#008
WIFI & NGECAS HP DI MASJID
Deskripsi Masalah
Banyak di jumpai masjid-masjid menjadi tempat jujukan, berkumpul dan istirahat baik oleh warga setempat, musafir ataupun para pekerja, dan terkadang dari mereka menggunakan fasilitas masjid seperti mengecash HP / alat komunikasi dan atau menggunakan jaringan WIFI.
Pertanyaan:
Bagaimanakah hukum menggunakan fasilitas masjid seperti dalam contoh?
Jawaban
Hukumnya sebagai berikut:
1. Jika listrik & wifi dari donatur dan tujuannya untuk umum, maka boleh.
2. Jika tujuan donatur adalah untuk kemaslahatan masjid, atau biaya listrik & wifi diambilkan dari kas masjid, maka tidak boleh kecuali digunakan untuk hal2 yg berkaitan dg kemaslahatan/kemakmuran masjid.
Semisal ikut memakmurkan masjid dg melaksanakan sholat/baca al-qur'an/beri'tikaf dimasjid sambil ngecas hp/pakai wifi.
3. Jika tidak diketahui, maka harus melihat adat yg berlaku dg qorinah yg ada, semisal wifi tdk di password atau password ditulis di papan pengumuman, disediakan banyak stop kontak/tempat ngecas dll.
4. Jika diketahui bahwa tdk diperbolehkan, maka wajib dloman/ganti rugi, bisa dg mengisi uang kaleng masjid.
🗒️ Catatan:
- Pengurus masjid boleh pasang wifi dan menyediakan stop kontak untuk ngecas jika tujuannya agar jama'ah/orang yg meramaikan masjid semakin bertambah, dan dana tersebut sudah tdk dibutuhkan untuk pembangunan masjid.
- Pengguna wifi tidak boleh menggunakanya untuk selain hal2 yg bermanfaat karna wajib menjaga kehormatan masjid bahkan jika tidak sesuai tujuan pemasangan wifi maka wajib dloman.
📖 أعانة الطالبين: ج ٣ ص ٢١٦ :
ويحرم أخذ شىء من زيته وشمعه اى للمسجد اى المختص به بأن يكون موقوفا عليه أومملوكا له بهبة أو شراء من ريع موقوف علي مصالحه واذا أخذ منه ذلك وجب رده (كصحاه وترابه) اى كما يحرم أخذ حصى المسجد وترابه.
📖 المجموع شرح المهذب ج ٣ ص ٢٠٦ :
لايجوز أخذ شيء من أجزاء المسجد كحجر وحصا ة وتراب وغيره وقد سبق في هذه المسائل تحريم التيمم بتراب المسجد ومثله الزيت والشمع الذى يسرج فيه وفي سنن ابي داود باسناد صحيح عن ابي هريسرة بعد الرواة أراه رفعه الى النبي صلى الله عليه وسلم قال: ان الحصاة لتناشد الذى يخرجها من المسجد
📖 نهاية الزين ص ٢٤١ :
وعلى الغاصب رد وضمان تلف بأقصى قيمته من حين غصب الى تلف.
📖 بغية المسترشدين ص : ٦٥
(مسئلة ب) يجوز للقيم شراء عبد للمسجد --- الى ان قال --- ويجوز بل يندب للقيم أن يفعل ما يعتاد فى المسجد من قهوة ودخون ونحوهما مما يرغب نحو المصلين وإن لم يعتد قبل إذا زاد على عمارته
📖 عمدة المفتي والمستفتي ج ١ ص ١٢١
اعلم ان الله امر بتعظيم المسجد وتكريمها في قوله تعالى ( اذن الله ان ترفع) اي تعظم بحيث لا يقع فيها الفحش من القول وتطهر من النجاسة والاقذار وقال تعالى : (وطهر بيتي للطائفين والقائمين والركع السجود )وقال تعالى انما يعمر مساجد الله من امن بالله) الاية قال البيضاوي : (ومن عمارتها تزيينها بالفرش وتنويرها بالسراج وادامة العبادة والذكر والدرس العلم فيها وصيانتها عما لم تبن له كحديث الدنيا) وفي حديث اخرجه مسلم واحمد وابن ماجه من حديث بريدة مرفوعا
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik