Langsung ke konten utama

Adzan Memakai Pengeras Suara dengan Berbagai Lagu

Adzan Memakai Pengeras Suara dengan Berbagai Lagu
Diskripsi masalah:

Sudah merupakan kebiasaan, adzan memakai pengeras suara dan sejenisnya, dengan berbagai bentuk lagu dan iramanya.
Pertanyaan:
a.       Sunatkah menjawab adzan yang keluar dari pengeras suara tersebut?
b.      Manakah yang lebih utama, adzan melalui pengeras suara atau tidak?
c.       Sahkah adzan mu’addzin yang memanjangkan huruf mad sampai melebihi batas maksimalnya?
Jawaban:
a.       Bagi orang yang mendengarkan adzan dari pengeras suara (loud speaker) tetap disunatkan menjawabnya, asalkan hal tersebut memenuhi syarat adzan, dan langsung suara mu`addzin.
b.      Adapun yang lebih utama, dapat diperinci sbb.:
1.       Apabila adzan tersebut tidak disunatkan mengeraskan suara, yang lebih utama tanpa memakai loud speaker.
2.       Apabila adzan tersebut disunatkan mengeraskan suara, maka hukumnya ditafsil:
a)        Jika mengeraskan suara tidak membuahkan hasil tanpa menggunakan loud speaker, maka lebih baik menggunakan-nya.
b)       Jika mengeraskan suara sudah dapat hasil dengan tanpa memakai loud speaker, maka yang lebih afdlol tidak memakai loud speaker.
c.       Hukum memanjangkan huruf mad hingga melebihi batas maksimal-nya tersebut makruh dan tetap sah.
Pengambilan ibarat:
1.        Qurrotul Ain Fatawi Isma’il, hal. 169
2.        Mughnil Muhtaj, juz I, hal. 140
3.        Sulaiman al-Jamal, juz I, hal. 298
4.        As-Syarwani, juz I, hal. 463
5.        Fathul Jawad, juz I, hal. 104
6.        Faidlul Khobir, hal. 93

وفى قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين، ص 169، مانصه:
سؤال: هل يسن جواب الاذان من مكبر الصوت اذا كان المؤذن بعيدا عنه بحيث لايسمع اذانه الا بواسطة مكبر الصوت اولا، بينوا ذلك، الجواب: نعم يسن اجابة المؤذن المذكور والمكبر غاية ما فيه انه يقوى الصوت ويبلغه الى مدى بعيد هذا اذا كان الاذان منقولا بواسطة المكبر ان كان مؤذن يؤذن بالفعل اما اذا كان الاذان فى الشريط المسجل فلا تسن اجابته لانه حاك والحاكى لايحاكى والله اعلم. اهـ
وفى مغنى المحتاج، ج 1 ص 140، مانصه:
(ويسن لسامعه مثل قوله الا فى حيعلتيه)
(قوله مثل قوله) لقوله r: اذا سمعتم النداء فقولوا مثل ما يقول المؤذن متفق عليه. ويقاس بالمؤذن المقيم -إلى أن قال- وافهم كلام المصنف انه لو علم اذان غيره او اقامته ولم يسمعه لبعيد او صمم لا تسن له الاجابة وقال فى المجموع: انه الظاهر لأنها معلقة بالسماع فى خبر. اذا سمعتم المؤذن ... اهـ.
وفى الشروانى، ج 1 ص 463، مانصه:
أصل السنة بمجرد الرفع فوق ما يسمع نفسه أو أحد من المصلين وكمال السنة بالرفع طاقته بلا مشقة ومع ذلك لولم يسمع من البلد الاجانب  لم يسقط الطلب عن غيرهم كما مر. اهـ
وفى سليمان الجمل، ج 1 ص 298، مانصه:
وسن اظهار الاذان فى البلد وغيرها بحيث يسمعه كل من اصغى اليه من اهل ذلك البلد او غيره (وقوله وسن اظهار الأذان فى البلد الخ) -إلى أن قال- واما ظهور الشعار فى البلد فلا بد ان يكون بحيث يسمعه جميع أهل البلد فلا بد فى حصول سنة إظهار الأذان بالنسبة لأهل البلد ان يظهر فى تلك البلد بحيث يسمعه من بها لواصغوا إليه اهـ ح ل وعبارة شرح م ر: والضابط ان يكون بحيث يسمعه جميع اهلها لواصغوا إليه لكن لابد فى حصول السنة بالنسبة لكل البلد من ظهور الشعار كما ذكر اهـ
وفى فتح الجواد، ج 1 ص 104، مانصه:
وان يؤذن حال كونه (مرتلا) لكلمات الاذان بأن يأتى بها مبنية من غير تمطيط مجاوز للحد بخلاف الإقامة فإنه يسن الاسراع فيها.
وفى الشرقاوى، ج 1 ص 233-231، مانصه:

(ومكروهاتهما) أى الأذان والإقامة -إلى أن قال- ومقدار مده (الف) أى حركتان ونقصه عن ذلك حرام شرعا. فما يفعله البعض من المؤذنين أو القراء من الزيادة من المد الطبيعى أو النقص عنه من أقبح البدعة كما لا يخفى. اهـ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا