Langsung ke konten utama

Hukum Test Deoxyribo Nucleic Acid

 


Test Deoxyribo Nucleic Acid / DNA merupakan proses uji kesamaan ciri-ciri darah, yang antara lain dimanfaatkan seperti pada kasus :

(1)    Mengenali hubungan genealogis seorang anak dengan bapak kandung, seperti pada kasus Della (Nisisari Henri Puspita) dengan pengakuan sepihak Hendri Pasman.

(2)    Memastikan identitas korban, seperti kasus Asmar Latinsani tertuduh bom bunuh diri di Hotel Marriot.

(3)    Untuk melacak mata rantai pelaku kriminal, seperti pada kasus Marsinah.


Pertanyaan :

a.  Tepatkah test DNA di manfaatkan untuk dasar hukum “Ilhaq al-Nasab” seperti halnya “Al-qiyafah” ?

b.  Seberapa jauh “Ilmu al-Hakimi” dapat menjadi dasar pembuktian hukum di pengadilan, utamanya terkait test DNA ?

(Materi Muktamar 31)

 Jawaban :

a.       Penggunaan test DNA untuk dasar hukum Ilhaq al-Nasab tepat hukumnya menurut syari’at Islam. Terkait dasar menafikan nasab tercapai kesepakatan seluruh ulama, sedangkan untuk dasar  itsbat nasab ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut :

1.     Keabsahan akad nikah suami istri menurut syari’at Islam dan tidak adanya li’an, sesuai dengan hadits :

الولد للفراش وللعاهر الحجر

2.     Pengakuan oleh pihak yang berkepentingan

3.     Kesaksian dua orang

4.     Didukung keyakinan hakim perihal validitas hasil test DNA menyatakan positip


المأخـذ  :

1.1. تكملة المجموع على شرح المهذّب 17\410

ولنا أنه يملك الاستعانة بالطب الشرعى فى تحليل فضائل دم كل من الرجلين والام فان تشابهت فضائل الدم عنهما أخذ بالقافة


Kita diperkenankan memanfaatkan ilmu thib al syar’i dalam mengurai sisa darah masing-masing dua orang lelaki dan si ibu. Lalu apabila sisa-sisa darah tadi menyerupai kedua lelaki tadi, maka berpeganglah pada ahli qiyafah.

2. المذاهب الاربعة الجزء الرابع ص : 430 دار الفكر

والمراد بالقافة من لهم خبرة بشبه الولد بأبيه هذا ما قاله الفقهاء ولعله يقوم مقامه فى زماننا تحليل الدم فإذا أمكن معرفة كون دم الطفل من دم والده يكون حسنا واذا لم يمكن معرفة شبهه بواحد منهما أو اختلف القافة فى أمره فان عليها أن تعتد بثلاث حيض بعد وضعه على أي حال

Maksud Qafah adalah orang yang memiliki khubrah (kewaspdaan) tentang serupanya anak dengan bapaknya. Demikianlah pendapat para Fuqaha’, dan pada zaman kita sekarang ini penguraian darah diharapkan bisa disejajarkan dengan qiyafah. Maka apabila mungkin mengetahui darah anak dari darah orang tuanya, maka hal itu adalah baik dan jika tidak mungkin mengetahui keserupaan masing-masing dari keduanya atau para ahli qiyafah berselisih dalam penyelesaian perkaranya, maka siperempuan wajib menjalani iddah tiga kali haidl setelah melahirkan secara mutlak.

  


3. طرائق الحكم فى الشريعة الاسلامية ص 350

التحاليل المخبرية للبقع الدموية والمنوية : يقوم خبراء المخترات بتحليل الدم والبول وغير ذلك مما يمكن تحليله وبعد ذلك قرينة فيمكن تحليل الدم الموجود على الالة المستعملة فى تنفيد الجريمة او الموجود على الثياب او غير ذلك مما يكون قريبا من مكان الحادثة وقد تكون نتائج التحليلات مفيدة الا انّ القطع بدقتها وصحّتها موضوع نظر  لانّ تشابه فضائل الدم بين شخص واخر أمر وارد مع امكانيّة خطأ التحاليل وتزويرها ولذلك فان الاستعانة بهذه القرينة فى النفى وليست فى الاثبات


4. تكملة المجموع على شرح المهذّب المجلد الحادى والعشرون ص 362 دار الكتب العلمية

أما لو ثبت النسب بالفراش الصحيح بالزوجية أو الملك وخالفت القيافة فى ذلك لاختلاف الشبه وما إلى ذلك فليضرب بأحكام القافة فيما يخص النسب ههنا عرض الحائض كما حدث فى قصة ابن وليدة زمعة لما أثبت صلى الله عليه وسلم نسبه لصاحب الفراش ولم يعتد بأزمنة الشبه التى تؤيد انتفاء الولد من زمعة وإلحاقه بعتبة ابن أبى وقاص والاصل فى ذلك قول النبى صلوات الله وتسليماته عليه الولد للفراش وللعاهر الحجر.وتبين أيضا أن المجيزين لإثبات النسب بالقيافة إنما أجازوا ذلك عند تعارض البينات او انعدام البينة أما لو كان لاحد المتنازعين بينة على إثبات النسب أو نفيه وليس للاخر بينة فإننا نحكم للبينة ولا نستدعى القائف أصلا ويكون أمر القيافة مع البينة كأمرها مع الفراش الصحيح وكذلك إذا كان لكل من المتنازعين بينة لكن بينة أحدها يمكن قبولها وبينة



b.      Ilmu Hakim tentang test DNA bisa dijadikan dasar untuk memutuskan hukum terkait Ilhaq al-Nasab sepanjang hasil test DNA itu diyakini atau diduga kuat validitasnya dan terkait dengan huququl adamy (selain had).

المأخـذ  :

.فتح المعين الجزء الرابع ص : 234 .1

ويقضي أي القاضي ولو قاضي ضرورة على الأوجه بعلمه إن شاء أي بظنه المؤكد الذي يجوزله الشهادة مستندا إليه وإن استفاده قبل ولايته      نعم لا يقضي به في حدود أو تعزير لله تعالى كحد الزنا أو سرقة أو شرب لندب الستر في أسبابها      أما حدود الآدميين فيقضي فيها به سواء المال والقود وحد القذف


Seorang hakim sekalipun hakim dlarurat menurut pendapat aujah (yang kuat) boleh memutus perkara berdasarkan ilmunya yakni persangkaan kuatnya yang boleh untuk disaksikan serta dapat dijadikan pegangan, sekalipun dia meperolehnya sebelum ia menjadi hakim. Tetapi hukum boleh tadi tidak berlaku dalam had atau ta’zir yang menjadi hak Allah, seperti had zina, mencuri dan minum arak dikarenakan adanya kesunatan merahasiakan sebab-sebabnya. Adapun had yang menjadi hak adamy maka hakim boleh memutus dengan berdasar ilmunya baik adanya hak tadi berupa harta, qishas ataupun tuduhan zina. 

   

2. نهاية الزين ج: 1 ص: 371

ويقضي بعلمه في القصاص وحد القذف كالمال لأنها حدود الآدميين بخلاف حدود الله تعالى كحد زنا ومحاربة أو سرقة أو شرب وكذا تعازيره فلا يقضي بعلمه لندب الستر في أسبابها ولسقوطها بالشبهة نعم من ظهر له منه في مجلس حكمه ما يوجب تعزيرا عزره وإن كان قضاء بالعلم


Seorang hakim boleh memutus perkara berdasar ilmunya dalam qishas dan had qadzaf sebagaimana pada masalah harta, karena itu semua hak-hak adamy. Tidak demikian adalah hak-hak Allah seperti had zina, perampasan, pencurian, minum arak dan juga ta’zir-ta’zirNya, maka hakim tidak boleh memutus dengan ilmunya karena adanya kesunatan merahasiakan sebab-sebanya dan karena gugurnya had-had tadi sebab adanya syubhah (ketidakjelasan). Tetapi apabila dalam majlis pengadilannya secara jelas hakim mengetahui hal-hal yang menyebabkan ta’zir, maka bolehlah ia menta’zir walaupun keputusan itu berdasarkan ilmunya.


.. بغية المسترشدين ص 1553

أمّا مجرّد الاستفاضة بان فلانا ابن فلان او شقيقه دون الاخر من غير ورود حد التواتر المفيد للعلم فلا يثبت بها لكنها تصلح مستندا للشاهد بشرطه بل استوجهه فى التحفة انه لابد مع البينة فى نسب ذوى القربى من الاستفاضة. اما مجرّد وجود الكتاب او كتب أنّ فلانا ابن عمّ لأبوين مثلا فليس بحجة يترتب عليها إستحقاق الإرث دون ابن العمّ الاخر ولامرجّحا من جانبه حتى تكون اليمين فى جهته إذ يحتمل تزويره نعم لو فرض ذلك فى مصنّف اعتنى فيه صاحبه بحفظ النسب واشتهر بكونه ذا علم فى ذلك وديانة وورع عن التكلم بلا علم ولم يقع فيه طعن من معتبر أفاد الحاكم إما علما ضروريا او نظريا اوظنا غالبا يجوز له الاستناد اليه والحكم بعلمه بناء علىالاصح من جوازه فى غير الحدود وحينئذ لا حاجة الى يمين المدعى إهـ 



Hasil Rumusan Jawaban Masail Waqi’iyyah Bahtsul Masail NU Jawa Timur Di Ponpes Darussalam Blokagung Banyuwangi 15–17 Rajab 1425 / 31 Agt–02 Spt 2004

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا