Langsung ke konten utama

lbm



73. Banyak dikalangan sekolah-sekolah/madrasah kita menyampaikan pelajarannya dengan cara laki-laki berkumpul satu local dengan murid perempuan.

Pertanyaan :
            Apakah ada qoul yang memperbolahkan percampuran antara laki-laki dan perempuan pada waktu sekolah?
 Jawab :
            Ada qoul yang memperbolehkan percampuran antara laki-laki dan perempuan dengan syarat :
1). Tidak bersentuhan
2). Tidak terjadi pemandangan yang diharamkan

Keterangan dari  kitab:
a.       Is’adur-rofiq, Juz II hal. 67
b.       Azza wajir
c.       I’anatut Tholibin Juz I hal. 272
d.       Al-bajuri Juz II hal. 99-100

1.  البيجورى الجزء الثانى الصحيفة، 96:
 ونظر الرجل الى المرأة على سبعة اضرب احد هما نظره ولوكان شيخاهر ماعاجزا عن الوطء الى اجنبية لغيرحاجة الى نظرها فغير جائز فان كان النظر لحاجة كشهادة عليها جاز. (قوله على سبعة اضرب) ... قال الجلال المحلى جواز النظر للتعليم خاص بالامرد دون المرأة اخذا من مسئلة الصداق فانها تقتضى منع النظر الى المرأة للتعليم والا لما تعذر والمعتمد جواز النظر للتعليم مطلقا. اهـ
2.  اعانة الطالبين الجزء الثالث، ص : 259:
( قوله وان نظر بغير شهوة ) غاية فى حرمة تعمد نظر الرجل ولوقدمها على قوله وعكسه ثم قال ومثله العكس لكان اولى اى يحرم تعمد النظر وان نظر بغير شهوة وهي التلذذ بالنظر وقوله اومع امن الفتنة هى ميل النفس ودعاؤها الى الجماع. وقوله على المعتمد مقابلة يقول بحل النظر مع عدم الشهوة وأمن الفتنة لكن فى خصوص الوجه والكفين. اهـ
3.  اسعاد الرفيق الجزء الثانى الصحفة 67:
من اقبح المحرمات واشد المحظورات اختلاط الرجال بالنساء فى الجموعات كما يترب على ذلك من المفاسد والفتن القبيحة. اهـ

74. Ada orang yang tidak mempunyai anak kemudian orang tersebut membeli anak dipanti asuhan dan anak tersebut diakui sebagai anak sendiri.

Pertanyaan :
  1. Bagaimana hukumnya membeli anak dip anti asuhan?
  2. Wajibkah orang tua aslinya mengembalikan biaya perawatan selama anak itu ikut pada bapak asuh?
  3. Wajibkah orang tua aslinya itu member ujroh-mitsil kepada bapak asuh bila terjadi anak tersebut telah dewasa ikut pada orang tua aslinya?

Jawaban :
  1. Hukumnya membeli anak dip anti asuhan itu tidak sah sebab anak itu adalah anak-anak yang merdeka
  2. Tidak wajib bagi orang tua aslinya mengganti biaya-biaya perawatan atau ujroh-mitsil kepada bapak asuh sebab hokum jual belinya tidak sah.
Keterangan dari kitab :
1)       Al-ashbaunnaba’ir qoidah ke 7
2)       Is’adur-rofiq juz I hal. 136
3)       Bugyatul Musytarsydin
1)  اسعاد الرفيق الجزء الاول صحيفة 136 ونصه : ويحرم لا يصح ايضا بيع ولاشراء مالا يدخل تحت الملك كالحر.
2)  ( الأشياه والنظائر ) ونصه : الحر لايدخل تحت اليد.
3)  بغية المشترشدين صحيفة، 143، ونصه : لايجوز بيع الاولاد لا حتياجهم للنفقة لحرمة بيع الحر فلو باعهم الاب او غيره كان ثمنهم متعلقا بذمة البائع وليس لمشتريهم عليهم يد ونفقتهم فى بيت المال ثم مياسير المسلمين.

75. Di suatu daerah terdapat maqom (maqbaroh) yang sudah lama tidak terpakai, sampai-sampai tidak ada seorang pun yang dating berziaroh akhirnya tanah tersebut di manfaatkan orang dengan ditanami suatu tanaman yang ada hasilnya.

Pertanyaan :
  1. Bagaimana hukumnya memanfaatkan maqom yang sudah rusak dengan ditanami?
  2. Bagaiman hokum dari hasil tanaman tersebut?

Jawab :
  1. Tafsil
  1. Jika maqbaroh itu sudah rusak ( tidak terlihat bekas-bekasnya lagi ), maka :
  1. Jika maqbaroh itu berstatus waqof, maka boleh di alihfungsikan menjadi lahan pertanian dan sebagai berikutnya
  2. Jika berstatus hak milik ( mamlukah ) terserah pemilik yang bersangkutan
  3. Jika maqbaroh itu tidak jelas statusnya atau tidak jelas pemiliknya, pemanfaatannya diserahkan kepada imam ( pemerintah )
  1. Jika maqbaroh itu belum rusak baik maqbaroh atau mamlukah maka :
  1. Jika akar tanaman tersebut samapai kepada mayit maka hukumnya haram
  2. Jika akar tanaman tersebut tidak sampai kepada mayit maka hukumnya sangat makruh selama tidak mengalih fungsikan maqbaroh menjadi lahan dan lain sebagainya.

  1. Hasil Tanaman tersebut :
  1. Apabila makbaroh itu mauqufah maka hasil tanamannya tergantung kepada niat si penanam.
  1. Jika niatnya untuk kemaslahatan maqbaroh maka hasilnya dikembalikan untuk kemaslahatan maqbaroh
  2. Jika niatnya untuk kemaslahatan umum maka hasilnya untuk kemaslahatan umum
  3. Jika niatnya tidak jelas maka tergantung kepada adat setempat
  4. Jika niatnya untuk kepentingan pribadi maka hasilnya dapat dimiliki sendiri dengan membayar sewa pakai ujroh-mitsil untuk kemaslahatan maqbaroh
  1. a. apabila makbaroh itu mamlukah dan ditanam sendiri maka hasilnya menjadi milik sendiri
b. jika ditanam orang lain maka hasilnya milik si penanam dengan kewajiban membayar sewa pakai ujrotul-mitsil kepada pemilik makbaroh.

       ( فرع ) ثمر الشجر النابت بالمشرة المباحة مباح وصرفها لمصالحها اولى وثمر المغروس فى المسجد ملكه ان غرس له فيصرف لمصالحه وان غرس ليؤكل او جهل الحال فمباح وفى الانوار ليس للامام اذا اندرست مقبره ولم يبق بها اثر اجارتها المزاراعة اى مثلا وصرف غلتها للمصالح وحمل على الموقوفة فالمملوكة لمالمكها ان عرف والا فمال ضائع اى ان ايس من معرفته يعمل فيه الامام بالمصلحة وكذا المجهولة ( قوله وصرفه ) .... وعبارة الروض وشرحه ولو نبتت شجرة بمقبرة فثمرتها مباحة للناس تبعا للمقبرة وصرفها الى مصالح المقبرة اولى من تبقيتها للناس لا ثمرة شجرة غرست للمسجد فيه فليست مباحة بلا عوض بل يصرف الامام عوضها لمصالحه اى المسجد وتقييده بالامام من زيادته وظاهران محله اذلم يكن ناظر خاص وانما خرجت الشجرة عن ملك غارسها هنا بلا لفظ كما اقتضاه كلامهم للقرينة الظاهرة وخرج بغرسها للمسجد غرسها مسبلة للأكل فيجوز اكلها بلا عوض وكذا ان جهلت نيته حيث جرت للعادة به. اهـ ( اعانة الطالبين الجزء الثالث الصحفة ، 173).
       ( فائدة ) طرح الشجر الاخضر على القبر استحسنة بعض العلماء وانكره الخطابى واما غرس الشجر على القبر وسقيها فان ادى لوصول النداوة اوعروق الشجر الى الميت حرم والا كره كراهة شديدة وقد يقال يحرم . اهـ ( بغية المستر شدين الصحفة 98) .

76. Seandainya ada orang yang bernama A menyewakan lading lima tahun kepada B, kemudian belum habis masanya lima tahun A menjual ladangnya kepada C selama-lamanya.

Pertanyaan :
  1. Bagaimana hukumnya si A menjual kepada si C?
  2. Bagaimana cara si C memiliki ladang tersebut ? apakah cara langsung atau menunggu habisnya masa persewaan lima tahun?

Jawab :
  1. “sah” menurut pendapat al-adh-har”, dan tidak sah menurut qoul tsani
  2. Miliknya secara langsung namun pemanfaatannya menunggu habisnya sewa.
Keterangan dari kitab : Mughni Muhtaj Juz. II hal. 360

       ( فصل ) وان أخر عينا ثم باعها من غير المستأجر ففيه قولان احدهما ان البيع باطل لان يد المستأجر تحول دونه فلم يصح البيع كبيع المغضوب من غير الغاصب والمرهون من غير المرتهن والثانى يصح لانه عقد على المنفعة فلم يمنع صحة البيع كما لوزوج امته ثم باعها ولا تنفسخ النكاح اهـ. ( المهذاب الجزء الاول الصحفة 407).
       ومنها انه يجوز للمالك ان يؤجر الشيء الذى استأجره مدة تلى مدة الاجارة داره سنة ولم تنته جازله ان يؤجر هامدة اخرى تبتدئ بعد نهاية السنة لافرق فى ذلك بين ان يستأجرها  للمستأجر الاول او لغيره. اهـ ( الفقه على المذاهب الاربعة الجزء الثالث ص 137)


Hasil Keputusan
BAHTSUL MASAIL SYURIYAH NU WILAYAH JAWA TIMUR
DI YAYASAN PENDIDIKAN MA’ARIF SEPANJANG TAMAN SIDOARJO
PADA TANGGAL 14-16 MUHARAM 1409 H
26-13 AGUSTUS 1988 M
77. Pada dewasa ini banyak masyarakat kita, terutama para pemudanya, berburu binatang dengan manggunakan “senapan angin”. Dan binatang apa saja yang tertembak, pada umumnyta dimasak dan dimakan tanpa mempersoalkan hukumnya terlebih dahulu.

Pertanyaan :
  1. Bagaimana hukumnya menembak dengan senapan angin, boleh atau tidak?
  2. Jika binatang yang ditembak itu mati, seketika bolehkah dimakan?
  3. Andai kata yang tertembak itu binatang-binatang seperti : burung bangau, burung kuntul, musang, beringsang (lingsang) dan lain sebagainya, halalkah dimakan?

Jawab :
  1. Menembak dengan senapan angin hukumnya haram, kecuali jika memenuhi dua syarat :
  1. Orang yang menembak pandai memilih sasaran yang tidak memetikan.
  2. Pada umumnya binatang yang tertembak tidak mati karena tembakan tersebut. Menurut ulama   maliki, menembak dengan senapan angin itu hukumnya jawaz (boleh)
  1. Menurut sebagian besar para ulama madzab syafi’I binatang yang tertembak mati oleh senapan hukumnya haram mutlak. Menurut pendapat imam makhul, Al-Auza’I, sebagian ulama syafi’I dan imam ibnu Abi laila hukumnya halal secara mutlak. Menurut ulama maliki hukumnya halal.
  2. Adapun jika yang tertembak itu adalah binatang-binatang seperti : burung barau, kuntul, musang, garangan, beringsang dan lain-lain, maka mengenai hukumnya harus diteliti. Jika binatang tersebut termasuk binatang yang halal dimakan dagingnya, maka hukumnya halal. Dan jika tidak, maka tidak halal, menurut perincian sebagaimana tersebut diatas.

Dasar Pengambilan :
  1. تحفة المحتاج بها مش الشروانى الجزء التاسع الصحفة: 229، ما نصه :
اما البندق المعتاد الان وهو مايصنع من الحديد ويرمى بالنار فيحرم مطلقا لانه محرق مذفف سريعا غالبا ولوفى الكبير. نعم ان علم حاذق انه أنما يصيب نحو جناح كبير فيثبته فقط احتمل الحل.
  1. الباجورى الجزء الثانى الصحفة : 297، ما نصه :
ولايجوز الرمى ببندق الرصاص الابشرطين : حذق الرامى وتحمل المرمى بان لا يموت منه غالبا.
  1. الشرقاوى على التحرير الجزء الثانى الصحفة، 459، مانصه :
( قوله نحو سهم ) اى من كل محدد لامثقل كبندق الرصاص والطين والرش فلا يحمل الا اذا ادراك فيه حياة مستقرة وكذا لووضع فى البندقة محددا لانه انما ذبح بالتحامل لا بنفسه فلا يحل ويجوزالرمى ببندق الطين مطلقا. وامابندق الرصاص فلا يجوز الرامى به الا بشرطين : حذق الرامى بان لايموت منه غالبا كالأوزّ بخلاف ما يموت منه غالبا كالعصفور. فالكلام فى مقامين : حل المرى وجواز الرامى، خلافا لمن اجمل الكلام فقول ق ل : ان الميت بالبندق حرام مطلقا ليس فى محله، وكذا قول بعضهم : انه يشترط فى حل المرمى ان يدرك فيحياة مستقرة.
  1. المذاهب الأربعة الجزء الثانى الصحفة 27:
المالكية قالوا انه لم يوجد نص من المتقدمين فى الصيد برصاص البنادق ولكن كثيرا من المتأخرين يوثق بهم قالوا يحلّ اكل ما يصادبه ويميته لانه يريق الدم ويسرع فى القتل اكثر من غيره والغرض من الذكاة الشرعية انما هو الاجهاز السريع على الحيوان كى يستري من التذيب فكلما كان اسرع فى الاجهاز عليه كان استعماله احسن ولايشترا ان يكون الجرح بالشق بل يصح ان يكون بالخرق ايضا.
  1. شرح صحيح مسلم فى هامش ارشاد السارى الجزء الثامن الصحفة : 136، مانصه :
وقال مكحول والأوزعى وغيرهما من فقهاء الشافعىّ : يحل مطلقا. كذا قال هؤلاء وابن ابى ليلى انه يحل ماقتله بالبندقة الخ.
  1. البجيرمى على الاقتاع الجزء الرابع الصحفة : 175، مانصه :
وافتى ابن عبد السلام بحرمة الرمى بالبندق وبه صرح الذخائر لكن افتى النووى بجوازه، وقيده بعضهم بمااذا كان الصيد لايموت منه غالبا كالاوزّ، فان مات كالعصافير حرم، ولواصابته البندقة فذبحته بقوتها او قطعت رقبته حرم. اهـ . وهذا التفصيل هو المعتمد اهـ زى . وهذا كله بالنسبة لحل الرمى. اما بالنسبة لحل المرمى الذى هو الصيد فانه حرام مطلقا. والكلام فى بندق الطين. اماالرصاص فيحرم مطلقا لمافيه من التعذيب بالنار. نعم ان علم حانق انه انمااصيب نحو جناح كبير فيثبته فقط احتمل الحل ومثل الطين مالوكان رصاص غير نار.
  1. ومثل ماسبق من الادلة مذكور فى الكتب الاتية :
أ‌.      حاشية الباجورى الجزء الثانى الصحفة : 88
ب‌.      المجموع الجزء التاسع الصحفة : 111
ت‌.      الاقناع الجزء الثانى الصحفة : 171
ث‌.      المهذب الجزء الاول الصحفة : 254
ج‌.        فتح المعين الصحفة : 64
ح‌.        ثمرة الروضة الصحفة : 165
خ‌.        حاشية البجيرمى الجزء الرابع الصحفة : 290

78. Bolehkah membrikan pelajaran kepada anak-anak kita dengan pelajaran ilmu-ilmu yang bukan fardu ‘ain, lebih-lebih ilmu yang hanya tergolong ilmu-ilmu “muamalat” kesempurnaan (seperti : sastra dan sejarah, seperti yang berlaku dimadrasah-madrasah ibtidaiyah kita dewasa ini?

Jawab :
            Boleh dengan syarat-syarat tertentu, antara lain : murid yang belajar ilmu tersebut bukan anak yang sudah baligh yang belum mengetahui fardlu ‘ain. Fardlu ‘ain yang harus dikerjakan, masih longgar waktunya (bukan kewajiban yang mendesak).

Dasar Pengambilan :
  1. احياء علوم الدين الجزء الاول الصحفة : 15، مانصه : وكان العلم الذى هو فرض عين عليه فى الوقت تعلم الكلمتين وفهمهما وليس يلزمه امر وراء هذا فى الوقت بدليل انه لومات عقيب ذلك مات مطيعا لله عزوجل غير عاص له وانما يجب غير ذلك بعوارض تعرض وليس ذلك ضروريا فى حق كل شخص بل يتصور الانفكاك وتلك العوارض اماان تكون فى الفعل واما فى الترك واما فى الاعتقاد.
  2. اعانة الطالبين الجزء الاول الصحفة، 25: قال فى التحفة يجب تعليمه مايضطر الى معرفةه من الامور الضرورية التى يكفر جاحدها ويشترك فيها العام والخاص.
  3. تعليم المتعلم الصحفة، 4 : اعلم بانه لايفترض على كل مسلم ومسلمة طلب كل علم بل يفترض عليه طلب علم الحال. قال فى شرحه وهو علم اصول الدين وعلم الفقه والمراد من الحال ههناالامر العارض للانسان من الكفر والايمان والصلاة والزكاة والصوم وغيرها من الاحوال لاالحال المقابل للمستقبل. ومثله مافى : (1) ارشاد العباد الصحفة : 8، (2) كردى الصحفة : 7، (3) احياء علوم الدين الجزء الاول الصحفة:43.

79. Bagaimanakah hukumnya mendodol (membongkar sebagian tembok masjid/madrasah/pondok waqof untuk pemasangan kabel listrik, apakah termasuk kemaslahatan waqof?

Jawab :
            Boleh, dan hal itu termasuk untuk kemaslahatan waqof.

Dasar Pengambilan :
1.  بغية المسترشدين الصحفة : 65، مانصه : ويجوز توسيع المسجد وتغيير بناءه بنحو رفعه للحاجة بشرط اذن الناظر من جهة الواقف ثم الحاكم الاهل فان لم توجد وكان الموسع ذاعدالة ورآءه مصلحة بحيث يغلب على الظن انه لوكان الواقف حيا لرضى به جاز ولايحتاج الى اذن ورثة الواقف اذالم يشترط لهم النظر ولووقف ماحواليه مرافق له جاز توسيعه منه ايضا ان شرط الواقف منزلة منزلة شرطه وكذا ان جعل لمن يتولاه ان يفعل ماراءه مصلحة اواقتضى نظر المتولى بدلالة الحال ذلك.
2.  غاية تلخيص المراد الصحفة : 172، مانصه : وقد صرح القفال بان اغراض الواقفين منظور اليها وان لم يصرحوا بها ونحن نقطع بان غرض الواقف توفير الريع على جهة الوقف. قال الاذرعى وقد تحدث على تعاقب الزمان مصالح لم تظهر فى الزمان الماضى وتظهر الغيطه وفى شيء يقطع الواقف لو وقع له لم يعدل عنه فينبغى للناظر اوالحاكم فعله. وفى الصحفة 188، من هذا الكتاب مانصه : يجب على ناظر الوقف خاصا اوعاما فعل الاصلح وما هو اقرب الى اغراض الواقفين وان لم يصرحوا به اذالم يخالف شرطهم.
3.  قليوبى عميرة الجزء الثالث الصحفة ، 108: مانصه : ( تنبيه ) لايجوز تغيير شيء من عين الوقف ولو لارفع منها فان شرط الواقف العمل بالمصلحة اتبع شرطه، وقال السبكى يجوز تغيير الوقف بشروط ثلاثة : ان لا يغير مسماه وان يكون مصلحة له كزيادة ريعه وان لا تزال عينه فلا يضر نقلها من جانب الى اخر. نعم يجوز فى وقف قرينة على قوم احداث مسجد ومقبرة وسقاية فيها.
4.  قليوبى الجزء الثالث، 108 مانصه : ( فروع ) عمارة المسجد هي البناء والترميم والتجصيص اللاحكام والسلام لم والسوارى والمكانس والبوارى للتظليل او لمنع صب الماء فيه لتذفقه لنحو شارع والمساحى واجرة القيم ومصالحة تشمل ذلك وماء لمؤذن وامام ودهن للسراج وقناديل لذلك.

80. Apabila terjadinya masjid atau pondok atau madrasah di bongkar total (100%) dan semua peralatannya dig anti baru, apakah orang-orang yang mewaqofkan atau jariyah peralatan yang lama sudah tidak pakai, masih mendapat pahala? Mohon penejelasan.

Jawab :
            Dalam hal ini ulama berbeda pendapat ada yang berpendapat bahwa pahalanya tidak terputus dan ada pula yang berpendapat bahwa pahalanya terputus.

Dasar Pengambilan :
1.  بجيرمى على شرح المنهج الجزء الثالث الصحفة، 236، مانصه : ولو اخلفت الشجرة بد لها كالموز فله حكمها.
2.  احكام الفقهاء الجزء الثانى الصحفة 63، مانصه : لايجوز نقل جزءه المسجد الى غيره الا اذا تعذر رانتفاعه فيه ، وكذلك لايجوز نقل جزءه المندرس لانه اذالم ينتفع به فهو للموقوف عليه على المعتمد.
3.  دليل الفالحين الحزء الرابع الصحفة ، 182 : مانصه : وعنه قال رسول الله صلى الله عليه وسلم اذا مات ابن ادم انقطع عمله من اثابته على العمل المتجددة بتجدد العمل المترتبة عليه ترتب  المسيب على السيب بالحكمة الالهية وذلك لانه بالموت يقف العمل فيقف الثواب المترتب عليه ( الا من ثلاث ) فان ثوابها يدوم للعامل بعد موته وذلك الدوام اثره  فدام اثره.
4.  اعانة الطالبين الجزء الثالث الصحفة 159: وانما اشترط ذلك لكون الوقف انما شرع ليكون صدقة جارية ولايكون كذلك الا ان حصل الانتفاع بالعين مع بقاء ها، وفى هذا الكتاب فى الصحفة 182، مانصه : وسئل شيخنا عما اذا عمر مسجد بالات جدد وبقيت الاته القديمة فهل يجوز عمارة مسجد اخر قديم بها اوتباع ويحفظ ثمنها. فاجاب بانه يجوز عمارة مسجد اخر قديم وحادث بها حيث قطع بعدم احتياج ما هى منه اليها قبل فناء هاولا يجوز ب




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا