﻠﻔﺎء ﺑﻌﺪﻩ ﻛﺎﻧﻮا ﻳﺒﻌﺜﻮﻥ اﻟﺴﻌﺎﺓ ﻷﺧﺬ اﻟﺰﻛﻮاﺕ (*ﻭاﻷﻇﻬﺮ ﺃﻥ اﻟﺼﺮﻑ ﺇﻟﻰ اﻹﻣﺎﻡ ﺃﻓﻀﻞ) ﻣﻦ ﺗﺴﻠﻴﻢ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺑﻨﻔﺴﻪ ﺃﻭ ﻭﻛﻴﻠﻪ ﺇﻟﻰ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ؛ ﻷﻧﻪ ﺃﻋﺮﻑ ﺑﻬﻢ ﻭﺃﻗﺪﺭ ﻋﻠﻰ اﻻﺳﺘﻴﻌﺎﺏ ﻭﻟﺘﻴﻘﻦ اﻟﺒﺮاءﺓ ﺑﺘﺴﻠﻴﻤﻪ، ﺑﺨﻼﻑ ﻣﺎ ﺇﺫا ﻓﺮﻕ ﺑﻨﻔﺴﻪ ﻓﺈﻧﻪ ﻗﺪ ﻳﻌﻄﻲ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﺴﺘﺤﻖ،* ﻭﻟﻮ اﺟﺘﻤﻊ اﻹﻣﺎﻡ ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻹﻣﺎﻡ ﺃﻭﻟﻰ ﻗﺎﻟﻪ اﻟﻤﺎﻭﺭﺩﻱ.

- {مغني المحتاج جز ٢ ص ١٢٩-١٣٠}


- ﻭاﻷﻇﻬﺮ: ﺃﻥ ﺻﺮﻓﻬﺎ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻓﻀﻞ؛ ﻷﻧﻪ ﺃﻋﺮﻑ ﺑﺎﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ، ﻭﺃﻗﺪﺭ ﻋﻠﻰ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﻭاﻻﺳﺘﻴﻌﺎﺏ، ﻭﻗﺒﻀﻪ ﻣﺒﺮﺉ ﻳﻘﻴﻨﺎ ﺇﻻ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺟﺎﺋﺮا ﻓﻲ اﻟﺰﻛﺎﺓ، ﻓﺎﻷﻓﻀﻞ ﺃﻥ ﻳﻔﺮﻗﻬﺎ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺃﻭ ﻭﻛﻴﻠﻪ ﻣﻄﻠﻘﺎ.

ﻟﻜﻦ ﻓﻲ "اﻟﻤﺠﻤﻮﻉ": ﺃﻥ ﺩﻓﻊ ﺯﻛﺎﺓ اﻟﻤﺎﻝ اﻟﻈﺎﻫﺮ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﻟﻮ ﺟﺎﺋﺰا ﺃﻓﻀﻞ.

ﻭﻟﻮ ﻃﻠﺒﻬﺎ ﻋﻦ ﻣﺎﻝ ﻇﺎﻫﺮ .. ﻭﺟﺐ ﺩﻓﻌﻬﺎ ﺇﻟﻴﻪ اﺗﻔﺎﻗﺎ.

- {بشرى الكريم جز ١ ص ٥٢٠}


4- Apabila dalam menyalurkan zakatnya muzakki, amil ternyata salah sasaran, maka kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara apabila kesalahan itu dilakukan oleh panitia zakat, maka kewajiban zakat atas muzakki belum gugur, ia wajib mengeluarkan zakat lagi.


5- Seandainya amil menyalurkan zakat fitrahnya muzakki pasca hari raya (tgl 2 syawal hingga lebih), maka muzakki tidak berdosa. Sementara apabila yang menyalurkan zakat fitrah tersebut adalah panitia zakat, maka muzakki ikut mendapatkan dosa.

اﻟﺮاﺑﻌﺔ: ﺇﺫا ﺩﻓﻊ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﺇﻟﻰ ﻣﻦ ﻇﻨﻪ ﻣﺴﺘﺤﻘﺎ، ﻓﺒﺎﻥ ﻏﻴﺮ ﻣﺴﺘﺤﻖ، ﻛﻜﺎﻓﺮ، ﻭﻋﺒﺪ، ﻭﻏﻨﻲ، ﻭﺫﻱ ﻗﺮﺑﻰ، ﻓﺎﻟﻔﺮﺽ ﻳﺴﻘﻂ ﻋﻦ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺑﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻹﻣﺎﻡ، ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ.

ﻭﻻ ﻳﺠﺐ اﻟﻀﻤﺎﻥ ﻋﻠﻰ اﻹﻣﺎﻡ ﺇﺫا ﺑﺎﻥ ﻏﻨﻴﺎ، ﻷﻧﻪ ﻻ ﺗﻘﺼﻴﺮ، ﻭﻳﺴﺘﺮﺩ، ﺳﻮاء ﺃﻋﻠﻤﻪ ﺃﻧﻬﺎ ﺯﻛﺎﺓ، ﺃﻡ ﻻ، ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻗﺪ ﺗﻠﻒ، ﻏﺮﻣﻪ ﻭﺻﺮﻑ اﻟﻐﺮﻡ ﺇﻟﻰ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ.

ﻭﻓﻲ ﺑﺎﻗﻲ اﻟﺼﻮﺭ اﻟﻤﺬﻛﻮﺭﺓ ﻗﻮﻻﻥ. ﺃﻇﻬﺮﻫﻤﺎ: ﻻ يضمن، ﻭﻗﻴﻞ: ﻻ يضمن ﻗﻄﻌﺎ. ﻭﻗﻴﻞ: ﻳﻀﻤﻦ ﻗﻄﻌﺎ، ﻟﺘﻔﺮﻳﻄﻪ، ﻓﺈﻧﻬﺎ ﻻ ﺗﺨﻔﻰ ﻏﺎﻟﺒﺎ، ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻐﻨﻲ، ﻭﻷﻧﻬﺎ ﺃﺷﺪ ﻣﻦاﻓﺎﺓ، ﻓﺈﻧﻬﺎ ﺗﻨﺎﻓﻲ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﺑﻜﻞ ﺣﺎﻝ، ﺑﺨﻼﻓﻪ.

ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺑﻨﻔﺴﻪ، ﻓﺒﺎﻥ اﻟﻤﺪﻓﻮﻉ ﺇﻟﻴﻪ ﻏﻨﻴﺎ، ﻟﻢ ﻳﺠﺰﻩ ﻋﻠﻰ اﻷﻇﻬﺮ، ﺑﺨﻼﻑ اﻹﻣﺎﻡ، ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻔﻘﺮاء. ﻭﺇﻥ ﺑﺎﻥ ﻛﺎﻓﺮا، ﺃﻭ ﻋﺒﺪا، ﺃﻭ ﺫا ﻗﺮﺑﻰ، ﻟﻢ ﻳﺠﺰﻩ ﻋﻠﻰ اﻷﺻﺢ.

ﻗﻠﺖ: ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺳﻬﻢ اﻟﻤﺆﻟﻔﺔ، ﺃﻭ اﻟﻐﺎﺯﻱ ﺇﻟﻴﻪ، ﻓﺒﺎﻥ اﻟﻤﺪﻓﻮﻉ ﺇﻟﻴﻪ اﻣﺮﺃﺓ، ﻓﻬﻮ ﻛﻤﺎ ﻟﻮ ﺑﺎﻥ ﻋﺒﺪا. ﻭاﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ.

- {روضة الطالبين جز ٢ ص ٣٣٨}


6- Amil berhak menerima zakat, sedangkan panitia zakat tidak boleh menerima zakat dengan status amil, karna dia bukanlah amil. Tapi dia boleh menerima zakat sebagai mustahiq lain, semisal faqir, miskin atau lainnya.


7- Apabila amil salah sasaran dalam menyalurkan zakat, amil boleh menarik kembali zakatnya, baik penerima zakat tidak tau bahwa barang yang dia terima berstatus zakat atau sedekah sunnah. Sementara panitia zakat andaikan salah sasaran, ia tidak bisa menarik kembali zakatnya, kecuali sewaktu menyerahkan zakatnya dia memberitahukan bahwa harta itu berstatus sebagai zakat, maka ia boleh menarik kembali. Ketika ia tidak menarik kembali zakatnya, maka muzakki masih terbebani kewajiban membayar zakat.


ﻭﺇﺫا ﻟﻢ ﻳﺴﻘﻂ اﻟﻔﺮﺽ، ﻓﺈﻥ ﺑﻴﻦ ﺃﻥ اﻟﻤﺪﻓﻮﻉ ﺯﻛﺎﺓ، اﺳﺘﺮﺩ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺑﺎﻗﻴﺎ، ﻭﻏﺮﻡ اﻟﻤﺪﻓﻮﻉ ﺇﻟﻴﻪ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺗﺎﻟﻔﺎ. ﻭﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﺬﻣﺔ اﻟﻌﺒﺪ ﺇﺫا ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ.

ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺬﻛﺮ ﺃﻧﻪ ﺯﻛﺎﺓ، ﻟﻢ ﻳﺴﺘﺮﺩ، ﻭﻻ ﻏﺮﻡ، ﺑﺨﻼﻑ اﻹﻣﺎﻡ، ﻳﺴﺘﺮﺩ ﻣﻄﻠﻘﺎ، ﻷﻥ ﻣﺎ ﻳﻔﺮﻗﻪ اﻹﻣﺎﻡ ﻋﻠﻰ اﻷﺻﻨﺎﻑ، ﻫﻮ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻏﺎﻟﺒﺎ، ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻗﺪ ﻳﺘﻄﻮﻉ.

ﻭاﻟﺤﻜﻢ ﻓﻲ اﻟﻜﻔﺎﺭﺓ ﻣﺘﻰ ﺑﺎﻥ اﻟﻤﺪﻓﻮﻉ ﺇﻟﻴﻪ ﻏﻴﺮ ﻣﺴﺘﺤﻖ، ﻛﺤﻜﻢ اﻟﺰﻛﺎﺓ.

- {روضة الطالبين جز ٢ ص ٣٣٨}

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan