Langsung ke konten utama

BAB SIWAK

BAB SIWAK
(Brushing Teeth)

1.  MEKANISME BERSIWAK YANG PALING UTAMA
Segala sesuatu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pasti ada trik-triknya tersendiri. Begitu juga dalam bersiwak, tak luput dari tatacara. Bagaimana cara menggunakan siwak yang lebih utama?
Jawab: Siwak dipegang dengan tangan kanan, kemudian diletakkan di atas ibu jari dan jari kelingking. Sedangkan untuk tiga jari yang lain berada di atas siwak. Bersiwak dimulai dari arah kanan mulut. Selanjutnya menggunakan siwak dengan pelan-pelan pada bagian gigi, baik gigi sisi yang atas maupun bawah dan juga gigi bagian luar dan dalam. Setelah itu, kemudian siwak diarahkan ke mulut bagian kiri.
Referensi:
&    الشيخ إبرهيم البيجوري الجزء 1 صحـ : 44 - 45 مكتبة دار الكتب العلمية
وَأَنْ يَسْتَاكَ بِيَمِيْنِهِ وَيَبْدَأَ بِالْجَانِبِ اْلأَيْمَنِ مِنْ فَمِّهِ وَأَنْ يُمِرَّهَ عَلَى سَقْفِ حَلْقِهِ إِمْرَارًا لَطِيْفًا وَعَلَى كَرَاسِيِّ أَضْرَاسِهِ (قَوْلُهُ وَأَنْ يَّسْتَاكَ بَيَمِيْنِهِ) أَيْ ِلأَنَّهَا لِلتَّكْرِمَةِ وَلَيْسَتْ مُبَاشِرَةً لِلْقَذَرِ وَبِهَذَا فَارَقَ اِلاسْتِنْجَاءَ وَنَحْوَهُ وَيُسَنُّ أَنْ يَّجْعَلَ الْخِنْصِرَ مِنْ أَسْفَلِهِ وَالْبِنْصِرَ وَالْوُسْطَى وَالسَّبَابَةَ فَوْقَهُ وَاْلإِبْهَامَ أَسْفَلَ رَأْسِهِ ثُمَّ يَضَعَهُ بَعْدَ أَن يَّسْتَاكَ خَلْفَ أُذُنِهِ الْيُسْرَى لِخَبَرٍ فِيْهِ وَاقْتِدَاءٍ بِالصَّحَابَةِ - إلي أن قال - (قَوْلُهُ وَيْبَدَأَ بِالْجَانِبِ اْلأَيْمَنِ مِنْ فَمِهِ) أَىْ إِلَى نِصْفِهِ وَيُثَنِّيَ بَالْجِانِبِ اْلأَيْسَرِ ِإِلَى نِصْفِهِ أَيْضًا مِنْ دَاخِلِ اْلأَسْنَانِ وَخَارِجِهَا (قَوْلُهُ وَأَن يُّمِرَّهُ عَلَى سَقْفِ حَلْقِهِ) أَىْ بَعْدَ إِمْرَارِهِ عَلَى كَرَاسِيِّ أَضْرَاسِهِ طُوْلاً وَعَرْضًا عَلَى بَقِيَّةِ أَسْنَانِهِ عَرْضًا وَعَلَى لِسَانِهِ طُوْلاً فَالشَّارِخُ لَمْ يُرَتِّبْ وَلَمْ يُكَمِّلْ قَوْلُهُ إِمْرَارًا لَطِيْفًا أَيْ لاَ شَدِيْدًا بِحَيْثُ لاَ يَتَأَذَّى بِذَلِكَ (قَوْلُهُ وَعَلَى كَرَاسِيِّ أَضْرَاسِهِ) أَيْ طُوْلاً وَعَرْضًا وَعَلَى بَقِيَّةِ أَسْنَانِهِ عَرْضًا وَعَلَى لِسَانِهِ طُوْلاً لاَعَرْضًا فَيُكْرَهُ فِىْ طُوْلِ اْلأَسْنَانِ وَعَرْضِ اللِّسَانِ اهـ

2.  CAIRAN PEMBERSIH MULUT SEBAGAI PENGGANTI SIWAK
Bicara masalah alat untuk membersihkan gigi, di zaman sekarang ini banyak sekali modelnya, seperti cairan pembersih mulut listerin, sanorin atau cooling, yang sekarang menjadi trend dikalangan anak muda. Cukupkah bersiwak dengan menggunakan cairan pembersih mulut listerin, sanorin dll.?
Jawab: Belum cukup, sekalipun pembersih tersebut dapat membersihkan gigi serta menghilangkan bau mulut.
Referensi:



&    نهاية المحتاج الجزء 1 صحـ : 180 مكتبة دار الفكر
( بِكُلِّ خَشِنٍ ) بِشَرْطِ أَنْ يَكُونَ طَاهِرًا فَلاَ يَكْفِي النَّجِسُ فِيمَا يَظْهَرُ لِقَوْلِهِ صلى الله عليه وسلم السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ وَهَذَا مَنْجَسَةٌ لَهُ وَخَرَجَ بِمَا ذُكِرَ الْمَضْمَضَةُ بِنَحْوِ مَاءِ الْغَاسُولِ وَإِنْ أَنْقَى اْلأَسْنَانَ وَأَزَالَ الْقَلَحَ ِلأَنَّهَا لاَ تُسَمَّى سِوَاكًا بِخِلاَفِهِ بِالْغَاسُوْلِ نَفْسِهِ اهـ

3.  ANTARA ANJURAN DAN LARANGAN BERSIWAK
Terdapat sebuah Hadits yang menjelaskan bahwa bersiwak bagi orang yang berpuasa setelah tergelincirnya matahari adalah makruh. Sementara ada Hadits lain dengan tegas menyatakan, bahwa sunah bersiwak setiap akan melaksanakan shalat, tidak terkecuali shalat Zhuhur, dan Ashar.

لَخَلُوْفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ .(رواه البخاري)
"Bau mulutnya orang yang berpuasa lebih harum dibandingkan
harumnya minyak misik". (HR. AL-Bukhâry)

لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلاَةٍ .(رواه مسلم)
"Seandainya aku tidak khawatir memberatkan kaum mukminin,
niscaya aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap hendak
melakukan shalat". (HR. Muslim)

Dari dua keterangan ini mana yang harus didahulukan? 
Jawab: Lebih mendahulukan hukum makruhnya bersiwak. Karena mencegah kerusakan, dalam hal ini menghilangkan bau, lebih diutamakan dari pada menarik pahala.
Referensi:
&    حاشية الجمل الجزء 1 صحـ : 119 – 120 مكتبة دار الفكر
فَإِنْ قُلْتَ يُعَارِضُ هَذَا الْحَدِيثَ الدَّالَّ عَلَى كَرَاهَةِ اِلإِسْتِيَاكِ بَعْدَ الزَّوَالِ اْلأَحَادِيثُ الدَّالَّةُ عَلَى طَلَبِ السِّوَاكِ لِكُلِّ صَلاَةٍ الشَّامِلَةُ لِصَلاَةِ الظُّهْرِ الَّتِي بَعْدَ الزَّوَالِ فَلِمَ قُدِّمَ عَلَيْهَا أُجِيْبَ بِأَنَّهُ قُدِّمَ عَلَيْهَا ِلأَنَّ فِيْهِ دَرْءَ مَفْسَدَةٍ وَهِيَ إزَالَةُ التَّغَيُّرِ وَتِلْكَ اْلأَحَادِيثُ فِيهَا جَلْبُ مَنْفَعَةٍ وَدَرْءُ الْمَفَاسِدِ مُقَدَّمٌ عَلَى جَلْبِ الْمَصَالِحِ اهـ شَيْخُنَا  ح ف اهـ

4.  KEHARUSAN BERNIAT KETIKA BERSIWAK
Segala sesuatu tergantung niatnya, begitu juga siwak. Apakah untuk mendapatkan kesunnahan siwak diharuskan niat?
Jawab: Menurut Imam ar-Romli harus niat, kecuali ketika di tengah-tengah melaksanakan ibadah. Namun menurut Imam Barmâwi, niat hanya untuk penyempurna. Tanpa niat bersiwakpun tetap dapat pahala.
Referensi:
&    حاشية الجمل الجزء 1 صحـ : 117 مكتبة دار الفكر
وَتَحْصُلُ السُّنَّةُ الْكَامِلَةُ بِالنِّيَّةِ وَيَحْصُلُ أَصْلُهَا بِلاَ نِيَّةٍ مَا لَمْ يَكُنْ فِي ضِمْنِ عِبَادَةٍ اهـ بَِرْمَاوِيّ
&    البيجوري  الجزء 1  صحـ : 44 مكتبة دار الكتب العلمية
(قَوْلُهُ وَيُسَنُّ أَنْ يَنْوِيَ بِالسِّوَاكِ السُّنَُّةَ) بِأَن يَّقُوْلَ نَوَيْتُ سُنَّةَ اِلاسْتِيَاكِ فَلَوِ اسْتَاكَ اتَّفَاقًا مِنْ غَيْرِنِيَّةٍ لَمْ تَحْصُلِ السُّنَّةُ فَلاَ ثَوَابَ لَهُ وَمَحَلُّّ ذَلِكَ مَا لَمْ يَكُنْ فِيْ ضِمْنِ عِبَادَةٍ كَأَنْ وَقَعَ بَعْدَ نِيَّةِ الْوُضُوْءِ أَوْ بَعْدَ اْلإِحْرَامِ بِالصَّلاَةِ عَلَى مَا قَالَهُ الْعَلاَّمَةُ الرَّمْلِيُّ وَإِلاَّ فَلاَ يَحْتَاجُ لِنِيَّةٍ ِلأَنَّ نِيَّةَ مَا وَقَعَ فِيْهِ شَمِلَتْهُ اهـ

5.  KRITERIA MENDAPATKAN KESUNAHAN DALAM BERSIWAK
Siwak adalah benda kecil yang fungsinya sangat komplek dan manfaatnya pun sangat banyak. Namun yang menjadi persoalan adalah, apakah untuk mendapatkan kesunahan bersiwak diharuskan hilangnya bau mulut?
Jawab: Tidak harus, hanya saja yang lebih utama harus sampai menghilangkan bau mulut.
Referensi:
&    بجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 121 مكتبة دار الفكر
قَوْلُهُ ِلإِذْهَابِ التَّغَيُّرِ قَدْ يَقْتَضِيْ هَذَا أَنَّ السُّنَّةَ تَتَوَقَّفُ عَلَى إذْهَابِ التَّغَيُّرِ وَيُنَافِيْهِ قَوْلُ ابْنِ حَجَرٍ وَأَقَلُّهُ مَرَّةٌ إلاَ إنْ كَانَ لِتَغَيُّرٍ فَلاَ بُدَّ مِنْ إزَالَتِهِ فِيمَا يَظْهَرُ وَيَحْتَمِلُ اِلاكْتِفَاءُ بِهَا فِيهِ أَيْضًا ِلأَنَّهَا مُخَفَّفَةٌ وَيُجَابُ بِأَنَّ قَوْلَهُ ِلإِذْهَابِ بَيَانٌ لِحِكْمَةِ مَشْرُوعِيَّتِهِ فَلاَ يُنَافِي أَنَّ أَصْلَ السُّنَّةِ لاَ يَتَوَقَّفُ عَلَى ذَلِكَ وَعِبَارَةُ الْإِطْفِيحِيِّ وَأَقَلُّهُ مَرَّةٌ وَاحِدَةٌ بِالنِّسْبَةِ ِلأَصْلِ السُّنَّةِ إلاَ أَنْ يَكُونَ لِتَغَيُّرٍ بِالْفَمِ أَوْ قَلَحٍ بِاْلأَسْنَانِ فَلاَ بُدَّ مِنْ إزَالَتِهِ إنْ أَرَادَ تَمَامَ السُّنَّةِ

6.  WAKTU BERSIWAK DALAM WUDLU
Salah satu kesunahan wudlu adalah bersiwak, namun hal ini banyak yang belum diketahui terutama kapan disunahkannya bersiwak dalam wudlu. Kapankah bersiwak disunahkan ketika berwudlu?
Jawab: Menurut Imam al-Romli sebelum membasuh kedua telapak tangan. Sedangkan menurut Ibn Hajar setelah membasuh kedua telapak tangan.
Referensi:
&    بجيرمي على الخطيب  الجزء 1 صحـ : 121 مكتبة دار الفكر
وَقُدِّمَ عَلَى الْوُضُوءِ ِلأَنَّهُ مِنْ سُنَنِ الْوُضُوءِ الْفِعْلِيَّةِ الْخَارِجَةِ عَنْهُ عَلَى الْمُعْتَمَدِ عِنْدَ م ر فَمَحَلُّهُ قَبْلَ غَسْلِ الْكَفَّيْنِ فَيَحْتَاجُ إلَى نِيَّةٍ عَلَى الْمُعْتَمَدِ عِنْدَ م ر وَعِنْدَ ابْنِ حَجَرٍ مَحَلُّهُ بَعْدَ غَسْلِ الْكَفَّيْنِ فَلاَ يَحْتَاجُ إلَى نِيَّةٍ عِنْدَهُ  ِلأَنَّ نِيَّةَ الْوُضُوءِ تَشْمَلُهُ فَيَكُونُ مِنْ سُنَنِهِ الدَّاخِلَةِ  اهـ

7.  BANGUN TIDUR MENGGOSOK GIGI BAGI ORANG PUASA
Sudah hal biasa bagi orang yang sedang berpuasa mulutnya berbau tidak sedap. Lebih-lebih jika bangun tidur. Apakah menggosok gigi setelah tergelincirnya matahari untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan tidur dihukumi makruh bagi orang yang berpuasa?
Jawab: Tidak dimakruhkan.
Referensi:
&    أسنى المطالب الجزء 1 صحـ : 36 مكتبة دار الكتاب الإسلامي
التَّقْيِيدُ بِمَا بَعْدَ الزَّوَالِ لِِلاِحْتِرَازِ عَمَّا قَبْلَهُ فَإِنَّهُ لاَ يُكْرَهُ لِحَدِيثِ السَّمْعَانِيِّ وَِلأَنَّ التَّغَيُّرَ إذْ ذَاكَ يَكُونُ مِنْ أَثَرِ الطَّعَامِ وَبَعْدَ الزَّوَالِ يَكُونُ بِسَبَبِ الصِّيَامِ فَهُوَ الْمَشْهُودُ لَهُ بِالطِّيْبِ هَكَذَا  ذَكَرَهُ الرَّافِعِيُّ وَغَيْرُهُ وَيَلْزَمُ مِنْهُ أَنْ يُفَرِّقُوا بَيْنَ مَنْ يَتَسَحَّرُ وَبَيْنَ مَنْ لَمْ يَتَسَحَّرْ وَبَيْنَ مَنْ يَتَنَاوَلُ بِاللَّيْلِ شَيْئًا وَبَيْنَ غَيْرِهِ وَلِهَذَا قَالَ الطَّبَرِيُّ فِي شَرْحِ التَّنْبِيهِ لَوْ تَغَيَّرَ فَمُهُ بَعْدَ الزَّوَالِ بِسَبَبٍ آخَرَ كَنَوْمٍ أَوْ وُصُولِ شَيْءٍ كَرِيهِ الرِّيحِ إلَى فَمِهِ فَاسْتَاكَ لِذَلِكَ لَمْ يُكْرَهْ ج اهـ

8.  PUASA SUNAH MENGGUNAKAN SIWAK
Dalam literatur klasik diterangkan, bahwa orang yang berpuasa ketika telah masuk waktu Zhuhur, makruh bersiwakan. Apakah hukum makruh bersiwak juga berlaku bagi orang yang berpuasa sunah?
Jawab: Ya, tetap dimakruhkan.
Referensi:
&    المجموع الجزء 1 صحـ : 331 مكتبة مطبعة المنيرية
وَالْمَشْهُورُ الْكَرَاهَةُ وَسَوَاءٌ فِيْهِ صَوْمُ الْفَرْضِ وَالنَّفَلِ وَتَبْقَى الْكَرَاهَةُ حَتَّى تَغْرُبَ الشَّمْسُ وَقَالَ الشَّيْخُ أَبُو حَامِدٍ حَتَّى يُفْطِرَ قَالَ أَصْحَابُنَا وَإِنَّمَا فَرَّقْنَا بَيْنَ مَا قَبْلَ الزَّوَالِ وَبَعْدَهُ ِلأَنَّ بَعْدَ الزَّوَالِ يَظْهَرُ كَوْنُ الْخُلُوفِ مِنْ خُلُوِّ الْمَعِدَّةِ بِسَبَبِ الصَّوْمِ لاَ مِنْ الطَّعَامِ الشَّاغِلِ لِلْمَعِدَّةِ بِخِلاَفِ مَا قَبْلَ الزَّوَالِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ .اهـ

9.  MENGHILANGKAN BAU MULUT DENGAN JARI TANGAN
Bersiwak atau menggosok gigi bagi orang yang puasa hukumnya makruh, sebab akan menghilangkan bau mulutnya. Apakah menghilangkan bau mulut dengan berkumur disertai menggosok gigi dengan jari tetap dimakruhkan bagi yang berpuasa?
Jawab: Ya, hukumnya makruh.
Referensi:
&    تحفة المحتاج في شرح المنهاج الجزء 1 صحـ : 224 مكتبة دار إحياء التراث العربي
( تَنْبِيهٌ ) هَلْ تُكْرَهُ إزَالَةُ الْخُلُوفِ بَعْدَ الزَّوَالِ بِغَيْرِ السِّوَاكِ كَأُصْبُعِهِ الْخَشِنَةِ الْمُتَّصِلَةِ ِلأَنَّ السِّوَاكَ لَمْ يُكْرَهْ لِعَيْنِهِ بَلْ ِلإِزَالَتِهِ لَهُ كَمَا تَقَرَّرَ فَكَانَ مَلْحَظُ الْكَرَاهَةِ زَوَالَهُ وَهُوَ أَعَمُّ مِنْ أَنْ يَكُونَ بِسِوَاكٍ أَوْ بِغَيْرِهِ أَوَّلاً كَمَا دَلَّ عَلَيْهِ ظَاهِرُ تَقْيِيدِهِمْ إزَالَتَهُ بِالسِّوَاكِ وَإِلاَّ لَقَالُوْا هُنَا أَوْ فِي الصَّوْمِ يُكْرَهُ لِلصَّائِمِ إزَالَةُ الْخُلُوفِ بِسِوَاكٍ أَوْ غَيْرِهِ كُلٌّ مُحْتَمَلٌ وَاْلأَقْرَبُ لِلْمُدْرَكِ اْلأَوَّلُ وَلِكَلاَمِهِمْ الثَّانِيْ فَتَأَمَّلْهُ اهـ

10. MENINGGAL DALAM KEADAAN PUASA GIGINYA DISIWAKI
Jika seseorang meninggal dalam keadaan berpuasa. Apakah makruh kalau disiwaki?
Jawab: Tidak makruh, karena hukum makruh berlaku disaat masih hidup. Sementara menurut Imam ar-Romli hukumnya haram. Sebab bau mulut orang yang meninggal disaat berpuasa disamakan dengan darahnya orang yang mati syahid (tidak boleh dihilangkan).
Referensi:
&    تحفة المحتاج الجزء 1 صحـ :  223 مكتبة دار إحياء التراث العربي
( بَعْدَ الزَّوَالِ ) خَرَجَ بِهِ مَا لَوْ مَاتَ فَلاَ يُكْرَهُ ِلأَنَّ الصَّوْمَ انْقَطَعَ بِالْمَوْتِ وَنُقِلَ عَنْ فَتَاوَى الشَّارِحِ م ر مَا يُوَافِقُهُ ع ش عَلَى م ر وَفِي حَاشِيَتِهِ هُنَا أَيْ عَلَى الْمَنْهَجِ مَا نَصُّهُ فَرْعٌ مَاتَ الصَّائِمُ بَعْدَ الزَّوَالِ هَلْ يَحْرُمُ عَلَى الْغَاسِلِ إزَالَةُ خُلُوفِهِ بِسِوَاكٍ وَقِيَاسُ دَمِ الشَّهِيدِ الْحُرْمَةُ وَقَالَ بِهِ الرَّمْلِيُّ اهـ بُجَيْرِمِيٌّ وَيَأْتِيْ عَنْ شَيْخِنَا مِثْلُهُ اهـ
&    بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي الجزء الأول صحـ : 31 مكتبة دار الفكر
وَلََوْ مَاتَ الصَّائِمُ بَعْدَ الزَّوَالِ حَرُمَ إِزَالَةُ خُلُوْفِهِ بِالسِّوَاكِ قِيَاسًا عَلَى دَمِّ الشَّهِيْدِ قَالَهُ م ر  اهـ بج

11. DO’A BERSIWAK
 “Berjuang sekuat tenaga, tetapi jangan lupa, perjuangan harus disertai dengan do’a”, itulah syair legendaris Roma Irama. Makanya, dalam segala aktifitas jangan sampai lupa dengan yang namanya do’a, tak terkecuali siwak. Adakah doa-doa tertentu sebelum bersiwak?
Jawab: Ada, do’anya sebagaimana dibawah ini:

"اللَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ أَسْنَانِيْ وَشُدَّ بِهِ لِثَاتِيْ وَثَبِّتْ بِهِ لَهَاتِيْ وَبَارِكْ لِي فِيْهِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ"
Referensi:
&    حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 123 مكتبة دار الفكر
وَيَسْتَحِبُّ بَعْضُهُمْ أَنْ يَقُولَ فِيْ أَوَّلِهِ اللَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ أَسْنَانِيْ وَشُدَّ بِهِ لِثَاتِيْ وَثَبِّتْ بِهِ لَهَاتِي وَبَارِكْ لِي فِيْهِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ قَالَ النَّوَوِيُّ وَهَذَا لاَ بَأْسَ بِهِ اهـ

12. BERSIWAK DENGAN LENGAN BAJU
Sering kita lihat sebagian para jamaah shalat sebelum melaksanakan shalat terlebih dahulu bersiwakan. Anehnya diantara mereka ada yang siwakan dengan memakai lengan bajunya. Apakah bersiwak dengan menggunakan lengan baju mendapat kesunahan?
Jawab: Ya, asalkan lengan baju tersebut kasar serta dapat membersihkan gigi.
Referensi:
&    الحاوى الكبير الماوردى الجزء 1 صحـ : 130 مكتبة دار الفكر
فَلَوْ لَفَّ عَلَى أُصْبُعِهِ خِرْقَةً خَشِنَةً وَأَمَرَّهَا عَلَى أَسْنَانِهِ حَتَّى زَالَ الصُّفْرَةُ وَالْخُلُوفُ فَقَدْ أَتَى بِسُنَّةِ السِّوَاكِ نَصَّ عَلَيْهِ الشَّافِعِيُّ ِلأَنَّهُ يَقُومُ مَقَامَ الْعُوْدِ فِي اْلإِنْقَاءِ اهـ

13. KEUTAMAAN BERSIWAK
Tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahuI keutamaan siwak, mereka hanya mengira bahwa siwak hanya sebatas amal yang sunah, tidak lebih dari itu. Adakah faidah tentang keutaman bersiwak?
Jawab: Banyak sekali, diantaranya; Menambah kecerdasan, menghambat rabun senja, mengurangi uban, melipat gandakan pahala, meringankan orang yang sakârat al-maut dan dapat mengingatkan pada kalimat syahâdah ketika ajal akan menjemput.
Referensi:
&    بغية المسترشدين صحـ : 31 مكتبة دار الفكر
[ فَائِدَةٌ ] مِنْ فَوَائِدِ السِّوَاكِ أَنَّهُ يُطَهِّرُ الْفَمِّ وَيُرْضِي الرَّبَّ وَيُبَيِّضُ الأَسْنَانَ وَيُطَيِّبَ رَائِحَةَ الْفَمِّ وَيَشُدُّ اللِّثَةَ وَيُصَفِّي الْخِلْقَةَ عَنْ نَحْوِ الْبُلْغَمِ وَيُذْكِي الْفِطْنَةَ وَيَقْطَعُ الرُّطُوْبَةَ وَيَجْلُو الْبَصَرَ وَيُبْطِئُ الشَّيْبَ وَيُسَوِّي الظَّهْرَ وَيُضَاعِفُ اْلأَجْرَ وَيُسَهِّلُ النَّزْعَ وَيُذَكِّرُ الشَّهَادَةَ عِنْدَ الْمَوْتِ وَيُوَرِّثُ السَّعَةَ وَالْغَنِىِّ وَالْيَسَرَ وَيُسْكِنُ الصُّدَاعَ وَعُرُوْقَ الرَّأْسِ وَيُذْهِبُ وَجَعَ الضَّرْسِ وَالْحَفَرِ وَيُصَحِّحُ الْمَعِدَّةِ وَيُقَوِّيْهَا وَيَزِيْدُ فِي الْفَصَاحَةِ وَالْعَقْلِ وَيُطَهِّرُ الْقَلْبَ وَيُقَوِّي الْبَدَنَ وَيُنَمِّي الْوَلَدَ وَالْمَالَ وَذَكَرَ بَعْضُهُمْ فَوَائِدَ أَخَرَ تَحْتَاجُ إِلَى تَوْقِيْفٍ اهـ إيعاب

14. BERSIWAK DITENGAH-TENGAH MELAKUKAN SHALAT
Kang Santri merupakan pemuda yang tekun berjama’ah, tak ketinggalan pula dia selalu bersiwak sebelum melaksanakan shalat. Pada suatu ketika, ia menemukan jama’ah yang hampir selesai, sehingga tanpa pikir panjang ia langsung melakukan takbir tanpa sebelumnya bersiwakan. Masih sunahkah bersiwak di tengah-tengah shalat, ketika sebelumnya lupa tidak memakainya?
Jawab: Hukumnya tetap disunahkan, asalkan dalam pelaksanaannya tidak sampai membatalkan shalat, seperti bergerak lebih dari dua kali.
Referensi: 
&    حاشية البجيرمي على شرح المنهج الجزء 1 صحـ : 75 مكتبة دار الفكر العربي
إِذَا نَسِيَ السِّوَاكَ أَوَّلَ الصَّلاةِ يَأْتِي بِهِ فِي أَثْنَاءِ الصَّلاةِ بِأَفْعَالٍ قَلِيلَةٍ م ر ع ش لأَنَّ الْكَفَّ وَإِنْ كَانَ مَطْلُوبًا فِيهَا لَكِنْ عَارَضَهُ طَلَبُ السِّوَاكِ لَهَا وَتَدَارُكُهُ فِيهَا مُمْكِنٌ أَلا تَرَى طَلَبَ الشَّارِعِ دَفْعَ الْمَارِّ فِيهَا وَالتَّصْفِيقَ بِشُرُوطِهِ م ر اهـ

15. KESAMAAN SIKAT GIGI DENGAN SIWAK
Sudah maklum adanya bahwa bersiwak adalah sebuah amal yang sunah hukumnya. Namun perkembangan zaman yang begitu pesat, ternyata tak sedikit masyarakat yang tidak lagi menggunakan siwak untuk membersihkan giginya, namun cukup dengan sikat ggi yang diberi pasta gigi sebagai penghilang bau mulut. Apakah menggosok gigi dengan sikat gigi hukumnya sama dengan siwak?
Jawab: Ya, hukumnya sama.
Referensi:
&    الفقه الإسلامي الجزء 1 صحـ : 454 مكتبة دار الفكر المعاصر
اَلْمَبْحَثُ الثَّانِيُ السِّوَاكُ تَعْرِيْفُهُ حُكْمُهُ كَيْفَيَّتُهُ فَوَائِدُهُ أَوَّلاً تَعْرِيْفُ السِّوَاكِ السِّوَاكُ لُغَةً الدَلْكُ وَآلَتُهُ وَشَرْعاً اسْتِعْمَالُ عُوْدٍ أَوْ نَحْوِهِ كَأَشْنَانٍ وَصَابُوْنٍ فِي اْلأَسْنَانِ وَمَا حَوْلَهَا لِيُذْهِبَ الصُّفْرَةَ وَغَيْرَهَا عَنْهَا اهـ




Komentar

Posting Komentar

Harap berkomentar yang baik

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا