Langsung ke konten utama

hukum memindahkan embrio

Pada suatu ketika di dapati sebuah kecelakaan yg mengakibatkan tewasnya seorang ibu yang sedang mengandung. Setelah dideteksi ternyata embrio dalam kandungan masih dalam keadaan hidup
Pertanyaan :
a. Bagaimana hukumnya andaikan suami memindahkan embrio  tadi  ke rahim adik kandungnya ?
b.  Bila lahir,  siapakah yang berhak menjadi ibunya ?.
(PP. Al Anwar Sarang)

Jawaban a :
  Hukumnya adalah HARAM.

Jawaban b :
Ibunya adalah wanita yang melahirkannya.

Referensi :
1.      Faidlul Qodir Juz V Hal. 479
2.      Qodloya Fiqhiyyah Mu’ashiroh Hal. 69-70
3.      Nihayatuz Zain Hal. 328.
4.      Al Majmu’ juz V Hal. 301.
5.      Al Bajuri Juz II Hal. 110.

1-فى فيض القدير للشيخ العلامة المناوى مانصه :
{ما من ذنب بعد الشرك أعظم عندالله من نطفة وضعها رجل فى رحم لا يحل له} . اهـ

2-وفىقضايا فقهيّة معاصرة لمحمد برهان الدين النبهيلى ما نصه :
الشكل الاول : زرع مادة الرجل داخل رحم امرأة أجنبية حرام قطعا سواء تزرع المادة داخل الرحم مباشرة فى المرحلة الأولى ، او بعد خلط مادتهما فى المعمل وتنشئتهما فى حضانة خاصة لبعض الوقت ثم اعادة حقنيهما داخل الرحم حيث يتمّ الاخصاب تلقائيا – فكلتا الصورتين محرمة ، فقد نص الحديث الشريف على حرمة ادخال مادة الرجل فى غير المحل ، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :     " لايحل لامرئ يؤمن بالله واليوم الآخر ان يسقي ماءه زرع غيره " رواه أبو داود والترمذى وقال حديث حسن ، معناه : يحرم للرجل ان يطأ امرأة حبلى من غيره ، أي يدخل مادته فى رحم امرأة غيره .   

3-وفى نهاية الزين محمد نووى بن عمر التنارى مانصه :
ومثل الوطء استدخال المني المحترم وقت انزاله وهو الذي خرج على وجه جائز كأن خرج بالاحتلام وان دخل على وجه محرم كان ادخلته زوجته على ظن انه مني الغير . اهـ

4-وفى المجموع على شرح المهذب للإمام زكريا محى الدين بن شرف النووى  مانصه :
قال ابن سريج اذا ماتت امرأة وفى جوفها جنين حي شق جوفها واخرج فاطلق ابن سريج المسئلة . قال ابو حامد والماوردي والمحاملى وابن الصباغ وقال بعض اصحابنا ليس هو كما أطلقها إبن سريج بل يعرض على القوابل . فإن قلنا هذا الولد اذا خرج يرجى حياته وهو ان يكون له ستة أشهر فصاعدا شق جوفها واخرج وان قلنا لا يرجى بان يكون له دون ستة أشهر لم يشق لأنه لا معنى لانتهاك حرمتها فيما لا فائدة فيه . اهـ

5-وفى الباجوري للشيخ ابرهيم الباجورى مانصه :
{قوله الأم وان علت} وضابطها ان تقول كل أنثى ولدتك او ولدت من ولدك ذكرا كان او أنثى كأم الاب وام الام فمن ولدك هي امك حقيقة . اهـ         

Keterangan :

Embrio adalah kandungan dalam badan ibu sampai berumur kira-kira 3 (Tiga) bulan setelah pembuahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا