Membeli Barang yang Memakai
“Kupon Berhadiah”
Diskripsi masalah:
Banyak kita jumpai perusahaan-perusahaan yang mengadakan
promosi untuk memikat minat pembeli. Promosi tersebut antara lain dengan
memberi hadiah kepada para pembeli, yang ada kalanya melalui undian dan ada
yang langsung ditulis di dalam sebagian bungkus dagangannya. Dengan demikian
bagi yang beruntung bisa langsung mengambil hadiahnya.
Pertanyaan:
a.
Bagaimana hukumnya membeli barang-barang dagangan
tersebut, baik karena tergiur hadiah atau tidak?
b.
Bagaimana hukumnya mengikuti undian berhadiah tersebut?
Jawaban:
a.
Hukum membeli barang-barang tersebut ditafsil:
1.
Apabila hadiah tersebut tidak mempengaruhi kenaikan harga,
maka hukumnya sah tanpa khilaf.
2.
Apabila hadiah tersebut mempengaruhi kenaikan harga maka
hukumnya ada tiga pendapat:
a)
Sah secara mutlak (ini menurut qoul ashoh)
b)
Tidak sah secara mutlak.
c)
Tidak sah apabila yang dimaksud membeli hadiah
Keterangan:
Jual-beli di sini disamakan dengan jual-beli amat
mughoniyah (budak yang penyanyi).
b.
Hukum mengikuti undian berhadiah tersebut juga tafsil:
1.
Apabila kupon undian didapat dari pembelian yang sah
(dengan jalan yang halal) dan hadiahnya terdiri dari barang yang halal, maka
hukumnya boleh.
2.
Apabila kupon undian didapat dari pembelian yang tidak sah
(dengan jalan yang haram) maka hukumnya haram sekalipun hadiahnya terdiri dari
barang yang halal.
Pengambilan ibarat:
1.
Al-Majmu’, juz IX, hal. 254
2.
Ithafus Sadah, juz VI, hal. 464
3.
Is’adur Rofiq, juz II, hal. 102
4.
Talkhishul Murod, hal. 155
وفى المجموع على شرح المهذب، ج
9 ص 254، مانصه:
(فرع) فى
بيع القينة بفتح القاف وهى الجارية المغنية فاذا كانت تساوى الفا بغير غناء والفين
مع الغناء فان باعها بألف صح البيع بلا خلاف فان باعها بالفين ففيها ثلاثة اوجه
ذكرها امام الحرمين وغيره (اصحها) يصح بيعها وبه قال أبو بكر الازدى لانها عين
طاهرة منتفع بها فجاز بيعها باكثر من قيمتها كسائر الاعيان. (والثانى) لا يصح قاله
ابوبكر المحمودى من اصحابنا لان الالف تصير فى معنى المقابل للغناء (والثالث) ان
قصد الغناء بطل البيع والا فلا قال الشيخ ابو زيد المروزى قال الامام الحرمين
القياس السديد هو الجزم بالصحة ذكره فى فروع منثورة عند كتاب الصداق. اهـ
وفى اتحاف السادة، ج 6 ص 464،
مانصه:
وانما اخذ من قوله انه لا يصح بيع الجارية المغنية على انها مغنية ومن نصه فى
الجارية انه اذا وجدها مغينة كان له الرد وهذا لا يدل على التحريم فانه يجوز ان
يكون عنده حلالا ويمتنع البيع لامر اخر اما لكونه غير منضبط وانه لا يقابل العوضية
شرعا كما ان عسيب الفحل جائز ولا يصح العقد عليه ببيع ولا اجارة. اهـ
وفى اسعاد الرفيق، ج 2 ص 102،
مانصه:
(وكل ما فيه قمار) وصورته المجمع عليها ان يخرج العوض من الجانبين مع تكافئهما
وهو المراد من الميسر فى الاية ووجه حرمته ان كان كل واحد مترددا بين ان يغلب
صاحبه فيغنم او يغلبه فيغرم فان عدلا عن ذلك الى حكم السبق والرمي بان ينفرد احد
اللاعبين باخراج العوض ليأخذ منه ان كان مغلوبا وعكسه ان كان غالبا فالاصح حرمته
ايضا. اهـ
وفى تلخيص المراد، ص 155،
مانصه:
(مسئلة) ما يأخذه المالك من المستأجر وقت عقد الاجارة غير الاجرة ان كان يدفعه
اليه بطيب نفس من غير اكراه حل تناوله ويكون فى معنى الهدية ولا يحتاج الى لفظ ولا
يؤثر فى ذلك كونه فى مقابلة المعقد. اهـ
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik