Langsung ke konten utama

bab shalat 2




Sholat Part IV
16.          SUJUD TANPA MELETAKKAN TANGAN
Sujud dengan meletakkan jidat (kening) merupakan syarat dapat dianggap sahnya melakukan sujud. Disamping itu, dalam praktek bersujud melibatkan beberapa anggota badan yang lain, seperti kedua tangan, lutut dan kedua kaki. Apakah saat melakukan sujud wajib meletakkan kedua telapak tangan, kedua lutut dan kaki?
Jawab: Menurut Imam an-Nawawi, hukumnya wajib. Sedangkan menurut ar-Rôfi’i tidak wajib.
Referensi:
&            كفاية الأخيار الجزء 1 صحـ : 109 – 110 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
وَهَلْ يَجِبُ وَضْعُ يَدَيْهِ وَرُكْبَتَيْهِ وَقَدَمَيْهِ مَعَ جَبْهَتِهِ قَوْلاَنِ اْلأَظْهَرُ عِنْدَ الرَّافِعِيِّ لاَ يَجِبُ وَاْلأَظْهَرُ عِنْدَ النَّوَوِيُّ الْوُجُوْبُ فَعَلَى مَا صَحَّحَهُ النَّوَوِيُّ اِلاعْتِبَارُ بَاطِنُ الْكَفِّ وَظَهْرُ اْلأَصَابِعِ اهـ
&            حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء 1 صحـ : 182 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
وَلاَ يَجِبُ وَضْعُ يَدَيْهِ وَرُكْبَتَيْهِ وَقَدَمَيْهِ فِي السُّجُودِ فِي اْلأَظْهَرِ ِلأَنَّهُ لَوْ وَجَبَ وَضْعُهَا لَوَجَبَ اْلإِيمَاءُ بِهَا عِنْدَ الْعَجْزِ عَنْ وَضْعِهَا وَاْلإِيمَاءُ بِهَا لاَ يَجِبُ فَلاَ يَجِبُ وَضْعُهَا قُلْتُ اْلأَظْهَرُ وُجُوبُهُ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ لِحَدِيثِ الصَّحِيحَيْنِ أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ الْجَبْهَةِ وَالْيَدَيْنِ وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ وَاْلأَوَّلُ يَقُولُ اْلأَمْرُ فِيهِ أَمْرُ نَدْبٍ فِي غَيْرِ الْجَبْهَةِ وَيَكْفِي عَلَى الْوُجُوبِ وَضْعُ جُزْءٍ مِنْ كُلِّ وَاحِدٍ مِنْهَا وَاِلاعْتِبَارُ فِي الْيَدِ بِبَاطِنِ الْكَفِّ سَوَاءٌ اْلأَصَابِعُ وَالرَّاحَةُ قَالَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ وَفِي الرِّجْلِ بِبُطُونِ اْلأَصَابِعِ وَلاَ يَجِبُ كَشْفُ شَيْءٍ مِنْهَا وَعَلَى عَدَمِ الْوُجُوبِ يُتَصَوَّرُ رَفْعُ جَمِيعِهَا بِأَنْ يُصَلِّيَ عَلَى حَجَرَيْنِ بَيْنَهُمَا حَائِطٌ قَصِيرٌ يَنْبَطِحُ عَلَيْهِ عِنْدَ السُّجُودِ وَيَرْفَعُهَا قَالَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ اهـ

17.          PENGGANTIAN HURUF DALAM AL-FATIHAH
Entah dengan alasan apa (mungkin karena tidak pernah mengaji), kebanyakan saat membaca Fatihah dalam shalat, huruf Dlad diganti dengan huruf Dza’. Apakah hal tersebut dapat membatalkan shalat?
Jawab: Menurut pendapatnya al-Fakhrûr ar-Râzi tidak batal, karena sulitnya membedakan kedua huruf tersebut.
Referensi:
&            بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 67 مكتبة دار الفكر
( مَسْأَلَةُ ب ) لَوْ أَبْدَلَ الضَّادَ ظَاءً فِي الْفَاتِحَةِ بَطَلَتْ صَلاَتُهُ فِي اْلأَصَحِّ وَمُقَابِلُهُ وَجْهٌ قَوِيٌّ يَجُوْزُ تَقْلِيْدُهُ أَنَّهَا لاَ تَبْطُلُ لِعُسْرِ التَّمْيِيْزِ بَيْنَهُمَا وَفِي تَفْسِيْرِ الْفَخْرِ الرَّازِيِّ تَجُوْزُ الْقِرَاءَةُ بِإِبْدَالِ الضَّادَ ظَاءً لِتَشَابُهِهِمَا وَهَذَا يُخَفِّفُ عَنِ الْعَوَامِّ وَيُوْجِبُ عَدَمَ التَّشْدِيْدِ وَالتَّنَطُّعِ عَلَيْهِمْ اهـ

18.          SHALATNYA ORANG YANG TIDAK MAMPU DUDUK
Melihat kondisi orang sakit terutama yang ada di rumah sakit, sangat begitu memperihatinkan, ada yang hanya bisa duduk tidak bisa berdiri, juga ada yang bisanya hanya tidur saja. Sedangkan yang tahapannya sangat parah, bisanya hanya melihat tanpa sepatah katapun. Bagaimanakah cara shalatnya seseorang jika tidak mampu shalat sambil duduk ?
Jawab: Dengan cara tidur miring serta menghadapkan wajahnya ke arah kiblat. Sedangkan yang lebih baik, miring di atas lambung bagian kanan seperti posisi mayit. Pendapat lain mengatakan; shalat dengan cara tidur terlentang serta menghadapkan kedua kakinya ke arah kiblat dan kepalanya agak diangkat.
Referensi:
&            روضة الطالبين وعمدة المفتين الجزء 1 صحـ : 236 مكتبة الإسلامية
قَالَ الْجُمْهُوْرُ وَالْعَجْزُ عَنِ الْقُعُوْدِ يَحْصُلُ بِمَا يَحْصُلُ بِهِ الْعَجْزُ عَنِ الْقِيَامِ وَقَالَ إِمَامُ الْحَرَمَيْنِ لاَ يَكْفِيْ ذَلِكَ بَلْ يُشْتَرَطُ فِيْهِ عَدَمُ تَصَوُّرِ الْقُعُوْدِ أَوْ خِيْفَةُ الْهَلاَكِ أَوْ الْمَرَضِ الطَّوِيْلِ إِلْحَاقًا لَهُ بِالْمَرَضِ الْمُبِيْحِ لِلتَّيَمُّمِ وَفِي كَيْفَيَّةِ صَلاَتِهِ وَجْهَانِ وَقِيْلَ قَوْلاَنِ أَصَحُّهُمَا أَنَّهُ يَضْطَجِعُ عَلَى جَنْبِهِ اْلأَيْمَنِ مُسْتَقْبِلاً بِوَجْهِهِ وَمُقَدِّمِ بَدَنِهِ الْقِبْلَةَ كَالْمَيِّتِ فِيْ لَحْدِهِ فَلَوْ خَالَفَ وَاضْطَجَعَ عَلَى جَنْبِهِ اْلأَيْسَرِ صَحَّ إِلاَ أَنَّهُ تَرَكَ السُّنَّةَ وَالثَّانِيْ أَنَّهُ يَسْتَلْقِيْ عَلَى ظَهْرِهِ وَيَجْعَلُ رِجْلَيْهِ إِلَى الْقِبْلَةِ وَيَرْفَعُ وِسَادَتَهُ قَلِيْلاً وَهَذَا الْخِلاَفُ فِي الْقَادِرِ عَلَى اِلاضْطِجَاعِ وَاْلاِسْتِلْقَاءِ فَإِنْ لَمْ يَقْدِرْ إِلاَّ عَلَى أَحَدِهِمَا أَتَى بِهِ قَالَ إِمَامُ الْحَرَمَيْنِ هَذَا الْخِلاَفُ فِي الْكَيْفِيَّةِ الْوَاجِبَةِ اهـ

19.          KEWAJIBAN MENGHADAP KIBLAT BAGI ORANG SAKIT
Tempat tidur yang ada dirumah sakit, posisinya bermacam-macam, ada yang membujur kearah barat, timur dan lain sebagainya. Bahkan tidak jarang posisi tempat tidur tersebut menyulitkan bagi para pasien untuk menghadap kiblat ketika hendak melakukan shalat sambil tidur. Jika hal itu terjadi, bagaimanakah cara shalatnya pasien tersebut?
Jawab: Shalat sebisa mungkin dan harus meng-qadlâ’.
Referensi:
&            حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء 1 صحـ : 151 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
اسْتِقْبَالُ الْقِبْلَةِ أَيْ الْكَعْبَةِ شَرْطٌ لِصَلاَةِ الْقَادِرِ عَلَيْهِ فَلاَ تَصِحُّ صَلاَةٌ بِدُونِهِ إجْمَاعًا بِخِلاَفِ الْعَاجِزِ عَنْهُ كَمَرِيضٍ لاَ يَجِدُ مَنْ يُوَجِّهُهُ إلَى الْقِبْلَةِ وَمَرْبُوطٍ عَلَى خَشَبَةٍ فَيُصَلِّي عَلَى حَالِهِ وَيُعِيدُ وَيُعْتَبَرُ اِلاسْتِقْبَالُ بِالصَّدْرِ لاَ بِالْوَجْهِ أَيْضًا ِلأَنَّ اِلالْتِفَاتَ بِهِ لاَ يُبْطِلُ الصَّلاَةَ قَوْلُهُ وَيُعِيدُ أَيْ لِعَدَمِ اسْتِقْبَالِهِ وَمِنْهُ يُعْلَمُ أَنَّ اِلاسْتِقْبَالَ شَرْطٌ فِي حَقِّ الْعَاجِزِ أَيْضًا إلاَ أَنْ يُقَالَ إنَّهُ لِلْقَادِرِ شَرْطٌ لِلصِّحَّةِ وَلِلْعَاجِزِ شَرْطٌ لِلْإِجْزَاءِ فَتَأَمَّلْ قَوْلُهُ بِالصَّدْرِ أَيْ بِجَمِيعِهِ يَقِينًا مَعَ الْقُرْبِ وَظَنًّا مَعَ الْبُعْدِ فَلَوْ خَرَجَ جُزْءٌ مِنْهُ عَنْ مُحَاذَاةِ الْعَيْنِ لَمْ تَصِحَّ صَلاَتُهُ وَالْمُعْتَبَرُ فِي اِلاسْتِقْبَالِ فِي الرُّكُوعِ وَالسُّجُودِ الْعُرْفُ لاَ الصَّدْرُ اهـ

Sholat Part III
11.          KELUARNYA DARAH MIMISAN SAAT SHALAT
Bagi seseorang yang mengidap penyakit mimisan (sering keluar darah dari hidungnya) sewaktu-waktu akan kambuh kembali. Apalagi setelah bekerja berat. Sehingga tidak penutup kemungkinan darah mimisan tersebut akan keluar pada saat melakukan shalat. Batalkah shalat seseorang jika di tengah melakukan shalat, hidungnya keluar darah (jawa; mimisan) mengingat darah tersebut merupakan hal yang najis?
Jawab: Tidak batal apabila keluarnya sedikit, karena di-ma’fu.
Referensi:
&            تحفة المحتاج في شرح المنهاج الجزء 2 صحـ : 137 مكتبة دار إحياء التراث العربي
وَلَوْ رَعِفَ فِي الصَّلاَةِ وَلَمْ يُصِبْهُ مِنْهُ إِلاَّ الْقَلِيلُ لَمْ يَقْطَعْهَا وَإِنْ كَثُرَ نُزُولُهُ عَلَى مُنْفَصِلٍ عَنْهُ فَإِنْ كَثُرَ مَا أَصَابَهُ لَزِمَهُ قَطْعُهَا اهـ

12.          SELESAI SHALAT TERNYATA BAJU TERDAPAT NAJISNYA
Seseorang ketika melaksanakan shalat, tidak tahu kalau baju yang dipakainya, ternyata terdapat najis yang tidak di-ma’fu. Akhirnya ia baru mengetahuinya setelah selesai melakukan shalat. Apakah orang tersebut wajib mengulangi shalatnya, ketika tahu kalau bajunya terdapat najis?
Jawab: Wajib mengulangi lagi, karena suci dari najis merupakan syarat sahnya shalat.
Referensi:
&            كفاية الأخيار الجزء 1 صحـ : 92 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
( فَرْعٌ ) إِذَا صَلَّى بِنَجَاسَةٍ لاَ يُعْفَى عَنْهَا وَهُوَ جَاهِلٌ بِهَا حَالَ الصَّلاَةِ سَوَاءٌ كَانَتْ فِي بَدَنِهِ أَوْ ثَوْبِهِ أَوْ مَوْضِعِ صَلاَتِهِ فَإِن لَّمْ يَعْلَمْ بِهَا أَلْبَتَّةَ فَقَوْلاَنِ الْجَدِيْدُ اْلأَظْهَرُ يَجِبُ عَلَيْهِ الْقَضَاءُ ِلأَنَّهَا طَهَارَةٌ وَاجِبَةٌ فَلاَ تَسْقُطُ بِالْجَهْلِ كَطَهَارَةِ الْحَدَثِ وَالْقَدِيْمُ أَنَّهُ لاَ يَجِبُ وَنَقَلَهُ ابْنُ الْمُنْذِرِ عَنْ خَلاَئِقَ وَاخْتَارَهُ وَكَذَا النَّوَوِيُّ اخْتَارَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ اهـ

13.          KEWAJIBAN SHALAT BAGI ORANG SEKARAT
Selama nyawa masih dikandung badan, yang namanya ibadah shalat tidak mengenal istilah dispensasi untuk dapat ditinggalkan. Namun jika kita melihat orang yang sedang sekarat dalam waktu cukup lama, kayaknya secara rasional sudah tidak mungkin lagi untuk melakukan shalat. Sekalipun dengan praktek yang paling ringan, yakni; shalat dengan cara memakai isyarat. Apakah bagi seseorang yang sedang sekarat masih terkena kewajiban mengerjakan shalat?
Jawab: Menurut Imam Abû Hanifah, jika sudah tidak mampu shalat dengan isyarat, maka tidak berkewajiban shalat.
Referensi:
&            حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 2 صحـ : مكتبة دار الفكر
قَوْلُهُ وَلاَ تَسْقُطُ عَنْهُ الصَّلاَةُ قَالَ اْلأَئِمَّةُ الثَّلاَثَةُ إنَّ فَرْضَ الصَّلاَةِ لاَ يَسْقُطُ عَنْ الْمُكَلَّفِ مَا دَامَ عَقْلُهُ ثَابِتًا وَلَوْ بِإِجْرَاءِ الصَّلاَةِ عَلَى قَلْبِهِ وَقَالَ اْلإِمَامُ أَبُو حَنِيفَةَ إنَّ مَنْ عَايَنَ الْمَوْتَ وَعَجَزَ عَنْ اْلإِيمَاءِ بِرَأْسِهِ سَقَطَ عَنْهُ الْفَرْضُ وَعَلَيْهِ عَمَلُ النَّاسِ سَلَفًا وَخَلَفًا فَلَمْ يَبْلُغْنَا أَنَّ أَحَدًا مِنْهُمْ أَمَرَ الْمُحْتَضِرَ بِالصَّلاَةِ وَوَجْهُ قَوْلِ اْلإِمَامِ أَبِيْ حَنِيفَةَ الْمُتَقَدِّمِ أَنَّ مَنْ حَضَرَهُ الْمَوْتُ صَارَ قَلْبُهُ مَعَ اللَّهِ تَعَالَى أَعْظَمَ مِنْ اشْتِغَالِهِ بِمُرَاعَاةِ اْلأَفْعَاالِ ِلأَنَّ اْلأَفْعَاالَ وَاْلأَقْوَالَ الَّتِي أَمَرَنَا الشَّارِعُ بِهَا فِي الصَّلاَةِ إنَّمَا أَمَرَنَا بِهَا وَسِيلَةً إلَى الْحُضُورِ مَعَ اللَّهِ تَعَالَى فِيهَا وَالْمُحْتَضِرُ انْتَهَى سَيْرُهُ إلَى الْحَضْرَةِ وَتَمَكَّنَ فِيهَا فَصَارَ حُكْمُهُ حُكْمَ الْوَلِيِّ الْمَجْذُوبِ وَهُنَا أَسْرَارٌ لاَ تُسَطَّرُ فِي كِتَابٍ فَافْهَمْ انْتَهَى مِيزَانٌ اهـ
&            بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 128 مكتبة دار الفكر
( فَائِدَةٌ ) يَجِبُ عَلَى الْمَرِيْضِ أَنْ يُؤَدِّيَ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ مَعَ كَمَالِ شُرُوْطِهَا وَأَرْكَانِهَا وَاجْتِنَابِ مُبْطِلاَتِهَا حَسْبَ قُدْرَتِهِ وَإِمْكَانِهِ وَلَهُ الْجُلُوْسُ ثُمَّ اِلاضْطِجَاعُ ثُمَّ اِلاسْتِلْقَاءُ وَاْلإِيْمَاءُ إِذَا وَجَدَ مَا تُبِيْحُهُ عَلَى مَا قُرِّرَ فِي الْمَذْهَبِ فَإِنْ كَثُرَ ضَرَرُهُ وَاشْتَدَّ مَرَضُهُ وَخَشِيَ تَرْكَ الصَّلاَةِ رَأْساً فَلاَ بَأْسَ بِتَقْلِيْدِ أَبِيْ حَنِيْفَةَ وَمَالِكٍ وَإِنْ فُقِدَتْ بَعْضُ الشُّرُوْطِ عِنْدَنَا وَحَاصِلُ مَا ذَكَرَهُ الشَّيْخُ مَحَمَّدُ بْنُ خَاتِمٍ فِي رِسَالِتِهِ فِي صَلاَةِ الْمَرِيْضِ أَنَّ مَذْهَبَ أَبِيْ حَنِيْفَةَ أَنَّ الْمَرِيْضَ إِذَا عَجَزَ عَنِ اْلإِيْمَاءِ بِرِأْسِهِ جَازَ لَهُ تَرْكُ الصَّلاَةِ فَإِنْ شَفِيَ بَعْدَ مُضِيِّ يَوْمٍ فَلاَ قَضَاءَ عَلَيْهِ وَإِذَا عَجَزَ عَنِ الشُّرُوْطِ بِنَفْسِهِ وَقَدَرَ عَلَيْهَا بِغَيْرِهِ فَظَاهِرُ الْمَذْهَبِ وَهُوَ قَوْلُ الصَّاحِبَيْنِ لُزُوْمُ ذَلِكَ إِلاَّ إِنْ لَحِقَتْهُ مَشَقَّةٌ بِفِعْلِ الْغَيْرِ أَوْ كَانَتِ النَّجَاسَةُ تَخْرُجُ مِنْهُ دَائِماً وَقَالَ أَبُوْ حَنِيْفَةَ لاَ يُفْتَرَضُ عَلَيْهِ مُطْلَقاً ِلأَنَّ الْمُكَلَّفَ عِنْدَهُ لاَ يُعَدُّ قَادِراً بِقُدْرِةِ غَيْرِهِ وَعَلَيْهِ لَوْ تَيَمَّمَ الْعَاجِزُ عَنِ الْوُضُوْءِ بِنَفْسِهِ أَوْ صَلَّى بِنَجَاسَةٍ أَوْ إِلَى غَيْرِ الْقِبْلَةِ مَعَ وُجُوْدِ مَنْ يَسْتَعِيْنُ بِهِ وَلَمْ يَأْمُرْهُ صَحَّتْ اهـ

14.          ANAK KECIL MERANGKUL ORANG SHALAT
Seorang anak yang baru berusia 3 tahun, memang sangat menyenangkan sekali. Saking sayangnya, walaupun baru datang dari kerja, sang ayah sangat senang menggendongnya. Yang jadi masalah, terkadang anak yang sedang lucu-lucunya itu menghampiri dan merangkul ayahnya ketika sedang melakukan shalat. Padahal anak tersebut sering main-main di tanah, yang ada kemungkinan akan terkena najis. Bagaimana hukum shalat seseorang seperti dalam kasus di atas?
Jawab: Shalatnya tidak batal asalkan sang anak tidak dipastikan membawa najis.
Referensi:
&            حاشية بجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 444 مكتبة دار الفكر
( فَرْعٌ ) لَوْ تَعَلَّقَ بِالْمُصَلِّيْ صَبِيٌّ أَوْ هِرَّةٌ لَمْ يَعْلَمْ نَجَاسَةَ مَنْفَذِهِمَا لاَ تَبْطُلُ صَلاَتُهُ ِلأَنَّ هَذَا مِمَّا تَعَارَضَ فِيهِ اْلأَصْلُ وَالْغَالِبُ إذِ اْلأَصْلُ الطَّهَارَةُ وَالْغَالِبُ النَّجَاسَةُ وَخَرَجَ بِقَوْلِنَا لَمْ يَعْلَمْ نَجَاسَةَ مَنْفَذِهِمَا مَا لَوْ عِلْمَهُ ثُمَّ غَابَتِ الْهِرَّةُ أَوِ الطِّفْلُ زَمَنًا لاَ يُمْكِنُ فِيهِ غَسْلُ مَنْفَذِهِمَا فَهُوَ بَاقٍ عَلَى نَجَاسَتِهِ فَتَبْطُلُ صَلاَتُهُ لِتَعَلُّقِهِمَا بِالْمُصَلِّي وَلاَ يُحْكَمُ بِنَجَاسَةِ مَا أَصَابَ مَنْفَذََهُمَا كَالْهِرَّةِ إذَا أَكَلَتْ فَأْرَةً ثُمَّ غَابَتْ غَيْبَةً يُمْكِنُ طُهْرُ فَمِهَا فِيهَا اهـ عِ ش عَلَى م ر فَلاَ تُنْجُسُ مَا أَصَابَهُ فَمُهَا وَقَدْ يُقَالُ النَّجَاسَةُ مُتَيَقَّنَةٌ وَالطُّهْرُ مَشْكُوْكٌ فِيهِ فَمُقْتَضَاهُ نَجَاسَةُ مَا أَصَابَهُ فَمُهَا اهـ

15.          SHALAT TANPA WUDLU DAN TAYAMMUM
Penjara memang tempat para penjahat, mulai kelas kakap sampai yang kelas teri, semuanya ada disana. Dan tak sedikit diantara mereka gara-gara dijebloskan ke penjara, akhirnya mau kembali lagi ke jalan yang lurus (bertaubat). Namun jangan dikira tempat dipenjara sama dengan yang diluar. Kadang-kadang kamar yang mereka tempati tidak disediakan alat bersuci. Sehingga untuk melakukan shalat secara sempurna, seakan-akan sangat sulit dilaksanakan. Apakah seseorang yang tidak menemukan alat bersuci, baik air maupun debu tetap diwajibkan mengerjakan shalat?
Jawab: Menurut qaul Jadid wajib mengerjakan shalat dalam rangka untuk menghormati waktu, serta berkewajiban mengulangi shalat tersebut ketika sudah menemukan alat bersuci.
Referensi:
&            حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء 1 صحـ : 110 مكتبة دار إحياء الكتب العربي
وَمَنْ لَمْ يَجِدْ مَاءً وَلاَ تُرَابًا كَالْمَحْبُوسِ فِي مَوْضِعٍ لَيْسَ فِيهِ وَاحِدٌ مِنْهُمَا لَزِمَهُ فِي الْجَدِيدِ أَنْ يُصَلِّيَ الْفَرْضَ لِحُرْمَةِ الْوَقْتِ وَيُعِيدَ إذَا وَجَدَ أَحَدَهُمَا يُنْدَبُ لَهُ الْفِعْلُ وَالثَّانِي يَحْرُمُ وَيُعِيدُ عَلَيْهِمَا وَالثَّالِثُ يَجِبُ وَلاَ يُعِيدُ حَكَاهُ فِي أَصْلِ الرَّوْضَةِ وَاخْتَارَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ فِي عُمُومِ قَوْلِهِ كُلُّ صَلاَةٍ وَجَبَ فِعْلُهَا فِي الْوَقْتِ مَعَ خَلَلٍ لَمْ يَجِبْ قِصَاؤُهَا فِيْ قَوْلٍ قَالَ بِهِ الْمُزَنِيّ وَهُوَ الْمُخْتَارُ ِلأَنَّهُ أَدَّى وَظِيفَةَ الْوَقْتِ وَإِنَّمَا يَجِبُ الْقَضَاءُ بِأَمْرٍ جَدِيدٍ وَلَمْ يَثْبُتْ فِيهِ شَيْءٌ اهـ
&            بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 128 مكتبة دار الفكر
وَأَمَّا مَالِكٌ فَمُقْتَضَى مَذْهَبِهِ وُجُوْبُ اْلإِيْمَاءِ بِالطَّرْفِ أَوْ بِإِجْرَاءِ اْلأَرْكَانِ عَلَى الْقَلْبِ وَالْمُعْتَمْدُ مِنْ مَذْهَبِهِ أَنَّ طَهَارَةَ الْخَبَثِ مِنَ الثَّوْبِ وَالْبَدَنِ وَالْمَكَانِ سُنَّةٌ فَيُعِيْدُ اسْتِحْبَاباً مَنْ صَلَّى عَالِماً قَادِراً عَلَى إِزَالَتِهَا وَمُقَابِلُهُ الْوُجُوْبُ مَعَ الْعِلْمِ وَالْقُدْرَةِ وَإِلاَّ فَمُسْتَحَبٌّ مَا دَامَ الْوَقْتُ فَقَطْ وَأَمَّا طَهَارَةُ الْحَدَثِ فَإِنْ عَجَزَ عَنِ اسْتِعْمَالِ الْمَاءِ لِخَوْفِ حُدُوْثِ مَرَضٍ أَوْ زِيَادَتِهِ أَوْ تَأْخِيْرِ بُرْءٍ جَازَ التَّيَمُّمُ وَلاَ قَضَاءَ عَلَيْهِ وَكَذَا لَوْ عَدِمَ مَنْ يُنَاوِلُهُ الْمَاءَ وَلَوْ بِأُجْرَةٍ وَإِنْ عَجَزَ عَنِ الْمَاءِ وَالصَّعِيْدِ لِعَدَمِهِمَا أَوْ عَدَمِ الْقُدْرَةِ عَلَى اسْتِعْمَالِهِمَا بِنَفْسِهِ وَغَيْرِهِ سَقَطَتْ عَنْهُ الصَّلاَةُ وَلاَ قَضَاءَ اهـ

Sholat Part II
6.            STANDARISASI MENUTUP AURAT
Syarat sahnya shalat adalah harus menutupi aurat baik dari arah atas ataupun samping, mengecualikan arah bawah. Bagaimana kejelasan tentang arah atas, bawah dan arah samping aurat?
Jawab: Maksud arah atas bagi laki-laki adalah, menutupi pusar serta anggota yang lurus dengan pusar. Untuk arah bawah, dimulai dari lutut serta anggota yang lurus dengan lutut. Sedangkan arah samping adalah, tertutupnya semua angota antara pusar dan lutut. Mengenai arah atas bagi perempuan adalah, menutupi kepala, pundak dan sisi samping wajahnya. Untuk arah bawahnya, bagian arah yang terletak di bawah telapak kakinya. Sedangkan arah sampingnya, semua anggota aurat diantara kepala dan kaki perempuan.
Referensi:
&            بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 84 مكتبة دار الفكر
( مَسْأَلَةُ ي) قَوْلُهُمْ يُشْتَرَطُ السَتْرُ مِنْ أَعْلاَهُ وَجَوَانِبِهِ لاَ مِنْ أَسْفَلِهِ الضَّمِيْرُ فِيْهَا عَائِدٌ إِمَّا عَلَى السَّاتِرِ أَوِ الْمُصَلِّيْ وَالْمُرَادُ بِأَعْلاَهُ عَلَى كِلاَ الْمَعْنَيَيْنِ فِيْ حَقِّ الرَّجُلِ السُرَّةُ وَمُحَاذِيْهَا وَبِأَسْفَلِهِ الرُكْبَتَانِ وَمُحَاذِيْهِمَا وَبِجَوَانِبِهِ مَا بَيْنَ ذَلِكَ وَفِيْ حَقِّ الْمَرْأَةِ بِأَعْلاَهُ مَا فَوْقَ رَأْسِهَا وَمَنْكِبَيْهَا وَسَائِرِ جَوَانِبِ وَجْهِهَا وَبِأَسْفَلِهِ مَا تَحْتَ قَدَمَيْهَا وَبِجَوَانِبِهِ مَا بَيْنَ ذَلِكَ اهـ

7.            PEMAKAIAN MUKENA YANG KURANG HATI-HATI
Aurat perempuan dalam shalat adalah menutup seluruh anggota badan, kecuali muka dan dua telapak tangan. Namun hal ini kadang kurang diperhatikan oleh kaum hawa, belum lagi model mukena yang agak lebar, sehingga kemungkinan besar pada saat melakukan takbir atau ruku’ ada sebagian auratnya yang akan terlihat. Batalkah shalatnya seorang wanita ketika sebagian auratnya terlihat seperti kasus diatas?
Jawab: Batal, karena terlihat dari arah samping.
Referensi:
&            بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 85 مكتبة دار الفكر
وَحِيْنَئِذٍ لَوْ رُؤِيَ صَدْرُ الْمَرْأَةِ مِنْ تَحْتِ الْخِمَارِ لِتَجَافِيْهِ عَنِ الْقَمِيْصِ عِنْدَ نَحْوِ الرُّكُوْعِ أَوِ اتَّسَعَ الْكَمُن بِحَيْثُ تُرَى مِنْهُ الْعَوْرَةُ بَطَلَتْ صَلاَتُهَا فَمَنْ تَوَهَّمَ أَنَّ ذَلِكَ مِنَ اْلأَسْفَلِ فَقَدْ أَخْطَأَ ِلأَنَّ الْمُرَادَ بِاْلأَسْفَلِ أَسْفَلُ الثَّوْبِ الَّذِيْ عَمَّ الْعَوْرَةَ أَمَّا مَا سَتَرَ جَانِبَهَا اْلأَعْلَى فَأَسْفَلُهُ مِنْ جَانِبِ الْعَوْرَةِ بِلاَ شَكٍّ كَمَا قَرَّرْنَاهُ اهـ قُلْتُ قَالَ فِي حَاشِيَةِ الْكُرْدِيِّ وَفِي اْلإِمْدَادِ وَيَتَرَدَّدُ النَّظْرُ فِي رُؤْيَةِ ذِرَاعِ الْمَرْأَةِ مِنْ كَمِّهَا مَعَ إِرْسَالِ يَدِهَا اسْتَقْرَبَ فِي اْلإِيْعَابِ عَدَمَ الضَّرَرِ بِخِلاَفِ مَا لَوِ ارْتَفَعَتِ الْيَدُّ وَيُوَافِقُهُ فِي مَا فِي فَتَاوِيْ م ر وَخَالَفَهُ فِي التُّحْفَةِ قَالَ ِلأَنَّ هَذَا رُؤْيَةٌ مِنَ الْجَوَانِبِ وَهِيَ تَضُرُّ مُطْلَقاً اهـ وَفِي الْجَمَلِ وَقَوْلُهُمْ وَلاَ يَجِبُ السَّتْرُ مِنْ أَسْفَلَ أَيْ وَلَوْ ِلامْرَأَةٍ فَلَوْ رُؤِيَتْ مِنْ ذَيْلِهِ فِي نَحْوِ قِيَامٍ أَوْ سُجُوْدٍِ لاَ لِتَقَلُّصِ ثَوْبِهِ بَلْ لِجَمْعِ ذَيْلِهِ عَلَى عَقِبَيْهِ لَمْ يَضُرَّ كَمَا قَالَهُ ب ر و ع ش اهـ

8.            KERAWANAN BAJU KOKO TERKAIT TERLIHATNYA AURAT
Zaman sekarang, baju bukan hanya untuk menutupi aurat, lebih dari itu, baju dijadikan media untuk bergaya. Akibatnya, baju untuk shalatpun ikut termodif, seperti baju koko yang didesain seperti kaos oblong. Sehingga ketika dipakai untuk shalat, aurat rawan kelihatan dari bagian atas. Sahkah shalat dengan menggunakan model baju seperti di atas?
Jawab: Tidak sah, jika auratnya kelihatan dari atas.
Referensi:
&            حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء 1 صحـ : 203 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
فَلَوْ رُئِيَتْ عَوْرَتُهُ أَيِ الْمُصَلِّيْ مِنْ جَيْبِهِ أَيْ طَوْقِ قَمِيْصِهِ لِسَعَتِهِ فِي رُكُوعٍ أَوْ غَيْرِهِ لَمْ يَكْفِ السَّتْرُ بِهَا الْقَمِيصَ فَلْيَزُرَّهُ أَوْ يَشُدَّ وَسَطَهُ بِضَمِّ الزَّايِ وَفَتْحِ الدَّالِ وَالسِّينِ فِي اْلأَحْسَنِ حَتَّى لاَ تُرَى عَوْرَتُهُ مِنْهُ وَلَوْ رُئِيَتْ عَوْرَتُهُ مِنْ ذَيْلِهِ بِأَنْ كَانَ فِي عُلُوٍّ وَالرَّائِيْ فِي سُفْلٍ لَمْ يَضُرَّ ذَلِكَ وَقَدْ ذَكَرَهُ فِي الْمُحَرَّرِ وَمَعْنَى رُئِيَتْ عَوْرَتُهُ فِي الْقِسْمَيْنِ كَانَتْ بِحَيْثُ تُرَى وَلَوْ لَمْ يَفْعَلْ مَا أُمِرَ بِهِ فِي الْقِسْمِ اْلأَوَّلِ وَأَحْرَمَ بِالصَّلاَةِ هَلْ تَنْعَقِدُ ثُمَّ تَبْطُلُ عِنْدَ الرُّكُوعِ أَوْ غَيْرِهِ أَوْ لاَ تَنْعَقِدُ أَصْلاً فِيهِ وَجْهَانِ أَصَحُّهُمَا اْلأَوَّلُ وَعَلَيْهِ يَصِحُّ اِلاقْتِدَاءُ بِهِ قَبْلَ الرُّكُوعِ وَيَكْفِي سَتْرُ مَوْضِعِ الْجَيْبِ قَبْلَهُ اهـ

9.            AURAT TERBUKA KARENA HEMBUSAN ANGIN
Pada suatu ketika, ada seseorang sedang melaksakan shalat di luar serambi masjid. Karena angin sangat kencang, maklum musim kemarau, akhirnya sarungnya terbuka. Apakah terbukanya aurat yang disebabkan karena hembusan angin dapat membatalkan shalat?
Jawab: Tidak membatalkan shalat, apabila seketika itu langsung ditutup.
Referensi:
&            بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 84 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
( فائدة ) لَوْ كَشَفَتِ الرِّيْحُ عَوْرَتَهُ فَسَتَرَهَا حَالاً لَمْ يَضُرَّ كَمَا لَوَ كَشَفَهُ نَحْوُ آدَمِيٍّ قَالَهُ بج وح ل وَقَيَّدَهُ سم بِغَيْرِ الْمُمَيِّزِ وَقَالَ زي وَحِيْنَئِذٍ يَضُرُّ غَيْرُ الرِّيْحَ مُطْلَقاً اهـ

10.          DAGU TERMASUK AURAT SHALAT WANITA
Model dan ukuran mukena (baca; rukuh) yang dijual di pasar-pasar sangat bervariasi, ada yang bentuknya terpotong juga ada yang seperti jubah tanpa potongan. Namun diantara dua model ini, tak jarang kaum wanita ketika menggunakannya untuk shalat, dagunya masih kelihatan. Batalkah shalatnya perempuan yang dagunya kelihatan?
Jawab: Menurut ulama’ kalangan Syâfi’iyyah shalatnya batal. Namun menurut ulama’ Hanafiyyah dan Mâlikiyyah, terlihatnya dagu saat shalat tidak membatalkan shalat.
Referensi:
&            قرة العين بفتاوى إسمعيل الزين صحـ : 59
وَأَمَّا عِنْدَ غَيْرِهِمْ كَالسَّادَةِ الْحَنَفِيَّةِ وَالسَّادَةِ الْمَالِكِيَّةِ فَإِنَّ مَا تَحْتَ الذَّقَنِ وَنَحْوِهِ لاَيُعَدُّ كَشْفُهُ مِنَ الْمَرْأَةِ مُبْطِلاً لِلصَّلاَةِ كَمَا يُعْلَمُ ذَلِكَ مِنْ عِبَارَاتِ كُتُبِ مَذَاهِبِهِمْ وَحِيْنِئِذٍ لَوْ وَقَعَ ذَلِكَ مِنَ الْعَامِيَّاتِ اللاَّتِيْ لَمْ يَعْرِفْنَ كَيْفِيَّةَ التَّقْيِيْدِ بِمَذْهَبِ الشَّافِعِيَّةِ فَإِنَّ صَلاَتَهُنَّ صَحِيْحَةٌ ِلأَنَّ الْعَامِيَّ لاَمَذْهَبَ لَهُ وَحَتَّى مِنَ الْعَارِفَاتِ بَمَذْهَبِ الشَّافِعِىّ مِمَّنْ يَرَى ذَلِكَ فَإِنَّ صَلاَتَهُنَّ صَحِيْحَةٌ ِلأَنَّ أَهْلَ الْمَذَاهِبِ اْلأَرْبَعَةِ كُلَّهُمْ عَلَى هُدًى فَجَزَاهُمْ اللُه عَنَّا خَيْرَ الْجَزَاءِ اهـ

Sholat Part IV
16.          SUJUD TANPA MELETAKKAN TANGAN
Sujud dengan meletakkan jidat (kening) merupakan syarat dapat dianggap sahnya melakukan sujud. Disamping itu, dalam praktek bersujud melibatkan beberapa anggota badan yang lain, seperti kedua tangan, lutut dan kedua kaki. Apakah saat melakukan sujud wajib meletakkan kedua telapak tangan, kedua lutut dan kaki?
Jawab: Menurut Imam an-Nawawi, hukumnya wajib. Sedangkan menurut ar-Rôfi’i tidak wajib.
Referensi:
&            كفاية الأخيار الجزء 1 صحـ : 109 – 110 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
وَهَلْ يَجِبُ وَضْعُ يَدَيْهِ وَرُكْبَتَيْهِ وَقَدَمَيْهِ مَعَ جَبْهَتِهِ قَوْلاَنِ اْلأَظْهَرُ عِنْدَ الرَّافِعِيِّ لاَ يَجِبُ وَاْلأَظْهَرُ عِنْدَ النَّوَوِيُّ الْوُجُوْبُ فَعَلَى مَا صَحَّحَهُ النَّوَوِيُّ اِلاعْتِبَارُ بَاطِنُ الْكَفِّ وَظَهْرُ اْلأَصَابِعِ اهـ
&            حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء 1 صحـ : 182 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
وَلاَ يَجِبُ وَضْعُ يَدَيْهِ وَرُكْبَتَيْهِ وَقَدَمَيْهِ فِي السُّجُودِ فِي اْلأَظْهَرِ ِلأَنَّهُ لَوْ وَجَبَ وَضْعُهَا لَوَجَبَ اْلإِيمَاءُ بِهَا عِنْدَ الْعَجْزِ عَنْ وَضْعِهَا وَاْلإِيمَاءُ بِهَا لاَ يَجِبُ فَلاَ يَجِبُ وَضْعُهَا قُلْتُ اْلأَظْهَرُ وُجُوبُهُ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ لِحَدِيثِ الصَّحِيحَيْنِ أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ الْجَبْهَةِ وَالْيَدَيْنِ وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ وَاْلأَوَّلُ يَقُولُ اْلأَمْرُ فِيهِ أَمْرُ نَدْبٍ فِي غَيْرِ الْجَبْهَةِ وَيَكْفِي عَلَى الْوُجُوبِ وَضْعُ جُزْءٍ مِنْ كُلِّ وَاحِدٍ مِنْهَا وَاِلاعْتِبَارُ فِي الْيَدِ بِبَاطِنِ الْكَفِّ سَوَاءٌ اْلأَصَابِعُ وَالرَّاحَةُ قَالَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ وَفِي الرِّجْلِ بِبُطُونِ اْلأَصَابِعِ وَلاَ يَجِبُ كَشْفُ شَيْءٍ مِنْهَا وَعَلَى عَدَمِ الْوُجُوبِ يُتَصَوَّرُ رَفْعُ جَمِيعِهَا بِأَنْ يُصَلِّيَ عَلَى حَجَرَيْنِ بَيْنَهُمَا حَائِطٌ قَصِيرٌ يَنْبَطِحُ عَلَيْهِ عِنْدَ السُّجُودِ وَيَرْفَعُهَا قَالَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ اهـ

17.          PENGGANTIAN HURUF DALAM AL-FATIHAH
Entah dengan alasan apa (mungkin karena tidak pernah mengaji), kebanyakan saat membaca Fatihah dalam shalat, huruf Dlad diganti dengan huruf Dza’. Apakah hal tersebut dapat membatalkan shalat?
Jawab: Menurut pendapatnya al-Fakhrûr ar-Râzi tidak batal, karena sulitnya membedakan kedua huruf tersebut.
Referensi:
&            بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 67 مكتبة دار الفكر
( مَسْأَلَةُ ب ) لَوْ أَبْدَلَ الضَّادَ ظَاءً فِي الْفَاتِحَةِ بَطَلَتْ صَلاَتُهُ فِي اْلأَصَحِّ وَمُقَابِلُهُ وَجْهٌ قَوِيٌّ يَجُوْزُ تَقْلِيْدُهُ أَنَّهَا لاَ تَبْطُلُ لِعُسْرِ التَّمْيِيْزِ بَيْنَهُمَا وَفِي تَفْسِيْرِ الْفَخْرِ الرَّازِيِّ تَجُوْزُ الْقِرَاءَةُ بِإِبْدَالِ الضَّادَ ظَاءً لِتَشَابُهِهِمَا وَهَذَا يُخَفِّفُ عَنِ الْعَوَامِّ وَيُوْجِبُ عَدَمَ التَّشْدِيْدِ وَالتَّنَطُّعِ عَلَيْهِمْ اهـ

18.          SHALATNYA ORANG YANG TIDAK MAMPU DUDUK
Melihat kondisi orang sakit terutama yang ada di rumah sakit, sangat begitu memperihatinkan, ada yang hanya bisa duduk tidak bisa berdiri, juga ada yang bisanya hanya tidur saja. Sedangkan yang tahapannya sangat parah, bisanya hanya melihat tanpa sepatah katapun. Bagaimanakah cara shalatnya seseorang jika tidak mampu shalat sambil duduk ?
Jawab: Dengan cara tidur miring serta menghadapkan wajahnya ke arah kiblat. Sedangkan yang lebih baik, miring di atas lambung bagian kanan seperti posisi mayit. Pendapat lain mengatakan; shalat dengan cara tidur terlentang serta menghadapkan kedua kakinya ke arah kiblat dan kepalanya agak diangkat.
Referensi:
&            روضة الطالبين وعمدة المفتين الجزء 1 صحـ : 236 مكتبة الإسلامية
قَالَ الْجُمْهُوْرُ وَالْعَجْزُ عَنِ الْقُعُوْدِ يَحْصُلُ بِمَا يَحْصُلُ بِهِ الْعَجْزُ عَنِ الْقِيَامِ وَقَالَ إِمَامُ الْحَرَمَيْنِ لاَ يَكْفِيْ ذَلِكَ بَلْ يُشْتَرَطُ فِيْهِ عَدَمُ تَصَوُّرِ الْقُعُوْدِ أَوْ خِيْفَةُ الْهَلاَكِ أَوْ الْمَرَضِ الطَّوِيْلِ إِلْحَاقًا لَهُ بِالْمَرَضِ الْمُبِيْحِ لِلتَّيَمُّمِ وَفِي كَيْفَيَّةِ صَلاَتِهِ وَجْهَانِ وَقِيْلَ قَوْلاَنِ أَصَحُّهُمَا أَنَّهُ يَضْطَجِعُ عَلَى جَنْبِهِ اْلأَيْمَنِ مُسْتَقْبِلاً بِوَجْهِهِ وَمُقَدِّمِ بَدَنِهِ الْقِبْلَةَ كَالْمَيِّتِ فِيْ لَحْدِهِ فَلَوْ خَالَفَ وَاضْطَجَعَ عَلَى جَنْبِهِ اْلأَيْسَرِ صَحَّ إِلاَ أَنَّهُ تَرَكَ السُّنَّةَ وَالثَّانِيْ أَنَّهُ يَسْتَلْقِيْ عَلَى ظَهْرِهِ وَيَجْعَلُ رِجْلَيْهِ إِلَى الْقِبْلَةِ وَيَرْفَعُ وِسَادَتَهُ قَلِيْلاً وَهَذَا الْخِلاَفُ فِي الْقَادِرِ عَلَى اِلاضْطِجَاعِ وَاْلاِسْتِلْقَاءِ فَإِنْ لَمْ يَقْدِرْ إِلاَّ عَلَى أَحَدِهِمَا أَتَى بِهِ قَالَ إِمَامُ الْحَرَمَيْنِ هَذَا الْخِلاَفُ فِي الْكَيْفِيَّةِ الْوَاجِبَةِ اهـ

19.          KEWAJIBAN MENGHADAP KIBLAT BAGI ORANG SAKIT
Tempat tidur yang ada dirumah sakit, posisinya bermacam-macam, ada yang membujur kearah barat, timur dan lain sebagainya. Bahkan tidak jarang posisi tempat tidur tersebut menyulitkan bagi para pasien untuk menghadap kiblat ketika hendak melakukan shalat sambil tidur. Jika hal itu terjadi, bagaimanakah cara shalatnya pasien tersebut?
Jawab: Shalat sebisa mungkin dan harus meng-qadlâ’.
Referensi:
&            حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء 1 صحـ : 151 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
اسْتِقْبَالُ الْقِبْلَةِ أَيْ الْكَعْبَةِ شَرْطٌ لِصَلاَةِ الْقَادِرِ عَلَيْهِ فَلاَ تَصِحُّ صَلاَةٌ بِدُونِهِ إجْمَاعًا بِخِلاَفِ الْعَاجِزِ عَنْهُ كَمَرِيضٍ لاَ يَجِدُ مَنْ يُوَجِّهُهُ إلَى الْقِبْلَةِ وَمَرْبُوطٍ عَلَى خَشَبَةٍ فَيُصَلِّي عَلَى حَالِهِ وَيُعِيدُ وَيُعْتَبَرُ اِلاسْتِقْبَالُ بِالصَّدْرِ لاَ بِالْوَجْهِ أَيْضًا ِلأَنَّ اِلالْتِفَاتَ بِهِ لاَ يُبْطِلُ الصَّلاَةَ قَوْلُهُ وَيُعِيدُ أَيْ لِعَدَمِ اسْتِقْبَالِهِ وَمِنْهُ يُعْلَمُ أَنَّ اِلاسْتِقْبَالَ شَرْطٌ فِي حَقِّ الْعَاجِزِ أَيْضًا إلاَ أَنْ يُقَالَ إنَّهُ لِلْقَادِرِ شَرْطٌ لِلصِّحَّةِ وَلِلْعَاجِزِ شَرْطٌ لِلْإِجْزَاءِ فَتَأَمَّلْ قَوْلُهُ بِالصَّدْرِ أَيْ بِجَمِيعِهِ يَقِينًا مَعَ الْقُرْبِ وَظَنًّا مَعَ الْبُعْدِ فَلَوْ خَرَجَ جُزْءٌ مِنْهُ عَنْ مُحَاذَاةِ الْعَيْنِ لَمْ تَصِحَّ صَلاَتُهُ وَالْمُعْتَبَرُ فِي اِلاسْتِقْبَالِ فِي الرُّكُوعِ وَالسُّجُودِ الْعُرْفُ لاَ الصَّدْرُ اهـ

Problematika Dalam Sholat
BAB SHALAT

1. QADLÂ’ SHALATNYA ORANG YANG DIBIUS
Ketika pasien diperkirakan tidak kuat menahan rasa sakit, biasanya sebelum dilakukan operasi terlebih dahulu pasien diberi obat bius, supaya tidak sadarkan diri. Apakah bagi dia wajib meng-qadlâ’ shalat yang ditinggalkan akibat pembiusan tersebut?
Jawab: Tidak wajib, karena pembiusan yang berakibat hilangnya akal dalam rangka pengobatan, hukumnya diperbolehkan.
Referensi:
المجموع الجزء 3 صحـ : 8 مكتبة مطبعة المنيرية
( فَرْعٌ ) قَالَ أَصْحَابُنَا يَجُوزُ شُرْبُ الدَّوَاءِ الْمُزِيلِ لِلْعَقْلِ لِلْحَاجَةِ كَمَا أَشَارَ إلَيْهِ الْمُصَنِّفُ بِقَوْلِهِ شَرِبََ دَوَاءً مِنْ غَيْرِ حَاجَةٍ وَإِذَا زَالَ عَقْلُهُ وَالْحَالَةُ هَذِهِ لَمْ يَلْزَمْهُ قَضَاءُ الصَّلَوَاتِ بَعْدَ اْلإِفَاقَةِ ِلأَنَّهُ زَالَ بِسَبَبٍ غَيْرِ مُحَرَّمٍ وَلَوِ احْتِيجَ فِي قَطْعِ يَدِهِ الْمُتَآكِلَةِ إلَى تَعَاطِيْ مَا يُزِيلُ عَقْلَهُ فَوَجْهَانِ أَصَحُّهُمَا جَوَازُهُ اهـ

2. QADLÂ’ SHALAT WANITA YANG MENGGUGURKAN KANDUNGAN
Entah karena apa, perempuan hamil muda menggugurkan kandungannya dengan cara minum obat. Apakah shalat yang ditinggalkan pada saat keluar darah nifas setelah menggugurkan kandungannya wajib di-qadlâ’?
Jawab: Tidak wajib qadlâ’, karena tidak wajibnya qadlâ’ sebab nifas atau haid merupakan ‘azîmah, yakni walaupun keluarnya darah ada unsur maksiat, tetap tidak wajib qadlâ’.
Referensi:
المجموع الجزء 3 صحـ : 10 مكتبة مطبعة المنيرية
وَلَوْ شَرِبَتْ دَوَاءً لِلْحَيْضِ فَحَاضَتْ لَمْ يَلْزَمْهَا الْقَضَاءُ وَكَذَا لَوْ شَرِبَتْ دَوَاءً لِتُلْقِيَ الْجَنِينَ فَأَلْقَتْهُ وَنَفِسَتْ لَمْ يَلْزَمْهَا قَضَاءُ صَلَوَاتِ مُدَّةِ النِّفَاسِ عَلَى الصَّحِيحِ مِنْ الْوَجْهَيْنِ ِلأَنَّ سُقُوطَ الْقَضَاءِ مِنْ الْحَائِضِ وَالنُّفَسَاءِ عَزِيمَةٌ كَمَا سَبَقَ

3. DATANGNYA FAKTOR PENCEGAH SHALAT
Haidl dan penyakit epilepsi adalah dua hal yang dapat mencegah untuk melakukan ibadah shalat. Namun yang menjadi masalah, bila darah haid atau penyakit epilepsi datang pada saat waktu sudah masuk, sementara belum melakukan shalat, apakah masih berkewajiban meng-qadlâ’ shalatnya?
Jawab: Harus di-qadlâ’-i, jika waktu yang dilewatkan tersebut kira-kira cukup digunakan untuk mengerjakan shalat atau cukup digunakan bersuci dan mengerjakan shalat bagi دَائِمُ الْحَدَثِ .
Referensi:
سلم التوفيق مع إسعاد الرفيق الجزء 1 صحـ : 72 مكتبة الهداية
(فَإِنْ طَرَأَ مَانِعٌ) مِنْ مَوَانِعِهَا (كَحَيْضٍ) أَوْ جُنُوْنٍ أَوْ إِغْمَاءٍ وَكَانَ طُرُوُّهُ (بَعْدَ مَا مَضَى مِنْ) أَوَّلِ (وَقْتِهَا مَا) أَىْ زَمَنٌ (يَسَعُهَا) أَيْ يَسَعُ أَرْكَانَهَا فَقَطْ بِالنِّسْبَةِ لِمَنْ يُمْكِنُهُ تَقْدِيْمُ الطُّهْرِ عَلَى الْوَقْتِ كَسَلِمٍ غَيْرِ مُتَيَمِّمٍ وَبَعْدَ أَنْ يَمْضِيَ مِنْهُ مَا يَسَعُهَا (وَطُهْرَهَا) بِالنِّسْبَةِ لِمَنْ لاَ يُمْكِنُهُ تَقْدِيْمُهُ (لِنَحْوِ سَلِسٍ) بِكَسْرِاللاَّمِ وَفَتْحِهَا كَمُتَيَمِّمٍ (لَزِمَهُ) بَعْدَ زَوَالِ الْمَانِعِ (قَضَاؤُهَا) أَيْ قَضَاءُ صَلاَةِ ذَلِكَ الْوَقْتِ ِلإِدْرَاكِهِ مِنْ وَقْتِهَا مَا يُمْكِنُهُ فِعْلُهَا فِيْهِ فَلاَ تَسْقُطُ بِمَا طَرَأَ اهـ

4. HILANGNYA FAKTOR PENCEGAH SHALAT
Faktor pencegah shalat seperti gila, kerasukan jin, lebih-lebih darah haid, disamping datangnya tidak bisa diprediksi dan juga berakhirnya sewaktu-waktu bisa terjadi. Bahkan tak jarang tiga hal tersebut hilang ketika pada saat waktu yang hanya cukup melakukan Takbirat al-Ihrâm. Jika demikian, apakah masih dituntut untuk mengerjakan shalat?
Jawab: Tetap berkewajiban melakukan shalat tersebut, serta meng-qadlâ’ shalat sebelumnya, jika bisa di-jama’.
Referensi:
& حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء 1 صحـ : 140 مكتبة دار إحياء التراث العربية
وَلَوْ زَالَتْ هَذِهِ اْلأَسْبَابُ أَيِ الْكُفْرُ وَالصِّبَا وَالْحَيْضُ وَالنِّفَاسُ وَالْجُنُونُ وَاْلإِغْمَاءُ وَبَقِيَ مِنْ الْوَقْتِ تَكْبِيرَةٌ أَيْ قَدْرُهَا وَجَبَتِ الصَّلاَةُ ِلإِدْرَاكِ جُزْءٍ مِنْ الْوَقْتِ كَمَا يَجِبُ عَلَى الْمُسَافِرِ اْلإِتْمَامُ بِاقْتِدَائِهِ بِمُقِيمٍ فِي جُزْءٍ مِنْ الصَّلاَةِ وَفِي قَوْلٍ يُشْتَرَطُ رَكْعَةٌ أَخَفُّ مَا يَقْدِرُ عَلَيْهِ أَحَدٌ كَمَا أَنَّ الْجُمُعَةَ لاَ تُدْرَكُ بِأَقَلَّ مِنْ رَكْعَةٍ وَاْلأَظْهَرُ عَلَى اْلأَوَّلِ وُجُوبُ الظُّهْرِ بِإِدْرَاكِ تَكْبِيرَةٍ آخِرَ وَقْتِ الْعَصْرِ وَوُجُوبُ الْمَغْرِبِ بِإِدْرَاكِ تَكْبِيرَةٍ آخِرَ وَقْتِ الْعِشَاءِ ِلأَنَّ وَقْتَ الثَّانِيَةِ وَقْتٌ لِلْأُوْلَى فِيْ جَوَازِ الْجَمْعِ فَكَذَا فِي الْوُجُوبِ وَالثَّانِي لاَ تَجِبُ الظُّهْرُ وَالْمَغْرِبُ بِمَا ذُكِرَ بَلْ لاَ بُدَّ مِنْ زِيَادَةِ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ لِلظُّهْرِ فِي الْمُقِيمِ وَرَكْعَتَيْنِ فِي الْمُسَافِرِ وَثَلاَثٍ لِلْمَغْرِبِ ِلأَنَّ جَمْعَ الصَّلاَتَيْنِ الْمُلْحَقَ بِهِ إنَّمَا يَتَحَقَّقُ إذَا تَمَّتِ الْأُولَى وَشَرَعَ فِي الثَّانِيَةِ فِي الْوَقْتِ وَلاَ تَجِبُ وَاحِدَةٌ مِنْ الصُّبْحِ وَالْعَصْرِ وَالْعِشَاءِ بِإِدْرَاكِ جُزْءٍ مِمَّا بَعْدَهَا ِلانْتِفَاءِ الْجَمْعِ بَيْنَهُمَا وَلاَ يُشْتَرَطُ فِي الْوُجُوبِ إدْرَاكُ زَمَنِ الطَّهَارَةِ وَيُشْتَرَطُ فِيهِ امْتِدَادُ السَّلاَمَةِ مِنَ الْمَوَانِعِ زَمَنَ إمْكَانِ الطَّهَارَةِ وَالصَّلاَةِ اهـ

5. FENOMENA SHALAT MENGHADAP KEBARAT
Negara Indonesia berada di arah timur Ka’bah. Kebanyakan masyarakat ketika hendak shalat, langsung menghadap ke arah barat, tanpa mempertimbangkan apakah sudah tepat lurus dengan fisik Ka’bah atau tidak. Sahkah shalatnya jika hanya menghadap ke arah barat?
Jawab: Sah menurut pendapat yang dipilih oleh Imam Ghazâli. Karena bagi mereka yang jauh dari Ka’bah, cukup menghadap ke arah dimana Ka’bah berada. Tidak harus tepat lurus menghadap fisik Ka’bah.
Referensi:
& بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 63 مكتبة دار الفكر
( مَسْأَلَة ٌ ك ) اَلرَّاجِحُ أَنَّهُ لاَ بُدَ مِنِ اسْتِقْبَاالِ عَيْنِ الْقِبْلَةِ وَلَوْ لِمَنْ هُوَ خَارِجَ مَكَّةَ فَلاَ بُدَّ مِنِ انْحِرَافٍ يَسِيْرٍ مَعْ طُوْلِ الصَّفِّ بِحَيْثُ يَرَى نَفْسَهَ مُسَامِتاً لَهَا ظَنًّا مَعَ الْبُعْدِ وَالْقَوْلُ الثَّانِيُّ يَكْفِي اسْتِقْبَاالُ الْجِهَةِ أَيْ إِحدَى الْجِهَاتِ اْلأَرْبَعِ الَّتِيْ فِيْهَا الْكَعْبِةُ لِمَنْ بَعُدَ عَنْهَا وَهُوَ قَوِيٌّ اخْتَارَهُ الْغَزَالِيُّ وَصَحَّحَهُ الْجُرْجَانِيُّ وَابْنُ كَجٍ وَابْنُ أَبِيْ عَصْرُوْن وَجَزَمِ بِهِ الْمَحَلِّيُّ قاَلَ اْلأَذْرَعِيِّ وَذَكَرَ بَعْضُ اْلأَصْحَابِ أَنَّهُ الْجَدِيْدُ وَهُوَ الْمُخْتَارُ ِلأَنَّ جِرْمَهَا صَغِيْرٌ يَسْتَحِيْلُ أَنْ يَتَوَجَّهَ إِلَيْهِ أَهْلُ الدُّنْيَا فَيَكْتَفِىْ بِالْجِهَّةِ وَلِهَذَا صَحَّتْ صَلاَةُ الصَّفِّ الطَّوِيْلِ إِذَا بَعُدُوْا عَنِ الْكَعْبَةِ وَمَعْلُوْمٌ أَنَّ بَعْضَهُمُ خَارِجُوْنَ مِنْ مُحَاذَاةِ الْعَيْنِ وَهَذَا الْقَوْلُ يُوَافِقُ الْمَنْقُوْلَ عَنْ أَبِي حَنِيْفَةَ وَهُوَ أَنَّ الْمَشْرِقَ قِبْلَةُ أَهْلِ الْمَغْرِبِ وَبِالْعَكْسِ وَالْجَنُوْبَ قِبْلَةُ أَهْلِ الشِّمَالِ وَبِالْعَكْسِ وَعَنْ مَالِكٍ أَنَّ الْكَعْبَةَ قِبْلَةُ أَهْلِ الْمَسْجِدِ وَالْمَسْجِدَ قِبْلَةُ أَهْلِ مَكَّةَ وَمَكَّةَ قِبْلَةُ أَهْلِ الْحَرَمِ وَالَحَرَمَ قِبْلَةُ أَهْلِ الدُّنْيَا اهـ

Toharoh Part IV
19. AIR JEDING BERBAU KARENA BANGKAI IKAN
Menaruh ikan dalam jeding, merupakan hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat, sebab dengan cara seperti itu, air dapat bertahan lama. Karena kotoran-kotoran yang ditimbulkan dari air tersebut biasanya dimakan oleh ikan. Namun tak jarang ikan tersebut mati membusuk di dalamnya. Apakah air kolam yang baunya berubah anyir akibat bangkainya ikan tetap suci mensucikan?
Jawab: Ya tetap suci mensucikan, jika bangkai tersebut tidak mengeluarkan cairan aroma busuk yang bisa menyatu dengan air. Karena bangkai ikan tetap suci.
Referensi:
& حاشية الجمل الجزء 5 صحـ : 270 مكتبة دار الفكر
( فَرْعٌ ) اسْتِطْرَادِيٌّ وَقَعَ السُّؤَالُ عَنْ بِئْرٍ تَغَيَّرَ مَاؤُهَا وَلَمْ يُعْلَمْ لِتَغَيُّرِهِ سَبَبٌ ثُمَّ فُتِّشَ فِيهَا فَوُجِدَ فِيهَا سَمَكَةٌ مَيِّتَةٌ وَأُحِيْلَ التَّغَيُّرُ عَلَيْهَا فَهَلِ الْمَاءُ طَاهِرٌ أَوْ مُتَنَجِّسٌ ( وَالْجَوَابُ ) أَنَّ الظَّاهِرَ بَلْ الْمُتَعَيِّنُ الطَّهَارَةُ ِلانَّ مَيْتَةَ السَّمَكِ طَاهِرَةٌ وَالْمُتَغَيِّرُ بِالطَّاهِرِ لاَ يَتَنَجَّسُ ثُمَّ إنْ لَمْ يَنْفَصِلْ مِنْهَا أَجْزَاءٌ تُخَالِطُ الْمَاءَ وَتُغَيِّرُهُ فَهُوَ طَهُورٌ ِلانَّ تَغَيُّرَهُ بِمُجَاوِرٍ وَإِلاَّ فَغَيْرُ طَهُوْرٍ إنْ كَثُرَ التَّغَيُّرُ بِحَيْثُ يَمْنَعُ إطْلاَقَ اسْمِ الْمَاءِ عَلَيْهِ اهـ ع ش عَلَى م ر

20. AIR JEDING BANYAK KEJATUHAN AIR MUSTA’MAL
Sering terjadi, ketika air jeding yang berisi dua qullah atau lebih, sedang digunakan wudlu oleh para jama’ah, tentunya banyak air musta’mal berjatuhan masuk ke dalam jeding lagi. Hal ini menimbulkan tanda tanya terkait bisa dan tidaknya dibuat bersuci. Apakah air tersebut dapat digunakan kembali?
Jawab: Dapat digunakan lagi, karena air berukuran dua qullah atau lebih tidak dapat berstatus musta’mal.
Referensi:
& حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 87 مكتبة دار الفكر
وَالْمَاءُ الْمُسْتَعْمَلُ كَمَائِعٍ فَيُفْرَضُ مُخَالِفًا وَسَطًا لِلْمَاءِ فِي صِفَاتِهِ لاَ فِي تَكْثِيرِ الْمَاءِ فَلَوْ ضُمَّ إلَى مَاءٍ قَلِيلٍ فَبَلَغَ قُلَّتَيْنِ صَارَ طَهُورًا وَإِنْ أَثَّرَ فِي الْمَاءِ بِفَرْضِهِ مُخَالِفًا قَوْلُهُ ( لاَ فِيْ تَكْثِيْرِ الْمَاءِ ) أَيْ لاَ فِي حَالَةِ تَكْثِيرِ الْمَاءِ بِالْمَاءِ الْمُسْتَعْمَلِ بِأَنْ بَلَغَ بِهِ قُلَّتَيْنِ فَلاَ يُفْرَضُ مُخَالِفًا ِلانَّ الْمَاءَ الْكَثِيرَ لاَ يَتَأَثَّرُ بِاْلاسْتِعْمَالِ قَوْلُهُ (فَلَوْ ضُمَّ إلَى مَاءٍ قَلِيلٍ إلَخْ) وَيُؤْخَذُ مِنْهُ أَنَّ مَاءَ الْفُسَاقِي الْمُعَدَّةِ اْلآنَ لِلْوُضُوْءِ فِي الْمَسَاجِدِ وَالْمَدَارِسِ مَثَلاً طَهُوْرٌ مَعَ كَثْرَةِ الْمَاءِ الْمُسْتَعْمَلِ الْوَاقِعِ فِيهَا بِكَثْرَةِ الْمُتَوَضِّئِيْنَ وَلاَ نُقَدِّرُهُ مُخَالِفًا وَمَا وَقَعَ فِي الرَّوْضَةِ سَهْوٌ أَوْ نِسْيَانٌ م د اهـ

21. PERBEDAAN ANTARA MUKHÂLITH DAN MUJÂWIR
Air yang salah satu sifatnya berubah tidak bisa dibuat bersuci lagi, jika perubahannya akibat benda yang mukhâlith bukan mujâwir. Apa perbedaan mukhâlith dan mujâwir tersebut?
Jawab: Mukhâlith adalah benda yang tidak dapat dipisahkan dari air (baca: lebur). Sedangkan mujâwir adalah kebalikannya. Hanya saja ada benda yang selamanya mujâwir, seperti; batu. Ada yang berupa mukhâlith, kemudian menjadi mujâwir, seperti; debu. Dan ada pula yang menjadi mujâwir, kemudian menjadi mukhâlith, semisal daun teh.
Referensi:
& حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء 1 صحـ : 22 مكتبة دار إحياء التراث العربية
قَوْلُهُ ( وَضُبِطَ الْمُجَاوِرُ بِمَا يُمْكِنُ فَصْلُهُ وَالْمُخَالِطُ بِمَا لاَ يُمْكِنُ فَصْلُهُ ) وَهُوَ اْلأَرْجَحُ عِنْدَ الْجُمْهُورِ أَوْ بِمَا يَتَمَيَّزُ فِي رَأْيِ الْعَيْنِ كَالتُّرَابِ وَعَكْسُهُ الْمُخَالِطُ وَيُمْكِنُ رَدُّ أَحَدِهِمَا لِْلآخَرِ وَاعْلَمْ أَنَّ الشَّيْءَ قَدْ يَكُونُ مُجَاوِرًا ابْتِدَاءً وَدَوَامًا كَاْلأَحْجَارِ أَوْ دَوَامًا كَالتُّرَابِ أَوْ ابْتِدَاءً كَاْلأَشْجَارِ اهـ


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا