Langsung ke konten utama

Nitip Barang Di Toko

 Karena perkembangan produksi dan perusahaan yang begitu pesat, maka pemasarannya pun lebih sulit. Sehingga untuk memperbanyak pelanggan, banyak sekali cara yang ditempuh diantaranya perusahaan tersebut menitipkan barang di toko-toko untuk dijualkan, dan perusahaan memberi tarif harga penjualan sedangkan toko atau pelanggan bebas untuk memberi tarif penjualan.

Pertanyaan :
a. Dikatakan transaksi apakah sistim tersebut ?.
b. Apakah wajib dizakati peruntungan yang diperoleh pihak toko
 (F. Qorib PP. MUS Sarang Rembang)

Jawaban a :
Tafsil :
1.      Bila masalah keuntungan tersebut tidak disebut didalam akad, maka termasuk akad WAKALAH SHOHIHAH (Perwakilan yang sah/benar)
2.      Bila masalah keuntunagn di sebut dalam akad, maka termasuk WAKALAH FASIDAH (Perwakilan yang tidak sah/rusak)

Referensi :
1.      Al Yaqut An- Nafis  Hal. 97
2.      Bughyatul Mustarsyidin Hal. 151
3.      Qulyubi Juz II  Hal. 262

1-وفى الياقوت النفيس للسيد عمر الشاطرى ما نصه :
الوكالة اصطلاحا تفويض شخص ماله فعله مما يقبل النيابة الى غيره بصيغة لا ليفعله بعد موته .

2-وفى بغية المسترشدين للسيد عبد الرحمن بن محمد بن حسين بن عمر ما نصه :
{مسئلة} قال لآخر بع هذا بمكان كذا ولك من ربحه الربع مثلا فسدت الوكالة لفساد الصيغة بجهالة الجعل ونفذ تصرفه لعموم الإذن واستحق أجرة المثل أم لا ؟ -الى أن قال – ولا يلزم الوكيل فعل ما وكل فيه ولو بجعل ما لم تكن بلفظ الإجارة بشرطها .

3-وفى قليوبى للشيخ شهاب الدين  ما نصه :
ولو شرط أن تحدث زوائده كثمار الشجر ونتاج الشياه مرهونة فالأظهر فساد الشرط لأنها مجهولة معدومة .
   
Jawaban b :
Bila Wakalahnya Fasidah, maka semua keuntungan harus dikembalikan kepada produsen dan pihak toko berhak menerima ujroh mitsil (upah umum) dan ujroh (ongkos) tersebut wajib dizakati bila diniati Tijaroh (dagang). Bila tidak ada niat Tijaroh maka tidak wajib zakat kecuali bila ujroh tersebut berupa Naqd (emas atau perak) yang sudah mencapai satu Nishob dan satu tahun, maka wajib zakatul ain yaitu perak atau emas tersebut.

Referensi :
1.      Al Bujairomi Alal Manhaj Juz II  Hal. 442
2.      I’anatut Tholibin Juz III  Hal. 163
3.      Kifayatul Ahyar Juz I  Hal. 178
4.      Bughyatul Mustarsyidin hal. 151 - 152  

1-وفى البجيرمى على المنهج للشيخ سليمان بن عمر بن محمد البجيرمي الشافعى ما نصه
ومنه يؤخذ امتناع ما يقع كثيرا من اختيار شخص حاذق لشراء متاع فيشتريه بأقل من قيمته لحذقه أو معرفته ويأخذ لنفسه تمام القيمة معللا ذلك بأنه هو الذى وفره لحذقه – الى أن قال – فيجب عليه رد ما بقي لمالكه لما ذكر من إمكان مراجعته .

2-وفى إعانة الطالبين للعلامة أبى بكر السيد البكرى بن محمد شطا الدمياطى ما نصه :
{قوله لأن الحاصل له الخ} أى لأن الشيء الذى يحصل لصاحب الأرض ويأخذه مما استخرجته الأرض أجرة أرضه وهي لا زكاة فيها وفى فتاوى ابن حجر ما نصه : سئل عمن أكرى مزرعة لأحد على أن له شيئا معلوما من الغلة كل سنة فهل يجب عليه اذا أخذ تلك الأجرة أن يؤدي زكاتها اذا بلغت نصابا أو لا ؟ واذا كانت الأجرة نقدا ماذا حكمها ؟ فأجاب بقوله لا تلزمه زكاة الأجرة ان كانت حبا الا إذا كانت للتجارة ووجدت فيها شروطها ولا تلزم زكاتها اذا كانت نقدا إلا إن مضى عليه حول من حين ملكها وهي نصاب .

3-وفى كفاية الأخيار للإمام تقى الدين أبى بكر بن محمد الحسين ما نصه :
ولو أجر الشخص ماله أو نفسه وقصد بالأجرة اذا كانت أرضا للتجارة تصير مال تجارة لأن الإجارة معاوضة وكذا الحكم فيما اذا كان تصرفه فى المنافع بأن كان يستأجر مستغلات ويؤجرها على قصد التجارة فإذا أردت معرفة ما يصير مال تجارة وما لا يصير فاحفظ الضابط وقل كل عرض ملك بمعاوضة محضة بقصد التجارة فهو مال تجارة فإن لم يكن معاوضة أو كانت ولكنها غير محضة فلا تصير العروض مال تجارة وان قصد التجارة .

4-وفى بغية المسترشدين للسيد عبد الرحمن بن محمد بن حسين بن عمر  ما نصه :

    كما تقدم .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan