Langsung ke konten utama

Ngubur Ari-Ari

Dimasyarakat Jawa sudah menjadi kebiasaan (adat) bahwa ari-ari bayi, itu dipendam didalam rumah atau dipinggir rumah dan dinyalakan lampu diatas ari-ari tersebut.

Pertanyaan :
a.    Bagaimana hukumnya mengubur ari-ari tersebut ?.
b.    Apakah tidak termasuk menghamburkan uang yang diharamkan (Tabdzirul Mal Al Muharrom) menyalakan lampu diatas pendaman ari-ari tersebut ?.
c.    Sampai dimanakah batas-batas Tabdzirul Mal yang diharamkan ?.
(AL Falah Winongan Pasuruan)

Jawaban a :
Hukumnya di tafsil :
  1. Wajib, apabila bayinya meninggal.
  2. Sunnah, apabila bayinya hidup.

Referensi :
  1. Sulaiman Al Jamal Juz II  Hal. 190.
  2. Nihayatul Muhtaj Juz II  Hal. 494 – 495.
  3. Bujairomi ‘Alal Khothib Juz II  Hal. 247.     

1-وفى حاشية الشيخ سليمان الجمل على شرح المنهج جزء 2 ص 190 ما نصه :
وعبارة البرماوى أما المشيمة المسماة بالخلاص فكالجزء لأنها تقطع من الولد فهي جزء منه وأما المشيمة التى فيها الولد فليست جزءا من الأم ولا من الولد انتهت .

2-وفى نهاية المحتاج للشيخ شمس الدين محمد بن أبى العباس الرملى  ما نصه :
ويسن دفن ما انفصل من حي لم يمت حالا أو ممن شك فى موته كيد سارق وظفر وشعر وعلقة ودم نحو فصد اكراما لصاحبها (قوله وظفر وشعر) ومنه مايزال بحلق الرأس وينبغى أن المخاطب به ابتداء من انفصل منه فان ظن أن الحالق يفعله سقط عنه الطلب اهـ.

3-وفى البجيرمى على الخطيب للشيخ سليمان البجيرمى  ما نصه :
ولو وجد جزء ميت مسلم غير شهيد صلي عليه بعد غسله وستر بخرقة ودفن كالميت الحاضر وإن كان الجزء ظفرا أو شعرا اهـ.
ولو وجد جزء ميت  أى تحقق انفصاله منه حال موته او فى حياته ومات عقبه فخرج المنفصل من حي ولم يمت عقبه اذا وجد بعد موته فلا يصلى عليه ويسن مواراته بخرقة ودفنه اهـ م د .

Jawaban b :
Tidak termasuk Tabdzirul Mal Al Muharrom (menghambur-hamburkan harta yang dilarang agama), karena ada tujuan yang benar kecuali kalau di sertai I’tiqod kejawen yang tidak ada dasarnya secara Akal Atau ‘ Adat Kauniyyah. 

Referensi :
1.      Fatawi Kubro Juz II  Hal. 267
2.      Bujairomi ‘Alal Manhaj Juz I  hal. 496
3.      Fatawa Syar’iyyah Juz I Hal.180.

1-وفى فتاوى الكبرى للشيخ ابن حجر الهيتمى ما نصه :

وقد يجاب بأنه سومح له فى القطع حينئذ رجاء لغرض الربح وظاهر كلامهم فى غير هذا المحل أن اضاعة المال انما تحرم ان قصدت عبثا وهذه ليست كذلك اهـ

2-وفى البجيرمى على المنهج للشيخ سليمان بن عمر بن محمد البجيرمي الشافعى ما نصه
{قوله ويكره رشه بماء الورد} أى لأنه اضاعة مال وانما لم يحرم لأنه يفعل لغرض صحيح من اكرام الميت واقبال الزوار عليه لطيب ريح البقعة به اهـ.

3-وفى فتاوى شرعية للشيخ حسنين محمد مخلوف ما نصه :
ويقرب من ذلك فى الفساد ما بلغنا من أن بعض النسوة يصعدن الى أعلى مأذنة المسجد الأحمدى بطنطا ويمكثن قليلا ثم يهبطن معتقدات أن ذلك يزيل العقم ويسرع بالحمل، ولا يخفى ما فى ذلك من ضلال العقيدة وفساد العمل .
أما حصول الحمل بعد ذلك فى بعض الحالات فمن باب المصادفة لا غير ولو لم تصعد على المنارة لحصل، وهذا نوع من المجون والعبث لا يليق بالعاقل أن يغمس يده فيه ولا أن يجاري مبتدعيه، ضنا بوقته أن يضيع فى غير جدوى، وحرصا على عقله أن يضل ويغوى اذا اعتقد أن السعادة والشقاوة والنفع والضر رهن بالقيام بهذا العمل أو اهماله . فليس فى قضايا العقول ولا فى تعاليم الإسلام أن لذلك وأشباهه أى تأثير فيما يصيب الإنسان من خير أو شر، وانما المقدور قد سبق  به القلم {قل لن يصيبنا إلا ما كتب الله لنا} وإذا اقتضت الحكمة الإلهية ربطه بأسباب، فإنما يرتبط بالأسباب التى جرت بها السنن الكونية لا بمثل هذه الأحموقة الغثّة .      

Jawaban c
Batasnya mentasharufkan harta yang tidak ada tujuan agama dan dunia (Ghorodl Syar’I)

Referensi :
1.      Al Bajuri Juz I  Hal. 366
2.      Qodloul Arob Hal. 441

1-وفى الباجورى على فتح القريب للشيخ ابرهيم الباجورى مانصه :
{قوله المبذر لماله} من التبذير وهو والسرف مترادفان على صرف المال فى غير مصرفه .
{فى غير مصرفه} وهو كل ما لا يعود نفعه اليه لا عاجلا ولا آجلا فيشمل الوجوه المحرمة-الى ان قال- والمكروهة . اهـ

2-وفى قضاء الأرب فى أسئلة الحلب للإمام تقي الدين السبكي ما نصه :
والضابط فى اضاعة المال أن يكون لا لغرض ديني ولا دنياوي فمتى انتفى هذان الغرضان من جميع وجوههما حرم قطعا قليلا كان المال او كثيرا ومتى وجد واحد من الغرضين وجودا له مال وكان الإنفاق لائقا بالحال ولا معصية فيه جاز قطعا اهـ.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا