Langsung ke konten utama

memindah tanah waqof

Ada seorang anak yang sudah mendapat Hibah dari orang tuanya sebidang tanah, ternyata anak tersebut pergi dan tidak diketahui mati atau hidupnya sampai sekarang. Kemudian orang tuanya mewaqofkan tanah tersebut kepesantren, dan tidak lama kemudian tanah tersebut digunakan pemukiman oleh familinya sendiri, dan tanah waqofnya dialihkan ketanah yang lain.

Pertanyaan :
a.    Sahkah waqof dari orang tua tersebut ?.
b.    Bagaimana hukumnya memindah tanah waqof ketanah yg lain, sedangkan tanah yang baru tersebut kualitasnya lebih rendah ?.
c.    Bagaimana hukumnya menggunakan tanah tersebut untuk pemukiman setelah diganti tanah yang lain ?.              
 (PP. Mansyaul Huda Sarang)

Jawaban a :
TIDAK SAH, karena orang tua dengan mewaqafkan tanah tersebut tidak di anggap Rujuk (meminta kembali).
(Hal ini mengikuti Qaul Ashah yang tidak memperbolehkan penarikan kembali oleh orang tua dengan semisal di jual, waqofkan dsb).

Adapun menurut Qaul Muqobilil Ashah yang memperbolehkan penarikan kembali oleh orang tua dengan semisal di jual, di waqofkan dsb, maka hukum Waqafnya adalah Sah.

Jawaban b :
Hukumnya mengganti tanah tersebut TIDAK BOLEH(Haram).

Jawaban C :
Jika mengikuti pendapat Muqobilul Ashoh (pendapat yang memperbolehkan) berarti tanah tersebut adalah tanah Waqof, maka hukum menggunakannya untuk pemukiman adalah Tidak boleh (HARAM).

Referensi b-c :
1.      Al- Mahally Juz III Hal. 114.
2.      Hamisy I’anatut Tholibin Juz III Hal. 151.
3.       Asy- Syarqowy Juz II Hal. 178.
4.       Bujairomi ‘Ala Fathi Wahhab Juz III Hal. 307.

1-وفى المحلى للعلامة الشيخ جلال الدين المحلى مانصه :
ويحصل الرجوع برجعت فيما وهبت او استرجعته او رددته الى ملكى او نقضت الهبة او أبطلتها او فسختها وفىوجه ان الثلاثة الاخيرة كنايات تحتاج الى نية لاببيعه ووقفه وهبته واعتاقه ووطئها فىالاصح فىالخمسة والثاني يحصل الرجوع بكل منها كما يحصل به من البائع فى زمن الخيار فسخ البيع . اهـ

2-وفى إعانة الطالبين للعلامة أبى بكر السيد البكرى بن محمد شطا الدمياطى مانصه :
ويحصل الرجوع (بنحو رجعت) فى الهبة كنقضتها او ابطلتها او رددت الموهوب إلى ملكي وكذا بكناية كأخذته وقبضته مع النية لا بنحو بيع واعتاق وهبة لغيره ووقف لكمال ملك الفرع . اهـ

3-وفى الشرقاوي لشيخ الإسلام زكريا الأنصارى مانصه :
ولا يجوز إستبدال الموقوف عندنا وان خرب خلافا للحنفية وصورته عندهم ان يكون المحل قد آل الى السقوط فيبدله بمحل آخر أحسن منه بعد حكم حاكم يرى صحته . اهـ

4-وفى البجيرمى على فتح الوهاب للشيخ سليمان بن عمر بن محمد البجيرمي الشافعى مانصه:

 ولو شرط الواقف شيئا يقصد كشرط ان يؤجر او ان يفضل او يسوى او اختصاص نحو مسجد كمدرسة ورباط اتبع شرطه رعاي

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا