Langsung ke konten utama

as-ilah



  Mas'alah :
Bagaimana hukumnya seseorang yang berhutang uang dengan memberikan tanggungan sebidang tanah, yang hasil tanah tersebut diambil oleh orang yang memberi hutang. Selam hutang tersebut belum dilunasi, maka tanah tersebut masih dikelola oleh pemilik uang dan hasilnya tetap diambil olehnya ?

Jawab :
Hukumnya haram, karena tersebut menghutangi yang bertujuan mengambil kemanfaatan, akan tetapi apabila syarat mengambil keuntungan hasil tanah itu tidak dimasukkan dalam aqad (Shulbi Al-Aqdi)

Dasar pengambilan :
  1. I'anatu Al-Tholibin III : 56
(قوله ومن الرّبا بالقرض)  اى ومن ربا القرض وهو كل قرض جر نفعا للمقرض غير نحو رهن لكن لا يحرم عندنا الاّ اذا شُرِطَ فى عقد.

Terjemah :
(perkataan penyusun Fathu Al-Mu'in) : termasuk riba Qordhu) artinya : termasuk riba Qordhu yaitu setiap hutang yang menarik keuntungan bagi yang menghutangi selain gadai. Tetapi menurut kita (golongan Syafi'iyah) tidak haram, kecuali jika disyaratkan pada waktu aqad (maka itu haram).

  1. Hasyiyah Jamal 'Ala Syarhil Minhaj III : 75
والحاصل فى كلامهم انّ كلّ شرط مناف لمقتضى العقد انّما يبطله اذا وقع فى صلب العقد او بعده وقبل لزومه بخلاف ما لو تقدّم عليه ولو فى مجلسه.


Terjemah :
Kesimpulan dari pembicaraan ahli fiqih : setiap syarat yang mematikan pada muqtadlol Aqdi (kondisinya Aqid) itu bisa batal jika syarat itu terjadi dalam transaksi atau setelah aqad tapi belum ketetapan lain halnya jika syarat lebih dahulu meskipun dalam satu majlis.

  1. Bughyatul Mustarsyidin : 176

(مسئلة ب) مذهب الشافعى انّ مجرّد الكتابة فى سائر العقود والاخبارات والانشئات ليس بحجّة شرعيّة.

Terjemah :
(masalah B) Madzhab Imam Syafi'i : bahwa hanya dengan tulisan pada semua aqad dan berita-berita dan anjuran (Insya') tidak dapat dijadikan satu-satunya alasan menurut syariat.


Mas'alah :
Menurut keterangan kitab tauhid Al Hushunu Al Hamidiyah hal 50 : "Adapun penyakit yang boleh menghinggapi para Rasul, yang dengan penyakit itu lalu para manusia sama menyingkir karena jijik dan lain sebagainya, maka itu muhal terjadinya bagi para Rasul. Penyakit tersebut semacam gila, jatuh pingsan, lepra/kusta, buta. Adapun penyakit yang diderita oleh Nabi Ayyub AS itu adalah penyakit kulit (exem) yang tidak menyebabkan larinya umat dari sisi beliau. Sedang cerita yang terkenal yang menyebabkan larinya umat dari sisi beliau, itu semua batal. Apakah penyakit yang menimpa Nabi Ayyub AS sebagaimana yang diceritakan dalam dalam kitab 1. Durrotunnasikhin hal 194, dan Aroisul Majalis hal 138, itu masih termasuk sift jaiz bagi Rasul dan bukan sebagai keterangan kitab Aqidatul Awam :

وجائز فى حقهم من عرض        بغير نقص كخفيف المرض
Jawab :
Penyakit tersebut tidak menyebabkan larinya umat dari taat beliau, dan masih termasuk dalam keterangan kitab Aqidatul Awam di atas

Dasar pengambilan :
  1. Asnal Madtolib, hal 278, 279

وقصّة سيّدنا أيوب عليه السّلام وانّ الله سلّط عليه إبليس فنفح عليه فأصابه الجذام حتى تناثرت الدّود من بدنه...الخ من المنفرات طبعا كلّ ذلك زور كذب وافتراء محض ولا عين بمن نقل وإن كان من الأجِلاّء حيث فى كتاب وسنة رسوله ولا من طريق ضعيف ولا واه، بل هو مجرّد نقل بغير سند.

Terjemah :
Cerita Nabi Ayyub AS. Sesungguhnya Allah SWT menguasakan kepada iblis atas diri Ayyub AS, kemudian iblis meniupnya lalu Ayyub AS kena penyakit jusam (kusam) sampai set (ulat kulit) sama berjatuhan dari badannya ...dst... termasuk yang menggiriskan menurut hal kebiasaan. Hal itu semua bohong dan mengada-ada dan tidak melihat orang yang menukil, walaupun dari golongan terkemuka. Tidak ada dalam kitab atau sunnah Rasul, dan tidak ada pula dari jalan yang Dho'if dan lemah. Bahkan cerita itu hanya mengambil pendapat tanpa ada sanadnya.

  1. Tuhfatul Murid Syarah Jauharut Tauhid
  2. Al Jami'u Al Ahkamu Al Qur'an oleh Al Qurtubi XV / 340
  3. Fatawi Kubro



KEPUTUSAN BAHTSUL MASAIL SYURIYAH
NU WILAYAH JAWA TIMUR
DI PP MAMBA'UL MA'ARIF DENANYAR JOMBANG
TGL 29 DHULHIJJAH – 2 MUHAROM / 6 – 8 OKTOBER 1983

Mas'alah :
Apakah kata-kata mushola dalam kitab-kitab fiqih boleh diartikan masjid ?

Jawab :
Muhola/ langgar sebagaimana yang berlaku di Indonesia pada umumnya, tidak bisa dihukumi masjid, selama tidak dinyatakan sebagai masjid, walaupun diniyatkan sebagai waqof.

Dasar pengambilan :
  1. Al Sarqowi I / 448

فى المسجد وهو ما وقفه الواقف مسجدا لا رلاطا ولا مدرسة

Terjemah :
Masjid adalah suatu tempat yang telah diwaqofkan untuk menjadi masjid bukan pondok atau madrasah.

  1. At Tuhfah III / 223

وخرج بالمسجد مصلى العيد وما بنى فى أرض مستأجرة على صورة المسجد وأذن بانيه فى الصلاة فيه.

Terjemah :
Bukan termasuk masjid adalah : tempat sholat hari raya dan sesuatu yang dibangun di atas tanah persewaan dengan model bangunan masjid dan pendirinya / pembangunnya mengizini untuk dibuat sholat di situ.
                
  1. Bughyatul Mustarsyidin : 6

فلو رأينا محلا مهيّأ للصّلاة ولم يتواتر بين الناس أنّه مسجد لم يجب التزام أحكام المسجديّة فيه.

Terjemah :
Jika kita melihat tempat yang diperuntukkan untuk sholat, dan manusia tidak sama menganggap kalau hal itu tadi masjid, maka tidak bisa ditetapkan sebagai masjid.

  1. I'anatu Al Tholibin IV / 161

ووقفته للصّلاة أى اذا قال الواقف وقفت هذا المكان للصّلاة فهو صريح فى مطلق الوقفيّة وكناية فى خصوص المسجديّة فلا بدّ من نيّتها فان نوى المسجديّة صار مسجدا وإلاّ صار وقفا على الصّلاة فقط ولم يكن مسجدا كالمدرسة.

Terjemah :
Dan saya waqafkan tempat ini untuk sholat : artinya ketika orang yang waqaf mengatakan : saya mewaqafkan tempat ini untuk sholat, maka itu kata yang shorih (jelas) untuk waqaf secara umum. Kalau kemudian dikhususkan untuk masjid itu masih kata kinayah, maka harus ada niat. Jika orang yang waqaf niat dibuat masjid, maka itu menjadi masjid dan jika tidak diniati jadi masjid maka itu menjadi waqafan untuk sholat saja bukan masjid seperti madrasah.

Mas'alah :
Bolehkah memperagakan sholat khouf, sholat istisqo' umpamanya di dalam acara latihan dan sebagainya ? apakah tidak termasuk mempermainkan ibadah?

Jawab :
Memperagakan sholat khouf dan sebagainya apabila dimaksudkan untuk ta'lim atau sesamanya, hukumnya boleh dan tidak termasuk mempermainkan ibadah.

Dasar pengambilan :
  1. Al Manhalul 'Adzbul Maurud Syarah Sunan Abi Dawud II / 283

عن ابن عبّاس قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أمّنى جبريل عليه السّلام عند البيت مرّتين فصلّى بى الظّهر حين زالت الشّمس وكانت قدر الشراك، وصلّى بى العصر حين كان ظلّه مثله، وصلّى بى المغرب حين أفطر الصّائم، وصلّى بى العشاء حين غاب الشّفق، وصلّى بى الفجر حين حرّم الطّعام والشّراب على الصّائم...الحديث (رواه أبو داود فى سننه) وفى شرحه المنهل العذاب المورود فى شرح سنن أبى داود ج 282 ما نصّه:
...وظاهره صحّة الاقتداء بالمقتدى لأنّ الصحابة لم يشاهدوا جبريل وإلاّ نقل ذلك، والأظهر دفعه بَأَنَ إمامة حبريل لم تكن على حقيقته بل على النسبة الجاريّة من دلالته بالإيماء والإشارة إلى كيفية أداء الأركان وكميّتها كما يقع لبعض المعلّمين حيث لم يكونوا فى الصّلاة ويعلّمون غيرهم بالإشارة القولية:

Terjemah :
Dari Ibnu Abbas  ia berkata, Rasulullah SAW bersabda : Jibril AS mengimami saya dua kali di rumah, ia sholat dzuhur dengan saya ketika matahari sudah bergeser ke arah barat
  1. Jamal Fathul Wahab I / 55
لو تطّهر عن حدث أو لعبادة لتلاعبها...الخ قونه عن حدث أو لعبادة بأن قصد رفع الحدث أو التعبّدَ به كغسل الجمعة. فظهر من قوله لتلاعبها انّ حدثها لا يرتفع وتعبّدها بالغسل لا يصحّ فى حالة الحيض وعبارة م (وممّا يحرم عليها الطّهارة عن الحدث بقصد التعبّد مع علمها بالحرمة لتلاعبها فالعبادة لا تصير عبادة الاّ بنيّة العبادة).
Terjemah :



ولو أذّن قبل الوقت بنيّته حرم ذلك عليه لأنّه متعاط عبادة فاسدة (قوله لأنّه متعاط عبادة فاسدة) وقضية قول الشّارح قبل ولو أذن قبل الوقت حُرِمَ أن ينال هنا بالتّحريم حيث أذن بنيّته أى وإن أذن لا بنيّته فلا يحرم انتهى.

Mas’alah :
Bolehkah mengambil air jeding untuk berobat atau lainnya ?

Jawab :
Mengambil air jeding masjid untuk berobat atau lainnya itu boleh apabila bahwa air tersebut disediakan untuk kepentingan-kepentingan yang tidak terbatas (Ta’minul intifa’)

Dasar pengambilan :
  1. I’anatu Al Tholibin III / 171, 172

سئل العلامة الطنبداوى عن الجراب والجرار التى عند المسجد فيها الماء إذا لم يعلم أنّها موقوفة للشّرب أو الوضوء أو الغسل الواجب أو المسنون أو غسل النجاسة. فأجاب أنّه إذا دلّت قرينة على أنّ الماء موضوع لتعليم الانتفاع جاز ما ذكر من الشّرب وغسل النّجاسة وغسل الجنابة وغيرها. ومثال القرينة جريان النّاس على تعميم الانتفاع بالماء بغسل وشرب و وضوء وغسل نجاسة، فمثل هذا إنتفاع ينال بالجواز 51.

Terjemah :
Al Alamah Syekh Thombadawi ditanya tentang jirobi dan jiror (tempat persediaan air) yang ada di dekat masjid, da di situ ada airnya yang tidak jelas status pewakafan air, baik untuk diminum atau untuk wudlu, atau untuk mandi wajib / sunnah, atau membasuh najis. Beliau menjawab : seseungguhnya apabila ada qorinah (tanda-tanda) bahwa air iru disediakan untuk kemanfaatan umum, maka boleh menggunakannya untuk semua kepentingan di atas, yaitu untuk minum, membasuh najis, mandi junub dan lain-lainnya. Contoh ada qorinah (tanda-tanda) terbiasanya manusia dalam menggunakan air tersebut untuk kemanfaatan secara umum, dengan dipakai untuk mandi, untuk minum, untuk wudlu, dan untuk membasuh najis. Contoh pemanfaatan air digunakan seperti di atas adalah boleh.

  1. I’anatu Al Tholibin I / 55
  2. Al Fatawi Ak Kubro III / 266


Mas’alah :
Seorang muslim mempunyai isteri kristen, dimana perkawinannya dilakukan dua kali, pertama secara islam dan kedua secara kristen.
Bagaimana hukumnya pernikahan semacam itu ?
Dan bagaimana kedudukan anak mereka dari hasil perkawinan tersebut ?

Jawab :
Tidak sah perkawinan seorang islam dengan perempuan kristen yang tidak diketahui masuknya orang tua dalam agama sebelum diutus Nabi Muhammad SAW, jika perempuan itu masuk islam dalam aqad nikah pertama, maka menjadi murtad dengan aqad nikah kedua sebelum dukhul (bersetubuh) sehingga aqad nikah pertama menjadi batal. Adapun anaknya tidak bisa ilhaq kepada lelaki tersebut.

Dasar pengambilan :
  1. I’anatu Al Tholibin III / 296

(تنبيه) اعلم أنّه يشترط أيضا فى المنكوحة كونها مسلمة أو كتابية خالصة، ذميّة كانت أو حربيّة، فيحلّ مع الكراهة نكاح الإسرائيليّة بشرط أن يعلم دخول أوّل آبائها فى ذلك الدّين بعد بعثة عيسى عليه السّلام وإن علم دخوله فيه بعد التّحريف. ونكاح غيرها بشرط أن يعلم دخول آبائها فيه قبلها ولو بعد التّحريف أن تجنّبوا المحرّف. ولو أسلم كتابى وتحته كتابيّة دام نكاحه وإن كان قبل الدّخول أو وثنىّ وتحته وثنيّة فتخلّفت قبل الدّخول تنجزت الفرقة أو بعده وأسلمت فى العدّة دام نكاحه، وإلاّ فالفرقة من إسلامه.

Terjemah :
(peringatan) Perlu diketahui menjadi syarat pula bagi perempuan yang dinikahi adalah islam, atau kafir kitabi  yang mencerai, baik dari kafir dzimy maupun kafir harby. Maka halal dan makruh menikahi perempuan isroiliyah denga syarat tidak diketahui masuknya bapak-bapaknya pada agama tersebut setelah ada perubahan. Dan halal nikah selain isroiliyah dengan syarat, diketahuinya masuknya orang tua pada agamanya sebelum diutusnya Nabi Isa AS. Meskipun setelah dirubah jika dia mengetahui perubahan tersebut.
Apabila orang kafir kitabi masuk islam dan ia punya istri yang berstatus kafir kitabi, maka nikahnya masih tetap (sah dan tidak putus), meskipun masuknya Islam dia sebelum dukhul (bersetubuh), atau apabila ada orang kafir wasani masuk Islam, dan istrinya masih kafir wasani, dan perpisahan itu sebelum dukhul (bersetubuh) maka perceraian itu terjadi (denga perbedaan agama), atau pisahnya setelah dukhul namun si istri masuk Islam dalam masa iddah maka masih tetap sah nikahnya, kalau tidak masuk Islam, maka batal nikahnya (cerai) itu sejaksuami masuk islam.

  1. Al Muhadzab II / 44

و من دخل دين اليهود والنّصارى بعد التّبديل لا يجوز للمسلم أن ينكح حرائرهم.

Terjemah :
Barang siapa masuk agama yahudi dan nasrani setelah kitabnya diganti, maka bagi orang Islam tidak boleh menikahi mereka (mesikpun sudah dimerdekakan)

  1. Fathu Al Wahab II / 64

وردّة من الزّوجين أو أحدهما قبل دخول وما فى معناه من استدخال منّى تنجز فرقة بينهما لعدم تأكّد النّكاح بالدّخول أو فى معناه. وبعده توقفها، فإن جمعهما إسلام فى العدّة دام نكاح بينهما لتأكّده بما ذكر وإلا فالفرقة بينهما حاصلة من حين الرّدّة منهما أو من أحدهما.

Terjemah :
Dan murtad dari kedua suami istri, atau salah satunya sebelum dukhul (bersetubuh) dan dengan pengertian dukhul  yaitu , memasukkan mani sang suami pada vagina istri. Maka hal itu akan terjadi erat antara keduanya. Karena nikah tidak dapat dikuatkan dengan dukhul (bersetubuh) atau sesamanya.
Seansainya dalam masa iddah keduanya kumpul bersama dalam Islam (sama-sama masuk Islam) maka menjadi kekal pernikahan keduanya (tidak terjadi perceraian) karena kekuatan nikah ada pada kesamaan agama. Kalau tidak bisa kumpul dalam satu agama, maka perceraian terjadi sejak dia murtad keduanyan atau salah satunya.

  1. Bujairomi IV / 202

فرع: المرتد إن انعقد قبل الرّدّة أو فيها وأحد أصوله مسلم فمسلم تبعا له، والإسلام يعلو، أو أحد أصوله مرتدّ فمرتدّ تبعا لا مسلم كافر.

Terjemah :
(far’un) orang murtad jika kejadiannya sebelumnya murtad ada pada waktu murtad dan salah satu orang tuanya Islammaka ia dihukumi Islam, karena mengikuti orang tuanya. Dan Islam adalah tinggi (di Atas). Atau salah satu antara orang tuanya murtad, maka ia dihukumi murtad karena mengikuti oarang tuanya. Bukan Islam dan bukan kafir.


Mas’alah :
Bagaimana hukumnya orang Islam menjual / melayani makanan minuman kepada orang-oarang yang tidak puasa pada siang hari Romadhon ?

Jawab :
Haram, sebab terdapat unsur membantu maksiat. Demikian itu kalau diketahui bahwa oarang tersebut akan makan pada waktu siangnya, atau ada tanda yang menunjukkan bahwa orang tersebut tidak berpuasa tanpa ada udzur.

Dasar pengambilan :
  1. I’anatu Al Tholibin III / 24

وكإطعام مسلم مكلّف كافرا مكلّفا فى نهار رمضان: وبيعه طعاما علم أو ظنّ أنّه يأكله نهارا.

Terjemah :
Dan seperti memberi makan bagi orang Islam yang mukalaf kepada orang kafir di hari siang bulan Ramadhan (itu haram) dan menjual makanan yang diketahui atau diperkirakan pembelinya atau makan di siang hari bulan Ramadhan (itu juga haram).

  1. Al Syarqowi II / 14

ويعلم ذلك كما قاله: وحرمة إطعام مسلم كافرا مكلّفا فى نهار رمضان وكذا بيعه طعاما عُلِمَ أو ظنّ أنّه يأكله نهارا لأنّه تسبّب فى المعصية وإعانة عليها بناء للقول الرّاجح فى تكليف الكفّار بفروع الشّرعيّة.

Terjemah :
 Dan sudah maklum hal tersebut apa yang dikatakan, yaitu : haram bagi orang Islam memberi makanan di siang hari bulan Ramadhan kepada orang kafir (orang tidak berpuasa). Begitu juga haram menjual makanan yang diketahui atau diperkirakan bahwa pembeli akan makan di siang hari pada bulan Ramadhan, karena itu menjadi sebabnya maksiat dan menolong pada maksiat. Berpedoman pada qoul rojah tentang taklifnya orang kafir dengan cabangan syariat.

  1. An Nihayah III / 55
  2. Mirqotussu’ud : 81


Mas’alah :
Melakukan umroh sebelum syawal, kemudia sekaligus melakukan ibadah haji pada tahun itu juga apakah termasuk haji tamatu’ yang ?

Jawab :
Termasuk haji tamatu’ yang tidak wajib dam.

Dasar pengambilan :

  1. Nihayatu Al Muhtaj III / 316

وإن تقع عمرته فى أشهر الحجّ من سنته أى الحج، فلو وقعت قبل أشهر الحج وأتمّها فيها لم يلزمه دم لعدم جمعه بينهما فى وقت الحجّ.

Terjemah :
Jika terjadi umroh di bulan-bulan haji pada tahunnya (haji). Seandainya terjadi umroh sebelum bulan haji dan kemudian disempurnakan pada bulan haji, kemudian ia melakukan haji, maka baginya tidak wajib dam (denda) karena ia tidak mengumpulkan keduanya dalam waktu haji

  1. Al Syarqowi I / 465

فلو اعتمر قبل أشهره أو فيها وحجّ فى عام قابل فلا دمَّ عليه لأنّه لم يجمع بينها فى الأولى.

Terjemah :
Jika seseorang berumroh sebelum bulannya atau di dalam bulannya kemudian ia haji pada tahun berikutnya (yang akan datang) maka baginya tidak wajib dam. Karena ia tidak mengumpulkan keduanya di tahun pertama.

  1. Busyrol Karim 109

فإن أحرم بها فى غير أشهره ثمّ أتمّها ولو فى أشهره ثمّ حجّ فى سنته لم يلزمه دمّ لإنّه لم يجمع بينهما وقت الحجّ فأشبه المفرد.

Terjemah :
Jika seseorang ihom umroh pada selain bulan haji, kemudian ia menyempurnakannya walau pada bula haji, kemudian ia haji pada tahun haji, maka ia tidak wajib membayar dam, karena ia tidak mengumpulkan antara keduanya dalam waktu haji, sehingga menyerupai haji ifrod.

  1.  AL Fiqh Alal Madzhabil Arba’ah I / 189

Mas’alah :
Apakah petani cengkeh, tembakau, karet dan lain-lain tanaman yang tidak termasuk bahan makanan pokok waktu ikhtiyar itu wajib zakat, karena dianggap barang dagangan ?

Jawab :
Tidak wajib zakat menurut madzhab Imam Syafi’I, kecuali kalau tanah dan bibitnya dari bahan dagangan dan tidak niat diperdagangan. Akan tetapi kalau kita bertaqlid pada Madzhab Hanafi, maka wajib zakat secara mutlak.

Dasar pengambilan :
  1. Tuhfatul Muhtaj III / 295

نعم لو كان كلّ من الأرض والبذر الّذى زرع هو فيها أرض تجارة كأن اشترى كلّ منهما بمتاع التّجارة أو بنيّة التّجارة كان منه مال التّجارة تجب الزّكاة بشرطها كما يأتى عن العناب وغيره إلى أن قال وأمّا إذا كان أحدهما للقنية فلا يكون النّابت حينئذ مال التجارة.

Terjemah :
Betul jika sesuatu dari bumi dan biji yang ditanam pada bumi itu untuk berdagang, seperti setiap satu dari keduanya dibeli dengan harta perdagangan maka yang tumbuh darinya menjadi harta perdagangan yang wajib mengeluarkan zakan dengan syarat-syaratnya seperti yang akan datang dari Al Ubbab dan lainnya. Sampai dengan kata-kata: adapun jika salah satu keduanya untuk qinayah (murni bukan untuk dagang) maka segala yang tumbuh bukan dinamakan perdagangan

  1. Al Muhadzab I / 159

ولا يصير العرض للتّجارة إلاّ بشرطين أحدهما أن يملكه بعقد يجب فيه العوض كالبيع والاجارة والنّكاح والخلع. والثّانى أن ينوى عند ......أن يتملّكه للتّجارة إنتهى.

Terjemah :
Tidak secara otomatis harta menjadi harta perdagangan kecuali dengan dua syarat :
Satu cara pemilikan dengan aqad (transaksi) yang ada iwad (pengganti) seperti persewaan, jual beli, nikah dan


  1. Al Itsmidul Ainain 48

مسألة: أفاد أيضا أن مذهب أبى حنيفة وجوب الزّكاة فى كلّ ما خرج من الأرض إلاّ حطبا أو قصبا أو حشيشا ولا يعتبر نصابا. وعند.....أحمد فيما يؤكل أو يوزن أو يدّخر للقوت ولا بدّ من النّصاب عند مالك كالشافعى.


KEPUTUSAN BAHTSUL MASAIL SYURIYAH
NU WILAYAH JAWA TIMUR
DI PP ZAINUL HASAN GENGGONG KRAKSAAN
TGL 27 S/D 29 JULI 1984

Mas’alah :
Kalau ada kapal yang punya anak seratus orang muslimin ditugaskan berlaya selama sebelas bulan misalnya. Apakah mereka wajib iqomatul jum’ah di dalam kapal tersebut ? apakah sah ?
Jawab :
Tidak wajib iqomatu jum’ah. Dan apabila melaksanakannya tidak sah dan tidak khilaf (perbedaan pendapat) di antara Imam Madzhab empat.

Dasar pengambilan :
  1. AL Mizan Al Kubro I

ومن ذلك قول الشافعي لا تصحّ الجمعة إلا فى أبنية يستوطنها من تنعقد بهم الجمعة مع قول بعضهم لا تصحّ الجمعة إلاّ فى قرية اتّصلت بيوتها ولها مسجد وسوق مع قول أبى حنيفة إنّّ جمعة لا تصحّ إلاّ فى مصر لهم سلطان.

Terjemah :
Termasuk hal tersebut adalah pendapat Imam Syafi’i yaitu : tidak sah jum’atan kecuali bagi orang yang menetap (berumah tangga) pada suatu bangunan dan dianggap sah mereka untuk memenuhi syarat jum’ah. Juga pendapat sebagaian ulama’ yaitu : tidak sah jum’atan kecuali dala suatu desa yang rumahnya berdekatan dan ada masjid, dan pasar di desa itu. Juga pendapat Abu Hanifah yang mengatakan : seseungguhnya jum’atan tidak sah kecuali di suatu kota yang punya kepala negara.

  1. Hamisy Al Qulyuby I / 672

ولو لم يلازمه أبدا بأن انتقلوا عنه فى الشتاء أو غيره فلا جمعة عليهم جزما ولا تصحّ منهم فى موضعهم.

Terjemah :
Meskipun mereka tidak menetap selamanya, seperti halnya, mereka berpindah dari tempatnya pada waktu musim hujan atau lainnya, maka bagi mereka tidak wajib jum’atan, dan tidak sah mereka melakukan jum’atan di tempat mereka.

  1. Adalah Dien Wal Haj 58

اجتمعت الأئمة على أنّ المسافر لا تجب عليه الجمعة إلاّ إذا نوى الإقامة أربعة أياّم تامّة، وإنّها لا تصحّ إلاّ فى دار الإقامة، وعلى ذلك فلا تصحّ صلاة الجمعة فى الباخرة ولا فى غرفة لأنّهما ليسا بدار الإقامة.

Terjemah :
Telah sepakat beberapa Imam bahwa, musafir (orang yang bepergian) tidak wajib baginya jum’atan. Kecuali bila ia niat bermukim selama empat hari penuh. Dan jum’atannya juga tidak sah, kecuali di daerah pemukiman. Dengan demikian tidak sah jum’atan dilakukan di kapal laut dan di kamar-kamaran, karena keduanya bukan termasuk bagian dari desa pemukiman.

Mas’alah :
Masih hidupkah Nabi Khidlir itu ? dan bagaimana orang yang mengaku bertemu dengan Nabi Khidlir ? padahal di dalam Al Qur’an ada ayat :

وما جعلنا لبشر من فلبك الخلد
Jawab :

Tentang masih hidup dan matinya Nabi Khidlir AS terdapat perbedaan pendapat, akan tetapi kebanyakanUlama’ menyatakan masih hidup. Adapun kemungkinan bertemu dengan Nabi Khidlir AS itu bisa saja terjadi.

Dasar pengambilan :
  1. Tafsir Al Khozin III / 209

واختلف العلماء فى أنّ الخضر، أحيّ أم ميّت، وقيل إنّه حيّ وهو قول الأكثرين من العلماء، وهو متفق عليه عند مشايخ الصوفية وأهل الصلاح والمعرفة. والحكاية فى رؤيته والإجتماع به و وجوده فى المواضع الشريفة و مواطن الخير أكثر من أن تحصى.

Terjemah :
Terjadi perselisihan di antar para Ulama’ apakah Nabi Khidlir masih hidup atau sudah mati ? dikatakan bahwa Nabi Khidlir masih hidup dan itu perkataan / pendapat kebanyakan para Ulama’. Dan itu merupakan kesepakatan bagi para guru-guru sufi (ahli tasawuf) dan ahli kebaikan serta ahli ma’rifat. Dan juga cerita tentang terlihatnya Nabi Khidlir dan berkumpulnya. Dan masih nampak pada tempat-tempat yang mulya dan tempat-tempat baik yang banyak tidak terhitung.

  1. Tafsir Munir II / 370

(وما جعلنا لبشر من قبلك الخلد) البقاء فى الدنيا (أفإن مُتّ) يا أشرف الخلق (فهم خالدون) فى الدنيا أي إن مُتّ أنت يا خاطم الرسل أفى يبقى هؤلاء حتّى سيموت بموتك. ومثاله ما فى الصاوى ج 1 ص.
Terjemah :
Dan saya tidak menjadikan manusia sebelum kamu (Muhammad) yang kekal di dunia, adakalanya kamu mati, wahai lebih mulya makhluk, mereka adalah kekal di dunia, artinya : jika kamu mati wahai Rasul terakhir apakah mereka kekal ? sampai mau mati dengan matimu.


Mas’alah :
Bagaimanakah hukumnya laki-laki yang memakai sarung tenun yang seratus persen terdiri dari benang sutera. Dan bagaimana pula sarung lelaki tetapi dipakai oleh wanita. Apakah tidak termasuk tasyabuh bir rijal (menyerupai orang laki-laki) ?

Jawab :
Orang laki-laki memakai sarung tenun (harir) seratus persen hukumnya haram. Orang perempuan memakai sarung laki-laki tidak sebaliknya, jika di daerah yang biasanya tidak khusus bagi laki-laki atau perempuan dan tidak sampai berlagak laki-laki atau perempuan. Tidak haram.

Dasar pengambilan :
  1. Mughni Al Muhtaj I / 206

(فصل) يجكم على الرجل استعمال الحرير بفراش وغيره إلى عن قال: ويحرم المركّب من إبريسم وغيره إن زاد ذلك الإبريسم، ويحلّ عكسه، وكذا إن استوايا فى الأصحّ.

Terjemah :
(fasal) Haram bagi laki-laki memaki sutera harir untuk alas atau selainnya … s/d … haram campuran sutera ibrosim dan lainnya jika sutera ibrolsim lebih banyak, jika sebaliknya (sutera ibrosim lebih sedikit) maka boleh. Begitu juga boleh bila sama menurut yang ashoh.

  1. Fathu Al Wahab I / 82

حرم على الرجل استعمال حرير ولو قزّا

Terjemah :
Haram bagi lelaki memakai sutera harir meskipun berupa sutera quz

  1. Fathu Al Bari XII / 452

فأمّا هيئة اللباس فتختلف باختلاف عادة كلّ ولد، فربّ قوم لا يفترق زيّ نسائهم من رجالهم فى اللبس لكن تمتاز النساء بالإحتجاب والإستتار.

Terjemah :
Adapun kondisi / tingkah pakaian berbeda dengan berbedanya kebiasaan setiap negara. Dan banyak sekali orang yang tidak membedakan pakaian / hiasan perempuan dari laki-lakinya dalam berpakaian, tetapi para wanita sama dibedakan dengan cara menutup atau bersembunyi.


Mas’alah :
Al Ismu Al A’dzom yang sengaja ditulis dengan kalam ajam (selain arab) di dinding-dinding masjid, mushola, kain-kain taplak meja, sapu tangan, dan keset-keset kaki. Bagaimana hukumnya ? demikian pula plastik dan pembungkus-pembungkus makanan yang bertuliskan lafadz Al Jalalah. Apakah hal semacam itu termasuk menulis lafadz Al Jalalah tidak pada tempatnya ? dan bagaimana hukumnya ?

Jawab :
Al Ismu Al A’dzom yang ditulis dengan kalam ajam (Al Khotul ajam) di dinding-dinding masjid, kain-kain, itu boleh akan tetapi makruh, kalau mengandung unsur ihanah.

Dasar pengambilan :
  1. I’anatu Al Tholibin I / 69

(قوله: ومدّ الرّجل للمصحف ما لم يكن على مرتفع) بالرفع عطف على تمكين أيضا، أي ويحرم مدّ الرجل لما فيه من الإزدراء به. وقال فى المغنى: ويحرم الوضع على فراس أو خشب نوقش بالقرآن كما فى الأنوار (جز 1 ص: 33) أو بشيئ من أسمائه تعالى.

Terjemah :
(dan memanjangkan kaki ke arah mushaf, selama mushaf tidak berada pada tempat yang tinggi). Artinya : haram memanjangkan kaki ke arah Al Qur’an (mushaf) karena hal itu ada unsur merendahkan Al Qur’an. Dalam kitab Nughni dikatakan : haram menginjak alas (kambal) atau kayu papan yang diukir dengan Al Qur’an seperti keterangan dalam kitab Al Anwar, jilid 1 hal 33 atau diukir dengan sesuatu dari Asma, Allah SWT.

  1. Al Iqna’ I / 95

ويكره كتب القرآن على حائط ولو لمسجد وسياب وطعام ونحو ذلك ويحرم المشي على فراش أو خشب نوقش بشيئ من القرآن.

Terjemah :
Makruh menulis Al Qur’an di tembok walaupun tembok masjid, pakaian dan makanan serta sesamanya. Dan haram berjalan pada alas (lemek) atau papan yang diukir dengan sesuatu (lafadz) Al Qur’an.

  1. Ahkamu Al Fuqoha’ III / 64

KEPUTUSAN BAHTSU AL MASAIL SYURIYAH
NU WILAYAH JAWA TIMUR
DI PP MAMBA’U AL MAARIF DENANYAR JOMBANG
TGL 7 – 8 ROJAB 1405 / 29 – 30 MARET 1985

Mas’alah :
  1. Bolehkah dalam aqad pinjam (hutang) mensyaratkan persyaratan dikaitkan dengan jangka waktu pinjaman, sekedar untuk menyesuaikan dengan nilai mata uang, agar masing-masing pihak (yang hutang dan yang menghutangi) tidak merasa dirugikan >
  2. Kalau seseorang hutang dari orang lain berupa mata uang dolar misalnya dan membayarnya dengan uang rupiah, kurs manakah yang dipakai, kurs pada saat berhutang ataukah kurs pada saat membayarnya ?

Jawab :
  1. Perjanjian itu boleh, sedangkan syaratnya mukghah (tidak mempengaruhi hukum).
  2. Karena ternyata nilai mata uang itu berubah-ubah, maka ada perbedaan pendapat di antara para Ulama’ :
    1. Apabila nilai mata uang itu tetap (tidak merosot) maka harus dikembalikan sejumlah hutangnya.
    2. Apabila nilainya merosot, maka harus dikembalikan nilai hutangnya waktu membayarnya.

Dasar pengambilan :
  1. Fathu Al Wahab I / 192

أو شرط أن يردّ أنقص قدرا أو صفة كردّ مكسّر عن صحيح أن يقرضه غيره أجلا بلا غرض صحيح أو به والمقترض غير مليئ لغا الشرط فقط لا العقد لأنّ ما جرّه من المنفعة ليس للمقرض بل للمقترض أو لهما والمقترض مكسر والعقد عقد عرفاق و وعده وعدا حسنا.

Terjemah :
Atau orang yang hutang mensyaratkan untuk mengembalikan (benda) yang lebih rendah kualitasnya (kadar atau sifatnya) seperti mengembalikan benda yang utuh. Atau (yang dihutangi) menghutangkan kepada peminjam terhadap selain qordlu (aqad hutang). Atau menghutangi dengan jangka waktu tanpa ada tujuan yang sah, atau ada tujuan yang sah tetapi penghutang tidak mampu (tidak kaya pada wajtu yang ditentukan). Maka hanya syaratnya yang mulghoh 9tidak terpakai). Nukan aqadnya (transaksinya sah). Karena sesuatu yang mengambil keuntungan dalam transaksi tersebut, buka untuk menghutangi, tetapi untuk penghutang. Atau (manfaat) kembali kepada keduanya (penghutang dan yang dihutangi), tetapi penghutangnya miskin. Transaksinya dinamakan transaksi pemberian kemanfaatan, seakan-akan orang yang dihutangi menambah dalam memberikan kemanfaatan, dan janjinya dinamakan janji yang baik.

  1. Bujairomi Ala Fathi Al Wahab II / 355

ومثال نقد الفلوس الجديد وقد عمّت البلوى فى الديار المصرية فى غالب الأزمنة فحيث كان لذلك قيمة أي غير تافهة ردّ مثله والارد قيمته باعتبار أقرب وقت إلى وقت المطالبة له فيه قيمة.

Terjemah :
Disamakan dengan NUQUD aialah FULUS (uang logam) yang baru. Dan telah umum kondisi di daerah Misriyah dalam umumnya masa (zaman). Sekira hal tersebut ada nilainya, artinya tidak berubah, maka supaya dikembalikan sebesar nilainya. Dengan memperhitungkan lebih dekat-dekatnya waktu, sampai waktunya menagih janji bagi penghutang dalam mengembalikan senilai hutangnya.

  1. Tarsihu Al Mustarsyidin 233

ويجب على المقترض ردّ المثل فى المثلى وهو النقد والحبوب ولو نقدا أبطله السلطان لأنّه أقرب إليّ حقّه وردّ المثلي سورة فى المتقوّم وهو الحيوان والثياب والجواهر.


Terjemah :
Wajib bagi orang yang hutang MISLY (benda yang ada sesamanya) untuk mengembalikan ALMISLU (benda yang sama) yaitu : nuqud,, biji-bijian, meskipun berupa nuqud yang sudah direvisi oleh penguasa negara (sulton), karena hal tersebut lebih mengarah kepada haknya. Dan wajib mengembalikan ALMISLI SUROTAN (sesamanya bentuk) pada sesuatu yang dihitung dengan nilai, yaitu hewan, pakaian dan perhiasan.

Mas’alah :
Kalau terjadi orang yang berpendirian : Hasib wajib mengamalkan hisabnya dalam melakukan ibadah ternyata hitungannya mengenai waktu wukuf tidak sama dengan apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah : “Al Mamlukatu ‘Arobiyah Assa’udiyah” (misalnya menurut hitungan hisabnya, waktu wukuf yang ditetapkan pemerintah Saudi itu jatuh tanggal 10 Dzulhijjah) tetapi karena sudah menjadi ketetapan pemerintah, terpaksa dia ikut melaksanakan wukuf, meskipun dalam hati dia tetap berkeyakinan bahwa hari wukuf itu adalah 10 Dzulhijjah, dahkah ibadah hajinya ?

Jawab :
Sah ibadah hajinya orang tersebut walaupun keyakinan hisabnya bertentangan dengan pemerintah Saudi Arabia yang berpedoman rukyat.

Dasar pengambilan :
1.      Bughyatu Al Mustarsydin 110

نعم إن عارض الحساب الرؤية فالعمل عليها لا عليه كل قول.

Terjemah :
Betul … Apabila hisab bertentangan dengan rukyat maka yang dipakai adalah rukyat, bukan hisab, menurut semua pendapat

2.      Hasyiyah Al Idhoh hal 153

وله تردّد طويل فيما إذا ظنّ بعض الحجّاج صدق الشهود هل له اعتياده أو يلزمه كما فى رمضان، وفيما لو أخبره بالرؤية من يعتقد صدقه وفيما لو عرف الوقت بمقتضى الحساب وفيما لو رأى الهلال خارج مكة ثمّ قدم فوجد أهلها رأوه على خلاف رؤيته والذى يظهر لي فى ذلك.....فى غير الاخيرة مخيّر بين أن يعمل بمقتضى ظنّه وبين أن يخيف مع الناس لأنّه على فرض الغلط يجزئ هنا بخلاف رمضان.

Terjemah :
Baginya ada keragu-raguan yang panjang dalam suatu masalah, ketika jama’ah haji menyangga atas kejujuran saksi, apakah baginya (sebagian jama’ah haji) diperbolehkan berpegangan kepada (saksi) atau diharuskan? Seperti dalam bulan puasa?. Dan pula (dalam masalah) bila ada orang yang diyakini kejujurannya mengabarkan kepadanya (sebagian jama’ah haji) tentang rukyatul hilal. Dan (dlam masalah) jika dirinya (sebagaian jama’ah haji) mengetahui waktu sesuai dengan hisab. Dan (dalam masalah) jika dirinya melihat hilal di luar mekah, kemudian ia datang ke mekah menemukan penduduk mekah melihat hilal bertentangan dengan rukyat dirinya. Maka menurut pendapat yang jelas bagi saya (mushonif) dalam masalah-masalah tersebut di atas, sesungguhnya bagi dirinya (sebagaian jama’ah haji), pada selain masalah yang terakhir diperbolehkan memilih antara mengikuti persangkaan yang ada pada dirinya, atau berorientasi pada manusia (selain dirinya). Karena dirinya dalam masalah ini berada di posisi yang salah, lain halnya dengan masalah puasa bulan Ramadhan.

Mas’alah :
Orang yang berternak ikan bandeng dengan tujuan setelah tiba waktu panen ikan tersebut, ikan-ikan akan diambil dan dijual, hasil penjualan akan dipakai untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari lazimnya orang berumah tangga. Setelah sampau delapan bulan sejak berternak, maka ikan-ikannya pun diambil dan dijual semuanya. Hasil penjualan mencapai uang senialai setengah kilo gram emas dan dibelanjakan untuk kebutuhan hidup, sisanya senilai 50 gram emas dibelikan bibit bandeng untuk diternakkan lagi dengan tujuan yang seudah-sudah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا