Penukaran Uang Pecahan
BMNU Jatim, Januari 2010 M
Ketika
menjelang hari raya atau hari-hari besar lain, banyak orang yang berpenghasilan
cukup atau tinggi mencari uang pecahan kecil (seribuan atau lima ribuan)
untuk dibagikan kepada fakir miskin di lingkungannya, kemudian dia ingin
menukarnya dengan uang pecahan besar ( seratus ribuan) yang dia miliki. Demikia
juga penukaran uang pecahan dilakukan di bank-bank untuk kepentingan
pembayaran dan pengembalian di jalan tol. Bahkan, dalam konteks lebih besar
juga terjadi pembelian mata
uang asing yang
membedakan harganya antara menjual dan membelinya.
Penukaran
uang itu telah menjadi lahan bisnis dan industri. Karena memang uang telah
menjadi barang industri, selain tiga fungsi lainnya, yaitu fungsi alat
tukar, standar nilai dan menyimpan kekayaan. Oleh karenanya, transaksi keuangan
dalam skala kecil seperti menukar uang pecahan kecil dengan pecahan besar
dengan ketentuan selisih nilainya atau antar mata uang dengan mata
uang asing dalam tujuan
industri dan bisnis.
Pertanyaan:
- Bolehkah
melakukan penukaran uang pecahan besar dengan pecahan kecil dalam jumlah
rupiah yang tidak sama, apakah termasuk transaksi riba?
- Bagaimanakah
hukum memperdagangkan mata
uang untuk tujuan
bisnis?
- Apakah
boleh mengambil keuntungan dari jasa penukaran, mengingat hal tersebut
sudah menjadi tradisi masyarakat kita?
Jawaban:
- Khilaf.
- Tidak
boleh (haram), karena uang logam termasuk mengandung nilai nominal nuqud.
- Boleh,
karena memandang uang bukan tergolong nuqud melainkan harta yang bisa
diperdagangkan.
Referensi:
- 1. موهبة ذى الفضل للشيخ محمد محفوظ
الترمسى ج 4 ص 29
واختلف المتأخرون فى الورقة المعروف
بالنوط فعند الشيخ سالم بن سمير والحبيب عبد الله بن سميط أنها من قبيل الديون
نظرا إلى ما تضمنته الورقة المذكورة من النقود المتعامل بها وعند الشيخ محمد
الأنبابى والحبيب عبد الله بن أبى بكر أنها كالفلوس المضروبة والتعامل بها صحيح
عند الكل وتجب زكاة ما تضمنته الأوراق من النقود عند الأولين زكاة عين وتجب زكاة
التجارة عند الآخرين فى أعيانها إذا قصد بها التجارة وأما أعيان الأوراق التى لم
تقصد بها التجارة فلا زكاة بها باتفاق وجمع شيخنا رحمه الله بين كلامهم فقال بعد
نقل إفتاآتهم ما ملخصه أن الأوراق المذكور لها جهتان: الأولى جهة ما تضمنته من النقدين الثانية الثانية جهة
أعيان فإذا قصدت المعاملة بما تضمنته ففيها تفصيل حاصله أنه إذا اشتريت عين به وهو
الغالب فى المعاملة بها كان من قبيل شراء عرض بنقد فى الذمة وهو جائز
وإعطاء ورقة النوط للبائع إنما هو لتسلم ما تضمنته من الحاكم الواضع لذلك النوط أو
نوابه وإذا قصد بذلك التجارة صح وصارت تلك العين عرض التجارة -إلى أن قال- وحاصل
هذا الجمع أنا نعتبر قصد المتعاملين فإما أن يقصد ما تضمنته الأوراق وإما أن يقصد
أعيانها ويترتب على كل أحكام غير أحكام الآخر قال وترجيح جهة الاولى هو الأولى
لأنه يعلم بالضرورة أن المقصود عند المتعاقدين إنما هو القدر المعلوم مما تضمنته
الأوراق لا ذواتها لا يقال أن المتعاقدين لا يصرحون بألسنتهم أن المقصود منها هو
النقد المقدر لأنا نقول لما شاع اصطلاح واضعها على ذلك وكثر التعامل بها على الوجه
المصطلح عليه نزل ذلك منْزلة التصريح -إلى أن قال- ما أردت نقله من كلام شيخنا
رحمه الله ولم يبين ما أخرجه فى الزكاة عنها هل هو ذهب أو فضة والظاهر أن يخرجها
فضة لأن المشهور أن صورة المكتوب فيها قيمة الدراهم من الربابى والريالات لا
الدنانير ويحتمل أنه أن يخرجها بحسب ما بذل للحاكم أولا عوضا عنها سواء كان ذهبا
أم فضة وهذا هو المتبادر من كلام الشيخ رحمه الله إهـ
- 2. عمدة المفتى والمستفتى ج 2 ص 24
(مسئلة) لا ربا فى الفلوس النحاس وإن راجت رواج النقود على الصحيح فى الروضة
وأصلها كسائر العروض، إذ الفلوس عرض لا نقد، والربا إنما يجرى فى النقد وهو الذهب
والفضة والمطعومات، وعلة التحريم غير معقولة، بل تحريمه تعبدى كما فى التحفة
والنهاية وغيرهما. والقول يجريان الربا فى الفلوس مذهب أبى حنيفة، ووجه ضعيف لبعض
أصحابنا.
- 3. توشيخ على فتح القريب المجيب ج 4
ص 29
(بالفلوس وإن راجت رواج النقود) وهذا مبنى على أن المراد بالنقد ما كان من
الذهب والفضة خاصة والمعتمد أن المراد به ما يتعامل به فى البلد عادة فيشمل الفلوس
والقرطاس اللذين جرت العادة بالمعاملة بهما
******
PENUKARAN UANG PECAHAN
Ketika menjelang hari raya atau hari-hari besar lain, banyak orang yang
berpenghasilan cukup atau tinggi mencari
uang pecahan kecil (seribuan atau lima ribuan) untuk dibagikan kepada
fakir miskin di lingkungannya, kemudian dia ingin menukarnya dengan uang
pecahan besar ( seratus ribuan) yang dia miliki. Demikia juga penukaran uang pecahan
dilakukan di bank-bank untuk kepentingan pembayaran dan pengembalian di jalan
tol. Bahkan, dalam konteks lebih besar juga terjadi pembelian mata uang
asing yang membedakan harganya antara menjual dan membelinya.
Penukaran uang itu telah menjadi lahan bisnis
dan industri. Karena memang uang telah menjadi
barang industri, selain tiga fungsi lainnya, yaitu fungsi alat tukar,
standar nilai dan menyimpan kekayaan. Oleh karenanya, transaksi keuangan dalam
skala kecil seperti menukar uang pecahan kecil dengan pecahan besar dengan
ketentuan selisih nilainya atau antar mata
uang dengan mata uang asing dalam
tujuan industri dan bisnis.
Pertanyaan:
a. Bolehkah melakukan penukaran uang pecahan besar dengan pecahan kecil dalam
jumlah rupiah yang tidak sama, apakah termasuk transaksi riba?
b. Bagaimanakah hukum memperdagangkan mata
uang untuk tujuan bisnis?
c. Apakah boleh mengambil keuntungan dari jasa penukaran, mengingat hal
tersebut sudah menjadi tradisi masyarakat kita?
Jawaban:
a. Khilaf.
1. Tidak boleh (haram), karena uang logam termasuk mengandung nilai nominal
nuqud.
2. Boleh, karena memandang uang bukan tergolong nuqud melainkan harta yang
bisa diperdagangkan.
b. Khilaf. Menurut pendapat yang menganggap bahwa mata uang tersebut
sebagai nuqud maka boleh dengan syarat taqabud dan chulul. Tetapi menurut
pendapat yang tidak menganggap bahwa mata
uang tersebut sebagai nuqud maka boleh
tanpa bersyarat.
c. Menyesuaikan jawaban pada sub a.
Referensi:
1.
موهبة ذى الفضل للشيخ محمد محفوظ الترمسى ج 4 ص 29
واختلف المتأخرون
فى الورقة المعروف بالنوط فعند الشيخ سالم بن سمير والحبيب عبد الله بن سميط أنها
من قبيل الديون نظرا إلى ما تضمنته الورقة المذكورة من النقود المتعامل بها وعند
الشيخ محمد الأنبابى والحبيب عبد الله بن أبى بكر أنها كالفلوس المضروبة والتعامل
بها صحيح عند الكل وتجب زكاة ما تضمنته الأوراق من النقود عند الأولين زكاة عين
وتجب زكاة التجارة عند الآخرين فى أعيانها إذا قصد بها التجارة وأما أعيان الأوراق
التى لم تقصد بها التجارة فلا زكاة بها باتفاق وجمع شيخنا رحمه الله بين كلامهم
فقال بعد نقل إفتاآتهم ما ملخصه أن الأوراق المذكور لها جهتان: الأولى جهة
ما تضمنته من النقدين الثانية الثانية جهة أعيان فإذا قصدت المعاملة بما تضمنته
ففيها تفصيل حاصله أنه إذا اشتريت عين به وهو الغالب فى المعاملة بها كان من قبيل
شراء عرض بنقد فى الذمة وهو جائز وإعطاء ورقة النوط للبائع إنما هو لتسلم
ما تضمنته من الحاكم الواضع لذلك النوط أو نوابه وإذا قصد بذلك التجارة صح وصارت
تلك العين عرض التجارة -إلى أن قال- وحاصل هذا الجمع أنا نعتبر قصد المتعاملين
فإما أن يقصد ما تضمنته الأوراق وإما أن يقصد أعيانها ويترتب على كل أحكام غير
أحكام الآخر قال وترجيح جهة الاولى هو الأولى لأنه يعلم بالضرورة أن المقصود عند
المتعاقدين إنما هو القدر المعلوم مما تضمنته الأوراق لا ذواتها لا يقال أن
المتعاقدين لا يصرحون بألسنتهم أن المقصود منها هو النقد المقدر لأنا نقول لما شاع
اصطلاح واضعها على ذلك وكثر التعامل بها على الوجه المصطلح عليه نزل ذلك منْزلة
التصريح -إلى أن قال- ما أردت نقله من كلام شيخنا رحمه الله ولم يبين ما أخرجه فى
الزكاة عنها هل هو ذهب أو فضة والظاهر أن يخرجها فضة لأن المشهور أن صورة المكتوب
فيها قيمة الدراهم من الربابى والريالات لا الدنانير ويحتمل أنه أن يخرجها بحسب ما
بذل للحاكم أولا عوضا عنها سواء كان ذهبا أم فضة وهذا هو المتبادر من كلام الشيخ
رحمه الله إهـ
2.
عمدة المفتى والمستفتى ج 2 ص 24
(مسئلة) لا ربا فى
الفلوس النحاس وإن راجت رواج النقود على الصحيح فى الروضة وأصلها كسائر العروض، إذ
الفلوس عرض لا نقد، والربا إنما يجرى فى النقد وهو الذهب والفضة والمطعومات، وعلة
التحريم غير معقولة، بل تحريمه تعبدى كما فى التحفة والنهاية وغيرهما. والقول
يجريان الربا فى الفلوس مذهب أبى حنيفة، ووجه ضعيف لبعض أصحابنا.
3.
توشيخ على فتح القريب المجيب ج 4 ص 29
(بالفلوس وإن راجت
رواج النقود) وهذا مبنى على أن المراد بالنقد ما كان من الذهب والفضة خاصة
والمعتمد أن المراد به ما يتعامل به فى البلد عادة فيشمل الفلوس والقرطاس اللذين
جرت العادة بالمعاملة بهما
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik