Langsung ke konten utama

terobosan robot

Seiring dengan kecanggihan teknologi akhir-akhir ini, disebuah negara, semisal Jepang membuat terobosan robot berbentuk Anjing sebagai jelmaan dari Anjing Pemburu, dengan dilengkapi program secanggih mungkin dan dikendalikan dengan remote control.

Pertanyaan :
a.       Apakah robot tersebut dapat dikategorikan  الجارحة ?
b.      Apakah pembuatan program tersebut bisa dikatakan  تعليم ?
c.       Jika kaitannya dengan tindak pencarian jejak kejahatan apakah robot tersebut dapat dikategorikan qorenah seperti Anjing Pelacak?
                                                (PP. Al-Anwar Sarang Rembang)

Jawaban a :
Robot tersebut tidak bisa di kategorikan  pemburu (Jarihah) yang di anggap halal buruannya karena tidak termasuk hewan.

Referensi : 1. I’anatut Tholibin Juz II  Hal. 345
                   2. Fathul Bari  Juz IV  Hal. 367

1-وفى إعانة الطالبين للعلامة أبى بكر السيد البكرى بن محمد شطا الدمياطى ما نصه :
(وقوله وإرسال الجارحة) أى وعند إرسال الجارحة وهي الحيوان المعلم كالكلب وغيره

2-وفى فتح البارى للشيخ أحمد بن علي بن حجر العسقلاني ما نصه :
وشرح ذلك ان الشىء اما ان يكون أصله التحريم او الإباحة اويشك فيه فالأول كالصيد فإنه يحرم أكله قبل ذكاته فإذا شك فيها لم يزل عن التحريم الا بيقين .

Jawaban b :
Tidak termasuk Ta’lim yang mu’tabar  karena robot tersebut tidak termasuk hewan.

Referensi :
Seperti di atas

Jawaban c :
    Robot tersebut bisa di katagorikan qorenah yang mana menurut selain Syafi’iyyah bisa di jadikan bukti untuk  penyelidikan seperti anjing pelacak.
  
Referensi :  1. Al-Fiqhu Al-Islami  Juz : XI  Hal : 644
                    2. Thoroiqul Hukmi  Hal : 349  
                    3. Al-Firosah Al-Mardliyyah  Hal : 97

1-وفى الفقه الإسلامى للشيخ وهبة الزحيلى ما نصه :
تعريف القرينة : القرينة لغة : هي العلامة الدالة على شىء مطلوب واصطلاحا هي كل أمارة ظاهرة تقارن شيئا خفيا فتدل عليه . يفهم من هذا التعريف أنه لابد فى القرينة من أمرين : 1- أن يوجد أمر ظاهر معروف يصلح أساسا للإعتماد عليه . 2- أن توجد صلة مؤشرة بين الأمر الظاهر والأمر الخفي .
وبمقدار قوة هذه الصلة تنقسم القرائن قسمين قرائن قوية وقرائن ضعيفة وللفقهاء والقضاة دور ملحوظ فى استنباط نتائج معينة من القرائن ومن القرائن الفقهية اعتبار ما يصلح للرجال من متاع البيت عند اختلاف الزوجين فى ملكيته هو للرجل كالعمامة والسيف وما يصلح للنساء كالحلي هو للمرأة بشهادة الظاهر وملاحظة العرف والعادة

2-وفى طرائق الحكم للدكتور سعيد بن درويش الزهرانى ما نصه :
ومن القرائن الحديثة ما ثبت أنه بالإمكان التعرف على المجرمين بواسطة الكلاب البوليسية عن طريق حاسة الشم القوية التى تمتاز بها .
وفى حدود ما أعلم أن لهذه الكلاب أماكن للتدريب والتمرين فى بعض الدول وأنه قد ثبت استخدام هذه الكلاب فى كشف بعض الجرائم وخاصة جرائم تهريب المخدرات فثبت نجاح ذلك وفائدته والإعتماد على هذه الكلاب وعده طريقا من طرق الإثبات الحديثة هو شبيه بما يسميه الفقهاء باللوث بالشريعة الإسلامية ولذلك لا مانع من استعانة القاضى المسلم بهذه القرينة والإستفادة من الكلاب البوليسية فى مجال القضاء أمر مباح .

3-وفى الفراسة المرضية لابن القيم ما نصه :  
 ولم يزل حذاق الحكام والولاة يستخرجون الحقوق بالفراسة والأمارة فإذا ظهرت لم يقدموا عليها شهادة تخالفها ولا اقرارا وقد صرح الفقهاء كلهم بأن الحاكم اذا ارتاب بالشهود فرقهم وسألهم كيف تحملوا الشهادة –الى أن قال- وكذلك اذا ارتاب بالدعوى سأل المدعى عن سبب الحق وأين كان ونظر فى الحال هل يقتضى صحة ذلك وكذلك اذا ارتاب بمن القول قوله والمدعى عليه وجب عليه أن يستكشف الحال ويسأل عن القرائن التى تدل على صورة الحال .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan