Langsung ke konten utama

Membayar Hutang Sesuai dengan Kurs Waktu Pembayaran

Membayar Hutang Sesuai dengan Kurs Waktu Pembayaran
Diskripsi masalah:
Sering terjadi di masyarakat dalam menghutangkan barang atau uang, dengan perjanjian dibayar dengan uang yang sesuai dengan harta atau kurs pada waktu pembayaran, sehingga mungkin terjadi jumlah pembayaran lebih besar dari pada saat hutang karena terjadi inflasi/deregulasi.
Pertanyaan:
a.       Bolehkah aqad hutang dengan cara tersebut?
b.      Kalau tidak boleh bagaimana jalan keluarnya?
Jawaban:
Pada kenyataannya perjanjian semacam itu ada yang dilakukan di luar aqad. Oleh karena itu jawabnya adalah sebagai berikut:
a.       Apabila perjanjian tersebut berada di luar aqad, maka hukumnya sah. Dan apabila perjanjian tersebut berada di dalam aqad, maka hukumnya tidak sah, sebab perjanjian tersebut termasuk dalam syarat yang menafikan maudlu’ul qordli.(*
b.      Jalan keluarnya ialah, aqad harus dikosongkan dari perjanjian tersebut. Kemudian bagi muqtaridl dan muqridl (orang yang berhutang dan yang menghutangi) saling merelakan pembayaran dengan cara tersebut.
*) Catatan mushohhih:
Perlu diketahui bahwa syarat yang berada di dalam aqad itu ada dua macam yaitu:
1.      Syarat yang menafikan muqtadlol aqdi, juga menafikan maudlu’ul qordli. Maka syarat semacam ini hukumnya rusak dan merusakkan aqad tanpa khilaf di antara para ulama.
2.      Syarat yang menafikan muqtadlol aqdi akan tetapi tidak menafikan maudlu’ul qordli, maka syarat semacam ini hukumnya khilaf, menurut qoul ashoh tidak merusak aqad qordli.
Pengambilan ibarat:
1.      Mughnil Muhtaj, juz II, hal. 199
2.      I’anatut Tholibin, juz III, hal. 53 & 138
3.      Nihayatul Muhtaj, juz IV, hal. 231
وفى مغنى المحتاج، ج 2 ص 199، مانصه:
(ويرد) فى القرض (المثل فى المثلى) لانه أقرب الى حقه ولو فى نقد بطل التعامل به (ويرد فى المتوقم المثلى صورة) لانه صلى الله عليه وسلم اقترض بكرا ورد رباعيا وقال ان خياركم احسنكم قضاء رواه المسلم ولانه لو وجبت قيمته لافتقر الى العلم بها -إلى أن قال- (وقيل القيمة كما لو اتلف متقوّما وعليه فالمعتبر قيمته يوم القبض. اهـ
وفى إعانة ، ج 3 ص 53، مانصه:
واما القرض بشرط جر نفع لمقرض ففاسد لخبر: كل قرض جر منفعة فهو ربا. (قوله ففاسد) قال ع ش: ومعلوم ان محل الفساد حيث وقع الشرط فى صلب العقد. اما لو توافقا على ذلك ولم يقع شرط فى العقد فلا فساد. اهـ والحكمة فى الفساد ان موضوع القرض الارفاق فاذا شرط فيه لنفسه حقا خرج عن موضوعه فمنع صحته. اهـ
وفى إعانة الطالبين، ج 3 ص 138، مانصه:
وهو اى المثلى ما حصره كيل او وزن وجاز السلم فيه كقطن ودقيق وماء ومسك ونحاس ودراهم ودنانير ولو مغشوشا وتمر وزبيب (قوله ما حصره كيل او وزن) اى ماضبطه شرعا كيل او وزن بمعنى انه يقدر شرعا بالكيل او الوزن وليس المراد ما امكن فيه ذلك فان كل شيئ يمكن وزنه حتى الحيوان فخرج بذلك ما يعد كالحيوان او يذرع كالثياب. اهـ
وفى نهاية المحتاج، ج 4 ص 231، مانصه:

(ولو شرط) ان يرد (مكسرا عن صحيح اوان يقرضه) شيئا اخر (غيره) لغى الشرط فيهما ولم يجب الوفاء به (والاصح انه لا يفسد العقد) لان ما جره من المنفعة ليس للمقرض بل للمقترض والعقد عقد ارفاق فكانه زاد فى الارفاق ووعده وعدا حسنا -إلى أن قال- والثانى: يفسد لمنافته لمقتضى العقد. اهـ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا