Langsung ke konten utama

FENOMENA HP



FENOMENA HP
HP merupakan alat media canggih yang dimiliki oleh banyak kalangan, yang namanya media semisal HP pastilah bisa mempunyai dua muara akses negative sekaligus posotif dan bahkan bisa dibilang bahwa akses negative HP lebih dominan dari akses positifnya dalam situasi tertentu, satu diantara dari sekian banyak akses negative HP ada satu kasus menarik yang harus segera disikapi oleh fiqh, ada seorang pria sebut saja si A dia cukup lihai dan pintar dalam mengolah kata romantis lewat via SMS sampai dia mampu memikat seorang kenalannya sebut saja si B yang sama-sama pria sementara si A itu mengaku cewek pada kenalannya (si B) sehingga si B terpikat oleh pesan singkat yang dilayangkan oleh si A, kemudia si A meminta si B mengirimkan sejumlah pulsa baik denagn cara membelikannya atau dengan cara lain. Dan si B langsung mengirim pulsa pada si A mengira bahwa si A seorang cewek. Suatu waktu si B ingintahu kebeneran si A dia mencoba missed called si A dan ketika mendapat missed called si A menyuruh pada saudarinya untuk sekedar melayani si B, dengan cara ini si A tak lagi pusing memikirkan pembelian pulsa, sebab dia sudah mempunya donator tetap.
(PP. Al-Muntaha Jengkebuan)
Pertanyaan
1.    bagaiman Islam (fiqh) menyikapi kecanggiahan semisal HP ?
2.    bagaimana hukum mempunya HP yang mempunyai dua muara akses negative sekaligus positif ?
3.    bagaiman hukum tindakan si A dalam kasus diatas ?
4.    apa status pulsa si A dengan cara demikian ?
5.    bolehkah si B meminta ganti rugi pada si A jika memngetahui yang sebenarnya ?

Jawaban
  1. Hukum memiliki HP adalah boleh, yang diharamkan adalah menggunakanya untuk tujuan yang diharamkan.
  2. Haram
  3. Pulsa yang didapatkan A dengan cara demikian tergolong maghshub mengikuti pendapat sebagian mu’asirin (ulama kontemporer) yang menyatakan pulsa tergolong harta  (maal) karena manfa’atnya dapat dirasakan dan memiliki nilai jual.
  4. Dengan mengacu pada jawaban diatas, maka si B boleh meminta ganti rugi pada si A.
المدخل في الفقه العام للشيخ مصطفى أحمد الزرقاء  ج 3 ص 231-232
في الفقه الأجنبي يقسمون الأموال إلى أموال مادية وأموال معنوية ويريدون بالمعنوية ما كان له اعتبار في ثروة الإنسان ولكنه ليس أعيانا مادية في الوجود الخارجية فتدخل في ذلك الحقوق الشخصية والعينية والمنافع والملكية الأدبية للمؤلفين في انحصار حق طبع مؤلفتهم والملكية الصناعية المخترعين وحق استعمال العناوين التجارية ونحو ذلك وكل منفعة أو حق خولها القانون انسانا فهو مال معنوي يمكن أن يباع ويشترى, وهذا التقسيم لا يناسب مع مفهوم المال بالنظر الشرعي المبني عليه بحثنا.
الفقه الإسلامي  ج 4  ص 386.
حق التأليف والنشر والتوزيع : أ - أما حق المؤلف الذي يدخل تحت عنوان قانوني جديد وهو الحق الأدبي فهو حق مصون في تقديري شرعاً على أساس قاعدة الاستصلاح أو المصلحة المرسلة ( وهي الأوصاف التي تلائم تصرفات الشرع ومقاصده، ولكن لم يشهد لها دليل معين من الشرع بالاعتبار أو الإلغاء، ويحصل من ربط الحكم بها جلب مصلحة أو دفع مفسدة عن الناس ) فكل عمل فيه مصلحة غالبة أو دفع ضرر أو مفسدة يكون مطلوباً شرعاً. والمؤلف قد بذل جهداً كبيراً في إعداد مؤلْفه، فيكون أحق الناس به، سواء فيما يمثل الجانب المادي: وهوالفائدة المادية التي يستفيدها من عمله، أو الجانب المعنوي: وهو نسبة العمل إليه. ويظل هذا الحق خالصاً دائماً له، ثم لورثته لقول النبي صلّى الله عليه وسلم فيما رواه البخاري وغيره: « من ترك مالاً أو حقاً فلورثته » . وبناء عليه يعتبر إعادة طبع الكتاب أو تصويره اعتداء على حق المؤلف، أي أنه معصية موجبة للإثم شرعاً، وسرقة موجبة لضمان حق المؤلف في مصادرة النسخ المطبوعة عدواناً وظلماً، وتعويضه عن الضرر الأدبي الذي أصابه. وذلك سواء كتب على النسخ المطبوعة عبارة: ( حق التأليف محفوظ للمؤلف ) أم لا، لأن العرف والقانون السائد اعتبر هذا الحق من جملة الحقوق الشخصية، والمنافع تعد من الأموال المتقوّمة في رأي جمهور الفقهاء غير الحنفية، لأن الأشياء أو الأعيان تقصد لمنافعها لا لذواتها.
في الفتاوى للشيخ محمد متولي الشعراوي ص 466-467 (دار الكتب العلمية) مانصه :
المناظرة الخارجة بالتليفزيون هل يحرم اقتناء التليفزيون نظرا لما يعرضه ، من مناظر خارجة عن أدب الإسلام ؟ ويجيب فضيلة الشيخ الشعراوي قائلا : التليفزيون آلة ناقلة للصوت والصورة، فهو متاع من الأمتعة يجوز بيعه وشراؤه. والحرمة في استعماله آتية من نوع ما ينقله كالأغاني الخليعة، والصور الماجنة التي تفسد العقول والأجسام، فإن خلا من ذلك وكانت الإذاعة الصوتية أو المرئية مقصورة على القرآن والحديث والمجاضرات الجادة والبرامج الهادفة والبرامج الترفيهية غير الخليعة فهو مباح. والإثم يكون على من قدم المنكر وأذن به كما على من تعرض واستحله واستباحه.
في فتاوى المعاصرة 1/317 مانصه :
            التلفزيون وسيلة من وسائل فيه خير وفيه شر وللوسائل حكم المقاصد دائما –إلى أن قال- فمشاهدة التلفزيون لا أقول فيها حلال مطلق ولا حرام مطلق. وإنما ذلك الشيء الذي يشاهد في هذا الجهاز، فإن كان خيرا جازت رؤيته وسماعه كبعض الأحاديث الدينية ونشرات الأخبار والبرامج الموجهة إلى الخير، وإن كان شرا كبعض المشاهدة الراقصة ونحو ذلك فهذا يحرم رؤيته في كل وقت ويتأكد ذلك في شهر رمضان.


Komentar

Posting Komentar

Harap berkomentar yang baik

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

DALIL TAHLILAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ Masyarakat muslim Indonesia adalah mayoritas penganut madzhab Imam Syafi’i atau biasa disebut sebagai Syafi’iyah (penganut Madzhab Syafi’i). Namun, sebagain lainnya ada yang tidak bermadzhab Syafi’i. Di Indonesia, Tahlilan banyak dilakukan oleh penganut Syafi’iyah walaupun yang lainnya pun ada juga yang melakukannya. Tentunya tahlilan bukan sekedar kegiatan yang tidak memiliki dasar dalam syariat Islam, bahkan kalau ditelusuri dan dikaji secara lebih mendalam secara satu persatu amalan-amalan yang ada dalam tahlilan maka tidak ada yang bertentangan dengan hukum Islam, sebaliknya semuanya merupakan amalah sunnah yang diamalkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, ulama seperti walisongo dalam menyebarkan Islam sangatlah bijaksana dan lihai sehingga Islam hadir di Indonesia dengan tanpa anarkis dan frontal, salah satu buahnya sekaligus kelihaian dari para ulama walisongo adalah diperkenalkannya kegiatan tahlilan dengan sangat bijaksana.

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا