Sholat Part IV
16. SUJUD TANPA MELETAKKAN TANGAN
Sujud dengan
meletakkan jidat (kening) merupakan syarat dapat dianggap sahnya melakukan
sujud. Disamping itu, dalam praktek bersujud melibatkan beberapa anggota badan
yang lain, seperti kedua tangan, lutut dan kedua kaki. Apakah saat melakukan
sujud wajib meletakkan kedua telapak tangan, kedua lutut dan kaki?
Jawab: Menurut Imam
an-Nawawi, hukumnya wajib. Sedangkan menurut ar-Rôfi’i tidak wajib.
Referensi:
& كفاية الأخيار
الجزء 1 صحـ : 109 – 110 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
وَهَلْ يَجِبُ
وَضْعُ يَدَيْهِ وَرُكْبَتَيْهِ وَقَدَمَيْهِ مَعَ جَبْهَتِهِ قَوْلاَنِ
اْلأَظْهَرُ عِنْدَ الرَّافِعِيِّ لاَ يَجِبُ وَاْلأَظْهَرُ عِنْدَ النَّوَوِيُّ
الْوُجُوْبُ فَعَلَى مَا صَحَّحَهُ النَّوَوِيُّ اِلاعْتِبَارُ بَاطِنُ الْكَفِّ
وَظَهْرُ اْلأَصَابِعِ اهـ
& حاشيتا قليوبي
وعميرة الجزء 1 صحـ : 182 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
وَلاَ يَجِبُ
وَضْعُ يَدَيْهِ وَرُكْبَتَيْهِ وَقَدَمَيْهِ فِي السُّجُودِ فِي اْلأَظْهَرِ
ِلأَنَّهُ لَوْ وَجَبَ وَضْعُهَا لَوَجَبَ اْلإِيمَاءُ بِهَا عِنْدَ الْعَجْزِ
عَنْ وَضْعِهَا وَاْلإِيمَاءُ بِهَا لاَ يَجِبُ فَلاَ يَجِبُ وَضْعُهَا قُلْتُ
اْلأَظْهَرُ وُجُوبُهُ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ لِحَدِيثِ الصَّحِيحَيْنِ أُمِرْتُ
أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ الْجَبْهَةِ وَالْيَدَيْنِ
وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ وَاْلأَوَّلُ يَقُولُ اْلأَمْرُ
فِيهِ أَمْرُ نَدْبٍ فِي غَيْرِ الْجَبْهَةِ وَيَكْفِي عَلَى الْوُجُوبِ وَضْعُ
جُزْءٍ مِنْ كُلِّ وَاحِدٍ مِنْهَا وَاِلاعْتِبَارُ فِي الْيَدِ بِبَاطِنِ
الْكَفِّ سَوَاءٌ اْلأَصَابِعُ وَالرَّاحَةُ قَالَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ
وَفِي الرِّجْلِ بِبُطُونِ اْلأَصَابِعِ وَلاَ يَجِبُ كَشْفُ شَيْءٍ مِنْهَا
وَعَلَى عَدَمِ الْوُجُوبِ يُتَصَوَّرُ رَفْعُ جَمِيعِهَا بِأَنْ يُصَلِّيَ عَلَى
حَجَرَيْنِ بَيْنَهُمَا حَائِطٌ قَصِيرٌ يَنْبَطِحُ عَلَيْهِ عِنْدَ السُّجُودِ
وَيَرْفَعُهَا قَالَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ اهـ
17. PENGGANTIAN HURUF DALAM AL-FATIHAH
Entah dengan alasan
apa (mungkin karena tidak pernah mengaji), kebanyakan saat membaca Fatihah
dalam shalat, huruf Dlad diganti dengan huruf Dza’. Apakah hal tersebut dapat
membatalkan shalat?
Jawab: Menurut
pendapatnya al-Fakhrûr ar-Râzi tidak batal, karena sulitnya membedakan kedua
huruf tersebut.
Referensi:
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 67 مكتبة دار الفكر
( مَسْأَلَةُ ب ) لَوْ أَبْدَلَ الضَّادَ ظَاءً فِي الْفَاتِحَةِ بَطَلَتْ
صَلاَتُهُ فِي اْلأَصَحِّ وَمُقَابِلُهُ وَجْهٌ قَوِيٌّ يَجُوْزُ تَقْلِيْدُهُ
أَنَّهَا لاَ تَبْطُلُ لِعُسْرِ التَّمْيِيْزِ بَيْنَهُمَا وَفِي تَفْسِيْرِ
الْفَخْرِ الرَّازِيِّ تَجُوْزُ الْقِرَاءَةُ بِإِبْدَالِ الضَّادَ ظَاءً
لِتَشَابُهِهِمَا وَهَذَا يُخَفِّفُ عَنِ الْعَوَامِّ وَيُوْجِبُ عَدَمَ
التَّشْدِيْدِ وَالتَّنَطُّعِ عَلَيْهِمْ اهـ
18. SHALATNYA ORANG YANG TIDAK MAMPU DUDUK
Melihat kondisi
orang sakit terutama yang ada di rumah sakit, sangat begitu memperihatinkan,
ada yang hanya bisa duduk tidak bisa berdiri, juga ada yang bisanya hanya tidur
saja. Sedangkan yang tahapannya sangat parah, bisanya hanya melihat tanpa
sepatah katapun. Bagaimanakah cara shalatnya seseorang jika tidak mampu shalat
sambil duduk ?
Jawab: Dengan cara
tidur miring serta menghadapkan wajahnya ke arah kiblat. Sedangkan yang lebih
baik, miring di atas lambung bagian kanan seperti posisi mayit. Pendapat lain
mengatakan; shalat dengan cara tidur terlentang serta menghadapkan kedua
kakinya ke arah kiblat dan kepalanya agak diangkat.
Referensi:
& روضة الطالبين
وعمدة المفتين الجزء 1 صحـ : 236 مكتبة الإسلامية
قَالَ
الْجُمْهُوْرُ وَالْعَجْزُ عَنِ الْقُعُوْدِ يَحْصُلُ بِمَا يَحْصُلُ بِهِ
الْعَجْزُ عَنِ الْقِيَامِ وَقَالَ إِمَامُ الْحَرَمَيْنِ لاَ يَكْفِيْ ذَلِكَ
بَلْ يُشْتَرَطُ فِيْهِ عَدَمُ تَصَوُّرِ الْقُعُوْدِ أَوْ خِيْفَةُ الْهَلاَكِ
أَوْ الْمَرَضِ الطَّوِيْلِ إِلْحَاقًا لَهُ بِالْمَرَضِ الْمُبِيْحِ
لِلتَّيَمُّمِ وَفِي كَيْفَيَّةِ صَلاَتِهِ وَجْهَانِ وَقِيْلَ قَوْلاَنِ
أَصَحُّهُمَا أَنَّهُ يَضْطَجِعُ عَلَى جَنْبِهِ اْلأَيْمَنِ مُسْتَقْبِلاً
بِوَجْهِهِ وَمُقَدِّمِ بَدَنِهِ الْقِبْلَةَ كَالْمَيِّتِ فِيْ لَحْدِهِ فَلَوْ
خَالَفَ وَاضْطَجَعَ عَلَى جَنْبِهِ اْلأَيْسَرِ صَحَّ إِلاَ أَنَّهُ تَرَكَ
السُّنَّةَ وَالثَّانِيْ أَنَّهُ يَسْتَلْقِيْ عَلَى ظَهْرِهِ وَيَجْعَلُ
رِجْلَيْهِ إِلَى الْقِبْلَةِ وَيَرْفَعُ وِسَادَتَهُ قَلِيْلاً وَهَذَا
الْخِلاَفُ فِي الْقَادِرِ عَلَى اِلاضْطِجَاعِ وَاْلاِسْتِلْقَاءِ فَإِنْ لَمْ
يَقْدِرْ إِلاَّ عَلَى أَحَدِهِمَا أَتَى بِهِ قَالَ إِمَامُ الْحَرَمَيْنِ هَذَا
الْخِلاَفُ فِي الْكَيْفِيَّةِ الْوَاجِبَةِ اهـ
19. KEWAJIBAN MENGHADAP KIBLAT BAGI ORANG
SAKIT
Tempat tidur yang
ada dirumah sakit, posisinya bermacam-macam, ada yang membujur kearah barat,
timur dan lain sebagainya. Bahkan tidak jarang posisi tempat tidur tersebut
menyulitkan bagi para pasien untuk menghadap kiblat ketika hendak melakukan
shalat sambil tidur. Jika hal itu terjadi, bagaimanakah cara shalatnya pasien
tersebut?
Jawab: Shalat
sebisa mungkin dan harus meng-qadlâ’.
Referensi:
& حاشيتا قليوبي
وعميرة الجزء 1 صحـ : 151 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
اسْتِقْبَالُ
الْقِبْلَةِ أَيْ الْكَعْبَةِ شَرْطٌ لِصَلاَةِ الْقَادِرِ عَلَيْهِ فَلاَ تَصِحُّ
صَلاَةٌ بِدُونِهِ إجْمَاعًا بِخِلاَفِ الْعَاجِزِ عَنْهُ كَمَرِيضٍ لاَ يَجِدُ
مَنْ يُوَجِّهُهُ إلَى الْقِبْلَةِ وَمَرْبُوطٍ عَلَى خَشَبَةٍ فَيُصَلِّي عَلَى حَالِهِ
وَيُعِيدُ وَيُعْتَبَرُ اِلاسْتِقْبَالُ بِالصَّدْرِ لاَ بِالْوَجْهِ أَيْضًا
ِلأَنَّ اِلالْتِفَاتَ بِهِ لاَ يُبْطِلُ الصَّلاَةَ قَوْلُهُ وَيُعِيدُ أَيْ
لِعَدَمِ اسْتِقْبَالِهِ وَمِنْهُ يُعْلَمُ أَنَّ اِلاسْتِقْبَالَ شَرْطٌ فِي
حَقِّ الْعَاجِزِ أَيْضًا إلاَ أَنْ يُقَالَ إنَّهُ لِلْقَادِرِ شَرْطٌ
لِلصِّحَّةِ وَلِلْعَاجِزِ شَرْطٌ لِلْإِجْزَاءِ فَتَأَمَّلْ قَوْلُهُ بِالصَّدْرِ
أَيْ بِجَمِيعِهِ يَقِينًا مَعَ الْقُرْبِ وَظَنًّا مَعَ الْبُعْدِ فَلَوْ خَرَجَ
جُزْءٌ مِنْهُ عَنْ مُحَاذَاةِ الْعَيْنِ لَمْ تَصِحَّ صَلاَتُهُ وَالْمُعْتَبَرُ
فِي اِلاسْتِقْبَالِ فِي الرُّكُوعِ وَالسُّجُودِ الْعُرْفُ لاَ الصَّدْرُ اهـ
Sholat Part III
11. KELUARNYA DARAH MIMISAN SAAT SHALAT
Bagi seseorang yang
mengidap penyakit mimisan (sering keluar darah dari hidungnya) sewaktu-waktu
akan kambuh kembali. Apalagi setelah bekerja berat. Sehingga tidak penutup
kemungkinan darah mimisan tersebut akan keluar pada saat melakukan shalat.
Batalkah shalat seseorang jika di tengah melakukan shalat, hidungnya keluar
darah (jawa; mimisan) mengingat darah tersebut merupakan hal yang najis?
Jawab: Tidak batal
apabila keluarnya sedikit, karena di-ma’fu.
Referensi:
& تحفة المحتاج في
شرح المنهاج الجزء 2 صحـ : 137 مكتبة دار إحياء التراث العربي
وَلَوْ رَعِفَ
فِي الصَّلاَةِ وَلَمْ يُصِبْهُ مِنْهُ إِلاَّ الْقَلِيلُ لَمْ يَقْطَعْهَا وَإِنْ
كَثُرَ نُزُولُهُ عَلَى مُنْفَصِلٍ عَنْهُ فَإِنْ كَثُرَ مَا أَصَابَهُ لَزِمَهُ
قَطْعُهَا اهـ
12. SELESAI SHALAT TERNYATA BAJU TERDAPAT
NAJISNYA
Seseorang ketika
melaksanakan shalat, tidak tahu kalau baju yang dipakainya, ternyata terdapat
najis yang tidak di-ma’fu. Akhirnya ia baru mengetahuinya setelah selesai
melakukan shalat. Apakah orang tersebut wajib mengulangi shalatnya, ketika tahu
kalau bajunya terdapat najis?
Jawab: Wajib
mengulangi lagi, karena suci dari najis merupakan syarat sahnya shalat.
Referensi:
& كفاية الأخيار
الجزء 1 صحـ : 92 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
( فَرْعٌ ) إِذَا صَلَّى بِنَجَاسَةٍ لاَ يُعْفَى عَنْهَا وَهُوَ جَاهِلٌ بِهَا
حَالَ الصَّلاَةِ سَوَاءٌ كَانَتْ فِي بَدَنِهِ أَوْ ثَوْبِهِ أَوْ مَوْضِعِ صَلاَتِهِ
فَإِن لَّمْ يَعْلَمْ بِهَا أَلْبَتَّةَ فَقَوْلاَنِ الْجَدِيْدُ اْلأَظْهَرُ
يَجِبُ عَلَيْهِ الْقَضَاءُ ِلأَنَّهَا طَهَارَةٌ وَاجِبَةٌ فَلاَ تَسْقُطُ
بِالْجَهْلِ كَطَهَارَةِ الْحَدَثِ وَالْقَدِيْمُ أَنَّهُ لاَ يَجِبُ وَنَقَلَهُ
ابْنُ الْمُنْذِرِ عَنْ خَلاَئِقَ وَاخْتَارَهُ وَكَذَا النَّوَوِيُّ اخْتَارَهُ
فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ اهـ
13. KEWAJIBAN SHALAT BAGI ORANG SEKARAT
Selama nyawa masih
dikandung badan, yang namanya ibadah shalat tidak mengenal istilah dispensasi
untuk dapat ditinggalkan. Namun jika kita melihat orang yang sedang sekarat
dalam waktu cukup lama, kayaknya secara rasional sudah tidak mungkin lagi untuk
melakukan shalat. Sekalipun dengan praktek yang paling ringan, yakni; shalat
dengan cara memakai isyarat. Apakah bagi seseorang yang sedang sekarat masih
terkena kewajiban mengerjakan shalat?
Jawab: Menurut Imam
Abû Hanifah, jika sudah tidak mampu shalat dengan isyarat, maka tidak
berkewajiban shalat.
Referensi:
& حاشية البجيرمي
على الخطيب الجزء 2 صحـ : مكتبة دار الفكر
قَوْلُهُ وَلاَ تَسْقُطُ
عَنْهُ الصَّلاَةُ قَالَ اْلأَئِمَّةُ الثَّلاَثَةُ إنَّ فَرْضَ الصَّلاَةِ لاَ
يَسْقُطُ عَنْ الْمُكَلَّفِ مَا دَامَ عَقْلُهُ ثَابِتًا وَلَوْ بِإِجْرَاءِ
الصَّلاَةِ عَلَى قَلْبِهِ وَقَالَ اْلإِمَامُ أَبُو حَنِيفَةَ إنَّ مَنْ عَايَنَ
الْمَوْتَ وَعَجَزَ عَنْ اْلإِيمَاءِ بِرَأْسِهِ سَقَطَ عَنْهُ الْفَرْضُ
وَعَلَيْهِ عَمَلُ النَّاسِ سَلَفًا وَخَلَفًا فَلَمْ يَبْلُغْنَا أَنَّ أَحَدًا
مِنْهُمْ أَمَرَ الْمُحْتَضِرَ بِالصَّلاَةِ وَوَجْهُ قَوْلِ اْلإِمَامِ أَبِيْ
حَنِيفَةَ الْمُتَقَدِّمِ أَنَّ مَنْ حَضَرَهُ الْمَوْتُ صَارَ قَلْبُهُ مَعَ
اللَّهِ تَعَالَى أَعْظَمَ مِنْ اشْتِغَالِهِ بِمُرَاعَاةِ اْلأَفْعَاالِ ِلأَنَّ
اْلأَفْعَاالَ وَاْلأَقْوَالَ الَّتِي أَمَرَنَا الشَّارِعُ بِهَا فِي الصَّلاَةِ
إنَّمَا أَمَرَنَا بِهَا وَسِيلَةً إلَى الْحُضُورِ مَعَ اللَّهِ تَعَالَى فِيهَا
وَالْمُحْتَضِرُ انْتَهَى سَيْرُهُ إلَى الْحَضْرَةِ وَتَمَكَّنَ فِيهَا فَصَارَ
حُكْمُهُ حُكْمَ الْوَلِيِّ الْمَجْذُوبِ وَهُنَا أَسْرَارٌ لاَ تُسَطَّرُ فِي
كِتَابٍ فَافْهَمْ انْتَهَى مِيزَانٌ اهـ
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 128 مكتبة دار الفكر
( فَائِدَةٌ ) يَجِبُ عَلَى الْمَرِيْضِ أَنْ يُؤَدِّيَ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ
مَعَ كَمَالِ شُرُوْطِهَا وَأَرْكَانِهَا وَاجْتِنَابِ مُبْطِلاَتِهَا حَسْبَ
قُدْرَتِهِ وَإِمْكَانِهِ وَلَهُ الْجُلُوْسُ ثُمَّ اِلاضْطِجَاعُ ثُمَّ
اِلاسْتِلْقَاءُ وَاْلإِيْمَاءُ إِذَا وَجَدَ مَا تُبِيْحُهُ عَلَى مَا قُرِّرَ
فِي الْمَذْهَبِ فَإِنْ كَثُرَ ضَرَرُهُ وَاشْتَدَّ مَرَضُهُ وَخَشِيَ تَرْكَ
الصَّلاَةِ رَأْساً فَلاَ بَأْسَ بِتَقْلِيْدِ أَبِيْ حَنِيْفَةَ وَمَالِكٍ وَإِنْ
فُقِدَتْ بَعْضُ الشُّرُوْطِ عِنْدَنَا وَحَاصِلُ مَا ذَكَرَهُ الشَّيْخُ
مَحَمَّدُ بْنُ خَاتِمٍ فِي رِسَالِتِهِ فِي صَلاَةِ الْمَرِيْضِ أَنَّ مَذْهَبَ
أَبِيْ حَنِيْفَةَ أَنَّ الْمَرِيْضَ إِذَا عَجَزَ عَنِ اْلإِيْمَاءِ بِرِأْسِهِ
جَازَ لَهُ تَرْكُ الصَّلاَةِ فَإِنْ شَفِيَ بَعْدَ مُضِيِّ يَوْمٍ فَلاَ قَضَاءَ
عَلَيْهِ وَإِذَا عَجَزَ عَنِ الشُّرُوْطِ بِنَفْسِهِ وَقَدَرَ عَلَيْهَا
بِغَيْرِهِ فَظَاهِرُ الْمَذْهَبِ وَهُوَ قَوْلُ الصَّاحِبَيْنِ لُزُوْمُ ذَلِكَ
إِلاَّ إِنْ لَحِقَتْهُ مَشَقَّةٌ بِفِعْلِ الْغَيْرِ أَوْ كَانَتِ النَّجَاسَةُ
تَخْرُجُ مِنْهُ دَائِماً وَقَالَ أَبُوْ حَنِيْفَةَ لاَ يُفْتَرَضُ عَلَيْهِ
مُطْلَقاً ِلأَنَّ الْمُكَلَّفَ عِنْدَهُ لاَ يُعَدُّ قَادِراً بِقُدْرِةِ
غَيْرِهِ وَعَلَيْهِ لَوْ تَيَمَّمَ الْعَاجِزُ عَنِ الْوُضُوْءِ بِنَفْسِهِ أَوْ
صَلَّى بِنَجَاسَةٍ أَوْ إِلَى غَيْرِ الْقِبْلَةِ مَعَ وُجُوْدِ مَنْ
يَسْتَعِيْنُ بِهِ وَلَمْ يَأْمُرْهُ صَحَّتْ اهـ
14. ANAK KECIL MERANGKUL ORANG SHALAT
Seorang anak yang
baru berusia 3 tahun, memang sangat menyenangkan sekali. Saking sayangnya,
walaupun baru datang dari kerja, sang ayah sangat senang menggendongnya. Yang
jadi masalah, terkadang anak yang sedang lucu-lucunya itu menghampiri dan
merangkul ayahnya ketika sedang melakukan shalat. Padahal anak tersebut sering
main-main di tanah, yang ada kemungkinan akan terkena najis. Bagaimana hukum
shalat seseorang seperti dalam kasus di atas?
Jawab: Shalatnya
tidak batal asalkan sang anak tidak dipastikan membawa najis.
Referensi:
& حاشية بجيرمي على
الخطيب الجزء 1 صحـ : 444 مكتبة دار الفكر
( فَرْعٌ ) لَوْ تَعَلَّقَ بِالْمُصَلِّيْ صَبِيٌّ أَوْ هِرَّةٌ لَمْ يَعْلَمْ
نَجَاسَةَ مَنْفَذِهِمَا لاَ تَبْطُلُ صَلاَتُهُ ِلأَنَّ هَذَا مِمَّا تَعَارَضَ
فِيهِ اْلأَصْلُ وَالْغَالِبُ إذِ اْلأَصْلُ الطَّهَارَةُ وَالْغَالِبُ
النَّجَاسَةُ وَخَرَجَ بِقَوْلِنَا لَمْ يَعْلَمْ نَجَاسَةَ مَنْفَذِهِمَا مَا
لَوْ عِلْمَهُ ثُمَّ غَابَتِ الْهِرَّةُ أَوِ الطِّفْلُ زَمَنًا لاَ يُمْكِنُ
فِيهِ غَسْلُ مَنْفَذِهِمَا فَهُوَ بَاقٍ عَلَى نَجَاسَتِهِ فَتَبْطُلُ صَلاَتُهُ
لِتَعَلُّقِهِمَا بِالْمُصَلِّي وَلاَ يُحْكَمُ بِنَجَاسَةِ مَا أَصَابَ
مَنْفَذََهُمَا كَالْهِرَّةِ إذَا أَكَلَتْ فَأْرَةً ثُمَّ غَابَتْ غَيْبَةً
يُمْكِنُ طُهْرُ فَمِهَا فِيهَا اهـ عِ ش عَلَى م ر فَلاَ تُنْجُسُ مَا أَصَابَهُ
فَمُهَا وَقَدْ يُقَالُ النَّجَاسَةُ مُتَيَقَّنَةٌ وَالطُّهْرُ مَشْكُوْكٌ فِيهِ
فَمُقْتَضَاهُ نَجَاسَةُ مَا أَصَابَهُ فَمُهَا اهـ
15. SHALAT TANPA WUDLU DAN TAYAMMUM
Penjara memang
tempat para penjahat, mulai kelas kakap sampai yang kelas teri, semuanya ada
disana. Dan tak sedikit diantara mereka gara-gara dijebloskan ke penjara,
akhirnya mau kembali lagi ke jalan yang lurus (bertaubat). Namun jangan dikira
tempat dipenjara sama dengan yang diluar. Kadang-kadang kamar yang mereka
tempati tidak disediakan alat bersuci. Sehingga untuk melakukan shalat secara
sempurna, seakan-akan sangat sulit dilaksanakan. Apakah seseorang yang tidak
menemukan alat bersuci, baik air maupun debu tetap diwajibkan mengerjakan
shalat?
Jawab: Menurut qaul
Jadid wajib mengerjakan shalat dalam rangka untuk menghormati waktu, serta
berkewajiban mengulangi shalat tersebut ketika sudah menemukan alat bersuci.
Referensi:
& حاشيتا قليوبي
وعميرة الجزء 1 صحـ : 110 مكتبة دار إحياء الكتب العربي
وَمَنْ لَمْ
يَجِدْ مَاءً وَلاَ تُرَابًا كَالْمَحْبُوسِ فِي مَوْضِعٍ لَيْسَ فِيهِ وَاحِدٌ
مِنْهُمَا لَزِمَهُ فِي الْجَدِيدِ أَنْ يُصَلِّيَ الْفَرْضَ لِحُرْمَةِ الْوَقْتِ
وَيُعِيدَ إذَا وَجَدَ أَحَدَهُمَا يُنْدَبُ لَهُ الْفِعْلُ وَالثَّانِي يَحْرُمُ
وَيُعِيدُ عَلَيْهِمَا وَالثَّالِثُ يَجِبُ وَلاَ يُعِيدُ حَكَاهُ فِي أَصْلِ
الرَّوْضَةِ وَاخْتَارَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ فِي عُمُومِ قَوْلِهِ كُلُّ
صَلاَةٍ وَجَبَ فِعْلُهَا فِي الْوَقْتِ مَعَ خَلَلٍ لَمْ يَجِبْ قِصَاؤُهَا فِيْ
قَوْلٍ قَالَ بِهِ الْمُزَنِيّ وَهُوَ الْمُخْتَارُ ِلأَنَّهُ أَدَّى وَظِيفَةَ
الْوَقْتِ وَإِنَّمَا يَجِبُ الْقَضَاءُ بِأَمْرٍ جَدِيدٍ وَلَمْ يَثْبُتْ فِيهِ
شَيْءٌ اهـ
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 128 مكتبة دار الفكر
وَأَمَّا مَالِكٌ
فَمُقْتَضَى مَذْهَبِهِ وُجُوْبُ اْلإِيْمَاءِ بِالطَّرْفِ أَوْ بِإِجْرَاءِ
اْلأَرْكَانِ عَلَى الْقَلْبِ وَالْمُعْتَمْدُ مِنْ مَذْهَبِهِ أَنَّ طَهَارَةَ
الْخَبَثِ مِنَ الثَّوْبِ وَالْبَدَنِ وَالْمَكَانِ سُنَّةٌ فَيُعِيْدُ
اسْتِحْبَاباً مَنْ صَلَّى عَالِماً قَادِراً عَلَى إِزَالَتِهَا وَمُقَابِلُهُ
الْوُجُوْبُ مَعَ الْعِلْمِ وَالْقُدْرَةِ وَإِلاَّ فَمُسْتَحَبٌّ مَا دَامَ
الْوَقْتُ فَقَطْ وَأَمَّا طَهَارَةُ الْحَدَثِ فَإِنْ عَجَزَ عَنِ اسْتِعْمَالِ
الْمَاءِ لِخَوْفِ حُدُوْثِ مَرَضٍ أَوْ زِيَادَتِهِ أَوْ تَأْخِيْرِ بُرْءٍ جَازَ
التَّيَمُّمُ وَلاَ قَضَاءَ عَلَيْهِ وَكَذَا لَوْ عَدِمَ مَنْ يُنَاوِلُهُ
الْمَاءَ وَلَوْ بِأُجْرَةٍ وَإِنْ عَجَزَ عَنِ الْمَاءِ وَالصَّعِيْدِ
لِعَدَمِهِمَا أَوْ عَدَمِ الْقُدْرَةِ عَلَى اسْتِعْمَالِهِمَا بِنَفْسِهِ
وَغَيْرِهِ سَقَطَتْ عَنْهُ الصَّلاَةُ وَلاَ قَضَاءَ اهـ
Sholat Part II
6. STANDARISASI MENUTUP AURAT
Syarat sahnya
shalat adalah harus menutupi aurat baik dari arah atas ataupun samping,
mengecualikan arah bawah. Bagaimana kejelasan tentang arah atas, bawah dan arah
samping aurat?
Jawab: Maksud arah
atas bagi laki-laki adalah, menutupi pusar serta anggota yang lurus dengan
pusar. Untuk arah bawah, dimulai dari lutut serta anggota yang lurus dengan
lutut. Sedangkan arah samping adalah, tertutupnya semua angota antara pusar dan
lutut. Mengenai arah atas bagi perempuan adalah, menutupi kepala, pundak dan
sisi samping wajahnya. Untuk arah bawahnya, bagian arah yang terletak di bawah
telapak kakinya. Sedangkan arah sampingnya, semua anggota aurat diantara kepala
dan kaki perempuan.
Referensi:
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 84 مكتبة دار الفكر
( مَسْأَلَةُ ي) قَوْلُهُمْ يُشْتَرَطُ السَتْرُ مِنْ أَعْلاَهُ وَجَوَانِبِهِ
لاَ مِنْ أَسْفَلِهِ الضَّمِيْرُ فِيْهَا عَائِدٌ إِمَّا عَلَى السَّاتِرِ أَوِ
الْمُصَلِّيْ وَالْمُرَادُ بِأَعْلاَهُ عَلَى كِلاَ الْمَعْنَيَيْنِ فِيْ حَقِّ
الرَّجُلِ السُرَّةُ وَمُحَاذِيْهَا وَبِأَسْفَلِهِ الرُكْبَتَانِ
وَمُحَاذِيْهِمَا وَبِجَوَانِبِهِ مَا بَيْنَ ذَلِكَ وَفِيْ حَقِّ الْمَرْأَةِ
بِأَعْلاَهُ مَا فَوْقَ رَأْسِهَا وَمَنْكِبَيْهَا وَسَائِرِ جَوَانِبِ وَجْهِهَا
وَبِأَسْفَلِهِ مَا تَحْتَ قَدَمَيْهَا وَبِجَوَانِبِهِ مَا بَيْنَ ذَلِكَ اهـ
7. PEMAKAIAN MUKENA YANG KURANG
HATI-HATI
Aurat perempuan
dalam shalat adalah menutup seluruh anggota badan, kecuali muka dan dua telapak
tangan. Namun hal ini kadang kurang diperhatikan oleh kaum hawa, belum lagi
model mukena yang agak lebar, sehingga kemungkinan besar pada saat melakukan
takbir atau ruku’ ada sebagian auratnya yang akan terlihat. Batalkah shalatnya
seorang wanita ketika sebagian auratnya terlihat seperti kasus diatas?
Jawab: Batal,
karena terlihat dari arah samping.
Referensi:
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 85 مكتبة دار الفكر
وَحِيْنَئِذٍ
لَوْ رُؤِيَ صَدْرُ الْمَرْأَةِ مِنْ تَحْتِ الْخِمَارِ لِتَجَافِيْهِ عَنِ
الْقَمِيْصِ عِنْدَ نَحْوِ الرُّكُوْعِ أَوِ اتَّسَعَ الْكَمُن بِحَيْثُ تُرَى
مِنْهُ الْعَوْرَةُ بَطَلَتْ صَلاَتُهَا فَمَنْ تَوَهَّمَ أَنَّ ذَلِكَ مِنَ
اْلأَسْفَلِ فَقَدْ أَخْطَأَ ِلأَنَّ الْمُرَادَ بِاْلأَسْفَلِ أَسْفَلُ الثَّوْبِ
الَّذِيْ عَمَّ الْعَوْرَةَ أَمَّا مَا سَتَرَ جَانِبَهَا اْلأَعْلَى فَأَسْفَلُهُ
مِنْ جَانِبِ الْعَوْرَةِ بِلاَ شَكٍّ كَمَا قَرَّرْنَاهُ اهـ قُلْتُ قَالَ فِي
حَاشِيَةِ الْكُرْدِيِّ وَفِي اْلإِمْدَادِ وَيَتَرَدَّدُ النَّظْرُ فِي رُؤْيَةِ
ذِرَاعِ الْمَرْأَةِ مِنْ كَمِّهَا مَعَ إِرْسَالِ يَدِهَا اسْتَقْرَبَ فِي
اْلإِيْعَابِ عَدَمَ الضَّرَرِ بِخِلاَفِ مَا لَوِ ارْتَفَعَتِ الْيَدُّ
وَيُوَافِقُهُ فِي مَا فِي فَتَاوِيْ م ر وَخَالَفَهُ فِي التُّحْفَةِ قَالَ
ِلأَنَّ هَذَا رُؤْيَةٌ مِنَ الْجَوَانِبِ وَهِيَ تَضُرُّ مُطْلَقاً اهـ وَفِي
الْجَمَلِ وَقَوْلُهُمْ وَلاَ يَجِبُ السَّتْرُ مِنْ أَسْفَلَ أَيْ وَلَوْ
ِلامْرَأَةٍ فَلَوْ رُؤِيَتْ مِنْ ذَيْلِهِ فِي نَحْوِ قِيَامٍ أَوْ سُجُوْدٍِ لاَ
لِتَقَلُّصِ ثَوْبِهِ بَلْ لِجَمْعِ ذَيْلِهِ عَلَى عَقِبَيْهِ لَمْ يَضُرَّ كَمَا
قَالَهُ ب ر و ع ش اهـ
8. KERAWANAN BAJU KOKO TERKAIT
TERLIHATNYA AURAT
Zaman sekarang,
baju bukan hanya untuk menutupi aurat, lebih dari itu, baju dijadikan media
untuk bergaya. Akibatnya, baju untuk shalatpun ikut termodif, seperti baju koko
yang didesain seperti kaos oblong. Sehingga ketika dipakai untuk shalat, aurat
rawan kelihatan dari bagian atas. Sahkah shalat dengan menggunakan model baju
seperti di atas?
Jawab: Tidak sah,
jika auratnya kelihatan dari atas.
Referensi:
& حاشيتا قليوبي
وعميرة الجزء 1 صحـ : 203 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
فَلَوْ رُئِيَتْ
عَوْرَتُهُ أَيِ الْمُصَلِّيْ مِنْ جَيْبِهِ أَيْ طَوْقِ قَمِيْصِهِ لِسَعَتِهِ
فِي رُكُوعٍ أَوْ غَيْرِهِ لَمْ يَكْفِ السَّتْرُ بِهَا الْقَمِيصَ فَلْيَزُرَّهُ
أَوْ يَشُدَّ وَسَطَهُ بِضَمِّ الزَّايِ وَفَتْحِ الدَّالِ وَالسِّينِ فِي
اْلأَحْسَنِ حَتَّى لاَ تُرَى عَوْرَتُهُ مِنْهُ وَلَوْ رُئِيَتْ عَوْرَتُهُ مِنْ
ذَيْلِهِ بِأَنْ كَانَ فِي عُلُوٍّ وَالرَّائِيْ فِي سُفْلٍ لَمْ يَضُرَّ ذَلِكَ
وَقَدْ ذَكَرَهُ فِي الْمُحَرَّرِ وَمَعْنَى رُئِيَتْ عَوْرَتُهُ فِي
الْقِسْمَيْنِ كَانَتْ بِحَيْثُ تُرَى وَلَوْ لَمْ يَفْعَلْ مَا أُمِرَ بِهِ فِي
الْقِسْمِ اْلأَوَّلِ وَأَحْرَمَ بِالصَّلاَةِ هَلْ تَنْعَقِدُ ثُمَّ تَبْطُلُ
عِنْدَ الرُّكُوعِ أَوْ غَيْرِهِ أَوْ لاَ تَنْعَقِدُ أَصْلاً فِيهِ وَجْهَانِ
أَصَحُّهُمَا اْلأَوَّلُ وَعَلَيْهِ يَصِحُّ اِلاقْتِدَاءُ بِهِ قَبْلَ الرُّكُوعِ
وَيَكْفِي سَتْرُ مَوْضِعِ الْجَيْبِ قَبْلَهُ اهـ
9. AURAT TERBUKA KARENA HEMBUSAN ANGIN
Pada suatu ketika,
ada seseorang sedang melaksakan shalat di luar serambi masjid. Karena angin
sangat kencang, maklum musim kemarau, akhirnya sarungnya terbuka. Apakah terbukanya
aurat yang disebabkan karena hembusan angin dapat membatalkan shalat?
Jawab: Tidak
membatalkan shalat, apabila seketika itu langsung ditutup.
Referensi:
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 84 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
( فائدة ) لَوْ كَشَفَتِ الرِّيْحُ عَوْرَتَهُ فَسَتَرَهَا حَالاً لَمْ يَضُرَّ
كَمَا لَوَ كَشَفَهُ نَحْوُ آدَمِيٍّ قَالَهُ بج وح ل وَقَيَّدَهُ سم بِغَيْرِ
الْمُمَيِّزِ وَقَالَ زي وَحِيْنَئِذٍ يَضُرُّ غَيْرُ الرِّيْحَ مُطْلَقاً اهـ
10. DAGU TERMASUK AURAT SHALAT WANITA
Model dan ukuran
mukena (baca; rukuh) yang dijual di pasar-pasar sangat bervariasi, ada yang
bentuknya terpotong juga ada yang seperti jubah tanpa potongan. Namun diantara
dua model ini, tak jarang kaum wanita ketika menggunakannya untuk shalat,
dagunya masih kelihatan. Batalkah shalatnya perempuan yang dagunya kelihatan?
Jawab: Menurut
ulama’ kalangan Syâfi’iyyah shalatnya batal. Namun menurut ulama’ Hanafiyyah
dan Mâlikiyyah, terlihatnya dagu saat shalat tidak membatalkan shalat.
Referensi:
& قرة العين بفتاوى
إسمعيل الزين صحـ : 59
وَأَمَّا عِنْدَ
غَيْرِهِمْ كَالسَّادَةِ الْحَنَفِيَّةِ وَالسَّادَةِ الْمَالِكِيَّةِ فَإِنَّ مَا
تَحْتَ الذَّقَنِ وَنَحْوِهِ لاَيُعَدُّ كَشْفُهُ مِنَ الْمَرْأَةِ مُبْطِلاً
لِلصَّلاَةِ كَمَا يُعْلَمُ ذَلِكَ مِنْ عِبَارَاتِ كُتُبِ مَذَاهِبِهِمْ
وَحِيْنِئِذٍ لَوْ وَقَعَ ذَلِكَ مِنَ الْعَامِيَّاتِ اللاَّتِيْ لَمْ يَعْرِفْنَ
كَيْفِيَّةَ التَّقْيِيْدِ بِمَذْهَبِ الشَّافِعِيَّةِ فَإِنَّ صَلاَتَهُنَّ
صَحِيْحَةٌ ِلأَنَّ الْعَامِيَّ لاَمَذْهَبَ لَهُ وَحَتَّى مِنَ الْعَارِفَاتِ
بَمَذْهَبِ الشَّافِعِىّ مِمَّنْ يَرَى ذَلِكَ فَإِنَّ صَلاَتَهُنَّ صَحِيْحَةٌ
ِلأَنَّ أَهْلَ الْمَذَاهِبِ اْلأَرْبَعَةِ كُلَّهُمْ عَلَى هُدًى فَجَزَاهُمْ
اللُه عَنَّا خَيْرَ الْجَزَاءِ اهـ
Sholat Part IV
16. SUJUD TANPA MELETAKKAN TANGAN
Sujud dengan
meletakkan jidat (kening) merupakan syarat dapat dianggap sahnya melakukan
sujud. Disamping itu, dalam praktek bersujud melibatkan beberapa anggota badan
yang lain, seperti kedua tangan, lutut dan kedua kaki. Apakah saat melakukan
sujud wajib meletakkan kedua telapak tangan, kedua lutut dan kaki?
Jawab: Menurut Imam
an-Nawawi, hukumnya wajib. Sedangkan menurut ar-Rôfi’i tidak wajib.
Referensi:
& كفاية الأخيار
الجزء 1 صحـ : 109 – 110 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
وَهَلْ يَجِبُ
وَضْعُ يَدَيْهِ وَرُكْبَتَيْهِ وَقَدَمَيْهِ مَعَ جَبْهَتِهِ قَوْلاَنِ
اْلأَظْهَرُ عِنْدَ الرَّافِعِيِّ لاَ يَجِبُ وَاْلأَظْهَرُ عِنْدَ النَّوَوِيُّ
الْوُجُوْبُ فَعَلَى مَا صَحَّحَهُ النَّوَوِيُّ اِلاعْتِبَارُ بَاطِنُ الْكَفِّ
وَظَهْرُ اْلأَصَابِعِ اهـ
& حاشيتا قليوبي
وعميرة الجزء 1 صحـ : 182 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
وَلاَ يَجِبُ
وَضْعُ يَدَيْهِ وَرُكْبَتَيْهِ وَقَدَمَيْهِ فِي السُّجُودِ فِي اْلأَظْهَرِ
ِلأَنَّهُ لَوْ وَجَبَ وَضْعُهَا لَوَجَبَ اْلإِيمَاءُ بِهَا عِنْدَ الْعَجْزِ
عَنْ وَضْعِهَا وَاْلإِيمَاءُ بِهَا لاَ يَجِبُ فَلاَ يَجِبُ وَضْعُهَا قُلْتُ
اْلأَظْهَرُ وُجُوبُهُ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ لِحَدِيثِ الصَّحِيحَيْنِ أُمِرْتُ
أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ الْجَبْهَةِ وَالْيَدَيْنِ
وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ وَاْلأَوَّلُ يَقُولُ اْلأَمْرُ
فِيهِ أَمْرُ نَدْبٍ فِي غَيْرِ الْجَبْهَةِ وَيَكْفِي عَلَى الْوُجُوبِ وَضْعُ
جُزْءٍ مِنْ كُلِّ وَاحِدٍ مِنْهَا وَاِلاعْتِبَارُ فِي الْيَدِ بِبَاطِنِ
الْكَفِّ سَوَاءٌ اْلأَصَابِعُ وَالرَّاحَةُ قَالَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ
وَفِي الرِّجْلِ بِبُطُونِ اْلأَصَابِعِ وَلاَ يَجِبُ كَشْفُ شَيْءٍ مِنْهَا
وَعَلَى عَدَمِ الْوُجُوبِ يُتَصَوَّرُ رَفْعُ جَمِيعِهَا بِأَنْ يُصَلِّيَ عَلَى
حَجَرَيْنِ بَيْنَهُمَا حَائِطٌ قَصِيرٌ يَنْبَطِحُ عَلَيْهِ عِنْدَ السُّجُودِ
وَيَرْفَعُهَا قَالَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ اهـ
17. PENGGANTIAN HURUF DALAM AL-FATIHAH
Entah dengan alasan
apa (mungkin karena tidak pernah mengaji), kebanyakan saat membaca Fatihah
dalam shalat, huruf Dlad diganti dengan huruf Dza’. Apakah hal tersebut dapat
membatalkan shalat?
Jawab: Menurut
pendapatnya al-Fakhrûr ar-Râzi tidak batal, karena sulitnya membedakan kedua
huruf tersebut.
Referensi:
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 67 مكتبة دار الفكر
( مَسْأَلَةُ ب ) لَوْ أَبْدَلَ الضَّادَ ظَاءً فِي الْفَاتِحَةِ بَطَلَتْ
صَلاَتُهُ فِي اْلأَصَحِّ وَمُقَابِلُهُ وَجْهٌ قَوِيٌّ يَجُوْزُ تَقْلِيْدُهُ
أَنَّهَا لاَ تَبْطُلُ لِعُسْرِ التَّمْيِيْزِ بَيْنَهُمَا وَفِي تَفْسِيْرِ
الْفَخْرِ الرَّازِيِّ تَجُوْزُ الْقِرَاءَةُ بِإِبْدَالِ الضَّادَ ظَاءً
لِتَشَابُهِهِمَا وَهَذَا يُخَفِّفُ عَنِ الْعَوَامِّ وَيُوْجِبُ عَدَمَ
التَّشْدِيْدِ وَالتَّنَطُّعِ عَلَيْهِمْ اهـ
18. SHALATNYA ORANG YANG TIDAK MAMPU DUDUK
Melihat kondisi
orang sakit terutama yang ada di rumah sakit, sangat begitu memperihatinkan,
ada yang hanya bisa duduk tidak bisa berdiri, juga ada yang bisanya hanya tidur
saja. Sedangkan yang tahapannya sangat parah, bisanya hanya melihat tanpa
sepatah katapun. Bagaimanakah cara shalatnya seseorang jika tidak mampu shalat
sambil duduk ?
Jawab: Dengan cara
tidur miring serta menghadapkan wajahnya ke arah kiblat. Sedangkan yang lebih
baik, miring di atas lambung bagian kanan seperti posisi mayit. Pendapat lain
mengatakan; shalat dengan cara tidur terlentang serta menghadapkan kedua
kakinya ke arah kiblat dan kepalanya agak diangkat.
Referensi:
& روضة الطالبين
وعمدة المفتين الجزء 1 صحـ : 236 مكتبة الإسلامية
قَالَ
الْجُمْهُوْرُ وَالْعَجْزُ عَنِ الْقُعُوْدِ يَحْصُلُ بِمَا يَحْصُلُ بِهِ
الْعَجْزُ عَنِ الْقِيَامِ وَقَالَ إِمَامُ الْحَرَمَيْنِ لاَ يَكْفِيْ ذَلِكَ
بَلْ يُشْتَرَطُ فِيْهِ عَدَمُ تَصَوُّرِ الْقُعُوْدِ أَوْ خِيْفَةُ الْهَلاَكِ
أَوْ الْمَرَضِ الطَّوِيْلِ إِلْحَاقًا لَهُ بِالْمَرَضِ الْمُبِيْحِ
لِلتَّيَمُّمِ وَفِي كَيْفَيَّةِ صَلاَتِهِ وَجْهَانِ وَقِيْلَ قَوْلاَنِ
أَصَحُّهُمَا أَنَّهُ يَضْطَجِعُ عَلَى جَنْبِهِ اْلأَيْمَنِ مُسْتَقْبِلاً
بِوَجْهِهِ وَمُقَدِّمِ بَدَنِهِ الْقِبْلَةَ كَالْمَيِّتِ فِيْ لَحْدِهِ فَلَوْ
خَالَفَ وَاضْطَجَعَ عَلَى جَنْبِهِ اْلأَيْسَرِ صَحَّ إِلاَ أَنَّهُ تَرَكَ
السُّنَّةَ وَالثَّانِيْ أَنَّهُ يَسْتَلْقِيْ عَلَى ظَهْرِهِ وَيَجْعَلُ
رِجْلَيْهِ إِلَى الْقِبْلَةِ وَيَرْفَعُ وِسَادَتَهُ قَلِيْلاً وَهَذَا
الْخِلاَفُ فِي الْقَادِرِ عَلَى اِلاضْطِجَاعِ وَاْلاِسْتِلْقَاءِ فَإِنْ لَمْ
يَقْدِرْ إِلاَّ عَلَى أَحَدِهِمَا أَتَى بِهِ قَالَ إِمَامُ الْحَرَمَيْنِ هَذَا
الْخِلاَفُ فِي الْكَيْفِيَّةِ الْوَاجِبَةِ اهـ
19. KEWAJIBAN MENGHADAP KIBLAT BAGI ORANG
SAKIT
Tempat tidur yang
ada dirumah sakit, posisinya bermacam-macam, ada yang membujur kearah barat,
timur dan lain sebagainya. Bahkan tidak jarang posisi tempat tidur tersebut
menyulitkan bagi para pasien untuk menghadap kiblat ketika hendak melakukan
shalat sambil tidur. Jika hal itu terjadi, bagaimanakah cara shalatnya pasien
tersebut?
Jawab: Shalat
sebisa mungkin dan harus meng-qadlâ’.
Referensi:
& حاشيتا قليوبي
وعميرة الجزء 1 صحـ : 151 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
اسْتِقْبَالُ
الْقِبْلَةِ أَيْ الْكَعْبَةِ شَرْطٌ لِصَلاَةِ الْقَادِرِ عَلَيْهِ فَلاَ تَصِحُّ
صَلاَةٌ بِدُونِهِ إجْمَاعًا بِخِلاَفِ الْعَاجِزِ عَنْهُ كَمَرِيضٍ لاَ يَجِدُ
مَنْ يُوَجِّهُهُ إلَى الْقِبْلَةِ وَمَرْبُوطٍ عَلَى خَشَبَةٍ فَيُصَلِّي عَلَى
حَالِهِ وَيُعِيدُ وَيُعْتَبَرُ اِلاسْتِقْبَالُ بِالصَّدْرِ لاَ بِالْوَجْهِ
أَيْضًا ِلأَنَّ اِلالْتِفَاتَ بِهِ لاَ يُبْطِلُ الصَّلاَةَ قَوْلُهُ وَيُعِيدُ
أَيْ لِعَدَمِ اسْتِقْبَالِهِ وَمِنْهُ يُعْلَمُ أَنَّ اِلاسْتِقْبَالَ شَرْطٌ فِي
حَقِّ الْعَاجِزِ أَيْضًا إلاَ أَنْ يُقَالَ إنَّهُ لِلْقَادِرِ شَرْطٌ
لِلصِّحَّةِ وَلِلْعَاجِزِ شَرْطٌ لِلْإِجْزَاءِ فَتَأَمَّلْ قَوْلُهُ بِالصَّدْرِ
أَيْ بِجَمِيعِهِ يَقِينًا مَعَ الْقُرْبِ وَظَنًّا مَعَ الْبُعْدِ فَلَوْ خَرَجَ
جُزْءٌ مِنْهُ عَنْ مُحَاذَاةِ الْعَيْنِ لَمْ تَصِحَّ صَلاَتُهُ وَالْمُعْتَبَرُ
فِي اِلاسْتِقْبَالِ فِي الرُّكُوعِ وَالسُّجُودِ الْعُرْفُ لاَ الصَّدْرُ اهـ
Problematika Dalam
Sholat
BAB SHALAT
1. QADLÂ’ SHALATNYA
ORANG YANG DIBIUS
Ketika pasien
diperkirakan tidak kuat menahan rasa sakit, biasanya sebelum dilakukan operasi
terlebih dahulu pasien diberi obat bius, supaya tidak sadarkan diri. Apakah
bagi dia wajib meng-qadlâ’ shalat yang ditinggalkan akibat pembiusan tersebut?
Jawab: Tidak wajib,
karena pembiusan yang berakibat hilangnya akal dalam rangka pengobatan,
hukumnya diperbolehkan.
Referensi:
المجموع الجزء 3
صحـ : 8 مكتبة مطبعة المنيرية
( فَرْعٌ ) قَالَ أَصْحَابُنَا يَجُوزُ شُرْبُ الدَّوَاءِ الْمُزِيلِ لِلْعَقْلِ
لِلْحَاجَةِ كَمَا أَشَارَ إلَيْهِ الْمُصَنِّفُ بِقَوْلِهِ شَرِبََ دَوَاءً مِنْ
غَيْرِ حَاجَةٍ وَإِذَا زَالَ عَقْلُهُ وَالْحَالَةُ هَذِهِ لَمْ يَلْزَمْهُ
قَضَاءُ الصَّلَوَاتِ بَعْدَ اْلإِفَاقَةِ ِلأَنَّهُ زَالَ بِسَبَبٍ غَيْرِ
مُحَرَّمٍ وَلَوِ احْتِيجَ فِي قَطْعِ يَدِهِ الْمُتَآكِلَةِ إلَى تَعَاطِيْ مَا
يُزِيلُ عَقْلَهُ فَوَجْهَانِ أَصَحُّهُمَا جَوَازُهُ اهـ
2. QADLÂ’ SHALAT
WANITA YANG MENGGUGURKAN KANDUNGAN
Entah karena apa, perempuan
hamil muda menggugurkan kandungannya dengan cara minum obat. Apakah shalat yang
ditinggalkan pada saat keluar darah nifas setelah menggugurkan kandungannya
wajib di-qadlâ’?
Jawab: Tidak wajib
qadlâ’, karena tidak wajibnya qadlâ’ sebab nifas atau haid merupakan ‘azîmah,
yakni walaupun keluarnya darah ada unsur maksiat, tetap tidak wajib qadlâ’.
Referensi:
المجموع الجزء 3
صحـ : 10 مكتبة مطبعة المنيرية
وَلَوْ شَرِبَتْ
دَوَاءً لِلْحَيْضِ فَحَاضَتْ لَمْ يَلْزَمْهَا الْقَضَاءُ وَكَذَا لَوْ شَرِبَتْ
دَوَاءً لِتُلْقِيَ الْجَنِينَ فَأَلْقَتْهُ وَنَفِسَتْ لَمْ يَلْزَمْهَا قَضَاءُ
صَلَوَاتِ مُدَّةِ النِّفَاسِ عَلَى الصَّحِيحِ مِنْ الْوَجْهَيْنِ ِلأَنَّ
سُقُوطَ الْقَضَاءِ مِنْ الْحَائِضِ وَالنُّفَسَاءِ عَزِيمَةٌ كَمَا سَبَقَ
3. DATANGNYA FAKTOR
PENCEGAH SHALAT
Haidl dan penyakit
epilepsi adalah dua hal yang dapat mencegah untuk melakukan ibadah shalat.
Namun yang menjadi masalah, bila darah haid atau penyakit epilepsi datang pada
saat waktu sudah masuk, sementara belum melakukan shalat, apakah masih
berkewajiban meng-qadlâ’ shalatnya?
Jawab: Harus
di-qadlâ’-i, jika waktu yang dilewatkan tersebut kira-kira cukup digunakan
untuk mengerjakan shalat atau cukup digunakan bersuci dan mengerjakan shalat
bagi دَائِمُ الْحَدَثِ .
Referensi:
سلم التوفيق مع
إسعاد الرفيق الجزء 1 صحـ : 72 مكتبة الهداية
(فَإِنْ طَرَأَ مَانِعٌ) مِنْ مَوَانِعِهَا (كَحَيْضٍ) أَوْ جُنُوْنٍ أَوْ
إِغْمَاءٍ وَكَانَ طُرُوُّهُ (بَعْدَ مَا مَضَى مِنْ) أَوَّلِ (وَقْتِهَا مَا)
أَىْ زَمَنٌ (يَسَعُهَا) أَيْ يَسَعُ أَرْكَانَهَا فَقَطْ بِالنِّسْبَةِ لِمَنْ يُمْكِنُهُ
تَقْدِيْمُ الطُّهْرِ عَلَى الْوَقْتِ كَسَلِمٍ غَيْرِ مُتَيَمِّمٍ وَبَعْدَ أَنْ
يَمْضِيَ مِنْهُ مَا يَسَعُهَا (وَطُهْرَهَا) بِالنِّسْبَةِ لِمَنْ لاَ يُمْكِنُهُ
تَقْدِيْمُهُ (لِنَحْوِ سَلِسٍ) بِكَسْرِاللاَّمِ وَفَتْحِهَا كَمُتَيَمِّمٍ
(لَزِمَهُ) بَعْدَ زَوَالِ الْمَانِعِ (قَضَاؤُهَا) أَيْ قَضَاءُ صَلاَةِ ذَلِكَ
الْوَقْتِ ِلإِدْرَاكِهِ مِنْ وَقْتِهَا مَا يُمْكِنُهُ فِعْلُهَا فِيْهِ فَلاَ
تَسْقُطُ بِمَا طَرَأَ اهـ
4. HILANGNYA FAKTOR
PENCEGAH SHALAT
Faktor pencegah
shalat seperti gila, kerasukan jin, lebih-lebih darah haid, disamping datangnya
tidak bisa diprediksi dan juga berakhirnya sewaktu-waktu bisa terjadi. Bahkan
tak jarang tiga hal tersebut hilang ketika pada saat waktu yang hanya cukup
melakukan Takbirat al-Ihrâm. Jika demikian, apakah masih dituntut untuk
mengerjakan shalat?
Jawab: Tetap
berkewajiban melakukan shalat tersebut, serta meng-qadlâ’ shalat sebelumnya,
jika bisa di-jama’.
Referensi:
& حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء 1 صحـ : 140 مكتبة دار إحياء التراث العربية
وَلَوْ زَالَتْ
هَذِهِ اْلأَسْبَابُ أَيِ الْكُفْرُ وَالصِّبَا وَالْحَيْضُ وَالنِّفَاسُ
وَالْجُنُونُ وَاْلإِغْمَاءُ وَبَقِيَ مِنْ الْوَقْتِ تَكْبِيرَةٌ أَيْ قَدْرُهَا
وَجَبَتِ الصَّلاَةُ ِلإِدْرَاكِ جُزْءٍ مِنْ الْوَقْتِ كَمَا يَجِبُ عَلَى
الْمُسَافِرِ اْلإِتْمَامُ بِاقْتِدَائِهِ بِمُقِيمٍ فِي جُزْءٍ مِنْ الصَّلاَةِ
وَفِي قَوْلٍ يُشْتَرَطُ رَكْعَةٌ أَخَفُّ مَا يَقْدِرُ عَلَيْهِ أَحَدٌ كَمَا
أَنَّ الْجُمُعَةَ لاَ تُدْرَكُ بِأَقَلَّ مِنْ رَكْعَةٍ وَاْلأَظْهَرُ عَلَى
اْلأَوَّلِ وُجُوبُ الظُّهْرِ بِإِدْرَاكِ تَكْبِيرَةٍ آخِرَ وَقْتِ الْعَصْرِ
وَوُجُوبُ الْمَغْرِبِ بِإِدْرَاكِ تَكْبِيرَةٍ آخِرَ وَقْتِ الْعِشَاءِ ِلأَنَّ
وَقْتَ الثَّانِيَةِ وَقْتٌ لِلْأُوْلَى فِيْ جَوَازِ الْجَمْعِ فَكَذَا فِي
الْوُجُوبِ وَالثَّانِي لاَ تَجِبُ الظُّهْرُ وَالْمَغْرِبُ بِمَا ذُكِرَ بَلْ لاَ
بُدَّ مِنْ زِيَادَةِ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ لِلظُّهْرِ فِي الْمُقِيمِ
وَرَكْعَتَيْنِ فِي الْمُسَافِرِ وَثَلاَثٍ لِلْمَغْرِبِ ِلأَنَّ جَمْعَ
الصَّلاَتَيْنِ الْمُلْحَقَ بِهِ إنَّمَا يَتَحَقَّقُ إذَا تَمَّتِ الْأُولَى
وَشَرَعَ فِي الثَّانِيَةِ فِي الْوَقْتِ وَلاَ تَجِبُ وَاحِدَةٌ مِنْ الصُّبْحِ
وَالْعَصْرِ وَالْعِشَاءِ بِإِدْرَاكِ جُزْءٍ مِمَّا بَعْدَهَا ِلانْتِفَاءِ
الْجَمْعِ بَيْنَهُمَا وَلاَ يُشْتَرَطُ فِي الْوُجُوبِ إدْرَاكُ زَمَنِ
الطَّهَارَةِ وَيُشْتَرَطُ فِيهِ امْتِدَادُ السَّلاَمَةِ مِنَ الْمَوَانِعِ
زَمَنَ إمْكَانِ الطَّهَارَةِ وَالصَّلاَةِ اهـ
5. FENOMENA SHALAT
MENGHADAP KEBARAT
Negara Indonesia
berada di arah timur Ka’bah. Kebanyakan masyarakat ketika hendak shalat,
langsung menghadap ke arah barat, tanpa mempertimbangkan apakah sudah tepat
lurus dengan fisik Ka’bah atau tidak. Sahkah shalatnya jika hanya menghadap ke
arah barat?
Jawab: Sah menurut
pendapat yang dipilih oleh Imam Ghazâli. Karena bagi mereka yang jauh dari
Ka’bah, cukup menghadap ke arah dimana Ka’bah berada. Tidak harus tepat lurus
menghadap fisik Ka’bah.
Referensi:
& بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 63 مكتبة دار الفكر
( مَسْأَلَة ٌ ك ) اَلرَّاجِحُ أَنَّهُ لاَ بُدَ مِنِ اسْتِقْبَاالِ عَيْنِ
الْقِبْلَةِ وَلَوْ لِمَنْ هُوَ خَارِجَ مَكَّةَ فَلاَ بُدَّ مِنِ انْحِرَافٍ
يَسِيْرٍ مَعْ طُوْلِ الصَّفِّ بِحَيْثُ يَرَى نَفْسَهَ مُسَامِتاً لَهَا ظَنًّا
مَعَ الْبُعْدِ وَالْقَوْلُ الثَّانِيُّ يَكْفِي اسْتِقْبَاالُ الْجِهَةِ أَيْ
إِحدَى الْجِهَاتِ اْلأَرْبَعِ الَّتِيْ فِيْهَا الْكَعْبِةُ لِمَنْ بَعُدَ
عَنْهَا وَهُوَ قَوِيٌّ اخْتَارَهُ الْغَزَالِيُّ وَصَحَّحَهُ الْجُرْجَانِيُّ
وَابْنُ كَجٍ وَابْنُ أَبِيْ عَصْرُوْن وَجَزَمِ بِهِ الْمَحَلِّيُّ قاَلَ
اْلأَذْرَعِيِّ وَذَكَرَ بَعْضُ اْلأَصْحَابِ أَنَّهُ الْجَدِيْدُ وَهُوَ
الْمُخْتَارُ ِلأَنَّ جِرْمَهَا صَغِيْرٌ يَسْتَحِيْلُ أَنْ يَتَوَجَّهَ إِلَيْهِ
أَهْلُ الدُّنْيَا فَيَكْتَفِىْ بِالْجِهَّةِ وَلِهَذَا صَحَّتْ صَلاَةُ الصَّفِّ
الطَّوِيْلِ إِذَا بَعُدُوْا عَنِ الْكَعْبَةِ وَمَعْلُوْمٌ أَنَّ بَعْضَهُمُ
خَارِجُوْنَ مِنْ مُحَاذَاةِ الْعَيْنِ وَهَذَا الْقَوْلُ يُوَافِقُ الْمَنْقُوْلَ
عَنْ أَبِي حَنِيْفَةَ وَهُوَ أَنَّ الْمَشْرِقَ قِبْلَةُ أَهْلِ الْمَغْرِبِ
وَبِالْعَكْسِ وَالْجَنُوْبَ قِبْلَةُ أَهْلِ الشِّمَالِ وَبِالْعَكْسِ وَعَنْ
مَالِكٍ أَنَّ الْكَعْبَةَ قِبْلَةُ أَهْلِ الْمَسْجِدِ وَالْمَسْجِدَ قِبْلَةُ
أَهْلِ مَكَّةَ وَمَكَّةَ قِبْلَةُ أَهْلِ الْحَرَمِ وَالَحَرَمَ قِبْلَةُ أَهْلِ
الدُّنْيَا اهـ
Toharoh Part IV
19. AIR JEDING
BERBAU KARENA BANGKAI IKAN
Menaruh ikan dalam
jeding, merupakan hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat, sebab dengan cara
seperti itu, air dapat bertahan lama. Karena kotoran-kotoran yang ditimbulkan
dari air tersebut biasanya dimakan oleh ikan. Namun tak jarang ikan tersebut
mati membusuk di dalamnya. Apakah air kolam yang baunya berubah anyir akibat
bangkainya ikan tetap suci mensucikan?
Jawab: Ya tetap
suci mensucikan, jika bangkai tersebut tidak mengeluarkan cairan aroma busuk
yang bisa menyatu dengan air. Karena bangkai ikan tetap suci.
Referensi:
& حاشية الجمل الجزء 5 صحـ : 270 مكتبة دار الفكر
( فَرْعٌ ) اسْتِطْرَادِيٌّ وَقَعَ السُّؤَالُ عَنْ بِئْرٍ تَغَيَّرَ مَاؤُهَا
وَلَمْ يُعْلَمْ لِتَغَيُّرِهِ سَبَبٌ ثُمَّ فُتِّشَ فِيهَا فَوُجِدَ فِيهَا
سَمَكَةٌ مَيِّتَةٌ وَأُحِيْلَ التَّغَيُّرُ عَلَيْهَا فَهَلِ الْمَاءُ طَاهِرٌ
أَوْ مُتَنَجِّسٌ ( وَالْجَوَابُ ) أَنَّ الظَّاهِرَ بَلْ الْمُتَعَيِّنُ
الطَّهَارَةُ ِلانَّ مَيْتَةَ السَّمَكِ طَاهِرَةٌ وَالْمُتَغَيِّرُ بِالطَّاهِرِ
لاَ يَتَنَجَّسُ ثُمَّ إنْ لَمْ يَنْفَصِلْ مِنْهَا أَجْزَاءٌ تُخَالِطُ الْمَاءَ
وَتُغَيِّرُهُ فَهُوَ طَهُورٌ ِلانَّ تَغَيُّرَهُ بِمُجَاوِرٍ وَإِلاَّ فَغَيْرُ
طَهُوْرٍ إنْ كَثُرَ التَّغَيُّرُ بِحَيْثُ يَمْنَعُ إطْلاَقَ اسْمِ الْمَاءِ
عَلَيْهِ اهـ ع ش عَلَى م ر
20. AIR JEDING
BANYAK KEJATUHAN AIR MUSTA’MAL
Sering terjadi,
ketika air jeding yang berisi dua qullah atau lebih, sedang digunakan wudlu
oleh para jama’ah, tentunya banyak air musta’mal berjatuhan masuk ke dalam
jeding lagi. Hal ini menimbulkan tanda tanya terkait bisa dan tidaknya dibuat
bersuci. Apakah air tersebut dapat digunakan kembali?
Jawab: Dapat
digunakan lagi, karena air berukuran dua qullah atau lebih tidak dapat
berstatus musta’mal.
Referensi:
& حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 87 مكتبة دار الفكر
وَالْمَاءُ
الْمُسْتَعْمَلُ كَمَائِعٍ فَيُفْرَضُ مُخَالِفًا وَسَطًا لِلْمَاءِ فِي صِفَاتِهِ
لاَ فِي تَكْثِيرِ الْمَاءِ فَلَوْ ضُمَّ إلَى مَاءٍ قَلِيلٍ فَبَلَغَ قُلَّتَيْنِ
صَارَ طَهُورًا وَإِنْ أَثَّرَ فِي الْمَاءِ بِفَرْضِهِ مُخَالِفًا قَوْلُهُ ( لاَ
فِيْ تَكْثِيْرِ الْمَاءِ ) أَيْ لاَ فِي حَالَةِ تَكْثِيرِ الْمَاءِ بِالْمَاءِ
الْمُسْتَعْمَلِ بِأَنْ بَلَغَ بِهِ قُلَّتَيْنِ فَلاَ يُفْرَضُ مُخَالِفًا ِلانَّ
الْمَاءَ الْكَثِيرَ لاَ يَتَأَثَّرُ بِاْلاسْتِعْمَالِ قَوْلُهُ (فَلَوْ ضُمَّ
إلَى مَاءٍ قَلِيلٍ إلَخْ) وَيُؤْخَذُ مِنْهُ أَنَّ مَاءَ الْفُسَاقِي
الْمُعَدَّةِ اْلآنَ لِلْوُضُوْءِ فِي الْمَسَاجِدِ وَالْمَدَارِسِ مَثَلاً
طَهُوْرٌ مَعَ كَثْرَةِ الْمَاءِ الْمُسْتَعْمَلِ الْوَاقِعِ فِيهَا بِكَثْرَةِ
الْمُتَوَضِّئِيْنَ وَلاَ نُقَدِّرُهُ مُخَالِفًا وَمَا وَقَعَ فِي الرَّوْضَةِ
سَهْوٌ أَوْ نِسْيَانٌ م د اهـ
21. PERBEDAAN
ANTARA MUKHÂLITH DAN MUJÂWIR
Air yang salah satu
sifatnya berubah tidak bisa dibuat bersuci lagi, jika perubahannya akibat benda
yang mukhâlith bukan mujâwir. Apa perbedaan mukhâlith dan mujâwir tersebut?
Jawab: Mukhâlith
adalah benda yang tidak dapat dipisahkan dari air (baca: lebur). Sedangkan
mujâwir adalah kebalikannya. Hanya saja ada benda yang selamanya mujâwir,
seperti; batu. Ada yang berupa mukhâlith, kemudian menjadi mujâwir, seperti;
debu. Dan ada pula yang menjadi mujâwir, kemudian menjadi mukhâlith, semisal
daun teh.
Referensi:
& حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء 1 صحـ : 22 مكتبة دار إحياء التراث العربية
قَوْلُهُ (
وَضُبِطَ الْمُجَاوِرُ بِمَا يُمْكِنُ فَصْلُهُ وَالْمُخَالِطُ بِمَا لاَ يُمْكِنُ
فَصْلُهُ ) وَهُوَ اْلأَرْجَحُ عِنْدَ الْجُمْهُورِ أَوْ بِمَا يَتَمَيَّزُ فِي
رَأْيِ الْعَيْنِ كَالتُّرَابِ وَعَكْسُهُ الْمُخَالِطُ وَيُمْكِنُ رَدُّ
أَحَدِهِمَا لِْلآخَرِ وَاعْلَمْ أَنَّ الشَّيْءَ قَدْ يَكُونُ مُجَاوِرًا
ابْتِدَاءً وَدَوَامًا كَاْلأَحْجَارِ أَوْ دَوَامًا كَالتُّرَابِ أَوْ ابْتِدَاءً
كَاْلأَشْجَارِ اهـ
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik