Langsung ke konten utama

Ketentuan Daur Mubtadiah

Rumusan Pembahasan Haid No. 07

Ketentuan Daur Mubtadiah

Lemah 1 tahun
kuat 6 hari

Maka jika mubtadaah

Haidnya 1 hari suci 29 hari dst. Untuk daur terakhir

-- Jika tidak lebih 15 maka haid semua (lemah + kuat) sbb tdk termasuk istihadlah.

-- Jika lebih 15 maka haidnya hanya darah kuat saja sebab mumayizah

1 th hijriah = 354 hari + 6 kuat = 360

satu daur = 30 hari. Maka

Daur 1 = 30 jumlah 30
Daur 2 = 30 jumlah 60
Daur 3 = 30 jumlah 90
Daur 4 = 30 jumlah 120
Daur 5 = 30 jumlah 150
Daur 6 = 30 jumlah 180
Daur 7 = 30 jumlah 210
Daur 8 = 30 jumlah 240
Daur 9 = 30 jumlah 270
Daur 10 = 30 jumlah 300
Daur 11 = 30 jumlah 330
Daur 12 (terakhir) = 30 total 360

Daur terakhir haidnya hanya darah kuat

1 th masehi = 365 hari + 6 kuat = 371

satu daur = 30 hari. Maka

Daur 1 = 30 jumlah 30
Daur 2 = 30 jumlah 60
Daur 3 = 30 jumlah 90
Daur 4 = 30 jumlah 120
Daur 5 = 30 jumlah 150
Daur 6 = 30 jumlah 180
Daur 7 = 30 jumlah 210
Daur 8 = 30 jumlah 240
Daur 9 = 30 jumlah 270
Daur 10 = 30 jumlah 300
Daur 11 = 30 jumlah 330
Daur 12 = 30 total 360
Daur 13 terakhir = 11 total 371

Daur terakhir haid semua (5 lemah + 6 kuat) sebab tidak lewat 15 hari

Jika ada ibarat yang menyatakan bahwa semua darah lemah hukumnya suci dan darah kuat adalah haid walau darah kuatnya di akhir, ialah jika terjadi dalam 30 hari

Penentuan mumayyizah atau tidak hanya menunggu 30 hari. Jika dalam 30 hari tdk memenuhi syarat tamyiz maka tidak perlu menunggu darah kuat yg terjadi pada bulan berikutnya

Permsalahan berbeda jika:

Kuat 6 hari
lemah 1 tahun

Maka

haid 6
Suci 1 tahun

وفي المجموع عن كثيرين لو رأت المبتدأة دما احمر واستمر شهرا ثم رأت في الشهر الثانـي خمسة سوادا ثم باقيه حمرة ثم رأت في الثالث دما مبهما واطبق ففي الشهر الاول هي مبتدأة لا تمييزلها وفي مردها القولان اي واصحهما يوم وليلة وطهرها تسع وعشرون وفي الشهر الثانـي مميز ترد الى التمييز وفي الثالث ان قلنا تثبت العادة بمرة اي وهو الاصح فحيضها خمسة ايام اهـ الفتاوى الكبرى الفقهية 1/104

تحفة مع الشرواني:

ﻭﻟﻮ ﺭﺃﺕ ﻣﺒﺘﺪﺃﺓ ﺧﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ ﺣﻤﺮﺓ ﺛﻢ ﻣﺜﻠﻬﺎ ﺃﺳﻮﺩ ﺗﺮﻛﺖ اﻟﺼﻼﺓ ﻭاﻟﺼﻮﻡ ﺟﻤﻴﻊ اﻟﺸﻬﺮ؛ ﻷﻧﻪ ﻟﻤﺎ اﺳﻮﺩ ﻓﻲ اﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﺗﺒﻴﻦ ﺃﻥ ﻣﺎ ﻗﺒﻠﻪ اﺳﺘﺤﺎﺿﺔ، ﺛﻢ ﺇﻥ اﺳﺘﻤﺮ اﻷﺳﻮﺩ ﻛﺎﻧﺖ ﻏﻴﺮ ﻣﻤﻴﺰﺓ ﻓﺤﻴﻀﻬﺎ ﻳﻮﻡ ﻭﻟﻴﻠﺔ ﻣﻦ ﺃﻭﻝ ﻛﻞ ﺷﻬﺮ ﻭﻗﻀﺖ اﻟﺼﻼﺓ ﻓﻼ ﻳﺘﺼﻮﺭ ﻣﺴﺘﺤﺎﺿﺔ ﺗﺆﻣﺮ ﺑﺘﺮﻙ اﻟﺼﻼﺓ ﻭاﻟﺼﻮﻡ ﺇﺣﺪﻯ ﻭﺛﻼﺛﻴﻦ ﻳﻮﻣﺎ ﺇﻻ ﻫﺬﻩ،

ﻭﻟﻴﺲ ﻗﻴﺎﺱ ﻫﺬا ﻣﺎ ﻟﻮ ﺭﺃﺕ ﺃﻛﺪﺭ ﺧﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ ﺛﻢ ﺃﺻﻔﺮ، ﺛﻢ ﺃﺷﻘﺮ، ﺛﻢ ﺃﺣﻤﺮ، ﺛﻢ ﺃﺳﻮﺩ ﻛﺬﻟﻚ، ﺛﻢ ﺃﺳﻮﺩ ﺛﺨﻴﻨﺎ ﺃﻭ ﻣﻨﺘﻨﺎ، ﺛﻢ ﺛﺨﻴﻨﺎ ﻣﻨﺘﻨﺎ ﻛﺬﻟﻚ ﺣﺘﻰ ﺗﺘﺮﻙ ﺫﻳﻨﻚ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﺷﻬﺮ ﻭﻧﺼﻔﺎ ﺧﻼﻓﺎ ﻟﺠﻤﻊ ﻷﻧﺎ ﺇﻧﻤﺎ ﺭﺗﺒﻨﺎ اﻟﺤﻴﺾ ﻓﻴﻤﺎ ﻣﺮ ﻋﻠﻰ اﻟﺨﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ اﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﻟﻨﺴﺨﻬﺎ ﻟﻷﻭﻟﻰ ﻟﻘﻮﺗﻬﺎ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻣﻌﺎﺭﺽ ﻣﻊ ﺃﻥ اﻟﺪﻭﺭ ﻟﻢ ﻳﺘﻢ ﻭﻫﻨﺎ ﻟﻤﺎ ﺗﻢ اﻟﺪﻭﺭ ﺛﻢ اﺳﺘﻤﺮ اﻟﺪﻡ ﻟﻢ ﻳﻨﻈﺮ ﻟﻠﻘﻮﺓ ﻷﻧﻪ ﻋﺎﺭﺿﻬﺎ ﺗﻤﺎﻡ اﻟﺪﻭﺭ اﻟﻤﻘﺘﻀﻲ ﻟﻠﺤﻜﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﺣﻴﺚ ﻣﻀﻰ ﻭﻟﻢ ﻳﻮﺟﺪ ﻓﻴﻪ ﺗﻤﻴﻴﺰ ﺑﺄﻥ ﻳﻮﻣﺎ ﻭﻟﻴﻠﺔ ﻣﻨﻪ ﺣﻴﺾ ﻭﺑﻘﻴﺘﻪ ﻃﻬﺮ ﻓﻮﺟﺐ ﻓﻲ اﻟﺪﻭﺭ اﻟﺜﺎﻧﻲ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻛﺬﻟﻚ ﻋﻤﻼ ﺑﺎﻷﺣﻮﻁ اﻟﻤﺒﻨﻲ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻣﺮﻫﺎ،

ﺃﻣﺎ اﻟﻤﻌﺘﺎﺩﺓ ﻓﻴﺘﺼﻮﺭ ﺗﺮﻛﻬﺎ ﻟﺬﻳﻨﻚ ﺧﻤﺴﺔ ﻭﺃﺭﺑﻌﻴﻦ ﻳﻮﻣﺎ ﺑﺄﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﻋﺎﺩﺗﻬﺎ ﺧﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ ﺃﻭﻝ ﻛﻞ ﺷﻬﺮ ﻓﺘﺮﻯ ﺃﻭﻝ ﺷﻬﺮ ﺧﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ ﺣﻤﺮﺓ، ﺛﻢ ﻳﻨﻄﻖ اﻟﺴﻮاﺩ ﻓﺘﺘﺮﻙ اﻟﺨﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ اﻷﻭﻟﻰ ﻟﻠﻌﺎﺩﺓ، ﺛﻢ اﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﻟﻠﻘﻮﺓ ﺭﺟﺎء اﺳﺘﻘﺮاﺭ اﻟﺘﻤﻴﻴﺰ، ﺛﻢ اﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ﻷﻧﻪ ﻟﻤﺎ اﺳﺘﻤﺮ اﻟﺴﻮاﺩ ﺑﺎﻥ ﺃﻥ ﻣﺮﺩﻫﺎ اﻟﻌﺎﺩﺓ

(ﻗﻮﻟﻪ ﻟﻤﺎ ﺗﻢ اﻟﺪﻭﺭ) ﺃﻱ ﺗﻢ اﻟﺜﻼﺛﻮﻥ. (ﻗﻮﻟﻪ ﻟﻠﻘﻮﺓ) ﺃﻱ ﻟﻠﺜﺎﻟﺜﺔ. (ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻤﺎﻡ اﻟﺪﻭﺭ) ﺃﻱ اﻷﻭﻝ ﺑﺘﻤﺎﻡ اﻟﺨﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ اﻟﺜﺎﻧﻴﺔ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا