Test Deoxyribo Nucleic Acid / DNA merupakan proses uji kesamaan ciri-ciri darah, yang antara lain dimanfaatkan seperti pada kasus :
(1) Mengenali hubungan genealogis seorang anak dengan bapak kandung, seperti pada kasus Della (Nisisari Henri Puspita) dengan pengakuan sepihak Hendri Pasman.
(2) Memastikan identitas korban, seperti kasus Asmar Latinsani tertuduh bom bunuh diri di Hotel Marriot.
(3) Untuk melacak mata rantai pelaku kriminal, seperti pada kasus Marsinah.
Pertanyaan :
a. Tepatkah test DNA di manfaatkan untuk dasar hukum “Ilhaq al-Nasab” seperti halnya “Al-qiyafah” ?
b. Seberapa jauh “Ilmu al-Hakimi” dapat menjadi dasar pembuktian hukum di pengadilan, utamanya terkait test DNA ?
(Materi Muktamar 31)
Jawaban :
a. Penggunaan test DNA untuk dasar hukum Ilhaq al-Nasab tepat hukumnya menurut syari’at Islam. Terkait dasar menafikan nasab tercapai kesepakatan seluruh ulama, sedangkan untuk dasar itsbat nasab ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut :
1. Keabsahan akad nikah suami istri menurut syari’at Islam dan tidak adanya li’an, sesuai dengan hadits :
الولد للفراش وللعاهر الحجر
2. Pengakuan oleh pihak yang berkepentingan
3. Kesaksian dua orang
4. Didukung keyakinan hakim perihal validitas hasil test DNA menyatakan positip
المأخـذ :
1.1. تكملة المجموع على شرح المهذّب 17\410
ولنا أنه يملك الاستعانة بالطب الشرعى فى تحليل فضائل دم كل من الرجلين والام فان تشابهت فضائل الدم عنهما أخذ بالقافة
Kita diperkenankan memanfaatkan ilmu thib al syar’i dalam mengurai sisa darah masing-masing dua orang lelaki dan si ibu. Lalu apabila sisa-sisa darah tadi menyerupai kedua lelaki tadi, maka berpeganglah pada ahli qiyafah.
2. المذاهب الاربعة الجزء الرابع ص : 430 دار الفكر
والمراد بالقافة من لهم خبرة بشبه الولد بأبيه هذا ما قاله الفقهاء ولعله يقوم مقامه فى زماننا تحليل الدم فإذا أمكن معرفة كون دم الطفل من دم والده يكون حسنا واذا لم يمكن معرفة شبهه بواحد منهما أو اختلف القافة فى أمره فان عليها أن تعتد بثلاث حيض بعد وضعه على أي حال
Maksud Qafah adalah orang yang memiliki khubrah (kewaspdaan) tentang serupanya anak dengan bapaknya. Demikianlah pendapat para Fuqaha’, dan pada zaman kita sekarang ini penguraian darah diharapkan bisa disejajarkan dengan qiyafah. Maka apabila mungkin mengetahui darah anak dari darah orang tuanya, maka hal itu adalah baik dan jika tidak mungkin mengetahui keserupaan masing-masing dari keduanya atau para ahli qiyafah berselisih dalam penyelesaian perkaranya, maka siperempuan wajib menjalani iddah tiga kali haidl setelah melahirkan secara mutlak.
3. طرائق الحكم فى الشريعة الاسلامية ص 350
التحاليل المخبرية للبقع الدموية والمنوية : يقوم خبراء المخترات بتحليل الدم والبول وغير ذلك مما يمكن تحليله وبعد ذلك قرينة فيمكن تحليل الدم الموجود على الالة المستعملة فى تنفيد الجريمة او الموجود على الثياب او غير ذلك مما يكون قريبا من مكان الحادثة وقد تكون نتائج التحليلات مفيدة الا انّ القطع بدقتها وصحّتها موضوع نظر لانّ تشابه فضائل الدم بين شخص واخر أمر وارد مع امكانيّة خطأ التحاليل وتزويرها ولذلك فان الاستعانة بهذه القرينة فى النفى وليست فى الاثبات
4. تكملة المجموع على شرح المهذّب المجلد الحادى والعشرون ص 362 دار الكتب العلمية
أما لو ثبت النسب بالفراش الصحيح بالزوجية أو الملك وخالفت القيافة فى ذلك لاختلاف الشبه وما إلى ذلك فليضرب بأحكام القافة فيما يخص النسب ههنا عرض الحائض كما حدث فى قصة ابن وليدة زمعة لما أثبت صلى الله عليه وسلم نسبه لصاحب الفراش ولم يعتد بأزمنة الشبه التى تؤيد انتفاء الولد من زمعة وإلحاقه بعتبة ابن أبى وقاص والاصل فى ذلك قول النبى صلوات الله وتسليماته عليه الولد للفراش وللعاهر الحجر.وتبين أيضا أن المجيزين لإثبات النسب بالقيافة إنما أجازوا ذلك عند تعارض البينات او انعدام البينة أما لو كان لاحد المتنازعين بينة على إثبات النسب أو نفيه وليس للاخر بينة فإننا نحكم للبينة ولا نستدعى القائف أصلا ويكون أمر القيافة مع البينة كأمرها مع الفراش الصحيح وكذلك إذا كان لكل من المتنازعين بينة لكن بينة أحدها يمكن قبولها وبينة
b. Ilmu Hakim tentang test DNA bisa dijadikan dasar untuk memutuskan hukum terkait Ilhaq al-Nasab sepanjang hasil test DNA itu diyakini atau diduga kuat validitasnya dan terkait dengan huququl adamy (selain had).
المأخـذ :
.فتح المعين الجزء الرابع ص : 234 .1
ويقضي أي القاضي ولو قاضي ضرورة على الأوجه بعلمه إن شاء أي بظنه المؤكد الذي يجوزله الشهادة مستندا إليه وإن استفاده قبل ولايته نعم لا يقضي به في حدود أو تعزير لله تعالى كحد الزنا أو سرقة أو شرب لندب الستر في أسبابها أما حدود الآدميين فيقضي فيها به سواء المال والقود وحد القذف
Seorang hakim sekalipun hakim dlarurat menurut pendapat aujah (yang kuat) boleh memutus perkara berdasarkan ilmunya yakni persangkaan kuatnya yang boleh untuk disaksikan serta dapat dijadikan pegangan, sekalipun dia meperolehnya sebelum ia menjadi hakim. Tetapi hukum boleh tadi tidak berlaku dalam had atau ta’zir yang menjadi hak Allah, seperti had zina, mencuri dan minum arak dikarenakan adanya kesunatan merahasiakan sebab-sebabnya. Adapun had yang menjadi hak adamy maka hakim boleh memutus dengan berdasar ilmunya baik adanya hak tadi berupa harta, qishas ataupun tuduhan zina.
2. نهاية الزين ج: 1 ص: 371
ويقضي بعلمه في القصاص وحد القذف كالمال لأنها حدود الآدميين بخلاف حدود الله تعالى كحد زنا ومحاربة أو سرقة أو شرب وكذا تعازيره فلا يقضي بعلمه لندب الستر في أسبابها ولسقوطها بالشبهة نعم من ظهر له منه في مجلس حكمه ما يوجب تعزيرا عزره وإن كان قضاء بالعلم
Seorang hakim boleh memutus perkara berdasar ilmunya dalam qishas dan had qadzaf sebagaimana pada masalah harta, karena itu semua hak-hak adamy. Tidak demikian adalah hak-hak Allah seperti had zina, perampasan, pencurian, minum arak dan juga ta’zir-ta’zirNya, maka hakim tidak boleh memutus dengan ilmunya karena adanya kesunatan merahasiakan sebab-sebanya dan karena gugurnya had-had tadi sebab adanya syubhah (ketidakjelasan). Tetapi apabila dalam majlis pengadilannya secara jelas hakim mengetahui hal-hal yang menyebabkan ta’zir, maka bolehlah ia menta’zir walaupun keputusan itu berdasarkan ilmunya.
.. بغية المسترشدين ص 1553
أمّا مجرّد الاستفاضة بان فلانا ابن فلان او شقيقه دون الاخر من غير ورود حد التواتر المفيد للعلم فلا يثبت بها لكنها تصلح مستندا للشاهد بشرطه بل استوجهه فى التحفة انه لابد مع البينة فى نسب ذوى القربى من الاستفاضة. اما مجرّد وجود الكتاب او كتب أنّ فلانا ابن عمّ لأبوين مثلا فليس بحجة يترتب عليها إستحقاق الإرث دون ابن العمّ الاخر ولامرجّحا من جانبه حتى تكون اليمين فى جهته إذ يحتمل تزويره نعم لو فرض ذلك فى مصنّف اعتنى فيه صاحبه بحفظ النسب واشتهر بكونه ذا علم فى ذلك وديانة وورع عن التكلم بلا علم ولم يقع فيه طعن من معتبر أفاد الحاكم إما علما ضروريا او نظريا اوظنا غالبا يجوز له الاستناد اليه والحكم بعلمه بناء علىالاصح من جوازه فى غير الحدود وحينئذ لا حاجة الى يمين المدعى إهـ
Hasil Rumusan Jawaban Masail Waqi’iyyah Bahtsul Masail NU Jawa Timur Di Ponpes Darussalam Blokagung Banyuwangi 15–17 Rajab 1425 / 31 Agt–02 Spt 2004
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik