Tafsir Al Qur-an yang banyak muncul belakangan ini, seperti terbitan Jiddah /
terbitan timur tengah lainnya sangat beragam bentuknya. Ada yang penulisannya
disendirikan diluar garis, ada pula yang dibawah dari tulisan Al Qur-an nya. Cara
penulisannya pun berbeda-beda, ada yang tidak diulangi ayatnya, ada pula yang
diulangi ayatnya baru kemudian ditafsiri.
Pertanyaan :
a. Apakah yang dijadikan standar
hitungan sebuah tafsir yang sehingga dapat dikatakan lebih banyak tafsirnya
atau lebih banyak Al Qur-annya ?.
b.
Apakah ayat yang diulangi tersebut juga dihitung sebagai
Al- Qur-an yang dapat mempengaruhi banyaknya ayat ?.
c.
Jika bentuk tafsirnya sangat kecil sekali, sehingga yang
nampak hanya Al Qur-annya, apakah sama statusnya ?.
d.
Aapakah terjemah yang ditulis dengan huruf selain Arab (bahasa
Indonesia) dikategorikan tafsir ?.
(PP. Lirboyo Kediri)
Jawaban a:
Yang dijadikan standarnya
adalahnya jumlah huruf. Kalau Al Qur-an menggunakan khoth Utsmani, kalau
tafsir menggunakan kaidah khot.
Jawaban b :
Ayat Al Qur-an yang diulangi
tersebut termasuk Al Qur-an yang dapat mempengaruhi hitungan banyaknya ayat.
Jawaban c :
Statusnya sama sekalipun
tafsirnya sangat kecil sekali.
Referensi : (a.b.c.)
1.
Al Bajuri Juz I
Hal. 117.
2.
Bujairomi Alal Khothib Juz I Hal. 317 – 318.
1-وفى الباجورى
على فتح القريب للشيخ ابرهيم الباجورى ما نصه :
{قوله وفى
تفسير أكثر من القرآن} - الى أن قال – والعبرة فى الكثرة والقلة بالخط العثمانى فى
المصحف وبقاعدة الخط فى التفسير اهـ .
2-وفى البجيرمى على الخطيب
للشيخ سليمان البجيرمى ما نصه :
والعبرة بالكثرة فى الحروف
الرسمية بالرسم العثمانى فى القرآن وبرسم الخط فى التفسير – الى أن قال _ وقال
العلامة العبادى العبرة باللفظ مطلقا ق ل مع الزيادة وعبارة م ر والأوجه أن العبرة
بالقلة والكثرة باعتبارالحروف لا الكلمات – الى أن قال – ولوكتب بهامش مصحف تفسيرا
فهوكالتفسير الممازج لأنهم أطلقوا التفسير ولم يفرقوا بين المتميز وغيره على ما
اعتمده ق ل خلافا لمن قال بالحرمة وقال انه مصحف اهـ.
Jawaban d :
Tarajamah yang di tulis dengan
huruf selain arab (bahasa Indonesia) di kategorikan Tafsir.
Referensi : 1. Faidlul Khobir Hal. 27.
1-وفى فيض
الخبير للسيد علوي بن السيد عباس المالكي ما نصه :
وان التفسير : هو التوضيح لكلام
الله تعالى سواء كانت بلغة الأصل {اللغة العربية} أم بغيرها ، بطريق اجمالي أو
تفسيري ، متناولا كافة المعانى والمقاصد أو مقتصرا على بعضها دون بعض اهـ.
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik