Menyentuh dan Mengoperasikan
Disket al-Qur`an
Diskripsi masalah:
Dewasa ini alat-alat informasi dan komunikasi semakin
canggih, sehingga ayat-ayat al-Qur`an dapat diprogram dalam bentuk disket
(disket al-Qur`an).
Pertanyaan:
a.
Bagaimana hukumnya menyentuh disket al-Qur`an tersebut
bagi orang yang hadats?
b.
Bagaimana pula hukum mengoperasikannya?
Jawaban:
a.
Bila dalam disket tersebut terdapat tulisan al-Qur`an yang
mudah dibaca (tanpa adanya masyaqqot yang sangat) dengan tanpa alat pembesar, maka
bagi orang yang hadats Haram menyentuhnya.
b.
Hukum mengoperasikannya diperbolehkan dengan syarat:
1.
Di dalamnya tidak terdapat tulisan-tulisan yang mudah
dibaca (tanpa adanya masyaqqot yang sangat).
2.
Terdapat tulisan yang mudah dibaca, namun tidak menyentuh
tulisannya atau pada perkara yang muhadzi (menepati arah) terhadap tulisan
tersebut.
Pengambilan ibarat:
1.
Fathul Jawad, juz I, hal. 55
2.
Bujairomi alal Manhaj, juz I, hal. 48
وفى فتح الجواد، ج 1 ص 55،
مانصه:
ويمنع المحدث (بالغا حمل مصحف وحمل لوح) كتب عليه قران (قوله لوح) يتردد النظر
فى انه اذا مسح فبقى فيه اثار الحروف فهل يبقى تحريم نحو المس والحمل او لا؟ والذى
يتجه ان تلك الاثار ان كانت على صفة تقصد كتابة مثلها عرفا للدراسة بأن كانت تقرأ
من غير كبير مشقة بقي التحريم والا فلا بخلاف مالو خفيت جدا بحيث لايمكن قراءتها
الا بمشقة شديدة فان مثل هذا لاتقصد كتابته فى الالواح ولا عبرة به. اهـ
وفى البجيرمى على المنهج، ج 1 ص
48، مانصه:
(و) مس (ظرفه) كصندوق (وهو فيه) لشبهه بجلده وعلاقته كظرفه (و) مس (ماكتب عليه
قران لدرسه) كلوح لشبهه بالمصحف اهـ. (قوله ومس ظرفه) اى المعد له وان زاد على
حجمه بخلاف غير المعد فلا يحرم الا مس المحاذى فقط (قوله غير المعد) الذى تحرر فى
الدرس فى الظرف انه ان هيء له حرم مس كله ان عده العرف ظرفا له فى العادة اهـ.
شيخنا قومسى (قوله كلوح) يؤخذ منه انه لابد أن يكون مما يكتب فيه عادة فلو كتب على
عمود قران للدارسة لم يحرم مس غير الكتابة. اهـ
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik