Langsung ke konten utama

HASIL RISET DI PONDOK PUTRI PESANTREN “ FATHUL ULUM “



 HASIL RISET DI PONDOK PUTRI PESANTREN “ FATHUL ULUM “

a        Untuk mengetahui darah yang mencapai 24 jam :
&  Ketika pai di tutul dengan kapas ternyata merah
&  Kemudian siang di tutul dengan kapas ternyata merah
&  Maka di hukumi pagi sampai siang keluar darah terus – menerus
&  Ketika pagi di tutul ternyata merah
&  Ketika siang di tutul ternyata bersih
&  Ketika sore di tutul ternyata merah
&  Maka di hukumi putus – putus ( tinggal di lihat jamnya )
b        Untuk mengetahui darah berhenti
&  Di lihat di CD ( celana dalam ) bersih kemudian
&  Di tutul dengan kapas , bersih
c         Maka di hukumi bersih artinya harus bersuci
&  Ketika di lihat di CD ( celana dalam ) bersih
&  Di tutul dengan kapas , ada darah meskipun kuning / coklat maka masih di hukumi haid
d        Jadi patokannya pada “ DI TUTUL DENGAN KAPAS”
e         Apakah benar wanita itu sering tidak merasakan ketika keluar
&  Tafsil :
1.      Jika banjir / deres :
&  Kebanyakan bahkan bisa di katakana pasti “ merasakan keluarnya darah “
2.      jika tidak deres :
&  ada sebagian yang merasakan
&  ada sebagian yang tidak merasakan tiba – tiba sudah basah
f    ketika CD bersih , kapas di tutulkan ,……… bersih maka bersih , biasanya ketika mau sholat
g.   Anggapan bahwa setiap jam harus di tutul dengan kapas itu tidak benar.
a         Bagaiman cara mengetahui bahwa darah yang keluar telah mencapai 24 jam ?
Jawaban: Dengan melihat bila terasa dan di tutul dengan kapas bila tidak terasa setelah itu tinggal di hirung jamnya.

?    الباجورى ج 1 ص 110

واقل الحيض زمنا يوم وليلة اى مقدار ذلك وهو أربعة وعشرون ساعة المعتاد فى الحيض
( قوله اى مقدار ذلك ) اى قدر المذكور من اليوم والليلة وانمافسر الشارح كلام المصنف بذلك ليشمل مالوطرأ الدم فى أثناء اليوم الى مثله او فى اثناء الليلة كذلك فيكون هناك تلفيق فى اليوم او الليلة فاندفع مايقال كلام المصنف لايظهر الااذانزل الدم مع الفجر او الغروب حتى يتم قوله يوم وليلة وقول المحشى بعد قوله ليشمل مالوطرأ فى اثناء يوم وليلة ومالووجد ذلك المقدار فى اكثر من يوم ولييلة ينافيه قول الشارح على الاتصال لان شرط الاتصال انماهو فى الاقل وحده واماالاقل الذىمع غيره فليس فيه اتصال بل يتخلله نقاء بأن ترى وقـتا دما ووقتا نقاء وهو حيض تبعاله بشرط ان لايجاوز ذلك خمسة عشر يوما ولم ينقص الدم عن اقل الحيض وهذايسمى قول السحب لاننا سحبنا الحكم بالحيض على النقاء ايضا وجعلنا الكل حيضا وهو المعتمد وقيل ان النقاء طهر لان الدم اذا كان حيضا كان النقاء طهرا وهذا يسمى قول اللقط لانالقطنا اوقات النقاء وجعلناها طهرا والحاصل ان الاقل له صورتان الاولى ان يكون وحده وهذه هى التى يشترط فيها الاتصال والثانية ان يكون مع غيره وهذه لااتصال فيها
( قوله وهو ) اى مقدار ذلك اعنى اليوم والليلة وقوله اربعة وعشرون ساعة اى فلكية وهى خمس عشرة درجة ( قوله على الاتصال ) اى مع اتصال الدم واما قيد بذلك لانه لايتصور الاقل وحده الامع الاتصال اذ لو تخلله نقاء فلكل حيض اذا لم يجاوز خمسة عشر يوما ولم ينقص الدم عن اقل الحيض على قول السحب وهو المعتمد كمامر ( قوله المعتاد فى الحيض ) اى بحيث يكون لو وضعت قطنة او نحوهالتلوثت فلايشترط نزوله بشدة دائما حتى يوجد الاتصال
?     الشروانى ج 1 ص 409
واقل الحيض يوم وليلة وهولايجوز لما فيه من الاخبار باسم الزمان عن الجثة  
روضة الطالبين ج 1 ص 274
الناسية ضربان مميزة وغيرها فالمميزة ترد الى التميز على الصحيح وعلى الثانى هى كغير مميزة اماغير المميزة فلها احوال الاول ان تنسى عادتها قدرا ووقتا لغفلة او علة او جنون ونحو ذلك وتسمى المتحيرة والمحيرة وفى حكمها طريقان احدهما انها مأمورة بالاحتياط والثانى على قولين المشهور الاحتياط والثانى اهنا كالمبتدأة فيكون فيما ترد اليها القولان احداهما يوم وليلة والثانى ست او سبع وقيل ترد على هذا القول الى يوم وليلة قطعا وعلى هذا القول ابتداء حيضها اول الهلال حتى لو افاقت المجنونة فى اثناء الشهر الهلالى كان باقى الشهر استحاضة هذا هو المعروف وقول الجمهور تفريعا على هذا القول وقال القفال ابتداء حيضها من وقت الافاقة قال الائمة قول القفال ضعيف لاحتمال الافاقة فى الحيض وكذا قول الجمهور ضعيف لان تعيين اول الهلال تحكم وهذا مماضعف لبه اصل هذا القول وعلى هذا القول فى امرها بالاحتياط وفى انقضاء المرد الى اخر الخمسة عشر القولان فى المبتدأة ومتى اطلقنا الشهر فى مسائل المستحاضات اردنا به ثلاثين يوما سوأء كان ابتداءه من اول الهلال ام لا ولانعنى به الشهر الهلال الا فى هذا الموضع  

Komentar

Posting Komentar

Harap berkomentar yang baik

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا