||| FATWA MUHAMMAD BIN SHALIH AL-'UTSAIMIN
|||
Muhammad bin
Shalih al-Utsaimin merupakan Syaikhul Wahhabiyah yang fatwa-fatwanya juga
banyak menjadi rujukan pengikut sekte Wahhabiyah. Nama lengkapnya adalah Abu
Abdillah Muhammad bin Shalih bin Muhammad bin Utsaimin al-Wahib at-Tamimi atau
lebih dikenal dengan Syaikh al-Utsaimin. Dalam beberapa fatwanya, terdapat
pernyataan menarik yang mungkin jarang di publikasikan oleh pengikut Wahhabiyah
tentang bacaaan al-Qur'an untuk orang mati. Berikut diantara pernyataan
beliau :
PENDAPAT
YANG SHAHIH TENTANG MEMBACA AL-QUR'AN UNTUK ORANG MATI
وأما القراءة للميت بمعنى أن الإنسان يقرأوينوي أن يكون ثوابها للميت، فقد اختلف العلماء رحمهم الله هل ينتفع بذلك أو لا ينتفع؟ على قولين مشهورين الصحيح أنه ينتفع، ولكن الدعاء له أفضل
"Pembacaan al-Qur'an untuk orang
mati dengan pengertian bahwa manusia membaca al-Qur'an serta meniatkan untuk
menjadikan pahalanya bagi orang mati, maka sungguh ulama telah berselisih
pendapat mengenai apakah yang demikian itu bermanfaat ataukah tidak ? atas hal
ini terdapat dua qaul yang sama-sama masyhur dimana yang shahih adalah bahwa
membaca al-Qur'an untuk orang mati memberikan manfaat, akan tetapi do'a
adalah yang lebih utama (afdlal).". [1]
Syaikh
Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin pernah ditanya tentang hukum membaca al-Qur’an
untuk roh orang mati. Menariknya adalah bahwa menurut pandangan beliau ; yang
rajih adalah bahwa bacaan al-Qur’an sampai kepada orang mati apabila ditujukan
untuk orang mati tersebut ;
PENDAPAT
YANG RAJIH TENTANG MEMBACA AL-QUR'AN UNTUK ORANG MATI
سئل فضيلة الشيخ: عن
حكم التلاوة لروح الميت؟
Fadlilatusy Syaikh ditanya tentang hukum
tilawah (membaca al-Qur’an) untuk orang mati ?
فأجاب قائلًا: التلاوة لروح الميت يعني أن يقرأ القرآن وهو يريد أن يكون ثوابه لميت من المسلمين هذه المسألة محل خلاف بين أهل العلم على قولين: القول الأول: أن ذلك غير مشروع وأن الميت لا ينتفع به أي لا ينتفع بالقرآن في هذه الحال. القول الثاني: أنه ينتفع بذلك وأنه يجوز للإنسان أن يقرأ القرآن بنية أنه لفلان أو فلانة من المسلمين، سواء كان قريبًا أو غير قريب.
Jawaban : Tilawah untuk roh
orang mati yakni membaca al-Qur’an karena ingin memberikan pahalanya untuk
mayyit (orang mati) yang muslim, masala h ini terdapat perselisihan
diantara ahlul ilmi atas dua pendapat : Pertama, sungguh itu bukan perkara yang
masyru’ (tidak disyariatkan) dan sungguh mayyit tidak mendapat manfaat dengan
hal itu yakni tidak mendapatkan manfaat dengan pembacaan al-Qur’an pada perkara
ini. Kedua, sesungguhnya mayyit mendapatkan manfaat dengan hal itu, dan
sesungguhnya boleh bagi umat Islam untuk membaca al-Qur’an dengan meniatkan
pahalanya untuk fulan atau fulanah yang beragama Islam, sama saja baik dekat
atau tidak dekat (alias jauh).
والراجح: القول الثاني لأنه ورد في جنس العبادات جواز صرفها للميت، كما في حديث سعد ابن عبادة -رضي الله عنه- حين تصدق ببستانه لأمه، وكما في قصة الرجل الذي قال للنبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-: «إن أمي افْتُلِتَت نفسها وأظنها لو تكلمت لتصدقت أفأتصدق عنها؟ قال النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-:
"نعم» وهذه قضايا أعيان تدل على أن صرف جنس العبادات لأحد من المسلمين جائز وهو كذلك، ولكن أفضل من هذا أن تدعو للميت، وتجعل الأعمال الصالحة لنفسك لأن النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- قال: «إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح يدعو له» . ولم يقل: أو ولد صالح يتلو له أو يصلي له أو يصوم له أو يتصدق عنه بل قال: - «أو ولد صالح يدعو له» والسياق في سياق العمل، فدل ذلك على أن الأفضل أن يدعو الإنسان للميت لا أن يجعل له شيئًا من الأعمال الصالحة، والإنسان محتاج إلى العمل الصالح، أن يجد ثوابه له مدخرًا عند الله -عز وجل-.
Dan yang rajih (yang kuat) : adalah qaul
(pendapat) yang kedua, karena sesungguhnya telah warid sebagai sebuah jenis ibadah
yang boleh memindahkan pahalanya untuk mayyit (orang mati) karena sesungguhnya
telah warid sebagai , sebagaimana pada hadits Sa’ad bin ‘Ubadah radliyallahu
‘anh ketika ia menshadaqahkan kebunnya untuk ibunya, dan sebagaimana kisah
seorang laki-laki yang berkata kepada Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam :
sesungguhnya ibuku telah meninggal dunia, dan aku menduga seandainya ia sempat
berbicara ia akan meminta untuk bershadaqah, maka bolehkah bershadaqah untuknya
? Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam menjawab : iya”, ini sebuah peristiwa
yang menunjukkan bahwa memindahkan pahala jenis ibadah untuk salah seorang kaum
Muslimin adalah boleh, dan demikian juga terkait membaca al-Qur’an. Akan
tetapi yang lebih utama dari perkara ini agar mereka berdo’a untuk mayyit,
serta menjadikan amal-amal shalih untuk dirimu sendiri, karena Nabi
shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda : “Apabila bani Adam mati maka
terputuslah amalnya kecuali 3 hal, shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan
anak shalih yang selali mendo’akannya”. Tidak dikatakan, “atau anak shalih yang
melakukan tilawah untuknya, atau shalat untuknya, atau puasa untuknya, atau
shadaqah untuknya, akan tetapi Nabi bersabda : “atau anak shalih yang berdo’a
untuknya”,
Maka ini menunjukkan bahwa seorang
manusia berdo’a untuk mayyit itu lebih utama (afdlal) dari pada menjadikan
amal-amal shalihnya lainnya untuk mayyit, dan manusia membutuhkan amal shalih
agar pahalanya menjadi simpanan disisi Allah ‘Azza wa Jalla.” [2]
Tidak hanya
itu, Syaikh al-Utsaimin al-Wahhabi juga pernah ditanya tentang surah an-Najm
ayat 39. Ulama sendiri memiliki berbagai jawaban dalam menjelaskan ayat ini
namun ulama tidak menafikan bahwa seseorang memang bisa memperoleh manfaat dari
orang lain, sebab nas untuk hal ini telah mutawatir baik didalam al-Qur’an
maupun as-Sunnah. Seperti itu juga Syaikh al-Utsaimin yang tidak menafikan
bahwa seseorang bisa memperoleh manfaat dari amal orang lain :
KOMENTAR
TENTANG QS. AN-NAJM 39 DAN HADITS TERPUTUSNYA AMAL
وسئل فضيلة الشيخ: هل قوله تعالى: {وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَى} يدل على أن الثواب لا يصل إلى الميت إذا أهدي له؟
Fadlilatusy Syaikh ditanya :
apakah firman Allah {wa an laysa lil-insaani ilaa maa sa’aa} menunjukkan atas
bahwa pahala tidak sampai kepada mayyit apabila di hadiahkan untuknya ?
فأجاب بقوله: قوله - تعالى-: {وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَى} المراد -والله أعلم- أن الإنسان لا يستحق من سعي غيره شيئًا، كما لا يحمل من وزر غيره شيئًا، وليس المراد أنه لا يصل إليه ثواب سعي غيره؛ لكثرة النصوص الواردة في وصول ثواب سعي الغير إلى غيره وانتفاعه به إذا قصده به، فمن ذلك:
Jawab : tentang firman Allah { wa an
laysa lil-insaani ilaa maa sa’aa } maksudnya –wallahu a’lam- bahwa manusia
tidak berhak terhadap usaha orang lain, sebagaimana seseorang tidak memikul
sesuatu tanggungan orang lain, namun maksudnya bukanlah bahwa pahala usaha
orang lain tidak sampai kepadanya, sebab banyak nas-nas yang warid
tentang sampainya pahala usaha orang lain kepada orang lain dan memberi manfaat
dengan hal itu apabila di qashadkan (ditujukan) untuknya. Diantara yang
demikian adalah :
الدعاء فإن المدعو له ينتفع به بنص القرآن والسنة وإجماع المسلمين، ... الصدقة عن الميت ... الصيام عن الميت ... الحج عن غيره ... الأضحية عن الغير ... اقتصاص المظلوم من الظالم بالأخذ من صالح أعماله .... انتفاعات أخرى بأعمال الغير: كرفع درجات الذرية في الجنة إلى درجات آبائهم، وزيادة أجر الجماعة بكثرة العدد، وصحة صلاة المنفرد بمصافة غيره له، والأمن والنصر بوجود أهل الفضل
“Do’a, maka sesungguhnya orang yang
berdo’a untuk mayit niscaya bermanfaat dengan hal tersebut, berdasarkan nash
al-Qur’an , As-Sunnah dan Ijma’ Muslimi ; shadaqah atas nama mayyit ; puasa
atas nama mayyit ; haji dari orang lain ; sembelihan dari orang lain ; orang
yang terdlalimin mendapatkan kebaikan yang diambil dari amal orang yang
mendlalimi, ; mendapatkan manfaat yang lain dengan amal orang lain seperti
anak-anak diangkat derajatnya di surga ke derajat ayah-ayah mreka, shalat
pahala berjama’ah bertambah karena banyaknya jumlah (orang lain) ; sahnya
shalat orang yang sendiri dengan adanya orang yang mengikut kepadanya ; aman
dan tentram karena adanya orang-orang yang bijak sana”. [3]
Masih
seputar hal yang sama yang pernah di tanyakan kepada beliau :
YANG
DISEPAKATI DAN DIPERSELISIHKAN
سئل فضيلة الشيخ رحمه الله تعالى: ما حكم الصلاة عن الميت والصوم له؟ فأجاب فضيلته بقوله: هناك أربعة أنواع من العبادات تصل إلى الميت بالإجماع، وهي: الأول: الدعاء. الثاني: الواجب الذي تدخله النيابة. الثالث: الصدقة.
الرابع: العتق. وما عدا ذلك فإنه موضع خلاف بين أهل العلم: فمن العلماء من يقول: إن الميت لا ينتفع بثواب الأعمال الصالحة إذا أهدي له في غير هذه الأمور الأربعة
“Al-Utsaimin di tanya : Apa hukum shalat
dan puasa dari orang lain untuk mayyit ? Jawab : terdapat 4 macam jenis ibadah
yang sampai kepada mayyit berdasarkan ijma’, yakni
1. Do’a
2. Ibadah wajib yang bisa di pindahkan
3. Shadaqah
4. Membebaskan budak
Dan yang tidak terhitung pada hal itu
maka itu berada pada kedudukan yang diperselisihkan diantara ulama. Sebagian
ulama ada yang mengatakan : sesungguhnya mayyit tidak mendapatkan manfaat
dengan pahala amal-amal shalih yang dihadiahkan untuknya selain empat hal
tersebut.
ولكن الصواب: أن الميت ينتفع بكل عمل صالح جعل له إذا كان الميت مؤمناً، ولكننا لا نرى أن إهداء القرب للأموات من الأمور المشروعة التي تطلب من الإنسان، بل نقول: إذا أهدى الإنسان ثواب عمل من الأعمال، أو نوى بعمل من الأعمال أن يكون ثوابه لميت مسلم فإنه ينفعه، لكنه غير مطلوب منه أو مستحب له ذلك
Akan tetapi yang shawab (yang benar) :
bahwa orang mati bisa mendapatkan manfaat dengan setiap amal shalih yang
dijadikan untuk mayyit apabila mayyitnya mukmin, namun kami tidak melihat bahwa
menghadiahkan amal kebajikan untuk orang mati termasuk perkara masyru’ yang
dituntut dari manusia, bahkan kami katakan : apabila seorang manusia
menghadiahkan pahala amal dari berbagai amal atau meniatkan dengan beramal dari
berbagai amal agar dijadikan pahalanya untuk orang mati yang muslim maka itu
bermanfaat bagi orang mati tersebut, tetapi tanpa ada tuntutan atau anjuran
baginya untuk melakukan hal demikian.
والدليل على هذا أن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لم يرشد أمته إلى هذا العمل، بل ثبت عنه صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ في صحيح مسلم من حديث أبي هريرة أنه قال:
"إذا مات الإنسان انقطع عمله إلا من ثلاث: من صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح يدعو له".
ولم يقل النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أو ولد صالح يعمل له، أو يتعبد له بصوم أو صلاة أو غيرهما
Dalil atas hal ini bahwa Nabi
shallallahu ‘alayhi wa sallam tidak menunjuki umatnya kepada amal ini, bahkan
telah tsabit dari Nabi shalallallahu ‘alayhi wa sallam didalam shahih Muslim
dari hadits Abu Hurairah, bahwa beliau bersabda : “apabila seorang manusia mati
maka terputus amalnya kecuali yang berasal dari tiga hal yakni dari shadaqah
jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yanng berdo’a untuknya”, Nabi
shalallahu ‘alayhi wa sallam tidak mengatakan : “atau anak shalih yang beramal
untuknya, atau beribadah untuknya dengan puasa, shalat atau selainnya”
وهذا إشارة إلى أن الذي ينبغي والذي يشرع هو الدعاء لأمواتنا، لا إهداء العبادات لهم، والإنسان العامل في هذه الدنيا محتاج إلى العمل الصالح، فليجعل العمل الصالح لنفسه، وليكثر من الدعاء لأمواته، فإن ذلك هو الخير وهو طريق السلف الصالح رضي الله عنهم
Ini sebuah isyarat bahwa yang layak
serta yang disyariatkan adalah do’a untuk orang-orang mati diantara kita, bukan
menghadiahkan ibadah-ibadah kepada mereka, sebab manusia sebagai pelaku didunia
ini butuh kepada amal shalih, maka hendaklah menjadikan amal shalih untuk
dirinya sendiri, serta memperbanyak do’a untuk orang-orang yang mati, sebab itu
adalah baik dan merupakan jalan salafush shalih radliyallahu ‘anhum”. [4]
CATATAN KAKI
:
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik