Langsung ke konten utama

WAJIBKAH MANDI JIKA HASYAFAH DAN FARJI HANYA MENEMPEL



 WAJIBKAH MANDI JIKA HASYAFAH DAN FARJI HANYA MENEMPEL
PERTANYAAN :
Komarudin Aje
Assalamu'alaikum... jika zakar & farji cuma nempel ( ga sampe nyelup / masuk ) apakah harus mandi wajib...? wassalam...
JAWABAN :
> Syifa Al'hasanah
Wa'alaikumussalaam, kalo cuma nempel saja maka tidak wajib mandi, karena salah satu yg mewajibkan mandi yaitu ketemunya 2 khitan, yaitu khitanya laki2 yaitu tempat dipotongnya kuncup(qulfah) dan khitanya wanita yaitu tempat dipotongnya clistoris (kelentit).
Ketemunya 2 khitan yang mewajibkan mandi yaitu masuknya hasyafah scra seluruhnya atau kira-kiranya ke dalam farji yaitu bagian yang tidak wajib dibasuh saat istinja'. Dan yg d maksud dng jimak adalah samarnya hasyafah yg artinya masuk secra sluruhnya atau sekira-kiranya dalam farji atau dubur wanita atau hewan ternak, dubur wanita atau hewan trnak, atau dubur orang laki-laki kecil atau besar yg sudah mati ataupun hidup.
Kesimpulanya jika hanya menempelkan hasyafah ke farji pada bagian yang wajib dibasuh saat istinja, yang artinya hanya menempelkan pada bagian luar saja maka tidak wajib mandi. [ hasyiyah bajuri 2/72-73, kifayatul akhyar 1/38 ].
> Awan As-Safarityy Asy-Syaikheriyy
Ini ibarot mb Syifa Al'hasanah :
(والذي يوجب الغسل ستة أشياء ثلاثة)منها (تشترك قيها الرجل والنساء وهي التقاء الختانين)ويعبر عن هذا اﻹلتقاء بإيلاج حي واضح غيب حشفة الذكر منه أو قدرها من مقطوعها فى فرج ويصير الآدمي المولج فيه جنبا بإيلاج ما ذكر.  (قوله التقاء الختانين)اي تحاذيهما يقال التقى الارسان اذا اتحاذيا فالمراد بالتقاء الختانين تحاذيهما بسبب الدخول لامجرد انضمامهما من غير دخول لعدم إيجاب ذالك الغسل باﻹجماع والمراد بالختانين ختان الرجل وهو محل قطع قلفة وختان المرأة ويسمى خفاضا وهو محل قطع البظر٠-الى أن قال-فلا بد أن يغيب حشفته فى داخل الفرج وهو ما لايجب غسله فاﻹستنجاء.  حاشية الباجوري ج ١ \ص ٧٢-٧٣
اذا عرفت هذا فللغسل أسباب منها التقاء الختانين ويعبر عنه أيضا بالجماع وهو عبارة عن تغييب الحشفة أو قدرها فى أي فرج ان سواء غيب فى قبل امرأة أو بهيمة أو دبرهما أو دبر رجل صغير أو كبير حي أو ميت ويجب أيضا على المرأة بأي ذكر دخل فى فرجها حتى ذكر البهيمة والميت والصبي وعلى الذكر المولج فى دبره,ولايجب إعادة غسل الميت المولج فيه على الأصح ويصير الصبي والمجنون المولج فيهما جنبين بلا خلاف فان اغتسل الصبي,وهو مميز صح غسله,ولا يجب عليه إعادته إذا بلغ وعلى الولي أن يأمر الصبي المميز بالغسل فى الحال كما يأمره بالوضوء ثم لا فرق فى ذالك بين أن ينزل منه مني أم لا.   كفاية الأخيار ج ١\ص ٣٧
> Abdurrahman As-Syafi'i
نهاية الزين شرح قرة العين (1/  41)
 (و) إما (دخول حشفة) من ذكر أصلي أو قدرها منه من فاقدها (فرجاً) قبلاً أو دبراً ولو من ميت أو بهيمة مع إكراه أو نوم أو نسيان وبلا إنزال، ومن ذكر أشلّ وغير منتشر وبحائل كلفّ خرقة على الذكر ولو غليظة فلو غيب بعض الحشفة لم يجب الغسل على المولج ولا على الآخر، نعم يندب
> Susilo Bambang Yudhoyono
والأصل في ذلك حديث عائشة رضي الله عنها أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : [ إذا التقى الختانان أو مس الختان الختان وجب الغسل فعلته أنا ورسول الله صلى الله عليه و سلم فاغتسلنا ]
والمراد بالإلتقاء التحاذي لأنه لا يتصور تصادمهما لأن ختان المرأة أعلى من مدخل الذكر ويقال التقى الفارسان إذا تحاذيا
والمراد بالمس والالتقاء في خبر : إذا التقى المجاوزة ، كرواية الترمذي بلفظ : إذا جاوز وليس المراد حقيقة المس لأنه لا يتصور عند غيبة الحشفة ، فلو وقع مس بلا إيلاج لم يجب الغسل بالإجماع
[ syarh zurqani ].
Ta'birnya gini :
ولو دخل شخص في فرج امرأة فإن أدخل ذكره أولا ثم بقية جسمه وجب الغسل عليهما وإن أدخل غيره أولا فلا يجب الغسل على الرجل لأن دخول الذكر تابع لدخول غيره من الرأس أو الرجل أو اليد
> Sunde Pati
Jika kepala unyil hanya nempel tanpa masuk dan tidak keluar sperma maka tidak wajib mandi.
باب ما يوجب الغسل  والذي يوجب الغسل أربعة أشياء يشترك الرجال والنساء في شيئين منها وتختص النساء بشيئين المشترك فيهما إثنان أحدهما التقاء الختانين وهو تغييب الحشفة في الفرج سواء كان معه إنزال أو لم يكن والثاني إنزال المني من جماع أو احتلام بشهوة وغير شهوة فأما إنزال المذي والودي فيوجبان الوضوء دون الغسل فلو شك فيما أنزله أمني أم مذي توضأ ولو احتاط بالغسل كان حسنا والثالث المختص بالنساء انقطاع دم الحيض والرابع انقطاع دم النفاس فأما الاستحاضة فتوجب الوضوء دون الغسل
[ Bab menjelaskan wajibnya mandi ] sesuatu yg menyebabkan wajibnya mandi itu ada 4, yg dua bisa dialami laki2 dan perempuan yg dua lagi khusus dialami perempuan, yg bisa dialami laki-laki dan perempuan itu ada 2 :
1.yang pertama bertemunya 2 alat kelamin, yaitu masuknya hasyafah/helm/kepala penis didalam vagina entah mengeluarkan seperma atau tidak
2.yang kedua, keluarnya sperma entah sebab jimak,mimpi disertai syahwat atau tanpa syahwat, Adapun kluarnya madzi dan wadi itu hanya diwajibkan wudlu dan tidak diwajibkan mandi. Umpama seseorang itu ragu yg kluar ini mani apa madzi maka cukup berwudlu saja tapi jika hati2 dan memilih mandi maka itulah yg terbaik
3.dan yang ke tiga itu khusus pada wanita yaitu setelah berhentinya darah haid
4.yang ke empat setelah berhentinya darah nifas. Adapun masalah istihadloh itu hanya diwajibkan wudlu saja tidak diwajibkan mandi. [ iqna' lilmawardi juz 1 hal 27 ].
Link Asal :
http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/499861436703336/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا