Mas’alah :
Si A membeli sebidang tanah dari si B seharga Rp. 100.000,-
dengan aqad بيع
العهدة . Pada saat akan
ditebus, bolehkan si A meminta tebusan uang yang dibayarkan dahulu itu dengan
kurs harga emas? Dan bolehkah si A menolaknya, jika si B tetap menebusnya
dengan harga yang dahulu itu, disebabkan nilai mata uang kita menurun? Atau sebaliknya bolehkah si B membayar uang
tebusan itu sebanyak Rp.100,- disebabkan nilai mata uang kita naik seperti
pernah terjadi dahulu uang Rp.1000,- menjadi satu rupiah, sedangkan si A tetap
meminta tebusan sebanyak Rp. 100.000,-
Catatan :
Pada waktu berlangsungnya aqad jual beli tersebut, tidak ada
pembicaraan atau persepakatan tentang kurs uang pada tebusannya.
Jawab :
Jual beli tersebut sah, apabila menetapi aqad بيع العهدة.
Penjual (si B) boleh menebus tanahnya
yang telah dijual kepada si A. akan tetapi yang menentukan harga tebusan adalah
si A.
Dasar pengambilan :
- Tarsyihu Al Mustafidin hal : 226
إعلم أنّ بيع العهدة الشهير
بحضر موت المعروف المكة المكرمة ببيع الناس وبيع عدة وأمانة صحيح. إلى أن قال وإن
وقع خارج العقد لزم المشتري ما التزمه ووعدبه ويجب عليه عند رفع البائع الثمن فى
الوقت المشروط إيقاع الفسخ وقبض الثمن
Terjemah :
Ketahuilah, sesungguhnya jual beli
UHDAH yang telah masyhur (terlaku) di Hadramaut yang terkenal di Makkatal
Mukarromah, dengan jual belinya manusia dan jual beli IDDAH dan AMANAH itu sah,
dst…
Apabila terjadi di luar aqad
(transaksi) maka wajib bagi pembeli apa yang menjadi kesanggupannya dan yang
dijanjikannya. Dan wajib baginya (pembeli) ketika menjual meniadakan Tsaman
(harga) pada waktu yang disyaratkan, agar membatalkan transaksi dan menerima
tsaman (harga)
- Bughyatu Al Musytarsyidin hal : 125
(مسئلة) اشترى بفلوس ثم قبل
قبضها زاد السلطان فى حسابها أو نقص لم يلزمه إلا عدد الفلوس المعقود عليها ولا
عبرة بما حدث بل وإن نقصت قيمتها إلى الغاية ما لم تصر إلى حد لا تعدّ عرفا أنها
من تلك الفلوس التى كان يتعامل بها فلا يجب قبولها حينئذ لو فقدت الفلوس فقيمتها
يوم الطلب إن كان لها قيمة حينئذ أيضا و إلاّ فقبله والقول قول الغارم حيث لا
بيّنة أو تعارضتا وكالبيع نحو القرض.
Terjemah :
(Mas’alah SYIN) seseorang membeli
dengan fulus (uang logam) kemudian sebelum dia menerimanya, terjadi perubahan
dari kepala negara menurut nilainya, baik tambah atau kurang. Maka baginya tidak
wajib kecuali hanya jumlah fulus sesuai pada waktu aqad (transaksi). Dan tidak
perlu memandang sesuatu yang terjadi (dari perubahan), bahkan meskipun nilainya
merosot sampai jauh parah. Selama jatuhnya tadi tidak sampai batas (total)
tidak berlaku sama sekali fulus tersebut. Kemudian yang diambil nilainya pada
hari jatuh tempo fulus tadi ada nilainya juga. Jika tidak ada nilainya maka
yang diambil adalah nilai sebelumnya ( yang dibuat membayar). Dalam hal ini
perkataan yang dimenangkan adalah perkataan GHORIM (yang hutang) sekiranya
tidak ada bukti. Atau ketika keduanya berlawanan (punya bukti dari kedua
pihak). Dan disamakan dengan BAI’ (jual beli) adalah sesama hutang piutang.
- I’anatut Tholibin III : 154
- Fatawi Ibnu Hajar II : 158
بيع الناس المشهور الآن هو أن
يتفق على بيع عين بدون قيمتها وعلى انّ البائع متى جاء بالثمن ردّ المشترى عليه
بيعه واخذ ثمنه ثمّ يعقدان على ذلك من غير ان يشترطا ذلك فى صلب العقد وحكمه أنّه
بيع صحيح يترتّب عليه جميع احكام البيع الصحيح ولا يلزم مشترى والوفاء بما وعد به
البائع. ولا يرجع للبائع إلاّ بعقد جديد ويملك المشترى جميع الغلة فى زمن ملكه ولا
يرجع البائع عليه منها بشيئ.
Terjemah :
Jual belinya manusia yang masyhur
(terlaku) sekarang adalah kedua belah pihak sepakat atas jual benda dengan
tanpa menentukan nilainya. Dan berjanji bahwa sesungguhnya penjual ketika suatu
saat membawa (menentukan harga), maka pembeli mengembalikan jual belinya
(bendanya) kepada penjual, dan penjual mengambalikan harganya. Kemudian
keduanya melakukan aqad (transaksi) atas hal tersebut, dengan memasukkan
persyaratan dalam aqad. Hukumnya (jual beli tadi) dianggap sah. Dan berlaku
baginya semua ketentuan dalam jual beli yang sudah sah. Dan bagi pembeli tidak
wajib memenuhi apa yang dijanjikan oleh penjual. Dan penjual tidak boleh
mengabil kembali dengan aqad yang baru. Bagi pembeli berhak memiliki semua
hasil (dari benda yang dibeli) selama menjadi miliknya. Dan penjual tidak boleh
mengambil kembali dari pembeli atas hasil benda-benda tersebut dengan suatu
alasan apapun.
- Ahkamul Fuqoha’ I : 23
==========================
Mas’alah :
Ada seseorang mengatakan bahwa sholat jum’at itu tidak dapat
menggugurkan sholat dhuhur, dengan pengertian : sholat jum’at itu kewajiban
yang berdiri sendiri, sedang sholat dhuhur itu kewajiban yang lain. Bagaimana
tanggapan musyawirin, adakah nash-nash Al Qur’an atau Al Hadist atau
keterangan-keterangan muktabar yang menerangkan gugurnya sholat dhuhur dengan
menjalankan sholat jum’at.
Jawab :
Menunaikan sholat jum’at itu menggugurkan kewajiban sholat
dhuhur.
Dasar pengambilan :
- Sunan Daru Al Quthni II : 11
حدّثنا احمد بن محمد سالم
المحرمى حدثنا الحسين بن بحر البزوى حدّثنا على بن بحر عن أبى هريرة رضي الله قال:
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من ادرك الركوع من الركعة الأخيرة يوم الجمعة
فليصلّ إلهيها اخرى و من لم يدرك الركوع من الركعة الأخيرة فليصل الظهر أربعا وإن
ادركت الركعة الخيرة من صلاة الجمعة فليصلّ إليها ركعة وإذا فاتتك الركعة الأخيرة
فصلّ الظهر أربع ركعات.
Terjemah :
Telah menceritakan kepada saya Ahmad bin Muhammad
Salim Al Mahromi. Meriwayatkan kepada saya Husai bin Bahr Al Bazawy,
meriwayatkan kepada saya Ali bin Bahr dari Abi Hurairah RA. Ia berkata :
Rasulullah bersabda : barang siapa menjumpai ruku’ dari rakaat yang akhir
sholat jum’at, maka sholatnya jum’at dengan rakaat yang satunya. Dan barang
siapa yang tidak menjumpai ruku’ dari rakaat akhir sholat jum’at , maka sholat
dhuhur empat rakaat. Dan apabila menjumpai akhir sholat jum’at maka sholatnya
jum’at dengan menambah satu rakaat. Dan apabila engkau telah terlambat
(menjumpai ) satu rakaat akhir dari sholat jum’at, maka sholatlah dhuhur empat
rakaat.
- Al Mahali II : 269
ومن صحّت ظهره صحت جمعته
لأنّها تصحّ لمن تلزمه و لمن لا تلزمه أو لا وتجزئه عن الظهر (قوله صحّت جمعته) أى
اجزأت عن ظهره كما ذكره الاسنوى (قوله وتجزئه عن الظهر) أى فلا يلزمه قضاء بعد
ذلك.
Terjemah :
Barang siapa sah dhuhurnya maka ia
sah jum’atnya. Karena sholat jum’at adalah sah bagi siapa saja yang diwajibkan.
Bagi orang yang tidak diwajibkan jum’atan, melakukan sholat jum’at tetap lebih
utama dan cukup baginya dari sholat dhuhur. (perkataan pengarang : sah
jum’atannya) itu artinya sholat jum’at telah mencukupi dari sholat dhuhur
(tidak perlu sholat dhuhur bila sudah sholat jum’at) dan hal ini seperti yang
telah dijelaskan Imam Asnawi. (perkataan pengarang : cukup baginya sholat
dhuhur) artinya dia tidak wajib qodho’ sholat (dhuhur) setelahnya.
- Bughyatul Mustarsyidin : 80 & 78
(مسئلة
ي) ونحوه ج متى كملت شروط الجمعة بأن كان كل من الأربعين ذكرا حرّا مكلفا مستوطنا.
إلى عن قال لم تجز إعادتها ظهرا و فى صحيفة 78 ما نصّه: يجوز لمن لا تلزمه الجمعة كعبد
و مسافر و إمرأة أن يصلى الجمعة بدلا عن الظهر وتجزئه بل هي افضل لأنّها فرض اهل
الكمال، ولا تجوز إعادتها ظهرا بعد حيث كملت شروطها كما مرّ من فتاوى ابن حجر.
ومثله ما فى المهذب الجزء الأوّل صحيفة 110، وشرقاوى الجزء الأول صحيفة 260 وإعانة
الطالبين الجزء الثانى صحيفة 62 والمزان الكبرى الجزء الأول صحيفة 210 وبجيرمى على
فتح الوهاب الجزء الأول صحيفة 272 وموهبة ذى الفضل الجزء الثانى صحيفة 103
والقليبى الجزء صحيفة 260.
Terjemah :
(mas’alah Ya’) dan sesamanya adalah
Jim. Ketika syarat-syarat sholat jum’at telah sempurna dalam arti setiap orang
dari jama’ah empat puluh itu berupa orang laki-laki mukallaf (sah bertanggung
jawab atas iseu), berumah tangga, dst. Smpai dengan … tidak boleh mengulangi
sholat jum’at dengan sholat dhuhur.
Di dalam halaman 78 terdapat teks
yang artinya : diperbolehkan bagi orang yang tidak wajib sholat jum’at seperti
hamba sahaya, orang musafir (dalam perjalanan jauh), dan orang perempuan,
apabila melakukan sholat jum’at sebagai ganti sholat dhuhur, dan mencukupinya,
bahkan jum’atan adalah lebih utama. Karena jum’atan adalah fardhu (wajib) bagi
ahli kesempurnaan. Dan tidak boleh mengulangi sholat jum’at dengan sholat
dhuhur setelah kiranya telah sempurna syarat-syaratnya jum’atan. Seperti fatwa
dari Ibnu Hajar yang telah lewat.
- Asy Syarqowi I : 260
- I’anatut Tholibin II : 62
- Al Mizan Al Kubro I : 210
- Bujairomi Ala Fathi Al Wahab I : 372
- Mauhibah Dzilfadzli II : 203
- Al Qolyubi II : 260
- QS. Al Jum’ah ayat 9 – 10
Hai orang-orang beriman, apabila iseur
untuk menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah
dan tinggalkanlah jual beli[1475]. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika
kamu mengetahui.
Apabila telah ditunaikan shalat,
Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah
Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.
===============================
Mas’alah :
Ada sebuah masjid yang masih baik lalu akan dirobohkan/direhab
oleh panitia. Genting yang masih baik dari masjid tersebut, dijual dengan
uangnya digunakan untuk membeli genting yang lebih baik. Bagaiman hukumnya
membeli genting tersebut ?
Jawab :
Menjual genting yang masih baik milik masjid hukumnya tidak
boleh.
Dasar pengambilan :
- I’anatut Tholibin III / 182
وسئل شيخا عما إذا عمّر مسجد
بالآت جدد وبقيت آلاته القديمة فهل يجوز عمارة مسجد آخر قديم بها أو اتباع ويحفظ
ثمنها فأجاب بأنّه يجوز عمارة مسجد قديم وحديث بها حيث قطع بعدم احتياج ما هي منه
إليها قبل فنائها ولا يجوز بيع بوجه من الوجوه (قوله بالآت جدد) أى لعمارة المسجد
وهي كالخسب والحجر والحديد.
Terjemah :
Dan Syaikhuna (guru kuta) telah
ditanya tentang masjid yang diramaikan (dibangun) dengan alat / bahan-bahan
yang baru dan bahan-bahan yang lama masih ada. Apakah boleh membangun masjid
lain yang sudah ada dulu dengan bahan-bahan/alat masjid yang lama, atau membeli
dan merela menyimpan uang hasil penjualan (bagi panitia dari masjid yang
dibangun dengan bahan-bahan baru).
Guru kita menjawab : Sesungguhnya
boleh membangun masjid yang lama dan yang baru dengan alat-alat/bahan-bahan
tersebut., sekira dipastikan masjid yang akan dibangun dengan bahan-bahan baru
itu sudah tidak membutuhkan lagi sebelum rusaknya bahan-bahan tersebut. Dan
tidak boleh menjualnya dengan cara atau alasan apapun. (perkataan pengarang :
Bialaain Jududin) artinya untuk membangun masjid (dengan alat/bangunan baru)
seperti kayu, batu, dan besi.
=============================
Mas’alah :
Mengingat di masyarakat kita sering terjadi
upacara pemberangkatan mayit, lebih-lebih kalau mayit itu termasuk tokoh dan
biasanya para pelayat cukup banyak, termasuk para ulama’ dan umaro’ lalu
diadakan sambutan-sambutan. Bagaimana
hukumnya sambutan-sambutan dalam upacara pemberangkatan mayit tersebut? Kalau
sambutan-sambutan tersebut dianggap isyhad sampai dimana batas-batas pujian
terhadap mayit?
Jawab :
Hukumnya sunnah, selama sambutan-sambutan tersebut dimaksudkan
untuk menutur kebaikan-kebaikan mayit, sedangkan si mayit memang ahli kebaikan
dan tidak berlebih-lebihan (secukupnya saja)
Dasar pengambilan :
- Dalili Al Falihin III / 436,437
عن أبى الأسود قال قدمت
المدينة فجلست إلى عمر ابن الخطاب رضي الله عنه فمرت به جنازة فأتنى على صاحبها
خيرا فقال عمر رضي الله عنه وجبت ثم مرّ بأخرى فأتنى على صاحبها خيرا فقال عمر
وجبت ثم مرّ بالثالثة فأتنى على صاحبها شرّا فقال عمر وجبت. قال أبو الأسود وقلت
وما وجبت يا أمير المؤمنين؟ قال قلت كما قال النبى صلى الله عليه وسلم أيّما مسلم
شهد له أربعة بخير ادخله الله الجنة فقلنا وثلاثة قال وثلاثة فقلنا واثنان فقال
واثنان ثمّ لم نسأله عن الواحد (رواه البخارى) قال المؤلّف: وأخذ أئمتنا من هذا
وما قبله إنّه يسنّ لمن مرّت به جنازة إن يدعونها ويثنى عليها خيرا إن تأهل القيّد
لذلك لكن بلا إطراء.
Terjemah :
Dari Abil Aswad ia berkata : saya
datang ke Madinah kemudian saya duduk ke sisi Umar bin Khottob RA. Kemudian ada
jenazah dibawa lewat) kemudian orang yang bersamanya memuji kebaikan jenazah
tersebut. Kemudian Umar RA berkata : Jenazah itu wajib. Kemudian lewat lagi
jenazah yang lain, dan dipujinya (oleh orang yang bersamanya) dengan baik,
kemudian Umar RA berkata : Jenazah itu wajib. Kemudian ada jenazah kagi yang
ketiga lewat, dan dipujinya dengan jelek (oleh orang yang bersamanya). Kemudian
Umar RA berkata : “jenazah itu wajib”. Abul Aswad berkata : “kemudian saya
bertanya apa yang wajib wahai Amirul Mukminin (Umar) ?” Beliau menjawab, “saya katakan seperti apa
yang dikatakan Nabi SAW”. Siapa saja orang islam yang disaksikan kebaikannya
oleh orang empat, maka Allah akan memasukkannya ke surga. Kemudian saya
bertanya kalau (disaksikan) tiga ? Umar menjawab “dan juga tiga”. Kemudian saya
bertanya “kalau (disaksikan) dua ?” beliau menjawab “dan juga dua”. Kemudian
saya tidak menanyakan dari (bila disaksikan) hanya satu oarang. (Hadist riwayat
Imam Bukhori). Pengarang mengatakan : beberapa pemimpin / Imam-imam kita
mengambil kesimpulan dari hadist ini dan hadist sebelumnya, bahwa sesungguhnya
disunnahkan bagi orang yang melewati jenazah agar mendoakannya dan memujinya
dengan baik, jika memang mayit tersebut golongan (ahli) terpuji baik, tetapi
dengan tanpa mengada-ada.
- Adzkar An Nawawi : 96
فيستحبّ أن يدعونها ويثنى
عليه بالخير أن كانت أهلا لثناء ولا يجاوز فى ثنائه.
Terjemah :
Disunnahkan
untuk mendo’akan jenazah dan memujinya dengan baik jika jenazah tersebut memang
golongan terpuji. Dan tidak boleh berlebih-lebihan dalam memujinya.
============================
Mas’alah :
Apakah mayit yang diambil matanya
terasa sakit atau tidak ?
Jawab :
Mayit yang diambil matanya itu
merasa sakit.
Dasar pengambilan :
- Ngauni AL Ma’bud Bisyarhi Abi Dawud IX : 24
حديث أبى داود رواية عائشة:
حدثنا القعنب اخبرنا عبد
العزيز بن محمد عن سعد يعنى ابن سعيد عن عمرة بنت عبد الرحمن عن عائشة ؤضى الله
عنها: أنّ رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: كسر عظم الميت ككسره حيا (كسر عظم
الميّت) قال السيوط فى بيان سبب الحديث عن جابر: مع رسول الله عليه وسلم فى جنازة
فجلس النبى صلى الله عليه وسلم على سفير القبر و جلسنا معه فأخرج الخفار عظما ساقا
أو عضدا فذهب يكسره قال النبى صلى الله عليه وسلم لا تكسرها فإنّ كسرك إيّاه ميّتا
ككسرك إيّأه حيا ولكن دُسّه فى جانب القبر.
Terjemah :
Hadist Abi
Dawud riwayat A’isyah :
Telah
menceritakan kepada saya Al Qo’nabi, mengabarkan kepada saya Abdul Aziz bin
Muhammad dari Sa’ad. Maksudnya Ibnu Sa’id dari Ummroh binti Abdurrahman dari A’isyah
RA. Sesungguhnya Rasulullah pernah bersabda : “memecah tulang mayit itu sama
halnya memecah tulangnya pada waktu ia masih hidup”.
(pengertian
memecah tulang mayit). Imam Assuyuti dalam menjelaskan sebab-sebab dari hadist
tersebut, dari Jabir : saya pernah keluar bersama Rasulullah SAW menuju ke
jenazah, kemudian Nabi SAW duduk di pinggir kuburan dan kami juga duduk bersama
beliau. Kemudian orang-orang yang menggali kubur mengeluarkan tulang kaki atau
tulang lengan, dan pergi untuk memecahnya. Nabi SAW bersabda : “jangan kau
pecah tulang itu! Jika kamu memacahnya dalam kondisi sudah mati sama halnya
kamu memecahnya pada waktu hidup. Tetapi silahkan benam (kubur) lah di samping
kubur.
======================
Komentar
Posting Komentar
Harap berkomentar yang baik