Langsung ke konten utama

seseorang bisa dikatakan sebagai guru



seseorang bisa dikatakan sebagai guru

Sayyidina Ali ra. pernah berkata “saya adalah hamba orang yang pernah mengajar saya walaupun sutu huruf” seorang guru dalam dunia pendidikan merupakan bagian yang sanagt urgen dan sacral. Dalam pesantren pada umumnya para guru adalah seorang yang sanagt terhormat dan mampu mengisi hati para santri, namun fenomena masyarakat kekianian mulai melupakan arti dan jasa seorang guru, bahkan yang lebih parah mereka beranggapan bahwa guru tidak lebih dari seorang pedagang yang menjajakan ilmunya.
Pertanyaan :
a.      Sebenarnya seseorang bisa dikatakan sebagai guru itu yang bagaimana (apakah orang yang membaca kitab مجموع   misal bisa dikatakan sebagai murid dari Imam an-Nawawi, dan Imam an-Nawawi bisa dikatakan sebagai gurunya) ?
b.      Apakah teman yang membacakan ma’na (nembel saat menjelang setoran kitab) dan kita mendengarkan, sehingga kita mendapatkan ilmu bisa dikatakan sebagai muridnya ?
Forum Balen
Jawaban
a.      Kriteria seseorang dapat dikatakan seorang guru adalah yang memberi pengajaran secara langsung bukan pengarang dari kitab / buku yang dibaca.
b.      Diposisikan sebagaimana guru (fimaknal ustadz).

Reference:
1.      Anbahurrawwat, Hal: 4
2.      Hilyatut Thullab, Hal: 171
3.      At-Tarbiyah fi At-Tahdzib, Hal: 8
4.      Ta’lim Al-Muta’allim, Hal: 17
5.      Al-Majmu’ ala Syarh Al-Muhaddzab, Juz: 1, Hal:627-628
6.      Al-Mausu’ah Al-Yusufiyah, Hal: 382
7.      Taysirul Kholaq, Hal:15
وعبارته :
v    {الباب الأول فى أهمية المشافهة وفوائدها وحكمها} إعلم أن مشافهة الشيخ سواء كانت بالسماع او القرآءة عليه شأنها عظيمة وأمرها جزيمة لأن الإستقلال بالعلم والفهم من الصحف وبطون الكتب لا يعتبر عند علمآئنا السلف وذلك لأن الإستقلال بالفهم وقرآءة الكتب من غير شيخ لا تعطى المعرفة الصحيحة الكاملة، ولا تفيد العلم النقي المضبوط القويم ، فهي معينة لا معلمة ومذكرة لا مقومة ولهذا قيل من دخل فى العلم  وحده خرج وحده أي من دخل فى طلب العلم بلا شيخ خرج منه بلا علم إذا العلم صنعة وكل صنعة تحتاج إلى صانع فلا بد إذا لتعلمها من معلمها الحاذق . اهـ{أنباه الرواة ص : 4}
v    (فاخدم ) أيها الطالب (له) أي الأستاذ بقصد التعظيم والتوقير (فالإقتباس ) الفاء تعليلية أي لأن تعلم العلم (رق) أي بمنزلته فكما أن الرقيق يلزم عليه أن يخدم سيده، كذلك يلزم على الطالب أن يخدم أستاذه ومعلمه، قال علي كرم الله وجهه : "أنا عبد من علمنى حرفا واحدا إن شاء باع وان شاء أعتق وان شاء استرق أي جعلنى رقيقا وأسيرا لأخدمه فى بابه، وهذه غاية فى التكريم للعلماء والمعلمين لم ترق اليهما أمة من الأمم وقد قال النبي صلى الله عليه وسلم :"من علم عبدا أية من كتاب الله فهو مولاه" وأجمع العلماء أن خدمة العلماء وأهل الفضل من أعظم القرب ومن تعظيم شعائر الله كما أفاده صاحب بغية المسترشدين. اهـ {حلية الطلاب ص : 171}
v    لأن أستاذك هو الذى أنقذك من مصيبة الجهل وبث فو فوادك ما يصيرك إنسانا كاملا فاضلا عالما عارفا ما لك وم عليك من الحقوق الواجبات نافعا نفسك وغيرك اهـ {التربية فى التهذيب ص: 8}
v    وأوجبه حفظا على كل مسلم لقد حق أن يهدي اليه كرامة لتعليم حرف واحد ألف درهم فإن من علمك حرفا مما تحتاج اليه فى الدين فهو أبوك فى الدين اهـ {تعليم المتعلم ص : 17}
v    وربما قال القائل ممن لا يعقل الكتب كثيرة وفيها غضبة وكفاية ولا فائدة فى تصنيف الكتب فى هذا الزمان فهذا القائل ان أصاب فى قوله إن فى الكتب غنية وكفاية فقد أخطأ فى قوله لا فائدة للتصنيف فى هذا الومان لأن للقلوب ميلا بحكم الجبلة الى كل جديد وايضا والله ينطق علماء كل زمن مما يوافق أهله والتصانيف تبلغ الأماكن البعيدة وتبقى بعد موت لعالم فيحصل بذلك فضل نشر العلم ويكتب معلما داعيا الى الله فى قبره. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :"من أنعش لسانه حقا يعمل به من بعده أجرى عليه أجره الى يوم القيامة اهـ {شرح رسالة المعاونة ص : 3}
v    وقالوا : ولا تأخذ العلم ممن كان أخذه له من بطون الكتب من غير قرآءة على شيوخ أو شيخ حاذق فمن لم يأخذه الا من الكتب يقع فى التصحيف ويكثر منه الغلط والتحريف اهـ {المجموع شرح المهذب الجزء الأول ص : 627-628}
v    وهل يمكن لأي شيء أن يقرأ القرآن قرآءة صحيحة بغير موفق خبير ؟ وكذلك شأن جميع الصنعات والفنون إن اتخاذ الشيخ مما لا يتم الواجب إلا به فهو واجب كما رأيت طبعا وشرعا مؤيدا بالواقع العلم والتاريخ والموضوعة التى لا تقبل النقاش ومجال اتخاذ الشيخ إن خلا شغله الشيطان بيقين اهـ {الموسوعة اليوسوفية ص : 382} 
v    المعلم دليل التلميذ الى ما يكوم به كماله من المعلوم والمعارف اهـ {تيسير الخلاق للشيخ حسن المسعودى ص : 15}

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا