Langsung ke konten utama

Surat Izin Dagang



Surat Izin Dagang
Untuk mendirikan suatu usaha dalam Negara kita ada istilah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), hal ini untuk meneliti keberadaan produksi perdagangan, apakah sudah sesuai aturan kesehatan atau tidak. Dan tak jarang dari sekian pengusaha, yang ketika diteliti sudah sesuai prosedur usaha, namun lama kelamaan pudar dan tidak sesuai aturan main yang telah ditetapkan pemerintah.

² Pertanyaan
a.       Apa sebutan SIUP dalam kaca mata fiqh ?
b.       Apa hukum memanipulasi biar mendapatkan SIUP ?
c.        Apakah boleh minum obat yang nanti akan menjadikan kecanduan ?

² Jawaban
a.       Secara khusus belum ditemukan istilah SIUP dalam fiqh, namun secara global bisa digolongkan sebagai suatu aturan pemerintah demi kemaslahatan umum

Kebijakan Pemerintah
²  Ikhlilul Karomah Hal: 74
قال المفسرون ومن جملة ما يجب فيه طاعة اولي الامر تدبير امر المعاشي وجلب المصالح ودفع المضار والمفاسد الدنياوية (اكلبل الكرامة . 74 )

Para ahli tafsir menjelaskan bahwasanya; diantara kebijakan pemerintah yang harus dipatuhi adalah kebijakan tentang aturan hidup bernegara dalam rangka mencapai kemaslahatan dan menekan laju kerusakan urusan duniawi.

b.       Manipulasi tidak diperbolehkan, karena ada unsur penipuan

Manipulasi
²  Isa’durrofiq Hal: 76
ومنها الكذب عند اهل السنة الاخبار بالشئ بخلاف الواقع اي علي خلاف ما هو علبه سواء علم ذلك وتعمده ام لا واما العلم والتعمد فانما هي شرطان للاثم ( اسعاد الرفيق . 2 \ 76 )

Juga termasuk kategori maksiat lisan adalah; berbohong (memberi khabar tidak sesuai kenyataan) baik tahu atau tidak (kalau itu tidak sesuai kenyataan) disengaja atau tidak. Namun bila ia tidak tahu atau tidak sengaja maka tidak sampai berdosa.

    Tadlis Fi'li (Rekayasa)
²  Al- Fiqh Al- islamy Vol: 4 Hal: 218-219
اما التدليس الفعلي فهو احداث فعل في المعقود عليه ليظهر بصورة غير ما هم عليه في الواقع اي انه تزوبر الوصف في المعقود عليه او تغييره بقصد الايهام كتوجيه البضاعة المعروضة للبيع بوضع الجيد في الاعلي وطلاء الاثاث والمفروشات القديمةوالسيارات لتظهر انها حديثة والتلاعب بعداد السيارة لتظهر بانها قلبل الاستعمال  (الفقه الاسلامي . 4 \ 218-219)

Yang dimaksud dengan Tadlis fi'li adalah merekayasa barang dagangan agar terkesan tidak sebagaimana keadaan yang sebenarnya, seperti mempromosikan dagangan dengan menaruh yang baik diatas dan yang jelek dibawah, memoles-moles barang yang lama biar terkesan baru, bersandiwara dengan memalingkan para konsumen yang sedang berjalan agar terkesan bahwa barang dagangannya jarang dipakai.

c.        Boleh, pada batasan sebagai obat, dan bila terjadi kecanduan sebab bahan yang mengandung dlarar, maka wajib mengurangi sedikit demi sedikit

Hukum Berobat
²  Bujairimy AL- Khotib Vol: 2 Hal: 270
ويسن التداوي لخبر " ان الله لم يضع داء الا جعل له دواء غير هرم (بجيرمي علي الخطيب . 2 \ 270 )

Berobat itu sunnah hukumnya, sebagaimana hadits Nabi Saw. Susungguhnya Allah tidak menjadikan suatu penyakit kecuali juga menjadikan obat/penawarnya kecuali penyakit pikun (maka tidak ada obatnya)

    Kecanduan Dan Solusinya
²  Al- fatawy AL- Kubro Vol: 4 Hal: 259
(وسئل ) رضي الله عنه عمن ابتلي باكل نحو الفيون وصار ان لم ياكل منه هلك, هل يباح له حينئذ اكله ام لا ؟
(فاجاب) عفا الله تبارك وتعالي عنه بقوله اذا علم علما قطعيا بقوله الاطباء او التجربة الصحيحة الصادفة انه لا دافع الخشية ملاكه الا اكله من نحو الافيو القدر الذي اعتاده او قريبا منه حل له اكله بل وجب علبه لانه مضطر اليه في بقاء روحه فهو حينئذ كالميتة في حق المضطر اليها بخصوصها وقد صرح بذلك جماعة نعم اشار شيخ الاسلام الحافظ ابن بحر العسقلاني الي شئ حسن يتعين اعتماده وهو انه يجب علي متعاطي ذلك السعي في قطعه بالتدريج بان يقلل مما اعتاده كل يوم قدر سمسمة فان نقصها لا يضره قطعا . (الفتاوي الكبري . 4 \ 259 )

Imam Ibrahim Al- Bujairimy ditanya tentang orang yang biasa mengkonsumsi Afyuun (Ganja), dan sudah pada tahap ketergantungan, artinya, bila ia tidak mengkonsumsi, akan berakibat buruk pada dirinya. Lalu apakah boleh mengkonsumsi orang seperti ini ?
Beliau menjelaskan: Kalau ada kepastian atau ada keterangan Dokter, dan sudah ada proses uji yang benar bahwa sudah tidak ada jalan lain, maka boleh, bahkan bisa dihukumi wajib, sebab keadaanya sudah pada taraf Mudthor (sangat terpaksa) sehingga ia harus mempertahankan hidupnya, hal ini sama bolehnya orang yang halal memakan bangkai (karena unsur keterpaksaan).
Namun ada catatan dari Imam Ibnu Hajar Al- Asqolani “orang tadi wajib mengurangi sedikit demi sedikit pada setiap harinya”.


27.      TANGAN KANAN PERUSAHAAN
Saat ini kita telah masuk diera Industrialisasi, sehingga banyak konglomerat yang tidak hanya memiliki satu perusahaan, mereka memberi kewenangan kepada tenaga ahli untuk menangani anak perusahaannya, biasanya tenaga ahli ini digaji pada tiap bulannya.

²  Pertanyaan
a.       Aqad apakah yang dilakukan oleh para pengusaha pada diskripsi diatas ?
b.       Lalu bagaimana Ketika tenaga ahli absent tanpa ada udzur ?
c.        Bolehkah pemilik perusahaan memotong gaji bila tenaga ahli absent tanpa udzur?

²  Jawaban
a.       Termasuk aqad wakalah bil ju’li atau ijarah ma’na
b.       Tidak boleh,, bila sudah ada kesepakatan kedua belah pihak, sebab ada unsurتفويت الوقت المشزوط dan merupakanالوفاء باالعهد  ترك 

Ijarah bil ju'li/ Ijarah
²  Hasyiyah Assarqowy Vol: 2 Hal: 105

(قوله لا يشترط القبول لفظا) اي في وكالة بغير جعل – الي ان قال......اما الوكالة بجعل فلا بد فيها من القبول لفظا كما في المطلب وينبغي تصويره بما اذا كان العمل الموكل فيه مضبوطا لتكون الوكالة حينئذ اجارة , انتهي افاده م ر . (حاشية الشرقاوي . 2 \ 105)

Dalam Wakalah Bil Ju'li si Wakil harus mengucapkan lafad penerimaan (Qabul) dan diharapkan pekerjaan yang ditawarkan konkrit, dengan demikian wakalah ini juga kategori ijarah (terdapat pekerjaan yang diganti dengan imbalan).

    Efisiensi Waktu Dan Amaliyah Ijarah
²  Al- bajury Vol:2  Hal: 28
والحاصل ان ما لا ينضبط بالعمل يجب التقدير فيه بالزمن فقط وما ينضبط بالعمل يصح فيه التقدير بالزمن كاجرتك هذه الدابة لتركبها شهرا او بمحل العمل كاجرتك هذه الدابة لتركبها الي مكة واما الجمع بيت الزمن ومحل العمل كان قال استاجرتك لتخيط لي هذا الثوب في هذا النهار فلا يصح ما لم يرد به الاستعجال كما تقدم .  ( الباجوري . 2 \ 28 )

Hal-hal yang tidak bisa dikonkritkan dengan suatu pekerjaan, maka hendaklah dikonkritkan dengan waktu saja. Hal semacam ini sah hukumnya. Contohnya sbb; "aku ijarahkan kendaraanku selama satu bulan" atau dengan membatasi tempat ijarah sperti ucapan "aku sewakan kendaraanku untuk dibawa ke makkah". Sedangkan pembatasan dengan pekerjaanan sekaligus waktu seperti ucapan "aku suruh (ijarah) engkau menjahit baju di siang hari ini maka hukumnya tidak sah, kecuali ia memberikan upah diawal (belum sampai selesai pekerjaannya).

c.        Boleh

Ketika Pekerja Berkhianat
²  Al- Majmu; Vol:15 Hal: 101-102
(فصل) وان استاجر رجلا للحج قتطيب في احرامه او لبس وجبت الفدية علي الاجير لانه جناية لم يتناولها الاذن فوجب ضمانها كما استاجره ليشتري له ثوبا فاشتراه ثم خرقه . وان افسد الحج صار الاحرام عن نفسه لان الفاسد غير ماذون فيه فان عقدت له كما لو وكله قي شراء عبد فاشتري امة – الي ان قال .....وهل يلزمه ان يرد من الاجرة بقسطه قال في القديم يهرق دما وحجه تام وقد قال في الام يلزم ان يرد من الاجرة بقدر ما ترك , فمن اصحابنا من قال يلزمه قولا واحدا والذي قاله في القديم ليس فيه نص انه لا يجب . ( المجموع . 15 \ 101-102 )

Orang yang melakukan jasa penunaian ibadah haji dari seseorang (Musta’jir), namun si ajir melakukan pelanggaran maka dendanya dibebankan pada ajir (orang pertama), karena yang ia lakukan tidak sesuai keinginan Musta’jir, sehingga ia sendiri yang harus menanggung. Kemudian apabila ia sampai menjadikan haji  musta’jir rusak, maka ihramnya menjadi milik si ajir , bukan hajinya musta’jir yang rusak. Nah dari sini apakah si Ajir  wajib mengembalikan upah yang telah diterimanya, menurut Imam Syafi’I  fersi qaul qodim si Ajir harus membayar dam dan  menyempurnakan hajinya. Sedangkan Imam Syafi’I dalam kitab Um mengatakan wajib bagi ajir mengembalikan upah yang telah ia terima, sesuai upah kadar haji yang ditinggalkan.


28.       Jual Benur Dalam Plastik
Proses penjualan Benur, model yang digunakan adalah dengan menghitung salah satu dari sekian jumlah benur yang diwadahi plastik, untuk plastik yang lain tidak usah dihitung, cukup menakarnya, padahal dalam perhitungan harga yang pergunakan adalah harga per-ekor. Taruhlah misal si Umar membeli 2000 ekor, maka cukup dengan 10 kantong plastik benur dan yang dihitung hanya salah satu dari sepuluh kantong plastik benur, padahal belum tentu kantong yang lain berisikan sama (100 ekor).

²  Pertanyaan
a.       Bagaimana hukum jual beli benur dengan cara diatas ?
b.       Bila tidak sah, bagaimana agar jual belinya menjadi sah ?

²  Jawaban
a.       Aqad yang dilakukan sah, namun proses penerimaannya  (qobdlunya ) fasid (tidak sah), sehingga transaksi diatas haram, sebab terjadi مخالفة الشرط  dalam aqad
b.       Agar sah, maka tiap kantong plastik harus dihitung jumlahnya dengan memperbanyak karyawan, atau diaqadi dengan takaran.

Tiap Satuan Barang Harus Dikalkulasi
²  Fathul Jawad Vol: 1 Hal: 414
واما البيع تقديرا كارض وثوب ذرعا ولبن او اماشية عدا وبر كيلا او وزنا ككل ذراع ضاع بدرهم فلا يكفي في قبضه النقل (الا) مع التقدير (بما قدر) به (من ذرع) في الاول (وعد) في الثاني (وكيل) او وزن في الثالث ولا يكفي التقدير بغير ما قدر به في العقد حينئذ. ( فتح الجواد . 1 \ 414)

Jual beli yang menggunakan system taksiran dalam mengetahui kuantitas barang seperti penjualan tanah atau kain sepanjang satu hasta, hewan ternak dengan menghitung, gandum dengan takaran atau timbangan. Qobdu (serah terima) aqad diatas tidak cukup kecuali dipastikan kuantitasnya (dengan alat ukur atau hitungan). Sehingga tidak cukup menghitung atau mengukur sejumlah ternak atau gandum dengan mewakilkan salah satu atau sebagian (tiap satuan harus dikalkulasi kuantitasnya).

Barang Harus Diketahui Meski Hanya Dugaan
²  Bujairimy Alal- Manhaj Vol: 2 Hal: 182
قَوْلُهُ : وَخَامِسُهَا عِلْمٌ لِلْعَاقِدَيْنِ إلَخْ ) وَلَوْ حُكْمًا لِيَشْمَلَ بَيْعَ صَاعٍ مِنْ صُبْرَةٍ ح ل وَفِيهِ أَنَّ الْكَلَامَ فِي شُرُوطِ الْمَعْقُودِ عَلَيْهِ ، وَالْعِلْمُ وَصْفٌ لِلْعَاقِدَيْنِ وَأُجِيبُ بِأَنَّ الْمُرَادَ بِالْعِلْمِ كَوْنُهُ مَعْلُومًا لِلْعَاقِدَيْنِ شَيْخُنَا .فَهُوَ مَأْخُوذٌ مِنْ عِلْمِ الْمَبْنِيِّ لِلْمَجْهُولِ لَا الْمَبْنِيِّ لِلْفَاعِلِ ، وَالْمُرَادُ بِالْعِلْمِ مَا يَشْمَلُ الظَّنَّ ، وَإِنْ لَمْ يُطَابِقْ الْوَاقِعَ بِدَلِيلِ مَسْأَلَةِ الزُّجَاجَةِ الَّتِي ظَنَّهَا جَوْهَرَةً بَلْ يَكْتَفِي بِرُؤْيَتِهِ ، وَإِنْ لَمْ يَعْلَمْ ، أَوْ يَظُنَّ مِنْ أَيِّ الْأَجْنَاسِ هُوَ كَمَا فِي ح ل وز ي وع ش . (بجيرمي علي المنهج . 2 \ 182 )

Syarat yang kelima dalam jual beli adalah barang yang dijual harus diketahuia kedua belah pihak.pengetahuan ini mencakup Dhon (dugaan kuat) yang meskipun kadang kala tidak sesuai kenyataan, seperti kasus penjualan kaca yang diduga mutiara.


29.       Royalti Kassete dan CD
Globalisai pasar telah menjamah berbagai pasar dan produsen, diantaranya produsen kasette dan CD, Transaksi yang digunakan biasa disebut Royalti (suatu pijakan  kepemilikan  hasil dibagi sesuai prosentase), ada pihak produser, penyanyi, da’i dsb.

²  Pertanyaan
a.       Aqad apa yang dilakukan oleh mereka,bagaimana hukumnya ?

²  Jawaban
a.       Aqad ijarah fasidah atau Jualah Fasidah , karena upah yang diterima tidak ada kepastian secara jelas, hukumnya haram, kecuali ada ridho dari kedua belah pihak.

Catatan:
Prosentase diatas tidak bisa dikatakan bahwa upah yang diterima telah diketahuai secara pasti. Sebab yang menjadi ukuran dalam upah adalah nilai nominal (Rp 100.000 Rp. 200.000 atau Rp. 250.000).

Jenis Pekerjaan Dan Upah Buruh
²  Bujairimy Alkhotib 3: 209-210
وَشُرِطَ فِي الْأُجْرَةِ وَهِيَ الرُّكْنُ الرَّابِعُ مَا مَرَّ فِي الثَّمَنِ , فَيُشْتَرَطُ كَوْنُهَا مَعْلُومَةً جِنْسًا وَقَدْرًا وَصِفَةً إلَّا أَنْ تَكُونَ مُعَيَّنَةً فَتَكْفِي رُؤْيَتُهَا , فَلَا تَصِحُّ إجَارَةُ دَارٍ أَوْ دَابَّةٍ بِعِمَارَةٍ وَعَلَفٍ لِلْجَهْلِ فِي ذَلِكَ , فَإِنْ ذَكَرَ مَعْلُومًا وَأَذِنَ لَهُ خَارِجَ الْعَقْدِ فِي صَرْفِهِ فِي الْعِمَارَةِ  أَوْ الْعَلَفِ صَحَّ , وَلَا لِسَلْخِ شَاةٍ بِجِلْدِهَا وَلَا لِطَحْنِ الْبُرِّ مَثَلًا بِبَعْضِ دَقِيقِهِ كَثُلُثِهِ لِلْجَهْلِ بِثَخَانَةِ الْجِلْدِ وَبِقَدْرِ الدَّقِيقِ وَلِعَدَمِ الْقُدْرَةِ عَلَى الْأُجْرَةِ حَالًا  (هامس بجيرمي على الخطيب، 3\209-210)

Syarat ijarah yang keempat adalah upah yang diterima bisa diketahui secara pasti jenis, kadar dan sifatnya. Namun demikian bila upah yang diberikan sudah ditentukan maka dianggap cukup meski hanya dengan melihatnya (tanpa mengetahui secara detail). Karenanya (upah dan pekerjaan harus diketahui secara pasti) maka tidak sah menyuruh orang untuk membuat rumah atau memberi makan hewan (karena tidak ada kejelasan tentang pembangunan yang dimaksud dan batasan pemberian makan).
Tidak sah lagi menyuruh orang  (ijarah) menguliti kambing dengan upah kulitnya atau menggiling gandum dengan upah sebagian tepung, semisal dengan upah 1/3 dari hasil gilingan. Kenapa tidak sah? Karena tidak ada kepastian upah (jenis kulit kambing yang diberikan tebal atau tipis nanti, 1/3 tepung tadi berapa kapasitasnya) dan lagi upah yang dijanjikan tidak bisa diserah-terimakan saat transaksi.
Namun demikian bila ketentuan yang ditawarkan oleh pemilik usaha (ijarah) disebutkan diluar aqad kemudian ia memberikan izin/kuasa untuk menjalankan pekerjaan tadi (mengiling tepung atau menguliti kambing) maka ijarah dengan rekayasa seperti ini sah hukumnya.

30.    Prihal ngawal ke-pelabuhan
 Antrian penyebrangan pelabuhan membuat para sopir jenuh, sehingga diantara mereka rela mengeluarkan korcek Rp. 50.000 dari pada antri berjam-jam. Hal ini bukan semata-mata karena antrian yang menjenuhkan, namun ada pihak terkait (Polisi) menawarkan jasa untuk mengawal dalm penyebrangan.

²  Pertanyaan
a.       Apakah boleh mendahului kendaraan yang ada didepan dalam antrian ?
b.       Transaksi apa yang dilakukan antara  sopir dan polisi ?
c.        Apa status uang Rp. 50.000 tadi ?

²  Jawaban a
Tidak boleh, karena termasuk menyerobot giliran orang lain ?

Maksiat Badan
²  Mirqatu su’udittasdiq Hal: 85
ومنها عدم الوفاء بالنذر والوصال في الصوم واخذ مجلس غيره او زحمته المؤذية او اخذ نوبته اي الغير في المكان او الثوب او البئر او غير ذلك  ( مرقاة صعود التصديق . 15 )

Termasuk maksiat adalah tidak memenuhi janji dalam nadzar, berpuasa terus menerus (tanpa berbuka), mengambil hak duduk orang lain atau menyebabkan berdesak-desakan, mengambil alih giliran tempat orang lain, pakaian, atau sumur yang semestinya bukan gilirannya/ antriannya.

Kebiasaan Antrian
²  Bughyatul Mustarsyidin Hal:165
( مسئلة ج ) الماء الخارج من الوادي المباح يتبع فيه العادة المطردة من تقديم وتاخير ويرد كل شئ الي عادته الاصلية بنظر اهل الخبرة والامانة ( بغية المسترشدين . 165 )

Air yang berasal dari tempat yang tidak bertuan (tempat bebas) padanya berlaku hukum-hukum sesuai adat/ kebiasaan setempat (siapa yang didahulukan dan siapa yang diakhirkan). Tolak ukurnya kebiasaan ini dikembalikan sesuai pandangan seorang ahli yang berkompenten.

³  Jawaban b
Tidak termasuk transaksi secara syar’I, bahkan kategori mu'amalah bathilah karena berbahu Risywah

Pemberian Bermotif Suap
²  Mughni muhtaj 4/392
( تنبيه ) قبول الرشوة حرام وهي ما يبذل له ليحكم بغير الحق او ليمتنع من الحكم بالحق وذلك لخبر لعن الله الراشي والمرتشي في الحكم رواه ابن حبان وغيره وصححه.   (مغني المحتاج . 4 \ 392)

          Menerima Risywah (Sogok) itu haram, karena dalam Risywah terdapat diskriminatif kebenaran dan berusaha memproduck kebatilan. Tersebut dalam suatu hadits yang diriwayatkan Ibnu hibban dan yang lainnya "bahwasanya Allah melaknat orang yang memberi sogokan dan orang yang menerima sogokan".
               

31.    Jual Beli Rambut
Salah satu tradisi di masyarakat yang sudah tidak asing dalam bisnis adalah jual beli Rambut, biasanya praktek ini banyak ditemukan di berbagai Salon Kecantikan/ potong rambut.

²  Pertanyaan
Bagaimana sebenarnya hukum jual beli rambut ?

²  Jawaban
Boleh menurut Mazhab Hambali, sedangkan menurut Mazhab Hanafi, Syafi’I dan Maliki tidak boleh

Menyambung Rambut
² Bahrurro'iq; 6/88
( قَوْلُهُ وَشَعْرِ الْإِنْسَانِ وَالِانْتِفَاعِ بِهِ ) أَيْ لَمْ يَجُزْ بَيْعُهُ وَالِانْتِفَاعُ بِهِ لِأَنَّ الْآدَمِيَّ مُكَرَّمٌ غَيْرُ مُبْتَذَلٍ فَلَا يَجُوزُ أَنْ يَكُونَ شَيْءٌ مِنْ أَجْزَائِهِ مُهَانًا مُبْتَذَلًا , وَقَدْ قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم { لَعَنَ اللَّهُ الْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَةَ. ( بحر الرائق لليشخ زين الدين ابن ابريهيم الحنفى. 6 \ 88 )

          Tidak boleh menjual atau memanfaatkan rambut manusia, karena pada dasarnya manusia itu dimuliakan dan dijauhkan dari kehinaan, sehingga apapun yang termasuk bagian dari manusia itu harus dihormati/muliakan (dengan tidak dibuat ajang bisnis). Nabi pernah bersabda "Sungguh Allah melaknati orang yang menyambung rambut dan orang yang disambung rambutnya.

Menjual Rambur Versi Mazhab Hanbali
²  Al Mughni Libni Qudamah; 4/177
وَسَائِرُ أَجْزَاءِ الْآدَمِيِّ يَجُوزُ بَيْعُهَا ، فَإِنَّهُ يَجُوزُ بَيْعُ الْعَبْدِ ، وَالْأَمَةِ ، وَإِنَّمَا حَرُمَ بَيْعُ الْحُرِّ ؛ لِأَنَّهُ لَيْسَ بِمَمْلُوكٍ ، وَحَرُمَ بَيْعُ الْعُضْوِ الْمَقْطُوعِ ؛ لِأَنَّهُ لَا نَفْعَ فِيهِ . , مفهومه انه يجوز بيعه اذا انتفع به وهذا حاصل في عصرنا في الجلد تسلخ قطعة منه ويرقع بها البدن  وفي غير ذلك   ( المغني لابن قدامة الحنبلى . 4 \ 177 )

Anggota tubuh manusia itu boleh dijual sebagaimana diperbolehkan menjual budak (laki-laki atau perempuan). Adapun yang tidak boleh adalah menjual orang merdeka, sebab orang merdeka punya otoritas penuh atas dirinya sehingga tidak bisa dimiliki oleh siapapun. Haram menjual anggota badan yang telah terputus karena tidak punya manfaat. Karenanya bila anggota badan tadi bermanfaat maka boleh dijual.


32.    Adol/ Jual Sende
Karena sangat membutuhkan uang pak Ahmad menjual tanah dengan harga 10 juta,yang mestinya tanah itu senilai Rp. 50 Juta, namun dengan syarat lima bulan lagi akan ia beli kembali dengan harga yang sama yatu Rp. 10 Juta

²  Pertanyaan
a.       Bolehkah praktek jual beli seperti hal diatas ?
b.       Lalu bagaimana bila tidak boleh ?

²  Jawaban
a.       Boleh, dengan catatan syarat yang diajukan tidak disebutkan pada waktu aqad/ transaksi
b.       Dengan meletakkan syarat diluar aqad (baik sebelum atau sesudah aqad)

Ba'I Al-Uhdah
²  Bughyah Al- Mustarsyidin Hal: 133
(تنبيه) اعلم ان البيع العهد الشهير بحضر موت المعروف بمكة المكرمة بيع الناس وبيع عهدة وامانة صحيحة اذا جرى من مطلق التصرف في ماله ولم يذكر الوعد فيه في نفس العقد ولا ذكر بعده في زمن الخيار وصورته كما في فتاوي حج ان يتفقا علي بيع عين بدون قيمتها علي ان البائع متى جاء بالثمن رد المشتري عليه مبيعه واخذ ثمنه ثم يقعدان علي ذلك من يشترطاه في صلب العقد – الي ان قال..... وان وقع خارج العقد لزم المشتري ما التزمه ووعده به ويجب عليه عند دفع البائع الثمن في الوقت المشروط ايقاع الفسخ وقبض الثمن  ( ترشيخ المستفيدين . 226 )

       Ketahuilah bahwasanya Ba'I Al-Uhdah yang sudah mashur di kota Hadromaut dan makkah itu sah hukumnya asalkan dilakukan oleh mereka yang ahli metasharufkan harta (bukan anak kecil, orang gila, orang yang terkena pailit) dengan catatan kesepakatan yang telah diajukan tidak disebutkan saat transasksi.
       Gambaran Ba'I Al-Uhdah adalah; kedua belah pihak sepakat atas pembelian barang tanpa dikalkulasi nilainya, kemudian sewaktu penjual bisa mengembalikan sejumlah uang yang telah diberikan pembeli sebagai harga barang, lantas pembeli mengembalikan barang yang telah dibeli dan mengambil uangnya kembali. Kalau kesepakatan ini terjadi diluar aqad, maka.pembeli wajib memenuhi apa-apa yang ia janjikan.selain menerima uang kembalian (yang telah dibayar) ia juga wajib membatalkan aqad.

33.      Anak Ayam Dalam Telur Dijadikan Produk Makanan
Dewasa ini ada bisnis yang mungkin tidak lazim di lapisan masyarakat bawah, ya’ni bisnis makanan super gizi yang di peroleh dari anak ayam yang belum menetas. Mula-mula mereka mengumpulkan telur di media penetasan, kemudian belum sampai menetas telur tersebut diambil, karena memang tujuannya tidak untuk ditetaskan, namun agar telur-telur tadi jadi embrio (anak ayam yang masih dalam telur). Bisnis ini laku keras diluar negeri, sehingga mempercepat laju export makanan.

²  Pertanyaan
a.       Apakah halal produk makanan semacam ini ?
b.       Lalu bagaimana hukum transaksinya ?

²  Jawaban
a.       Haram, manakala embrio dalam telur-telur tadi sudah bernyawa. Mengenai sudah bernyawa atau belum adalah sesuai Risert/ penelitian ahli bidang biologi (اهل الخبرة  )

Embrio Hewan Yang Halal Dimakan
²  Nihayatuzzayn Hal: 39
ولو كسرت بيضة حيوان ماكول ووجد في جوفها فرخ لم يكمل خلقه او كمل خلقه لكن قبل نفخ الروح فيه جاز. ( نهاية الزين . 39 )

       Bila ada telur hewan yang halal dimakan pecah dan didalamnya terdapat embrio yang belum sempurna bentuknya atau sudah sempurna namun belum bernyawa maka boleh memakan embrio yang seperti ini.

Jawaban
b.       Hukum transaksinya-pun tergantung apakah embrio tadi sudah bernyawa atau belum, bila sudah maka haram, dan bila belum maka boleh

Syarat Jual Beli
²  Hamisy Ianatuttholibin Vol: 3 Hal: 8
وشرط في معقود عليه مثمنا كان او ثمنا ملك له اي للعاقد عليه فلا يصح بيع فضولي – الي ان قال -وطهره او امكان طهره بغسل فلا يصح بيع نجس كخمر وجلد ميتة وان امكن طهرها بتخلل او دباغ ولا مستنجس لا يمكن طهره ولو دهن تنجس بل يصح هبته ( هامش اعانة الطالبين  . 3 \ 8 )
               
Syarat barang yang diperjualbelikan itu harus suci. Tidak menjual barang najis seperti arak kulit bangkai (meski keduanya bisa disucikan) dan juga barang yang najis (yang tidak bisa disucikan)

34.       Label HALAL pada makanan
Di era modern saat ini, banyak produk makanan dari berbagai perusahaan yang mencantumkan label HALAL, apalagi yang sudah mendaftarkan diri di Departemen Kesehatan. Entah apa sebenarnya motifnya sehingga mereka mencantumkan label tersebut, namun kalau dilihat, kebanyakan dari mereka yang mencantumkan adalah dari pihak  non islam, hanya saja akhir-akhir ini banyak pengusaha muslim ikut memasang label tersebut.

²  Pertanyaan
a.       Sebenarnya perlukah dalam produk makanan mencantumkan label HALAL ?

²  Jawaban
a.       Perlu, namun hanya terbatas pada makanan yang masih ada kemungkinan halal dan haram

Meneliti Makanan
²  Ajmajmu’ Vol: 1 Hal: 195
قال المصنف رحمه الله تعالى وان اشتبه عليه طعام طاهر وطعام نجس تحرى فيهما لان اصلهما على الاباحة فهما كالماءين (الشرح) هذا الذى ذكره من التحرى فى الاطعمة متفق سواء كان جنسا كلبين او دبسين او خلين او زيتين او عسلين او سمنين او عصيرين او طحينين ونحو ذلك او جنسين كخل ولبن او دبس وزيت او طبخ وخبز ونحو ذلك وكل ذلك يجوز التحري فيه بلا خلاف الا ان الشيخ ابا حامد والدارمي حكيا وجها عن الزبيري انه قال لا يجوز الاجتهاد فى الجنسين , قال ابو حامد وهذا ليس بشئ ولو اشتبه طعامان ومعه ثالث يتيقن طهارته فالمذهب جواز الاجتهاد في الجنسين وفيه خلاف سبق قريبا والله اعلم . ( المجموع . 1 \ 195 )

       Menurut Imam Abu Laist Assamarqondhi dalam kitab Muhazzab; bila ada makanan yang serupa akan kesuciannya maka harus diteliti lebih dahulu (menilik hukum asal makanan adalah halal). Pendapat ini (meneliti makanan yang ada keserupaan)sudah disepakati para ulama'  baik makanan yang sejenis atau tidak, seperti roti serupa dengan roti atau roti dengan nasi dsb.
       Namun menurut riwayat Syeikh Abu hamid  dan Imam Darimy bahwasanya Imam Zuhri tidak memperbolehkan meneliti makanan yang sejenis pada yang terdapat keserupaan najis atau tidak (makanan tadi dihukumi najis menurut Imam Zuhri).

35.       Jual beli pakai Uang Haram
Di sebuah kota, tepatnya di Kampung tengah Kramat Jati Jakarta Timur, ada seorang Bandar dadu Bang Jali namanya , namun selain profesinya sebagai Bandar Dadu ia juga penjual sepeda bekas. Di lain pihak H. Ya’qub yaitu Juragan beras di Kampung tengah ia baru tahu kalau Bang Jali adalah Bandar dadu, sehingga sekarang ia tidak mau jual beras kepada Bang jali, pasalnya uang Bang jali haram, padahal sebelumnya bang jali adalah salah satu langganan H. Ya’qub yang paling banyak membeli beras pada H.Ya’qub, karena anak buah Bang Jali-pun banyak

²  Pertanyaan
Benarkah sikap yang diambil oleh H. Ya’qub

²  Jawaban
Benar, namun bila H.Ya’qub tahu bahwa uang yang dibuat transaksi adalah benar-benar uang hasil dadu, bukan hasil jual sepeda bekas. Selanjutnya H,Ya’qub wajib mengembalikan uang hasil transaksi tempo dulu yang diketahui dari hasil Dadu

Muamalah Dengan Uang Haram
²  Qurrotul- Ain Bifataawy Syaikh Ismail Al-yamany Hal 131
سؤال  : ما قولكم فيمن يشتري شيئا بمال حرام فهل يحل له ما اشتراه او لا ؟
الجواب  : والله الموافق للصواب ا ىهذه المسئلة تفصيل كثير مبسوط في كتب الفقه . حاصله انه اذا اشترى بعين المال الحرام وعلم البائع فالبيع باطل و وان لم يعلم البائع فالبيع صحيح ويلزم البائع رد المال الى صاحبه اذا علم ويطالب المشترى بمثل الثمن ان كان مثليا وبقيمته ان كان متقوما. واما اذا اشترى فى ذمته دينا ثم قضاه من مال حرام فالبيع صحيح ويكون المال الحرام فى ذمة المشترى ان لم يعلم البائع والا بان علم البائع ان المال المدفوع عما فى الذمة حرام ومالكه معروف فيلزمه رده الى مالكه ويطالب المشترى بدله وان لم يعلم فلا شئ عليه والله اعلم . ( قرة العين بفتاوى اسماعيل الزين . 131 )

Bagaimana pendapat anda tentang orang yang membeli menggunakan uang haram, apakah halal barang yang dijual?
             Allah yang maha benar! Masalah ini ada beberapa perincian yang panjang lebar dalam kitab-kitab fiqh. Kesimpulannya, bila penjual tahu bahwa uang yang digunakan adalah uang haram maka jual belinya tidak sah. Bila penjual tidak tahu maka jualbelinya sah namun ia waji mengembalikan uang tadi kepada pemiliknya (bila tahu siapa pemiliknya) dan bagi pembeli wajib membayar dengan uang atau nilai yang halal.
             Bila pembeliannya dengan cara ngebon kemudian dibayar menggunakan uang haram maka jualbelinya sah, adapun yang menanggung uang haram adalah pembeli (kalau penjual tidak tahu), kalau penjual tahu bahwa uang tadi adalah uang haram maka wajib mengembalikan kepada empunya (kalau tahu siapa empunya). Bagi pembeli wajib menggantinya. Namun kalau tidak tahu pemiliknya maka tidak masalah.

36.        Penjualan Barang Kadaluarsa
Prinsip Ekonomi mengatakan “Belilah barang semurah-murahnya, dan jual-lah semahal-mahalnya”. Tampaknya prinsip ini sudah menyatu dan mendarah daging pada setiap pedagang, sampai-sampai mereka tidak menghiraukan batas suatu barang masih bisa dipergunakan atau tidak. Untuk barang yang memang sudah terantum batas penggunaannya (Kadaluarsa) agak tidak bermasah, namun untuk barang yang tidak mencantumkan batas pengunaan disana akan ditemukan cekcok antara penjual dan pembeli ketika ada permasalahan atas ketidak beresan pada barang jual.

²  Pertanyaan
a. Ketika barang dagangan sudah sampai masa Kadaluarsa namun masih bisa dikonsumsi, apakah boleh menjualnya ?
b. Bagi si-penjual apakah masih boleh mengklaim bahwa barangnya masih bisa dikonsumsi, padahal dalam kenyataanya sudah pada batas waktu kadaluarsa ?
c.  Dalam perselisihan diatas siapa yang dimenangkan diantara keduanya ?

²  Jawaban
a.       Dalam masalah diatas ada dua potensi hukum yang dikeluarkan
-          Tidak sah apabila barang tadi sudah tidak bisa dimanfaatkan
-          Sah tapi haram, bila tidak ada pemberitahuaan atas kemanfaatan barang

Peran Departement Kesehatan
²  Al- Asybah Wannadhoir Hal: 227

الحادي عشر اختلف المتبايعان في صفة هل هي عيب ؟ قال في تهذيب : يرجع الي قول واحد من اهل الخبرة بانه عيب يثبت به الرد ( الاشباه والنظائر . 227 )

       Perselisihan antara dua orang (penjual dan pembeli) pada aib suatu barang menurut Imam Baghowi dalam Kitab Tahdzib; dikembalikan/ditanyakan pada ahlinya (kalau di indonesia Dept. kesehatan).

                Barang Yang dijual Harus bermanfaat
²  Tanwirul Qulub Hal: 248
الثاني ان يكون منتفعا به ولو مألا كجحش صغير ان ام يعد تفريقا بين امه فلا يصح بيع ما لا منفعة فيه – الي لن قال ....ولا يصح بيع ما اسقط الشرع منفعته كألة لهو محرم نحو طنبور ومزمار . ( تنوير القلوب . 248 )

       Syarat jual-beli yang kedua adalah barang harus bermanfaat seperti anak keledai yang masih kecil(meski saat ini belum bisa dimanfaatkan). Jual-beli barang yang tidak bermanfaat itu tidak sah hukumnya. Tidak sah menjual barang yang sudah ada ketetapan dari syari'at bahwa barang tadi tidak bermanfaat seperti perkakas hiburan/mainan seperti Gitar, seruling.

                Manipulasi Barang Dagangan
²  Anwarul Masalik Hal: 161
فصل من علم بالسلعة عيبا لزمه فا لم يبينه فقد غش والبيع صحيح فاذا اطلع المشتري علي عيب كان عند البائع فله الرد   ( انوار المسالك ز 161 )

       Bila seseorang tahu bahwa dalam barang dagangan terdapat aib (cacat) padahal barang sudah terlanjur ditransaksikan ia-pun enggan memberi tahu maka perbuatannya termasuk manipulasi (pemalsuan dan haram hukumnya). Bila ternyata pembeli tahu bahwa dalam barang tadi ada cacatnya maka ia boleh mengembalikannya (meski sebenarnya sudah sah jualbelinya).

b.     Boleh mengklaim seperti itu, namun dengan catatan : tidak ada hal yang berbahu bohong (Kazib), tipu daya (Taghrir), dan tidak keterlaluan (Mubalaghoh)

Tidak Boleh Merahasiakan Cacat
²  Is’adurrofiq Vol: 1Hal: 137
ضابط الغش المحرم ان يعلم ذو سلعة من نحو بائع او مشتر فيها اشياء لو اطلع عليها ما يريد اخذها ما اخذها بذاك المقابل ويجب عليه لن يعلمه به ليدخل في اخذه علي بصيرة ويجب علي اجنبي علم ان السلعة عيبا ان يخبره به مريدا اخذها وان لم يساله عنه ( اسعاد الرفيق . 1\ 137 )

Batasan Ghosyu yang sampai pada tataran haram adalah bila penjual tahu kondisi barang dagangan, sementara penjual tidak tahu, dan kalau saja ia tahu maka ia tidak jadi  membeli barang dagangan tersebut. Oleh karena itu penjual harus memberi tahu kondisi barang sebelum dijual kepada pembeli. Orang lain yang tahu pun wajib memberi tahu keadaan barang yang cacat (meski ia tidak ditanya).

Tadlis Qauli & Tadlis Katmil Haqiqoh
²  Al-fiqh Al-Islamy Vol:2 Hal:218
التدليس او التغرير هو اغراء العاقد وخدعته ليقدم علي العقد - الي ان قال.....واما الندليس القولي فهو الكذب الصادر من احد العاقدين او ممن يعمل لحسابه حتى يحمل العاقد الاخر على المتعاقد ولو بغبن كان يقول البائع او المؤجر للمشترى او للمستاجر هذا الشئ يساوى اكثر ولا مثل له فى السوق او دفع لى فيه سعر كذا فلم اقبل ونحو ذلك من المغيرات الكاذبة واما التدليس بكتمان الحقيقة وهى الصورة المشهورة فى الفقه باسم التدليس فهو اخفاء عين فى احد العوضين كان يكتم البائع عيبا فى المبيع كتصدع فى جدران لدار وطلائها بالدهان او الجص وكسر فى محرك السيارة ومرض فى الدابة المبيعة او يكتم المشترى عيبا فى النقود كقون الورقة النقدية باطلة التعامل او زائلة الرقم النقدي المسجل عليها  ( الفقه الاسلامى . 2\ 218 )

Yang dinamakan Tadlis dan taghrir adalah pembohongan sepihak dan rekayasa penjual agar (pembeli) mau bertransaksi dengannya. Sedangkan yang dimaksud Tadlis qauli adalah; pembohongan yang dilakukan oleh pelaku bisnis atau orang suruhan supaya ada yang mau diajak transaksi, contoh perkataan yang bermotif tadlis qauli: "barang ini tidak ada duanya dan lebih berbobot", "aku dikasih (ditawari) harga sekian tidak mau". Sedangkan Tadlis Bikatmil haqiqoh adalah; mengumpat aib yang dilakukan oleh penjual atu pembeli. Contoh aib yang ditutupi oleh pihak penjual adalah retak yang terdapat dalam tembok yang sengaja ditutup-tutupi oleh penjual dengan tambalan atau cat, kerusakan pada bagian tertentu mesin mobil, penyakit yang diderita oleh hewan. Contoh aib yang ditutup-tuupi oleh pihak pembeli adalah uang palsu atau asli namun sudah habis masa berlakunya atau karena bentuk gambarnya sudah tidak sempurna.

c.        Yang dimenangkan adalah pihak penjual, kecuali bila pembeli punya bukti penguat semisal
-     Ada cacat (Aib ) yang lebih parah
-     Ada dukungan dari seorang pakar makanan(Ahli Hubroh)

Komplent Dalam Jual Beli
² Roudhotuttholibin Vol: 3 Hal:489
لو زعم المشترى ان بالمبيع عيبا فانكره البائع فالقول قوله ولو اختلفا فى هل هو عيب فالقول قول البائع مع يمينه وهذا اذا لم يعرف الحال من غيرهما قال فى التهذيب ان قال واحد من اهل المعرفة به انه عيب ثبت الرد واعتبر فى التتمة شهادة اثنين ولو ادعى البائع علم المشترى بالعيب او تقصيره فى الرد فالقول قول المشترى  ( روضة الطالين . 3 \ 489 )

Bila ada dugaan aib barang oleh pembeli namun penjual mengingkarinya maka yang dibenarkan adalah penjual. Apabila kedua belah pihak (penjual dan pembeli) berselisih pendapat tentang apakah hal itu dianggap aib atau tidak maka yang dibenarkan adalah penjual (disertai dengan sumpah). Keputusan ini kalau tidak ada orang ketiga yang membenarkan, bila ada tiem ahli yang menyatakan itu adalh aib maka komplent yang diajukan oleh pembeli diterima (versi kitab tahdzib karangan imam Baghowi). Sedangkan versi kitab Titimmah bisa diterima kalau ada dua orang saksi. Apabila penjual mengklaim bahwa pembeli sudah tahu aib yang ada atau karena pengembalian barang tidak prosedural maka yang dibenarkan adalah pihak pembeli.

37.       Biaya Konsultasi
Kita akui bahwa suatu profesi itu didapat berkat jerih payah dan biaya yang tidak sedikit. Dari sana timbul suatu praktek bisnis yang terkesan mengada-ada. Suatu contoh seorang pasien yang pergi ke dokter, disana ia konsultasi tentang keadaan kesehatannya, Anehnya ketika selesai konsultasi si Dokter pasti minta biaya administrasi, padahal pasien tidak di kasih obat sama sekali.

²  Pertanyaan
a.       Apakah bisa dibenarkan praktek Dokter yang semacam ini ?

²  Jawaban
a.       Tidak bisa dibenarkan

Hakikat Pentransferan Ilmu Pengetahuan
²  Ihya’ Ulumiddin Vol: 2 Hal: 153
ويقرب من هذا أخذ الطبيب العوض على كلمة واحدة ينبه بها على دواء ينفرد بمعرفته كواحد ينفرد بالعلم بنبت يقلع البواسير أو غيره فلا يذكره إلا بعوض فإن عمله بالتلفظ غير متقوم كحبة من سمسم فلا يجوز اخذ العوض عليه ولا على علمه  إذ ليس ينتقل علمه إلى غيره وإنما يحصل لغيره مثل علمه ويبقي هو عالما به ( احياء علوم الدين . 2 \ 153 )

Yang lebih mendekati lagi selain contoh diatas (pengambilan uang yang tidak prosedural) adalah pemberian sejumlah uang kepada dokter yang telah memberikan resep. Kasus ini mirip dengan seseorang yang punya pengetahuan masalah penyakit Bawaasir (Ambien) dan kebetulan tidak ada yang mengetahuinya melainkan dia. Pengetahuan yang hanya diucapkan (tanpa ada amaliyah yang riil) sebenarnya bukan hal yang patut dihargai, karena hal yang demikian belum bisa disebut pentransferan ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan yang ia punya tidak berpindah, ilmu pengetahuan hanya disebarkan kepada orang lain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan