Langsung ke konten utama

Tafsir Bebas



" Tafsir Bebas" ,akhir –akhir ini sering kita dengar  istilah tersebut . Terutama di kalangan Akademisi Islam modern . Sedangkan kita tahu tafsir bebas ini merupakan gagasan yang masih  tabu di kalangan kita ( Komunitas Pondok Pesantren Salafiyah ). Karna tafsir bebas adalah suatu penafsiran AL- Qur'an yang tidak harus berdasarkan Hadis-Hadis Nabi ( Tafsir Bil Mangkul ) atau berdasarkan pendapat- pendapat para Sohabat Nabi ( Tafsir bil ma'tsur ).
Pertanyaan
Bagaimanakah perspektif Fikih terhadap masalah ini ?
Jawaban
Haram selama mufassir tidak memenuhi syarat
Referensi
& Ahkamul al- qur`an hal 13 – 14
& Al – itqon fi ulumi al- qur`an juz 1 hal 442 – 443
& Faidzul khobir hal 32

اهكام القرأن ص: 13-13
اولا يجوز تفسير القران بمجرد الراي والإجتهاد من غير اصل قال تعالى ولاتقف ما ليس لك به من علم وقال وان تقول على الله ما لا تعلمون الى ان قال وقال صلى الله عليه وسلم من تكلم القران بالرأي فاصاب فقد اخطأ رواه ابو داوود والترموذى الى ان قال قال الأنبار فى الحديث الول حمله بعض اهل العلم على الراي معنى به الهوى

الاتقان فى علوم القرأن ص: 442-443 ج: 1
التفسير بالراي هو عبارة عن التفسير القرأن بافجتهاد فان كان مستندا الى ما يجب الإستناد اليه فالفسير بالراي محمود والا فمذموم التفسير بالراي المحمود تفسير القران بالإجتهاد بعد معرفة المفسر ما نقل من رسول الله واصحابه وان يكون عالما بعلوم القران خبيرا باسباب اللغة العربية كما يجب عليه العبد عن تفسير القرأن بحمل الفاظه على المذهب الفاسدة وعدم الخوض فيما استأثر الله بعلومه وعدم السير مع الهوى والإستحسان الشخى


فيض الخبير ص: 32
واعلم ان العلماء ذكروا شرائط لمن يتعطى التفسير وذلك بان يعرف اللغة والنحو والتصريف والإشتقاق والمعانى والبيلن والقراأت واصول الدين والفقه واسباب النزول والقصص والناسخ والمنسوخ والفقه والأحاديث البينة لتفسير المجمل والمبهم.
Pertanyaan
a.      kalau memang tidak boleh. Bagaimana korerasinya Qoidah ( العبرة بعموم الفظ لا بخصوص السبب ) Dengan gagasan penafsiran bebas ?.
Jawaban
Tidak ada korelasi antara qoidah dengan gagasan penafsiran bebas
Referensi
& di mafhum dari jawapan di atas
& Ahkamul al- qur`an hal 13 – 14
& Al – itqon fi ulumi al- qur`an juz 1 hal 442 – 443
& Faidzul khobir hal 32

احكام القرأن ص: 13-14
اولا يجوز تفسير القران بمجرد الراي والإجتهاد من غير اصل قال تعالى ولاتقف ما ليس لك به من علم وقال وان تقول على الله ما لا تعلمون الى ان قال وقال صلى الله عليه وسلم من تكلم القران بالرأي فاصاب فقد اخطأ رواه ابو داوود والترموذى الى ان قال قال الأنبار فى الحديث الول حمله بعض اهل العلم على الراي معنى به الهوى

الاتقان فى علوم القرأن ص: 442-443 ج: 1
التفسير بالراي هو عبارة عن التفسير القرأن بافجتهاد فان كان مستندا الى ما يجب الإستناد اليه فالفسير بالراي محمود والا فمذموم التفسير بالراي المحمود تفسير القران بالإجتهاد بعد معرفة المفسر ما نقل من رسول الله واصحابه وان يكون عالما بعلوم القران خبيرا باسباب اللغة العربية كما يجب عليه العبد عن تفسير القرأن بحمل الفاظه على المذهب الفاسدة وعدم الخوض فيما استأثر الله بعلومه وعدم السير مع الهوى والإستحسان الشخى

فيض الخبير ص: 32
واعلم ان العلماء ذكروا شرائط لمن يتعطى التفسير وذلك بان يعرف اللغة والنحو والتصريف والإشتقاق والمعانى والبيلن والقراأت واصول الدين والفقه واسباب النزول والقصص والناسخ والمنسوخ والفقه والأحاديث البينة لتفسير المجمل والمبهم.

Pertanyaan
b.      Dan kalau boleh bagaimana kita meletakan Qoidah ( العبرة بعموم الفظ لا بخصوص السبب ) ini terhadap penafsiran AL- Qur'an , Apakah boleh untuk semua Ayat atau Ayat –Ayat tertentu yang kandunganya sesuai Qoidah ini ?
Jawaban
Di gunaakan untuk ayat-ayat yang Amm selama selama tidak ada    batasan keumumanya.
Referensi
& Kitab lubul ushul bab amm wal khos

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا