Assalamu'alaikum
titipan
1.apakah hukum wanita di perkosa?
2. Kalau tidak dosa, lalu bagaimana kalau dipertengahan permainan wanitu itu menikmati perkosaan itu?
titipan
1.apakah hukum wanita di perkosa?
2. Kalau tidak dosa, lalu bagaimana kalau dipertengahan permainan wanitu itu menikmati perkosaan itu?
Jawaban
1.apakah hukum wanita di perkosa?
________
Waalaikumussalam...
Kata "diperkosa" identik dengan paksaan atau terpaksa, yakni perlakuan yang tidak didasari dengan kemauan dan kehendak diri sendiri, melainkan karena pihak atau faktor lain.
Dan seseorang bisa dikatagorikan terpaksa itu apabila memenuhi syarat-syarat berikut :
- Pemaksa mampu merealisasikan ancamannya.
- Pihak yang terpaksa tidak kuasa menolak ancaman, serta dengan dugaan kuat bila ditolak ancaman tersebut betul-betul nyata terjadi kepadanya.
Dengan demikian jika seorang wanita telah memenuhi syarat di atas, maka dia selaku pihak yang terpaksa atau dipaksa melayani perzinahan tidaklah berdosa dan tidak dikenai hukuman Hadd.
ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ - ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ
ﻭﺷﺮﻁ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﻗﺪﺭﺓ ﻣﻜﺮﻩ ﺑﻜﺴﺮ ﺍﻟﺮﺍﺀ ﻋﻠﻰ ﺗﺤﻘﻴﻖ ﻣﺎ ﻫﺪﺩ ﺑﻪ ﺑﻮﻻﻳﺔ ﺃﻭ ﺗﻐﻠﺐ ﻋﺎﺟﻼ ﻇﻠﻤﺎ ﻭﻋﺠﺰ ﻣﻜﺮﻩ ﺑﻔﺘﺢ ﺍﻟﺮﺍﺀ ﻋﻦ ﺩﻓﻌﻪ ﺑﻬﺮﺏ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻭﻇﻨﻪ ﺃﻧﻪ ﺇﻥ ﺍﻣﺘﻨﻊ ﺣﻘﻖ ﻣﺎ ﻫﺪﺩﻩ ﺑﻪ ، ﻭﻳﺤﺼﻞ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﺑﺘﺨﻮﻳﻒ ﺑﻤﺤﺬﻭﺭ ﻛﻀﺮﺏ ﺷﺪﻳﺪ ﺃﻭ ﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ﻛﺤﺒﺲ .
Sumber : http://islamport.com/d/2/shf/1/19/1256.html
ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ - ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ
(ﻗﻮﻟﻪ: ﻓﺈﻥ ﺃﻛﺮﻫﺖ) ﺃﻱ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻮﻃﺊ، ﺑﺄﻥ ﻟﻢ ﺗﻘﺪﺭ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻬﺮﺏ ﻭﻻ ﻋﻠﻰ ﻗﺘﻠﻪ ﻓﻼ ﺇﺛﻢ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺑﻮﻃﺌﻪ ﺇﻳﺎﻫﺎ. ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺤﻔﺔ: ﻭﻻ ﻳﺨﺎﻟﻒ ﻫﺬﺍ ﻗﻮﻟﻬﻢ ﺍﻻﻛﺮﺍﻩ ﻻ ﻳﺒﻴﺢ ﺍﻟﺰﻧﺎ ﻟﺸﺒﻬﺔ، ﺳﺒﻖ ﺍﻟﺤﻜﻢ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻗﻴﺪ ﻋﺪﻡ ﺍﻻﺛﻢ ﺑﻤﺎ ﺇﺫﺍ ﺭﺑﻄﺖ، ﺣﺘﻰ ﻟﻢ ﻳﺒﻖ ﻟﻬﺎ ﺣﺮﻛﺔ، ﻟﻜﻦ ﻓﻴﻪ ﻧﻈﺮ: ﺇﺫ ﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﻫﺬﺍ ﻣﺮﺍﺩﺍ ﻟﻢ ﻳﻔﺮﻗﻮﺍ ﺑﻴﻦ ﻣﺎ ﻫﻨﺎ ﻭﺍﻻﻛﺮﺍﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺰﻧﺎ، ﻻﻥ ﻣﺤﻞ ﺣﺮﻣﺘﻪ ﺣﻴﺚ ﻟﻢ ﺗﺮﺑﻂ ﻛﺬﻟﻚ. ﺍﻩ.
Sumber : http://islamport.com/w/shf/Web/963/1427.htm
ﺍﻟﻔﻘﻪ ﺍﻹﺳﻼﻣﻲ ﻭﺃﺩﻟﺘﻪ ﻟﻠﺰﺣﻴﻠﻲ • ﺍﻟﻤﻮﻗﻊ ﺍﻟﺮﺳﻤﻲ ﻟﻠﻤﻜﺘﺒﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ
. 2ً ـ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺰﻧﺎ: ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺰﻧﺎ ﺇﻣﺎ ﺃﻥ ﻳﻘﻊ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺮﺟﻞ. ﻑ ﺇﺫﺍ ﺃﻛﺮﻫﺖ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺰﻧﺎ: ﻓﻼ ﻳﻘﺎﻡ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺍﻟﺤﺪ ﻋﻨﺪ ﺟﻤﻬﻮﺭ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ، ﺳﻮﺍﺀ ﺃﻛﺎﻥ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﺗﺎﻣﺎً ﺃﻡ ﻧﺎﻗﺼﺎً، ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: {ﻭﻻ ﺗﻜﺮﻫﻮﺍ ﻓﺘﻴﺎﺗﻜﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺒﻐﺎﺀ ﺇﻥ ﺃﺭﺩﻥ ﺗﺤﺼﻨﺎً ﻟﺘﺒﺘﻐﻮﺍ ﻋﺮﺽ ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﻣﻦ ﻳﻜﺮﻫﻬﻦ ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﺑﻌﺪ ﺇﻛﺮﺍﻫﻬﻦ ﻏﻔﻮﺭ ﺭﺣﻴﻢ} [ﺍﻟﻨﻮﺭ/33: 24 ] ﻓﺪﻟﺖ ﺍﻵﻳﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻧﺘﻔﺎﺀ ﺍﻹﺛﻢ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺍﻟﻤﻜﺮﻫﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺰﻧﺎ، ﻭﺇﺫﺍ ﺍﻧﺘﻔﻰ ﺍﻹﺛﻢ ﻋﻨﻬﺎ ﺍﺭﺗﻔﻊ ﺍﻟﺤﺪ.
Sumber : http://shamela.ws/browse.php/book-384/page-4319Lihat Terjemahan
________
Waalaikumussalam...
Kata "diperkosa" identik dengan paksaan atau terpaksa, yakni perlakuan yang tidak didasari dengan kemauan dan kehendak diri sendiri, melainkan karena pihak atau faktor lain.
Dan seseorang bisa dikatagorikan terpaksa itu apabila memenuhi syarat-syarat berikut :
- Pemaksa mampu merealisasikan ancamannya.
- Pihak yang terpaksa tidak kuasa menolak ancaman, serta dengan dugaan kuat bila ditolak ancaman tersebut betul-betul nyata terjadi kepadanya.
Dengan demikian jika seorang wanita telah memenuhi syarat di atas, maka dia selaku pihak yang terpaksa atau dipaksa melayani perzinahan tidaklah berdosa dan tidak dikenai hukuman Hadd.
ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ - ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ
ﻭﺷﺮﻁ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﻗﺪﺭﺓ ﻣﻜﺮﻩ ﺑﻜﺴﺮ ﺍﻟﺮﺍﺀ ﻋﻠﻰ ﺗﺤﻘﻴﻖ ﻣﺎ ﻫﺪﺩ ﺑﻪ ﺑﻮﻻﻳﺔ ﺃﻭ ﺗﻐﻠﺐ ﻋﺎﺟﻼ ﻇﻠﻤﺎ ﻭﻋﺠﺰ ﻣﻜﺮﻩ ﺑﻔﺘﺢ ﺍﻟﺮﺍﺀ ﻋﻦ ﺩﻓﻌﻪ ﺑﻬﺮﺏ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻭﻇﻨﻪ ﺃﻧﻪ ﺇﻥ ﺍﻣﺘﻨﻊ ﺣﻘﻖ ﻣﺎ ﻫﺪﺩﻩ ﺑﻪ ، ﻭﻳﺤﺼﻞ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﺑﺘﺨﻮﻳﻒ ﺑﻤﺤﺬﻭﺭ ﻛﻀﺮﺏ ﺷﺪﻳﺪ ﺃﻭ ﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ﻛﺤﺒﺲ .
Sumber : http://islamport.com/d/2/shf/1/19/1256.html
ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ - ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ
(ﻗﻮﻟﻪ: ﻓﺈﻥ ﺃﻛﺮﻫﺖ) ﺃﻱ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻮﻃﺊ، ﺑﺄﻥ ﻟﻢ ﺗﻘﺪﺭ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻬﺮﺏ ﻭﻻ ﻋﻠﻰ ﻗﺘﻠﻪ ﻓﻼ ﺇﺛﻢ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺑﻮﻃﺌﻪ ﺇﻳﺎﻫﺎ. ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺤﻔﺔ: ﻭﻻ ﻳﺨﺎﻟﻒ ﻫﺬﺍ ﻗﻮﻟﻬﻢ ﺍﻻﻛﺮﺍﻩ ﻻ ﻳﺒﻴﺢ ﺍﻟﺰﻧﺎ ﻟﺸﺒﻬﺔ، ﺳﺒﻖ ﺍﻟﺤﻜﻢ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻗﻴﺪ ﻋﺪﻡ ﺍﻻﺛﻢ ﺑﻤﺎ ﺇﺫﺍ ﺭﺑﻄﺖ، ﺣﺘﻰ ﻟﻢ ﻳﺒﻖ ﻟﻬﺎ ﺣﺮﻛﺔ، ﻟﻜﻦ ﻓﻴﻪ ﻧﻈﺮ: ﺇﺫ ﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﻫﺬﺍ ﻣﺮﺍﺩﺍ ﻟﻢ ﻳﻔﺮﻗﻮﺍ ﺑﻴﻦ ﻣﺎ ﻫﻨﺎ ﻭﺍﻻﻛﺮﺍﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺰﻧﺎ، ﻻﻥ ﻣﺤﻞ ﺣﺮﻣﺘﻪ ﺣﻴﺚ ﻟﻢ ﺗﺮﺑﻂ ﻛﺬﻟﻚ. ﺍﻩ.
Sumber : http://islamport.com/w/shf/Web/963/1427.htm
ﺍﻟﻔﻘﻪ ﺍﻹﺳﻼﻣﻲ ﻭﺃﺩﻟﺘﻪ ﻟﻠﺰﺣﻴﻠﻲ • ﺍﻟﻤﻮﻗﻊ ﺍﻟﺮﺳﻤﻲ ﻟﻠﻤﻜﺘﺒﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ
. 2ً ـ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺰﻧﺎ: ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺰﻧﺎ ﺇﻣﺎ ﺃﻥ ﻳﻘﻊ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺮﺟﻞ. ﻑ ﺇﺫﺍ ﺃﻛﺮﻫﺖ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺰﻧﺎ: ﻓﻼ ﻳﻘﺎﻡ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺍﻟﺤﺪ ﻋﻨﺪ ﺟﻤﻬﻮﺭ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ، ﺳﻮﺍﺀ ﺃﻛﺎﻥ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﺗﺎﻣﺎً ﺃﻡ ﻧﺎﻗﺼﺎً، ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: {ﻭﻻ ﺗﻜﺮﻫﻮﺍ ﻓﺘﻴﺎﺗﻜﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺒﻐﺎﺀ ﺇﻥ ﺃﺭﺩﻥ ﺗﺤﺼﻨﺎً ﻟﺘﺒﺘﻐﻮﺍ ﻋﺮﺽ ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﻣﻦ ﻳﻜﺮﻫﻬﻦ ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﺑﻌﺪ ﺇﻛﺮﺍﻫﻬﻦ ﻏﻔﻮﺭ ﺭﺣﻴﻢ} [ﺍﻟﻨﻮﺭ/33: 24 ] ﻓﺪﻟﺖ ﺍﻵﻳﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻧﺘﻔﺎﺀ ﺍﻹﺛﻢ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺍﻟﻤﻜﺮﻫﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺰﻧﺎ، ﻭﺇﺫﺍ ﺍﻧﺘﻔﻰ ﺍﻹﺛﻢ ﻋﻨﻬﺎ ﺍﺭﺗﻔﻊ ﺍﻟﺤﺪ.
Sumber : http://shamela.ws/browse.php/book-384/page-4319Lihat Terjemahan
صدر
هذا الكتاب آليا بواسطة الموسوعة الشاملة (اضغط هنا للانتقال إلى صفحة الموسوعة
الشاملة على…
islamport.com
>>2.
Kalau tidak dosa, lalu bagaimana kalau dipertengahan permainan wanitu itu
menikmati perkosaan itu?
________
Yang namanya (maaf) lubang vagina ketika kemasukan batang penis (maaf lagi... grin emotikon ) pasti merasakan sesuatu, yakni mula-mula sakit lalu karena cairan jadilah licin, sehingga sebabnya terjadilah gejolak syahwat yang pada ujungnya terasa nikmat.
Demikian itu memang tabiat manusia, sehingga seorang wanita yang dipaksa pun tidak menutup kemungkinan mengalami hal tersebut. Oleh karena itulah dia tetap berstatus sebagai pihak terpaksa. Berbeda halnya bila rasa itu memang timbul atas dasar kemauan dan kehendak diri sendiri.
Dan akan tetapi biasanya rasa takut yang sangat itu bisa meniadakan syahwat bagaimanapun caranya.
ﻓﺘﻮﺣﺎﺕ ﺍﻟﻮﻫﺎﺏ ﺑﺘﻮﺿﻴﺢ ﺷﺮﺡ ﻣﻨﻬﺞ ﺍﻟﻄﻼﺏ ﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﺑﺤﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺠﻤﻞ - ﻣﻮﻗﻊ ﺍﻹﺳﻼﻡ
( ﻗﻮﻟﻪ ﻟﺸﺒﻬﺔ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ) ، ﻭﺍﻟﻈﺎﻫﺮ ﺃﻥ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﻛﻤﺎ ﻳﻤﻨﻊ ﺍﻟﺤﺪ ﻳﻤﻨﻊ ﻛﻮﻧﻪ ﻛﺒﻴﺮﺓ ﺑﺨﻼﻑ ﺍﻟﻘﺘﻞ ﻭﻣﻦ ﺛﻢ ﺃﺟﻤﻌﻮﺍ ﻓﻴﻪ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺒﺎﺡ ﺑﺎﻹﻛﺮﺍﻩ ﺑﺨﻼﻑ ﺍﻟﺰﻧﺎ ﺗﺄﻣﻞ ﺍ ﻫـ ﺡ ﻝ . ﻭﻋﺒﺎﺭﺓ ﺣﺞ ﻫﺬﺍ ﻣﺒﻨﻲ ﻋﻠﻰ ﺗﺼﻮﺭ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﺑﺎﻟﺰﻧﺎ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ﻭﺍﻻﻧﺘﺸﺎﺭ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺤﺼﻞ ﻋﻨﺪﻩ ﺇﻥ ﺣﺼﻞ ﻃﺒﻴﻌﻲ ﻭﺟﺒﻠﻲ ﻻ ﺍﺧﺘﻴﺎﺭ ﻟﻠﻨﻔﺲ ﻓﻴﻪ ﺍﻧﺘﻬﺖ .
Sumber : http://www.al-islam.com/Page.aspx?pageid=695&BookID=520...
________
Yang namanya (maaf) lubang vagina ketika kemasukan batang penis (maaf lagi... grin emotikon ) pasti merasakan sesuatu, yakni mula-mula sakit lalu karena cairan jadilah licin, sehingga sebabnya terjadilah gejolak syahwat yang pada ujungnya terasa nikmat.
Demikian itu memang tabiat manusia, sehingga seorang wanita yang dipaksa pun tidak menutup kemungkinan mengalami hal tersebut. Oleh karena itulah dia tetap berstatus sebagai pihak terpaksa. Berbeda halnya bila rasa itu memang timbul atas dasar kemauan dan kehendak diri sendiri.
Dan akan tetapi biasanya rasa takut yang sangat itu bisa meniadakan syahwat bagaimanapun caranya.
ﻓﺘﻮﺣﺎﺕ ﺍﻟﻮﻫﺎﺏ ﺑﺘﻮﺿﻴﺢ ﺷﺮﺡ ﻣﻨﻬﺞ ﺍﻟﻄﻼﺏ ﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﺑﺤﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺠﻤﻞ - ﻣﻮﻗﻊ ﺍﻹﺳﻼﻡ
( ﻗﻮﻟﻪ ﻟﺸﺒﻬﺔ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ) ، ﻭﺍﻟﻈﺎﻫﺮ ﺃﻥ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﻛﻤﺎ ﻳﻤﻨﻊ ﺍﻟﺤﺪ ﻳﻤﻨﻊ ﻛﻮﻧﻪ ﻛﺒﻴﺮﺓ ﺑﺨﻼﻑ ﺍﻟﻘﺘﻞ ﻭﻣﻦ ﺛﻢ ﺃﺟﻤﻌﻮﺍ ﻓﻴﻪ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺒﺎﺡ ﺑﺎﻹﻛﺮﺍﻩ ﺑﺨﻼﻑ ﺍﻟﺰﻧﺎ ﺗﺄﻣﻞ ﺍ ﻫـ ﺡ ﻝ . ﻭﻋﺒﺎﺭﺓ ﺣﺞ ﻫﺬﺍ ﻣﺒﻨﻲ ﻋﻠﻰ ﺗﺼﻮﺭ ﺍﻹﻛﺮﺍﻩ ﺑﺎﻟﺰﻧﺎ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ﻭﺍﻻﻧﺘﺸﺎﺭ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺤﺼﻞ ﻋﻨﺪﻩ ﺇﻥ ﺣﺼﻞ ﻃﺒﻴﻌﻲ ﻭﺟﺒﻠﻲ ﻻ ﺍﺧﺘﻴﺎﺭ ﻟﻠﻨﻔﺲ ﻓﻴﻪ ﺍﻧﺘﻬﺖ .
Sumber : http://www.al-islam.com/Page.aspx?pageid=695&BookID=520...
الإسلام
: أضخم كم من المصادر والعلوم…
al-islam.com
Kami pernah membahas seputar ancaman
dalam paksaan sewaktu masih bernama BG. Silahkan baca sendiri di sini : https://mobile.facebook.com/notes/pustaka-ilmu-sunni-salafiyah-ktb-piss-ktb/2579-bolehkah-menuruti-paksaan-berzina-demi-menyelamatkan-120000-jiwa-/623656237657188/?__tn__=C
>
وشرط الإكراه قدرة مكره بكسر الراء
على تحقيق ما هدد به بولاية أو تغلب عاجلاظلما وعجز مكره بفتح الراء عن دفعه بهرب
وغيره كاستغاثة بغيره وظنه أنه إن إمتنع من فعل ما أكره عليه حققه أى ما هدد به
ويحصل الإكراه بتخويف بمحذور كضرب شديد أو حبس أو إتلاف مال. فتح الوهاب ٢/٧٢٠-٧٣
Dan kondisi paksaan kemampuan mkrh patah
lrạ’ menyadari apa yang mengancam dengan, atau beat mendesak z̧lmạ
defisit mkrh unzip lrạ’ tentang bayar bhrb podcast dan lain lain dengan bantuan
dan pikirkan bahwa jika mtn‘ melakukan apa yang saya benci itu benar. Melihat
apa yang mengancam itu membuatku paksaan untuk dan menambahkan ḩdhwr berjalan dengan Tuhan sangat atau menahan atau
merusak uang. Membuka wahhâb 2/720-73
Asal https://www.facebook.com/groups/MTTM1/permalink/1689126957967524/
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik