Demi kebersihan maqbarah, juga untuk menarik masyarakat
agar senang berziarah maka masyarakat bermufakat untuk mengadakan kerja bakti
membersihkan maqbarah. Kemudian mereka bersama-sama membersihkan sampah-sampah
yang ada diatas maqbarah dan membakarnya diatas maqbarah tersebut.
Pertanyaan :
Bagaimanakah hukumnya membakar sampah diatas maqbarah ?
(PP. Al Hidayat Krasak Guntur
Demak)
Jawaban :
Bahwa membakar sampah diatas
quburan muslim, sama hukumnya dengan duduk diatas quburan karena di pandang
sama-sama ada unsur Idza’
pada Mayyit.
Hukum duduk diatas quburan
adalah haram, karena dipandang ada idza’(menyakiti si mayyit).
Menurut sebagian Ulama’ tidak
Haram karena dipandang tidak ada idza’.
Catatan ;
Ulama’ yang mengatakan haram,
mentahmilkan/menyamakan duduk (dalam hadits) dengan duduk buang hajat. Maka
karena dalam pembakaran sering terjadi
pengrusakan, maka musyawirin memilih hukum yang haram.
Tapi,
hal tadi kalau benar-benar mayyit didalam qubur itu dianggap belum rusak atau
belum yakin rusaknya pada masa yang biasanyanggota tubuh mayyit belum rusak.
Sedangkan, jika benar-benar
mayyit yang ada dalam qubur itu sudah rusak atau yakin telah lewat masa yang
biasanya anggota tubuh mayyit sudah rusak kecuali pangkal ekor (عجب الذنب), maka
hukumnya BOLEH.
Referensi :
1. Bughyatul Mustarsyidin Hal. 98
2. Sulaiman Al Jamal Juz II Hal.
206
3. Fatawa Syar’iyyah Juz II Hal.30.
1-وفى بغية المسترشدين للسيد عبد الرحمن بن محمد بن حسين
بن عمر ما نصه :
{مسئلة
ش} ادخال الدواب التربة وايطاؤها القبور
مكروه كراهة شديدة أشد من وطء الأدمى بنفسه وقد قال غير واحد بحرمة الجلوس على
القبر لحديث مسلم لكن حمله الجمهور على الجلوس لقضاء الحاجة – الى أن قال – وتشتد
الكراهة فى قبر مشهور بالولاية أوالعلم فكيف بالمشهور بهما كسيدى اسماعيل الحضرمي
بل يخاف على فاعل ذلك أن يكون من معاديهم المأذون بالحرب من الحديث القدسي لأن
الميت يتأذى مما يتأذى منه الحي .
2-وفى سليمان الجمل للشيخ
سليمان الجمل مانصه :
{وكره جلوس ووطء عليه} للنهي
عنهما {بلاحاجة} {قوله كما فعل بغيره صلى الله عليه وسلم} –الى ان قال- وكره جلوس
..الخ أي ان كان محترما اما غير المحترم كقبر مرتد وحربي فلا كراهة فيه –الى ان
قال- ومحل ما ذكر من كراهة الجلوس والوطء فى المحترم عند عدم مضي مدة يتيقن فيها
انه لم يبق من الميت شيئ فى القبر سوى عجب الذنب فان مضت فلا بأس بالانتفاع به
.{قوله للنهي عنهما} والحكمة فيه توقير المت واحترامه .
3-وفى فتاوى شرعية للشيخ حسنين
محمد مخلوف ما نصه :
{السؤال} طلبت احدى المصالح
الحكومية بيان حكم الشريعة الإسلامية فى احراق جثث الموتى من المسلمين فى زمن
الأوبئة وفى حالة الوصية بذلك من المتوفى.
{الجواب} انه لاخلاف بين
المسلمين فى أن للإنسان حرمة وكرامة حيا وميتا كما يشير اليه قوله تعالى :{ولقد
كرّمنا بنى آدم} ومن كرامته بعد موته دفنه فى اللحد او القبر كما يشير اليه ما
قصّه الله تعالى من أمر هابيل وقابيل ولدى آدم عليه السلام حيث يقول جل شأنه
:{فبعث الله غرابا يبحث فى الأرض ليريه كيف يوارى سوأة أخيه قال يا ويلتا أعجزتُ
أن أكون مثل هذا الغراب فأوارى سوأة أخى فأصبح من النادمين} وقد أجمعت الشرائع
السماوية على ذلك وبيّنه النبي صلى الله عليه وسلم قولا وفعلا فيما ورد عنه من
السنن، وانعقد اجماع المسلمين على الدفن بالكيفية المسنونة المأثورة ودرج عليها
الصحابة والتابعون وسائر المسلمين الى الآن، فلا يجوز بحالٍٍالعدول عن ذلك الى
احراق جثث الموتى، ولو أوصى أحد بذلك فوصيته باطلة لا نفاذ لها، لم يعرف الإحراق
لأجسام الموتى إلا فى تقاليد المجوس، وقد أمرنا بمخالفتهم فى شعائرهم وتقاليدهم
التى تواضعوا عليها مما لا يوافق شريعة الإسلام، والله أعلم .
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik