Langsung ke konten utama

MA'DUD JAMAK

 *​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ ​•‍━━•••◆◉﷽◉◆•••‍━━•​*


‏﷽

۝ إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى

النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا

عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا ۝ ﷺ.


🌹 مشاورتكم مباركة 🌹


☀️Makdud Jamak☀️


📩 SOAL NO 185

🥀TANYA ILMU ALAT

Sail : Khoirul


💦 Deskripsi 

Assalamualaikum wr wb.

Mohon ilmunya para Gus Ning. Dalam redaksi matan Abu sujak terdapat jumlah Adad Ma'dud. سبع مياه.


التطهير بها *سبعُ مِياه*


[محمد بن قاسم الغزي، فتح

 القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب = القول المختار في شرح غاية الاختصار، صفحة ٢٤]


🖋️Pertanyaan

Apakah susunan Adad Ma'dud itu sudah benar. Karena sepaham saya Adad harus berlawanan dengan ma'dud dari sisi mudzakar Muanasnya.

Terimakasih para Guru atas jawabannya 


 ❄️Jawaban ❄️


 Lebih baik dalam سبع مياه di beri tak menjadi سبعة karena makdudnya (ماء) adalah mudzakkar. 


Catatan :

1. Mudzakar Muanasnya makdudnya diitibar saat/asal mufrodnya bukan saat jamak. 

2. Lafadz مياه termasuk jamak qillah, umumnya Ma'dud  (yang memiliki jamak qillah dan jamak katsroh) dengan adad 3 sampai 10 hanya bisa dimudhofkan pada jamak qillah saja . Sedikit sekali yang dimudhofkan pada jamak katsroh. Seperti cobtoh :

ثلاث افلس / انفس

ثلاثة انفس / انفس


Sedikit sekali mudhof pada jamak katsroh seperti contoh :

ثلاثة فلوس / نفوس

ثلاث فلوس / نفوس


📚 Referensi


┈┉┅━━━•❖🌹❖•━━━┅┉┈


كتاب إتحاف الأريب بشرح الغاية والتقريب - كتاب الطهارة - المكتبة الشاملة ص ١٣

 قال أبو شجاع رحمه الله: «المياه التي يجوز التطهير بها سبع مياه»، المياه جمع ماء، وجمعه وهو اسم جنس يطلق على القليل والكثير؛ لاختلاف أنواعه، والجادة أن يقول: «سبعة مياه»؛ لأن مياه جمع ماء، وهو مذكر، والعدد من ثلاثة إلى تسعة يخالف المعدود؛ كما هو معلوم.


كتاب حاشية البجيرمي على الخطيب تحفة الحبيب على شرح الخطيب - كتاب بيان أحكام الطهارة - المكتبة الشاملة ص ٧١

قوله: (سبع مياه) الأحسن سبعة بالتاء لأن معدوده جمع ماء وهو مذكر. اهـ. ع ش. قال اج: زاد لفظ مياه للتأكد والمبادرة إلى أن المراد الأنواع لا الأفراد، ولا يرد تبادر الحصر لما سيذكره من غيرها كالنابع من بين أصابعه - صلى الله عليه وسلم - لأن المراد المياه المشهورة العامة الوجود ولأن العدد لا مفهوم له.


شرح كتاب سيبويه - ويقال نزال أي انزل ويقال للضبع دباب أي دبي - المكتبة الشاملةص ٤٥

قال أبو سعيد: أراد سيبويه أن " سفار " وإن كان اسم ماء، والماء مذكر، فإن العرب قد تؤنث بعض ما فيها فيقولون: ماءة بني فلان، وهو كثير في كلامهم، فكأن سفار اسم الماء، و " حضار " وإن كان اسم كوكب، والكوكب مذكر، فكأنه اسم الكوكبة في التقدير؛ لأن العرب قد أنثت بعض الكواكب فقالوا: " الشعرى "، و " الزهرة " إذ كان مبنى هذا الباب أن يكون معرفة مؤنثا معدولا.

 

Catatan :

النحو الوافي ج ٤ ص ٥٣٨

ﻭاﻟﺤﻜﻢ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﻌﺪﻭﺩ اﻟﺪاﻝ ﻋﻠﻰ اﻟﺠﻤﻊ3 ﺑﺄﻧﻪ ﺩاﻝ ﻋﻠﻰ اﻟﺘﺄﻧﻴﺚ ﺃﻭ اﻟﺘﺬﻛﻴﺮ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﺎﻟﻨﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﻟﻔﻈﻪ اﻟﺪاﻝ ﻋﻠﻰ اﻟﺠﻤﻌﻴﺔ ﻭﻣﺎ ﻳﺼﺎﺣﺒﻬﺎ ﻣﻦ اﻟﺘﺬﻛﻴﺮ ﺃﻭ اﻟﺘﺄﻧﻴﺚ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﺎﻟﺮﺟﻮﻉ ﺇﻟﻰ ﻣﻔﺮﺩﻩ؛ ﻟﻤﻌﺮﻓﺔ ﺣﺎﻟﺔ اﻟﻤﻔﺮﺩ ﻣﻦ ﻧﺎﺣﻴﺔ اﻟﺘﺬﻛﻴﺮ ﻭاﻟﺘﺄﻧﻴﺚ، ﻭﻣﺮاﻋﺎﺓ ﻫﺬﻩ اﻟﺤﺎﻟﺔ ﻭﺣﺪﻫﺎ، ﻋﻨﺪ ﺗﺄﻧﻴﺚ اﻟﻌﺪﺩ ﻭﺗﺬﻛﻴﺮﻩ، ﺩﻭﻥ اﻟﺘﻔﺎﺕ ﺇﻟﻰ ﻟﻔﻆ اﻟﻤﻌﺪﻭﺩ ﻣﻦ ﻫﺬﻩ اﻟﻨﺎﺣﻴﺔ


ابن عقيل ,شرح ابن عقيل على ألفية ابن مالك  ج ٤ ص ٦٨

وأشار بقوله جمعا بلفظ قلة في الأكثر إلى أن المعدود بها إن كان له جمع قلة وكثرة لم يضف العدد في الغالب إلا إلى جمع القلة فتقول عندي ثلاثة أفلس وثلاث أنفس ويقل عندي ثلاثة فلوس وثلاث نفوس.


🌴اللهم صل وسلم وبارك عليه🌴


┈┉┅━━━•❖🕋❖•━━━┅┉┈

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN AMIL DAN PANITIA ZAKAT

 PERBEDAAN   AMIL DAN PANITIA ZAKAT 1- Amil adalah wakilnya mustahiq. Dan Panitia zakat adalah wakilnya Muzakki. 2- Zakat yang sudah diserahkan pada amil apabila hilang atau rusak (tidak lagi layak di konsumsi), kewajiban zakat atas muzakki gugur. Sementara zakat yang di serahkan pada panitia zakat apabila hilang atau rusak, maka belum menggugurkan kewajiban zakatnya muzakki. - (ﻭﻟﻮ) (ﺩﻓﻊ) اﻟﺰﻛﺎﺓ (ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﻟﻠﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺒﻬﻢ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ اﻟﺰﻛﺎﺓ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺎﻟﻚ ﺷﻲء ﻭاﻟﺴﺎﻋﻲ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ.* - {نهاية المحتاج جز ٣ ص ١٣٩} - (ﻭﻟﻮ ﺩﻓﻊ ﺇﻟﻰ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ) ﺃﻭ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﻲ (ﻛﻔﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻋﻨﺪﻩ) ﺃﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻮ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﻋﻨﺪ اﻟﺼﺮﻑ؛ * ﻷﻧﻪ ﻧﺎﺋﺐ اﻟﻤﺴﺘﺤﻘﻴﻦ ﻓﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺎﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻬﺬا ﺃﺟﺰﺃﺕ ﻭﺇﻥ ﺗﻠﻔﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﻮﻛﻴﻞ* ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﻟﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﻋﻨﺪ اﻟﺘﻔﺮﻗﺔ ﺃﻳﻀﺎ.. - {تحفة المحتاج جز ٣ ص ٣٥٠} 3- Menyerahkan zakat pada amil hukumnya Afdhol (lebih utama) daripada di serahkan sendiri oleh muzakki pada m

MEMBERIKAN ZAKAT FITRAH KEPADA USTADZ

PENGERTIAN FII SABILILLAH MENURUT PERSPEKTIF EMPAT MADZHAB. Sabilillah ( jalan menuju Allah ) itu banyak sekali bentuk dan pengamalannya, yg kesemuanya itu kembali kepada semua bentuk kebaikan atau ketaatan. Syaikh Ibnu Hajar alhaitamie menyebutkan dalam kitab Tuhfatulmuhtaj jilid 7 hal. 187 وسبيل الله وضعاً الطريقة الموصلةُ اليه تعالى (تحفة المحتاج جزء ٧ ص ١٨٧) Sabilillah secara etimologi ialah jalan yang dapat menyampaikan kepada (Allah) SWT فمعنى سبيل الله الطريق الموصل إلى الله وهو يشمل كل طاعة لكن غلب إستعماله عرفا وشرعا فى الجهاد. اه‍ ( حاشية البيجوري ج ١ ص ٥٤٤)  Maka (asal) pengertian Sabilillah itu, adalah jalan yang dapat menyampaikan kepada Allah, dan ia mencakup setiap bentuk keta'atan, tetapi menurut pengertian 'uruf dan syara' lebih sering digunakan untuk makna jihad (berperang). Pengertian fie Sabilillah menurut makna Syar'ie ✒️ Madzhab Syafi'ie Al-imam An-nawawie menyebutkan didalam Kitab Al-majmu' Syarhulmuhaddzab : واحتج أصحابنا بأن المفهوم في ا

Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy

 *Tata Cara Shalat Bagi Pengantin Saat Walimah Ursy* Maklum diketahui bahwa ketika seseorang mengadakan acara walimah, maka penganten, bahkan ibu penganten dan keluarga terdekat, merias wajah dengan make up yang cukup tebal. Acara walimah ini biasanya memakan waktu berjam-jam bahkan tak jarang belum selesai sampai waktu shalat tiba. Maka bagaimanakah tata cara thaharah dan shalat bagi wanita yang memakai riasan ini? Solusi 1: Menghapus riasan wajah dan shalat sesuai waktunya Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah wudhu adalah tidak terdapat hal yang menghalangi tersampainya air wudhu ke anggota badan yang wajib dibasuh, tentu penggunaan make up yang tebal sudah pasti menghalangi air wudhu. Maka bagi wanita yang memakai riasan pengantin tersebut tidak boleh berwudhu kecuali sudah menghapus bersih riasan yang ada di wajah, sehingga yakin jika air wudhu benar-benar mengenai anggota wudhu, tidak cukup hanya dengan mengalirkan air tanpa terlebih dahulu menghapus make up nya seperti yan