Langsung ke konten utama

𝐇𝐔𝐊𝐔𝐌 𝐀𝐍𝐀𝐊 𝐀𝐍𝐆𝐊𝐀𝐓 ( 𝐀𝐃𝐎𝐏𝐒𝐈 )


 ۞HASIL KAJIAN OBROLAN SEPUTAR PERNIKAHAN ۞:

𝐇𝐔𝐊𝐔𝐌 𝐀𝐍𝐀𝐊 𝐀𝐍𝐆𝐊𝐀𝐓 ( 𝐀𝐃𝐎𝐏𝐒𝐈 ) 

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖


𝐇𝐮𝐤𝐮𝐦 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭 ( 𝐚𝐝𝐨𝐩𝐬𝐢) 𝐛𝐮𝐭𝐮𝐡 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐩𝐞𝐫𝐢𝐧𝐜𝐢𝐚𝐧 : 


𝟏. 𝐁𝐢𝐥𝐚 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐚𝐝𝐨𝐛𝐬𝐢 𝐦𝐞𝐫𝐮𝐩𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐤𝐚𝐤𝐚𝐤, 𝐚𝐝𝐢𝐤, 𝐩𝐚𝐦𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚. 𝐌𝐚𝐤𝐚 𝐢𝐧𝐢 𝐛𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐛𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐬𝐚𝐣𝐚 𝐭𝐚𝐧𝐩𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐮𝐛𝐚𝐡 𝐧𝐚𝐬𝐚𝐛 𝐬𝐢𝐚𝐧𝐚𝐤 


𝟐. 𝐁𝐢𝐥𝐚 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐚𝐝𝐨𝐛𝐬𝐢 𝐦𝐞𝐫𝐮𝐩𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐚𝐢𝐧 𝐢𝐧𝐢 𝐝𝐢𝐭𝐚𝐟𝐬𝐢𝐥 : 


➡️ 𝐛𝐢𝐥𝐚 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐭𝐞𝐫𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭 𝐝𝐢𝐚𝐝𝐨𝐛𝐬𝐢 𝐬𝐞𝐛𝐞𝐥𝐮𝐦 𝐛𝐞𝐫𝐚𝐧𝐣𝐚𝐤 𝐮𝐦𝐮𝐫 𝟐 𝐭𝐚𝐡𝐮𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐦𝐩𝐚𝐭 𝐝𝐢 𝐬𝐮𝐬𝐮𝐢 𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐢𝐛𝐮 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐧𝐲𝐚, 𝐦𝐚𝐤𝐚 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐢𝐧𝐢 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐦𝐚𝐡𝐫𝐚𝐦 𝐛𝐚𝐠𝐢 𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐮𝐚 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐧𝐲𝐚. 


➡️ 𝐛𝐢𝐥𝐚 𝐬𝐢𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐝𝐢𝐚𝐝𝐨𝐛𝐬𝐢 𝐬𝐞𝐭𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐛𝐞𝐫𝐚𝐧𝐣𝐚𝐤 𝐮𝐦𝐮𝐫 𝐝𝐢𝐚𝐭𝐚𝐬 𝐝𝐮𝐚 𝐭𝐚𝐡𝐮𝐧, 𝐦𝐚𝐤𝐚 𝐬𝐚𝐚𝐭 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐢𝐧𝐢 𝐛𝐞𝐫𝐚𝐧𝐣𝐚𝐤 𝐝𝐞𝐰𝐚𝐬𝐚 𝐰𝐚𝐣𝐢𝐛 𝐝𝐢𝐩𝐢𝐬𝐚𝐡𝐤𝐚𝐧. 𝐊𝐚𝐫𝐧𝐚 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐝𝐚𝐧 𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐮𝐚 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐧𝐲𝐚 𝐦𝐞𝐫𝐮𝐩𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐣𝐧𝐚𝐛𝐢 ( 𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐬𝐚𝐡 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐧𝐢𝐤𝐚𝐡 ). 


𝟑. 𝐇𝐚𝐫𝐚𝐦 𝐡𝐮𝐤𝐮𝐦𝐧𝐲𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐮𝐛𝐚𝐡 𝐧𝐚𝐬𝐚𝐛 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐬𝐞𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐧𝐚𝐤. 𝐇𝐚𝐥 𝐢𝐧𝐢 𝐝𝐢𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐝𝐚 𝐧𝐚𝐬 𝐛𝐞𝐫𝐮𝐩𝐚 𝐚𝐲𝐚𝐭 𝐀𝐥-𝐐𝐮𝐫𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧𝐣𝐮𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐦𝐞𝐦𝐚𝐧𝐠𝐠𝐢𝐥 𝐬𝐞𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐚𝐬𝐚𝐛𝐤𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐚𝐲𝐚𝐡 𝐤𝐚𝐧𝐝𝐮𝐧𝐠𝐧𝐲𝐚. 𝐬𝐞𝐤𝐞𝐝𝐚𝐫 𝐦𝐞𝐦𝐚𝐧𝐠𝐠𝐢𝐥 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭𝐚𝐧 " 𝐚𝐧𝐚𝐤𝐤𝐮 " 𝐤𝐚𝐫𝐧𝐚 𝐮𝐧𝐬𝐮𝐫 𝐤𝐚𝐬𝐢𝐡 𝐬𝐚𝐲𝐚𝐧𝐠, 𝐢𝐧𝐢 𝐛𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐡𝐮𝐤𝐮𝐦𝐧𝐲𝐚. 𝐍𝐚𝐦𝐮𝐧, 𝐡𝐚𝐫𝐚𝐦 𝐡𝐮𝐤𝐮𝐦𝐧𝐲𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐮𝐛𝐚𝐡 𝐧𝐚𝐬𝐚𝐛 𝐬𝐢𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐬𝐞𝐜𝐚𝐫𝐚 𝐚𝐤𝐭𝐚 𝐤𝐞𝐥𝐚𝐡𝐢𝐫𝐚𝐧. 𝐃𝐚𝐧 𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐬𝐮𝐚𝐭𝐮 𝐩𝐞𝐫𝐦𝐚𝐬𝐚𝐥𝐚𝐡𝐚𝐧 𝐛𝐢𝐥𝐚 𝐧𝐚𝐬𝐚𝐛 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐝𝐢𝐮𝐛𝐚𝐡, 𝐜𝐨𝐧𝐭𝐨𝐡𝐧𝐲𝐚 : 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐩𝐞𝐫𝐞𝐦𝐩𝐮𝐚𝐧, 𝐬𝐚𝐚𝐭 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐩𝐞𝐫𝐞𝐦𝐩𝐮𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐥𝐚𝐧𝐠𝐬𝐮𝐧𝐠𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐤𝐚𝐝 𝐧𝐢𝐤𝐚𝐡 𝐝𝐢 𝐭𝐮𝐧𝐭𝐮𝐭 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐦𝐞𝐧𝐲𝐞𝐛𝐮𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐧𝐚𝐦𝐚 𝐚𝐲𝐚𝐡 𝐚𝐭𝐚𝐮𝐩𝐮𝐧 𝐰𝐚𝐥𝐢𝐧𝐲𝐚. 𝐁𝐢𝐥𝐚 𝐦𝐚𝐧𝐚 𝐬𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐩𝐞𝐧𝐲𝐞𝐛𝐮𝐭𝐚𝐧 𝐧𝐚𝐦𝐚 𝐰𝐚𝐥𝐢 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐚𝐤𝐚𝐝𝐚 𝐧𝐢𝐤𝐚𝐡, 𝐚𝐤𝐚𝐝 𝐧𝐢𝐤𝐚𝐡𝐧𝐲𝐚 𝐭𝐞𝐭𝐚𝐩 𝐬𝐚𝐡, 𝐚𝐬𝐚𝐥𝐤𝐚𝐧 𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐢𝐤𝐚𝐡 𝐝𝐚𝐧 𝐰𝐚𝐥𝐢𝐧𝐲𝐚 𝐚𝐝𝐚 𝐝𝐢𝐭𝐞𝐦𝐩𝐚𝐭 𝐩𝐫𝐨𝐬𝐞𝐬𝐢 𝐚𝐤𝐚𝐝 𝐧𝐢𝐤𝐚𝐡 𝐭𝐞𝐫𝐣𝐚𝐝𝐢. 


𝟒. 𝐓𝐞𝐫𝐡𝐚𝐝𝐚𝐩 𝐩𝐞𝐫𝐦𝐚𝐬𝐚𝐥𝐚𝐡𝐚𝐧 𝐡𝐮𝐤𝐮𝐦 𝐢𝐤𝐡𝐭𝐢𝐥𝐚𝐭 ( 𝐛𝐞𝐫𝐜𝐚𝐦𝐩𝐮𝐫 ) 𝐰𝐚𝐧𝐢𝐭𝐚 𝐚𝐣𝐧𝐚𝐛𝐢 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐥𝐞𝐥𝐚𝐤𝐢 𝐚𝐣𝐧𝐚𝐛𝐢 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐬𝐚𝐭𝐮 𝐭𝐞𝐦𝐩𝐚𝐭 𝐛𝐢𝐬𝐚 𝐝𝐢𝐥𝐢𝐡𝐚𝐭 𝐝𝐢 𝐚𝐫𝐭𝐢𝐤𝐞𝐥 𝐥𝐚𝐢𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠  𝐤𝐚𝐦𝐢 𝐩𝐮𝐛𝐥𝐢𝐤𝐚𝐬𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐢𝐭𝐞𝐥𝐚𝐠𝐫𝐚𝐦 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐣𝐮𝐝𝐮𝐥 " 𝐇𝐮𝐤𝐮𝐦 𝐈𝐤𝐡𝐭𝐢𝐥𝐚𝐭 𝐏𝐫𝐢𝐚-𝐖𝐚𝐧𝐢𝐭𝐚 𝐃𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐒𝐞𝐛𝐮𝐚𝐡 𝐌𝐚𝐣𝐥𝐢𝐬 "


📚𝐑𝐞𝐟𝐞𝐫𝐞𝐧𝐬𝐢 :


📖كتاب تفسير ابن كثير - ت السلامة [ ابن كثير] ج : ٦، ص : ٣٧٦ المكتبة الشاملة


{وَمَا جَعَلَ أَدْعِيَاءَكُمْ أَبْنَاءَكُمْ}


𝐝𝐚𝐧 𝐃𝐢𝐚 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐧𝐚𝐤-𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐦𝐮 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐤𝐚𝐧𝐝𝐮𝐧𝐠𝐦𝐮. (𝐀𝐥-𝐀𝐡𝐳𝐚𝐛: 𝟒)


هَذَا هُوَ الْمَقْصُودُ بِالنَّفْيِ؛ فَإِنَّهَا نَزَلَتْ فِي شَأْنِ زَيْدِ بْنِ حَارِثَةَ مَوْلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ تَبَنَّاهُ قَبْلَ النُّبُوَّةِ، وَكَانَ يُقَالُ لَهُ: "زَيْدُ بْنُ مُحَمَّدٍ" فَأَرَادَ اللَّهُ تَعَالَى أَنَّ يَقْطَعَ هَذَا الْإِلْحَاقَ وَهَذِهِ النِّسْبَةَ بِقَوْلِهِ: {وَمَا جَعَلَ أَدْعِيَاءَكُمْ أَبْنَاءَكُمْ} 


𝐈𝐧𝐢𝐥𝐚𝐡 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐦𝐚𝐤𝐬𝐮𝐝 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐧𝐚𝐟𝐢𝐚𝐧. 𝐒𝐞𝐬𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮𝐡𝐧𝐲𝐚 𝐚𝐲𝐚𝐭 𝐢𝐧𝐢 𝐝𝐢𝐭𝐮𝐫𝐮𝐧𝐤𝐚𝐧 𝐛𝐞𝐫𝐤𝐞𝐧𝐚𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐙𝐚𝐢𝐝 𝐢𝐛𝐧𝐮 𝐇𝐚𝐫𝐢𝐬'𝐚𝐡 𝐫.𝐚. 𝐦𝐚𝐮𝐥𝐚𝐍𝐚𝐛𝐢 𝐒𝐚𝐰. 𝐃𝐚𝐡𝐮𝐥𝐮 𝐍𝐚𝐛𝐢 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐧𝐲𝐚 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐬𝐞𝐛𝐞𝐥𝐮𝐦 𝐛𝐞𝐥𝐢𝐚𝐮 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐧𝐚𝐛𝐢, 𝐝𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐡𝐮𝐥𝐮 𝐢𝐚 𝐝𝐢𝐤𝐞𝐧𝐚𝐥 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭𝐚𝐧 '𝐙𝐚𝐢𝐝 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐌𝐮𝐡𝐚𝐦𝐦𝐚𝐝'.


𝐌𝐚𝐤𝐚 𝐀𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐛𝐞𝐫𝐤𝐞𝐡𝐞𝐧𝐝𝐚𝐤 𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐡𝐚𝐩𝐮𝐬𝐤𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐧𝐢𝐬𝐛𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐢𝐧𝐢 𝐦𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐟𝐢𝐫𝐦𝐚𝐧-𝐍𝐲𝐚: 𝐝𝐚𝐧 𝐃𝐢𝐚 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐧𝐚𝐤-𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐦𝐮 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐤𝐚𝐧𝐝𝐮𝐧𝐠𝐦𝐮. (𝐀𝐥-𝐀𝐡𝐳𝐚𝐛: 𝟒𝟎)


كَمَا قَالَ فِي أَثْنَاءِ السُّورَةِ: {مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا} [الْأَحْزَابِ:٤٠] 


𝐒𝐞𝐦𝐚𝐤𝐧𝐚 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐚𝐩𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐀𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐒𝐰𝐭. 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐩𝐞𝐫𝐭𝐞𝐧𝐠𝐚𝐡𝐚𝐧 𝐬𝐮𝐫𝐚𝐭 𝐢𝐧𝐢 𝐦𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐟𝐢𝐫𝐦𝐚𝐧-𝐍𝐲𝐚:


{مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا}


𝐌𝐮𝐡𝐚𝐦𝐦𝐚𝐝 𝐢𝐭𝐮 𝐬𝐞𝐤𝐚𝐥𝐢-𝐤𝐚𝐥𝐢 𝐛𝐮𝐤𝐚𝐧𝐥𝐚𝐡 𝐛𝐚𝐩𝐚𝐤 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐬𝐞𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐞𝐥𝐚𝐤𝐢 𝐝𝐢 𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚 𝐤𝐚𝐦𝐮, 𝐭𝐞𝐭𝐚𝐩𝐢 𝐝𝐢𝐚 𝐚𝐝𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐑𝐚𝐬𝐮𝐥𝐮𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐧𝐮𝐭𝐮𝐩 𝐧𝐚𝐛𝐢-𝐧𝐚𝐛𝐢. 𝐃𝐚𝐧 𝐚𝐝𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐀𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐌𝐚𝐡𝐚 𝐌𝐞𝐧𝐠𝐞𝐭𝐚𝐡𝐮𝐢 𝐬𝐞𝐠𝐚𝐥𝐚 𝐬𝐞𝐬𝐮𝐚𝐭𝐮. (𝐀𝐥-𝐀𝐡𝐳𝐚𝐛: 𝟒𝟎)


𝐃𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐚𝐲𝐚𝐭 𝐢𝐧𝐢 𝐝𝐢𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐟𝐢𝐫𝐦𝐚𝐧-𝐍𝐲𝐚:


{ذَلِكُمْ قَوْلُكُمْ بِأَفْوَاهِكُمْ}


𝐘𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐞𝐦𝐢𝐤𝐢𝐚𝐧 𝐢𝐭𝐮 𝐡𝐚𝐧𝐲𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐩𝐞𝐫𝐤𝐚𝐭𝐚𝐚𝐧𝐦𝐮 𝐝𝐢 𝐦𝐮𝐥𝐮𝐭𝐦𝐮 𝐬𝐚𝐣𝐚. (𝐀𝐥-𝐀𝐡𝐳𝐚𝐛: 𝟒)


 يَعْنِي: تَبَنِّيكُمْ لَهُمْ قَوْلٌ لَا يَقْتَضِي أَنْ يَكُونَ ابْنًا حَقِيقِيًّا، فَإِنَّهُ مَخْلُوقٌ مِنْ صُلْبِ رَجُلٍ آخَرَ، فَمَا يُمْكِنُ أَنْ يَكُونَ لَهُ أَبَوَانِ، كَمَا لَا يُمْكِنُ أَنْ يَكُونَ لِلْبَشَرِ الْوَاحِدِ قَلْبَانِ


𝐘𝐚𝐤𝐧𝐢 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐤𝐚𝐥𝐢𝐚𝐧 𝐡𝐚𝐧𝐲𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭𝐚𝐧 𝐛𝐞𝐥𝐚𝐤𝐚, 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐧𝐠𝐤𝐮𝐭𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐤𝐚𝐧𝐝𝐮𝐧𝐠 𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐧𝐠𝐤𝐮𝐭𝐚𝐧, 𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐝𝐢𝐚 𝐝𝐢𝐜𝐢𝐩𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐬𝐮𝐥𝐛𝐢 𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐚𝐢𝐧. 𝐃𝐚𝐧 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐮𝐧𝐠𝐤𝐢𝐧 𝐛𝐚𝐠𝐢 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐧𝐠𝐤𝐮𝐭𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐦𝐩𝐮𝐧𝐲𝐚𝐢 𝐝𝐮𝐚 𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐲𝐚𝐡, 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢𝐦𝐚𝐧𝐚 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐦𝐮𝐧𝐠𝐤𝐢𝐧 𝐛𝐚𝐠𝐢 𝐬𝐞𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐚𝐧𝐮𝐬𝐢𝐚 𝐦𝐞𝐦𝐩𝐮𝐧𝐲𝐚𝐢 𝐝𝐮𝐚 𝐡𝐚𝐭𝐢.


📖كتاب تفسير ابن كثير - ت السلامة [ ابن كثير] ج : ٦، ص : ٣٧٧ المكتبة الشاملة


{ادْعُوهُمْ لآبَائِهِمْ هُوَ أَقْسَطُ عِنْدَ اللَّهِ}


𝐏𝐚𝐧𝐠𝐠𝐢𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚 (𝐚𝐧𝐚𝐤-𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭 𝐢𝐭𝐮) 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 (𝐦𝐞𝐦𝐚𝐤𝐚𝐢) 𝐧𝐚𝐦𝐚 𝐛𝐚𝐩𝐚𝐤-𝐛𝐚𝐩𝐚𝐤 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚; 𝐢𝐭𝐮𝐥𝐚𝐡 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐞𝐛𝐢𝐡 𝐚𝐝𝐢𝐥 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐬𝐢𝐬𝐢 𝐀𝐥𝐥𝐚𝐡. (𝐀𝐥-𝐀𝐡𝐳𝐚𝐛: 𝟓)


هَذَا أَمْرٌ نَاسِخٌ لِمَا كَانَ فِي ابْتِدَاءِ الْإِسْلَامِ مِنْ جَوَازِ ادِّعَاءِ الْأَبْنَاءِ الْأَجَانِبِ، وَهُمُ الْأَدْعِيَاءُ، فَأَمَرَ [اللَّهُ] عَالَى بِرَدِّ نِسَبِهِمْ إِلَى آبَائِهِمْ فِي الْحَقِيقَةِ، وَأَنَّ هَذَا هُوَ الْعَدْلُ وَالْقِسْطُ


𝐈𝐧𝐢 𝐚𝐝𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐩𝐞𝐫𝐢𝐧𝐭𝐚𝐡 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞-𝐦𝐚𝐧𝐬𝐮𝐤𝐡 𝐚𝐩𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐢𝐚𝐬𝐚 𝐛𝐞𝐫𝐥𝐚𝐤𝐮 𝐝𝐢 𝐦𝐚𝐬𝐚 𝐩𝐞𝐫𝐦𝐮𝐥𝐚𝐚𝐧 𝐈𝐬𝐥𝐚𝐦 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐦𝐛𝐨𝐥𝐞𝐡𝐤𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐦𝐚𝐧𝐠𝐠𝐢𝐥 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐬𝐞𝐧𝐝𝐢𝐫𝐢. 𝐌𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐚𝐲𝐚𝐭 𝐢𝐧𝐢 𝐀𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐞𝐦𝐞𝐫𝐢𝐧𝐭𝐚𝐡𝐤𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚 𝐚𝐠𝐚𝐫 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐞𝐦𝐛𝐚𝐥𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐧𝐢𝐬𝐛𝐚𝐭 𝐚𝐧𝐚𝐤-𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐛𝐚𝐩𝐚𝐤𝐧𝐲𝐚 𝐦𝐚𝐬𝐢𝐧𝐠-𝐦𝐚𝐬𝐢𝐧𝐠 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐬𝐞𝐬𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮𝐡𝐧𝐲𝐚. 𝐊𝐞𝐭𝐞𝐧𝐭𝐮𝐚𝐧 𝐢𝐧𝐢 𝐦𝐞𝐫𝐮𝐩𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐬𝐮𝐚𝐭𝐮 𝐤𝐞𝐚𝐝𝐢𝐥𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐭𝐢𝐧𝐝𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐚𝐣𝐢𝐤.


قَالَ الْبُخَارِيُّ، رَحِمَهُ اللَّهُ: حَدَّثَنَا مُعَلى بْنُ أَسَدٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ الْمُخْتَارِ، حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ عُقْبَةَ قَالَ: حَدَّثَنِي سَالِمٌ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ؛ أَنَّ زيدًا بْنَ حَارِثَةَ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، مَا كُنَّا نَدْعُوهُ إِلَّا زَيْدَ بْنَ مُحَمَّدٍ، حَتَّى نَزَلَ الْقُرْآنُ: {ادْعُوهُمْ لآبَائِهِمْ هُوَ أَقْسَطُ عِنْدَ اللَّهِ}


𝐈𝐦𝐚𝐦 𝐁𝐮𝐤𝐡𝐚𝐫𝐢 𝐫𝐚𝐡𝐢𝐦𝐚𝐡𝐮𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧, 𝐭𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐞𝐧𝐜𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐤𝐚𝐦𝐢 𝐌𝐚'𝐥𝐚 𝐢𝐛𝐧𝐮 𝐀𝐬𝐚𝐝, 𝐭𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐞𝐧𝐜𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐤𝐚𝐦𝐢 𝐀𝐛𝐝𝐮𝐥 𝐀𝐳𝐢𝐳 𝐢𝐛𝐧𝐮𝐥 𝐌𝐮𝐤𝐡𝐭𝐚𝐫, 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐌𝐮𝐬𝐚 𝐢𝐛𝐧𝐮 𝐔𝐪𝐛𝐚𝐡 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐛𝐚𝐡𝐰𝐚 𝐭𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐞𝐧𝐜𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚𝐤𝐮 𝐒𝐚𝐥𝐢𝐦, 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐀𝐛𝐝𝐮𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐢𝐛𝐧𝐮 𝐔𝐦𝐚𝐫 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐛𝐚𝐡𝐰𝐚 𝐬𝐞𝐬𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮𝐡𝐧𝐲𝐚 𝐤𝐚𝐦𝐢 𝐭𝐞𝐫𝐛𝐢𝐚𝐬𝐚 𝐦𝐞𝐦𝐚𝐧𝐠𝐠𝐢𝐥 𝐙𝐚𝐢𝐝 𝐢𝐛𝐧𝐮 𝐇𝐚𝐫𝐢𝐬𝐚𝐡 𝐦𝐚𝐮𝐥𝐚 𝐑𝐚𝐬𝐮𝐥𝐮𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐒𝐚𝐰. 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭𝐚𝐧 𝐙𝐚𝐢𝐝 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐌𝐮𝐡𝐚𝐦𝐦𝐚𝐝, 𝐬𝐞𝐡𝐢𝐧𝐠𝐠𝐚 𝐭𝐮𝐫𝐮𝐧𝐥𝐚𝐡 𝐟𝐢𝐫𝐦𝐚𝐧 𝐀𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐒𝐰𝐭. 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧: 𝐏𝐚𝐧𝐠𝐠𝐢𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚 (𝐚𝐧𝐚𝐤-𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭 𝐢𝐭𝐮) 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 (𝐦𝐞𝐦𝐚𝐤𝐚𝐢) 𝐧𝐚𝐦𝐚 𝐛𝐚𝐩𝐚𝐤-𝐛𝐚𝐩𝐚𝐤 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚; 𝐢𝐭𝐮𝐥𝐚𝐡 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐞𝐛𝐢𝐡 𝐚𝐝𝐢𝐥 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐬𝐢𝐬𝐢 𝐀𝐥𝐥𝐚𝐡. (𝐀𝐥-𝐀𝐡𝐳𝐚𝐛: 𝟓)


وَأَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ وَالتِّرْمِذِيُّ وَالنَّسَائِيُّ، مِنْ طُرُقٍ، عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ، بِهِ

𝐈𝐦𝐚𝐦 𝐌𝐮𝐬𝐥𝐢𝐦, 𝐈𝐦𝐚𝐦 𝐓𝐮𝐫𝐦𝐮𝐳𝐢, 𝐝𝐚𝐧 𝐈𝐦𝐚𝐦 𝐍𝐚𝐬𝐚𝐢 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐞𝐭𝐞𝐧𝐠𝐚𝐡𝐤𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐦𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐛𝐞𝐫𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐣𝐚𝐥𝐮𝐫 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐌𝐮𝐬𝐚 𝐢𝐛𝐧𝐮 𝐔𝐪𝐛𝐚𝐡 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐬𝐚𝐧𝐚𝐝 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐬𝐚𝐦𝐚.


وَقَدْ كَانُوا يُعَامِلُونَهُمْ مُعَامَلَةَ الْأَبْنَاءِ مِنْ كُلِّ وَجْهٍ، فِي الْخَلْوَةِ بِالْمَحَارِمِ وَغَيْرِ ذَلِكَ؛ وَلِهَذَا قَالَتْ سَهْلَةُ بِنْتُ سُهَيْلٍ امْرَأَةُ أَبِي حُذَيْفَةَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، كُنَّا نَدْعُو سَالِمًا ابْنًا، وَإِنَّ اللَّهَ قَدْ أَنْزَلَ مَا أَنْزَلَ، وَإِنَّهُ كَانَ يَدْخُلُ عَلَيّ، وَإِنِّي أَجِدُ فِي نَفْسِ أَبِي حُذَيْفَةَ مِنْ ذَلِكَ شَيْئًا، فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أَرَضِعَيْهِ تَحْرُمِي عَلَيْهِ" الْحَدِيثَ. وَلِهَذَا لَمَّا نُسِخَ هَذَا الْحُكْمُ، أَبَاحَ تَعَالَى زَوْجَةَ الدَّعِيِّ، وَتَزَوَّجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِزَيْنَبَ بِنْتِ جَحْشٍ زَوْجَةِ  زيد بن حارثة،


𝐃𝐚𝐡𝐮𝐥𝐮 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚 𝐦𝐞𝐦𝐩𝐞𝐫𝐥𝐚𝐤𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐧𝐚𝐤-𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢𝐦𝐚𝐧𝐚 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚 𝐦𝐞𝐦𝐩𝐞𝐫𝐥𝐚𝐤𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐧𝐚𝐤-𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐤𝐚𝐧𝐝𝐮𝐧𝐠 𝐬𝐞𝐧𝐝𝐢𝐫𝐢 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐬𝐞𝐦𝐮𝐚 𝐤𝐞𝐚𝐝𝐚𝐚𝐧, 𝐦𝐢𝐬𝐚𝐥𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐤𝐞𝐚𝐝𝐚𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐲𝐞𝐧𝐝𝐢𝐫𝐢 𝐝𝐢𝐬𝐚𝐦𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐦𝐚𝐡𝐫𝐚𝐦 𝐝𝐚𝐧 𝐥𝐚𝐢𝐧 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢𝐧𝐲𝐚. 𝐊𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐢𝐭𝐮𝐥𝐚𝐡 𝐒𝐚𝐡𝐥𝐚𝐡 𝐛𝐢𝐧𝐭𝐢 𝐒𝐮𝐡𝐚𝐢𝐥 (𝐢𝐬𝐭𝐫𝐢 𝐀𝐛𝐮 𝐇𝐮𝐳𝐚𝐢𝐟𝐚𝐡 𝐫.𝐚.) 𝐛𝐞𝐫𝐭𝐚𝐧𝐲𝐚, "𝐖𝐚𝐡𝐚𝐢 𝐑𝐚𝐬𝐮𝐥𝐮𝐥𝐥𝐚𝐡, 𝐤𝐚𝐦𝐢 𝐭𝐞𝐫𝐛𝐢𝐚𝐬𝐚 𝐦𝐞𝐦𝐚𝐧𝐠𝐠𝐢𝐥 𝐒𝐚𝐥𝐢𝐦 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐬𝐞𝐧𝐝𝐢𝐫𝐢, 𝐬𝐞𝐝𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐧 𝐀𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐭𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐞𝐧𝐮𝐫𝐮𝐧𝐤𝐚𝐧 𝐰𝐚𝐡𝐲𝐮 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐞𝐥𝐚𝐬𝐤𝐚𝐧 𝐡𝐮𝐤𝐮𝐦𝐧𝐲𝐚, 𝐬𝐞𝐬𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮𝐡𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢𝐚 𝐭𝐞𝐫𝐛𝐢𝐚𝐬𝐚 𝐦𝐚𝐬𝐮𝐤 𝐦𝐞𝐧𝐞𝐦𝐮𝐢𝐤𝐮, 𝐝𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐬𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮𝐡𝐧𝐲𝐚 𝐬𝐚𝐲𝐚 𝐦𝐞𝐦𝐩𝐮𝐧𝐲𝐚𝐢 𝐩𝐞𝐫𝐚𝐬𝐚𝐚𝐧 𝐛𝐚𝐡𝐰𝐚 𝐀𝐛𝐮 𝐇𝐮𝐳𝐚𝐢𝐟𝐚𝐡 𝐦𝐞𝐫𝐚𝐬𝐚 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐞𝐧𝐚𝐤 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐛𝐞𝐛𝐚𝐬𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐞𝐦𝐮𝐢𝐤𝐮 𝐢𝐭𝐮." 𝐌𝐚𝐤𝐚 𝐍𝐚𝐛𝐢 𝐒𝐚𝐰. 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐛𝐝𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐰𝐚𝐛𝐧𝐲𝐚:

"أَرَضِعَيْهِ تَحْرُمِي عَلَيْهِ"


𝐒𝐮𝐬𝐮𝐢𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐢𝐚, 𝐦𝐚𝐤𝐚 𝐞𝐧𝐠𝐤𝐚𝐮 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐦𝐚𝐡𝐫𝐚𝐦𝐧𝐲𝐚!


وَلِهَذَا لَمَّا نُسِخَ هَذَا الْحُكْمُ، أَبَاحَ تَعَالَى زَوْجَةَ الدَّعِيِّ، وَتَزَوَّجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِزَيْنَبَ بِنْتِ جَحْشٍ زَوْجَةِ (٨) زيد بن حارثة

𝐒𝐞𝐭𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐚𝐝𝐚𝐧𝐲𝐚 𝐩𝐞-𝐧𝐚𝐬𝐢𝐤𝐡-𝐚𝐧 𝐡𝐮𝐤𝐮𝐦 𝐢𝐧𝐢, 𝐦𝐚𝐤𝐚 𝐀𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐞𝐦𝐛𝐨𝐥𝐞𝐡𝐤𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐬𝐞𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐰𝐢𝐧𝐢 𝐛𝐞𝐤𝐚𝐬 𝐢𝐬𝐭𝐫𝐢 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐧𝐲𝐚; 𝐑𝐚𝐬𝐮𝐥𝐮𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐒𝐚𝐰. 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐰𝐢𝐧𝐢 𝐙𝐚𝐢𝐧𝐚𝐛 𝐛𝐢𝐧𝐭𝐢 𝐉𝐚𝐡𝐬𝐲 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐝𝐢𝐜𝐞𝐫𝐚𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐙𝐚𝐢𝐝 𝐢𝐛𝐧𝐮 𝐇𝐚𝐫𝐢𝐬𝐚𝐡 𝐫.𝐚.


لِكَيْ لَا يَكُونَ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ حَرَجٌ فِي أَزْوَاجِ أَدْعِيَائِهِمْ إِذَا قَضَوْا مِنْهُنَّ وَطَرًا}


𝐬𝐮𝐩𝐚𝐲𝐚 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐚𝐝𝐚 𝐤𝐞𝐛𝐞𝐫𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐛𝐚𝐠𝐢 𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐮𝐤𝐦𝐢𝐧 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 (𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐰𝐢𝐧𝐢) 𝐢𝐬𝐭𝐫𝐢-𝐢𝐬𝐭𝐫𝐢 𝐚𝐧𝐚𝐤-𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚, 𝐚𝐩𝐚𝐛𝐢𝐥𝐚 𝐚𝐧𝐚𝐤-𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭 𝐢𝐭𝐮 𝐭𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐞𝐧𝐲𝐞𝐥𝐞𝐬𝐚𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐞𝐫𝐥𝐮𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐢𝐬𝐭𝐫𝐢𝐧𝐲𝐚. (𝐀𝐥-𝐀𝐡𝐳𝐚𝐛: 𝟑𝟕)


𝐀𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐒𝐰𝐭. 𝐭𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐛𝐞𝐫𝐟𝐢𝐫𝐦𝐚𝐧 𝐝𝐢 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐬𝐮𝐫𝐚𝐭 𝐀𝐧-𝐍𝐢𝐬𝐚 𝐭𝐞𝐧𝐭𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐚𝐡𝐫𝐚𝐦:


{وَحَلائِلُ أَبْنَائِكُمُ الَّذِينَ مِنْ أَصْلابِكُمْ}


(𝐝𝐚𝐧 𝐝𝐢𝐡𝐚𝐫𝐚𝐦𝐤𝐚𝐧 𝐛𝐚𝐠𝐢𝐦𝐮) 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐰𝐢𝐧𝐢 𝐢𝐬𝐭𝐫𝐢-𝐢𝐬𝐭𝐫𝐢 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐤𝐚𝐧𝐝𝐮𝐧𝐠𝐦𝐮. (𝐀𝐧-𝐍𝐢𝐬𝐚: 𝟐𝟑)


احْتِرَازًا عَنْ زَوْجَةِ الدَّعِيِّ، فَإِنَّهُ لَيْسَ مِنَ الصُّلْبِ، فَأَمَّا الِابْنُ مِنَ الرَّضَاعَةِ، فَمُنَزَّلٌ مَنْزِلَةَ ابْنِ الصُّلْبِ شَرْعًا، بِقَوْلِهِ عَلَيْهِ السَّلَامُ (٩) فِي الصَّحِيحَيْن


𝐒𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐞𝐜𝐮𝐚𝐥𝐢𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐢𝐬𝐭𝐫𝐢 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭, 𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭 𝐛𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐛𝐞𝐫𝐚𝐬𝐚𝐥 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐬𝐮𝐥𝐛𝐢 𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐧𝐠𝐤𝐮𝐭𝐚𝐧. 𝐀𝐝𝐚𝐩𝐮𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐞𝐧𝐚𝐢 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐩𝐞𝐫𝐬𝐮𝐬𝐮𝐚𝐧 (𝐫𝐚𝐝𝐚'), 𝐢𝐚 𝐝𝐢𝐝𝐮𝐝𝐮𝐤𝐤𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢𝐦𝐚𝐧𝐚 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐬𝐮𝐥𝐛𝐢 𝐦𝐞𝐧𝐮𝐫𝐮𝐭 𝐡𝐮𝐤𝐮𝐦 𝐬𝐲𝐚𝐫𝐚' 𝐦𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐡𝐚𝐝𝐢𝐬 𝐑𝐚𝐬𝐮𝐥𝐮𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐒𝐚𝐰. 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐞𝐫𝐦𝐚𝐤𝐭𝐮𝐛 𝐝𝐢 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐤𝐢𝐭𝐚𝐛 𝐒𝐚𝐡𝐢𝐡𝐚𝐢𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧:


"حَرِّمُوا مِنَ الرَّضَاعَةِ مَا يَحْرُمُ مِنَ النَّسَبِ"


𝐉𝐚𝐝𝐢𝐤𝐚𝐧𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐚𝐡𝐫𝐚𝐦 𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐩𝐞𝐫𝐬𝐮𝐬𝐮𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢𝐦𝐚𝐧𝐚 𝐤𝐞𝐦𝐚𝐡𝐫𝐚𝐦𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐞𝐫𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐧𝐚𝐬𝐚𝐛 (𝐤𝐞𝐭𝐮𝐫𝐮𝐧𝐚𝐧).


فَأَمَّا دَعْوَةُ الْغَيْرِ ابْنًا عَلَى سَبِيلِ التَّكْرِيمِ وَالتَّحْبِيبِ، فَلَيْسَ مِمَّا نُهِيَ عَنْهُ فِي هَذِهِ الْآيَةِ، بِدَلِيلِ مَا رَوَاهُ الْإِمَامُ أَحْمَدُ وَأَهْلُ السُّنَنِ إِلَّا التِّرْمِذِيُّ، مِنْ حَدِيثِ سفيان الثوري، عن سلمة بن كُهَيْل 


،𝐏𝐞𝐧𝐠𝐚𝐤𝐮𝐚𝐧 𝐭𝐞𝐫𝐡𝐚𝐝𝐚𝐩 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐚𝐢𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐚𝐤𝐮𝐢 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐦𝐞𝐦𝐮𝐥𝐢𝐚𝐤𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐬𝐚𝐲𝐚𝐧𝐠, 𝐡𝐚𝐥 𝐢𝐧𝐢 𝐛𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐭𝐞𝐫𝐦𝐚𝐬𝐮𝐤 𝐡𝐚𝐥 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐥𝐚𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐚𝐲𝐚𝐭 𝐢𝐧𝐢 𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐛𝐞𝐫𝐝𝐚𝐬𝐚𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐩𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐚𝐡 𝐡𝐚𝐝𝐢𝐬 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐫𝐢𝐰𝐚𝐲𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐈𝐦𝐚𝐦 𝐀𝐡𝐦𝐚𝐝 𝐝𝐚𝐧 𝐀𝐡𝐥𝐮𝐬 𝐒𝐮𝐧𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐜𝐮𝐚𝐥𝐢 𝐈𝐦𝐚𝐦 𝐓𝐮𝐫𝐦𝐮𝐳𝐢 𝐦𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐡𝐚𝐝𝐢𝐬 𝐒𝐮𝐟𝐲𝐚𝐧 𝐀𝐬-𝐒𝐚𝐮𝐫𝐢, 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐒𝐚𝐥𝐚𝐦𝐚𝐡 𝐢𝐛𝐧𝐮 𝐊𝐚𝐡𝐢𝐥


عَنِ الْحَسَنِ العُرَني، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَدِمْنَا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُغَيْلِمَةَ بَنِي عَبْدِ الْمُطَّلِبِ عَلَى حُمُرَات لَنَا مِنْ جَمْع، فَجَعَلَ يَلْطَخ أَفْخَاذَنَا وَيَقُولُ: "أُبَيْنيّ لَا تَرْمُوا الْجَمْرَةَ  حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ "  . 


𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐀𝐥-𝐇𝐚𝐬𝐚𝐧 𝐀𝐥 𝐔𝐫𝐚𝐧𝐢, 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐈𝐛𝐧𝐮 𝐀𝐛𝐛𝐚𝐬 𝐫.𝐚. 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐜𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐛𝐚𝐡𝐰𝐚 𝐤𝐚𝐦𝐢 𝐩𝐞𝐫𝐬𝐢𝐥𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐧𝐚𝐤-𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐤𝐞𝐜𝐢𝐥 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐤𝐚𝐥𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐧𝐢 𝐀𝐛𝐝𝐮𝐥 𝐌𝐮𝐭𝐭𝐚𝐥𝐢𝐛 𝐦𝐞𝐧𝐞𝐦𝐮𝐢 𝐑𝐚𝐬𝐮𝐥𝐮𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐒𝐚𝐰. 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐦𝐛𝐚𝐰𝐚 𝐝𝐮𝐩𝐚-𝐝𝐮𝐩𝐚 𝐤𝐚𝐦𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐉𝐚𝐦𝐚' (𝐀𝐫𝐚𝐟𝐚𝐡). 𝐃𝐮𝐩𝐚-𝐝𝐮𝐩𝐚 𝐭𝐞𝐫𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐨𝐭𝐨𝐫𝐢 𝐩𝐚𝐡𝐚-𝐩𝐚𝐡𝐚 𝐤𝐚𝐦𝐢, 𝐦𝐚𝐤𝐚 𝐑𝐚𝐬𝐮𝐥𝐮𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐒𝐚𝐰. 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐛𝐝𝐚,


"أُبَيْنيّ لَا تَرْمُوا الْجَمْرَةَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ "


"𝐇𝐚𝐢 𝐀𝐧𝐚𝐤𝐤𝐮, 𝐣𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧𝐥𝐚𝐡 𝐤𝐚𝐦𝐮 𝐛𝐮𝐚𝐧𝐠-𝐛𝐮𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐮𝐩𝐚 𝐢𝐭𝐮 𝐬𝐞𝐛𝐞𝐥𝐮𝐦 𝐦𝐞𝐧𝐭𝐚𝐫𝐢 𝐭𝐞𝐫𝐛𝐢𝐭."


قَالَ أَبُو عُبَيْدٍ وَغَيْرُهُ: "أُبَيْنيّ" تَصْغِيرُ بَنِيَّ  . وَهَذَا ظَاهِرُ الدَّلَالَةِ، فَإِنَّ هَذَا كَانَ فِي حِجَّةِ الْوَدَاعِ سَنَةَ عَشْرٍ،  

 

𝐀𝐛𝐮 𝐔𝐛𝐚𝐢𝐝𝐚𝐡 𝐝𝐚𝐧 𝐥𝐚𝐢𝐧-𝐥𝐚𝐢𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐛𝐚𝐡𝐰𝐚 𝐛𝐮𝐧𝐚𝐲𝐲𝐚 𝐦𝐞𝐫𝐮𝐩𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐛𝐞𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐭𝐚𝐬𝐠𝐢𝐫 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐈𝐛𝐧𝐮𝐧.


𝐇𝐚𝐥 𝐢𝐧𝐢 𝐣𝐞𝐥𝐚𝐬 𝐩𝐞𝐧𝐮𝐧𝐣𝐮𝐤𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐥𝐢𝐥𝐧𝐲𝐚, 𝐝𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐫𝐢𝐬𝐭𝐢𝐰𝐚 𝐢𝐧𝐢 𝐭𝐞𝐫𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐡𝐚𝐣𝐢 𝐰𝐚𝐝𝐚' 𝐭𝐚𝐡𝐮𝐧 𝐬𝐞𝐩𝐮𝐥𝐮𝐡 𝐡𝐢𝐣𝐫𝐢𝐚𝐡.

وَقَوْلُهُ: {ادْعُوهُمْ لآبَائِهِمْ

𝐅𝐢𝐫𝐦𝐚𝐧 𝐀𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐒𝐰𝐭.:

{ادْعُوهُمْ لآبَائِهِمْ}


𝐏𝐚𝐧𝐠𝐠𝐢𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚 (𝐚𝐧𝐚𝐤-𝐚𝐧𝐚𝐤 𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭 𝐢𝐭𝐮) 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 (𝐦𝐞𝐦𝐚𝐤𝐚𝐢) 𝐧𝐚𝐦𝐚 𝐛𝐚𝐩𝐚𝐤-𝐛𝐚𝐩𝐚𝐤 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚. (𝐀𝐥-𝐀𝐡𝐳𝐚𝐛: 𝟓)


 فِي شَأْنِ زَيْدِ بْنِ حَارِثَةَ، وَقَدْ قُتِلَ فِي يَوْمِ مُؤْتَةَ سَنَةَ ثَمَانٍ، وَأَيْضًا فَفِي صَحِيحِ مُسْلِمٍ، مِنْ حَدِيثِ أَبِي عَوَانة الْوَضَّاحِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ اليَشْكُري، عَنِ الجَعْد أَبِي عُثْمَانَ الْبَصْرِيِّ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "يَا بُني". وَرَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُّ


𝐁𝐞𝐫𝐤𝐞𝐧𝐚𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐙𝐚𝐢𝐝 𝐢𝐛𝐧𝐮 𝐇𝐚𝐫𝐢𝐬𝐚𝐡 𝐫.𝐚. 𝐃𝐢𝐚 𝐭𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐠𝐮𝐠𝐮𝐫 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐏𝐞𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐌𝐮'𝐭𝐚𝐡 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐭𝐚𝐡𝐮𝐧 𝐝𝐞𝐥𝐚𝐩𝐚𝐧 𝐇𝐢𝐣𝐫𝐢𝐚𝐡. 𝐉𝐮𝐠𝐚 𝐝𝐢 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐤𝐢𝐭𝐚𝐛 𝐒𝐚𝐡𝐢𝐡 𝐌𝐮𝐬𝐥𝐢𝐦 𝐝𝐢𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐡𝐚𝐝𝐢𝐬 𝐀𝐛𝐮 𝐔𝐰𝐰𝐚𝐧𝐚𝐡 𝐀𝐥-𝐖𝐚𝐝𝐝𝐚𝐡 𝐢𝐛𝐧𝐮 𝐀𝐛𝐝𝐮𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐀𝐥-𝐘𝐚𝐬𝐲𝐤𝐮𝐫𝐢, 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐀𝐥-𝐉𝐚'𝐝 𝐀𝐛𝐮 𝐔𝐬𝐦𝐚𝐧 𝐀𝐥-𝐁𝐚𝐬𝐫𝐢, 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐀𝐧𝐚𝐬 𝐢𝐛𝐧𝐮 𝐌𝐚𝐥𝐢𝐤 𝐫.𝐚. 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐜𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐛𝐚𝐡𝐰𝐚 𝐑𝐚𝐬𝐮𝐥𝐮𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐒𝐚𝐰. 𝐩𝐞𝐫𝐧𝐚𝐡 𝐦𝐞𝐦𝐚𝐧𝐠𝐠𝐢𝐥𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭𝐚𝐧, "𝐇𝐚𝐢 𝐀𝐧𝐚𝐤𝐤𝐮." 𝐇𝐚𝐝𝐢𝐬 𝐢𝐧𝐢 𝐝𝐢𝐫𝐢𝐰𝐚𝐲𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐩𝐮𝐥𝐚 𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐈𝐦𝐚𝐦 𝐀𝐛𝐮 𝐃𝐚𝐮𝐝 𝐝𝐚𝐧 𝐈𝐦𝐚𝐦 𝐓𝐮𝐫𝐦𝐮𝐳𝐢.


📖إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ٣/‏٢٨٥ - ٢٨٦ — البكري الدمياطي (ت ١٣١٠) باب النكاح


الرضاع المحرم وصول لبن آدمية بلغت سن حيض، ولو قطرة، أو مختلطا بغيره - وإن قل - جوف رضيع لم يبلغ حولين يقينا خمس مرات يقينا عرفا


📖إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ٣/‏٢٨٥ — البكري الدمياطي (ت ١٣١٠) باب النكاح


(واعلم) أن من ارتضع من امرأة صار جميع بناتها أخوات له من الرضاع سواء التي ارتضع عليها والتي قبلها والتي بعدها، وإنما نبهنا على ذلك، مع وضوحه، لأن جهلة العوام يسألون عن ذلك كثيرا ويظنون أن الأخت من الرضاع هي التي ارتضع عليها دون غيرها 



📖إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ٣/‏٢٨٥ — البكري الدمياطي (ت ١٣١٠) باب النكاح


(قوله: ولا يحرم عليك برضاع من أرضعت أخاك الخ) شروع في أربع مسائل استثناها بعضهم من قاعدة يحرم من الرضاع ما يحرم من النسب فهي تحرم من النسب ولا تحرم من الرضاع، والمحققون، كما في الروضة، على أنها لا تستثنى لعدم دخولها في القاعدة لأنهن إنما يحرمن في النسب لمعنى لا يوجد فيهن في الرضاع.



۩ OBROLAN SEPUTAR PERNIKAHAN ۩


Tg : https://t.me/Minhajzaujain1


 ۞HASIL KAJIAN OBROLAN SEPUTAR PERNIKAHAN  ۞


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan