*SOAL*
Soal masuk tanggal 13 10 2017
Bahsulmasail#Apa Hukum nya kita Membeli Produk Perusahaan dgn Niat Ingin Mendapatkan Hadiah Undian dr Produk itu..?
(Ar-Raudhatus Sammaniyah - Kalsel)
*JAWAB*
Hukum membeli barang yg ada kopon undiannya tersebut ditafsil:
1. Apabila hadiah tersebut tidak mempengaruhi kenaikan harga, maka hukumnya sah tanpa khilaf.
2. Apabila hadiah tersebut mempengaruhi kenaikan harga maka hukumnya ada tiga pendapat:
a) Sah secara mutlak (ini menurut qaul ashah)
b) Tidak sah secara mutlak.
c) Tidak sah apabila yang dimaksud membeli hadiah ( maunting hadiahnya)
catatan...
Jual-beli di sini disamakan dengan jual-beli amat mughaniyah (budak yang penyanyi).
b. Hukum mengikuti undian berhadiah tersebut juga tafsil:
1. Apabila kupon undian didapat dari pembelian yang sah (dengan jalan yang halal) dan hadiahnya terdiri dari barang yang halal, maka hukumnya boleh.
2. Apabila kupon undian didapat dari pembelian yang tidak sah (dengan jalan yang haram) maka hukumnya haram sekalipun hadiahnya terdiri dari barang yang halal.
Pengambilan ibarat:
1. Al-Majmu’, juz IX, hal. 254
2. Ithafus Sadah, juz VI, hal. 464
3. Is’adur Rofiq, juz II, hal. 102
4. Talkhishul Murod, hal. 155
وفى المجموع على شرح المهذب، ج 9 ص 254، مانصه:(فرع) فى بيع القينة بفتح القاف وهى الجارية المغنية فاذا كانت تساوى الفا بغير غناء والفين مع الغناء فان باعها بألف صح البيع بلا خلاف فان باعها بالفين ففيها ثلاثة اوجه ذكرها امام الحرمين وغيره (اصحها) يصح بيعها وبه قال أبو بكر الازدى لانها عين طاهرة منتفع بها فجاز بيعها باكثر من قيمتها كسائر الاعيان. (والثانى) لا يصح قاله ابوبكر المحمودى من اصحابنا لان الالف تصير فى معنى المقابل للغناء (والثالث) ان قصد الغناء بطل البيع والا فلا قال الشيخ ابو زيد المروزى قال الامام الحرمين القياس السديد هو الجزم بالصحة ذكره فى فروع منثورة عند كتاب الصداق. اهـوفى اتحاف السادة، ج 6 ص 464، مانصه:وانما اخذ من قوله انه لا يصح بيع الجارية المغنية على انها مغنية ومن نصه فى الجارية انه اذا وجدها مغينة كان له الرد وهذا لا يدل على التحريم فانه يجوز ان يكون عنده حلالا ويمتنع البيع لامر اخر اما لكونه غير منضبط وانه لا يقابل العوضية شرعا كما ان عسيب الفحل جائز ولا يصح العقد عليه ببيع ولا اجارة. اهـوفى اسعاد الرفيق، ج 2 ص 102، مانصه
Soal masuk tanggal 13 10 2017
Bahsulmasail#Apa Hukum nya kita Membeli Produk Perusahaan dgn Niat Ingin Mendapatkan Hadiah Undian dr Produk itu..?
(Ar-Raudhatus Sammaniyah - Kalsel)
*JAWAB*
Hukum membeli barang yg ada kopon undiannya tersebut ditafsil:
1. Apabila hadiah tersebut tidak mempengaruhi kenaikan harga, maka hukumnya sah tanpa khilaf.
2. Apabila hadiah tersebut mempengaruhi kenaikan harga maka hukumnya ada tiga pendapat:
a) Sah secara mutlak (ini menurut qaul ashah)
b) Tidak sah secara mutlak.
c) Tidak sah apabila yang dimaksud membeli hadiah ( maunting hadiahnya)
catatan...
Jual-beli di sini disamakan dengan jual-beli amat mughaniyah (budak yang penyanyi).
b. Hukum mengikuti undian berhadiah tersebut juga tafsil:
1. Apabila kupon undian didapat dari pembelian yang sah (dengan jalan yang halal) dan hadiahnya terdiri dari barang yang halal, maka hukumnya boleh.
2. Apabila kupon undian didapat dari pembelian yang tidak sah (dengan jalan yang haram) maka hukumnya haram sekalipun hadiahnya terdiri dari barang yang halal.
Pengambilan ibarat:
1. Al-Majmu’, juz IX, hal. 254
2. Ithafus Sadah, juz VI, hal. 464
3. Is’adur Rofiq, juz II, hal. 102
4. Talkhishul Murod, hal. 155
وفى المجموع على شرح المهذب، ج 9 ص 254، مانصه:(فرع) فى بيع القينة بفتح القاف وهى الجارية المغنية فاذا كانت تساوى الفا بغير غناء والفين مع الغناء فان باعها بألف صح البيع بلا خلاف فان باعها بالفين ففيها ثلاثة اوجه ذكرها امام الحرمين وغيره (اصحها) يصح بيعها وبه قال أبو بكر الازدى لانها عين طاهرة منتفع بها فجاز بيعها باكثر من قيمتها كسائر الاعيان. (والثانى) لا يصح قاله ابوبكر المحمودى من اصحابنا لان الالف تصير فى معنى المقابل للغناء (والثالث) ان قصد الغناء بطل البيع والا فلا قال الشيخ ابو زيد المروزى قال الامام الحرمين القياس السديد هو الجزم بالصحة ذكره فى فروع منثورة عند كتاب الصداق. اهـوفى اتحاف السادة، ج 6 ص 464، مانصه:وانما اخذ من قوله انه لا يصح بيع الجارية المغنية على انها مغنية ومن نصه فى الجارية انه اذا وجدها مغينة كان له الرد وهذا لا يدل على التحريم فانه يجوز ان يكون عنده حلالا ويمتنع البيع لامر اخر اما لكونه غير منضبط وانه لا يقابل العوضية شرعا كما ان عسيب الفحل جائز ولا يصح العقد عليه ببيع ولا اجارة. اهـوفى اسعاد الرفيق، ج 2 ص 102، مانصه
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik