Ada seorang anak yang sudah mendapat Hibah dari orang
tuanya sebidang tanah, ternyata anak tersebut pergi dan tidak diketahui mati
atau hidupnya sampai sekarang. Kemudian orang tuanya mewaqofkan tanah tersebut
kepesantren, dan tidak lama kemudian tanah tersebut digunakan pemukiman oleh
familinya sendiri, dan tanah waqofnya dialihkan ketanah yang lain.
Pertanyaan :
a. Sahkah waqof dari orang tua
tersebut ?.
b. Bagaimana hukumnya memindah
tanah waqof ketanah yg lain, sedangkan tanah yang baru tersebut kualitasnya
lebih rendah ?.
c. Bagaimana hukumnya menggunakan
tanah tersebut untuk pemukiman setelah diganti tanah yang lain ?.
(PP. Mansyaul Huda Sarang)
Jawaban a :
TIDAK SAH, karena orang tua
dengan mewaqafkan tanah tersebut tidak di anggap Rujuk (meminta kembali).
(Hal ini mengikuti Qaul Ashah
yang tidak memperbolehkan penarikan kembali oleh orang tua dengan semisal di
jual, waqofkan dsb).
Adapun menurut Qaul Muqobilil
Ashah yang memperbolehkan penarikan kembali oleh orang tua dengan semisal di
jual, di waqofkan dsb, maka hukum Waqafnya adalah Sah.
Jawaban b :
Hukumnya mengganti
tanah tersebut TIDAK BOLEH(Haram).
Jawaban C :
Jika mengikuti pendapat
Muqobilul Ashoh (pendapat yang memperbolehkan) berarti tanah tersebut adalah
tanah Waqof, maka hukum menggunakannya untuk pemukiman adalah Tidak boleh
(HARAM).
Referensi b-c :
1.
Al- Mahally Juz III Hal. 114.
2.
Hamisy I’anatut Tholibin Juz III Hal. 151.
3. Asy- Syarqowy Juz II Hal. 178.
4. Bujairomi ‘Ala Fathi Wahhab Juz III Hal. 307.
1-وفى
المحلى للعلامة الشيخ جلال الدين المحلى مانصه :
ويحصل الرجوع برجعت فيما وهبت
او استرجعته او رددته الى ملكى او نقضت الهبة او أبطلتها او فسختها وفىوجه ان
الثلاثة الاخيرة كنايات تحتاج الى نية لاببيعه ووقفه وهبته واعتاقه ووطئها فىالاصح
فىالخمسة والثاني يحصل الرجوع بكل منها كما يحصل به من البائع فى زمن الخيار فسخ
البيع . اهـ
2-وفى إعانة الطالبين للعلامة
أبى بكر السيد البكرى بن محمد شطا الدمياطى مانصه :
ويحصل الرجوع (بنحو رجعت) فى
الهبة كنقضتها او ابطلتها او رددت الموهوب إلى ملكي وكذا بكناية كأخذته وقبضته مع
النية لا بنحو بيع واعتاق وهبة لغيره ووقف لكمال ملك الفرع . اهـ
3-وفى الشرقاوي لشيخ الإسلام
زكريا الأنصارى مانصه :
ولا يجوز إستبدال الموقوف عندنا
وان خرب خلافا للحنفية وصورته عندهم ان يكون المحل قد آل الى السقوط فيبدله بمحل
آخر أحسن منه بعد حكم حاكم يرى صحته . اهـ
4-وفى البجيرمى على فتح الوهاب
للشيخ سليمان بن عمر بن محمد البجيرمي الشافعى مانصه:
ولو شرط الواقف شيئا يقصد كشرط ان يؤجر او ان
يفضل او يسوى او اختصاص نحو مسجد كمدرسة ورباط اتبع شرطه رعاي
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik