Wudhu dengan kondisi wajah bermake-up
Hukum dasarnya : air harus dalam keadaan mutlak, tidak boleh berubah, dan air wajib mengalir di anggota yang wajib di basuh.
Maka :
1. Jika make up bisa merubah sifat air (bau, warna, atau rasanya) maka wajib di hilangkan. Karena menyebabkan air tidak mutlak lagi, menjadi air mutaghoyir yang tidak sah digunakan wudhu.
2. Jika make up bisa menghalangi sampainya air ke kulit, maka wudhu juga tidak sah. Wajib di hilangkan dulu.
3. Jika make up tidak menghalangi air tembus kulit, dan tidak merubah sifat air, maka sah.
Ketentuan ini juga bukan hanya make up serta wajah, tapi berlaku juga pada anggota tubuh lain yang wajib di basuh saat wudhu, dan juga mencakup setiap perkara yang bisa menghalangi atau merubah air semisal cat, tipe x, maupun lainnya.
Dan ketentuan ini juga berlaku pada mandi wajib.
(و) رَابِعهَا أَن لَا يكون على الْعُضْو (حَائِل) يمْنَع وُصُول المَاء إِلَى جَمِيع أَجزَاء الْعُضْو الَّذِي يجب تعميمه (كنورة) ودهن لَهُ جرم يمْنَع وُصُول المَاء للبشرة ووسخ تَحت أظفار حَيْثُ لم يصر كالجزء وغبار على بدن لَا عرق متجمد عَلَيْهِ وَإِن لم يصر كالجزء وَلم يتأذ بإزالته لِكَثْرَة تكرره وللمشقة فِي إِزَالَته وَإِذا تراكم الْوَسخ على الْعُضْو وَصَارَ جُزْءا من الْبدن يتعسر فَصله عَنهُ بِحَيْثُ يخْشَى من فَصله مَحْذُور تيَمّم فَلَا يمْنَع صِحَة الْوضُوء وينتقض الْوضُوء بلمسه
[نووي الجاوي ,نهاية الزين ,17]
وَعِبَارَةُ حَجّ: وَأَنْ لَا يَكُونَ عَلَى الْعُضْوِ مَا يُغَيِّرُ الْمَاءَ تَغَيُّرًا ضَارًّا أَوْ جِرْمٌ كَثِيفٌ يَمْنَعُ وُصُولَهُ لِلْبَشَرَةِ لَا نَحْوُ خِضَابٍ وَدُهْنٍ مَائِعٍ
[الرملي، شمس الدين، نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج، ١٥٥/١]
Wudhu atau mandi dalam keadaan badan berminyak atau terkena minyak tetap sah, karena secara aslinya air tetap terkena kulit walaupun sebentar dan tidak menetap.أَوْ أثر دُهْنٍ مَائِعٍ بِحَيْثُ يَمَسُّ الْمَاءُ بَشَرَةَ الْعُضْوِ وَيَجْرِي عَلَيْهَا لَكِنْ لَا يَثْبُتُ صَحَّتْ طَهَارَتُهُ
[النووي، المجموع شرح المهذب، ٤٦٨/١]
(و) النقاء (عما يمنع وصول الماء إلى البشرة) كدهن جامد لا مائع وإن لم يثبت عليه الماء
[سعيد باعشن، شرح المقدمة الحضرمية المسمى بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم، صفحة ١٠٨]
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik