Langsung ke konten utama

HUKUM SHOLAT MEMAKAI BARANG GHASAB (BARANG CURIAN)

 


IKATAN ALUMNI BATA-BATA (IKABA)


HUKUM SHOLAT MEMAKAI BARANG GHASAB (BARANG CURIAN)



PERTANYAAN :


Assalamualaikum Ustadz..


Deskripsi masalah:

Termasuk dari rukun iman yang ke enam adalah percaya pada qodlo’ dan qodar Allah (baik dan buruknya ketentuan itu adalah dari Allah).Ada salah seorang yang nakal kadang kala ia mencuri, dari hasil curiannya sebagian ia belikan baju dan sarung, pada suatu saat dengan hidayah Allah ia sadar lalu ia tobat dan melakukan shalat namun pakaian dan sarung yang ia pakai masih hasil dari uang haram/curian.


Pertanyaannya :


1-Shahkah shalat seseorang dengan pakaian atau sarung dengan hasil uang haram/curian atupun ghasab.?


2-Apakah shalatnya diterima sementara pakaian/sarung yang ia pakai masih diperoleh dari uang haram(curian)..?

Mohon jawaban..


JAWABAN :


Waalaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh..


1. Menurut pendapat ulama Hanafi, shalat dengan menggunakan pakaian yang haram (hasil curian,korupsi) itu tetap sah, tetapi menggunakan pakaian itu dihukumi makruh tahrim. Sebab, menggunakan pakaian yang tidak boleh dipakai sama halnya memakai sutra bagi laki-laki, dan orang tersebut juga berdosa seperti hukum shalat di atas tanah ghashab (rampasan) tanpa ada alasan yang dibenarkan oleh syara’.


Sedangkan menurut pendapat ulama Hambali, tidak sah shalat dengan menggunakan benda yang haram, seperti memakai pakaian yang dibuat dari sutra, atau shalat di atas tanah ghashab sekalipun yang di-ghashab hanya faedahnya atau sebagian darinya saja. Atau, shalat menggunakan pakaian yang dibeli dengan uang haram, ataupun shalat dengan menggunakan cincin emas. Ini semua jika ia mengetahui tentang keharaman memakai pakaian itu dan tidak dalam keadaan lupa. Pendapat ini berdasarkan apa yang diriwayatkan oleh imam Amad dari Ibnu Umar, “Siapa yang membeli pakaian dengan harga sepuluh dirham, sedangkan satu dirham darinya adalah uang haram, niscaya Allah ta’ala tidak menerima shalatnya selama pakain itu dipakainya.” Kemudian Ibnu Umar memasukkan dua jarinya ke dalam dua lubang telinganya dan berkata, “ Tulilah kedua telinga ini jika Nabi Muhammad tidak berkata yang demikian.”


Juga, berdasarkan hadits riwayat Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Barangsiapa melakukan suatu pekerjaan yang tidak kami perintahkan, maka ia ditolak.”


Jika seorang tidak mengetahui atau lupa bahwa pakaian yang ia pakai adalah terbuat dari sutra atau hasil ghashab, atau dikurung di tempat hasil ghashab atau tempat bernajis, maka shalat dalam keadaan tersebut dianggap sah, karena itu tidak termasuk berdosa.[1]


[1] Fiqh al Islami wa Adillatuhu (1/635 ), Al Mughni (1/587).


(الفقه الاءسلامي وادلته,جز ١,صحيفۃ ٣٩٥)

,الصلاۃ في الاءرض المغصوبۃ حرام بالاءجماع,لاءن اللبث فيها يحرم في غير الصلاۃ,فلاءن يحرم في الصلاۃ اولی,وهل تصح الصلاۃ في المكان المغصوب؟

قال الجمهور غير الحنابلۃ:الصلاۃ صحيحۃ,لاءن النهي لايعود الی الصلاۃ,فلم يمنع صحتها,كما لو صلی وهو يری غريقا يمكنه انقاذه,فلم ينقذه,او حريقا يقدر علی اطفاءه فلم يطفءه,او مطل غريمه الذي يمكن ايفاءه وصلی,ويسقط بها الفرض مع الاءثم,ويحصل بها الثواب,فيكون مثابا علی فعله,عاصيا بمقامه,واثمه اذن للمكث في مكان مغصوب.

وقال الحنابلۃ في الاءرجح عندهم:لا تصح الصلاۃ في الموضع المغصوب,ولو كان جزءا مشاعا,او في ادعاءه الملكيۃ,او في المنفعۃ المغصوبۃ من ارض او حيوان او بادعاء اجارتها ظالما,او وضع يده عليها بدون حق.لاءنها عبادۃ اتي بها علی الوجه المنهي عنه,فلم تصح,كصلاۃ الحاءض وصومها,وذلك لاءن النهي يقتضي تحريم الفعل واجتنابه والتاءثيم بغعله,فكيف يكون مطيعا بما هو عاص به,ممتثلا بما هو محرم عليه,متقربا بما يبعد به؟فاءن حركاته ۃسكناته من القيام والركوع والسجود افعال اختيایيۃ,هو عاص بها منهي عنها.ويختلف الاءمر عن انقاذ الغربق واطفاء الحريق,لاءن افعال الصلاۃ في نفسها منهي عنها.


2. Shalat menggunakan pakaian hasil ghosob sah namun tidak diterima karena Allah tidak menerima amal kecuali yang thoyyib , namun walaupun begitu secara aqliy Allah berhak menerima dan memberi pahala sebagai fadlol/anugerah kepada hambanya.


Syarah arba’in NAwawi Ibnu Daqiq al-‘Id :


عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “إن الله تعالى طيب 1 لا يقبل إلا طيباً، وإن الله أمر المؤمنين بما أمر به المرسلين، فقال تعالى: {يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ} . فقال تعالى: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ} . ثم ذكر: “الرجل يطيل السفر أشعث أغبر يمد يديه إلى السماء: يا رب يا رب ومطعمه حرام وملبسه حرام وغذي بالحرام فأنى يستجاب له” رواه مسلم.

وهذا الحديث أحد الأحاديث التي عليها قواعد الإسلام ومباني الأحكام، وفيه الحث على الإنفاق من الحلال والنهى عن الإنفاق من غيره وأن المأكول والمشروب والملبوس ونحوها ينبغي أن يكون حلالاً خالصاً لا شبهة فيه وأن من أراد الدعاء كان أولى بالاعتناء بذلك من غيره، وفيه أن العبد إذا أنفق نفقة طيبة فهي التي تزكو وتنمو وأن الطعام اللذيذ غير المباح يكون وبالاً على آكله ولا يقبل الله عمله. 1 قيل: “الطيب” في صفات الله بمعنى المنزه عن النقائص.


وقوله: ثم ذكر “الرجل يطيل السفر أشعث أغبر” إلى آخره: معناه – والله أعلم – يطيل السفر في وجوه الطاعات: الحج وجهاد وغير ذلك من وجوه البر ومع هذا فلا يستجاب له لكون مطعمه ومشربه وملبسه حراماً فكيف هو بمن هو منهمك في الدنيا أو في مظالم العباد أو من الغافلين عن أنواع العبادات والخير.وقوله: “يمد يديه” أي يرفعهما بالدعاء لله مع مخالفته وعصيانه، قوله: “وغُذي بالحرام” هو بضم الغين المعجمة وتخفيف الذال المكسورة. وقوله: “فأنى يستجاب له؟ ” وفي رواية: “فأنى يستجاب لذلك؟ ” يعني من أين يستجاب لمن هذه صفته، فإنه ليس أهلاً للإجابة، لكن يجوز أن يستجيب الله تعالى له تفضلا ولطفاً وكرماً والله أعلم.


Dalam ibarah yang lain dijelaskan bahwa melalsanakan dengan pakaian yang haram(ghasab) huknya sah namun tidak mendapatkan pahala.


Referensi:


إعانة الطالبين الجزء الأول.ص ٢٢٧

وفى الأرض المغصوبة بل تصح الصلاة بلاثواب،كمافى ثوب مغصوب.


“Dan shalat ditanah ghasaban shalatnya sah dengan tidak berpahala, seperti halanya shalat dengan pakaian hasil curian(ghasab).

Selanjudnya,shalatnya orang dengan memakai pakaian hasil curian atau barang haram maka tidak diterima.


Refensi:


إسعاد الرفيق الجزء الأول ص ٨٧

قال صلى الله عليه وسلم ” من اشترى ثوبا بعشرة دراهم فيه درهم حرام لم يقبل الله منه صلاة مادام عليه.


“Rasulullah saw.bersabda:” Barang siapa mbeli baju seharga sepuluh dirham, satu dirham diantaranya adalah uang haram,maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama ia memakai pakaian tersebut.


Shalat dengan pakaian ghasab hukumnya harom, dan shalatnya tetap sah tapi tidak berpahala. :


وتحرم الصلاة لقبر نبي أو نحو ولي تبركا أو إعظاما_وفي أرض مغصوبة وتصح بلا ثواب كما في ثوب مغصوب أى فإنها تحرم فيه مع صحتها بلا ثواب. إعانة الطالبين ١/١٩٥


النهي إن عاد إلى الذات أو شرط الصحة دل على الفساد وإن عاد إلى أمر خارج فلا أن يكون النهي عائدًا إلى أمر خارج عن الذات والشرط فإنه لا يدل على فساد المنهي عنه وإنما يدل على نقصان الأجر لكن الفعل صحيح


Larangan, apabila menyangkut obyek/dzat kasus atau syarat sahnya maka berkonsekwensi pada keTIDAK SAHannya. apabila larangan menyangkut hal di luar itu maka tidak mengganggu keabsahannya, hanya saja mengurangi nilai pahala. [ talqihul ifham al’aliyyah 1/37 ].


Masalah haramnya shalat memakai barang ghoshob ulama’ sepakat. Dan sah atau tidak sholatnya ulama’ khilaf. Dan al jumhur menyataKan sah.


المجموع شرح المهذب juz 3/169 :

( الشرح ) الصلاة في الأرض المغصوبة حرام بالإجماع ، وصحيحة عندنا وعند الجمهور من الفقهاء وأصحاب الأصول . وقال أحمد بن حنبل والجبائي وغيره من المعتزلة : باطلة ، واستدل عليهم الأصوليون بإجماع من قبلهم . قال الغزالي في المستصفى : هذه المسألة قطعية ليست اجتهادية ، والمصيب فيها واحد ; لأن من صحح الصلاة أخذه من الإجماع وهو قطعي ومن أبطلها أخذه من التضاد الذي بين القربة والمعصية ، ويدعي كون ذلك محالا بالعقل ، فالمسألة قطعية ، ومن صححها يقول هو عاص من وجه متقرب من وجه ، ولا استحالة في ذلك ، إنما الاستحالة في أن يكون متقربا من الوجه الذي هو عاص به وقال القاضي أبو بكر الباقلاني يسقط الفرض عند هذه لا بها ، بدليل الإجماع على سقوط الفرض إذا صلى ، واختلف أصحابنا هل في هذه الصلاة ثواب أم لا ؟ ففي الفتاوى التي نقلها القاضي أبو منصور أحمد بن محمد بن محمد بن عبد الواحد عن عمه أبي نصر بن الصباغ صاحب الشامل رحمه الله قال : ” المحفوظ من كلام أصحابنا بالعراق أن الصلاة في الدار المغصوبة صحيحة يسقط بها الفرض ولا ثواب فيها ” . قال القاضي أبو منصور : ورأيت أصحابنا بخراسان اختلفوا ، منهم من قال : لا تصح صلاته قال : وذكر شيخنا يعني ابن الصباغ في كتابه الكامل : إنا إذا قلنا بصحة الصلاة ينبغي أن يحصل الثواب ، فيكون مثابا على فعله عاصيا بمقامه . قال القاضي وهذا c5هو القياس إذا صححناها.


Wallahu a’lamu bisshowab..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا