Langsung ke konten utama

RUMUSAN JAWABAN BAHTSUL MASA-IL PWNU JATIM DI MADURA




RUMUSAN JAWABAN BAHTSUL MASA-IL PWNU JATIM DI MADURA
 

KOMISI A

1.    PRODUK KERTAS DAUR ULANG
(PCNU Malang)

Deskripsi masalah :
Jenis kertas pembungkus makanan sebagian merupakan olah produk eks daur ulang dari pemanfaatan kertas bekas pakai. Kondisi kertas bekas yang diolah tidak terseleksi dari segi kebersihan dan kenajisannya, karena melibatkan jasa pemulung di tempat-tempat sampah. Pada tahap olah produksi memperbantukan bahan kimia cair yang ketika berbentuk limbah buangan pabrik sering membuahkan protes masyarakat karena kadar pencemarannya berpotensi merusak lingkungan. Ikan di perairan sungai / tambak jadi mati, tanaman produksi terganggu pertumbuhannya dan sumber mata air di area perkampungan sekitar tidak sehat diminum sehinga menimbulkan gangguan kesehatan.

Pertanyaan :
  1. Apakah kertas daur ulang semacam itu harus dihukumi mutanajjis dan bagaimana makanan basah yang dibungkus dengannya ?

Jawaban :
Kertas tersebut tidak dihukumi mutanajjis dan makanan basah yang dibungkus dengan kertas tersebut tetap suci.
1.  حاشية الجمل ج 1 ص 190
وَقَدْ قَالَ إمَامُنَا الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ إذَا ضَاقَ الْأَمْرُ اتَّسع وَالْجُبْنُ الْمَعْمُولُ بِالْإِنْفَحَةِ الْمُتَنَجِّسَةِ مِمَّا عَمَّتْ بِهِ الْبَلْوَى أَيْضًا فَيُحْكَمُ بِطَهَارَتِهِ وَيَصِحُّ بَيْعُهُ وَأَكْلُهُ وَلَا يَجِبُ تَطْهِيرُ الْفَمِ مِنْهُ وَإِذَا أَصَابَ شَيْءٌ مِنْهُ ثَوْبَ الْآكِلِ أَوْ بَدَنَهُ لَمْ يَلْزَمْهُ تَطْهِيرُهُ لِلْمَشَقَّةِ. وَأَمَّا الْآجُرُّ الْمَعْجُونُ بِالسِّرْجِينِ وَنَحْوِهِ فَيَجُوزُ بَيْعُهُ وَبِنَاءُ الْمَسَاجِدِ بِهِ وَفَرْشُ أَرْضِهَا بِهِ وَتَصِحُّ الصَّلَاةُ عَلَيْهِ بِلَا حَائِلٍ حَتَّى قَالَ بَعْضُهُمْ أَنَّهُ يَجُوزُ بِنَاءُ الْكَعْبَةِ بِهِ وَالْمِشُّ الْمُنْفَصِلُ عَنْ الْجُبْنِ الْمَعْمُولِ بِالْإِنْفَحَةِ طَاهِرٌ لِعُمُومِ الْبَلْوَى بِهِ حَتَّى لَوْ أَصَابَ شَيْءٌ مِنْهُ بَدَنًا أَوْ ثَوْبًا لَمْ يَجِبْ تَطْهِيرُهُ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ

2.      بغية المسترشدين ص 10
(مسئلة ب) ذهب بعضهم إلى طهارة روث المأكول بل ذهب أخرون إلى طهارة جميع الأرواث حتى من الكلب إلا الأدمى وجمعهم الشيخ عبد الله بن أبى بكر باعشيب فقال ...... الخ

3.      قليوبى ج 1 ص 76
قَوْلُهُ : ( وَقَدْ سُئِلَ ) شَيْخُنَا الزِّيَادِيُّ عَنْ سُؤَالٍ صُورَتُهُ مَا قَوْلُكُمْ رَضِيَ اللَّهُ عَنْكُمْ فِي الْجِرَارِ وَالْأَزْيَارِ وَالْإِجَّانَاتِ وَالْقُلَلِ وَغَيْرِ ذَلِكَ كَالْبَرَانِيِّ وَالْأَصْحُنِ مِمَّا يُعْجَنُ مِنْ الطِّينِ بِالسَّرْجَيْنِ هَلْ يَصِحُّ بَيْعُهَا وَيُحْكَمُ بِطَهَارَةِ مَا وُضِعَ فِيهَا مِنْ مَائِعٍ أَوْ مَاءٍ دُونَ الْقُلَّتَيْنِ وَيَجُوزُ اسْتِعْمَالُهُ وَفِي الْجُبْنِ الْمَعْمُولِ بِالْإِنْفَحَةِ الْمُتَنَجِّسَةِ هَلْ يَصِحُّ بَيْعُهُ وَيُحْكَمُ بِطَهَارَتِهِ وَيَجُوزُ أَكْلُهُ حَتَّى لَوْ أَصَابَ شَيْئًا مِنْ بَدَنٍ أَوْ ثَوْبٍ يُحْكَمُ بِطَهَارَتِهِ ، وَكَذَا مَا تَوَلَّدَ مِنْهُ مِنْ الْمِشِّ الْمَعْمُولِ بِهِ الْكِشْكُ هَلْ يَجُوزُ أَكْلُهُ وَيُحْكَمُ بِطَهَارَتِهِ وَلَا تَجِبُ الْمَضْمَضَةُ مِنْهُ وَلَا غَسْلُ مَا أَصَابَهُ لِأَنَّ هَذَا مِمَّا تَعُمُّ بِهِ الْبَلْوَى ، وَهَلْ يَجُوزُ بَيْعُ الطُّوبِ الْمَعْجُونِ بِالزِّبْلِ إذَا أُحْرِقَ وَبِنَاءُ الْمَسَاجِدِ بِهِ وَفَرْشُ أَرْضِهَا بِهِ ، وَيُصَلِّي عَلَيْهِ بِلَا حَائِلٍ ، وَإِذَا اتَّصَلَ بِهِ شَيْءٌ مِنْ بَدَنِ الْمُصَلِّي أَوْ مَلْبُوسِهِ فِي شَيْءٍ مِنْ صَلَاتِهِ تَصِحُّ صَلَاتُهُ . أَفْتَوْنَا أُثَابكُمْ اللَّهُ الْجَنَّةَ آمِينَ ، ( فَأَجَابَ ) بِمَا صُورَتُهُ بِحُرُوفِهِ مِنْ خَطِّهِ : الْحَمْدُ لِلَّهِ : الْخَزَفُ وَهُوَ الَّذِي يُؤْخَذُ مِنْ الطِّينِ وَيُضَافُ إلَى الطِّينِ السَّرْجِينُ مِمَّا عَمَّتْ الْبَلْوَى فِي الْبِلَادِ ، فَيُحْكَمُ بِطَهَارَتِهِ وَطَهَارَةِ مَا وُضِعَ فِيهِ مِنْ الْمَاءِ وَالْمَائِعَاتِ ، لِأَنَّ الْمَشَقَّةَ تَجْلِبُ التَّيْسِيرَ ، وَقَدْ قَالَ الْإِمَامُ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ : إذَا ضَاقَ الْأَمْرُ اتَّسَعَ . وَالْجُبْنُ الْمَعْمُولُ بِالْإِنْفَحَةِ الْمُتَنَجِّسَةِ مِمَّا عَمَّتْ بِهِ الْبَلْوَى أَيْضًا فَيُحْكَمُ بِطَهَارَتِهِ ، وَيَصِحُّ بَيْعُهُ وَأَكْلُهُ ، وَلَا يَجِبُ تَطْهِيرُ الْفَمِ مِنْهُ ، وَإِذَا أَصَابَ شَيْءٌ مِنْهُ ثَوْبَ الْآكِلِ أَوْ بَدَنَهُ لَمْ يَلْزَمْهُ تَطْهِيرُهُ لِلْمَشَقَّةِ. وَأَمَّا الْآجُرُّالْمَعْجُونُ بِالسَّرْجَيْنِ فَيَجُوزُ بَيْعُهُ وَبِنَاءُ الْمَسَاجِدِ بِهِ ، وَفَرْشُ أَرْضِهَا بِهِ ، وَتَصِحُّ الصَّلَاةُ عَلَيْهِ بِلَا حَائِلٍ ، حَتَّى قَالَ بَعْضُهُمْ : يَجُوزُ بِنَاءُ الْكَعْبَةِ بِهِ . وَالْمِشُّ الْمُنْفَصِلُ عَنْ الْجُبْنِ الْمَعْمُولِ بِالْإِنْفَحَةِ طَاهِرٌ لِعُمُومِ الْبَلْوَى بِهِ حَتَّى لَوْ أَصَابَ شَيْءٌ مِنْهُ بَدَنًا أَوْ ثَوْبًا لَمْ يَجِبْ تَطْهِيرُهُ ، وَاَللَّهُ أَعْلَمُ ، وَكَتَبَهُ عَلِيٌّ الزِّيَادِيُّ الشَّافِعِيُّ . ثُمَّ سَأَلْت شَيْخَنَا الْمَذْكُورَ فِي دَرْسِهِ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ : قُلْته مِنْ عِنْدِي وَإِنْ كَانَ مُخَالِفًا لِظَاهِرِ الْمَذْهَبِ ، وَلَمْ أَرَ لِأَحَدٍ تَصْرِيحًا بِهِ ، وَإِنَّمَا خَرَّجْته عَلَى قَوَاعِدِ الْإِمَامِ الشَّافِعِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، ثُمَّ رَأَيْت مَا ذَكَرَهُ شَيْخُنَا عَنْ الْإِمَامِ الشَّافِعِيِّ فِي مَنْظُومَةِ ابْنِ الْعِمَادِ وَشَرْحِهَا لِشَيْخِ الْإِسْلَامِ

4.      مذاهب الأربعة ج1 ص 19
ومنها الخبز المسخن أو المدفون فىالرمد النجس وإن تعلق به شيئ من ذلك الرمد فإنه يعفى عنه ولو سهل فصله منه وإذا وضع فىلبن ونحوه وظهر اثره فيه أو اصاب نحوثوب فإنه يعفى عنه أيضا. ومنها دود الفاكهة والجبن إذامات فيها فإن ميتته معفو عنها وكذا الأنفحة التى تصلح الجبن ومنها المآئعات النجسات التى تضاف الى الأدوية والروائح العطرية لإصلاحها فإنه يعفى عن القدر الذى به الإصلاح قياسا علىالأنفحة المصلحة للجبن

  1. Tindakan apa yang dibenarkan oleh agama Islam dalam menyikapi limbah buangan pabrik kertas yang memanfaatkan bahan kimia organik karena berdampak merusak lingkungan ?

Jawaban :
Pendekatan persuasif kepada pihak pengelola. Jika terjadi kerusakan lingkungan maka wajib adanya ganti rugi.
1.      التذهيب ص 216- 217
فدل قضاؤه صلى الله عليه وسلم : أن من كان مسؤولا عن شىء فقصر في القيام بمسؤوليته وحصل عن تقصيره أثر كان من ضمانه.

2.      بغية المسترشدين ص  142
(مسئلة ب) أحدث في ملكه حفرة يصب فيها ماء ميزاب من داره لم يمنع منه وإن تضرر جاره برائحة الماء مالم يتولد مبيح تيمم إذ للمالك أن يتصرف في ملكه بما شاء وإن أضر بالغير بقيده المذكور وكذا إن أضر بملك الغير بشرط أن لا يخالف العادة في تصرفه كأن وسع الحفرة أو حبس ماؤها وانتشرت النداوة إلى جدار جاره وإلا منع وضمن ما تولد منه بسبب ذلك.

3.      الجمل ج 5 ص 182
(قوله ونهى عن منكر) والإنكار يكون باليد فإن عجز فبالسان فعليه أن يغيره بكل وجه أمكنه ولا يكفى الوعظ لمن أمكنه ازالته باليد ولا كراهة القلب لمن قدر على النهى باللسان ويستعين عليه بغيره إذا لم يخف فتنة من اظهار سلاح وحرب ولم يمكنه استقلال فإن عجز عنه رفع ذلك إلى الولى فإن عجز عنه أنكر بقلبه.

  1. Upaya hukum apa yang efektif guna meminta pertanggungjawaban Pemerintah Daerah terkait izin produksi yang dikeluarkan menyertai operasionalisasi usaha pabrik kertas tersebut ?

Jawaban :
Menuntut pemerintah yang mengeluarkan izin operasional.
Ibarat sama dengan sub b.

2.    PETILASAN LELUHUR SEBAGAI OBYEK WISATA RELIGI
(PCNU Blitar)

Deskripsi masalah :
Pengembangan industri pariwisata telah merambah lokasi makam para wali, masjid kharismatik (kuno), petilasan sejarah perjuangan para leluhur muslim seperti tempat khalwat / pasujudan / balai pertemuan / tempat tinggal dan sejenisnya. Kebijakan publik yang menyertai pengembangan antara lain : pengelolaan obyek ditangani oleh Pemerintah (Dinas Pariwisata), publikasi sebagai obyek wisata dan diperhitungkan sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Pertanyaan :
  1. Adakah indikasi maslahah Syar'iyyah bila kegiatan ziarah yang seharusnya mencerminkan ibadah spiritual dialihkan bentuk pengelolaannya menjadi obyek wisata yang lebih mengedepankan tujuan rekreasi dikemas menjadi komersial ?

Jawaban :
Masih terdapat maslahah Syar'iyyah sebatas pengelolaan pihak pemerintah pada hal-hal yang berada di luar kegiatan ritual ziarah, disamping itu tujuan ziarah masih dapat dicapai (tidak terganggu atau tergeser)
1.      بغية المسترشدين 97
(فائدة) زيارة القبور إما لمجرد تذكر الموت والأخرة فتكون برؤية القبور من غير معرفة أصحابها أو لنحو دعاء فتسن لكل مسلم أو للتبرك فتسن لأهل الخير لأن لهم في برازخهم تصرفات وبركات لا يحصى مدادهما أو لأداء حق كصديق ووالد لخبر من زار قبر والديه أو أحدهما يوم الجمعة كان كحجة

  1. Ziarah massal terkoordinir memperbaurkan kaum wanita lekat busana (Tabarruj biz Zina) mendatangi makam bukan kerabat / machram. Apakah terdapat sumber ajaran dalam islam ?

Jawaban :
Ziarah massal terkoordinir memperbaurkan kaum wanita lekat busana (Tabarruj biz Zinah) yang  berpotensi menimbulkan fitnah secara yakin atau dzon adalah dilarang oleh agama.
1.      إسعاد الرفيق ج 2 ص 136
خروج المرأة من بيتها منعطرة او متزينة ولو كانت مستورة وكان خروجها بأذن زوجها اذا كانت تمر بطريقها على رجال أجانب عنها ....... وينبغى حمله ليوافق على قواعدنا على ما إذا تحققت الفتنة أما مجرد خشيتها فإنما هو مكروه ومع ظنها حرام غير كبيرة كما هو الظاهر

  1. Hak mengelola makam khusus, tentu terpulang kepada ahli waris keturunan ulama yang dimakamkan berikut fasilitas peninggalannya, hak 'Imarah al-masajid berada pada institusi ta'mir dan hak memanfaatkan pusaka sejarah di tangan penerima mandat sejarah itu. Adakah dasar dasar hukum syar'i untuk melegitimasi pengambil alihan hak-hak itu oleh Pemerintah Daerah ? sejauh mana ahli waris dan institusi ta'mir masih memiliki otoritas keagamaan untuk tetap menangani obyek peninggalan para leluhur ?

Jawaban :
Tidak boleh jika status tanahnya hak  milik pribadi (mamluk) atau wakaf ahli. Jika status tanahnya umum tetap tidak boleh selama ada nadzir yang berkopenten (al mutaahil).
1.بغية المسترشدين ص  287 – 284
مسئلة ي ليس للناظر العام وهو القاضى أو الولى النظر في أمر الأوقاف وأموال المساجد مع وجود الناظر الخاص المتأهل وليس للحاكم ولا غيره عزل الناظر من جهة الوقف 
 
  1. Obyek petilasan keagamaan lazim diikat dengan status hukum wakaf ahliy atau wakaf khoiriy. Tepatkah bila terkait obyek itu dikenakan retribusi (sesuai perda) kepada pengunjung dan hasil bersih masuk ke dalam kas PAD ?

Jawaban :
Jika retribusi itu dikaitkan dengan penyediaan fasilitas untuk pengunjung, maka diperbolehkan. Jika karena kegiatan ziarahnya, maka tidak boleh.

3.    IKRAR MENYERTAI ITSBAT NIKAH
(PCNU Blitar)

Deskripsi masalah :
Pelaksanaan nikah di bawah tangan yang berlangsung di Indonesia / Luar Negeri, berhubungan akta nikah yang hilang, terjadi klaim keraguan atas sah-tidaknya salah satu syarat perkawinan, perkawinan yang terjadi sebelum berlaku undang-undang No. 1 tahun 1974, agar perkawinan masa lalu mempunyai kekuatan hukum (hubungan hukum keperdataan), maka pasangan kawin / anak keturunan mereka, atau wali nikahnya dapat mengajukan permohonan Itsbat Nikah ke pengadilan agama. Bila uji kelayakan hukum terkait permohonan Itsbat Nikah husus oleh pasangan kawin dapat diterima, maka kepada pemohon diminta meneguhkan kebenaran pengakuannya dengan Ikrar Nikah di hadapan majlis hakim. Persepsi yang muncul kemudian bahwa ikrar tersebut menghapus akad ijab qobul masa lalu atau mengimplisitkan telah terjadi perceraian fiktif.

Pertanyaan :
a.    Ikrar (pengakuan diri) sebagai alat bukti formal terkait permohonan Itsbat Nikah, apakah harus dilakukan berformat mengulang kembali "Akad Nikah" atau terbuka peluang format lain sepanjang merepresentasikan "Ikrar" di bawah sumpah ?

Jawaban :
Tidak harus mengulang format akad nikah
1.   الجمل ج 4 ص 145
(ويقبل إقرار مكلفة به لمصدقها) وإن كذبها وليها لأن النكاح حق الزوجين فيثبت بتصادقهما
(قوله اقرار مكلفة) وكذلك عكسه أى اقرار به مع تصديقها له
(قوله فيثبت بتصادقهما) أى فلم يؤثر انكار الغير له

2.   بغية المسترشدين ص 91
والحاصل أنه يجب طاعة الإمام في ما أمر به ظاهرا وباطنا مما ليس بحرم ومكروه فالواجب يتأكد والمندوب يجب وكذا المباح إن كان في مصلحة كشرب التمباك 

b.    Tepatkah Ikrar Nikah Analog (setara) dengan tajdid nikah yang selama ini telah diterima luas oleh masyarakat ?

Jawaban :
Tidak tepat (tidak sama)
شرح شهاب لابن حجر ج 7 ص 391
ما حكم تجديد النكاح هل هو جائز أم لا ؟ نعم هو جائز ولا ينقص به عدد الطلاق لأن مجرد موافقة الزوج على صورة عقد ثان مثلا لا يقول اعترافا بانقضاء العصمة الأولى بل ولا كناية فيه وهو ظاهر لأنه من مجرد التجديد الزوج للتجمل والإحتياط. 

c.    Apakah tidak mungkin bila putusan pengadilan agama tentang dikabulkan permohonan Itsbat Nikah langsung didelegir ke KUA guna diterbitkan akta pencatatan nikah tanpa diwarnai pengulangan akad nikah oleh pasangan kawin bersangkutan ? (bahan kajian KHI Pasal 7 Ayat 2 dan 3)

Jawaban :
Mungkin-mungkin saja

4.    PENGOBATAN ALTERNATIF
(PCNU Mojokerto)

Deskripsi masalah :
Faktor ketidak berhasilan pengobatan medis, keterbatasan dana yang dimiliki, atau sugesti kepercayaan semata pada orang pintar, telah menjadikan perhatian orang beralih ke sistem pengobatan alternatif / tradisional, antara lain : memanfaatkan asma Allah, suwuk, hinga sebutan "ruqyah syari'ah" memindahkan wujud penyakit ke binatang (kambing) atau telur hewan unggas (angsa / banyak), mengubur benda ke dalam tanah, nangap orang membaca manqib Syeh abdul Qodir Al Jaelani, mencari pasangan sihir dengan memperbantukan jaran kepang, mengikuti saran sesajen dukun perewangan, mendatangkan jin mahluq tertentu agar masuk ke tubuh orang dan dalam alam ketidak sadarannya jin itu memberikan saran pengobatan. Praktek pengobatan dengan melalui kondisi ketidak sadaran beriring pembacaan Ayat-ayat Al Quran telah menjadi ciri : Ruqyah Syari'ah dan sejenisnya. Kondisi tersebut berbeda dengan praktek pembiusan total pra operasi (bedah klinis) atau pingsan alami.

Pertanyaan :
a.    Pengobatan alternatif menempuh cara yang bagaimana dibenarkan oleh hukum islam ?

Jawaban :
Adalah setiap cara yang tidak bertentangan dengan syari'at islam.
Prinsip pengobatan Alternatif dalam Islam adalah :
- Bila menggunakan bacaan-bacaan :               - bacaanya tidak dirubah
- tidak mengandung unsur syirik kepada Allah.
- Bila menggunakan obat-obatan :                   - tidak dari unsur yang najis
- tidak berdampak negatif
- Bila menggunakan zimat dan tamimah :        - tidak dari unsur yang najis
- tidak berdampak negatif

1. هامش فتح الوهاب ج 2 ص 151
(مسألة : فى اقسام السحر وحكمه) السحر أنواع : منها السحر قوم نسوا للأفلاق والكواكب تأثيرا لكونه آلهة او ان الاله أعطاها قوة نافذة فى العالم وفوض تجبيره اليها, ومنها  سحر  أصحاب الأوهام الزائمين ان الانسان يبلغ بالتصفية ف القوة الى حيث يقدر على الايجاد والاعدام ولاحياء ولاماتة وقلب الاشكال وكلا النوعين كفر عملا وتعلما, ومنها التخييلات الآخذة بالعيون وهى بالشعوذة وما يجرى مجراها مناهار الامور العجيبة بواسطة ترتيب الآلات هندسية وخفة اليد والاستعانة بخواص الأدوية والاحجار وليست كفرا واطلاق السحر عليها تجوز وفى التحريم ان لم يترتب عليها مفسدة خلاف. ومنها الاستعانة بالأرواح الرضية بواسطة الرياضة وقرأة العزائم ال حيث يخلق الله تعالى عقب ذلك على سبيل جرى العادة بعض خوارق وهذا النوع  قالت معتزلة انه كفر لأنه لايمكن معه معرفة صدق الرسل عليه صلاة وسلم للا لتباس, ورد بأن العادة الالهية جرت بصرف المعارضين للرسل عن اظهار خارق ثم التحقيق ان يقال ان كان من يتعاطى ذلك خيرا متشرعا فى كامل ما يأتى ويدر وكان من يستعين به من الأرواح الخيرة وكانت عزائمه لا تخالف الشرع وليس فيما يظهر على يده من الخوارق ضرر شرعى على أحد فليس ذلك من السحر بل من الاسرار والمعون والا فهو حرام ان تعلمه ليعمل به بل يكفر ان اعتقد حل ذلك فان يتعلمه ليتوقاه فمباح والا فمكروه. اهـ .

b.   Upaya prefentif apa perlu disiagakan agar tidak terjadi pengorbanan aspek aqidah keimanan baik oleh fasilitator atau pasien / keluarga yang memerlukan pengobatan ?

Jawaban :
Menjelasklan kepada pasien bahwa pengobatan alternatif ini hanya usaha, semua Allah-lah yang menentukan
1. تيجان الدررى ص 5 – 6
والحاصل أن من اعتقد أن الأسباب العادية كالنار والسكين والأكل والشرب تؤثر في مسببتها كالحرق والقطع والشبع والرى بذاتها فهو كافر بالإجماع أو بقوة جعلها الله فيها ففى كفره قولان والأصح انه ليس بكافر بل فاسق مبتدع ومثل القائلين بذلك المعتزلة القائلون بأن العبد يخلق افعال نفسه الإختيارية بقوة خلقها الله فيه فالأصح عدم كفرهم لاقرارهم بأن قدرة العبد على ذلك من الله تعالى ومن اعتقد ان مؤثر هو الله تعالى لكن جعل بين الأسباب ومسببتها تلازما عقليا بحيث لا يصح تأخرها فمتى وجد السبب فهو جاهل ومن اعتقد أن المؤثر هو الله وان بين الأسباب وسبباتها تلازما عاديا بحيث يصح تأخرها فهو المؤمن الناجى ان شاء الله تعالى فالأقسام اربعة .....الخ

c.    Pemasangan rajah / wifik / azimat, penagkal dan penyajian uba rampe berjenis bunga, jajan pasar, rupa-rupa nasi perdukunan dan sebagainya apakah tergolong ikhtiar yang dibenarkan oleh syariat Islam ?

Jawaban :
Sama dengan jawaban sub a.
Ibarat sama dengan sub a.

5.      ALAT MUSIK MENGIRINGI SHALAWAT
(PCNU Probolinggo)

Deskripsi masalah :
Hampir setiap orang butuh hiburan, butuh musik, tak terkecuali sebagian kyai juga senagng mendengarkan musik, sampai-sampai dalam perhelatan akbar yang diadakan para kyai terkadang juga diselingi musik. Bahkan sekarang ini banyak pondok pesantren yang mempunyai grup Marching Band dan Qashidah dengan alat nusik yang lengkap sebagaimana alat musik yang dimiliki oleh grup orkes melayu / dangdut maupun band ataupun rock.
Sebagaimana kita maklumi pula, pada musim imtichan atau chaflah akhir sanah beberapa pondok pesantren yang dianggap salaf mendatangkan orkes melayu / dangdut. Dari dulu hingga kini alat musik masih selalu diperdebatkan status hukumnya. Pro kontra dikalangan ulama masih saja terjadi.

Pertanyaan :
a.       Alat musik / alat malahi apa saja yang diperbolehkan dalam islam ?

Jawaban :
Semua alat malahi diperbolehkan dalam agama Islam, selama tidak mengarah pada kemaksiatan atau identik dengan kemaksiatan.
1. تفسير منير ج 21 ص 131
سبب النـزول
نـزل الأية : أخرج ابن جرير عن ابن عباس فى قوله {ومن الناس من يشترى لهو الحديث} قال نـزلت فى رجل من قريش اشترى جارية مغنية وأخرج جويبر عن ابن عباس قال : نـزلت فى النضر بن الحارث اشترى قينة (مغنية) وكان لا يسمع بأحد يريد الإسلام إلا انطلق به إلى قينة فيقول أطعميه واسقيه وغنيه هذا خير مما يدعوك إليه محمد من الصلاة والصيام وأن تقاتل بين يديه فنـزلت ...إلى أن قال... (ومن الناس من يشترى لهو الحديث ليضل عن سبيل الله بغير علم ويتخذها هزوا أولئك لهم عذاب مهين) أى وهناك فريق من الناس يستبدل بالنافع الضار وبالقرأن الشافى ما يتلهى به من الحكاية والأساطير وفضول الكلام والمضاحك والإستمتاع إلى غناء الجوارى كالنضر بن الحارث الذى كان يشترى كتب الفرس ويجدث بها الناس ويقتنى المغنيات لاجتذاب الشبان وإغراء من أسلم حديثا لحمله على ترك الإسلام وإضلاله عن دين الله وهو دين الإسلام والصد عنه واتخاذه هزوا وسخرية جهلا بخطورة ما يفعل من استبدال اللهو بقراءة القرأن وأولئك وهم الموغلون في الكفر والضلال يحيق بهم عذاب بالغ الإهانة.

2.     تفسير منير ج 21 ص 134
إن من أعظم الجرائم الإعراض عن سماع القرأن كلام الله وشغل الناس بسماع غيره من أنواع الكلام غير المفيد من القصص والأساطير والمضاحيك ونحو ذلك من ألوان اللهو والعبث بقصد الإضلال والصد عن دين الله تعالى ويستحق المعرض المتولى تكبرا عن القرأن عذابا أليما

b.      Apa hukum membaca shalawat yang diiringi musik serba lengkap seperti sekarang ini ?

Jawaban :
Boleh.
Ibarat sama dengan sub a.
 
6.       BADAL RUKUN HAJI
(PCNU Pasuruan)

Deskripsi masalah :
Ada seorang perempuan ibadah haji, setelah wukuf di Arofah dia jatuh sakit sehingga tidak dapat meneruskan ibadah hajinya sampai menjelang pulang, sementara jika menyewa orang untuk memikulkannya tidak mempunyai ongkos.

Pertanyaan :
a.       Bolehkah ia mewakilkan thawaf, sa’i dan lain-lain, padahal semua itu temasuk ibadah badaniyyah ?

Jawaban :
Tidak boleh, selama itu rukun haji.
1.   بغية المسترشدين ص 121
(مسئلة ب) لا تجوز الإستنابة لإتمام أركان الحج ولو بعذر كموت ومرض بل يجوز البناء على فعل نفس الشخص فيما لو احصر فتحلل

2.   حاشية لبشرقاوى ج 1 ص 494
(قوله كمرض) يحصل منه مشقة لا تحتمل عادة فى إتمام النسك وإن لم تبح التيمم ثم إن شرط التيمم بلا هدى لم يلزمه عملا بشرطه وكذا إن أطلق لعدم شرطه

3.   الإيضاح فى مناسك الحج والعمرة ص 503
مذهب الشافعية لا يجوز التحلل بالمرض ونحوه كضلال عن الطريق أو ضياع نفقة من غير شرط

4.   موسوعة فقه الإسلامى  ج 4 ص 6
قال الشافعية يكون الحصر عن الوقوف والطواف أو السعى والحصر يكون بالعدو سواء كان من المسلمين أو من المشركين والحصر بالعدو وهو حصر العام اما لحصر الخاص فيكون بمنع الغريم له وحبسه ولم يجد ما يقضى دينه ويكون بالمرض كذلك ...إلى أن قال... ان الإحصار المنع من المقصود سواء منعه مرض أو عدو أو حبس والحصر التضييق

5.   موسوعة فقه الإسلامى  ج 4 ص 11
قال الشافعية من احصر عن اتمام حج او عمرة جاز له التحلل لأن الرسول لما صد عن البيت وكان معتمرا تحلل وامر اصحابه بالتحلل لأن فى مصابرة الإحرام إلى أن يأتوا بالأعمال مشقة وخرج وقد رفع الله تعالى عنا...إلى أن قال... ولا يجوز التحلل إذا احصره المرض لأنه لا يتخلص بالتحلل من الأذى الذى هو فيه فلا يتحلل كمن ضل الطريق


b.      Kalau tidak boleh bagaimana solusinya jika orang tersebut telah tiba di tanah airnya ?

Jawaban :
Harus kembali ke makkah lagi.
موسوعة فقه الإسلامى  ج 4 ص 13
قال الشافعية إذا أحرم وشرط التحلل إذا مرض أو ضاعت نفقته فقيل ان الشرط لا يثبت لأنه عبادة لا يجوز الخروج منها بغير عذر فلم يجز التحلل منها بالشرط وقيل يثبت الشرط لحديث ضياعة بنت الزبير حيث دخل عليها الرسول صلى الله عليه وسلم فقالت إنى أريد الحج وأنا شاكية فقال الرسول حجى واشترطى أن محلى حيث حبستنى وعلى هذا إذا شرط انه إذا مرض صار حلالا فمرض صار حلالا وقيل لا يتحلل إلا بالهدى


7.       PEJABAT PUBLIK HAJI SUNNAH
(PCNU Sumenep)

Deskripsi masalah :
Pergi haji adalah dambaan setiap muslim sekalipun bagi mereka yang sudah beberapa kali pergi haji. Terdorong rasa brontonya pergi haji terkadang sampai mengalahkan tugas-tugas penting di daerah tempat tinggalnya karena mereka ketepatan menjadi pejabat publik yang harus melayani masyarakat banyak.

Pertanyaan :
Apa hukum menuanaikan ibadah haji sunnah bagi pejabat publik dimana dalam waktu yang bersamaan tenaga dan fikirannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat daerah dimana mereka bertugas ?

Jawaban :
Haram, karena mementingkan ibadah sunah dan mengabaikan kewajiban.
بشرى الكريم ج 2 ص 88
(والمراد) بمن عليه مؤنتهم ما يشمل أهل الضرورة من المسلمين ولو من غير أقاربه لما ذكروه فى السير من ان دفع ضرورات المسلمين بإطعام جائع وكسوة عار ونحوهما فرض عين على من ملك أكثر من كفاية سنة وقد أهل هذا غالب الناس حتى من ينتمى إلى الصلاح


8.       SHALAT JANAZAH
(PWNU Jatim)

Deskripsi masalah :
Posisi jenazah hadlirah ketika dishalati harus berada di depan para mushalli karena diposisikan seperti imam. Pada musim haji setiap shalat maktubah di masjid Al-Haram hampir selalu dilaksanakan shalat jenazah hadlirah sekalipun diantara para jamaah tidak tahu di mana posisi jenazahnya. Ada sebagian jamaah berupaya ingin tahu di mana posisi jenazah sebenarnya, ternyata posisinya tidak berada pada tempat yang paling depan (dekat ka’bah), melainkan dibelakang lokasi thawaf (lokasi masjid yang beratap). Sehingga ketika paera jamaah melaksanakan shalat jenazah diantara mereka ada yang posisinya di depan jenazah, karena mereka sholat berada dilokasi thawaf.

Pertanyaan :
a.       Ketika para jamaah tidak semuanya mengetahui posisi jenazah, wajibkah jenazah diletakkan pada tempat paling depan ?. Pihak mana yang harus menanggung kewajiban ini ?

Jawaban :

b.      Apa hukum sholat jenazah bagi sebagian jamaah yang posisinya tidak berada di belakang jenazah ?

Jawaban :
Tidak boleh menurut Madzhab dan boleh menurut muqobilul madzhab.
إعانة الطالبين ج 2 ص 149
(قوله: وأن لا يتقدم إلخ) معطوف على تقدم طهره، أي وشرط عدم تقدم المصلي على الميت اتباعا لما جرى عليه الاولون، ولان الميت كالامام.وهذا هو المذهب. ومقابله يقول: يجوز تقدم المصلي على الميت، لان الميت ليس بإمام متبوع حتى يتعين تقديمه، بل هو كعبد جاء معه جماعة ليستغفروا له عند مولاه. (قوله: وإن كان حاضرا) أي عند المصلي، لا في البلد، لما سيذكره من أنها لا تصح على ميت في البلد غائب عن مجلس المصلي. (قوله: ولو في قبر) أي ولو كان الميت الحاضر كائنا في قبر، فيشترط عدم تقدم المصلي عليه. وعبارة المنهاج مع المغني: ويشترط أن لا يتقدم على الجنازة الحاضرة إذا صلي عليها، وأن لا يتقدم على القبر إذا صلي عليه على المذهب فيهما.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا