Langsung ke konten utama

mas'alah


Mas’alah:
96. a. Bolehkah meminta / menerima bantuan untuk pembangunan madrasah/masjid/pondok dari non muslim?
b. Bolehkah/sahkah bantuan (tenaga/uang) dari orang non muslim untuk membangun masjid/madrasah?
Jawab:
Menerima bantuan/tenaga/uang dari orang non muslim untuk pembangunan masjid/pondok/madrasah hukumnya boleh/sah. Selama hal tersebut tidak merugikan umat islam. Dan uang yang diberikan nyata-nyata tidak haram.
Dasar pengambilan:
  1. Al bajuri juz 2 hal. 63

ويصحّ الوقف من الكافر ولو لمسجد وإن لم يعتقده قربة.
Terjemah:
Diperbolehkan waqaf dari orang kafir, meskipun untuk masjid meskipun mereka tidak meyakini sebagai qorban (pendekatan diri).
  1. Ihkamul Ahkam juz 4 : 238

وردت احاديث تدلّ على جواز قبول هدايا الكفار والإهداء لهم أهدى كسرى لرسول الله صلى الله عليه وسلم فقبل عنه واهدى لهم قيصر قبل واهدت له الملوك فقبل منها.
Terjemah:
Telah ada haditsnya yang menunjukkan atas diperbolehkannya menerima hadiah dari orang-orang kafir dan memberikannya kepada mereka. Raja kaisar pernah menghadiahkan sesuatu kepada Rosululloh SAW. Dan beliau menerimanya. Kemudian sebelumnya Raja Kaisar juga pernah memberi hadiah kepada Nabi, dan beliau juga menerimanya. Begitu Raja-Raja banyak yang memberikan hadiah kepada Nabi SAW. Dan beliau juga menerimanya dari mereka.  
  1. Yasaluka ‘aniddin wal hayat juz 3 hal. 91
وقد ذكرت لجنة الفتوى بالازهر أنّ مذهب الحنابلة والشافعية والحنفية لا يرى مانعا منه فى الجمعة وغيرها من سائر الصلوات فى المسجد الذى بينى مسيحيّ ومن ذلك نفهم أنّه ليس هناك ما يمنع من قبول تبرعات من غير المسلمين غير عبادتهم أو يترتب على ذلك ضرر المسلمين.
Terjemah:
Lajnah fatwa Al Azhar telah menyebutkan, bahwa madzhab Hambali, Syafi’I, Hanafi tidak terlihat melarang dirinya didalam jum’ah dan lainnya dari semua sholat-sholat didalam masjid yang didirikan orang-orang masihi dengan hal itu, kita faham. Sesungguhnya disana tidak ada sesuatu yang melarang menerima pemberian dari selain orang-orang islam, kecuali ibadahnya. Atau sesuatu yang menjadikan/membahayakan orang-orang muslim.  
  1. Hasyiyatul Jamal juz 3 hal. 561 
Mas’alah :
 97. Apakah boleh menghela (mensiasati) barang yang sudah jelas riba?
Jawab :
Menghelah barang yang sudah jelas riba agar menjadi halal, terdapat khilaf di antara para ulama, yakni :
Menrut Imam Malik dan Imam Ahmad haram.
Menurut Imam Syafi’i dan Abu Hanifah boleh, bila ada dhorurot atau غرض الشرعي  (keputusan yang diatur oleh syara').
Dasar pengambilan :
  1. Is’adu Ar-Rofiq I : 134
(وتحرم أيضا حيلة) اى الربا اى الحيلة فيه عند الامام ملك والاحمد رحمهما الله تعالى وقال الشافعى وابو حنيفة بجوازها وعدها فى الزواجر من كبائر عند محرّمها.
Terjemah:
(Haram juga menghela/merekayasa) riba. Artinya haram menghela riba menurut imam Malik dan imam Ahmad. Imam Syafii dan imam Abu Hanifah mengatakan boleh merkayasa riba. Imam Ibnu Hajar menganggap dalam kitab Zawahir termasuk dosa besar bagi orang yang memperbolehkan.
  1. Bughyatu Al Mustarsyidin hal: 135
إذ القرض الفاسد المحرم هو القرض المشروط فيه النفع للمقرض. هذا إن وقع فى صلب العقد وإن تواطأ عليه قبله ولم يذكر فى صلبه أو لم يكن عقد جاز مع الكرهة كسائر حيل الربا الواقعة لغرض شرعيّ.
Terjemah:
Menghutangi yang rusak dan haram adalah menghutangi yang ada syarat memberi manfaat kepada yang menghutangi. Hal ini jika syarat terjadi dalam sulbi al-‘aqdi (disebut dalam aqad) kalau terjadinya syarat sebelum aqad dan tidak disebut waktu aqad. Atau tidak ada aqad, maka boleh dengan makruh, seperti berbagai cara merekayasa riba. Pada selain tujuan sara’.
  1. Bahjatu Al Wasail hal: 37
تنبيه: الحيلة فى الربا وغيره قال بتحريمهما مالك واحمد وذهب الشافعي وابو حنينفة إلى جواز الحيلة فى الربا وغيره عند الاضطرار إلى عن قال.....فعلم مما تقرر أنّ هذه الحيلة التى علّمها صلى الله عليه وسلم بعالم خيبر. نصّ جواز مطلق الحيلة فى الربا وغيره إذ لا قائل بالفرق أفاد ذلك كله ابن حجر فى الزواجر.
Terjemah:
(Peringatan) merekayasa riba dan lainnya menurut imam malik dan Imam Ahmad adalah haram, imam Syafi’I dan imam Abu Hanifah berpendapat: boleh merekayasa riba dan lainnya ketika terpaksa…..s/d ….diketahui dari apa yang telah ditetapkan bahwa merekayasa ini adalah apa yang ditetapkan Rosululloh SAW. Bagi pekerja penduduk khoibar.
Kepastian diperbolehkan riba dan lainnya itu adalah karena tidak ada yang membedakan antara riba dengan lainnya. Pengertian tersebut semuanya dijelaskan oleh imam Ibnu Hajar dalam kitab Zawajir.
Mas’alah:
98. a. bagaimana hukumnya membeli TV seharga Rp 200.000,- tetapi dikwitansi minta ditulis radio  seharga yang sama?
b. bagaimana hukumnya kalau ada orang yang menjual barang seharga Rp 100.000,- tetapi pembeliannya minta kwitansi seharga Rp 150.000,- dan oleh penjual dipenuhi?
Jawab:
Jual belinya sah, asalkan syarat tersebut (penulisan kwitansi) tidak disebutkan didalam akad atau sebelumnya. Dan jual belinya belum memperoleh kekuatan hukum tetap, sedangkan pembuatan kwitansi hukumnya haram.
Dasar pengambilan:
  1. Is’adur Rifiq juz 2 hal 76:
ومنها الكذب وهو عند اهل السنة الإخبار بالشيء بخلاف الواقع أى على خلاف ما هو عليه سواء علم ذلك وتعمده أم لا.
Terjemah:
Termasuk maksiat (perbuatan dosa) adalah berbohong, berbohong menurut sunnah adalah: menghabarkan sesuatu tidak sesuai dengan kenyataan, baik ia tau hal itu dan sengaja atau tidak.
  1.  Is’adur Rifiq juz 2 hal 105:
ومنها كتابه ما يحرم النطق به قال فى البداية لأنّ القلم احد اللسانين فاحفظه عما يجب اللسان منه إلى عن قال.....فليصن الإنسان قلمه عن كتاب الحيل والمخادعات والمنكرات حادثات المعاملة.
Terjemah:
Termasuk maksiat (perbuatan dosa) ialah menulis sesuatu yang haram diucapkan. Imam Al Ghozali berpendapat dalam kitab bidayah: karena tuisan adalah salah satu dari dua lisan (ucapan) maka jagalah dari apa yang harus dijaga dari mulut…..s/d….maka jagalah wahai manusia, atas tulisannya, jauhkan dari rekayasa, penipuan, dan berbagai kemungkaran dalam pola hidup yang baru.
  1. I’anatu At-Tholibin juz 3 hal 3:
قوله وكل بيع مبرورا اى لا غش فيه ولا خيانة والفرق بين الغش والخيانة أنّ الأول تدليس يرجع إلى ذات البيع كأن يجعّد شعر الجارية و يحمّر وجهها والثانى أعمّ لأنّه تدليس فى ذاته أو صفته أو أمر خارج كأن يصفه بصفة كاذبة و كأن يذكر له ثمنا كاذبا.
Terjemah:
(Kata-kata dan setiap jual beli yang baik) artinya tidak ada unsur penipuan dan khianat. Perbedaan diantara penipuan dan khianat adalah kalau penipuan itu larinya kepada dzatiyahnya yang dijual, seperti mengeriting rambut, me make up wajah bagi jariyah (amat yang dijual), yang kedua khianat itu lebih umum, karena khianat itu (menipu) pada dzatiyahya, sifatnya, atau sesuatu yang diluar itu: seperti mjemberi keterangan dengan sifat-sifat yang palsu, dan menyebutkan hanya ndengan berbohong dan lain-lain.
  1. Sulamu At-Taufiq hal 53:
يحرم بيع الشيء الحلال الطاهر على من يعلم أنّه يريد أن يعصى به.
Terjemah:
Haram menjual sesuatu (benda) yang halal dan suci kepada seseorang yang diketahui (ditengarahi) akan berbuat maksiat dengan benda (yang dibeli) tadi.
  1. Hasyiyatu Al-jamal juz 3 hal. 75
والحاصل بكلامهم أنّ كل شرط مناف لمقتضى الاقض إنّما يبطله إذا وقغ فى صلبه أو بعده وقبل لزومه بخلاف ما لو تقدّم عليه ولو فى مجلسه ومثل ما فى بغية المسترشدين صحيفة 176. وقليبى الجزء الثانى صحيفة 177.
Terjemah:
Kesimpulan pendapat para ulama’, bahwa setiap syarat yang meniadakan tujuan aqad itu membatalkan (aqad) jika terjadi disebut dalam aqad. Atau setelahnya dan sebelum luzum (ketetapan). Lain halnya syarat itu disebut lebih dahulu, disbanding aqad, meskipun masih dalam satu majlis.
  1. Bughyatu Al Musytarsyidin hal. 176
  2. Qulyubi Juz II hal. 177


Mas’alah :
Bagaimana jual beli dengan mengganti aqad ? contohnya : A menjual TV kepada B seharga Rp. 150.000,- tetapi B meminta kwitansi seharga Rp. 200.000,- dan A tidak mau. Kemudian oleh A aqadnya dirubah, yaitu TV tadi diberi harga Rp. 200.000,- dengan komisi diberikan kepada B Rp. 50.000,- ?

Jawab :
Aqadnya sah bila B bertindak sebagai pembeli langsung bukan wakil yang mewakilkan.

Dasar pengambilan :
  1. Al Bujairomi Alal Minhaj II / 443
ومنه يأخذ امتناع ما يقع كثيرا من اختيار شخص حادق لشراع متاع فيشتريه بأقلّ من قيمته لحذقه أو معرفته ويأخذ لنفسه تمام القيمة معللا ذلك بأنّه هو الذى وفره لحدته ومثله ما فى احكام الفقهاء الجزء الأوّل صحيفة 52 و عمدة السالك صحيفة 42.
Terjemah :
Termasuk di dalamnya adalah terlarangnya sesuatu yang kebanyakan terjadi dari kehendak seorang yang pandai (limpat) untuk membeli kekayaan, dia membelinya dengan harga yang lebih murah dari harga umumnya. Karena ia pandai atau memang sudah mengetahuinya. Dan ia mengaku bahwa harganya, seperti harga umumnya, demi untuk kepentingan dirinya.

  1. Ahkamul Fuqoha’ I / 52
  2. Umdatussalik : 42


Mas’alah :
A disuruh B untuk membeli barang dengan jumlah banyak dan kontan bias anya mendapat korting (potongan harga). Oleh penjual korting tersebut diberikan A (pesuruh). Bolehkan ?

Jawab :
Kalau pengurangan harga itu termasuk korting, maka pemberian itu untuk si B (موكل).
Kalau pengurangan harga itu dinamakan sebagai komisi (hadiyah) maka pemberian itu milik si A (وكيل).

Dasar pengambilan :
  1. Al Mahali Hamisi Al Qulyubi II / 334
و أن قال بع بمائة لم يبع بأقلّ منها وله أن يزيد عليها إلا أن يصرح بالنهى عن الزيادة فلا يزيد.
Terjemah :
Apabila seorang berkata (kepada orang lain / pesuruh) jualkanlah (ini) dengan harga Rp. 100,- maka ia tidak boleh menjual dengan harga yang lebih rendah dari Rp. 100,- dan ia boleh menjual lebih dari Rp. 100,-. Kecuali apabila (pemesan) menjelaskan, jangan kamu jual lebih dari Rp. 100,0. Maka hal ini tidak boleh menjual lebih (dari Rp. 100,-).

  1. Jamal Al Minhaj III / 347
وكتب ع ش عليه قوله أخذ أقلّ الأمرين الضمير فيه للولى وخرج به غيره كالوكيل الذى لم يجعل له موكله شيئا على عمله فليس له الاخذ لما يأتى أنّ الولى إنما جاز له الاخذ لأنّه او اخذه تصرّف بمال من لا تمكن معاقدته وهو يفهم عدم جواز اخذها لوكيل لإمكان مراجعة موكله بتقدير شيء له أو عزلهم من التصرّف.
Terjemah :
Ali Assibro Malisi menulis atas hal tersebut dengan perkataanya mengambil lebih sedikit perkara dua. Dhomir. Maksudnya yang mengambil adalah wali, lain halnya dengan selain wali, seperti wakil. Di mana orang yang mewakilkan tidak member hak apa-apa kepadanya atas pekerjaannya, maka baginya (wakil) tidak boleh mengambil karena wali memperbolehkan mengambil itu, karena dirinya mengambil itu, seperti halnya ia menasarufkan hartanya orang yang tidak mungkin ada ikatan (saling mempercayai) hal itu memebri pengertian bahwa wali tidak boleh mengambilnya untuk wakil, karena dimungkinkan mencabut perwakilannya di dalam mengira-ngira sesuatu bagi dirinya (wakil) atau memecat wakil dari tasaruf.

Mas’alah :
Adakah Ashab Syafi’i yang memperbolehkan denda yang dikenakan pembeli lantaran terlambat pembayaran?

Jawab :
Belum ditemukan jawaban dari Ashabus Syafi’i sesuatu dengan materi pertanyaan di atas.
Adapun mengenai denda berdasarkan kesepakatan dua pihak di luar aqad maka denda tersebut termasuk syarat yang harus dipenuhi.

Dasar pengambilan :
  1. QS. Al Isro’ : 34
4 (#qèù÷rr&ur Ïôgyèø9$$Î/ ( ¨bÎ) yôgyèø9$# šc%x. Zwqä«ó¡tB ÇÌÍÈ  
Terjemah :
dan penuhilah janji; Sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya.

  1. Al Hadist
المسلمون على شروطهم إلا شرطا احل حراما أو حرم حلالا.
Terjemah :
Orang-orang Islam harus tetap pada syarat-syaratnya kecuali syarat menghalalkan semata yang haram akan mengharam sesuatu yang halal.

Mas’alah :
Bolehkah menulis Al Qur’an seperti basmallah dalam bentuk hiasan (seperti dalam seni kaligrafi/tulisan indah) yang kadang-kadang berbentuk beruang, bunga dan lain-lain?

Jawab :
Boleh apabila hiasan ayat Al Qur’an itu tetap mempertahankan (berpedoman) pada Rosm Usmani. Tetapi apabila tulisan itu menyimpang kaidah Rosm Usmani, menurut qoul mu’tamad Imam Malik dan Imam Ahmad itu tidak membolehkan.
Adapun hiasan ayat Al Qur’an mengambil bentuk burung atau hewan lainnya, hukumnya sama seperti hokum menggambar hewan, yakni :
Haram secara ijma’, bila berbentuk patung.
Khilaf (ada empat pendapat) kalau tidak berbentuk patung.

Dasar pengambilan :
  1. I’anatu At Tholibin I / 68

أما كتابة القرآن بالحروف العربية ولكن لم تكتب بالرسم العثمانى ففيها ثلاثة اقوال والمعتمد عند الإمام مالك والإمام احمد أنّها غير جائزة.
Terjemah :
Adapun menulis Al Qur’an dengan huruf Arab namun bukan Rasm Usmani (tulisan Usmani) maka hal itu hukumnya ada tiga pendapat, menurut yang mu’tamad dari Imam Malik dan Imam Ahmad adalah tidak boleh.

  1. Al Itqon II / 168 & 170

وقال البيهقى فى شعب الإيمان من يكتب مصحفا فينبغى أن يحافظ على الهجاء الذى كتبوا به تلك المصاحفة ولا يخالفهم فيه ولا يغيّر مما كتبوا شيئا فإنهم كانوا اكثر علما واصدق قلبا ولسانا واعظم أمانة فلا ينبغى أن نظنّ بأنفسنا استدراكا عليهم وكذلك فى الصحيفة 170 ونصّه: يستحب كتابة المصحف وتحسين الكتابة وتبيينها وإيضاؤها وتحقيق الخط دون مشقة. واخرج ابن أبى داود فى المصاحف عن ابن سيرين أنّه كُرها أن يكتب المصاحف مشقا قيل لم قال لأنّ فيه نقصا.
Terjemah :
Imam Baihaqi berpendapat dalam kitab Sya’bil Imam : bagi seseorang yang menulis ayat Al Qur’an sebaiknya menjaga huruf hijaiyah yang telah ditulis oleh para sahabat-sahabat dengan mushaf tersebut (tulisan-tulisan) tersebut. Dan tidak boleh bertentangan dan merubah dari tulisan-tulisan beliau karena mereka sudah banyak ilmunya, dan lebih jujur hati dan lisannya, dan lebih tinggi tingkat kepercayaannya,maka tidak layak bagi kita, merubah dari beliau-beliau.
Begitu juga dalam halama 170 dijelaskan :
Disunnahkan menulis mushaf dan memperbaiki tulisannya dan memperjelas serta menahqiqkan tulisan tanpa menyulitkan. Imam Ibnu Abi Dawud meriwayatkan dari Ibnu Sirin, sesungguhnya makruh menulis mushaf sampai menyulitkan (dibaca) karena hal itu mengurangi.

  1. Shohih Al Bukhori hal 5950
اخرج البخارى عن عبد الله بن عمر قال سمعت عن النبى صلى الله عليه وسلم يقول إنّ اشدّ الناس عذابا عند الله يوم القيامة المصوّرون.

Terjemah :
Imam Bukhori meriwayatkan dari Abdullah bin Umar ia berkata “saya mendenganr dari Rasulullah SAW, beliau bersabda : “ seberat-berat siksa manusia di sisi Allah adalah mereka yang sama menggambar (membikin patung)

  1. Fathu Al Bari X 474
(قوله صلى الله عليه وسلم فيه تماثيل) واستدل بهذا الحديث على جواز اتحاذ الصور إذا كانت لا دل لها.
(قول صلى الله عليه وسلم فيه تماثيل) أعم من أن يكون شاخصا أو يكون نقشا أو دهانا أو نسجا فى ثوب.
Mas’alah :
Bolehkah uang zakat diberikan kepada familinya yang miskin untuk modal ?

Jawab :
Boleh, bahkan sunnah, apabila nafaqoh family tersebut tidak menjadi tanggungan wajib Muzakki.

Dasar pengambilan :
  1. Bughyatu Al Mustarsyidin : 106
(مسئلة ب ك) يجوز دفع زكاته بولده المكلف بشرط أن لا تلزمه نفقته ولا تمامها على الراجح. إلى أن قال.....ويجوز تخصيص نحو قريب بل يسنّ إذا لا تجب التسوية بين آحاد الصنف بخلافها بين الاصناف.

Terjemah :
Boleh memberikan zakat kepada anaknya yang mukallaf dengan syarat anak tersebut tidak wajib untuk dinafaqohi dan kesempurnaan nafkah anak itu tidak menjadi kewajiban orang yang membrikan zakat tersebut. Menurut qoul yang rojih …s/d… boleh mengkhususkan semacam kerabat untuk diberi zakat bahkan hukumnya sunnah. Karena tidak wajib menyamakan bagian diantara satu persatu dari satu golongan, berbeda halnya menyamakan bagian diantara beberapa golongan (asaanaf).

  1. Al Muhadzab I / 171

(فصل) وسهم للفقراء، والفقير هو الذى لا يجد ما يقع موقعا من كفايته فيدفع إليه ما تزور به حاجته من آدة يعمل بها إن كان فيه قوّة للبضاعة يتجر فيها حتى لواحتاج إلى مال كثير للبضاعة التى تصلح له ويحسن التجارة فيها وجب أن يدفع إليه مثله وكما فى المقررات المسائل فى المؤتمر صحيفة 110.
Terjemah :
Satu bagian untuk fuqoro’. Fakir adalah orang yang tidak mendapatkan sesuatu yang dapat mencukupinya maka ia diberi sesuatu yang bias memenuhi kebutuhannya yaitu alat yang dipakai bekerja jika ia memiliki kemampuan berdagang sehingga seandainya ia butuh harta yang banyak untuk berdagang yang layak baginya dan ia membidangi perdagangan itu maka wajib ia diberi sesuatu yang menyamai harta itu sebagaimana dalam ketetapan mu’tamar No. 14 : 11

  1. Al Muqororot Al Mu’tamar 14 / 11


Mas’alah :
Bagaimanakah hukumnya membatalkan sholat sunnah, lantaran dipanggil orang tuanya sendiri? Apalah masih memperoleh pahala ?

Jawab :
Hukumnya membatalkan sholat sunnah untuk memenuhi panggilan orang tua, boleh. Dan menjadi sunnah apabila tidak memenuhi panggilan itu menimbulkan masyaqot beliau berdua (orang tua) bahkan menurut Syaikh Tajuddin AL Subki menjadi wajib apabila tanpa dipenuhi panggilan tersebut diyakini dapat menimbulkan sakit hati beliau (orang tua)

Dasar pengambilan :
  1. Al Syarqowi I / 268
وتحرم اجابه الوالدين بالفرض وتجوز فى النفل وهي افضل فيه انشق عليهما عدمها وتبطل الصلاة بها مطلقا.
Terjemah :
Haram manjawab kedua orang tua di dalam sholat fardlu, boleh menjawab tersebut di dalam sholat sunnah, menjawab lebih baik di dalam shlat sunnah jika tidak menjawab memberatkan kedua orang tua tersebut dan batal sholat dengan menjawab tersebut secara mutlak.

  1. Hasyiyah Ibnu Qosim Al Ubadi Ala Tuhfatu Al Muhtaj Fi Hasyiyah Al Syarwani : II / 139
(قوله تجب فى فرض) قد يفهم جوازها قول السيكى المختار القطع بأنّه لا يجب هما فى الفرض وإن اتصع وقته لأنّه يلزم بالشروع خلافا للإمام وتجب فى نفل إن علم تأذيهما بتركها ولكن تبطل.

Terjemah :
(kata Ibnu Hajar wajib di dalam fardlu) Qoul Imam Al SUbki terkadang memberikan kefahaman terhadap bolehnya ijabah. Pendapat yang dipilih adalah memastikan tidak wajib ijabah kedua orang tua di dalam sholat fardlu walaupun waktunya masih panjang karena fardlu menjadi wajib sebab melakukan, berbeda dengan Imam Haromain. Ijabah wajib di dalam sholat sunnah jika tidak menjawab itu menyakiti kedua orang tua akan tetapi sholatnya batal.

Mas’alah :
Bagaimana hukumnya orang bermadzhab Syafi’I makmum sholat kepada Imam yang bermadzhab selain Syafi’I seperti jama’ah haji Indonesia yang bersholat jama’ah di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi ?

Jawab :
Hukum makmum kepada Imam yang berbeda madzhab fiqihnya ada dua pendapat :
Tikak sah, karena yang dibuat pedoman adalah hukum yang diyakini kebenarannya oleh makmum.
Sah, karena yang dibuat pedoman adalah hukum yang diyakini kebenarannya oleh Imam.

Dasar pengambilan :
  1. Hasyiyah Al Jamal Ala Syarhi Al Minhaj I / 520
فلو شك شافعي فى اتيان المخالف بالواجبات عند المأموم لم يؤثر فى صحة الاقتداء تحسينا لظن به فى توقى الخلاف.

Terjemah :
Seandainya orang Syafi’i ragu tentang melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kewajiban-kewajiban menurut makmum maka keraguan itu tidak berpengaruh dalam keabsahan bermakmum karena memperbaiki sangkaan pada orang tersebut dalam menjaga khilaf.

  1. Al Mahali I / 229
(ولو اقتدى شافعي بحنفي مس فرجه أو اقتصد فالأصحّ الصحة) اى صحة الاقتداء (فى القصد دون المس اعتبارا بنية المقتدى) اى باعتقاده. والثانى عكس ذلك اعتبارا بنية المقتدى به اى القصد بنقض الوضوء دون المس, ولو ترك الأعتدال او الطأنينة او قراءة غير الفاتحة لم يصح اقتداء الشافعى به, وقيل يصح اعتبارا باعتداءه ولو حافظ على واجبات الطهارة والصلاة عند الشافعى صح اقتداؤه به ولو شكّ فى اتيانه بها فكذلك تحسينا لظن فى التوقى الخلاف.

Terjemah :
Seandainya orang bermadzhab Syafi’i bermakmum kepada orang yang bermadzhab Hanafi yang telah menyentuh farjinya atau ia bercantuk (mengeluarkan darahnya) maka menurut qoul ashoh sah makmumnya dalam masalah fashdu (cantuk) tidak sah dalam masalah menyentuh farji karena menganggap pada niat atau keyakinan orang yang bermakmum. Pendapat yang kedua kebalikan dari pendapat yang tadi, karena menganggap pada keyakinan orang yang diikuti (Hanafi), maksudnya fashdu (cantuk) bisa membatalkan wudlu, tidak membatalkan menyentuh farji. Seandainya Imam yang bermadzhab Hanafi meninggalkan I’tidal, atau tuma’ninah atau membaca selain fatihah maka tidak sah bermakmumnya Syafi’i kepada Hanafi tersebut ada yang mengatakan sah karena memandang pada i’tiqodnya Hanafi seandainya orang Hanafi itu menjaga atas wajib-wajibnya thoharoh dan sholat menurut orang Syafi’i maka sah makmumnya orang Syafi’i kepada orang Hanafi tersebut. Seandainya orang Syafi’i ragu-ragu mengenai tindakan orang Hanafi dengan tindakan tadi maka juga sah I’tiqodnya Syafi;i karena memperbaiki dzon (sangkaan) dalam menjaga khilaf.

  1. Tadzhibu Al Furuk Wa Al Qawa’idu Al Saniyah Fi Al Asrori AL Fiqih II / 113 & 114
العبرة فى الشرط صحة الصلاة بمذهب أى الإمام وفى الشرط صحة اقتداء بمذهب المأمومك على ما قاله الأوفِيُّ. ومثله ما فى إعانة الطالبين جز 1 صحيفة 141، وتلخيص المراد صحيفة 99 وكشيفة السجا صحيفة 84.

Terjemah :
Anggapan dalam syarat sahnya sholat adalah pada madzhabnya Imam sedangkan dalam syaratnya sah bermakmum pada madzhabnya makmum menurut Imam Al Aufi. Sama seperti apa yang dikatakan Imam Al Aufi terdapat dalam kitab I’anatu Al Tholibin I hal 141. Talhishul murod hal 99 dan Kasyifatus Saja hal 84

  1. I’anatu Al Tholibin I / 141
  2. Talhis Al Murot 99
  3. Kasyfu Al Saja 84


Mas’alah :
Jama’ah haji tahun 1400 yang pulang tidak melaksanakan thowaf wada’ lantaran pemerintah Saudi Arabia melarang jama’ah tersebut memasuki Masjidil Haram, sebab kawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (waktu itu salah seorang pemberontak yang menamakan dirinya Imam Mahdi berada di lantai bawah di dalam Masjidil Haram). Apakh jama’ah haji tersebut masih berkewajiban membayar dam ?

Jawab :
Tidak berkewajiban membayar dam / fidyah, sebab mereka termasuk ma’dzur sehingga tidak dituntut melakukan thawaf wada’ seperti wanita yang haid.

Dasar pengambilan :
  1. Al Tsamari Al Yaani’ah Syarhi Al Riyadu AL Badi’ah : 73
ويجب بتركه أوطواف الوداء دم على الغير معذور وإن لم يكن حاجا أو معتمرا. إلا أن قال.....أما الحائض والنفساء والمستحضة التى نفرت فى نوبة حيضها وذو جرح نضاح يخشى منه تلويث المسجد ومن خاف ظالما أو فوت رفقه فلا يطلب منهم طواف الوداع فيسيرون بلا وداع.

Terjemah :
Dan wajib mambayar denda (dam) atas orang yang tidak ma’dzur walaupun berhaji atau umroh sebab meninggalkan thawaf wada’. Hingga beliau berkata “ adapun wanita yang sedang haid, nifas, mustahadhoh yang melakukan nafar pada waktu giliran haidnya, orang yang mempunyai luka bercucuran darah yang dikawatirkan mengotori masjid dan orang yang ikut orang dzolim atau ketinggalan temannya maka mereka tidak dituntut melakukan thawaf wada’. Mereka boleh pulang tanpa melakukan thawaf wada’.

  1. Hasyiyah Al Jamal Ala Fathi Al Wahab II / 481

(امّا نحوى الحائض الخ) مثل الحائض المعذور لخوف ظالم أو فوت رفقه على المعتمد فلا يجب عليه طواف الوداع ولا تلزمه الفدية. ومثله ما فى الايضاح للامام النواوى صحيفة 446، ونهاية الزين صحيفة 216، وكفاية الاخيار الجزء الاول صحيفة 226.
Terjemah :
Semisal wanita haid adalah orang yang ma’dzur karena takut orang dzalim atau tertinggal teman dekat menurut pendapat mu’tamad, maka tidak wajib atasnya melakukan thawaf wada’ dan tidak wajib mambayar fidyah.

  1. Al Idhoh Lil Imam Al Nawawi : 446
  2. Nihayatu Al Zain : 216
  3. Kifayatu Al Akhyar I : 226


Mas’alah :
Adakah Ashab Syafi’i yang memperbolehkan anak kandung menjadi wali dari ibunya sendiri?

Jawab :
Ada, yaitu Imam Muzani

Dasar pengambilan :
  1. Al Syarqowi II / 219

(قوله فلا يزوّج بالبنوة) خلافا للمزنى كالأئمة الثلاثة.
Terjemah :
(perkataan : tidak boleh menikahkan sebab keturunan menjadi anak) berbeda dengan Imam Muzani seperti halnya Imam Tsalasah

  1. Mughni Al Muhtaj III / 151
(ولا يزوّج ابن) امّه وان علت (ببنوّة) محضة خلافا للائمة الثلاثة والمزنى لأنّه لا مشاركة بينه وبينها فى النسب اذ انتسابها إلى ابيها وانتساب الابن إلى ابيه. ومثله ما فى الاقناع الجزء الثانى صحيفة 126، والميزان الكبرى الجزء الثانى صحيفة 126، والباجورى الجزء الثانى صحيفة 108، و وكفاية الاحيار الجزء الثانى صحيفة 48.

Terjemah :
(seorang anak tidak boleh menikahkan) ibunya sekalipun jalur ke atas sebab keturunan menjadi anak berbeda dengan Imam Tsaladah dan Imam Muzani dengan alasan tidak ada hubungan nasab antara anak dan ibunya. Karena jalur nasab ibunya kepada ayahnya sendiri sedang jalur nasab anak pada ayahnya. Seperti masalah tersebut adalah masalah yang ada dalam kitab Iqna’ II hal. 126.

  1. Al Iqna’ II / 108
  2. Al Mizan Al Kubro II / 126
  3. Al Bajuri II / 108
  4. Kifayatu Al Akhyar II / 48


Mas’alah :
Bolehkah orang Islam mengikuti perayaan natal dengan tujuan menghormati Nabi Isa AS?

Jawab :
Memang orang Islam diperbolehkan dengan non Islam untuk bekerja sama dan bergaul dengan umat agama lain dalam keduniaan.
Tetapi umat Islam tidak boleh mencampur adaukkan aqidahnya dengan aqidah agama lain. Walaupun perayaan natal itu tujuannya merayakan / menghormati Nabi Isa AS, tetapi natal itu tidak bisa lepas dari soal aqidah. Oleh sebab itu umat Islam tidak boleh mengikuti kegiatan agama lain.

Firman Allah
  1. QS. Al Hujurot : 13
$pkšr'¯»tƒ â¨$¨Z9$# $¯RÎ) /ä3»oYø)n=yz `ÏiB 9x.sŒ 4Ós\Ré&ur öNä3»oYù=yèy_ur $\/qãèä© Ÿ@ͬ!$t7s%ur (#þqèùu$yètGÏ9 4 ¨bÎ) ö/ä3tBtò2r& yYÏã «!$# öNä39s)ø?r& 4 ¨bÎ) ©!$# îLìÎ=tã ׎Î7yz ÇÊÌÈ  
Terjemah :
Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.

  1. QS. Al Kafirun : 1 – 2
ö@è% $pkšr'¯»tƒ šcrãÏÿ»x6ø9$# ÇÊÈ   Iw ßç6ôãr& $tB tbrßç7÷ès? ÇËÈ  
Terjemah :

Katakanlah: "Hai orang-orang kafir. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.

  1. QS. Al Baqoroh : 42
Ÿwur (#qÝ¡Î6ù=s?  Yysø9$# È@ÏÜ»t7ø9$$Î/ (#qãKçGõ3s?ur ¨,ysø9$# öNçFRr&ur tbqçHs>÷ès? ÇÍËÈ  
Terjemah :
Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu[43], sedang kamu mengetahui. Di antara yang mereka sembunyikan itu Ialah: Tuhan akan mengutus seorang Nabi dari keturunan Ismail yang akan membangun umat yang besar di belakang hari, Yaitu Nabi Muhammad s.a.w.

  1. Tafsir Munir I / 94
الركون إلى الكفار والمعونة والنصرة امّا بسبب القرابة والمحبة مع اعتقاد أنّ دينه باطل فهذا لا يوجب الكفر إلاّ أنّه منهيّ عنه لانّ الموالاة بهذه قد يجرّه إلى استحسان كريقه والرّضا بدينه.

Terjemah :
Tertarik serta menolong orang kafir, adakalanya sebab menjadi kerabatnya atau memang menyayangi meraka. Sementara tetap berkeyakinan bahwa agama mereka batil (tidak benar) sikap demikian ini tidak mentebabkan kufur akan tetapi tetap tidak diperbolehkan (haram). Karena kasih sayang  demikian kadang akan mengakibatkan anggapan baik pada jalan meraka dan ridho dengan agama mereka.

  1. Al Qoidah
درء المفاسد مقدم على جلب المصالح
Terjemah :
Menghendari kerusakan didahulukan dari pada menarik kemaslahatan

  1. Al Bujairomi Khotib 243
العمامة المعتادة لهم الآن وهل يحرم على غيرهم من المسلمين لبس العمامة المعتادة لهم وان جعل عليه علامة تميّز بين المسملين وغيرهم كورقة بيضاء مثلا ام لا لأنّ فعل ما ذكر يخرج به الفاعل عن زيّ الكفار فيه نظر والاقرب الاوّل لأنّ هذه العلامة لا يهتدى فيها لتمييز عن غيره حيث كانت العمامة المذكورة من ذي الكفار خاصة وينبغى انّ مثل ذلك فى الحرمة ما جرت به العادة من لبس طرطور اليهوديّ مثلا على سبيل السخريّة فيعزّر فاعل ذلك. انتهى.
Terjemah :
Shorban yang biasa mereka (non Islam) pakai sekarang, apakah haram bagi orang Islam untuk memakainya sekalipun diberi tanda yang membedakan ciri khas orang Islam dan non Islam. Seperti kertas putih ataukah diperbolehkan (tidak haram) karena dengan cara tersebut (memberi tanda bisa menghindarkan pelaku dari peradaban seperti orang kafir.  Dalam hal ini ada pertimbangan hukum dan yang lebih mendekati pendapat yang benar adalah pendapat yang pertama (haram) sebab tanda tersebut belum bisa dijadikan petunjuk yang membedakan orang Islam dan non Islam sekira sorban tersebut tertentu dari orang kafir. Dan sesungguhnya menyamai hukum haram dengan masalah tersebut (sorban) adalah kebiasaan yang sudah berlaku misalnya memakai dengan tujuan menghina mereka maka orang yag berbuat seperti itu harus dita’zir.

  1. Al Amru bitiba’i wa Nahi Ani Ibtida’i, Halaluddin Asy Suyuti, Cetakan “ Daru Ibnu Qoyyim” 1990 M / 1410 H : 146 – 147
(التشبه بالمشركين) ومن ذلك اعياد اليهودى او غيرهم من الكافرين او الاعاجم والاعراب الضالين لا ينبغى للمسلمين ان يتشبه بهم فى شيء من ذلك ولا يوافقهم عليه. قال الله تعالى لنبيه محمد صلى الله عليه وسلم ثم جعلنك على شريعة من الأمر فاتبعها ولا تتبع اهواء الذين لا يعلمون. إنهم لا يفنوا عنك من الله شيأ. وان الظالمين بعضهم اوليآء بعضز والله ولي المتقين (سورة الجاثية 18 – 19) ... الى ان قال : قد جآء عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : من أشد الناس عذابا يوم القيامة عالم لم ينفعه الله بعلمه (أخرجه الطبرني) والتشبه بالكافرين حرام وان لم يقصد ما قصدوه بدليل ما روى ابن عمر عن النبي صلى الله عليه وسلم : من تشبه بقوم فهو منهم (أخرجه أحمد)

Terjemah :
(menyerupai orang – orang musyrik) termasuk diantaranya adalah kebiasaan-kebiasaan orang yahudi atau lainnya dari golongan orang – orang kafir atau orang non arab atau orang arab tidak boleh bagi orang Islam menyerupai dan melakukan apapun dari kebiasaan – kebiasaan meraka. Allah berfirman kepada Nabi Muhammad SAW “ kemudian kami jadikan kamu berada di atas suatu syari’at (peraturan) dari urusan (agama) itu, maka ikutilah syari’at itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang – orang yang tidak mengetahui. Sesungguhnya mereka sekali-sekali tidak akan menolak darikamu sedikitpun dari (siksa) Allah. Dan sesungguhnya mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain, dan Allah adalah pelindung bagi orang-orang yang bertaqwa. (QS. Al Jatsiyah : 18 – 19) sampai perkataan mushonnif “ telah diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW. Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW telah bersabda “manusia yang paling berat siksaannya besok di hari qiyamat adalah orang Alim (mengerti hukum) yang tidak diberi manfaat ilmunya oleh Allah. (HR. Imam Thobroni). Menyerupai orang-orang kafir hukumnya haram sekalipun berbeda tujuan dengan mereka dengan dalil hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar dari Nabi SAW “ barang siapa menyerupai suatu golongan maka ia termasuk dari mereka” (HR. Imam Ahmad)


Mas’alah :
Ada sebidang tanah milik Ali yang di dalamnya terdapat sedapur (serumpun bambu), oleh Ali bambu terebut dihibahkan atau dijual pada Umar dan boleh dibiarkan hidup selama-lamanya, demikian kata Ali kepada Umar. Akhirnya Ali meninggal dunia sedang tanah tersebut menjadi milik Qomari atau anaknya sebagai harta warisan.

Pertanyaan :
Apabila bambu itu berkembang biak menjadi dua atau tiga rumpun tetapi bertambah lebar. Milik siapakah bambu yang baru tersebut?
Kalau bambu yang baru itu tetap menjadi milik umar. Bagaimanakah jalan keluarnya agar tidak menjadi dhoror pada Qomari ?
Bolehkah Qomari menebang (menghabiskan) bambu tersebut tanpa seijin Umar ?

Jawab :
Semua bambu yang asli maupun yang berkembang milik Umar. Sedang seratus tanahnya menjadi milik Qomari sebagai ahli waris dan aqad pinjamannya terputus atau selesai.
Jalan keluarnya :
Apabila Qomari tidak mengizinkan maka Umar berkewajiban menebang semua bambu tersebut.
Jika Umar memaksa tetap tidak mau menebang maka Ia (Umar) berkewajiban membayar sewa tanah sesuai persetujuan dengan Qomari. Qomari boleh menebang semua bambu.

Dasar pengambilan :
  1. Al Bajuri II / 156
(مسئلة) أعار ارضا مشتركة للبناء باا اذن بقية الشركاء صحت في حصته فقط وتبطل بموته فيستحق وارثه الاجرة من حينئذ كما ان حصة البقية لها حكم الغصب فتلزم المستعير على المعير او وارثه بعد التسليم ان لم يستوف المنفعة ولهم مطالبة الشريك بالاجرة ان وضع يده على الارض قبل اعارتها ثم يرجع بها على المساعير المستوفى المنفعة والا فلا رجوع
Terjemah :
(masalah) seeorang meminjamkan sebidang lahan perserikatan untuk mendirikan sebuah bangunan dengan tanpa izin anggota yang lain. Maka aqad pinjamnya sah dalam bagiannya (orang yang meminjamkan) saja. Dan aqad tersebut batal sebab ia meninggal dunia. Maka ketika itu (meninggal dunia) ahli warisnya berhak mendapatkan ujroh / upah. Sebagaimana hukum ghosob yang ada pada bagian anggota yang lain, wajib bagi pihak peminjam untuk membayar ujroh / upah tertinggi. Dan setiap masa (penyewaan) dianggap sesuai dengan keadaannya. Dan bagi pihak peminjam boleh meminta ganti rugi kepada pihak yang meminjamkan atau ahli warisnya setelah ia memberikan ujroh. Jikalau belum menggunakan manfaat (dari barang yang dipinjam) dan bagi anggota perserikatan yang lain boleh meminta kepada syarik (pihak yang meminjamkan lahan). Jika ia telah menunjukkan bagian lahan yang akan dipinjamkan sebelum ia meminjamkannya. Kemudian pihak meminjamkan boleh minta ujroh (ongkos) kepada pihak peminjam ketika telah menggunakan manfaat barang yang dipinjamkan. Jika belum menggunakan manfaatnya maka tidak boleh minta ganti rugi (ujroh).

  1. Hasyiyah Bujairomi III / 102
  2. Bughyatul Mustarsyidin : 142
  3. Syarwani Ala Thuhfah IV / 453


Mas’alah :
Apabila seseorang membeli rokok yang berhadiah dengan tujuan kuponnya semata-mata, sedang rokoknya hanya sampingan saja, dan ia tidak akan mendapat kupon tanpa membeli rokonya.

Pertanyaan :
Sahkah jual beli tersebut ?

Jawab :
Kembali keputusan Mukhtamar ke XIII, maslah nomor 223, Ahkamu Al Fuqoha’ Juz 2 hal. 89, yakni : penjualnya sah asal mencukupi syarat-syarat jual beli yang diperlukan dan hadiahnya pun halal, karena tidak terdapat untung rugi lantaran hadiah itu. Akan tetapi tujuannya berjudi (mengadu nasib) hukumnya haram.

Mas’alah :
Panitia pembangunan masjid misalnya, membuat kupon berhadiah dengan klasifikasi tertentu, untuk dibagikan kepada masyarakat Islam khususnya, sehingga tidak jarang sering terjadi seorang pembeli kupon dengan tujuan hadiahnya semata-mata.

Pertanyaan :
Bagaimana hukumnya jual beli tersebut ?
Bolehkah hasilnya untuk pembangunan ?

Jawab :
Jula beli tersebut hukumnya sah, asalkan tidak atas nama jual beli tetapi atas nama bantuan, kemudian diberi hadiah. Hasilnya untuk pembangunan. Hal ini sesuai dengan keputusan konferensi besar NU / Ahkamul Fuqoha’ III / 17 no. 227 sebagai berikut :
”sedang lotre yang tidak didasarkan untung atau rugi seperti membeli barang dengan harga mitsli (sepadan) dengan mendapat kupon hadiah yang akan dilotre, atau bershodaqoh untuk mendirikan suatu kebaikan seperti mendirikan madrasah, pondok pesantren, masjid dan lain sebagainya dengan mendapat kupon hadiah yang  akan dilotre, maka tidak haram, karena tidak termasuk qimar/judi, dengan catatan bahwa barang hadiah yang akan dihadiahkan itu tidak diambil dari hasil shodaqoh tersebut.

Dasar pengambilan :
1.       Al bajuri II / 310
هو القمار. كل لعب تردد بين غنم وغرم كا للعب بالورق وغيرهم
Terjemah :
Judi adalah segala bentuk permainan yang tidak jelas untung ruginya seperti permainan kertas dan lain sebagainya termasuk bentuk yang paling buruk adalah sistem membeli kertas yang dinamakan Yaa Nasibu. Bentuk ini haram menurut madzhab empat.

2.       Al Amrodli Al Ijtima’iyah hal 391
ومن شر القمار شراء الاوراق المسماة بيانصيب فهو حرام على المذاهب الاربعة
Terjemah :
Judi yang terjelek ialah membeli kertas yang dinamai “Yaa Nasib”. Maka hukumnya haram menurut empat madzhab.


PENUTUP :
Kandungan isi juz I, ialah keputusan mulai tahun 1979 – 1986 yang dapat memutuskan 111 mas’alah. Mudah – mudahan manfa’at dan barakah kepada pembahas dan pembaca.


         




Komentar

Posting Komentar

Harap berkomentar yang baik

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan