Langsung ke konten utama

KAIDAH AL-ASHL FI AL-IBADAH AT-TAHRIM



1.   KAIDAH AL-ASHL FI AL-IBADAH AT-TAHRIM
Kaidah al-asl fi al-ibadah al-tahrim. Asal dalam ibadah adalah haram. Kaidah ini digunakan oleh sebagian golongan untuk membid’ahkan ibadah yang tidak terdapat nashnya secara khusus seperti melafalkan niat dalam solat. Lihat: Sholeh bin Fauzan bin Abdillah al-Fauzan, al-Tauhid (Gontor: Kulliyah al-Mu’allimin al-Islamiyyah) Juz 3, Hal. 154. Akan tetapi dalam mazhab Syafi’I melafazkan niat dalam sholat adalah sunnat (Fath al-Muin). Di sisi lain, kaidah ini sulit ditemukan di dalam kitab-kitab turats yang membahas Qawaid Fiqhiyyah seperti al-Asybah wa al-Nazhair.
Pertanyaan:
a.    Apakah kaidah ini muktabar dalam mazhab empat ? Atau khilaf?
Jawab
b.    Belum ditemukan
&  مسالك الدينية ص 301
الأصل في الأشياء الإباحة إلا إذا قام الدليل على التحريم وهذه القاعدة تصدق على فعل أو قول لا دليل على تحريمه ، والأصل في ذلك قوله تعالى كلوا واشربوا من رزق الله ...الى ان قال ,أما لفظ الأصل في العبادة التحريم فهو غير معتبر لا سبيل للإستدلال الى ذلك المقال لأنا ما وجدنا الى ذلك المقال في كتب السلف لا سيما في كتب الأئمة الأربعة

======================
2.Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat jikalau ada upacara kematian diadakan acara tabur bunga dan beras kuning yang dibarengi dengan uang recehan ketika memberangkatkan mayat ke pemakaman.

Pertanyaan :
a.        Bagaimana hukum menaburkan beras kuning dan uang recehan tersebut ?
b.       Seandainya ada unsur tafa’ulan, apakah dibenarkan Syara’ hal tersebut di atas ?
                    
Jawaban
a.        Pada dasarnya tidak diperbolehkan, namun jika ada tujuan yang dibenarkan oleh Syara’ seperti menghindari omongan orang bodoh dan bersedekah, maka diperbolehkan.
&  حاشية الجمل على المنهج الجزء الثانى صحيفة 200  دارالفكر
(وكره) أن يجعل له (فرش ومحدة) بكسر الميم (وصندوق لم يحتج إليه) لأن فى ذلك إضاعة مال (قوله لأن فى ذلك إضاعة مال) أى لغرض شرعى وهو تعظيم الميت فلا تنافى بين العلة والمعلول لأن الإضاعة إنما تكون محرمة إذا لم يكن لغرض شرعى اهـ شيخنا
&  فتاوى الكبرى الجزء الثانى صحيفة 7  دارالفكر
(وسئل) أعاد الله علينا من بركاته عما يذبح من النعم ويحمل مع ملح خلف الميت إلى المقبرة ويتصدق به على الحفارين فقط وعما يعمل يوم ثالث موته من تهيئة أكل وإطعامه للفقراء وغيرهم وعما يعمل يوم السابع كذلك وعما يعمل يوم تمام الشهر من الكعك ويدار به على بيوت النساء اللاتى حضرت الجنازة ولم يقصدوا بذلك إلا متقضى عادة أهل البلد حتى أن من لم يفعل ذلك صار ممقوتا عندهم خسيسا لايعبأون به وهل إذا قصدوا بذلك العادة والتصدق فى غير اللأخيرة أو مجرد العادة ماذا يكون الحكم جواز أو غيره وهل يوزع ما صرف على أنصباء الورثة عند قسمة التركة وإن لم يرض به بعضهم وعن المبيت عند أهل الميت إلى مضى شهر من موته لأ ن ذلك عندهم كالقرض ما حكمه ( فأجاب ) بقوله جميع ما يفعل مما ذكر فى السؤال من البدع المذمومة لكن لا حرمة فيه إلا إن فعل شئ منه لنحو نائحة أو رثاء ومن قصد بفعل شئ منه دفع ألسنة الجهال وخوضهم فى عرضه بسبب الترك يرجى أن يكتب له ثواب ذلك أخذا من أمره صلى الله عليه وسلم من أحدث فى الصلاة بوضع يده على أنفه وعللوا بصون عرضه عن خوض الناس فيه لو انصرف فى غير هذه الكيفية ولا يجوز أن يفعل شئ من ذلك من التركة حيث كان فيها محجور عليه مطلقا أو كانوا كلهم رشداء لكن لم يرض بعضهم بل من فعله من ماله لم يرجع به على غيره ومن فعله من التركة غرم حصة غيره الذى لم يأذن فيه إذنا صحيحا وإذا كان فى المبيت عند أهل الميت تسلية لهم أو جبر لخواطرهم لم يكن به بأس لأنه من الصلات المحمودة التى رغب الشارع فيها والكلام فى مبيت لا يتسبب عنه مكروه ولا محرم وإلا أعطى حكم ما ترتب عليه إذ للوسائل حكم المقاصد والله سبحانه وتعالى أعلم بالصواب اهـ.

b.       Kalau yang dikehendaki dari tafa’ulan itu adalah untuk menghindari hal-hal negatif, maka haram kecuali mempunyai keyakinan bahwa tindakan dan akibat yang ditimbulkan sifatnya hanyalah adat (kebiasaan) dan المؤثر -nya  adalah Allah  swt. semata.

&  غاية تلخيص المراد بهامش بغية المسترشدين صحيفة  206  دارالفكر
(مسألة) إذا سأل رجل آخر هل ليلة كذا أو يوم كذا يصلح للعقد أو النقلة فلا يحتاج إلى جواب لأن الشارع نهى عن اعتقاد ذلك وزجر عنه زجرا بليغا فلا عبرة بمن يفعله. وذكر ابن الفركاح عن الشافعى أنه إن كان المنجم يقول ويعتقد أنه لا يؤثر إلا الله ولكن أجرى الله العادة بأنه يقع كذا عند كذا،  والمؤثر هو الله عز وجل. فهذا عندى لا بأس فيه وحيث جاء الذم يحمل على من يعتقد تأثير النجوم وغيرها من المخلوقات. وأفتى الزملكانى بالتحريم مطلقا وأفتى ابن الصلاح بتحريم الضرب بالرمل وبالحصى ونحوها قال حسين الأهدل وما يوجد من التعاليق فى الكتب من ذلك فمن خرافات بعض المنجمين والمتحذلقين وترهاتهم لا يحل اعتقاد ذلك وهو من الاستقسام بالأزلام ومن جملة الطيرة المنهى عنها وقد نهى عنه على وابن عباس رضى الله عنهما.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا