Langsung ke konten utama

Qodlo’ Shalat Tarawih

Qodlo’ Shalat Tarawih
Bila tertinggal shalat tarawih di malam hari, bolehkah mengqodlo’nya disiang hari ?
Jawab : Menurut pendapat shohih madzhab Imam Hanafi dan Hanbali Tidak sah mengqodlo’ shalat tarawih, bila diniati qodlo’ tarawih maka menjadi shalat sunnah mutlak, bukan shalat tarawih. Dan dmenurut qoul do’if  madzhab Hanafi boleh mengqodlo’ shalat tarawih asal masih pada bulan ramadlon.
Dalam madzhab Syafi’i belum ada kejelasan tentang masalah ini ( qodlo’ shalat tarawih), namun menurut pendapat adhhar madzhab Syafi’i  boleh mengqodlo’ shalat sunnah yang memilki waktu , sedangkan tarawih termasuk shalat sunnah yang memiliki waktu ( naflu al-Muaqqot), melihat qoul ini maka mengqodlo’ shalat tarawih itu boleh. Allahu a’lam
Referensi
@ Hasyiah al-Bajuri juz 1 hal 132
@ Mausu’ah al-Fiqhiyyah juz 27 hal 149
@ Mughni al-Muhtaj juz 1 hal 224
   حاشية الباجوري 1 ص 132 دار إحياء
واعْلَمْ أنه يَدْخُلُ وقتُ القَبْلِيةِ بِدخُوْلِ وَقْتِ الْفَرْضِ والْبَعْدِيةِ بِفعْلِهِ ويَخْرُجُ وَقْتُ النوْعَيْنِ بخُرُوْجِ وقْتِ الْفَرْضِ وَيُنْدَبُ قَضَاؤُهَما بَعْدَهُ لأنه إذا فَاتَ نَفْلٌ مُؤَقّتٌ نُدِبَ قَضَاؤُهُ وأُلْحِقَ بِهِ التَّهَجُّدُ
   الموسوعة الفقهية جزء 27 ص 149 مكتبة الشاملة
إِذَا فَاتَتْ صَلاةُ التَّرَاوِيحِ عَنْ وَقْتِهَا بِطُلُوعِ الْفَجْرِ ، فَقَدْ ذَهَبَ الْحَنَفِيَّةُ فِي الأَصَحِّ عِنْدَهُمْ ، وَالْحَنَابِلَةُ فِي ظَاهِرِ كَلامِهِمْ إِلَى أَنَّهَا لا تُقْضَى ؛ لأَنَّهَا لَيْسَتْ بِآكَدَ مِنْ سُنَّةِ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ ، وَتِلْكَ لا تُقْضَى فَكَذَلِكَ هَذِهِ . وَقَالَ الْحَنَفِيَّةُ : إِنْ قَضَاهَا كَانَتْ نَفْلا مُسْتَحَبًّا لا تَرَاوِيحَ كَرَوَاتِبِ اللَّيْلِ ؛ لأَنَّهَا مِنْهَا ، وَالْقَضَاءُ عِنْدَهُمْ مِنْ خَوَاصِّ الْفَرْضِ وَسُنَّةُ الْفَجْرِ بِشَرْطِهَا . وَمُقَابِلُ الأَصَحِّ عِنْدَ الْحَنَفِيَّةِ أَنَّ مَنْ لَمْ يُؤَدِّ التَّرَاوِيحَ فِي وَقْتِهَا فَإِنَّهُ يَقْضِيهَا وَحْدَهُ مَا لَمْ يَدْخُلْ وَقْتُ تَرَاوِيحَ أُخْرَى ، وَقِيلَ : مَا لَمْ يَمْضِ الشَّهْرُ . وَلَمْ نَجِدْ تَصْرِيحًا لِلْمَالِكِيَّةِ وَالشَّافِعِيَّةِ فِي هَذِهِ الْمَسْأَلَةِ .لَكِنْ قَالَ النَّوَوِيُّ : لَوْ فَاتَ النَّفَلُ الْمُؤَقَّتُ نُدِبَ قَضَاؤُهُ فِي الأَظْهَرِ
   مغني المحتاج شرح منهاج الطالبين 1 ص 224 دار الفكر
( وَلَوْ فَاتَ النَّفَلُ الْمُؤَقَّتُ ) سُنَّتْ الْجَمَاعَةُ فِيهِ كَصَلاةِ الْعِيدِ أَوْ لا كَصَلاةِ الضُّحَى ( نُدِبَ قَضَاؤُهُ فِي الأَظْهَرِ ) –إلى أن قال- وَلأَنَّهَا صَلاةٌ مُؤَقَّتَةٌ فَقُضِيَتْ كَالْفَرَائِضِ , وَسَوَاءٌ السَّفَرُ وَالْحَضَرُ كَمَا صَرَّحَ بِهِ ابْنُ الْمُقْرِي . وَالثَّانِي : لا يَقْضِي كَغَيْرِ الْمُؤَقَّتِ . وَالثَّالِثُ : إنْ لَمْ يَتْبَعْ غَيْرَهُ كَالضُّحَى قَضَى لِشَبَهِهِ بِالْفَرْضِ فِي الاسْتِقْلالِ وَإِنْ تَبِعَ غَيْرَهُ كَالرَّوَاتِبِ فَلا . تَنْبِيهٌ : قَضِيَّةُ كَلامِهِ أَنَّ الْمُؤَقَّتَ أَبَدًا وَهُوَ الأَظْهَرُ , وَالثَّانِي يَقْضِي فَائِتَةَ النَّهَارِ مَا لَمْ تَغْرُبْ شَمْسُهُ وَفَائِتَةَ اللَّيْلِ مَا لَمْ يَطْلُعْ فَجْرُهُ , وَالثَّالِثُ : يَقْضِي مَا لَمْ يُصَلِّ الْفَرْضَ الَّذِي بَعْدَهُ , وَخَرَجَ بِالْمُؤَقَّتِ مَا لَهُ سَبَبٌ كَالتَّحِيَّةِ وَالْكُسُوفِ فَإِنَّهُ لا مَدْخَلَ لِلْقَضَاءِ فِيهِ . نَعَمْ لَوْ ابْتَدَأَ نَفْلا مُطْلَقًا ثُمَّ قَطَعَهُ نُدِبَ لَهُ قَضَاؤُهُ كَمَا ذَكَرَهُ فِي صَوْمِ التَّطَوُّعِ , وَكَذَا لَوْ فَاتَهُ وِرْدٌ فَإِنَّهُ يُنْدَبُ لَهُ قَضَاؤُهُ كَمَا قَالَهُ الأَذْرَعِيُّ


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا