Langsung ke konten utama

membakar sampah diatas maqbarah

Demi kebersihan maqbarah, juga untuk menarik masyarakat agar senang berziarah maka masyarakat bermufakat untuk mengadakan kerja bakti membersihkan maqbarah. Kemudian mereka bersama-sama membersihkan sampah-sampah yang ada diatas maqbarah dan membakarnya diatas maqbarah tersebut.

Pertanyaan :
Bagaimanakah hukumnya membakar sampah diatas maqbarah ?
(PP. Al Hidayat Krasak Guntur Demak)
Jawaban :
Bahwa membakar sampah diatas quburan muslim, sama hukumnya dengan duduk diatas quburan karena di pandang sama-sama ada unsur Idza’ pada Mayyit.
Hukum duduk diatas quburan adalah haram, karena dipandang ada idza’(menyakiti si mayyit).
Menurut sebagian Ulama’ tidak Haram karena dipandang tidak ada idza’.

Catatan ;
Ulama’ yang mengatakan haram, mentahmilkan/menyamakan duduk (dalam hadits) dengan duduk buang hajat. Maka karena dalam pembakaran  sering terjadi pengrusakan, maka musyawirin memilih hukum yang haram.
Tapi, hal tadi kalau benar-benar mayyit didalam qubur itu dianggap belum rusak atau belum yakin rusaknya pada masa yang biasanyanggota tubuh mayyit belum rusak.
Sedangkan, jika benar-benar mayyit yang ada dalam qubur itu sudah rusak atau yakin telah lewat masa yang biasanya anggota tubuh mayyit sudah rusak kecuali pangkal ekor (عجب الذنب), maka hukumnya BOLEH.

Referensi :
1.      Bughyatul Mustarsyidin Hal. 98
2.      Sulaiman Al Jamal Juz II Hal. 206
3.      Fatawa Syar’iyyah  Juz II Hal.30.

1-وفى بغية المسترشدين للسيد عبد الرحمن بن محمد بن حسين بن عمر ما نصه :
{مسئلة ش}  ادخال الدواب التربة وايطاؤها القبور مكروه كراهة شديدة أشد من وطء الأدمى بنفسه وقد قال غير واحد بحرمة الجلوس على القبر لحديث مسلم لكن حمله الجمهور على الجلوس لقضاء الحاجة – الى أن قال – وتشتد الكراهة فى قبر مشهور بالولاية أوالعلم فكيف بالمشهور بهما كسيدى اسماعيل الحضرمي بل يخاف على فاعل ذلك أن يكون من معاديهم المأذون بالحرب من الحديث القدسي لأن الميت يتأذى مما يتأذى منه الحي .

2-وفى سليمان الجمل للشيخ سليمان الجمل مانصه :
{وكره جلوس ووطء عليه} للنهي عنهما {بلاحاجة} {قوله كما فعل بغيره صلى الله عليه وسلم} –الى ان قال- وكره جلوس ..الخ أي ان كان محترما اما غير المحترم كقبر مرتد وحربي فلا كراهة فيه –الى ان قال- ومحل ما ذكر من كراهة الجلوس والوطء فى المحترم عند عدم مضي مدة يتيقن فيها انه لم يبق من الميت شيئ فى القبر سوى عجب الذنب فان مضت فلا بأس بالانتفاع به .{قوله للنهي عنهما} والحكمة فيه توقير المت واحترامه .

3-وفى فتاوى شرعية للشيخ حسنين محمد مخلوف ما نصه :
{السؤال} طلبت احدى المصالح الحكومية بيان حكم الشريعة الإسلامية فى احراق جثث الموتى من المسلمين فى زمن الأوبئة وفى حالة الوصية بذلك من المتوفى.
{الجواب} انه لاخلاف بين المسلمين فى أن للإنسان حرمة وكرامة حيا وميتا كما يشير اليه قوله تعالى :{ولقد كرّمنا بنى آدم} ومن كرامته بعد موته دفنه فى اللحد او القبر كما يشير اليه ما قصّه الله تعالى من أمر هابيل وقابيل ولدى آدم عليه السلام حيث يقول جل شأنه :{فبعث الله غرابا يبحث فى الأرض ليريه كيف يوارى سوأة أخيه قال يا ويلتا أعجزتُ أن أكون مثل هذا الغراب فأوارى سوأة أخى فأصبح من النادمين} وقد أجمعت الشرائع السماوية على ذلك وبيّنه النبي صلى الله عليه وسلم قولا وفعلا فيما ورد عنه من السنن، وانعقد اجماع المسلمين على الدفن بالكيفية المسنونة المأثورة ودرج عليها الصحابة والتابعون وسائر المسلمين الى الآن، فلا يجوز بحالٍٍالعدول عن ذلك الى احراق جثث الموتى، ولو أوصى أحد بذلك فوصيته باطلة لا نفاذ لها، لم يعرف الإحراق لأجسام الموتى إلا فى تقاليد المجوس، وقد أمرنا بمخالفتهم فى شعائرهم وتقاليدهم التى تواضعوا عليها مما لا يوافق شريعة الإسلام، والله أعلم .         


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan