Langsung ke konten utama

LBM



Mas’alah :
Si A membeli sebidang tanah dari si B seharga Rp. 100.000,- dengan aqad بيع العهدة . Pada  saat akan ditebus, bolehkan si A meminta tebusan uang yang dibayarkan dahulu itu dengan kurs harga emas? Dan bolehkah si A menolaknya, jika si B tetap menebusnya dengan harga yang dahulu itu, disebabkan nilai mata uang kita menurun?  Atau sebaliknya bolehkah si B membayar uang tebusan itu sebanyak Rp.100,- disebabkan nilai mata uang kita naik seperti pernah terjadi dahulu uang Rp.1000,- menjadi satu rupiah, sedangkan si A tetap meminta tebusan sebanyak Rp. 100.000,-

Catatan :
Pada waktu berlangsungnya aqad jual beli tersebut, tidak ada pembicaraan atau persepakatan tentang kurs uang pada tebusannya.

Jawab :
Jual beli tersebut sah, apabila menetapi aqad بيع العهدة. Penjual  (si B) boleh menebus tanahnya yang telah dijual kepada si A. akan tetapi yang menentukan harga tebusan adalah si A.

Dasar pengambilan :
  1. Tarsyihu Al Mustafidin hal : 226 

إعلم أنّ بيع العهدة الشهير بحضر موت المعروف المكة المكرمة ببيع الناس وبيع عدة وأمانة صحيح. إلى أن قال وإن وقع خارج العقد لزم المشتري ما التزمه ووعدبه ويجب عليه عند رفع البائع الثمن فى الوقت المشروط إيقاع الفسخ وقبض الثمن 

Terjemah :
Ketahuilah, sesungguhnya jual beli UHDAH yang telah masyhur (terlaku) di Hadramaut yang terkenal di Makkatal Mukarromah, dengan jual belinya manusia dan jual beli IDDAH dan AMANAH itu sah, dst…
Apabila terjadi di luar aqad (transaksi) maka wajib bagi pembeli apa yang menjadi kesanggupannya dan yang dijanjikannya. Dan wajib baginya (pembeli) ketika menjual meniadakan Tsaman (harga) pada waktu yang disyaratkan, agar membatalkan transaksi dan menerima tsaman (harga)

  1. Bughyatu Al Musytarsyidin hal : 125

(مسئلة) اشترى بفلوس ثم قبل قبضها زاد السلطان فى حسابها أو نقص لم يلزمه إلا عدد الفلوس المعقود عليها ولا عبرة بما حدث بل وإن نقصت قيمتها إلى الغاية ما لم تصر إلى حد لا تعدّ عرفا أنها من تلك الفلوس التى كان يتعامل بها فلا يجب قبولها حينئذ لو فقدت الفلوس فقيمتها يوم الطلب إن كان لها قيمة حينئذ أيضا و إلاّ فقبله والقول قول الغارم حيث لا بيّنة أو تعارضتا وكالبيع نحو القرض.

Terjemah :
(Mas’alah SYIN) seseorang membeli dengan fulus (uang logam) kemudian sebelum dia menerimanya, terjadi perubahan dari kepala negara menurut nilainya, baik tambah atau kurang. Maka baginya tidak wajib kecuali hanya jumlah fulus sesuai pada waktu aqad (transaksi). Dan tidak perlu memandang sesuatu yang terjadi (dari perubahan), bahkan meskipun nilainya merosot sampai jauh parah. Selama jatuhnya tadi tidak sampai batas (total) tidak berlaku sama sekali fulus tersebut. Kemudian yang diambil nilainya pada hari jatuh tempo fulus tadi ada nilainya juga. Jika tidak ada nilainya maka yang diambil adalah nilai sebelumnya ( yang dibuat membayar). Dalam hal ini perkataan yang dimenangkan adalah perkataan GHORIM (yang hutang) sekiranya tidak ada bukti. Atau ketika keduanya berlawanan (punya bukti dari kedua pihak). Dan disamakan dengan BAI’ (jual beli) adalah sesama hutang piutang.

  1. I’anatut Tholibin III : 154

  1. Fatawi Ibnu Hajar II : 158
بيع الناس المشهور الآن هو أن يتفق على بيع عين بدون قيمتها وعلى انّ البائع متى جاء بالثمن ردّ المشترى عليه بيعه واخذ ثمنه ثمّ يعقدان على ذلك من غير ان يشترطا ذلك فى صلب العقد وحكمه أنّه بيع صحيح يترتّب عليه جميع احكام البيع الصحيح ولا يلزم مشترى والوفاء بما وعد به البائع. ولا يرجع للبائع إلاّ بعقد جديد ويملك المشترى جميع الغلة فى زمن ملكه ولا يرجع البائع عليه منها بشيئ.

Terjemah :
Jual belinya manusia yang masyhur (terlaku) sekarang adalah kedua belah pihak sepakat atas jual benda dengan tanpa menentukan nilainya. Dan berjanji bahwa sesungguhnya penjual ketika suatu saat membawa (menentukan harga), maka pembeli mengembalikan jual belinya (bendanya) kepada penjual, dan penjual mengambalikan harganya. Kemudian keduanya melakukan aqad (transaksi) atas hal tersebut, dengan memasukkan persyaratan dalam aqad. Hukumnya (jual beli tadi) dianggap sah. Dan berlaku baginya semua ketentuan dalam jual beli yang sudah sah. Dan bagi pembeli tidak wajib memenuhi apa yang dijanjikan oleh penjual. Dan penjual tidak boleh mengabil kembali dengan aqad yang baru. Bagi pembeli berhak memiliki semua hasil (dari benda yang dibeli) selama menjadi miliknya. Dan penjual tidak boleh mengambil kembali dari pembeli atas hasil benda-benda tersebut dengan suatu alasan apapun.

  1. Ahkamul Fuqoha’ I : 23
==========================
Mas’alah :
Ada seseorang mengatakan bahwa sholat jum’at itu tidak dapat menggugurkan sholat dhuhur, dengan pengertian : sholat jum’at itu kewajiban yang berdiri sendiri, sedang sholat dhuhur itu kewajiban yang lain. Bagaimana tanggapan musyawirin, adakah nash-nash Al Qur’an atau Al Hadist atau keterangan-keterangan muktabar yang menerangkan gugurnya sholat dhuhur dengan menjalankan sholat jum’at.

Jawab :
Menunaikan sholat jum’at itu menggugurkan kewajiban sholat dhuhur.

Dasar pengambilan :
  1. Sunan Daru Al Quthni II : 11

حدّثنا احمد بن محمد سالم المحرمى حدثنا الحسين بن بحر البزوى حدّثنا على بن بحر عن أبى هريرة رضي الله قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من ادرك الركوع من الركعة الأخيرة يوم الجمعة فليصلّ إلهيها اخرى و من لم يدرك الركوع من الركعة الأخيرة فليصل الظهر أربعا وإن ادركت الركعة الخيرة من صلاة الجمعة فليصلّ إليها ركعة وإذا فاتتك الركعة الأخيرة فصلّ الظهر أربع ركعات.
Terjemah :
Telah  menceritakan kepada saya Ahmad bin Muhammad Salim Al Mahromi. Meriwayatkan kepada saya Husai bin Bahr Al Bazawy, meriwayatkan kepada saya Ali bin Bahr dari Abi Hurairah RA. Ia berkata : Rasulullah bersabda : barang siapa menjumpai ruku’ dari rakaat yang akhir sholat jum’at, maka sholatnya jum’at dengan rakaat yang satunya. Dan barang siapa yang tidak menjumpai ruku’ dari rakaat akhir sholat jum’at , maka sholat dhuhur empat rakaat. Dan apabila menjumpai akhir sholat jum’at maka sholatnya jum’at dengan menambah satu rakaat. Dan apabila engkau telah terlambat (menjumpai ) satu rakaat akhir dari sholat jum’at, maka sholatlah dhuhur empat rakaat.

  1. Al Mahali II : 269
ومن صحّت ظهره صحت جمعته لأنّها تصحّ لمن تلزمه و لمن لا تلزمه أو لا وتجزئه عن الظهر (قوله صحّت جمعته) أى اجزأت عن ظهره كما ذكره الاسنوى (قوله وتجزئه عن الظهر) أى فلا يلزمه قضاء بعد ذلك.
Terjemah :
Barang siapa sah dhuhurnya maka ia sah jum’atnya. Karena sholat jum’at adalah sah bagi siapa saja yang diwajibkan. Bagi orang yang tidak diwajibkan jum’atan, melakukan sholat jum’at tetap lebih utama dan cukup baginya dari sholat dhuhur. (perkataan pengarang : sah jum’atannya) itu artinya sholat jum’at telah mencukupi dari sholat dhuhur (tidak perlu sholat dhuhur bila sudah sholat jum’at) dan hal ini seperti yang telah dijelaskan Imam Asnawi. (perkataan pengarang : cukup baginya sholat dhuhur) artinya dia tidak wajib qodho’ sholat (dhuhur) setelahnya.

  1. Bughyatul Mustarsyidin : 80 & 78
(مسئلة ي) ونحوه ج متى كملت شروط الجمعة بأن كان كل من الأربعين ذكرا حرّا مكلفا مستوطنا. إلى عن قال لم تجز إعادتها ظهرا و فى صحيفة 78 ما نصّه: يجوز لمن لا تلزمه الجمعة كعبد و مسافر و إمرأة أن يصلى الجمعة بدلا عن الظهر وتجزئه بل هي افضل لأنّها فرض اهل الكمال، ولا تجوز إعادتها ظهرا بعد حيث كملت شروطها كما مرّ من فتاوى ابن حجر. ومثله ما فى المهذب الجزء الأوّل صحيفة 110، وشرقاوى الجزء الأول صحيفة 260 وإعانة الطالبين الجزء الثانى صحيفة 62 والمزان الكبرى الجزء الأول صحيفة 210 وبجيرمى على فتح الوهاب الجزء الأول صحيفة 272 وموهبة ذى الفضل الجزء الثانى صحيفة 103 والقليبى الجزء صحيفة 260.

Terjemah :
(mas’alah Ya’) dan sesamanya adalah Jim. Ketika syarat-syarat sholat jum’at telah sempurna dalam arti setiap orang dari jama’ah empat puluh itu berupa orang laki-laki mukallaf (sah bertanggung jawab atas iseu), berumah tangga, dst. Smpai dengan … tidak boleh mengulangi sholat jum’at dengan sholat dhuhur.
Di dalam halaman 78 terdapat teks yang artinya : diperbolehkan bagi orang yang tidak wajib sholat jum’at seperti hamba sahaya, orang musafir (dalam perjalanan jauh), dan orang perempuan, apabila melakukan sholat jum’at sebagai ganti sholat dhuhur, dan mencukupinya, bahkan jum’atan adalah lebih utama. Karena jum’atan adalah fardhu (wajib) bagi ahli kesempurnaan. Dan tidak boleh mengulangi sholat jum’at dengan sholat dhuhur setelah kiranya telah sempurna syarat-syaratnya jum’atan. Seperti fatwa dari Ibnu Hajar yang telah lewat.

  1. Asy Syarqowi I : 260
  2. I’anatut Tholibin II : 62
  3. Al Mizan Al Kubro I : 210
  4. Bujairomi Ala Fathi Al Wahab I : 372
  5. Mauhibah Dzilfadzli II : 203
  6. Al Qolyubi II : 260
  7. QS. Al Jum’ah ayat 9 – 10
Hai orang-orang beriman, apabila iseur untuk menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli[1475]. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.
===============================
Mas’alah :
Ada sebuah masjid yang masih baik lalu akan dirobohkan/direhab oleh panitia. Genting yang masih baik dari masjid tersebut, dijual dengan uangnya digunakan untuk membeli genting yang lebih baik. Bagaiman hukumnya membeli genting tersebut ?

Jawab :
Menjual genting yang masih baik milik masjid hukumnya tidak boleh.

Dasar pengambilan :
  1. I’anatut Tholibin III / 182
وسئل شيخا عما إذا عمّر مسجد بالآت جدد وبقيت آلاته القديمة فهل يجوز عمارة مسجد آخر قديم بها أو اتباع ويحفظ ثمنها فأجاب بأنّه يجوز عمارة مسجد قديم وحديث بها حيث قطع بعدم احتياج ما هي منه إليها قبل فنائها ولا يجوز بيع بوجه من الوجوه (قوله بالآت جدد) أى لعمارة المسجد وهي كالخسب والحجر والحديد.

Terjemah :
Dan Syaikhuna (guru kuta) telah ditanya tentang masjid yang diramaikan (dibangun) dengan alat / bahan-bahan yang baru dan bahan-bahan yang lama masih ada. Apakah boleh membangun masjid lain yang sudah ada dulu dengan bahan-bahan/alat masjid yang lama, atau membeli dan merela menyimpan uang hasil penjualan (bagi panitia dari masjid yang dibangun dengan bahan-bahan baru).
Guru kita menjawab : Sesungguhnya boleh membangun masjid yang lama dan yang baru dengan alat-alat/bahan-bahan tersebut., sekira dipastikan masjid yang akan dibangun dengan bahan-bahan baru itu sudah tidak membutuhkan lagi sebelum rusaknya bahan-bahan tersebut. Dan tidak boleh menjualnya dengan cara atau alasan apapun. (perkataan pengarang : Bialaain Jududin) artinya untuk membangun masjid (dengan alat/bangunan baru) seperti kayu, batu, dan besi.

=============================
Mas’alah :

Mengingat di masyarakat kita sering terjadi upacara pemberangkatan mayit, lebih-lebih kalau mayit itu termasuk tokoh dan biasanya para pelayat cukup banyak, termasuk para ulama’ dan umaro’ lalu diadakan sambutan-sambutan. Bagaimana hukumnya sambutan-sambutan dalam upacara pemberangkatan mayit tersebut? Kalau sambutan-sambutan tersebut dianggap isyhad sampai dimana batas-batas pujian terhadap mayit?

Jawab :
Hukumnya sunnah, selama sambutan-sambutan tersebut dimaksudkan untuk menutur kebaikan-kebaikan mayit, sedangkan si mayit memang ahli kebaikan dan tidak berlebih-lebihan (secukupnya saja)

Dasar pengambilan :
  1. Dalili Al Falihin III / 436,437

عن أبى الأسود قال قدمت المدينة فجلست إلى عمر ابن الخطاب رضي الله عنه فمرت به جنازة فأتنى على صاحبها خيرا فقال عمر رضي الله عنه وجبت ثم مرّ بأخرى فأتنى على صاحبها خيرا فقال عمر وجبت ثم مرّ بالثالثة فأتنى على صاحبها شرّا فقال عمر وجبت. قال أبو الأسود وقلت وما وجبت يا أمير المؤمنين؟ قال قلت كما قال النبى صلى الله عليه وسلم أيّما مسلم شهد له أربعة بخير ادخله الله الجنة فقلنا وثلاثة قال وثلاثة فقلنا واثنان فقال واثنان ثمّ لم نسأله عن الواحد (رواه البخارى) قال المؤلّف: وأخذ أئمتنا من هذا وما قبله إنّه يسنّ لمن مرّت به جنازة إن يدعونها ويثنى عليها خيرا إن تأهل القيّد لذلك لكن بلا إطراء.

Terjemah :
Dari Abil Aswad ia berkata : saya datang ke Madinah kemudian saya duduk ke sisi Umar bin Khottob RA. Kemudian ada jenazah dibawa lewat) kemudian orang yang bersamanya memuji kebaikan jenazah tersebut. Kemudian Umar RA berkata : Jenazah itu wajib. Kemudian lewat lagi jenazah yang lain, dan dipujinya (oleh orang yang bersamanya) dengan baik, kemudian Umar RA berkata : Jenazah itu wajib. Kemudian ada jenazah kagi yang ketiga lewat, dan dipujinya dengan jelek (oleh orang yang bersamanya). Kemudian Umar RA berkata : “jenazah itu wajib”. Abul Aswad berkata : “kemudian saya bertanya apa yang wajib wahai Amirul Mukminin (Umar) ?”  Beliau menjawab, “saya katakan seperti apa yang dikatakan Nabi SAW”. Siapa saja orang islam yang disaksikan kebaikannya oleh orang empat, maka Allah akan memasukkannya ke surga. Kemudian saya bertanya kalau (disaksikan) tiga ? Umar menjawab “dan juga tiga”. Kemudian saya bertanya “kalau (disaksikan) dua ?” beliau menjawab “dan juga dua”. Kemudian saya tidak menanyakan dari (bila disaksikan) hanya satu oarang. (Hadist riwayat Imam Bukhori). Pengarang mengatakan : beberapa pemimpin / Imam-imam kita mengambil kesimpulan dari hadist ini dan hadist sebelumnya, bahwa sesungguhnya disunnahkan bagi orang yang melewati jenazah agar mendoakannya dan memujinya dengan baik, jika memang mayit tersebut golongan (ahli) terpuji baik, tetapi dengan tanpa mengada-ada.

  1. Adzkar An Nawawi : 96


فيستحبّ أن يدعونها ويثنى عليه بالخير أن كانت أهلا لثناء ولا يجاوز فى ثنائه.
Terjemah :
Disunnahkan untuk mendo’akan jenazah dan memujinya dengan baik jika jenazah tersebut memang golongan terpuji. Dan tidak boleh berlebih-lebihan dalam memujinya.

============================
Mas’alah :
Apakah mayit yang diambil matanya terasa sakit atau tidak ?

Jawab :
Mayit yang diambil matanya itu merasa sakit.

Dasar pengambilan :
  1. Ngauni AL Ma’bud Bisyarhi Abi Dawud IX : 24

حديث أبى داود رواية عائشة:
حدثنا القعنب اخبرنا عبد العزيز بن محمد عن سعد يعنى ابن سعيد عن عمرة بنت عبد الرحمن عن عائشة ؤضى الله عنها: أنّ رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: كسر عظم الميت ككسره حيا (كسر عظم الميّت) قال السيوط فى بيان سبب الحديث عن جابر: مع رسول الله عليه وسلم فى جنازة فجلس النبى صلى الله عليه وسلم على سفير القبر و جلسنا معه فأخرج الخفار عظما ساقا أو عضدا فذهب يكسره قال النبى صلى الله عليه وسلم لا تكسرها فإنّ كسرك إيّاه ميّتا ككسرك إيّأه حيا ولكن دُسّه فى جانب القبر.
Terjemah :
Hadist Abi Dawud riwayat A’isyah :
Telah menceritakan kepada saya Al Qo’nabi, mengabarkan kepada saya Abdul Aziz bin Muhammad dari Sa’ad. Maksudnya Ibnu Sa’id dari Ummroh binti Abdurrahman dari A’isyah RA. Sesungguhnya Rasulullah pernah bersabda : “memecah tulang mayit itu sama halnya memecah tulangnya pada waktu ia masih hidup”.
(pengertian memecah tulang mayit). Imam Assuyuti dalam menjelaskan sebab-sebab dari hadist tersebut, dari Jabir : saya pernah keluar bersama Rasulullah SAW menuju ke jenazah, kemudian Nabi SAW duduk di pinggir kuburan dan kami juga duduk bersama beliau. Kemudian orang-orang yang menggali kubur mengeluarkan tulang kaki atau tulang lengan, dan pergi untuk memecahnya. Nabi SAW bersabda : “jangan kau pecah tulang itu! Jika kamu memacahnya dalam kondisi sudah mati sama halnya kamu memecahnya pada waktu hidup. Tetapi silahkan benam (kubur) lah di samping kubur.






======================

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan