WAJIBKAH
MANDI JIKA HASYAFAH DAN FARJI HANYA MENEMPEL
PERTANYAAN :
Komarudin Aje
Assalamu'alaikum... jika zakar & farji
cuma nempel ( ga sampe nyelup / masuk ) apakah harus mandi wajib...?
wassalam...
JAWABAN :
> Syifa Al'hasanah
Wa'alaikumussalaam, kalo cuma nempel saja
maka tidak wajib mandi, karena salah satu yg mewajibkan mandi yaitu ketemunya 2
khitan, yaitu khitanya laki2 yaitu tempat dipotongnya kuncup(qulfah) dan
khitanya wanita yaitu tempat dipotongnya clistoris (kelentit).
Ketemunya 2 khitan yang mewajibkan mandi
yaitu masuknya hasyafah scra seluruhnya atau kira-kiranya ke dalam farji yaitu
bagian yang tidak wajib dibasuh saat istinja'. Dan yg d maksud dng jimak adalah
samarnya hasyafah yg artinya masuk secra sluruhnya atau sekira-kiranya dalam farji
atau dubur wanita atau hewan ternak, dubur wanita atau hewan trnak, atau dubur
orang laki-laki kecil atau besar yg sudah mati ataupun hidup.
Kesimpulanya jika hanya menempelkan
hasyafah ke farji pada bagian yang wajib dibasuh saat istinja, yang artinya
hanya menempelkan pada bagian luar saja maka tidak wajib mandi. [ hasyiyah
bajuri 2/72-73, kifayatul akhyar 1/38 ].
> Awan As-Safarityy Asy-Syaikheriyy
Ini ibarot mb Syifa Al'hasanah :
(والذي يوجب الغسل ستة أشياء ثلاثة)منها (تشترك
قيها الرجل والنساء وهي التقاء الختانين)ويعبر عن هذا اﻹلتقاء بإيلاج حي واضح غيب
حشفة الذكر منه أو قدرها من مقطوعها فى فرج ويصير الآدمي المولج فيه جنبا بإيلاج
ما ذكر. (قوله التقاء الختانين)اي تحاذيهما يقال التقى الارسان اذا اتحاذيا
فالمراد بالتقاء الختانين تحاذيهما بسبب الدخول لامجرد انضمامهما من غير دخول لعدم
إيجاب ذالك الغسل باﻹجماع والمراد بالختانين ختان الرجل وهو محل قطع قلفة وختان
المرأة ويسمى خفاضا وهو محل قطع البظر٠-الى أن قال-فلا بد أن يغيب حشفته فى داخل
الفرج وهو ما لايجب غسله فاﻹستنجاء. حاشية الباجوري ج ١ \ص ٧٢-٧٣
اذا عرفت هذا فللغسل أسباب منها التقاء الختانين
ويعبر عنه أيضا بالجماع وهو عبارة عن تغييب الحشفة أو قدرها فى أي فرج ان سواء غيب
فى قبل امرأة أو بهيمة أو دبرهما أو دبر رجل صغير أو كبير حي أو ميت ويجب أيضا على
المرأة بأي ذكر دخل فى فرجها حتى ذكر البهيمة والميت والصبي وعلى الذكر المولج فى
دبره,ولايجب إعادة غسل الميت المولج فيه على الأصح ويصير الصبي والمجنون المولج
فيهما جنبين بلا خلاف فان اغتسل الصبي,وهو مميز صح غسله,ولا يجب عليه إعادته إذا
بلغ وعلى الولي أن يأمر الصبي المميز بالغسل فى الحال كما يأمره بالوضوء ثم لا فرق
فى ذالك بين أن ينزل منه مني أم لا. كفاية الأخيار ج ١\ص ٣٧
> Abdurrahman As-Syafi'i
نهاية الزين شرح قرة العين (1/ 41)
(و) إما (دخول حشفة) من ذكر أصلي أو قدرها منه من
فاقدها (فرجاً) قبلاً أو دبراً ولو من ميت أو بهيمة مع إكراه أو نوم أو نسيان وبلا
إنزال، ومن ذكر أشلّ وغير منتشر وبحائل كلفّ خرقة على الذكر ولو غليظة فلو غيب بعض
الحشفة لم يجب الغسل على المولج ولا على الآخر، نعم يندب
> Susilo Bambang Yudhoyono
والأصل في ذلك حديث عائشة رضي الله عنها أن رسول
الله صلى الله عليه و سلم قال : [ إذا التقى الختانان أو مس الختان الختان وجب
الغسل فعلته أنا ورسول الله صلى الله عليه و سلم فاغتسلنا ]
والمراد بالإلتقاء التحاذي لأنه لا يتصور
تصادمهما لأن ختان المرأة أعلى من مدخل الذكر ويقال التقى الفارسان إذا تحاذيا
والمراد بالمس والالتقاء في خبر : إذا التقى
المجاوزة ، كرواية الترمذي بلفظ : إذا جاوز وليس المراد حقيقة المس لأنه لا يتصور
عند غيبة الحشفة ، فلو وقع مس بلا إيلاج لم يجب الغسل بالإجماع
[ syarh zurqani ].
Ta'birnya gini :
ولو دخل شخص في فرج امرأة فإن أدخل ذكره أولا ثم
بقية جسمه وجب الغسل عليهما وإن أدخل غيره أولا فلا يجب الغسل على الرجل لأن دخول
الذكر تابع لدخول غيره من الرأس أو الرجل أو اليد
> Sunde Pati
Jika kepala unyil hanya nempel tanpa masuk
dan tidak keluar sperma maka tidak wajib mandi.
باب ما يوجب الغسل والذي يوجب الغسل أربعة
أشياء يشترك الرجال والنساء في شيئين منها وتختص النساء بشيئين المشترك فيهما
إثنان أحدهما التقاء الختانين وهو تغييب الحشفة في الفرج سواء كان معه إنزال أو لم
يكن والثاني إنزال المني من جماع أو احتلام بشهوة وغير شهوة فأما إنزال المذي
والودي فيوجبان الوضوء دون الغسل فلو شك فيما أنزله أمني أم مذي توضأ ولو احتاط
بالغسل كان حسنا والثالث المختص بالنساء انقطاع دم الحيض والرابع انقطاع دم النفاس
فأما الاستحاضة فتوجب الوضوء دون الغسل
[ Bab menjelaskan wajibnya mandi ] sesuatu
yg menyebabkan wajibnya mandi itu ada 4, yg dua bisa dialami laki2 dan
perempuan yg dua lagi khusus dialami perempuan, yg bisa dialami laki-laki dan
perempuan itu ada 2 :
1.yang pertama bertemunya 2 alat kelamin,
yaitu masuknya hasyafah/helm/kepala penis didalam vagina entah mengeluarkan
seperma atau tidak
2.yang kedua, keluarnya sperma entah sebab
jimak,mimpi disertai syahwat atau tanpa syahwat, Adapun kluarnya madzi dan wadi
itu hanya diwajibkan wudlu dan tidak diwajibkan mandi. Umpama seseorang itu
ragu yg kluar ini mani apa madzi maka cukup berwudlu saja tapi jika hati2 dan
memilih mandi maka itulah yg terbaik
3.dan yang ke tiga itu khusus pada wanita
yaitu setelah berhentinya darah haid
4.yang ke empat setelah berhentinya darah
nifas. Adapun masalah istihadloh itu hanya diwajibkan wudlu saja tidak
diwajibkan mandi. [ iqna' lilmawardi juz 1 hal 27 ].
Link Asal :
http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/499861436703336/
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik