MEWAKILKAN NIAT (SPESIAL QOI'DAH FIQHIYAH)
وَمَا كَفَى التَّوْكِيْلُ فِيْهَا اَصْلَا ۞ وَاسْتُثْنِيَنْ مَهْمَا تُقَارِنْ فِعْلَا
Pada dasarnya mewakilkan niat pada orang lain itu tidak diperbolehkan # kecuali jika niat itu ikut serta pada hukum perbuatannya (jika perbuatan dari niat itu boleh diwakilkan maka niatnya juga ikut boleh diwakilkan)
(وما) نافية (كفى التوكيل فيها) أي النية (أصلا) على ما قاله ابن القاص وتبعه على ظاهره السيوطي لكن المرجح كما في التحفة في باب الوكالة صحة التوكيل في النية فقط قال وقول بعضهم لا يصح أن يوكل فيها آخر مردود انتهى.
____________________________________________
قوله (وما كفى التوكيل) أي لا يجوز ولا يصح الاستنابة في النية. قوله (على ما قاله ابن القاص) : أبوالعباس أحمد بن أبي أحمد القاص بتشديد الصاد المهملة الإمام الجليل صاحب ابن سريج وعنه أخد أهل طبرستان الفقه.
وقدصنف كتبا كثيرة منها : التلخيص والمفتاح وآدات القاضي والمواقيت والقبلة. توفي بطرسوس سنة ٣٣٥ هجرية
قوله (وتبعه) أي وتبع ماقاله ابن القاص. قوله (كما في التحفة) لابن حجر الهيتمي وعلادته فيها بعد تصحيح التوكيل في ذبح الأضحية سواء أوكل الذابح المسلم المميز في النية أم وكل فيها مساما مميزا غيره ليأتي بها عند ذبحه كما لو نوى الموكل عند ذبح وكيله. وقول بعضهم لا يجوز أن يوكل الخ ما هنا. قوله (صحة التوكيل): بالرفع خبر لكن قواه (فقط): أي فمن باب أولى صحة التوكيل في النية مع العمل. قوله (قال): أي ابن حجر. قوله (وقول بعضهم): بالرفع مبتدأ. قوله (أن يوكل): مبني للمعمول أي الشخص. قوله (فيها): أيالنية. قوله (آخر) : أي شخصا آخر مفعول به. قول (مردود) بالرفع خبر اامبتدأ. قوله (انتهى) أي قول ابن حجر
Konteks (pada dasarnya mewakilkan niat pada orang lain itu tidak diperbolehkan) pendapat ini bersumber dari ibnul qoshshi yang secara dhohir dilegalisasi oleh imam Jalaluddin assuyuthi
Namun pendapat yang di dominasikan adalah pendapat yang terdapat didalam kitab tuhfatul muhtaj pada bab wakalah yang berbunyi :
صحة التوكيل في النية فقط
المواهب السنية شرح الفراىد البهية ص ١٥٦
Artinya : sahnya taukil (hak pemberian kuasa) itu hanya diperbolehkan dalam urusan niat saja
Dari teks ini entah bagaimana praktek sebenarnya yang mushonnif hendaki kami juga belum bisa menkonsepinya namun didalam hasyiyahnya kitab ini dijelaskan dengan teks :
قوله (فقط) اي من باب اولى صحة التوكيل في النية مع العمل
فوائد الجنية ج ١ ص ١٥٦
Artinya : maksud dari bolehnya mewakilkan niat saja adalah masuk ranah bab sahnya dan lebih utama mewakilkan niat dengan perbuatannya
(واستثنين) أنت (مهما تقارن فعلا) أي يقترن كتفرقة الزكاة والنذر والكفارة وذبح الأضحية والهدي والعقيقة والله أعلم
___________________________________________
قوله (واستثنين) أي من عدم كفاية التوكيل في النية . قوله (مهما تقارن) بالجزم أي النية التي تقارن فعلا . قوله (أي يقترن) لعله أي تقرن به . قوله (كتفرقة الزكاة) مثال للفعل . قوله (والنذر) مصدر بمعنى اسم المفعول معطوف على الزكاة ، أي وتفرقة المنذور ثم المراد من هذه الأمثلة نياتها أي كنية تفرقة الزكاة فإنه يجوز توكيل النيات المذكورات باستقلالها أو بدخولها ضمن العبادات المنوويات حيث أن الموكل بها نفس العبادات فتأمل بإنصاف.
حاشية فوائد الجنية ج ١ ص ١٥٦
Konteks : kecuali jika niat itu ikut serta pada hukum perbuatannya (jika perbuatan dari niat itu boleh diwakilkan maka niatnya juga ikut boleh diwakilkan)
Seperti contoh : Pemberian harta zakat , nadzar , aqiqoh , kaffarot , dan penyembelihan hewan qurban , hadiah , aqiqoh dsb
Diperbolehkannya mewakilkan niat pada contoh-contoh ini karena semua kasus tersebut adalah bagian perbuatan ibadah yang bersifat amaliyah bukan bersifat badaniyah (seperti sholat , puasa , dll yang niatnya tidak bisa diwakilkan)
Wallahu A'lam
Reff : Hasyiyah fawaidul janiyah juz 1 hal 156
Penulis , pengibarot sekaligus penerjemah alfaqir : AHMED A.BILFEYD
Jika ada kekeliruan tulis atau pemahaman itu murni atas kebodohan pribadi saya akan tetapi jika ada unsur kebenaran itu hanya semata-mata anugrah dari Allaj yang dia titipkan kehamba
Untuk gabung dengan group telegram silahkan klik : https://t.me/nahwuku
Untuk bergabung dengan group Whatsapp klik : https://wa.me/6285331111119
Untuk berlangganan postingan chanel telegram silahkan klik : https://t.me/Nahwuna
وَمَا كَفَى التَّوْكِيْلُ فِيْهَا اَصْلَا ۞ وَاسْتُثْنِيَنْ مَهْمَا تُقَارِنْ فِعْلَا
Pada dasarnya mewakilkan niat pada orang lain itu tidak diperbolehkan # kecuali jika niat itu ikut serta pada hukum perbuatannya (jika perbuatan dari niat itu boleh diwakilkan maka niatnya juga ikut boleh diwakilkan)
(وما) نافية (كفى التوكيل فيها) أي النية (أصلا) على ما قاله ابن القاص وتبعه على ظاهره السيوطي لكن المرجح كما في التحفة في باب الوكالة صحة التوكيل في النية فقط قال وقول بعضهم لا يصح أن يوكل فيها آخر مردود انتهى.
____________________________________________
قوله (وما كفى التوكيل) أي لا يجوز ولا يصح الاستنابة في النية. قوله (على ما قاله ابن القاص) : أبوالعباس أحمد بن أبي أحمد القاص بتشديد الصاد المهملة الإمام الجليل صاحب ابن سريج وعنه أخد أهل طبرستان الفقه.
وقدصنف كتبا كثيرة منها : التلخيص والمفتاح وآدات القاضي والمواقيت والقبلة. توفي بطرسوس سنة ٣٣٥ هجرية
قوله (وتبعه) أي وتبع ماقاله ابن القاص. قوله (كما في التحفة) لابن حجر الهيتمي وعلادته فيها بعد تصحيح التوكيل في ذبح الأضحية سواء أوكل الذابح المسلم المميز في النية أم وكل فيها مساما مميزا غيره ليأتي بها عند ذبحه كما لو نوى الموكل عند ذبح وكيله. وقول بعضهم لا يجوز أن يوكل الخ ما هنا. قوله (صحة التوكيل): بالرفع خبر لكن قواه (فقط): أي فمن باب أولى صحة التوكيل في النية مع العمل. قوله (قال): أي ابن حجر. قوله (وقول بعضهم): بالرفع مبتدأ. قوله (أن يوكل): مبني للمعمول أي الشخص. قوله (فيها): أيالنية. قوله (آخر) : أي شخصا آخر مفعول به. قول (مردود) بالرفع خبر اامبتدأ. قوله (انتهى) أي قول ابن حجر
Konteks (pada dasarnya mewakilkan niat pada orang lain itu tidak diperbolehkan) pendapat ini bersumber dari ibnul qoshshi yang secara dhohir dilegalisasi oleh imam Jalaluddin assuyuthi
Namun pendapat yang di dominasikan adalah pendapat yang terdapat didalam kitab tuhfatul muhtaj pada bab wakalah yang berbunyi :
صحة التوكيل في النية فقط
المواهب السنية شرح الفراىد البهية ص ١٥٦
Artinya : sahnya taukil (hak pemberian kuasa) itu hanya diperbolehkan dalam urusan niat saja
Dari teks ini entah bagaimana praktek sebenarnya yang mushonnif hendaki kami juga belum bisa menkonsepinya namun didalam hasyiyahnya kitab ini dijelaskan dengan teks :
قوله (فقط) اي من باب اولى صحة التوكيل في النية مع العمل
فوائد الجنية ج ١ ص ١٥٦
Artinya : maksud dari bolehnya mewakilkan niat saja adalah masuk ranah bab sahnya dan lebih utama mewakilkan niat dengan perbuatannya
(واستثنين) أنت (مهما تقارن فعلا) أي يقترن كتفرقة الزكاة والنذر والكفارة وذبح الأضحية والهدي والعقيقة والله أعلم
___________________________________________
قوله (واستثنين) أي من عدم كفاية التوكيل في النية . قوله (مهما تقارن) بالجزم أي النية التي تقارن فعلا . قوله (أي يقترن) لعله أي تقرن به . قوله (كتفرقة الزكاة) مثال للفعل . قوله (والنذر) مصدر بمعنى اسم المفعول معطوف على الزكاة ، أي وتفرقة المنذور ثم المراد من هذه الأمثلة نياتها أي كنية تفرقة الزكاة فإنه يجوز توكيل النيات المذكورات باستقلالها أو بدخولها ضمن العبادات المنوويات حيث أن الموكل بها نفس العبادات فتأمل بإنصاف.
حاشية فوائد الجنية ج ١ ص ١٥٦
Konteks : kecuali jika niat itu ikut serta pada hukum perbuatannya (jika perbuatan dari niat itu boleh diwakilkan maka niatnya juga ikut boleh diwakilkan)
Seperti contoh : Pemberian harta zakat , nadzar , aqiqoh , kaffarot , dan penyembelihan hewan qurban , hadiah , aqiqoh dsb
Diperbolehkannya mewakilkan niat pada contoh-contoh ini karena semua kasus tersebut adalah bagian perbuatan ibadah yang bersifat amaliyah bukan bersifat badaniyah (seperti sholat , puasa , dll yang niatnya tidak bisa diwakilkan)
Wallahu A'lam
Reff : Hasyiyah fawaidul janiyah juz 1 hal 156
Penulis , pengibarot sekaligus penerjemah alfaqir : AHMED A.BILFEYD
Jika ada kekeliruan tulis atau pemahaman itu murni atas kebodohan pribadi saya akan tetapi jika ada unsur kebenaran itu hanya semata-mata anugrah dari Allaj yang dia titipkan kehamba
Untuk gabung dengan group telegram silahkan klik : https://t.me/nahwuku
Untuk bergabung dengan group Whatsapp klik : https://wa.me/6285331111119
Untuk berlangganan postingan chanel telegram silahkan klik : https://t.me/Nahwuna
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik