3. PERPINDAHAN JANIN SECARA
MISTERIUS
Deskripsi
Ada seorang wanita berinisial
A yang tengah hamil 9 bulan, tanpa sepengetahuannya tiba-tiba janin yang berada
di dalam kandungan sang ibu menghilang. Dan disinyalir, kandungan tersbut
pindah ke dalam rahim orang lain (si B) yang masih ada hubungan kekerabatan
dengan si A. setelah 10 hari, si B melahirkan janin yang ada di dalam perutnya.
Kemudian terjadilah sengketa pengakuan hak anak antara si A yang telah
mengandung selama 9 bulan dan si B yang telah melahirkan dari janin yang
tiba-tiba ada di dalam perutnya. Setelah dilakukan tes DNA dinyatakan bahwa
anak tersebut secara genetika (gen keturunan) adalah anak dari si A. (PCNU KOTA
MALANG)
Pertanyaan:
a. Siapakah ibu dari anak
tersebut?
b. Siapakah yang berhak menjadi
wali dari anak tersebut ketika akan melangsungkan pernikahan?
Jawaban a:
Ibu dari anak tersebut
adalah perempuan yang melahirkan.
Dasar Keputusan:
صحيح مسلم ج 2 ص 257
امك التى ولدتك فإنما أنا أمك
فيض القدير شرح الجامع الصغير من أحاديث البشير النظير ج : 6 ص : 489
((الولد للفراش , وللعاهر الحجر )). (ق د ن ه ) عن
عائشة (حم ق ت ن ه ) عن أبي هريرة عن عثمان (ن) عن ابن مسعود وعن أبي أمامة (صح)
يقع على الذكر
والأنثى والمفرد والجمع (للفراش) أي هو تابع للفراش أو محكوم به للفراش أي لصاحبه
زوجاً كان أو سيداً لأنهما يفترشان المرأة بالاستحقاق سواء كانت المفترشة حرة أو
أمة عند الشافعي وخصه الحنفية بالحرة وقالوا ولد الأمة لا يلحق سيدها ما لم يقر به
اهـ. ومحل كونه تابعاً للفراش إذا لم ينفه بما شرع له كاللعان وإلا انتفى ومثل
الزوج أو السيد هنا واطئ بشبهة وليس لزان في نسبه حظ إنما حظه منه استحقاق الحد
كما قال (وللعاهر) الزاني يقال عهر إلى المرأة إذا أتاها ليلاً للفجور بها والعهر
بفتحتين الزنا (الحجر) أي حظه ذلك ولا شيء له في الولد فهو كناية عن الخيبة
والحرمان فيما ادعاه من النسب لعدم اعتبار دعواه مع وجود الفراش للآخر قال الطيبي
تبعاً للنووي: وأخطأ من زعم أن المراد الرجم بالحجر لأن الرجم خاص بالمحصن ولأنه
لا يلزم من الرجم نفي الولد الذي الكلام فيه، وقال السبكي: التعويل على الأول لتعم
الخيبة كل زان ودليل الرجم مأخوذ من موضع آخر فلا حاجة للتخصيص بغير دليل ثم
الفراش المترتب عليه الأحكام إنما يثبت في حق الزوجة بعقد صحيح ومع تمكن
Jawaban
b:
Yang berhak menjadi wali dari anak tersebut adalah
suami dari ibunya, selama jarak antara kelahiran anak dan pernikahan ibunya adalah
mencapai batas minimal usia kandungan (imkan aqal al-chaml).
Dasar Keputusan:
بغية المسترشدين ص : 236
فالحاصل أن
المولود على فراش الزوج لاحق به مطلقاً إن أمكن كونه منه، ولا ينتفي عنه إلا
باللعان والنفي، تارة يجب، وتارة يحرم، وتارة يجوز، ولا عبرة بإقرار المرأة
بالزنا، وإن صدقها الزوج وظهرت أماراته
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik