Hukum Terasi
gimana hukumnya terasi,ada yang bilang boleh dimakan tapi najis ?
Jawaban : Kita tahu
bahwa pembuatan terasi adalah dari ikan ikan kecil yang digiles bareng dengan
kotoran-kotorannya .Apakah dengan adanya kotoran kita tidak boleh memasak
dengan terasi? Dalam hal ini Imam Ibnu
Hajar dan Imam Romli sepakat bahwa apa saja yang terdapat dalam ikan-ikan
kecil, baik darah atau kotorannya dianggap suci dan diperbolehkan memakannya
meskipun bersamaan kotorannya .Bahkan Imam Romli memutlakkan ,baik ikan besar
atau kecil sama saja ( dihukumi suci ).
Namun menurut Imam Ruyani kotoran ikan baik ikan kecil maupun ikan
besar termasuk najis yang tidak dimaafkan.
Referensi
@ Nihayah
al-Zain hal 43
@ Bughyah
al-Mustarsyidin hal 31
@ Asybah
wa al-Nadhoir hal 78
&
نهاية الزين (ص: 43) الحرمين
وأمَّا حُكْمُ الرَّوْثُ
فيُعْفَى عَنْهُ في السَّمَكِ الصَّغِيرِ دُوْنَ الْكَبيرِ فَلاَ يَجُوزُ أكْلُهُ
إذاَ لَمْ يُنْزَعْ مَا فيِ جَوْفِهِ لاِمْتِزَاجِ لَحْمِهِ بفُضُلاَتِهِ الَّتي
في بَاطِنِهِ بوَاسِطَةِ الْمِلْحِ
&
بغية المسترشدين (ص: 31)
وقد اتَّفَقَ
ابْنَا حَجَر وزِيَادٍ و م ر وَغَيْرُهُمْ عَلى طَهارَةِ مَا فيِ جَوْفِ السَّمَكِ
الصَّغيرِ مِنَ الدَّمِ وَالرَّوْثِ ، وَجَوَازِ أكْلِهِ مَعَهُ ، وأنَّهُ لاَ
يَنْجُسُ بهِ الدَّهْنُ ، بَلْ جَرَى عَلَيْهِ م ر الْكَبِيْرَ أيْضاً ، ولأنَّ لَنَا
قَوْلاً قَوِيّاً أنّ السَّمَكَ لاَ دَمٌ لَهُ لأنَّهُ يَبْيَضُّ إذاَ وُضِعَ في
الشَّمْسِ
&
الأشباه و النظائر (ص: 78)
لاَ يُعْفَى
عَنْ مَنْفَذِ الآدَمِيّ, لإمْكَانِ صَوْنِه عَنِ الماءِ وَنَحْوِه, وَرَوْثِ مَا
نَشْؤُهُ فيِ الماءِ والْمَائِع, ومَا فيِ جَوْفِ السَّمَكِ الصِّغَارِ عَلى وَجْهٍ
اخْتَارَهُ الرُّوْيَانِي
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik