Langsung ke konten utama

NIFAS

2⃣4⃣ Materi Risalatulmahidl:

BAB NIFAS

Nifas adalah darah yang keluar dari vagina setelah lahirnya anak (rahim telah kosong) walaupun yang terlahir masih berupa gumpalan darah ataupun gumpalan daging.
dengan catatan keluarnya darah tersebut sebelum melewati 15hari terhitug dari keluarnya sang bayi.
Dengan demikian jika:
~ darah keluar setelah  melewati 15hari dari kelahiran si mungil maka tidak ada darah nifas d sini.
Contoh:
tanggal 1 melahirkan anak tanpa ada darah yang keluar setelah bayi lahir.
pada tanggal 17 darah keluar.
maka dalam contoh ini tidak ada nifas.
darah yang keluar pada tanggal 17 di hukumi haid jika sesuai dengan kriteria haid.
(mencapai 24jam dan tidak  melebihi 15hari)
~ darah keluar sebelum melewati 15 hari dari kelahiran sang bayi maka mulai dari permulaan darah yang keluar sampai pada masa 60hari kedepan di hukumi nifas,sementara adanya naqo' (tidak keluar darah) di hukumi suci meskipun terhitung nifas.
Contoh:
tanggal 1 melahirkan ,setelah bayi lahir tidak keluar darah sampai dengan tanggal 10.
Lalu tanggal 11 keluar darah sampai hari ke 60.
maka:
tanggal 1 sd tgl 10 di hukumi suci.
tgl 11 sampai hari ke 60 di hukumi nifas.
Jadi hukum nifas di mulai tanggal 11
Namun menghitung nifas di mulai pada tanggal 1 (pasca lahirnya anak).
sehingga ketika di hukumi suci maka berlaku lah hukum2nya orang suci seperti sholat,puasa dan boleh brhubungan dengan suami,dan ketika ada shalat yang tertinggal di waktu tersebut maka wajib di qodlo'i, dengan demikian jika pasca melahirkan tidak ada darah yang keluar maka wajib mandi wiladah dan menjalankan aktifitas orang suci.

والله اعلم بالصواب

2⃣5⃣ Materi Risalatulmahidl:

DARAH YANG KELUAR SEBELUM MELAHIRKAN

Dari definisi nifas di atas jika fokus pada kata  " setelah lahirnya anak " maka darah yang keluar pada saat2 akan melahirkan  (nglarani,red jawa) tidak di sebut nifas termasuk darah yang keluar bersamaan dengan anak.

maka hukumnya :
~  jika di sambung dengan darah sebelumnya darah telah mencapai 24 jam maka di hukumi haid,walaupun darah sebelumnya belum mencapai  24 jam.
Contoh :
wanita hamil keluar darah selama 10hari.
kemudian melahirkan dan darah tetap keluar.
setelah anak dalam kandungan telah lahir, darah keluar terus sampai 30 hari .
maka darah yang keluar selama 10hari serta darah yang keluar saat melahirkan (pada saat merasakan sakit & bersamaan dengan  keluarnya anak) di hukumi haid.
darah yang keluar setelah lahirnya bayi di hukumi nifas.

Contoh :
2 hari sebelum melahirkan wanita hamil keluar darah 20 jam.
pada saat akan melahirkan mengalami sakit berat di sertai pendarahan selama 4jam hingga  sang bayi lahir dengan masih keluar darah.
maka hukumnya :
darah yang keluar sebelum bayi lahir (20jam sebelum melahirkan & 4jam di saat proses  bayi akan lahir) di hukumi haid.
darah yang keluar stelah bayi lahir di hukumi nifas.

~ jika tidak mencapai 24 jam meskipun di sambung dengan darah seblumnya maka di sebut darah fasad.
Contoh :
pukul 12.00 wanita hamil mengalami pendarahan di sertai dengan rasa sakit yang hebat sampai pada pukul 22.00 lahirlah sang bayi di sertai dengan pendarahan pula.
setelah bayi benar2 lahir darah keluar sampai 30 hari.
maka hukumnya :
darah yang keluar  pada pukul 12.00 sd 22.00 termasuk yang keluar bersamaan dengan sang bayi di hukumi fasad.
darah yang keluar setelah bayi lahir selama 30 hari di hukumi nifas.

Nb: darah yang keluar pada saat akan  melahirkan (nglarani)  sebetulnya ada hilaf tapi penjelasan di atas sy ambil satu pendapat supaya pembaca tidak makin bingung.

والله اعلم بالصواب

2⃣6⃣ Materi Risalatulmahidl:

MASA MASA NIFAS
▶️  Minimal masa nifas adalah setetes (sebentar ).

▶️  umumnya nifas terjadi 40hari.
▶️ maksimal masa nifas adalah 60 hari 60 malam.
▶ ️masa suci pemisah antara nifas dan haid  atau haid dan nifas atau nifas dan nifas bisa di fahami dari penjelasan berikutnya.

 NAQO' ( tidak keluar darah) DALAM BAB NIFAS.
wanita yang habis melahirkan  jika mengeluarkan darah terputus2 terdapat perincian sbb:
✅   jika darah keluar masih berada dalam lingkup masa 60 hari  terhitung setelah lahirnya bayi maka:
 🔹jika naqo' tidak mencapai 15hari 15 malam maka semua di hukumi nifas.
Contoh 1:
pasca melahirkan
Keluar darah 20 hari
tidak keluar 10 hari
Keluar darah lagi 10 hari
tidak keluar 10 hari
Keluar darah lagi 10 hari.
maka seluruhnya di hukumi nifas,termasuk naqo'nya (menurut qoul sahbi / sama dengan pembahasan naqo' dalam bab haid).
🔹 jika naqo' mencapai 15hari  maka:
darah yang keluar sebelum naqo' di hukumi nifas.
darah yang keluar setelah naqo' di hukumi  haid.

Contoh 2:
pasca mlahirkn
Keluar darah 15 hari.
tidak keluar darah 15hari.
Keluar darah lagi 15 hari.
Maka hukumnya :
15 hari pasca lahiran di hukumi nifas.
15 hari pasca naqo' di hukumi haid.
15 hari naqo' menjadi suci pmisah antara nifas dan haid.

✅ jika keluar darah di luar masa 60 hari maka:
🔸 jika terdapat naqo' setelah masa 60 hari 60 malam walaupun cuma sebentar maka darah yang keluar di masa 60 hari di hukumi nifas dan darah yang keluar di luar masa 60hari di hukumi haid.

~ bisa jadi naqo' di mulai sebelum 60 hari dan berlangsung setelah 60 hari.

Contoh 3:
pasca melahirkan
Keluar darah 59 hari.
tidak keluar darah 3 hari.
Keluar darah lagi 15 hari.
maka hukumnya :
59 hari di hukumi nifas.
15 hari di hukumi haid.
3 hari di hukumi suci yang menjadi pemisah antara nifas dengan haid.

 ~ atau naqo' terjadi setelah 60 hari saja.
maka bisa di pastikan  darah yang keluar setelah naqo' di hukumi haid jika sesuai dengan kriteria haid.
Contoh 4:
pasca melahirkan
Keluar darah 60 hari.
tidak keluar 1 menit atau bahkan sebentar saja.
Keluar lagi 15 hari.
maka hukumnya :
60 hari di hukumi nifas.
15 hari di hukumi haid.
naqo' yang hanya sebentar saja di hukumi suci yang menjadi pemisah antara nifas & haid.

🔸 jika tidak ada naqo' sama sekali atau ada naqo' kurang dari 15hari dalam masa 60 hari maka di hukumi istihadhoh (perlu meninjau pada klasifikasi mustahadhoh sebagai mana dalam bab haid)
Contoh 5:
setelah melahirkan
Keluar darah 20 hari
tidak keluar 10 hari
Keluar darah 20 hari
tidak keluar darah 5 hari
Keluar lagi 10 hari
maka hukumnya istihadhoh (perlu melihat klasifikasi mustahadhoh).
Contoh 6:
setelah melahirkan keluar darah 70 hari.
maka hukumnya istihadhoh (perlu melihat klasifikasi mustahadzoh).

والله اعلم بالصواب

2⃣7⃣ Materi Risalatulmahidl:

SUCI YANG MEMISAHKAN NIFAS

Dari beberapa contoh di atas dapat di ketahui bahwa pemisah antara haid dengan nifas juga pemisah antara nifas dengan haid adalah relatif.

Pemisah nifas dengan haid itu
ada yang 15hari seperti pada contoh 2
ada yang 3hari seperti pada contoh 3.
ada yang 1 menit atau hanya sebentar  saja seperti pada contoh 4.
pemisah haid dengan nifas
juga tidak ada ketentuan bahkan ada yang tidak ada sama sekali seperti dalam contoh pada materi 23 tentang darah yang keluar sebelum melahirkan dan berlanjut hingga melahirkan.

Ada pula yang di pisah dengan beberapa masa yang tidak sampai 15 hari.
Contoh :
wanita hamil,
Keluar darah 7 hari.
tidak keluar 5 hari.
lalu melahirkan,setelah itu keluar darah 40hari.
maka hukumnya:
7 hari di hukumi haid
40 hari di hukumi nifas
5 hari menjadi pemisah haid dengan nifas.

Dan yang tertinggal adalah pemisah nifas dengan nifas lainnya, bisakah hal ini terjadi ???

simak cerita ini :
seorang wanita melahirkan dan keluar darah nifas,
Di masa tersebut ,dia bersetubuh dengan suami (jangan di tiru, ini haram lo ya)  Kemudian positif hamil.
tiba saatnya nifas usai (60hari 60 malam) janin keluar (keguguran) dan keluar darah.

Pemisah nifas dengan nifas lainnya dalam contoh ini tidak ada.
atau bisa jadi ada.

والله اعلم بالصواب

2⃣8⃣Materi Risalatulmahidl:

MUSTAHADHOH NIFAS
Sama halnya dalam bab haid,istihadhoh pada bab nifas ini pun juga perlu melihat tentang keadaan mustahadhoh apakah  mumayyizah dan apakah mubtadaah ataukah mu'tadah.
hanya saja dalam bab nifas syarat mumayyizah hanya satu,yaitu darah kuat tidak melebihi maksimal haid ( 60 hari 60 malam).
maka:
~ jika mubtadaah mumayyizah, yang di jadikan acuan hukum adalah darah kuat di hukumi nifas, darah lemah di hukumi istihadhoh.
~jika mubtadaah ghoiru mumayyizah, maka nifasnya hanya sbentar/stetes.
~jika mu'tadah mumayyizah yang tidak sama dengan adatnya maka darah yang kuat di hukumi nifas, darah lemah di hukumi istihadhoh.
~ jika mu'tadah ghoiru mumayyizah maka hukumnya mengacu pada adat nifas,dalam hal ini pun sama persis dengan mustahadhoh dalam bab haid tentang perincian hukumnya.
> mumayyizah tidak penuhi syarat  hukumnya sama dengan ghoiru mumayyizah.

Berikut beberapa gambara mustahadhoh nifas:
1⃣
 مبتدأة في الحيض والنفاس المميزة
wanita yang tidak punya adat haid maupun nifas,dan bisa membedakan darahnya.
Contoh:
setelah melahirkan keluar
darah merah 50 hari.
darah kuning 20 hari.
darah merah 10 hari.
darah kuning 20 hari.

maka hukumnya:
hari ke 1 sd ke 50 di hukumi nifas.
hari ke 51 sd ke 70 di hukumi istihadhoh.
hari ke 71 sd ke 80 di hukumi haid.
hari ke 81 sd ke100 di hukumi istihadhoh.
2⃣
 معتادة في الحيض  والنفاس المميزة
orang  yang punya adat haid dan nifas dan bisa membedakan darah,hukum nifas dan haidnya mengacu pada darah yang kuat.
Contoh :
adat haid  10 hari.
adat suci 20 hari.
adat nifas 40 hari.
setelah melahirkan ,keluar darah merah 50 hari.
darah kuning 20 hari.
darah merah 10 hari.
darah kuning 50 hari.
maka hukumnya :
pasca lahiran,
hari ke 1 sd ke 50 di hukumi nifas.
hari ke 51 sd 70 (kuning) di hukumi istihadhoh.
hari ke 71 sd 80 (merah) di hukumi haid.
hari ke 81 sd 100 (kuning) di hukumi istihadhoh.
hari ke 101 sd 110 (kuning) di hukumi haid (kembali pd adat).
hari ke 111 sd  ke 130 (kuning) di hukumi istihadhoh.
3⃣
المبتدأة في الحيض  والنفاس غير المميزة
mustahadhoh yang tidak mempunyai adat haid maupun nifas,dan tidak bisa membedakan darahnya.
Contoh :
pasca melahirkan keluar darah selama 90 hari.
maka hukumnya :
masa sebentar (setetes) pasca lahiran di hukumi nifas,berikutnya
hari ke 1 sd hari ke 29 di hukumi istihadhoh.
hari ke 30 di hukumi haid.
hari ke 31 sd 59 di hukumi istihadhoh.
hari ke 60 di hukumi haid.
hari ke 61 sd 89 di hukumi istihadhoh.
hari ke 90 di hukumi haid.
4⃣
المعتادة في الحيض  المبتدأة في النفاس غير مميزة.
mustahadhoh yang mempunyai adat haid namun tidak mempunyai adat nifas dan tidak bisa membedakan darahnya.
Contoh :
adat haid 5 hari.
adat suci 25 hari.
pasca lahiran keluar darah 90 hari.
maka hukumnya :
pasca lahiran di hukumi nifas sebentar saja (setetes).
berikutnya
hari ke 1 sd ke 25 di hukumi istihadhoh.
hari ke 26 sd ke 30 di hukumi haid.
hari ke 31 sd ke 55 di hukumi istihadhoh.
hari ke 56 sd ke 60 di hukumi haid.
hari ke 61 sd ke 85 di hukumi istihadhoh.
Hari ke 86 sd ke 90 di hukumi haid.
5⃣
 المعتادة في النفاس المبتدأة في الحيض غير المميزة
mustahadhoh yang mempunyai adat nifas,tapi tidak mempunyai adat haid.
adat nifas 40hari.
pasca lahiran keluar darah 100 hari.
maka hukumnya :
hari ke 1 sd ke 40 di hukumi nifas.
hari ke 41 sd ke 69 di hukumi istihadhoh.
hari ke 70 di hukumi haid.
hari ke 71 sd 99 di hukumi istihadhoh.
hari ke 100 di hukumi haid.
6⃣
المعتادة في الحيض  والنفاس غير المميزة
mustahadhoh yang mempunyai adat haid dan nifas,dan tidak bisa membedakan darahnya.
adat haid 10hari.
adat suci 20hari.
adat nifas 40hari.
pasca melahirkan keluar darah  selama 90 hari.
Hukumnya:
40 hari pasca lahiran di hukumi nifas
20 hari di hukumi istihadhoh.
10 hari di hukumi haid.
20 hari di hukumi istihadhoh.

7⃣
المتحيرة في النفاس والحيض
mustahadhoh yang tidak bisa membedakan darahnya dan mempunyai adat haid juga nifas,namun tidak ingat akan adatnya sama sekali.
Contoh :
pasca melahirkan keluar darah 90 hari.
maka hukumnya :
pasca lahiran nifas setetes.
selebihnya mutahayyiroh (sama dengan penjelasan pada bab haid)
والله اعلم بالصواب

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan