Mas'alah :
Bagaimana hukumnya seseorang
yang berhutang uang dengan memberikan tanggungan sebidang tanah, yang hasil
tanah tersebut diambil oleh orang yang memberi hutang. Selam hutang tersebut
belum dilunasi, maka tanah tersebut masih dikelola oleh pemilik uang dan
hasilnya tetap diambil olehnya ?
Jawab :
Hukumnya haram, karena
tersebut menghutangi yang bertujuan mengambil kemanfaatan, akan tetapi apabila
syarat mengambil keuntungan hasil tanah itu tidak dimasukkan dalam aqad (Shulbi
Al-Aqdi)
Dasar pengambilan :
- I'anatu Al-Tholibin III : 56
(قوله ومن الرّبا بالقرض)
اى ومن ربا القرض وهو كل قرض جر نفعا للمقرض غير نحو رهن لكن لا يحرم عندنا
الاّ اذا شُرِطَ فى عقد.
Terjemah
:
(perkataan
penyusun Fathu Al-Mu'in) : termasuk riba Qordhu) artinya : termasuk riba Qordhu
yaitu setiap hutang yang menarik keuntungan bagi yang menghutangi selain gadai.
Tetapi menurut kita (golongan Syafi'iyah) tidak haram, kecuali jika disyaratkan
pada waktu aqad (maka itu haram).
- Hasyiyah Jamal 'Ala Syarhil Minhaj III : 75
والحاصل
فى كلامهم انّ كلّ شرط مناف لمقتضى العقد انّما يبطله اذا وقع فى صلب العقد او
بعده وقبل لزومه بخلاف ما لو تقدّم عليه ولو فى مجلسه.
Terjemah
:
Kesimpulan
dari pembicaraan ahli fiqih : setiap syarat yang mematikan pada muqtadlol Aqdi
(kondisinya Aqid) itu bisa batal jika syarat itu terjadi dalam transaksi atau
setelah aqad tapi belum ketetapan lain halnya jika syarat lebih dahulu meskipun
dalam satu majlis.
- Bughyatul Mustarsyidin : 176
(مسئلة ب) مذهب الشافعى انّ مجرّد الكتابة فى سائر العقود والاخبارات
والانشئات ليس بحجّة شرعيّة.
Terjemah
:
(masalah
B) Madzhab Imam Syafi'i : bahwa hanya dengan tulisan pada semua aqad dan berita-berita
dan anjuran (Insya') tidak dapat dijadikan satu-satunya alasan menurut syariat.
Mas'alah :
Menurut keterangan kitab
tauhid Al Hushunu Al Hamidiyah hal 50 : "Adapun penyakit yang boleh menghinggapi
para Rasul, yang dengan penyakit itu lalu para manusia sama menyingkir karena
jijik dan lain sebagainya, maka itu muhal terjadinya bagi para Rasul. Penyakit
tersebut semacam gila, jatuh pingsan, lepra/kusta, buta. Adapun penyakit yang
diderita oleh Nabi Ayyub AS itu adalah penyakit kulit (exem) yang tidak
menyebabkan larinya umat dari sisi beliau. Sedang cerita yang terkenal yang
menyebabkan larinya umat dari sisi beliau, itu semua batal. Apakah penyakit
yang menimpa Nabi Ayyub AS sebagaimana yang diceritakan dalam dalam kitab 1.
Durrotunnasikhin hal 194, dan Aroisul Majalis hal 138, itu masih termasuk sift
jaiz bagi Rasul dan bukan sebagai keterangan kitab Aqidatul Awam :
وجائز
فى حقهم من عرض بغير نقص كخفيف المرض
Jawab :
Penyakit tersebut tidak
menyebabkan larinya umat dari taat beliau, dan masih termasuk dalam keterangan
kitab Aqidatul Awam di atas
Dasar pengambilan :
- Asnal Madtolib, hal 278, 279
وقصّة
سيّدنا أيوب عليه السّلام وانّ الله سلّط عليه إبليس فنفح عليه فأصابه الجذام حتى
تناثرت الدّود من بدنه...الخ من المنفرات طبعا كلّ ذلك زور كذب وافتراء محض ولا
عين بمن نقل وإن كان من الأجِلاّء حيث فى كتاب وسنة رسوله ولا من طريق ضعيف ولا
واه، بل هو مجرّد نقل بغير سند.
Terjemah
:
Cerita
Nabi Ayyub AS. Sesungguhnya Allah SWT menguasakan kepada iblis atas diri Ayyub
AS, kemudian iblis meniupnya lalu Ayyub AS kena penyakit jusam (kusam) sampai
set (ulat kulit) sama berjatuhan dari badannya ...dst... termasuk yang
menggiriskan menurut hal kebiasaan. Hal itu semua bohong dan mengada-ada dan
tidak melihat orang yang menukil, walaupun dari golongan terkemuka. Tidak ada
dalam kitab atau sunnah Rasul, dan tidak ada pula dari jalan yang Dho'if dan
lemah. Bahkan cerita itu hanya mengambil pendapat tanpa ada sanadnya.
- Tuhfatul Murid Syarah Jauharut Tauhid
- Al Jami'u Al Ahkamu Al Qur'an oleh Al Qurtubi XV / 340
- Fatawi Kubro
KEPUTUSAN BAHTSUL MASAIL SYURIYAH
NU WILAYAH JAWA TIMUR
DI PP MAMBA'UL MA'ARIF DENANYAR JOMBANG
TGL 29 DHULHIJJAH – 2 MUHAROM / 6 – 8 OKTOBER 1983
Mas'alah :
Apakah kata-kata mushola
dalam kitab-kitab fiqih boleh diartikan masjid ?
Jawab :
Muhola/ langgar sebagaimana
yang berlaku di Indonesia
pada umumnya, tidak bisa dihukumi masjid, selama tidak dinyatakan sebagai
masjid, walaupun diniyatkan sebagai waqof.
Dasar pengambilan :
- Al Sarqowi I / 448
فى
المسجد وهو ما وقفه الواقف مسجدا لا رلاطا ولا مدرسة
Terjemah
:
Masjid
adalah suatu tempat yang telah diwaqofkan untuk menjadi masjid bukan pondok
atau madrasah.
- At Tuhfah III / 223
وخرج
بالمسجد مصلى العيد وما بنى فى أرض مستأجرة على صورة المسجد وأذن بانيه فى الصلاة
فيه.
Terjemah
:
Bukan
termasuk masjid adalah : tempat sholat hari raya dan sesuatu yang dibangun di
atas tanah persewaan dengan model bangunan masjid dan pendirinya / pembangunnya
mengizini untuk dibuat sholat di situ.
- Bughyatul Mustarsyidin : 6
فلو
رأينا محلا مهيّأ للصّلاة ولم يتواتر بين الناس أنّه مسجد لم يجب التزام أحكام
المسجديّة فيه.
Terjemah
:
Jika
kita melihat tempat yang diperuntukkan untuk sholat, dan manusia tidak sama
menganggap kalau hal itu tadi masjid, maka tidak bisa ditetapkan sebagai
masjid.
- I'anatu Al Tholibin IV / 161
ووقفته
للصّلاة أى اذا قال الواقف وقفت هذا المكان للصّلاة فهو صريح فى مطلق الوقفيّة
وكناية فى خصوص المسجديّة فلا بدّ من نيّتها فان نوى المسجديّة صار مسجدا وإلاّ
صار وقفا على الصّلاة فقط ولم يكن مسجدا كالمدرسة.
Terjemah
:
Dan
saya waqafkan tempat ini untuk sholat : artinya ketika orang yang waqaf
mengatakan : saya mewaqafkan tempat ini untuk sholat, maka itu kata yang shorih
(jelas) untuk waqaf secara umum. Kalau kemudian dikhususkan untuk masjid itu
masih kata kinayah, maka harus ada niat. Jika orang yang waqaf niat dibuat
masjid, maka itu menjadi masjid dan jika tidak diniati jadi masjid maka itu
menjadi waqafan untuk sholat saja bukan masjid seperti madrasah.
Mas'alah :
Bolehkah memperagakan sholat
khouf, sholat istisqo' umpamanya di dalam acara latihan dan sebagainya ? apakah
tidak termasuk mempermainkan ibadah?
Jawab :
Memperagakan sholat khouf dan
sebagainya apabila dimaksudkan untuk ta'lim atau sesamanya, hukumnya boleh dan
tidak termasuk mempermainkan ibadah.
Dasar pengambilan :
- Al Manhalul 'Adzbul Maurud Syarah Sunan Abi Dawud II / 283
عن
ابن عبّاس قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أمّنى جبريل عليه السّلام عند البيت
مرّتين فصلّى بى الظّهر حين زالت الشّمس وكانت قدر الشراك، وصلّى بى العصر حين كان
ظلّه مثله، وصلّى بى المغرب حين أفطر الصّائم، وصلّى بى العشاء حين غاب الشّفق،
وصلّى بى الفجر حين حرّم الطّعام والشّراب على الصّائم...الحديث (رواه أبو داود فى
سننه) وفى شرحه المنهل العذاب المورود فى شرح سنن أبى داود ج 282 ما نصّه:
...وظاهره
صحّة الاقتداء بالمقتدى لأنّ الصحابة لم يشاهدوا جبريل وإلاّ نقل ذلك، والأظهر
دفعه بَأَنَ إمامة حبريل لم تكن على حقيقته بل على النسبة الجاريّة من دلالته
بالإيماء والإشارة إلى كيفية أداء الأركان وكميّتها كما يقع لبعض المعلّمين حيث لم
يكونوا فى الصّلاة ويعلّمون غيرهم بالإشارة القولية:
Terjemah
:
Dari
Ibnu Abbas ia berkata, Rasulullah SAW
bersabda : Jibril AS mengimami saya dua kali di rumah, ia sholat dzuhur dengan
saya ketika matahari sudah bergeser ke arah barat
- Jamal Fathul Wahab I / 55
لو
تطّهر عن حدث أو لعبادة لتلاعبها...الخ قونه عن حدث أو لعبادة بأن قصد رفع الحدث
أو التعبّدَ به كغسل الجمعة. فظهر من قوله لتلاعبها انّ حدثها لا يرتفع وتعبّدها
بالغسل لا يصحّ فى حالة الحيض وعبارة م (وممّا يحرم عليها الطّهارة عن الحدث بقصد
التعبّد مع علمها بالحرمة لتلاعبها فالعبادة لا تصير عبادة الاّ بنيّة العبادة).
Terjemah
:
ولو
أذّن قبل الوقت بنيّته حرم ذلك عليه لأنّه متعاط عبادة فاسدة (قوله لأنّه متعاط
عبادة فاسدة) وقضية قول الشّارح قبل ولو أذن قبل الوقت حُرِمَ أن ينال هنا
بالتّحريم حيث أذن بنيّته أى وإن أذن لا بنيّته فلا يحرم انتهى.
Mas’alah :
Bolehkah mengambil air jeding untuk berobat atau lainnya ?
Jawab :
Mengambil air jeding masjid untuk berobat atau lainnya itu boleh apabila
bahwa air tersebut disediakan untuk kepentingan-kepentingan yang tidak terbatas
(Ta’minul intifa’)
Dasar pengambilan :
- I’anatu Al Tholibin III / 171, 172
سئل
العلامة الطنبداوى عن الجراب والجرار التى عند المسجد فيها الماء إذا لم يعلم
أنّها موقوفة للشّرب أو الوضوء أو الغسل الواجب أو المسنون أو غسل النجاسة. فأجاب
أنّه إذا دلّت قرينة على أنّ الماء موضوع لتعليم الانتفاع جاز ما ذكر من الشّرب
وغسل النّجاسة وغسل الجنابة وغيرها. ومثال القرينة جريان النّاس على تعميم
الانتفاع بالماء بغسل وشرب و وضوء وغسل نجاسة، فمثل هذا إنتفاع ينال بالجواز 51.
Terjemah :
Al Alamah Syekh Thombadawi ditanya tentang
jirobi dan jiror (tempat persediaan air) yang ada di dekat masjid, da di situ
ada airnya yang tidak jelas status pewakafan air, baik untuk diminum atau untuk
wudlu, atau untuk mandi wajib / sunnah, atau membasuh najis. Beliau menjawab :
seseungguhnya apabila ada qorinah (tanda-tanda) bahwa air iru disediakan untuk
kemanfaatan umum, maka boleh menggunakannya untuk semua kepentingan di atas,
yaitu untuk minum, membasuh najis, mandi junub dan lain-lainnya. Contoh ada
qorinah (tanda-tanda) terbiasanya manusia dalam menggunakan air tersebut untuk
kemanfaatan secara umum, dengan dipakai untuk mandi, untuk minum, untuk wudlu,
dan untuk membasuh najis. Contoh pemanfaatan air digunakan seperti di atas
adalah boleh.
- I’anatu Al Tholibin I / 55
- Al Fatawi Ak Kubro III / 266
Mas’alah :
Seorang muslim mempunyai isteri kristen, dimana perkawinannya dilakukan
dua kali, pertama secara islam dan kedua secara kristen.
Bagaimana hukumnya pernikahan semacam itu ?
Dan bagaimana kedudukan anak mereka dari hasil perkawinan tersebut ?
Jawab :
Tidak sah perkawinan seorang islam dengan perempuan kristen yang tidak
diketahui masuknya orang tua dalam agama sebelum diutus Nabi Muhammad SAW, jika
perempuan itu masuk islam dalam aqad nikah pertama, maka menjadi murtad dengan
aqad nikah kedua sebelum dukhul (bersetubuh) sehingga aqad nikah pertama
menjadi batal. Adapun anaknya tidak bisa ilhaq kepada lelaki tersebut.
Dasar pengambilan :
- I’anatu Al Tholibin III / 296
(تنبيه) اعلم أنّه يشترط أيضا فى المنكوحة كونها مسلمة أو كتابية
خالصة، ذميّة كانت أو حربيّة، فيحلّ مع الكراهة نكاح الإسرائيليّة بشرط أن يعلم
دخول أوّل آبائها فى ذلك الدّين بعد بعثة عيسى عليه السّلام وإن علم دخوله فيه بعد
التّحريف. ونكاح غيرها بشرط أن يعلم دخول آبائها فيه قبلها ولو بعد التّحريف أن
تجنّبوا المحرّف. ولو أسلم كتابى وتحته كتابيّة دام نكاحه وإن كان قبل الدّخول أو
وثنىّ وتحته وثنيّة فتخلّفت قبل الدّخول تنجزت الفرقة أو بعده وأسلمت فى العدّة
دام نكاحه، وإلاّ فالفرقة من إسلامه.
Terjemah :
(peringatan) Perlu diketahui menjadi
syarat pula bagi perempuan yang dinikahi adalah islam, atau kafir kitabi yang mencerai, baik dari kafir dzimy maupun
kafir harby. Maka halal dan makruh menikahi perempuan isroiliyah denga syarat
tidak diketahui masuknya bapak-bapaknya pada agama tersebut setelah ada
perubahan. Dan halal nikah selain isroiliyah dengan syarat, diketahuinya
masuknya orang tua pada agamanya sebelum diutusnya Nabi Isa AS.
Meskipun setelah dirubah jika dia mengetahui perubahan tersebut.
Apabila orang kafir kitabi masuk islam dan
ia punya istri yang berstatus kafir kitabi, maka nikahnya masih tetap (sah dan
tidak putus), meskipun masuknya Islam dia sebelum dukhul (bersetubuh), atau
apabila ada orang kafir wasani masuk Islam, dan istrinya masih kafir wasani,
dan perpisahan itu sebelum dukhul (bersetubuh) maka perceraian itu terjadi
(denga perbedaan agama), atau pisahnya setelah dukhul namun si istri masuk
Islam dalam masa iddah maka masih tetap sah nikahnya, kalau tidak masuk Islam,
maka batal nikahnya (cerai) itu sejaksuami masuk islam.
- Al Muhadzab II / 44
و من دخل دين اليهود
والنّصارى بعد التّبديل لا يجوز للمسلم أن ينكح حرائرهم.
Terjemah :
Barang siapa masuk agama yahudi dan
nasrani setelah kitabnya diganti, maka bagi orang Islam tidak boleh menikahi
mereka (mesikpun sudah dimerdekakan)
- Fathu Al Wahab II / 64
وردّة
من الزّوجين أو أحدهما قبل دخول وما فى معناه من استدخال منّى تنجز فرقة بينهما
لعدم تأكّد النّكاح بالدّخول أو فى معناه. وبعده توقفها، فإن جمعهما إسلام فى
العدّة دام نكاح بينهما لتأكّده بما ذكر وإلا فالفرقة بينهما حاصلة من حين الرّدّة
منهما أو من أحدهما.
Terjemah :
Dan murtad dari kedua suami istri, atau
salah satunya sebelum dukhul (bersetubuh) dan dengan pengertian dukhul yaitu , memasukkan mani sang suami pada
vagina istri. Maka hal itu akan terjadi erat antara keduanya. Karena nikah
tidak dapat dikuatkan dengan dukhul (bersetubuh) atau sesamanya.
Seansainya dalam masa iddah keduanya
kumpul bersama dalam Islam (sama-sama masuk Islam) maka menjadi kekal
pernikahan keduanya (tidak terjadi perceraian) karena kekuatan nikah ada pada
kesamaan agama. Kalau tidak bisa kumpul dalam satu agama, maka perceraian
terjadi sejak dia murtad keduanyan atau salah satunya.
- Bujairomi IV / 202
فرع:
المرتد إن انعقد قبل الرّدّة أو فيها وأحد أصوله مسلم فمسلم تبعا له، والإسلام
يعلو، أو أحد أصوله مرتدّ فمرتدّ تبعا لا مسلم كافر.
Terjemah :
(far’un) orang murtad jika kejadiannya
sebelumnya murtad ada pada waktu murtad dan salah satu orang tuanya Islammaka
ia dihukumi Islam, karena mengikuti orang tuanya. Dan Islam adalah tinggi (di
Atas). Atau salah satu antara orang tuanya murtad, maka ia dihukumi murtad
karena mengikuti oarang tuanya. Bukan Islam dan bukan kafir.
Mas’alah :
Bagaimana hukumnya orang Islam menjual / melayani makanan minuman kepada
orang-oarang yang tidak puasa pada siang hari Romadhon ?
Jawab :
Haram, sebab terdapat unsur membantu maksiat. Demikian itu kalau
diketahui bahwa oarang tersebut akan makan pada waktu siangnya, atau ada tanda
yang menunjukkan bahwa orang tersebut tidak berpuasa tanpa ada udzur.
Dasar pengambilan :
- I’anatu Al Tholibin III / 24
وكإطعام
مسلم مكلّف كافرا مكلّفا فى نهار رمضان: وبيعه طعاما علم أو ظنّ أنّه يأكله نهارا.
Terjemah :
Dan seperti memberi makan bagi orang Islam
yang mukalaf kepada orang kafir di hari siang bulan Ramadhan (itu haram) dan
menjual makanan yang diketahui atau diperkirakan pembelinya atau makan di siang
hari bulan Ramadhan (itu juga haram).
- Al Syarqowi II / 14
ويعلم
ذلك كما قاله: وحرمة إطعام مسلم كافرا مكلّفا فى نهار رمضان وكذا بيعه طعاما
عُلِمَ أو ظنّ أنّه يأكله نهارا لأنّه تسبّب فى المعصية وإعانة عليها بناء للقول
الرّاجح فى تكليف الكفّار بفروع الشّرعيّة.
Terjemah :
Dan
sudah maklum hal tersebut apa yang dikatakan, yaitu : haram bagi orang Islam
memberi makanan di siang hari bulan Ramadhan kepada orang kafir (orang tidak
berpuasa). Begitu juga haram menjual makanan yang diketahui atau diperkirakan
bahwa pembeli akan makan di siang hari pada bulan Ramadhan, karena itu menjadi
sebabnya maksiat dan menolong pada maksiat. Berpedoman pada qoul rojah tentang
taklifnya orang kafir dengan cabangan syariat.
- An Nihayah III / 55
- Mirqotussu’ud : 81
Mas’alah :
Melakukan umroh sebelum syawal, kemudia sekaligus melakukan ibadah haji
pada tahun itu juga apakah termasuk haji tamatu’ yang ?
Jawab :
Termasuk haji tamatu’ yang tidak wajib dam.
Dasar pengambilan :
- Nihayatu Al Muhtaj III / 316
وإن
تقع عمرته فى أشهر الحجّ من سنته أى الحج، فلو وقعت قبل أشهر الحج وأتمّها فيها لم
يلزمه دم لعدم جمعه بينهما فى وقت الحجّ.
Terjemah :
Jika terjadi umroh di bulan-bulan haji
pada tahunnya (haji). Seandainya terjadi umroh sebelum bulan haji dan kemudian
disempurnakan pada bulan haji, kemudian ia melakukan haji, maka baginya tidak
wajib dam (denda) karena ia tidak mengumpulkan keduanya dalam waktu haji
- Al Syarqowi I / 465
فلو
اعتمر قبل أشهره أو فيها وحجّ فى عام قابل فلا دمَّ عليه لأنّه لم يجمع بينها فى
الأولى.
Terjemah :
Jika seseorang berumroh sebelum bulannya
atau di dalam bulannya kemudian ia haji pada tahun berikutnya (yang akan
datang) maka baginya tidak wajib dam. Karena ia tidak mengumpulkan keduanya di
tahun pertama.
- Busyrol Karim 109
فإن أحرم بها فى غير
أشهره ثمّ أتمّها ولو فى أشهره ثمّ حجّ فى سنته لم يلزمه دمّ لإنّه لم يجمع بينهما
وقت الحجّ فأشبه المفرد.
Terjemah :
Jika seseorang ihom umroh pada selain
bulan haji, kemudian ia menyempurnakannya walau pada bula haji, kemudian ia
haji pada tahun haji, maka ia tidak wajib membayar dam, karena ia tidak
mengumpulkan antara keduanya dalam waktu haji, sehingga menyerupai haji ifrod.
- AL Fiqh Alal Madzhabil Arba’ah I / 189
Mas’alah :
Apakah petani cengkeh, tembakau, karet dan lain-lain tanaman yang tidak
termasuk bahan makanan pokok waktu ikhtiyar itu wajib zakat, karena dianggap
barang dagangan ?
Jawab :
Tidak wajib zakat menurut madzhab Imam Syafi’I, kecuali kalau tanah dan
bibitnya dari bahan dagangan dan tidak niat diperdagangan. Akan tetapi kalau
kita bertaqlid pada Madzhab Hanafi, maka wajib zakat secara mutlak.
Dasar pengambilan :
- Tuhfatul Muhtaj III / 295
نعم لو كان كلّ من
الأرض والبذر الّذى زرع هو فيها أرض تجارة كأن اشترى كلّ منهما بمتاع التّجارة أو
بنيّة التّجارة كان منه مال التّجارة تجب الزّكاة بشرطها كما يأتى عن العناب وغيره
إلى أن قال وأمّا إذا كان أحدهما للقنية فلا يكون النّابت حينئذ مال التجارة.
Terjemah :
Betul jika sesuatu dari bumi dan biji yang
ditanam pada bumi itu untuk berdagang, seperti setiap satu dari keduanya dibeli
dengan harta perdagangan maka yang tumbuh darinya menjadi harta perdagangan
yang wajib mengeluarkan zakan dengan syarat-syaratnya seperti yang akan datang
dari Al Ubbab dan lainnya. Sampai dengan kata-kata: adapun jika salah satu
keduanya untuk qinayah (murni bukan untuk dagang) maka segala yang tumbuh bukan
dinamakan perdagangan
- Al Muhadzab I / 159
ولا يصير العرض
للتّجارة إلاّ بشرطين أحدهما أن يملكه بعقد يجب فيه العوض كالبيع والاجارة
والنّكاح والخلع. والثّانى أن ينوى عند ......أن يتملّكه للتّجارة إنتهى.
Terjemah :
Tidak secara
otomatis harta menjadi harta perdagangan kecuali dengan dua syarat :
Satu cara
pemilikan dengan aqad (transaksi) yang ada iwad (pengganti) seperti persewaan,
jual beli, nikah dan
- Al Itsmidul Ainain 48
مسألة: أفاد أيضا أن
مذهب أبى حنيفة وجوب الزّكاة فى كلّ ما خرج من الأرض إلاّ حطبا أو قصبا أو حشيشا
ولا يعتبر نصابا. وعند.....أحمد فيما يؤكل أو يوزن أو يدّخر للقوت ولا بدّ من
النّصاب عند مالك كالشافعى.
KEPUTUSAN BAHTSUL MASAIL SYURIYAH
NU WILAYAH JAWA TIMUR
DI PP ZAINUL HASAN GENGGONG KRAKSAAN
TGL 27 S/D 29 JULI 1984
Mas’alah :
Kalau ada kapal yang punya anak seratus orang muslimin ditugaskan
berlaya selama sebelas bulan misalnya. Apakah mereka wajib iqomatul jum’ah di
dalam kapal tersebut ? apakah sah ?
Jawab :
Tidak wajib iqomatu jum’ah. Dan apabila melaksanakannya tidak sah dan
tidak khilaf (perbedaan pendapat) di antara Imam Madzhab empat.
Dasar pengambilan :
- AL Mizan Al Kubro I
ومن ذلك قول الشافعي
لا تصحّ الجمعة إلا فى أبنية يستوطنها من تنعقد بهم الجمعة مع قول بعضهم لا تصحّ
الجمعة إلاّ فى قرية اتّصلت بيوتها ولها مسجد وسوق مع قول أبى حنيفة إنّّ جمعة لا
تصحّ إلاّ فى مصر لهم سلطان.
Terjemah :
Termasuk hal tersebut adalah pendapat Imam
Syafi’i yaitu : tidak sah jum’atan kecuali bagi orang yang menetap (berumah
tangga) pada suatu bangunan dan dianggap sah mereka untuk memenuhi syarat
jum’ah. Juga pendapat sebagaian ulama’ yaitu : tidak sah jum’atan kecuali dala
suatu desa yang rumahnya berdekatan dan ada masjid, dan pasar di desa itu. Juga
pendapat Abu Hanifah yang mengatakan : seseungguhnya jum’atan tidak sah kecuali
di suatu kota
yang punya kepala negara.
- Hamisy Al Qulyuby I / 672
ولو لم يلازمه أبدا
بأن انتقلوا عنه فى الشتاء أو غيره فلا جمعة عليهم جزما ولا تصحّ منهم فى موضعهم.
Terjemah :
Meskipun mereka tidak menetap selamanya,
seperti halnya, mereka berpindah dari tempatnya pada waktu musim hujan atau
lainnya, maka bagi mereka tidak wajib jum’atan, dan tidak sah mereka melakukan
jum’atan di tempat mereka.
- Adalah Dien Wal Haj 58
اجتمعت الأئمة على
أنّ المسافر لا تجب عليه الجمعة إلاّ إذا نوى الإقامة أربعة أياّم تامّة، وإنّها
لا تصحّ إلاّ فى دار الإقامة، وعلى ذلك فلا تصحّ صلاة الجمعة فى الباخرة ولا فى
غرفة لأنّهما ليسا بدار الإقامة.
Terjemah :
Telah sepakat beberapa Imam bahwa, musafir
(orang yang bepergian) tidak wajib baginya jum’atan. Kecuali bila ia niat
bermukim selama empat hari penuh. Dan jum’atannya juga tidak sah, kecuali di
daerah pemukiman. Dengan demikian tidak sah jum’atan dilakukan di kapal laut
dan di kamar-kamaran, karena keduanya bukan termasuk bagian dari desa
pemukiman.
Mas’alah :
Masih hidupkah Nabi Khidlir itu ? dan bagaimana orang yang mengaku
bertemu dengan Nabi Khidlir ? padahal di dalam Al Qur’an ada ayat :
وما جعلنا لبشر من
فلبك الخلد
Jawab :
Tentang masih hidup dan matinya Nabi Khidlir AS terdapat perbedaan
pendapat, akan tetapi kebanyakanUlama’ menyatakan masih hidup. Adapun
kemungkinan bertemu dengan Nabi Khidlir AS itu bisa saja terjadi.
Dasar pengambilan :
- Tafsir Al Khozin III / 209
واختلف العلماء فى
أنّ الخضر، أحيّ أم ميّت، وقيل إنّه حيّ وهو قول الأكثرين من العلماء، وهو متفق
عليه عند مشايخ الصوفية وأهل الصلاح والمعرفة. والحكاية فى رؤيته والإجتماع به و
وجوده فى المواضع الشريفة و مواطن الخير أكثر من أن تحصى.
Terjemah :
Terjadi perselisihan di antar para Ulama’
apakah Nabi Khidlir masih hidup atau sudah mati ? dikatakan bahwa Nabi Khidlir
masih hidup dan itu perkataan / pendapat kebanyakan para Ulama’. Dan itu
merupakan kesepakatan bagi para guru-guru sufi (ahli tasawuf) dan ahli kebaikan
serta ahli ma’rifat. Dan juga cerita tentang terlihatnya Nabi Khidlir dan
berkumpulnya. Dan masih nampak pada tempat-tempat yang mulya dan tempat-tempat
baik yang banyak tidak terhitung.
- Tafsir Munir II / 370
(وما جعلنا لبشر من قبلك الخلد) البقاء فى الدنيا (أفإن مُتّ) يا
أشرف الخلق (فهم خالدون) فى الدنيا أي إن مُتّ أنت يا خاطم الرسل أفى يبقى هؤلاء
حتّى سيموت بموتك. ومثاله ما فى الصاوى ج 1 ص.
Terjemah :
Dan saya tidak menjadikan manusia sebelum
kamu (Muhammad) yang kekal di dunia, adakalanya kamu mati, wahai lebih mulya
makhluk, mereka adalah kekal di dunia, artinya : jika kamu mati wahai Rasul
terakhir apakah mereka kekal ? sampai mau mati dengan matimu.
Mas’alah :
Bagaimanakah hukumnya laki-laki yang memakai sarung tenun yang seratus
persen terdiri dari benang sutera. Dan bagaimana pula sarung lelaki tetapi
dipakai oleh wanita. Apakah tidak termasuk tasyabuh bir rijal (menyerupai orang
laki-laki) ?
Jawab :
Orang laki-laki memakai sarung tenun (harir) seratus persen hukumnya
haram. Orang perempuan memakai sarung laki-laki tidak sebaliknya, jika di
daerah yang biasanya tidak khusus bagi laki-laki atau perempuan dan tidak
sampai berlagak laki-laki atau perempuan. Tidak haram.
Dasar pengambilan :
- Mughni Al Muhtaj I / 206
(فصل) يجكم على الرجل استعمال الحرير بفراش وغيره إلى عن قال:
ويحرم المركّب من إبريسم وغيره إن زاد ذلك الإبريسم، ويحلّ عكسه، وكذا إن استوايا
فى الأصحّ.
Terjemah :
(fasal) Haram bagi laki-laki memaki sutera
harir untuk alas atau selainnya … s/d … haram campuran sutera ibrosim dan
lainnya jika sutera ibrolsim lebih banyak, jika sebaliknya (sutera ibrosim
lebih sedikit) maka boleh. Begitu juga boleh bila sama menurut yang ashoh.
- Fathu Al Wahab I / 82
حرم على الرجل
استعمال حرير ولو قزّا
Terjemah :
Haram bagi lelaki memakai sutera harir
meskipun berupa sutera quz
- Fathu Al Bari XII / 452
فأمّا هيئة اللباس
فتختلف باختلاف عادة كلّ ولد، فربّ قوم لا يفترق زيّ نسائهم من رجالهم فى اللبس
لكن تمتاز النساء بالإحتجاب والإستتار.
Terjemah :
Adapun kondisi / tingkah pakaian berbeda
dengan berbedanya kebiasaan setiap negara. Dan banyak sekali orang yang tidak
membedakan pakaian / hiasan perempuan dari laki-lakinya dalam berpakaian,
tetapi para wanita sama dibedakan dengan cara menutup atau bersembunyi.
Mas’alah :
Al Ismu Al A’dzom yang sengaja ditulis dengan kalam ajam (selain arab)
di dinding-dinding masjid, mushola, kain-kain taplak meja, sapu tangan, dan
keset-keset kaki. Bagaimana hukumnya ? demikian pula plastik dan
pembungkus-pembungkus makanan yang bertuliskan lafadz Al Jalalah. Apakah hal
semacam itu termasuk menulis lafadz Al Jalalah tidak pada tempatnya ? dan
bagaimana hukumnya ?
Jawab :
Al Ismu Al A’dzom yang ditulis dengan kalam ajam (Al Khotul ajam) di
dinding-dinding masjid, kain-kain, itu boleh akan tetapi makruh, kalau
mengandung unsur ihanah.
Dasar pengambilan :
- I’anatu Al Tholibin I / 69
(قوله: ومدّ الرّجل للمصحف ما لم يكن على مرتفع) بالرفع عطف على
تمكين أيضا، أي ويحرم مدّ الرجل لما فيه من الإزدراء به. وقال فى المغنى: ويحرم
الوضع على فراس أو خشب نوقش بالقرآن كما فى الأنوار (جز 1 ص: 33) أو بشيئ من
أسمائه تعالى.
Terjemah :
(dan memanjangkan kaki ke arah mushaf,
selama mushaf tidak berada pada tempat yang tinggi). Artinya : haram
memanjangkan kaki ke arah Al Qur’an (mushaf) karena hal itu ada unsur merendahkan
Al Qur’an. Dalam kitab Nughni dikatakan : haram menginjak alas (kambal) atau
kayu papan yang diukir dengan Al Qur’an seperti keterangan dalam kitab Al
Anwar, jilid 1 hal 33 atau diukir dengan sesuatu dari Asma, Allah SWT.
- Al Iqna’ I / 95
ويكره كتب القرآن على
حائط ولو لمسجد وسياب وطعام ونحو ذلك ويحرم المشي على فراش أو خشب نوقش بشيئ من
القرآن.
Terjemah :
Makruh menulis Al Qur’an di tembok
walaupun tembok masjid, pakaian dan makanan serta sesamanya. Dan haram berjalan
pada alas (lemek) atau papan yang diukir dengan sesuatu (lafadz) Al Qur’an.
- Ahkamu Al Fuqoha’ III / 64
KEPUTUSAN BAHTSU AL MASAIL SYURIYAH
NU WILAYAH JAWA TIMUR
DI PP MAMBA’U AL MAARIF DENANYAR JOMBANG
TGL 7 – 8 ROJAB 1405 / 29 – 30 MARET 1985
Mas’alah :
- Bolehkah dalam aqad pinjam (hutang) mensyaratkan persyaratan dikaitkan dengan jangka waktu pinjaman, sekedar untuk menyesuaikan dengan nilai mata uang, agar masing-masing pihak (yang hutang dan yang menghutangi) tidak merasa dirugikan >
- Kalau seseorang hutang dari orang lain berupa mata uang dolar misalnya dan membayarnya dengan uang rupiah, kurs manakah yang dipakai, kurs pada saat berhutang ataukah kurs pada saat membayarnya ?
Jawab :
- Perjanjian itu boleh, sedangkan syaratnya mukghah (tidak mempengaruhi hukum).
- Karena ternyata nilai mata uang itu berubah-ubah, maka ada perbedaan pendapat di antara para Ulama’ :
- Apabila nilai mata uang itu tetap (tidak merosot) maka harus dikembalikan sejumlah hutangnya.
- Apabila nilainya merosot, maka harus dikembalikan nilai hutangnya waktu membayarnya.
Dasar pengambilan :
- Fathu Al Wahab I / 192
أو شرط أن يردّ أنقص
قدرا أو صفة كردّ مكسّر عن صحيح أن يقرضه غيره أجلا بلا غرض صحيح أو به والمقترض
غير مليئ لغا الشرط فقط لا العقد لأنّ ما جرّه من المنفعة ليس للمقرض بل للمقترض
أو لهما والمقترض مكسر والعقد عقد عرفاق و وعده وعدا حسنا.
Terjemah :
Atau orang yang hutang mensyaratkan untuk
mengembalikan (benda) yang lebih rendah kualitasnya (kadar atau sifatnya)
seperti mengembalikan benda yang utuh. Atau (yang dihutangi) menghutangkan
kepada peminjam terhadap selain qordlu (aqad hutang). Atau menghutangi dengan
jangka waktu tanpa ada tujuan yang sah, atau ada tujuan yang sah tetapi
penghutang tidak mampu (tidak kaya pada wajtu yang ditentukan). Maka hanya
syaratnya yang mulghoh 9tidak terpakai). Nukan aqadnya (transaksinya sah).
Karena sesuatu yang mengambil keuntungan dalam transaksi tersebut, buka untuk
menghutangi, tetapi untuk penghutang. Atau (manfaat) kembali kepada keduanya
(penghutang dan yang dihutangi), tetapi penghutangnya miskin. Transaksinya
dinamakan transaksi pemberian kemanfaatan, seakan-akan orang yang dihutangi
menambah dalam memberikan kemanfaatan, dan janjinya dinamakan janji yang baik.
- Bujairomi Ala Fathi Al Wahab II / 355
ومثال نقد الفلوس
الجديد وقد عمّت البلوى فى الديار المصرية فى غالب الأزمنة فحيث كان لذلك قيمة أي
غير تافهة ردّ مثله والارد قيمته باعتبار أقرب وقت إلى وقت المطالبة له فيه قيمة.
Terjemah :
Disamakan dengan NUQUD aialah FULUS (uang
logam) yang baru. Dan telah umum kondisi di daerah Misriyah dalam umumnya masa
(zaman). Sekira hal tersebut ada nilainya, artinya tidak berubah, maka supaya
dikembalikan sebesar nilainya. Dengan memperhitungkan lebih dekat-dekatnya
waktu, sampai waktunya menagih janji bagi penghutang dalam mengembalikan
senilai hutangnya.
- Tarsihu Al Mustarsyidin 233
ويجب على المقترض ردّ
المثل فى المثلى وهو النقد والحبوب ولو نقدا أبطله السلطان لأنّه أقرب إليّ حقّه
وردّ المثلي سورة فى المتقوّم وهو الحيوان والثياب والجواهر.
Terjemah :
Wajib bagi orang yang hutang MISLY (benda
yang ada sesamanya) untuk mengembalikan ALMISLU (benda yang sama) yaitu :
nuqud,, biji-bijian, meskipun berupa nuqud yang sudah direvisi oleh penguasa
negara (sulton), karena hal tersebut lebih mengarah kepada haknya. Dan wajib
mengembalikan ALMISLI SUROTAN (sesamanya bentuk) pada sesuatu yang dihitung
dengan nilai, yaitu hewan, pakaian dan perhiasan.
Mas’alah :
Kalau terjadi orang yang berpendirian : Hasib wajib mengamalkan hisabnya
dalam melakukan ibadah ternyata hitungannya mengenai waktu wukuf tidak sama
dengan apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah : “Al Mamlukatu ‘Arobiyah
Assa’udiyah” (misalnya menurut hitungan hisabnya, waktu wukuf yang ditetapkan
pemerintah Saudi itu jatuh tanggal 10 Dzulhijjah) tetapi karena sudah menjadi
ketetapan pemerintah, terpaksa dia ikut melaksanakan wukuf, meskipun dalam hati
dia tetap berkeyakinan bahwa hari wukuf itu adalah 10 Dzulhijjah, dahkah ibadah
hajinya ?
Jawab :
Sah ibadah hajinya orang tersebut walaupun keyakinan hisabnya
bertentangan dengan pemerintah Saudi
Arabia yang berpedoman rukyat.
Dasar pengambilan :
1.
Bughyatu Al Mustarsydin 110
نعم إن عارض الحساب
الرؤية فالعمل عليها لا عليه كل قول.
Terjemah :
Betul … Apabila hisab bertentangan dengan
rukyat maka yang dipakai adalah rukyat, bukan hisab, menurut semua pendapat
2.
Hasyiyah Al Idhoh hal 153
وله تردّد طويل فيما
إذا ظنّ بعض الحجّاج صدق الشهود هل له اعتياده أو يلزمه كما فى رمضان، وفيما لو
أخبره بالرؤية من يعتقد صدقه وفيما لو عرف الوقت بمقتضى الحساب وفيما لو رأى
الهلال خارج مكة ثمّ قدم فوجد أهلها رأوه على خلاف رؤيته والذى يظهر لي فى
ذلك.....فى غير الاخيرة مخيّر بين أن يعمل بمقتضى ظنّه وبين أن يخيف مع الناس
لأنّه على فرض الغلط يجزئ هنا بخلاف رمضان.
Terjemah :
Baginya ada keragu-raguan yang panjang
dalam suatu masalah, ketika jama’ah haji menyangga atas kejujuran saksi, apakah
baginya (sebagian jama’ah haji) diperbolehkan berpegangan kepada (saksi) atau
diharuskan? Seperti dalam bulan puasa?. Dan pula (dalam masalah) bila ada orang
yang diyakini kejujurannya mengabarkan kepadanya (sebagian jama’ah haji)
tentang rukyatul hilal. Dan (dlam masalah) jika dirinya (sebagaian jama’ah
haji) mengetahui waktu sesuai dengan hisab. Dan (dalam masalah) jika dirinya
melihat hilal di luar mekah, kemudian ia datang ke mekah menemukan penduduk
mekah melihat hilal bertentangan dengan rukyat dirinya. Maka menurut pendapat yang
jelas bagi saya (mushonif) dalam masalah-masalah tersebut di atas, sesungguhnya
bagi dirinya (sebagaian jama’ah haji), pada selain masalah yang terakhir
diperbolehkan memilih antara mengikuti persangkaan yang ada pada dirinya, atau
berorientasi pada manusia (selain dirinya). Karena dirinya dalam masalah ini
berada di posisi yang salah, lain halnya dengan masalah puasa bulan Ramadhan.
Mas’alah :
Orang yang berternak ikan bandeng dengan tujuan setelah tiba waktu panen
ikan tersebut, ikan-ikan akan diambil dan dijual, hasil penjualan akan dipakai
untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari lazimnya orang berumah tangga. Setelah
sampau delapan bulan sejak berternak, maka ikan-ikannya pun diambil dan dijual
semuanya. Hasil penjualan mencapai uang senialai setengah kilo gram emas dan
dibelanjakan untuk kebutuhan hidup, sisanya senilai 50 gram emas dibelikan
bibit bandeng untuk diternakkan lagi dengan tujuan yang seudah-sudah.
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik