🌺 14. BOLEH QUNUT DALAM SHALAT WITIR SEPANJANG TAHUN
💐 Salah satu dari doa yg isinya paling komplit mencakup urusan dunia akhirat adalah doa Qunut. Karena hal inilah Baginda Rasulillah ﷺ mengajarkannya secara khusus kepada Sayyidina Hasan bin Ali ra. Dan karena hal ini pulalah Al-Habib Umar bin Abdur Rahman Al-Attos (pengarang Ratibul Attos) mengulang-ulang doa Qunut sepanjang malam.
Selain itu, Ulama Salaf selalu membaca doa Qunut didalam shalat witir sepanjang tahun.
Hal ini sebagaimana yg disampaikan Al-Habib Zain Bin Ibrahim bin Sumait :
قال سيدنا الحبيب عبد الله عيدروس العيدروس نفع الله به : إن أشمل الأدعية وأحسنها دعاء القنوت ولذا خص به النبي ﷺ سيدنا الحسن بن علي بن أبي طالب وكان سيدنا عمر بن عبد الرحمن العطاس يكرره طول ليله ، وكان السلف يقنتون به فى الوتر فى سائر السنة [المنهج السوي ٤٠]
Adapun tentang hukumnya ada khilaf di antara Ulama. Menurut Qaul Ashah dalam Madzhab Syafi'i, hanya disunnahkan membaca Qunut didalam shalat witir pada separuh yg kedua dari bulan Ramadhan (mulai malam 16).
Didalam satu wajah (pendapat) Syafi'iyah, boleh membaca Qunut didalam shalat witir selama Ramadlan sebulan penuh (full Moon).
Bahkan Ar-Ruyani menceritakan sebuah wajah tentang bolehnya membaca Qunut sepanjang tahun.
والثالث : للشافعية في الأصحّ : وهو أنّه يستحبّ القنوت في الوتر في النّصف الأخير من شهر رمضان خاصةً فإن أوتر بركعة قنت فيها وإن أوتر بأكثر قنت في الأخيرة
وفي وجه للشافعية : أنّه يقنت في جميع رمضان
وحكى الرّويانيّ وجهاً أنّه يجوز القنوت في جميع السنة بلا كراهة ، ولا يسجد للسهو لتركه في غير النّصف الأخير من رمضان قال : وهذا حسن وهو اختيار مشايخ طبرستان
قال الرافعيّ : وظاهر كلام الشافعيّ كراهة القنوت في غير النّصف الأخير من رمضان
أما محلّ القنوت في الوتر ، فهو بعد رفع الرأس من الرّكوع في الصحيح المشهور .
أما لفظ القنوت في الوتر فكالصّبح [الموسوعة الكويتية ٣٦/ ٥٨]
🎍 Semoga Bermanfaat🎍
==🔹🔸31052018🔸🔹==
💐 Salah satu dari doa yg isinya paling komplit mencakup urusan dunia akhirat adalah doa Qunut. Karena hal inilah Baginda Rasulillah ﷺ mengajarkannya secara khusus kepada Sayyidina Hasan bin Ali ra. Dan karena hal ini pulalah Al-Habib Umar bin Abdur Rahman Al-Attos (pengarang Ratibul Attos) mengulang-ulang doa Qunut sepanjang malam.
Selain itu, Ulama Salaf selalu membaca doa Qunut didalam shalat witir sepanjang tahun.
Hal ini sebagaimana yg disampaikan Al-Habib Zain Bin Ibrahim bin Sumait :
قال سيدنا الحبيب عبد الله عيدروس العيدروس نفع الله به : إن أشمل الأدعية وأحسنها دعاء القنوت ولذا خص به النبي ﷺ سيدنا الحسن بن علي بن أبي طالب وكان سيدنا عمر بن عبد الرحمن العطاس يكرره طول ليله ، وكان السلف يقنتون به فى الوتر فى سائر السنة [المنهج السوي ٤٠]
Adapun tentang hukumnya ada khilaf di antara Ulama. Menurut Qaul Ashah dalam Madzhab Syafi'i, hanya disunnahkan membaca Qunut didalam shalat witir pada separuh yg kedua dari bulan Ramadhan (mulai malam 16).
Didalam satu wajah (pendapat) Syafi'iyah, boleh membaca Qunut didalam shalat witir selama Ramadlan sebulan penuh (full Moon).
Bahkan Ar-Ruyani menceritakan sebuah wajah tentang bolehnya membaca Qunut sepanjang tahun.
والثالث : للشافعية في الأصحّ : وهو أنّه يستحبّ القنوت في الوتر في النّصف الأخير من شهر رمضان خاصةً فإن أوتر بركعة قنت فيها وإن أوتر بأكثر قنت في الأخيرة
وفي وجه للشافعية : أنّه يقنت في جميع رمضان
وحكى الرّويانيّ وجهاً أنّه يجوز القنوت في جميع السنة بلا كراهة ، ولا يسجد للسهو لتركه في غير النّصف الأخير من رمضان قال : وهذا حسن وهو اختيار مشايخ طبرستان
قال الرافعيّ : وظاهر كلام الشافعيّ كراهة القنوت في غير النّصف الأخير من رمضان
أما محلّ القنوت في الوتر ، فهو بعد رفع الرأس من الرّكوع في الصحيح المشهور .
أما لفظ القنوت في الوتر فكالصّبح [الموسوعة الكويتية ٣٦/ ٥٨]
🎍 Semoga Bermanfaat🎍
==🔹🔸31052018🔸🔹==
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik