Langsung ke konten utama

DARAH DISELA-SELA HAIDL

*SOAL*

Soal masuk tanggal 11 09 2017

Bahsulmasail#
*Perempuan yg haid itu yang di hitung hari mulai haid atau hari haidnya kah??*
misal tgl 1 sampai 15??atau misal hr haid 5 hari haid lalu 5 hari bersih lalu haid lg 5 hari lalu bersih 5 hr dan haid lg 5 hr...mhn penjelasanya trm kasih#ujri

*JAWAB*

haid d hitung ketika darah keluar & mlebihi spaling kurang haid(sehari semalam/24 jam) bukan banyaknya hari keluar darah......
Jadi, misal yg ada d soal:
Misal prtama keluar darah    dari hari prtama smpai hari ke 15.....maka d hukum kan haid karna melebihi sehari semalam dan tidak lebih dari spaling bnyak haid(15 hari)
Misal kedua......5 hari kluar darah 5 hari bersih kmudian kluar darah lg 5 hari lalu bersih 5 hari lalu keluar lagi 5 hari.....maka 5 hari prtama kluar darah & 5 hari kedua kluar darah d hukumkan haid, dan 5 hari bersih yg prtama d hukumkan haid karna trletak antara dua haid yg dua haid itu masih dlm cakupan 15 hari, sedangkan 5 hari bersih yg kedua hukumnya suci...dan 5 hari kluar darah yg ketiga hkumnya istihadah/suci krna tidak mungkin d bilangkan haid karna spaling kurang suci 15 hari....
jadi klo kita umpamakan pakai tanggal 1 smpai 30.... tanggal 1 smpai 15 haid....(mskipun tanggal 6 smpai 10 bersih ttpi d hukumkan haid krna trletak antara dua haid yg keduanya masih dlm cakupan 15 hari) kemudian tnggal 16 smpai 20 suci, 21 smpai 25 hukum suci krna alasan di atas....

النقاء المتخلل بين دماء الحيض يحكم بالحيض بالشروط التالية:
1. أن لا يجاوز مجموع الدماء مع النقاء خمسة عشر يوما
2. أن لا ينقص مجموع الدماء عن أقل الحيض
(الإبانة والإفاضة في أحكام الحيض والنفاس والاستحاضة: 26-27)

#############

Jd siwanita dalam 5 hari yg tidak keluar darah,, kyapa hukum smbahyang n puasax,,,

Sebagaimana wanita d hukumkan haid ketika melihat darah demikian juga wanita di bilangkan suci dengan terputusnya darah setelah melebihi sepaling kurang haid.....maka wajib baginya mandi...sholat....dan juga puasa...dan halal menyetubuhinya.....kemudian jika trnyata kembali kluar darah pd masa cakupan haid(15 hari) maka jelaslah jatuh ibadahnya pada masa haid....maka wajib baginya mengqadha puasa....dan tiada berdosa baginya dan suaminya dgn bersetubuh....karna masalah ini brdasarkan hukum dzohir....kmudian apabila trputus lagi darahnya maka d hukumkan suci....demikianlah selama tdk melebihi 15 hari.....
(المرجع السابق: 31-32)

Klau sdh menjadi kebiasaan si wanita...dia selang seling keluar darah dan bersihnya...apakah wajib mandi dan sholat ktika bersih....maka khilaf ulama....
1.mnurut imam rofi'i kd prlu, krna kebiasaanya sdh tahu maka mnunggu hbskan haid hnyar mandi
2. Mnurut imam nawawi wajib mnggawi stiap kali suci...
(المرجع السابق:32)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا